in

5 Rekomendasi Brand Skincare Remaja yang Aman dan Tips Memilihnya

pexels.com

Skincare Remaja – Anak remaja, biasanya sudah mulai rentan terhadap permasalahan-permasalahan kulit contohnya seperti jerawat. Ketika memasuki usia remaja, maka wajah anak cenderung akan memproduksi minyak yang berlebihan sehingga jerawat pun akan timbul. Timbulnya jerawat akan menyebabkan wajah menjadi semakin kusam. Tidak hanya jerawat, produksi minyak berlebihan juga bisa memicu munculnya komedo.

Oleh karena itulah, maka kulit anak remaja juga perlu diperhatikan serta mulai dirawat. Salah satu cara merawat kulit remaja adalah dengan menggunakan skincare remaja yang mengandung bahan-bahan dan tidak terlalu keras, sehingga tidak akan membuat kulit iritasi atau menjadi sensitif.

Anak remaja, pada umumnya memiliki kulit yang cukup rentan. Oleh sebab itu, pemilihan skincare remaja perlu diperhatikan. Agar tidak bingung dan salah memilih skincare remaja, Grameds bisa mengikuti panduan dan rekomendasi memilih skincare bagi remaja berikut ini.

Kandungan Skincare Remaja yang Aman Digunakan

Skincare Remaja
pexels.com

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, produksi skincare untuk kebutuhan kulit Grameds pun turut berkembang. Brand-brand skincare mulai menemukan bahan-bahan baru yang ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kulit.

Meskipun begitu, ada beberapa kandungan skincare yang termasuk dalam bahan aktif dan tidak boleh digunakan sembarangan, terutama dicampurkan dengan bahan-bahan aktif lain sebab akan membuat kulit menjadi iritasi.

Bahan-bahan aktif dalam skincare tersebut, biasanya juga tidak disarankan untuk digunakan oleh orang-orang yang memiliki kulit sensitif seperti remaja. Anak remaja, harus lebih teliti dan cermat dalam memilih kandungan skincare, karena kulit wajah remaja masih cukup rentan dan sensitif.

Lalu, apa saja kandungan skincare remaja yang aman digunakan? Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Hyaluronic Acid

Kandungan pertama yang aman dan cocok digunakan oleh remaja adalah hyaluronic acid, kandungan satu ini merupakan salah satu bahan yang kuat dengan moisturizing propertiesnya atau menawarkan hidrasi yang cukup kuat pada kulit.

Hyaluronic acid telah menjadi salah satu kandungan skincare yang cukup populer, sebab memiliki segudang manfaat mulai dari melembabkan kulit, mencegah kerutan-kerutan halus hingga membantu regenerasi kulit. Selain itu, hyaluronic acid juga bagus untuk menjaga kesehatan skin barrier yang menjadi kunci kulit sehat dan terawat.

2. Niacinamide

Selain hyaluronic acid, niacinamide merupakan bahan skincare populer yang lainnya. Niacinamide adalah turunan dari vitamin B3 dan sangat ampuh untuk menyembuhkan kulit dari iritasi. Niacinamide memiliki sifat yang cukup menenangkan serta kaya akan antioksidan, oleh karena itu niacinamide mampu meminimalisir kemerahan maupun iritasi yang terjadi pada kulit.

Jadi, buat Grameds yang memiliki bekas jerawat ataupun dark spot, bisa memudarkan bekas-bekas tersebut dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan niacinamide. Selain dapat mengatasi kemerahan dan iritasi, niacinamide juga akan me-boost kemampuan kulit untuk mendapatkan kelembapan dan ampuh untuk membangun skin barrier kulit yang baik serta sehat!

3. Ceramide

Ceramide merupakan salah satu kandungan dalam skincare yang mampu menjaga serta memperbaiki skin barrier. Ceramide merupakan salah satu bahan aktif yang lembut dan cocok digunakan oleh semua jenis kulit.

Ceramide adalah salah satu jenis asam lemak yang bernama Lipid dan aad pada sel kulit manusia secara alami. Bahkan lapisan kulit terluar atau epidermis membentuk 50% asam lemak ini. Kandungan ceramide pada skincare akan membantu menjaga kelembaban kulit yang sebelumnya telah ada di dalam kulit.

Namun selain itu, ceramide juga bertindak seperti semen yang ada pada kulit. Maka artinya, ceramide berfungsi untuk melindungi sekaligus menghalangi kulit dari paparan luar yang memiliki kemungkinan untuk merusak lapisan kulit. Jika skin barrier Grameds cukup sehat, maka pastinya kulit pun terbebas dari segala permasalahan kulit termasuk jerawat.

4. Salicylic Acid

Bahan aktif selanjutnya yang cocok untuk para remaja ialah salicylic acid, kandungan ini termasuk bahan Beta Hydroxy Acid atau yang sering disebut sebagai BHA. Lalu apa sih manfaat dari BHA ini?

BHA atau salicylic acid mampu membantu kulit untuk melepaskan sel-sel mati yang ada pada lapisan kulit. Ia akan membantu membersihkan pori-pori, sehingga kulit pun akan terhindar dari timbulnya blackhead, jerawat ataupun whitehead.

Jika Grameds memiliki tipe kulit yang cenderung berminyak atau bahkan bermasalah dengan jerawat, komedo atau bruntusan, maka Grameds bisa mencoba mengatasi permasalahan kulit tersebut dengan menggunakan skincare yang memiliki kandungan BHA. Meskipun tergolong aman digunakan oleh remaja, akan tetapi Grameds tidak bisa menggunakan skincare dengan BHA terlalu sering. Cukup gunakan 2 kali seminggu dan jangan kombinasikan dengan skincare bahan aktif lainnya.

5. Vitamin E

Apakah Grameds tahu, bahwa vitamin e sebenarnya telah ada dalam kulit manusia seperti ceramide. Vitamin e adalah salah satu kandungan skincare yang kaya akan antioksidan dan bisa menjadi salah satu pilihan bagi Grameds yang ingin mencoba menggunakan bahan aktif.

Sifat anti oksidan dalam vitamin e mampu membantu mengurangi kerusakan kulit yang terjadi akibat cahaya sinar matahari. Meskipun begitu, Grameds tetap perlu menggunakan skincare setiap hari! Hal ini dikarenakan vitamin e bekerja dari dalam dan kulit tetap membutuhkan proteksi dari luar.

Meskipun vitamin e adalah kandungan skincare yang cukup relatif aman untuk semua jenis kulit atau bahkan bagi remaja, akan tetapi vitamin e biasanya cenderung lebih cocok digunakan oleh Grameds yang memiliki tipe kulit kering atau bahkan normal.

Skincare Remaja

Rekomendasi Brand Skincare Remaja

Skincare Remaja
pexels.com

Remaja memiliki kulit yang cukup rentan atau sensitif, sehingga dalam pemilihan produk-produk skincarenya perlu diperhatikan. Agar kulit remaja tidak mengalami iritasi atau bahkan memunculkan masalah kulit yang baru.

Meskipun perlu diperhatikan lebih seksama, akan tetapi saat ini ada banyak brand-brand skincare yang telah memformulasikan produknya sehingga sesuai dan cocok digunakan oleh remaja tanpa perlu khawatir. Lalu, apa saja brand skincare tersebut dan apa produk skincare remaja yang aman? Simak rekomendasinya berikut ini ya!

1. Emina Sun Protection

Sebagai remaja, sun screen merupakan salah satu skincare yang tidak boleh dilewatkan dalam tahapan skincare. Sebab, sun screen akan membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari, seperti UVA atau UVB yang dapat memicu permasalahan kulit.

Sun screen penting, terutama bagi Grameds yang sering beraktivitas di luar rumah. Salah satu sun screen untuk remaja yang direkomendasikan adalah Emina Sun Protection. Produk satu ini memiliki kandungan SPF di dalamnya yang termasuk dalam kategori aman untuk kulit renta seperti remaja.

Tidak hanya kandungannya saja, kemasan dari Emina Sun Protection ini juga praktis dan kecil, sehingga akan cocok dibawa kemana-mana.

2. Pond’s Acne Solution

Selain sun screen, kunci kesehatan kulit adalah menjaga kulit tetap bersih. Salah satu cara membersihkan kulit wajah dari kotoran dan residu-residu adalah dengan mencuci wajah. Tentu saja, mencuci wajah dengan air tidak cukup, terutama jika Grameds menggunakan sun screen, Grameds perlu membersihkan residu bekas sun screen pada kulit.

Sabun cuci muka yang cocok untuk kulit remaja adalah dari Pond’s Acne Solution yang diformulasikan khusus bagi remaja yang memiliki masalah kulit seperti jerawat dan komedo. Selain mampu mengatasi jerawat, produk satu ini juga mampu mengecilkan pori-pori.

3. Pigeon Moisturizer For All Skin Types

Salah satu step skincare yang tidak boleh dilewatkan selain sun screen adalah moisturizer, sebab step skincare satu ini akan memberikan kelembaban pada kulit wajah Grameds.

Pelembab atau moisturizer yang dapat Grameds gunakan adalah Pigeon moisturizer for all skin types. Produk satu ini memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban wajah, khususnya bagi pengguna yang masih remaja.

Sesuai dengan nama produknya, produk skin care satu ini dapat digunakan oleh seluruh jenis kulit agar terhindar dari berbagai macam masalah kulit. Selain kandungannya yang cukup aman dan gentle untuk kulit remaja, harga yang dipatok oleh produk ini pun cukup murah dan ramah di kantong, terutama bagi para remaja yang biasanya belum memiliki penghasilan.

4. La Tulipe Essential Whitening Serum

Bagi Grameds yang ingin menghilangkan permasalahan kulit kusam dan ingin mencerahkan kulit wajah, maka Grameds bisa mencoba produk dari La Tulipe. Produk dari La Tulipe satu ini merupakan serum yang sangat cocok digunakan oleh para remaja. Gunakan serum dari La Tulipe hanya pada malam hari ya Grameds, agar serum dapat bekerja lebih baik.

Kandungan yang ada di dalam serum ini dipercaya mampu menutrisi kulit sekaligus mengatasi noda hitam yang ada pada wajah. Jika Grameds menggunakan serum satu ini dengan rutin, maka akan membantu membuat kulit wajah terlihat lebih cerah. Namun, tentu saja hasil dari skin care satu ini tidak didapatkan secara instan. Jadi, kamu tetap harus sabar melihat perubahannya ya!

5. Clean and Clear Oil Control Film

Apabila Grameds memiliki tipe kulit berminyak, maka Grameds bisa membantu mengurangi minyak pada wajah dengan menggunakan produk satu ini. Produk satu ini berbentuk seperti kertas yang digunakan untuk mengelap wajah berminyak. Kemasan yang kecil dan praktis, akan memudahkan Grameds membawa produk ini kemana-mana. Selain itu, harga dari produk ini juga cukup murah.

Skincare Remaja

Tips Memilih Skincare Remaja yang Aman

Skincare Remaja
pexels.com

Setelah mengetahui kandungan apa yang cocok dan aman digunakan oleh remaja dan rekomendasi produknya, Grameds tetap perlu mengetahui bagaimana cara memilih skincare untuk remaja yang aman. Sebab, setiap kulit memiliki tipe dan jenis yang berbeda-beda, sehingga masih ada kemungkinan bahwa kulit Grameds tidak cocok menggunakan suatu produk atau bahan skincare yang telah direkomendasikan sebelumnya.

Lalu bagaimana cara memilih produk skincare remaja yang aman agar terhindar dari iritasi? Simak penjelasannya berikut ini ya!

1. Memahami jenis kulit

Setiap orang, memiliki jenis kulit yang berbeda-beda ada yang memiliki jenis kulit berminyak, kering, normal, kombinasi atau bahkan kulit sensitif. Oleh sebab itu, ada beberapa orang yang cocok dengan produk tertentu dan ada pula yang justru mengalami iritasi karena suatu produk skin care.

Oleh karena itu, tahap pertama untuk memilih skin care yang aman dan cocok adalah dengan mengetahui jenis atau tipe kulit Grameds lebih dulu. Jika sudah mengetahui tipe kulit, maka Grameds bisa memilih skincare yang direkomendasikan khusus untuk jenis kulit Grameds. Ada beberapa bahan atau komposisi skincare yang cocok untuk jenis kulit tertentu, contohnya sebagai berikut ini.

  • Kulit berminyak: pilihlah skincare yang memiliki komposisi asam alfa hidroksi, asam hialuronat dan benzoil peroksida yang mampu membantu mengurangi sebum pada permukaan kulit.
  • Kulit kering: pilihlah skincare yang memiliki komposisi shea butter dan asam laktat karena akan membantu menghidrasi kulit dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya atau tidak kusam.
  • Kulit sensitif: jika memiliki kulit sensitif, maka Grameds bisa memilih skincare yang memiliki kandungan oatmeal, aloe vera atau shea butter.

2. Mengetahui apakah Grameds memiliki alergi kulit atau alergi pada kandungan tertentu.

Alergi kulit bisa menjadi salah satu pemicu permasalahan kulit yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, ketika akan memilih skincare, maka Grameds perlu mengetahui apakah Grameds memiliki alergi kulit atau alergi terhadap suatu bahan tertentu? Jika iya, maka Grameds bisa menghindari pemakaian produk-produk yang dapat memicu alergi.

Lalu bagaimana cara ceknya? Grameds cukup mengoleskan produk yang ingin dicoba atau digunakan pada bagian punggung lengan, belakang telinga atau bahkan bahu. Lalu biarkan produk tersebut selama beberapa saat dan tunggu apakah kulit Grameds merespon produk tersebut dengan baik atau tidak.

Jika muncul rasa gatal, ruam merah atau bahkan sedikit bentol, maka Grameds perlu menghentikan pemakaian produk dengan kandungan tersebut.

3. Mengetahui masalah kulit

Fungsi dari skincare tidak hanya merawat kulit saja, akan tetapi juga membantu memperbaiki masalah-masalah kulit. Jika Grameds tidak memiliki masalah kulit yang cukup membantu, maka Grameds bisa menjaganya dengan memilih skincare yang membantu menjaga kelembapan, dan melindungi kulit.

Namun jika Grameds memiliki masalah kulit, seperti kulit kusam, jerawat, komedo atau bahkan bruntusan, maka Grameds perlu mengetahui akar masalah kulit tersebut. Jika sudah mengetahui masalah kulit yang Grameds alami, maka Grameds bisa memilih produk yang sesuai untuk membantu mengatasi masalah kulit Grameds.

4. Memperhatikan kandungan skincare

Ingat, bahwa kulit remaja adalah kulit yang masih sensitif dan cukup rentan mengalami iritasi. Sehingga dalam pemilihan produk skincare pun harus lebih teliti. Jika tidak ingin mengalami iritasi atau masalah kulit lainnya, maka Grameds perlu membaca dan memperhatikan kandungan skincare.

5. Produk skincare sudah memiliki izin BPOM

Selain memperhatikan kandungan skincare, Grameds juga perlu aware bahwa produk pilihan Grameds aman digunakan karena telah mengantongi izin dari BPOM. Jika sudah memiliki izin dari BPOM, maka dapat dipastikan bahwa produk tersebut sudah teruji dan aman digunakan karena tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

6. Menggunakan basic skincare

Remaja biasanya adalah pemakai skincare pemula. Sebagai pemula dalam menggunakan skincare, lebih baik Grameds tidak menggunakan terlalu banyak produk dengan macam-macam kandungan. Gunakanlah basic skincare dengan rutin untuk menjaga kulit tetap sehat.

Basic skincare yang dapat Grameds gunakan adalah cleansing (micellar water dan facial wash atau facial wash saja), moisturizer toner, moisturizer atau pelembab, protecting berupa sunscreen.

Setelah fokus dengan basic skincare, memasuki usia 20-an Grameds baru bisa mengeksplor skincare dengan kandungan yang bermacam-macam, seperti vitamin C, vitamin E, bakuchiol atau bahkan retinol. Tapi jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Skincare Remaja

Itulah beberapa rekomendasi produk serta kandungan skincare remaja yang bisa Grameds ikuti untuk memilih skincare agar memperbaiki dan merawat kulit remaja Grameds.

Demikian ulasan mengenai skincare remaja. Kamu juga bisa mengetahui tips menggunakan skincare atau informasi lain seputar skincare dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Gramedia menyediakan buku-buku seputar skincare yang cocok untuk Grameds agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca

BACA JUGA:

  1. 14 Urutan Penggunaan Skincare Pagi hingga Malam yang Benar!
  2. Double Cleansing: Manfaat Hingga Produk-Produk yang Bikin Glowing
  3. Mengenal AHA BHA dalam Skincare: Mana yang Lebih Baik untuk Wajah? 
  4. Mengenal Ceramide sebagai Kandungan Skincare yang Populer 
  5. 16 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Terlihat Mulus! 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda