in

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Atau Mampet

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Atau Mampet – Siapa nih yang masih meremehkan kondisi hidung tersumbat, pilek, dan hidup mampet? Perlu kamu tahu bahwa kenyataannya, kondisi tersebut dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan juga bisa mengganggu berbagai kegiatan kamu. Perasan tidak nyaman dan mengganggu itulah yang akhirnya akan membuat kamu mencari berbagai cara mengatasi hidung tersumbat, agar bisa lebih cepat sembuh dan kembali seperti semula.

Adapun cara terbaik untuk mengatasi hidung mampet ataupun tersumbat yaitu dengan menghindari pemicunya dan hal-hal yang menyebabkan kondisi tersebut. Penyebab dari hidung tersumbat ternyata bisa berasal dari hal-hal yang ada disekeliling kita loh. Mulai dari asap hingga debu dan kotoran. Berbagai macam pemicu itulah yang pada akhirnya menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit dan menimbulkan gejala hidung mampet.

Nah, ketika kamu mengalami kondisi hidung tersumbat, jangan buru-buru panik ya. Kamu dapat melakukan beberapa cara yang bisa diterapkan untuk meredakan gejalanya. Supaya pernapasan kamu kembali lega dan plong.

Akan tetapi harus diingat, saat gejala hidung tersumbat sudah mulai membaik, usahakan untuk tetap memperkuat imun tubuh dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa menyebabkan hidung tersumbat. Supaya gejala tersebut tidak lagi mengganggu kesehatan kita. Sebelum mengetahui cara mengatasi hidung tersumbat, hal pertama yang harus kita pahami adalah gejala yang muncul ketika hidung kita tersumbat. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

tombol beli buku

A. Penyebab Hidung Tersumbat

Berbagai jenis polusi udara seperti asap rokok, kendaraan, dan pabrik sangat rentan menyebabkan iritasi yang membuat masalah di saluran pernapasan menjadi terganggu dan bisa memicu hidung tersumbat. Jika terpapar oleh partikel tersebut, maka pada akhirnya hal itu akan menyeretmu ke berbagai kondisi kesehatan berikut ini. Dimana salah satu gejala yang cukup kuat adalah hidung tersumbat.

1. Batuk Pilek

Hidung tersumbat seringkali menjadi suatu gejala atau penanda bahwa tubuh kita sedang mengalami batuk atau pilek. Umumnya, hidung tersumbat yang disebabkan oleh kondisi kesehatan tersebut dapat berlangsung selama tujuh sampai sepuluh hari dan bisa sembuh dengan sendirinya. Keluhan batuk atau pilek dapat disebabkan oleh banyak hal.

Misalnya saja karena paparan benda-benda asing seperti debu, asap, polusi, dan juga infeksi virus atau bakteri yang bisa menjadi sumber peradangan yang terjadi di saluran pencernaan bagian atas. Sehingga hal itu akan menimbulkan gejala batu dan juga pilek.

2. Influenza

Influenza atau flu adalah kondisi saat tubuh terpapar virus yang menyerang bagian sistem pernapasan. Biasanya bagian pernapasan yang diserang oleh virus tersebut adalah tenggorokan, hidung, sampai paru-paru. Dimana pada bagian yang diserang, kondisi influenza kerap menimbulkan hidung tersumbat.

Gejala flu memang dapat sembuh dengan sendirinya. Namun juga tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi tersebut bisa menimbulkan komplikasi yang cukup berbahaya. Oleh karena itu, apabila hidung tersumbat akibat flu yang tidak kunjung sembuh dalam kurun waktu 10 hari. Maka sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter.

3. Sinusitis Akut

Sinusitis adalah kondisi kesehatan tubuh berupa peradangan pada jaringan hidung yang membuat rongga hidung menjadi semakin menyempit. Kondisi sinusitis yang sudah akut biasanya terjadi saat gejala peradangan sudah berlangsung lebih dari sepuluh hari.

Pada saat itu, penyempitan di bagian rongga akan meningkatkan produksi lendir di dalam hidung. Sehingga membuat hidung kamu menjadi kesulitan bernapas karena hidung tersumbat. Tak jarang sinusitis yang sudah akut akan berkembang dari kondisi batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh.

4. Alergi

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami alergi. Kamu bisa saja mengalami alergi karena terpapar asap atau debu. Selain itu, tubuh juga bisa terkena alergi saat mengonsumsi makanan tertentu.

Semua hal yang menjadi penyebab alergi tersebut biasanya dikenal dengan sebutan alergen. Kondisi alergi sendiri tidak hanya muncul berupa gatal-gatal di kulit, batuk, atau bersin saja. Banyak kejadian mengenai alergi yang gejalanya memicu peningkatan produksi lendir di dalam sistem pernapasan. Produksi lendir yang jumlahnya terlalu banyak itu yang akhirnya bisa menimbulkan kondisi hidung tersumbat.

5. Rhinitis Non Alergi

Rhinitis atau peradangan yang terjadi di bagian hidung biasanya muncul karena adanya alergi. Namun selain itu, peradangan di bagian saluran hidung juga bisa hadir tanpa dipicu oleh alergi. Kondisi rhinitis non alergi ini umumnya disebabkan oleh paparan dari bau-bauan ataupun obat-obatan tertentu.

Paparan tersebut nantinya akan menimbulkan terjadinya peradangan yang memicu bersin-bersin, peningkatan produksi lendir di dalam hidung, dan akhirnya menimbulkan kondisi hidung tersumbat. Jika kamu sering mengalami kondisi hidung tersumbat karena rhinitis non alergi, maka sangat disarankan untuk segera periksakan ke dokter. Sebab, rhinitis non alergi seringkali berhubungan dengan kesehatan tertentu.

B. Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Terlepas dari apa penyebab munculnya kondisi hidung tersumbat, kamu tidak harus menunggu hingga penyebab masalah hidung kembali normal lagi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat tanpa perlu berobat ke dokter.

Kamu bisa melakukan beberapa cara yang ada di bawah ini untuk meredakan kondisi hidung mampet hanya dari rumah saja dan menggunakan peralatan dan bahan sederhana seperti berikut:

1. Menjaga Agar Suhu Tetap Hangat

tombol beli buku

Lendir yang ada di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat akan lebih mudah menebal jika kita merasa kedinginan atau ketika suhu tubuh kita menurun. Oleh karena itu, apabila kamu sudah merasakan kondisi hidung mampet, maka cobalah untuk meredakannya dengan cara menjaga suhu tubuh agar tetap hangat.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Kamu bisa mematikan AC atau kipas angin supaya tubuh kamu tetap hangat. Selain itu kamu juga bisa menggunakan pakaian tebal yang hangat dan juga jangan lupa menggunakan selimut saat ingin tidur.

Kemudian, kamu juga bisa mengonsumsi minuman hangat seperti teh, jahe, dan juga air putih yang bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghangatkan tubuh. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

2. Menghirup Uap Hangat

Kamu bisa mengatasi hidung mampet hanya dengan menggunakan satu gelas air panas. Cukup dengan memasak air hingga mendidih dan taruh di dalam wadah yang aman. Kemudian hadapkan wajah kamu di atas wadah yang sudah diisi dengan air panas tersebut.

Lalu secara perlahan hidup udara panas atau uap yang muncul dari air panas tersebut. Uap itu akan membantu kamu dalam mencairkan lendir yang ada di rongga hidung yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka kamu bisa menambahkan beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan ke dalam wadah yang berisi air panas tadi.

Uap hangat yang sudah bercampur dengan bawah putih dianggap lebih efektif dalam membunuh bakteri ataupun jamur yang dapat menjadi salah satu penyebab kondisi hidung tersumbat tambah parah.

3. Menggunakan Pelembab Udara

Pelembab udara atau yang dikenal dengan sebutan Humidifier adalah salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk membantu dalam menyembuhkan hidung tersumbat. Tidak ada salahnya kamu membeli dan menggunakan alat tersebut di ruang kamar. Terlebih untuk kamu yang seringkali mengalami kondisi hidung tersumbat.

Alat pelembab udara yang diletakkan di kamar atau ruangan bisa menjadikan udara yang ada disekitar menjadi lebih fresh dan lembab. Keuntungan dari menggunakan alat tersebut adalah dengan adanya udara yang lembab bisa menenangkan iritasi yang menjadi salah satu sumber peradangan hidung. Saat iritasi mereda, maka gejala hidung tersumbat juga akan berkurang.

4. Banyak Minum Air Putih

Saat hidung tersumbat mulai menyerang, cobalah untuk mengonsumsi lebih banyak cairan atau air mineral. Dengan masuknya banyak cairan ke dalam tubuh, maka hal itu akan membuat kekentalan lendir yang ada di hidung menjadi berkurang.

Dengan begitu, lendir itu tidak akan terlalu lama menutupi rongga hidung dan kamu dapat bernapas dengan lega. Tapi tentunya tidak sembarang cairan yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat.

Adapun cairan yang dianjurkan untuk rutin diminum saat mengalami hidung tersumbat yaitu air putih dengan suhu hangat. Yang tidak disarankan adalah mengonsumsi air putih dengan suhu dingin. Sebab, hal tersebut justru akan membuat lendir di dalam hidung menjadi sulit untuk mencair.

tombol beli buku

5. Keluarkan Lendir Dari Hidung

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa salah satu penyebab hidung tersumbat adalah karena adanya lendir yang menyumbat rongga hidung. Jika tidak ditangani dengan benar, maka lendir tersebut akan terus membuat pernapasan menjadi tidak lancar dan membuat tubuh tidak nyaman.

Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa kita lakukan agar kondisi tersebut segera membaik adalah dengan mengeluarkan lendir-lendir itu dari hidung. Apabila selama ini kamu sering menghirup kembali lendir atau ingus tersebut ke dalam hidung.

Maka cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Menghirup ingus kembali justru akan membuat lendir menumpuk di diantara rongga hidung dan membuat kondisi hidung tersumbat semakin parah. Sebaiknya, apabila memang kamu sudah merasa ada ingus atau lendir yang akan keluar dari hidung, maka keluarkanlah sampai hidung terasa lebih plong.

Tapi usahakan jangan terlalu memaksa ingus untuk keluar semua. Sebab, hal tersebut justru akan mengirimkan dahak kembali dengan membawa kuman ke saluran telinga. Jadi, cara membuang ingus dengan benar yaitu tutup salah satu lubang hidung kamu, lalu buang ingus dari bagian lubang hidung yang tidak tersumbat.

6. Menggunakan Dekongestan

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi hidung mampet dengan menggunakan obat-obatan yang dapat kamu beli di mana saja. Belilah obat nasal atau obat oral yang berjenis dekongestan. Jenis obat ini mempunyai sifat zat yang bisa mengurangi peradangan di rongga hidung. Peradangan itulah yang menyebabkan hidung tersumbat.

Apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakanlah dekongestan yang berjenis nasal. Penggunaan obat tersebut yaitu dengan disemprotkan ke dalam hidung. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan saat mengobati hidung tersumbat dengan menggunakan nasal spray dan nasal dekongestan:

a. Nasal Spray

Ini adalah cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan cairan yang disemprotkan ke rongga hidung. Cara ini dilakukan dengan tujuan untuk memuat bagian dalam hidung terasa lebih lembab. Sehingga lendir yang ada di dalam rongga hidung menjadi cepat encer dan membuat hidung lebih lega.

Caitan yang dipakai untuk disemprotkan ke dalam hidung bisa berupa larutan garam. Walaupun sudah terbukti bisa digunakan untuk meredakan hidung tersumbat, tapi sangat disarankan untuk berkonsultasi dulu kepada dokter sebelum membuat larutan cairan tersebut untuk disemprotkan ke dalam hidung. Agar takaran yang kamu gunakan tetap aman dan sesuai dosis.

b. Nasal Dekogestan: Oxymetazoline

Kandungan obat tersebut berguna untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah yang ada di dalam rongga hidung. Sehingga akan mengurangi penyumbatan pada hidung. Selain itu, obat Oxymetazoline juga bisa bekerja pada hidung tersumbat yang disebabkan oleh berbagai macam hal, seperti pilek, alergi, batuk, dan sinusitis.

Cara menggunakan obat yang satu ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyemprotkan cairan obat tersebut ke salah satu lubang hidung. Kemudian tutup lubang hidung satunya. Pastikan posisi kepala tetap tegak. Semprotkan obat saat sedang menarik napas. Hati-hati saat menyemprotkan obat tersebut, jangan sampai terkena mata.

tombol beli buku

7. Mandi Menggunakan Air Panas

Saat kamu merasakan hidung tersumbat, pasti akan ada banyak orang yang menyarankan untuk mandi menggunakan air hangat. Cara tersebut memang cukup ampuh untuk kamu yang sedang mengalami hidung tersumbat karena gejala batuk ataupun pilek.

Uap dari air hangat tersebut bisa membantu membuat lendir yang ada di dalam hidung menjadi cepat mencair dan mudah untuk dikeluarkan. Saat lendir atau ingus sudah mulai menipis dan hilang. Maka kamu bisa mulai bernapas dengan lega dan normal kembali.

8. Minum Obat Antihistamin

Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab kondisi hidung tersumbat ada beraneka ragam. Salah satunya yaitu karena adanya gejala alergi. Bagi kamu yang merasa hidungnya mulai mampet karena alergi, cobalah untuk minum obat antihistamin.

Obat tersebut bisa merdakan hidung tersumbat karena gejala alergi. Itu artinya, saat mengonsumsi obat tersebut, kondisi hidung tersumbat yang terjadi karena gejala alergi dapat dikurangi.

Hanya saja, obat antihistamin akan menimbulkan efek samping seperti rasa kantuk yang cukup kuat. Jadi, pastikan sebelum mengonsumsi obat tersebut, kamu tidak lagi akan melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi, seperti halnya bekerja ataupun menyetir.

9. Oleskan Minyak Eucalyptus

Adapun cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat yaitu dengan mengoleskan minyak eucalyptus di sekitar hidung. Jenis minyak yang satu ini dibuat dari bahan alami yang sudah sejak lama digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai kondisi kesehatan.

Untuk kondisi hidung tersumbat, minyak eucalyptus bisa menjadi salah satu pereda yang cukup mujarab. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan dihirup atau dioleskan di sekitar hidung. Uap dari minyak tersebut bisa membuat lapisan lendir menjadi lebih cepat menipis.

Sehingga kamu bisa bernapas dengan lega. Bahkan beberapa pendapat mengatakan bahwa minyak eucalyptus bisa diminum untuk meredakan berbagai masalah kesehatan. Akan tetapi, metode tersebut tidak disarankan karena khawatir akan ada efek sampingnya.

10. Mengonsumsi Teh Herbal

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk meredakan hidung tersumbat adalah dengan cara yang alami. Bahkan kamu bisa menggunakan cara ini sebagai salah satu langkah pengobatan yang efektif. Sebab, kamu hanya cukup mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi masalah hidung tersumbat.

Teh herbal, khususnya teh peppermint yang mempunyai kandungan mentol dapat menjadi dekongestan alami untuk tubuh. Dengan meminum teh ini hangat-hangat, maka akan membaut saluran pernapasan menjadi lebih lega.

Sebab, peradangan yang terjadi di hidung perlahan mulai mereda. Kamu bisa meminum satu cangkir teh herbal hangat sambil menikmati biskuit atau cemilan lain. Selain bisa mengatasi permasalan hidung tersumbat, cara tersebut juga bisa mengurangi stress. Sehingga imun tubuh menjadi semakin kuat.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam