in ,

Mengenal Cara Membuat Hingga Manfaat Masker Madu

Eco Living Mama

Manfaat Masker Madu – Madu sebagai suatu bahan alami berkhasiat yang populer digunakan untuk berbagai perawatan kecantikan baik pada produk skincare wajah ataupun pelembap tubuh. Madu sendiri memiliki berbagai khasiat antimikroba serta antiseptik.

Dengan kandungan pelembap alami di dalamnya yang akan mencerahkan kulit. Ia mampu mengatasi jerawat, hingga membuat kulitmu menjadi lebih awet muda. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan madu untuk perawatan kecantikan? Berikut di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya mengenai masker madu mulai dari cara membuat hingga manfaatnya.

Cara Membuat Masker Madu

Manfaat Masker Madu
pixabay.com

1. Masker Madu dan Kunyit

Tahukah Kamu sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa kunyit sangat berperan terhadap kesehatan jaringan kulit juga produksi kolagen. Kombinasi kunyit dengan madu untuk kemudian membantu memudarkan bekas jerawat, menjadikan kulit lebih glowing, dan awet muda.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 4 sendok teh kunyit bubuk
  • Siapkan 2 sendok teh susu cair
  • Siapkan 4 sendok teh madu organik

Langkah pembuatan:

  1. Campurkan kunyit bubuk dengan susu cair serta madu organik.
  2. Aduk hingga tercampur rata dan masker pun telah siap digunakan.
  3. Usapkan campuran masker pada area wajah, diamkan dalam waktu 10-15 menit, dan bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

2. Masker Madu dan Susu

Ramuan masker hasil campuran madu dan susu ini dapat menjadikan kulit lebih cerah serta membuat kulitmu menjadi tidak kusam. Susu sendiri mengandung lactic acid yang penting untuk meremajakan serta mencerahkan kulit secara alami.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat masker madu dan susu untuk cerahkan kulit, antara lain:

  • 1 Sendok Makan Madu Organik
  • 1 Sendok Teh Susu Bubuk Full Cream

Langkah pembuatan:

  1. Aduk rata sesendok makan madu serta teh susu bubuk full cream. Kemudian, gunakan wadah dan sendok yang steril agar masker tidak terkontaminasi oleh bakteri
  2. Oleskan masker pada area wajah yang telah dibersihkan secara seksama
  3. Diamkan masker ini selama kurang lebih 15-20 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.
  4. Keringkan wajahmu dengan cara ditepuk-tepuk menggunakan handuk bersih.
  5. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan toner, disusul juga dengan serum atau pelembap wajah.

3. Masker Madu dan Oatmeal

Madu serta oatmeal sama-sama dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang mengalami sunburn ataupun iritasi, sekaligus menjadikannya lebih bercahaya. Berikut di bawah ini adalah cara membuat masker madu dan oatmeal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 1/2 cangkir oatmeal
  • Siapkan 3-5 sendok makan madu murni

Langkah pembuatan:

  1. Rebus satu cangkir oatmeal hingga kental serta lunak, lalu kombinasikan dengan menggunakan madu murni.
  2. Oleskan pada area wajah dan leher kemudian biarkan selama 10 hingga 15 menit.
  3. Bilaslah wajah dengan menggunakan air hangat.

4. Masker Madu dan Pisang

Pisang serta madu sama-sama kaya akan pelembap alami yang kemudian baik digunakan untuk menjadikan wajah terasa lebih lembap dan kenyal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 1/2 buah pisang matang (jenis apa saja)
  • Siapkan 1 sendok makan madu murni

Langkah pembuatan:

  1. Haluskanlah setengah buah pisang matang kemudian campurkan dengan 1 sendok makan madu.
  2. Terapkan masker ini pada seluruh area wajah dan leher, lalu biarkanlah selama 10-15 menit
  3. Bilas wajah dengan menggunakan air dingin, kemudian keringkan dengan cara ditepuk-tepuk handuk hingga bersih.

5. Masker Madu dan Mentimun

Jika kamu bermasalah dengan pori-pori yang tampak lebih lebar serta berkomedo, rawat saja dengan menggunakan masker madu serta mentimun.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Siapkan 3-5 iris mentimun segar
  • Siapkan 1 sendok makan madu murni

Langkah pembuatan:

  1. Campurkanlah satu sendok makan madu serta beberapa iris timun segar yang telah dihaluskan sebelumnya sebagai masker peringkas pori.
  2. Aplikasikan pada area wajah dan biarkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air dingin.

6. Masker Madu dan Jeruk Nipis

Jika kamu ingin merawat wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami, cobalah mengguankan resep masker dari buah jeruk nipis. Kombinasikan masker ini dengan madu organik murni yang memiliki khasiat antiseptik serta antibakteri.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdt air perasan jeruk nipis
  • 1 1/2 sendok makan madu organik

Langkah pembuatan:

  1. Campurkanlah air perasan jeruk nipis serta madu hingga menjadi pasta dengan kekentalan yang pas.
  2. Oleskan pada area wajah dan diamkan dalam waktu kurang lebih 15 menit.
  3. Setelah itu, bilaslah kembali wajah dengan menggunakan air bersih.
  4. Gunakan masker setidaknya seminggu sekali agar kamu kemudian mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Demikianlah cara-cara memanfaatkan madu sebagai masker untuk berbagai kebutuhan kulitmu. Jadi, masker madu mana yang akan kamu gunakan?

Manfaat Masker Madu untuk Wajah

Manfaat Masker Madu
pixabay.com

Masker madu juga dapat dengan mudah kamu buat serta gunakan di rumah. Tak hanya dikonsumsi secara langsung ataupun diolah dengan menjadi berbagai jenis makanan, madu juga kerap digunakan sebagai masker untuk berbagai perawatan kulit wajah. Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti diantaranya vitamin C serta vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat masker untuk wajah yang perlu kamu ketahui:

1. Melembapkan Wajah

Manfaat masker madu yang pertama ialah kemampuannya dalam membuat kulit menjadi lebih lembap. Terdapat kandungan humektan pada madu, yang kemudian membantu merawat kulit kering hingga mengelupas. Selain itu, zat pemanis pada madu juga akan membantu menjaga kelembapan kulit wajah kamu serta membuat kulit tetap elastis dengan tekstur yang kenyal serta sehat.

2. Mencerahkan Kulit Wajah

Bagi kamu yang memiliki wajah kusam, maka dianjurkan untuk menggunakan madu sebagai masker wajah. Adanya antibakteri pada madu akan membantu menenangkan peradangan kulit wajah serta mengangkat berbagai bakteri dan kuman dari kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, masker madu juga akan membantu untuk meratakan warna kulit yang tak merata.

3. Menangkal Tanda Penuaan Dini

Siapa yang tak ingin terlihat awet muda? Nah, dengan menggunakan masker madu secara rutin kamu akan menangkal berbagai tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Misalnya, keriput serta garis halus. Terdapat juga kandungan vitamin, mineral, asam amino serta antioksidan pada masker madu. Oleh sebab itu, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan masker madu ini.

4. Sebagai Penyembuh Luka

Gula pada madu kemudian memiliki kandungan osmolaritas tinggi, yaitu kandungan yang dapat membuat bakteri, virus, jamur, serta ragi tak berkembang pada kulit. Dengan adanya kandungan ini kemudian akan membuat madu bermanfaat bagi penyembuhan luka. Tak sekedar luka pada bekas jerawat saja, melainkan juga luka bakar, sinar UV, dan lain sebagainya.

5. Mengatasi Jerawat Manfaat

Dikenal juga sebagai zat anti inflamasi serta antibakteri, membuat madu efisien dalam mengatasi masalah pada wajah berjerawat. Kandungan ini juga secara optimal akan membantu untuk mengencangkan kulit wajah dari peradangan serta pembengkakan. Kamu bisa mencampurkan madu dengan bubuk kunyit untuk kemudian diaplikasikan ke wajah pada malam hari sebelum tidur. Lalu, kamu bisa rasakan khasiatnya pada pagi hari Ketika terbangun.

6. Menghilangkan Bekas Jerawat

Terdapat kandungan antiseptik serta antioksidan yang tak hanya berguna untuk menyembuhkan jerawat. Melainkan secara efektif juga akan menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan penggunaan secara rutin. Dengan menggunakan masker madu di wajah kemudian akan sangat berguna untuk mempercepat proses penyembuhan pada bekas jerawat.

7. Melindungi Kerusakan Kulit

Selain berguna dalam mengatasi berbagai masalah kulit, madu juga dapat digunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari. Antioksidan yang terkandung di dalam madu akan membantu melindungi kulit dari stress oksidatif, yaitu kerusakan pada organ internal kulit. Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai pelindung kulit dari berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

8. Cocok untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit yang sensitif memang akan membutuhkan perawatan ekstra. Dengan masker madu, kemudian kamu bisa mengatasi berbagai gejala bagi pemilik kulit sensitif. Misalnya alergi, kemerahan, ataupun iritasi. Adanya kandungan anti inflamasi juga akan turut membantu untuk menenangkan kulit serta cocok digunakan sebagai perawatan utama bagi kulit sensitif.

9. Atasi Bibir Kering

Kamu pemilik bibir kering serta pecah-pecah? Kamu dapat menggunakan masker madu pada area bibir. Kerusakan kulit pada bibir sendiri dapat disebabkan oleh sinar UV serta penggunaan lipstik secara terus menerus. Untuk itu, kamu dapat mengoleskan madu pada area bibir untuk melembapkan sekaligus menghaluskan tekstur bibir. Dengan penggunaan masker madu ini secara rutin, maka bisa membuat warna bibir terlihat lebih alami.

Kegunaan Masker Madu Lainnya

Selain dapat meningkatkan imun tubuh, ternyata madu juga memiliki berbagai bermanfaat bagi kecantikan serta kesehatan wajah kita! Salah satu bahan kecantikan alami ini memang dikenal dapat meningkatkan kelembapan kulit secara optimal. Selain baik serta merawat kulit wajah, masker madu juga memiliki beberapa manfaat lain, di antaranya:

1. Menghaluskan rambut

Masker madu memiliki kandungan yang dipercaya mampu menghaluskan rambut. Kamu hanya perlu mengoleskan masker madu ke area rambut setelah keramas kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

2. Melembutkan bibir

Madu juga dapat digunakan untuk melembapkan serta melembapkan bibir. Bahkan, tak sedikit produk pelembap bibir ini yang terbuat dari campuran madu. Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada area bibir secara merata sebanyak 2–3 kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

3. Menghilangkan bekas luka

Masker madu juga terbukti efektif untuk menghilangkan bekas luka pada kulit wajah. Di samping itu, masker madu juga diduga mampu mendukung proses penyembuhan luka bakar, misalnya saja pada luka bakar akibat paparan sinar matahari yang berlebihan (sunburn).

Demikian pembahasan tentang cara membuat hingga manfaat masker madu. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu. Selain itu, semoga saja kamu lebih mudah dalam menerapkan masker madu dalam kehidupan sehari-hari, sehingga wajah pun semakin terlihat cerah.

Jika kamu ingin mencari buku tentang kecantikan, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Masker Madu

1. Sehat Itu Cantik

Manfaat Masker Madu

Buku ini berisi cara mudah yang akan menuntun kamu merawat kecantikan dari ujung rambut hingga ujung kaki di rumah. Langkah sederhana serta bahan yang mudah didapat membuat perawatan di rumah terasa menyenangkan. Selain perawatan yang dibutuhkan, buku ini juga menyediakan berbagai informasi seputar kecantikan dan kesehatan tubuh.

Buku ini akan membantu mengenali, merawat, dan menjaga kesehatan serta kecantikan seluruh tubuh secara alami, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan datangnya penuaan. Apa saja dan bagaimana caranya? Temukan selengkapnya dalam buku praktis ini!

2. Cantik, Segar & Mempesona di Hari Pernikahan

Manfaat Masker Madu

Bagi setiap orang pernikahan adalah salah satu peristiwa istimewa di dalam episode kehidupannya. Di hari penting tersebut semua wanita pasti ingin tampil spesial, bagaikan putri-putri dalam dongeng. Secantik Lady Diana (alm) ketika menikah dengan Pangeran Charles, atau putri-putri cantik lainnya. Penampilan yang mencuri perhatian seluruh tamu, dan yang paling penting tentu mempesona pendamping kamu, yaitu pengantin pria.

Namun untuk memperoleh penampilan yang sempurna, perlu perawatan yang tentunya tidak bisa disulap seketika. Setidaknya lakukan perawatan rutin 6 (enam) bulan sebelum hari H tersebut. Lamanya waktu yang diperlukan membuat kamu memperoleh pesona yang lebih alami dan sehat. Buku ini sengaja disajikan sebagai petunjuk langkah demi langkah yang dapat kamu kerjakan sendiri di rumah dengan cara sederhana namun tepat.

Tentu saja cara ini lebih hemat dan pribadi. Ikutilah agendanya dengan seksama agar mendapat manfaat maksimal. Selain perawatan, ikuti pula berbagai tip dan trik untuk menutupi kekurangan tubuh, memilih busana pengantin, memilih alas kaki agar nyaman dikenakan selama menjalani proses, tiara yang cocok untuk wajah kamu, dan sebagainya. Semoga bahagia.

3. Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya

Manfaat Masker Madu

Buku ini menyajikan informasi seputar rahasia membuat mata lebih cantik dan dilengkapi aksesorisnya. Diantara tips yang tersaji dalam buku ini adalah; Blefaroplasti, Cara Aman Mempercantik Mata; Menghilangkan Kantung Mata; Atasi Kelainan Medis; Mata Sahabat Proporsional; Persiapan Melakukan Blefaroplasti;

Mata Cantik dengan Eyeliner Tepat; Beragam Eyeliner dan cara pemakaiannya; Tips Membuat Keriting Bulu Mata Lentik; Solusi perawatan bulu mata; Bersihkan bulu mata; Sikatlah bulu mata; Tips Merapikan dan Merawat Alis Mata; Tips membuat mata sipit tampak menjadi lebih besar; Tips Mencegah Kerutan Halus Sekitar Mata;

Solusi Hilangkan Lingkar Hitam & Kantung Mata; Soft Laser Therapy; Tahap-Tahap Terapi; Tips Merawat Kesehatan Mata. Dapatkan segera buku ini dan temukan manfaatnya. Selamat membaca, semoga bermanfaat!

4. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Manfaat Masker Madu

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk kamu. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda.

Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar? Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM. Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan kamu dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang kamu dapatkan justru sebaliknya.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. 15 Manfaat Madu Bagi Kesehatan dan Kecantikan
  2. Mengenal Manfaat Madu untuk Wajah Beserta Jenis Madu 
  3. 15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah dan Rambut 
  4. 10 Manfaat Kopi untuk Perawatan Kulit Wajah 
  5. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah 
  6. 11 Jenis Masker Wajah dan Fungsinya 
  7. Rekomendasi Masker untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda