in

Mengenal Manfaat Madu untuk Wajah Beserta Jenis Madu

Manfaat Madu untuk Wajah – Madu menjadi bahan alami yang tidak asing lagi untuk kita. Sejak kecil, kita sudah sering mencicipi madu. Biasanya, kita mengonsumsi madu dalam bentuk saset yang bisa dibeli di supermarket bahkan warung terdekat. Rasanya yang manis membuat madu disukai semua orang. Bukan hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak.

Madu pada dasarnya adalah cairan kental dengan rasa manis yang dibuat oleh lebah. Madu sendiri terbentuk dari nektar tumbuhan, terutama tumbuhan berbunga. Cairan manis dan kental ini sudah ada dan digunakan sejak lama.

Bukan hanya oleh orang-orang di masa sekarang, jauh sebelum berbagai jenis makanan ditemukan, orang-orang kuno sudah mengonsumsi madu untuk makanan dan minuman mereka, bahkan juga mengenali berbagai khasiatnya.

Berbeda dengan saat ini, dimana kita bisa membeli madu langsung dalam bentuk saset atau botolan, orang-orang kuno dulu mengambil madu langsung dari sarang lebah dan harus menderita berbagai resiko, termasuk resiko disengat lebah madu yang menyakitkan dan berbahaya.

Membahas soal madu, kita mungkin beranggapan kalau madu hanya terdiri dari satu jenis saja. Jadi,, meski sekilas terlihat sama, tetapi nyatanya madu terdiri dari beberapa jenis, lho!

Lalu, apa saja jenis-jenis madu? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak pada pembahasan selanjutnya.

Jenis Madu dan Khasiatnya

unsplash.com/Arwin Neil Baichoo

Madu sekilas memang terlihat sama. Cairan kental dan lengket dengan warna cokelat keemasan. Karena kemiripan tersebut, tidak heran rasanya jika banyak orang beranggapan kalau madu hanya terdiri dari satu jenis saja. Padahal yang sebenarnya adalah, madu terbagi menjadi beberapa jenis.

Perbedaan jenis madu biasanya disebabkan oleh tanaman yang berbeda. Mengingat ada ribuan tanaman berbunga di dunia ini, makanya jenis madu yang dihasilkan oleh satu tanaman pasti berbeda dengan jenis tanaman lainnya.

Perbedaan paling mencolok biasanya bukan dari teksturnya, melainkan warna madu dan rasanya. Ada madu yang memiliki warna lebih gelap, dan rasa lebih pahit. Begitu juga dengan khasiatnya. Meski sama-sama sehat, tetapi setiap madu juga memiliki khasiatnya masing-masing. Untuk penjelasan lengkapnya, berikut ini beberapa jenis madu dan khasiatnya!

1. Madu Manuka

Madu manuka menjadi jenis madu pertama yang perlu kamu ketahui. Meski bisa ditemukan di Indonesia, namun jenis madu satu ini sebenarnya masih cukup asing ditelinga masyarakat kita. Maklum aja, pasalnya, madu manuka memang bukan berasal dari Indonesia.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Madu manuka sendiri adalah jenis madu yang berasal dari Australia, dan negara tetangganya, Selandia Baru. Madu ini dihasilkan oleh lebah yang menyerbuki tanaman Leptospermum scoparium.

Berbeda dengan madu kebanyakan yang sering kita konsumsi, madu manuka memiliki warna cokelat yang lebih gelap. Ketika mencicipi madu satu ini, kamu bukan hanya bisa mencicipi rasa manis, tapi juga sedikit rasa pahit.

Membahas soal khasiatnya, madu manuka sudah lama dikenal sebagai obat anti infeksi dan luka. Ini karena madu manuka mengandung sejumlah zat yang menghasilkan sifat antibakteri yang bisa menjadi penyebab utama terjadinya infeksi.

Mulai dari infeksi kulit, jerawat, bisul, hingga bakteri yang bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi dan tukak lambung, bisa diatasi oleh jenis madu satu ini. Sayangnya, meski mengandung pemanis alami, pasien diabetes sebaiknya lebih dulu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi madu atau ini.

2. Madu Hutan

Madu yang kita konsumsi sekarang, mayoritas adalah madu yang berasal dari peternakan. Sementara itu, orang-orang di masa lampau, justru mendapatkan madu dari hutan yang menjadi salah satu habitat alami bagi lebah. Kabar baiknya, meski banyak orang menggunakan madu peternakan, kamu masih tetap bisa mendapatkan madu hutan.

Madu hutan biasanya dihasilkan oleh lebah yang hidup di alam bebas dan berasal dari jenis Apis dorsata. Mengingat madu jenis ini adalah madu alami, maka tidak heran kalau madu hutan yang benar-benar asli memiliki kualitas yang sangat baik.

Madu hutan biasanya berwarna cokelat terang nyaris kuning keemasan dengan rasa yang sedikit asam. Madu ini tidak baik untuk penderita masalah lambung, tetapi memiliki khasiat yang baik untuk kamu yang punya masalah dengan radang tenggorokan dan kekebalan pada tubuh.

3. Madu Akasia

Jenis madu selanjutnya adalah madu akasia. Madu ini berasal dari bunga jenis Robinia pseudoacacia. Berbeda dengan madu manuka yang berwarna lebih gelap, madu akasia berwarna cerah dan rasa manis yang mirip dengan vanili.

Meski rasa dan tampilan yang berbeda, jenis madu akasia memiliki khasiat utama yang sama dengan manuka, yakni ampuh membantu tubuh dalam melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Madu akasia mengandung glukosa, antioksidan, magnesium, dan juga vitamin C. Jenis madu ini aman dikonsumsi semua orang, kecuali bayi dibawah satu tahun atau mereka yang pada dasarnya memiliki alergi terhadap jenis madu apapun.

4. Madu Hitam

Sesuai dengan namanya, madu hitam memiliki warna yang hitam dan gelap karena berasal dari tumbuhan seperti mahoni atau kaliandra. Meski sekilas warnanya tidak meyakinkan, tetapi siapa sangka jika madu hitam adalah salah satu jenis madu yang paling tinggi kandungan antioksidannya.

Nah, karena kandungan antioksidannya yang tinggi, maka madu ini sangat ampuh untuk meredakan peradangan. Rasanya yang pahit juga membuat madu ini cenderung lebih aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Namun sama seperti semua jenis madu lain, madu ini juga tidak aman bagi bayi dibawah satu tahun.

Buat kamu yang tidak punya masalah dengan rasanya yang pahit, kamu boleh banget mengonsumsinya secara langsung. Namun, kalau kamu tipe orang yang tidak suka rasa pahit, kamu bisa mencampurnya para berbagai jenis makanan atau minuman untuk menetralisir rasa pahitnya.

5. Madu Putih

Meski namanya madu putih, namun madu ini tidak benar-benar berwarna putih, kok! Sebaliknya, madu putih justru memiliki warna kuning yang terang dan terlihat lebih jernih ketimbang jenis madu lainnya.

Kebalikan dari madu hitam yang punya rasa pahit, madu putih memiliki rasa yang manis. Karena rasanya ini membuat madu manis banyak digunakan sebagai pengganti gula untuk makanan atau minuman. Bicara soal khasiat, khasiat madu ini juga tidak kalah dari jenis madu lain. Madu putih kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu tubuh kita dari paparan radikal bebas. Selain itu, meski rasanya manis, madu putih justru sangat ampuh untuk mengatasi batuk.

6. Madu Multiflora

Biasanya, satu jenis madu terbuat dari satu jenis tanaman tertentu, sehingga penampilan maupun rasanya terasa khas. Seperti madu hitam misalnya, yang punya warna hitam dan rasa lebih pahit. Namun beda ceritanya dengan madu multiflora satu ini.

Sesuai dengan namanya, madu multiflora terbuat dari berbagai jenis tumbuhan yang ada di hutan. Nah, karena lebah mengonsumsi aneka tanaman berbunga, maka rasa maupun tampilan madu multiflora ini kadang berbeda-beda. Rasanya bisa sedikit pahit, tapi bisa juga sangat manis. Begitu juga dengan penampilannya, ada madu multiflora yang berwarna gelap dan ada yang berwarna lebih terang.

Asiknya, bukan cuma tampilan dan rasa yang beragam, khasiat madu multiflora juga beragam seperti mampu mengurangi tekanan darah, mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil, meredakan radang, bahkan mengurangi sakit tenggorokan, batuk, serta pilek. Gimana, banyak banget kan manfaatnya?

7. Clover Honey

Next, ada clover honey atau yang kalau dalam bahasa Indonesia disebut madu semanggi. Clover honey termasuk dalam jajaran madu berwarna cerah dengan rasa lebih manis dari madu-madu jenis lainnya. Madu yang satu ini biasanya dijadikan pengganti gula pada makanan atau minuman.

Uniknya, meski rasanya manis, tetapi madu semanggi justru banyak digunakan untuk membantu meredakan pilek serta batuk pada anak-anak. Ini karena meski rasanya manis, kandungan antibakteri pada madu ini sangat kuat sehingga tetap aman digunakan sebagai obat.

Sayangnya, karena rasanya yang manis, maka madu ini tidak aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, dan orang dengan kekebalan tubuh yang lemah. Selain itu, bayi berusia dibawah satu tahun juga tidak boleh mengkonsumsi madu.

Manfaat Madu untuk Wajah

unsplash.com/?????? ??????

Hari ini, madu bukan hanya dikonsumsi langsung. Kita juga sering kali menambahkan madu pada makanan dan minuman tertentu, biasanya sih untuk menambahkan rasa manis pada makanan dan minuman. Selain dapat memberikan rasa manis, madu juga kaya akan manfaat.

Kebanyakan orang beranggapan kalau madu hanya memiliki khasiat untuk tubuh saja. Tidak bisa dipungkiri, ternyata manfaat madu bagi tubuh kita juga keren-keren, apalagi kalau dikonsumsi secara rutin. Namun manfaat madu sendiri bukan hanya terbatas untuk tubuh aja, melainkan juga wajah kita. Berikut 5 manfaat madu untuk wajah yang wajib kamu ketahui!

1. Melembabkan wajah

Kulit kering menjadi salah satu kondisi yang dialami oleh banyak orang. Biasanya kulit kering ditandai dengan kulit yang terasa kasar, mudah iritasi, kulit terkelupas, hingga jerawat kecil.

Kulit kering sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, tapi biasanya disebabkan oleh kurangnya hidrasi pada kulit. Entah karena kamu kurang minum air putih atau skincare kamu yang tidak cocok.

Untuk mengatasi problem kulit kering ini, kamu jelas harus memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah yang mengandung air, dan mengganti rangkaian produk skincare yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan alami, salah satunya madu.

Manfaat madu yang pertama adalah, madu dapat membantu melembabkan kulit yang kering. Ini karena madu memiliki banyak kandungan yang dapat membantu melembabkan kulit serta menjaga agar tekstur kulit tidak kering. Menggunakan madu secara rutin juga dipercaya dapat membuat kulit lebih terhidrasi.

2. Melindungi kulit dari penuaan

Garis halus, bintik hitam, keriput serta berbagai tanda penuaan lainnya menjadi hal yang ditakutkan oleh banyak orang, terutama kaum perempuan. Apalagi kalau tanda-tanda itu muncul di usia yang masih tergolong muda. Percaya atau tidak, perempuan akan melakukan apapun untuk menjaga agar dirinya terlihat lebih muda sepanjang waktu.

Penuaan dini sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari pola hidup dan makan yang tidak sehat, terlalu sering terpapar sinar matahari, hingga penggunaan produk yang salah.

Untuk mengatasinya, yang pertama, kamu tentu harus memperbaiki pola hidup dan pola makanmu. Setelah itu, selalu gunakan sunscreen sebelum kamu keluar dan kalau bisa hindari paparan sinar matahari terutama di siang hari.

Selain step-step tersebut, kamu juga bisa mencegah penuaan dini dengan menggunakan madu. Madu kaya akan vitamin, antioksidan, mineral, dan asam amino yang bukan hanya baik untuk tubuh tetapi juga kulit. Kamu bisa menggunakan rangkaian produk yang mengandung madu atau menggunakan madu alami.

3. Mencerahkan kulit wajah

Wajah putih, cerah, dan bersih dari noda apapun menjadi standar kecantikan di banyak negara Asia, termasuk di Indonesia. Makanya tidak heran kalau kamu ke toko skincare atau make up, kamu akan menemukan banyak produk yang memiliki klaim memutihkan wajah.

Hal sebaliknya justru terjadi di Eropa sana. Kalau kamu jalan-jalan ke toko kecantikan di Eropa, kamu justru akan menemukan banyak produk untuk tanning alias menggelap kulit.

Kembali ke kulit putih, cerah, dan bersih sebagai standar kecantikan, madu memang tidak bisa membuat kulit kamu jadi putih. Tapi madu bisa membantu mencerahkan kulit wajahmu secara alami.

Bukan hanya itu, madu juga bisa mencegah bintik hitam yang muncul karena terlalu sering terkena sinar matahari. Untuk merasakan manfaat madu untuk wajah satu ini, kamu hanya perlu mengoleskan madu ke wajah yang sudah dicuci bersih, kemudian diamkan hingga kering lalu dicuci. Lakukan secara rutin, ya!

4. Mengontrol minyak berlebih di wajah

Selain kulit kering, kulit berminyak juga menjadi masalah bagi banyak orang, terutama perempuan. Kondisi kulit yang berminyak, terutama di area T zone, membuat wajah kita terlihat mengkilap, bahkan jika menggunakan make up pun, minyak akan dengan mudah menghapus bedak dan membuat make up kita jadi terlihat tidak merata. Belum lagi masalah jerawat yang seringkali muncul.

Saat ini, memang ada banyak produk yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Namun tetap saja, kulit berminyak bukan sesuatu yang bisa dibasmi dengan mudah.

Selain menggunakan produk skincare untuk kulit berminyak, kamu juga bisa menggunakan madu untuk mengontrol kadar minyak berlebihan di wajah. Madu memiliki banyak kandungan zat yang bisa menjaga produksi minyak tetap aman. Bonusnya, penggunaan masker madu secara rutin juga akan menjaga kulit tetap lembap.

5. Memberantas jerawat

Masalah lain yang juga sering dialami wajah adalah jerawat. Bagi banyak orang, satu dua jerawat bukanlah masalah. Apalagi kalau ukurannya kecil dan hilang dengan cepat. Namun percaya atau tidak, jerawat juga bisa menjadi masalah yang sangat serius bahkan menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Untuk mengatasinya, kamu memang perlu menggunakan produk khusus jerawat yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Tapi supaya jerawatnya cepat kering, kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti madu. Seperti yang kita tahu, madu memiliki kandungan antibakteri yang ampuh untuk mengatasi bakteri penyebab jerawat.

Madu juga punya efek calming yang dapat meredakan peradangan. Untuk jerawat sendiri, jenis madu manuka bisa menjadi pilihan yang cocok. Jangankan jerawat, madu jenis ini bahkan ampuh untuk meredakan bisul.

Penutup

Banyak orang beranggapan kalau madu hanya baik untuk tubuh. Memang benar, mengonsumsi madu dapat membantu menjaga agar tubuh tetap sehat. Namun, manfaat madu untuk wajah juga tidak kalah bagusnya. Meski begitu yang perlu dicatat adalah tidak semua orang bisa menggunakan madu.

Bayi berusia dibawah satu tahun tidak boleh mengkonsumsi madu, begitu pun dengan penderita diabetes. Meski terbuat dari pemanis alami, tetapi rasa madu yang manis tetap bisa membuat kadar gula dalam tubuh naik dan berakibat buruk bagi penderita diabetes.

Untuk Grameds yang sedang mencari buku seputar madu dan khasiatnya, kamu bisa mengunjungi gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan produk terbaik dan terbaru untuk Grameds, supaya kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah