in

13 Manfaat Es Batu Untuk Perawatan Wajah

Manfaat es batu tidak hanya digunakan untuk mendinginkan minuman atau makanan. Es batu adalah salah satu bahan alami yang dapat dimanfaatkan oleh wajah. Es batu dapat digunakan sebagai bahan perawatan yang baik untuk kulit wajah.

Manfaat es batu tidak hanya menyegarkan kulit, tetapi meredakan sekaligus mengobati berbagai macam masalah yang ada pada wajah. Akan tetapi, es batu yang digunakan pada perawatan kulit wajah disini tidak hanya es batu biasa.

Ada es batu yang berasal dari teh hijau. Ada pula es batu yang berasal dari lidah buaya. Semua itu memiliki manfaatnya masing-masing. Artikel ini akan membahas 13 macam manfaat es batu untuk perawatan wajah.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Manfaat Es Batu untuk Wajah

1. Meremajakan serta mencerahkan kulit wajah

Grameds, apakah kamu menginginkan wajah yang glowing? Wajah yang bersih dah sehat identik dengan wajah glowing. Maka dari itu, berbagai cara dilakukan demi menghasilkan wajah yang glowing.

Salah satu manfaat es batu untuk wajah adalah dapat membuat wajah menjadi glowing. Penggunaan es batu untuk perawatan dapat meremajakan kulit. Selain itu, kulit juga akan menjadi lebih cerah.

Ini adalah salah satu manfaat es batu yang tidak diduga. Menggunakan es batu pada pagi hari di wajah akan membuat kulit wajah lebih cerah. Wajah akan terlihat lebih bercahaya.

Hal ini karena es batu dapat meningkatkan nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah dari alirah darah akan lancar. Ini berkat dari penggunaan es batu.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Hanya dengan memijat kulit wajah. Sehingga akan menghasilkan reaksi segar di kulit wajah.

Manfaat es batu ini dapat membuat wajah terlihat lebih muda. Selain itu, wajah juga akan cerah secara alami. Inilah manfaat besar dari penggunaan es batu di pagi hari.

2. Membantu menyamarkan kerutan

Semakin bertambahnya usia, kerutan di wajah akan semakin bertambah. Bagi sebagian orang, kerutan adalah masalah yang harus segera ditangani. Terlebih bagi mereka yang bekerja pada bidang khusus, seperti model.

Pekerjaan seperti itu dituntut untuk membutuhkan wajah yang mulus. Selain mulus, wajah juga harus terlihat selalu muda. Wajah yang glowing juga menjadi salah satu faktor untuk terlihat baik pada saat tertentu.

Manfaat es batu untuk wajah dapat membantu menghilangkan kerutan di wajah. Melalui penggunaan es batu secara rutin, maka kerutan di wajah akan teratasi. Lama-kelamaan kerutan-kerutan tersebut akan samar dan hilang.

Es batu dapat membantu menghilangkan tanda-tanda penuaan dini. Salah satunya adalah garis halus yang ada di wajah. Namun, manfaat ini perlu diteliti lebih lanjut.

Perlu adanya penelitian secara mendalam terkait masalah ini. Sehingga dapat dibuktikan bagaimana efektifnya es batu dalam mengurangi kerutan di wajah.

banner-promo-gramedia

3. Mengatasi jerawat

Manfaat es batu untuk wajah salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat. Ini adalah salah satu manfaat es batu yang cukup populer. Banyak orang menggunakan es batu untuk mengatasi wajah yang berjerawat.

Ketika sedang berjerawat, maka kulit wajah mengalami peradangan atau inflamasi. Cara kerja es batu disini adalah untuk meredakan kemerahan pada jerawat. Selain itu, es batu juga akan meredakan bengkak dan nyeri akibat jerawat.

Cara menggunakannya juga sangat mudah. Kamu cukup mengompres area yang berjerawat dengan es batu. Melalui proses ini, akan menimbulkan sebuah reaksi.

Jerawat yang meradang akan memunculkan sebuah titik putih. Titik putih tersebut berada di puncak jerawat. Hal ini terjadi karena manfaat jerawat dapat mendorong kotoran di dalamnya naik ke permukaan.

Sehingga ukuran dari jerawat tersebut akan berkurang. Berkurangnya ukuran jerawat terjadi secara bertahap. Lama-kelamaan, masalah jerawat inipun akan mereda.

Meskipun es batu adalah salah satu cara ampuh menghilangkan jerawat, perlu juga waspada ketika menggunakannya. Es batu mungkin akan lebih ampuh terhadap masalah jerawat. Akan tetapi, jerawat yang masuk kategori ringan mungkin akan mudah disembuhkan.

4. Menghilangkan rambut wajah

Manfaat es batu selanjutnya dapat membantu menghilangkan rambut wajah. Memiliki rambut pada sekitar wajah dapat menjadi hal yang mengganggu bagi beberapa orang. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rambut wajah.

Salah satu caranya adalah menggunakan es batu. Es batu dapat membantu menghilangkan rambut-rambut yang ada di sekitar wajah. Ini adalah salah satu manfaat es batu yang sangat baik.

Akan tetapi, prosesnya memang tidak cepat. Cara ini lebih lambat dari menghilangkan bulu seperti menggunakan waxing. Namun, es batu dapat menghilangkan rambut di wajah secara bertahan. Asalkan kamu rutin menggunakannya, maka akan menghasilkan hasil yang maksimal

5. Mengontrol minyak berlebih

Ada beberapa orang yang memproduksi minyak secara berlebih. Kondisi wajah yang memproduksi minyak secara berlebih akan membuat wajah mengalami masalah. Masalah yang sering terjadi seperti mudah timbul jerawat, komedo yang berlebihan serta kulit terlihat lebih kusam.

Kulit yang berminyak tentu lebih rentan timbul jerawat. Maka disarankan untuk lebih merawat kulit. Hal ini berguna untuk produksi minyak secara wajar.

Salah satu cara untuk mengontrol minyak secara berlebihan adalah menggunakan es batu. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Gunakanlah perawatan es batu pada malam hari.

Tepatnya ketika hendak tidur. Perawatan ini akan membuat sel lemak lebih terkontrol. Produksi minyak di wajah akan lebih terkendali.

Manfaat es batu ini akan membuat wajah lebih berseri. Wajah juga akan terlihat lebih cerah.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Manfaat Es Batu untuk Wajah

6. Mempersiapkan kulit menerima produk skincare

Manfaat es batu selanjutnya bagi wajah adalah mempersiapkan kulit wajah. Persiapan dilakukan supaya kulit bisa menerima produk skincare. Kamu bisa mengoleskan es batu pada wajah sebelum menggunakan skincare.

Manfaat es batu untuk wajah sebelum tidur sangat baik. Es batu tersebut dapat membantu wajah melakukan penyerapan dengan baik. Produk-produk skincare dapat diserap dengan baik oleh kulit wajah.

Cara penggunaannya juga sangat sederhana. Kamu bisa membungkus es batu di dalam kain bersih. Setelah itu, mulailah mengoleskannya pada permukaan wajah.

Perawatan ini bisa menjadi perawatan pertama sebelum perawatan skincare lainnya. Jika kamu rutin melakukannya, maka wajah akan lebih sehat dan glowing.

All About Skincare
All About Skincare

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Buku ini hadir sebagai teman perjalanan mencari tahu lebih dalam tentang merawat kulit wajah menggunakan produk skincare. Tidak perlu lagi khawatir untuk mencari referensi dalam merawat kulit wajah karena buku ini membahas tentang bagaimana mengenal kulit wajah, kandungan, skincare yang semestinya dihindari, rekomendasi makanan sumber nutrisi untuk kulit dan bagaimana menggunakan skincare secara baik dan tepat sesuai jenis kulit.

7. Menyamarkan kantung mata

Kantung mata juga salah satu masalah yang ada pada wajah. Kantung mata disebabkan karena jam tidur yang kurang. Kantung mata adalah suatu kondisi pembengkakan. Pembengkakan tersebut berada di area mata.

Faktor umum munculnya kantung mata adalah karena usia. Semakin tua usia seseorang, maka jaringan di sekitar mata akan makin melemah. Jaringan tersebut meliputi otot-otot pada kelopak mata.

Untuk menjaga kantung mata tetap sehat, perlu dilakukan perawatan. Ada cara-cara tertentu yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantung mata. Menggunakan bahan alami maupun perawatan mahal. Namun, ada acara mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kantung mata.

Cara tersebut menggunakan es batu. Manfaat es batu ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan kantung mata. Melalui penggunaan es batu secara teratur, kantung mata akan tersamarkan.

Suhu dingin yang berasal dari es batu bisa masuk ke dalam kulir. Hal ini akan mengakibatkan sirkulasi darah lancar. Situasi darah yang lancar juga menjadi faktor penghilang kantung mata.

8. Meredakan kemerahan pada wajah

Kemerahan yang terjadi pada wajah disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya karena sinar matahari. Faktor lain yang menyebabkan kulit memerah adalah rosacea.

Rosacea adalah suatu penyakit yang bisa kambuh kapan saja. Kondisinya ditandai dengan kulit wajah yang memerah. Selain itu, gejala lain dari rosacea akan disertai dengan benjolan-benjolan kecil. Benjolan tersebut berbentuk seperti jerawat, penebalan kulit dan iritasi mata.

Manfaat es batu di sini adalah berperan untuk menyembuhkannya. Es batu dapat meredakan gejala kemerahan yang terjadi di wajah. Selain itu, es batu juga dapat meredakan gejala penyakit rosacea ini.

Manfaat Es Batu untuk Wajah

Manfaat Es Batu untuk Wajah

9. Meredakan kulit terbakar matahari atau sunburn

Es batu yang dibuat untuk perawatan wajah tidak harus selalu terbuat dari air matang. Kamu bisa menggunakan bahan lain untuk membuat es batu. Seperti dengan menggunakan teh hijau.

Lidah buaya juga dapat digunakan untuk membuat es batu. Manfaat lidah buaya sudah tidak diragukan lagi untuk perawatan wajah. Lidah buaya yang dibekukan juga baik untuk kulit.

Manfaat es batu kali ini karena adanya lidah buaya. Lidah buaya di dalam es batu tersebut dapat meredakan kulit yang perih pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat meredakan panas akibat terbakar sinar matahari. Kondisi ini juga dikenal dengan nama sunburn.

10. Meredakan wajah bengkak

Banyak faktor yang membuat wajah menjadi bengkak. Seperti ketika habis menangis, alergi, efek samping dari operasi, alcohol, benturan, mengonsumsi makanan tinggi garam dan lain sebagainya. Wajah yang bengkak tentu akan mengganggu aktivitas.

banner-promo-gramedia

Hal itu karena kondisi wajah tidak nyaman. Kondisi ini dapat diatasi dengan es batu. Manfaat es batu selanjutnya adalah untuk meredakan wajah yang sedang bengkak.

Kompreslah wajah pada pagi hari. Ini dilakukan untuk mengembalikan bentuk wajah. Wajah bengkak yang dikompres dengan es batu akan mengurangi kebengkakannya.

Lakukanlah hal ini selama beberapa kali sehari. Lakukan secara rutin untuk perawatan wajah yang bengkak. Lama-kelamaan bengkak di wajah akan mereda.

Akan tetapi, jangan dilakukan untuk wajah yang bengkak karena alergi. Terlebih jika disertai dengan gejala lain seperti sesak napas. Untuk upaya mencegah pembengkakan semakin serius, disarankan untuk pergi ke dokter.

Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri
Cara Mudah Merawat Kulit Wajah Sendiri

tombol beli buku

11. Membersihkan pori-pori pada wajah

Tidak hanya jerawat, pori-pori juga salah satu masalah yang dapat terjadi di wajah. Maka dari itu, banyak orang yang mengeluh terkait masalah pori-pori di wajahnya. Hal ini dapat diatasi dengan es batu.

Por-pori adalah salah satu tempat di kulit yang memiliki banyak kotoran. Banyak kotoran yang menumpuk di dalam pori-pro. Bahkan, tak jarang kotoran akan tersumbat. Ini akan membuat kondisi pori-pori tidak baik.

Manfaat es batu untuk wajah dapat digunakan sebagai pembersih pori-pori kulit. Es batu dapat membersihkan wajah sampai ke dalam pori-pori. Permasalahan seperti sel-sel kulit mati yang menumpuk dapat diatasi dengan es batu.

Jika tidak diatasi, akan membuat wajah menjadi kusam. Selain itu, akan tampak lebih tua. Maka merawat wajah adalah salah satu masalah kesehatan yang perlu diperhatikan juga.

Lakukanlah secara rutin perawatan dengan es batu. Sehingga pori-pori menjadi lebih bersih. Pori-pori yang bersih tentu membuat wajah menjadi lebih sehat.

12. Menyamarkan memar di wajah

Cedera pada area wajah yang diakibatkan karena benturan atau hal lain adalah salah satu penyebab memar. Memar di wajah akan menimbulkan rasa nyeri.

Selain itu, akan terjadi pula perubahan warna pada sekitar wajah. Selain mengganggu penampilan, memar di wajah juga terasa tidak nyaman. Memar akan menimbulkan rasa oerih dan nyeri.

Untuk mengurangi memar, kamu bisa menggunakan es batu. Manfaat es batu dapat digunakan sebagai pereda memar di wajah. Cobalah kompres bagian yang memar dengan es batu.

Kamu bisa meletakan kompresan es batu di wajah sekitar 10 menit sampai 30 menit. Jika sudah, kamu bisa melepaskan kompresan tersebut. Biarkanlah wajah beristirahat selama 15 menit.

Setelah istirahat, kamu bisa mulai melakukannya lagi. Ulangi tahapan ini selama 3 jam. Untuk mendapatkan hasil yang baik, kamu bisa rutin mengompres wajah selama 3 hari. Dimulai ketika terjadinya benturan atau memar pada kulit.

13. Meredakan bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah dapat disebabkan karena kurangnya kelembaban bibir. Kebiasaan menjilat bibir juga salah satu faktor bibir menjadi pecah-pecah. Selain itu, alergi atau iritasi terhadap suatu kosmetik juga merupakan salah satu penyebab bibir pecah-pecah.

Bibir yang bermasalah biasanya terjadi karena bibir kering. Setelah itu, bibir akan pecah-pecah. Kemudian bibir akan mengelupas. Kondisi-kondisi tersebut sering terjadi.

Manfaat es batu untuk bibir bisa digunakan untuk meredakan bibir yang bermasalah. Misalnya seperti bibir pecah-pecah. Bibir yang terluka umumnya juga dapat diatasi menggunakan es batu.

Es batu dapat membuat lebih terdehidrasi. Selain itu, ada sensasi kesegaran ketika menggunakan es batu. Kondisi bibir yang sedang luka dapat diatasi dengan es batu.

Cara penggunaan es batu pada bibir yang bermasalah cukup dengan mengompresnya saja. Taruhlah es batu di dalam kain bersih. Setelah itu kamu bisa mulai dengan mengompresnya secara perlahan. Pada bibir yang terdapat luka harus dilakukan dengan hati-hati.

Cara Jitu Mengatasi Jerawat
Cara Jitu Mengatasi Jerawat

tombol beli buku

Buku Cara Jitu Mengatasi Jerawat ini dengan jelas memberikan informasi dan pengetahuan akan jerawat, sehingga penderita jerawat tidak perlu panik bila jerawat timbul dan tidak sembarangan dalam penanganannya. Di dalamnya dikemukakan mengenai pengertian jerawat, penyebab-penyebabnya, larangan-larangan pada saat berjerawat, sampai pencegahan dan penanganan jerawat dengan cepat, tepat, dan tuntas.Bahasa penulisan Ari Wulandari yang simpel dan lugas, tetapi mengalir lancar membuat isi buku ini semakin mudah dipahami.

Itulah 13 manfaat es batu untuk perawatan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan secara teratur. Temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih