in

Mengenal Ceramide sebagai Kandungan Skincare yang Populer

pexels.com

Ceramide adalah – Apa itu ceramide? Ceramide adalah kandungan pada skincare yang tengah populer saat ini. Ceramide dikenal sebagai kandungan yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembaban kulit. Sehingga kandungan skincare satu ini, cocok untuk Grameds yang memiliki tipe kulit kering.

Kenalan lebih lanjut dengan ceramide yuk, sebelum membeli produk skincare yang memiliki kandungan ceramide!

Ceramide adalah Kandungan Skincare yang Penting

Ceramide adalah
pexels.com

Apa itu ceramide? Ceramide adalah golongan asam lemak yang saat ini sering kali dicampurkan dalam berbagai produk perawatan kulit atau skincare. Tidak banyak yang tahu, akan tetapi sebenarnya kandungan ceramide dapat Grameds temukan pada sel-sel kulit Grameds.

Bahkan ceramide juga membentuk suatu lapisan kulit paling luar atau disebut sebagai epidermis hingga 50 persen. Inilah yang membuat kandungan ceramide memiliki peran yang penting untuk melindungi kulit.

Ceramide memiliki peran dalam perkembangan sistem saraf serta otak. Saat ini, ceramide yang masuk dalam golongan asam lemak pun telah mulai dan bahkan telah populer dalam industri kecantikan, karena potensi dari manfaat ceramide yang dapat diperoleh.

Selain banyak digunakan dalam produk skincare seperti serum, moisturizer, pelembab, masker, ceramide juga sering ditemukan dalam produk sampo hingga deodoran lho Grameds.

Wah, ternyata ceramide merupakan kandungan skincare yang cukup penting ya? Pantas saja banyak brand mulai mencampurkan produknya dengan kandungan ceramide.

Akan tetapi, apa sih manfaat dari ceramide ini? Yuk simak penjelasannya lebih lanjut.

Manfaat Ceramide untuk Kulit

Ceramide adalah
pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa ceramide adalah lipids atau lemak yang dihasilkan dengan alami pada kulit. 50 % dari komposisi kulit sendiri merupakan ceramide. Hal inilah yang membuat kandungan ceramide memiliki peran penting untuk melindungi kulit.

Bersama dengan kandungan kolesterol serta free fatty acids, ceramides dapat mengikat sel-sel kulit menjadi satu, kemudian membentuk lapisan pelindung yang dapat menahan kelembaban, menjaga kulit dari bakteri dan ancaman lainnya serta membuat kulit menjadi lebih kenyal.

50% dari komposisi kulit adalah ceramide, lalu kenapa Grameds masih membutuhkan kandungan ceramide pada skincare yang Grameds gunakan?

Hal ini karena pada usia muda, kulit masih memproduksi banyak ceramide, akan tetapi seiring dengan bertambahnya usia lalu paparan sinar matahari dan penggunaan produk skincare yang memiliki kandungan terlalu keras, maka kualitas maupun kuantitas dari ceramide pada kulit pun menjadi berkurang.

Nah, ketika kandungan ceramide yang alami ini mulai berkurang, maka skin barrier seseorang pun akan mudah rusak. Dampaknya? Tentu akan menyebabkan kulit menjadi kering dan kasar, mulai muncul kerutan, dehidrasi dan bahkan kulit bisa mengalami iritasi.

Penggunaan produk skincare dengan kandungan ceramide akan membantu memenuhi dan mencukupi kadar ceramide pada kulit, sehingga kulit pun akan tetap terjaga kelembabannya, terhidrasi dengan baik, kencang dan kenyal.

Nah, sampai sini Grameds tentu sudah paham dong bahwa kandungan ceramide itu penting untuk kesehatan kulit. Selain menjaga kulit dan membuat kulit lebih lembab, ceramide juga memiliki manfaat lainnya. Berikut penjelasannya.

1. Sebagai kandungan yang dapat melindungi kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas, ceramide merupakan kandungan yang ada secara alami di kulit yang dapat melindungi kulit. Begitu pula dengan kandungan ceramide yang ada pada skincare.

Kandungan ceramide pada skincare, membantu untuk memenuhi kebutuhan ceramide alami yang mulai berkurang karena faktor usia serta lingkungan. Kadar dari kandungan ceramide yang terpenuhi, maka akan membantu melembabkan kulit, memperkuat lapisan pelindung kulit serta menjaga kelembaban kulit dengan baik.

2. Anti aging

Penyebab paling besar munculnya permasalahan penuaan dini ialah karena faktor lingkungan. Contohnya seperti sinar matahari, polus, dan debu. Sehingga untuk mencegah segala dampak buruk yang diakibatkan oleh lingkungan tersebut, maka Grameds perlu melindungi kulit dengan proteksi seoptimal mungkin.

Nah, untuk melindungi kulit, ceramide memiliki peran yang mampu memperkuat lapisan pelindung kulit serta mampu menahan kelembaban yang ada pada kulit dan bekerja sebagai anti aging.

Biasanya, kandungan-kandungan yang bermanfaat untuk mencegah penuaan dini cenderung lebih kuat, contohnya seperti retinol. Sehingga, bagi Grameds yang memiliki kulit sensitif mungkin akan sedikit kesulitan.

Nah, ceramide ini bisa menjadi alternatif skincare yang dengan efektif mampu mencegah penuaan dini dan tentu Grameds yang memiliki kulit sensitif tidak perlu khawatir, sebab ceramide cenderung ramah dan tidak akan melukai kulit.

3. Membantu kondisi kulit tertentu

Beberapa orang yang mengalami kondisi kulit tertentu, seperti eczema serta psoriasis biasanya memiliki kadar persentase ceramide alami yang lebih sedikit, bahkan beberapa justru kekurangan kandungan ceramide dibandingkan orang yang memiliki tipe kulit normal.

Oleh karena itu, dengan menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan ceramide, maka akan membantu memenuhi kebutuhan ceramide pada seseorang yang memiliki kondisi kulit tertentu seperti eczema dan psoriasis. Sehingga, akan membantu mengurangi gejala yang sering kali timbul seperti gatal-gatal, kulit kering, iritasi hingga kemerahan.

4. Ramah pada tipe kulit yang sensitif

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kandungan ceramide cenderung lebih ramah terhadap tipe kulit sensitif. Pada umumnya, tipe kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering dan tidak terhidrasi dengan baik, serta sering kali bereaksi pada produk perawatan kulit, terutama yang memiliki kandungan cukup keras.

Salah satu penyebab dari kulit sensitif ialah kurangan kelembaban yang seharusnya hidrasi ini berfungsi untuk melindungi kulit. Apabila tidak terhidrasi dengan baik, tentu kulit akan menjadi lebih sensitif. Penggunaan produk skincare dengan kandungan ceramide dapat menjaga kelembaban serta dapat mengurangi sensitivitas kulit.

5. Kandungan yang baik untuk kulit berjerawat

Jerawat dapat muncul karena disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran melalui produksi minyak yang berlebihan, sehingga dapat menyumbat pori-pori. Ketika lapisan kulit Grameds dalam kondisi yang sehat sekalipun, kemungkinan bakteri masuk dalam lapisan kulit masih dapat tetap terjadi.

Penggunaan produk-produk skincare yang memiliki kandungan ceramide akan melindungi lapisan kulit Grameds, sehingga bakteri serta zat-zat asing lainnya tidak akan masuk ke dalam pori-pori dan menyumbat pori hingga menimbulkan jerawat.

6. Mencegah kerusakan pada skin barrier

Skin barrier merupakan lapisan kulit yang paling luar dan memiliki fungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan serta menjaga keseimbangan air yang ada pada kulit.

Skin barrier dapat kita sebut sebagai garda terdepan yang memiliki peran untuk melindungi kulit, sehingga tentu saja skin barrier ini perlu dijaga dengan baik. Salah satu cara menjaga kesehatan skin barrier dengan baik ialah dengan rutin menggunakan krim maupun losion yang memiliki kandungan ceramide.

Kulit yang memiliki cukup kandungan ceramide, maka akan jauh lebih sehati serta dapat terhindar dari berbagai macam masalah kulit, contohnya seperti iritasi, perubahan warna atau warna kulit yang tidak rata, kulit kering dan bahkan jerawat.

Ceramide adalah

Itulah enam manfaat dari kandungan ceramide yang ada pada skincare. Wah ternyata ceramide ini sangat penting untuk masuk dalam step skincare Grameds ya?

Selain memiliki segudang manfaat, kandungan ceramide yang ada pada skincare hingga saat ini belum terbukti memberikan efek samping buruk.

Bahkan ceramide justru dinilai cocok untuk digunakan oleh semua jenis kulit, baik itu kulit dengan tipe kering, berminyak, normal, kombinasi hingga kulit sensitif sekalipun.

Meskipun terbilang aman dan belum ada laporan efek samping, akan tetapi agar lebih aman, Grameds bisa melakukan pengujian terlebih dahulu.

Cobalah menguji skincare yang memiliki kandungan ceramide dengan cara uji tempel. Caranya adalah dengan mencoba mengoleskan krim atau serum yang memiliki kandungan ceramide di lengan, lalu tunggu hingga 24 jam.

Apabila muncul suatu reaksi alergi maupun iritasi, seperti gatal, bentol-bentol, atau bahkan kemerahan, maka artinya kulit Grameds tidak cocok untuk menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan ceramide tersebut.

Begitu pula sebaliknya, apabila setelah 24 jam Grameds tidak merasakan efek samping apapun, maka kulit Grameds cocok dengan skincare tersebut.

Sedikit tips, apabila Grameds ingin memperoleh hasil perawatan yang maksimal dengan produk skincare tertentu, contoh seperti ingin mendapatkan kulit yang bebas dari jerawat, maka Grameds dapat memiliki produk skincare yang mengandung ceramide serta bahan-bahan lainnya.

Contohnya ialah retinol, peptida, antioksidan dan lainnya, jangan lupa untuk memastikan bahwa kandungan tambahan tersebut sesuai dengan kondisi dan tipe kulit Grameds.

Cara Memilih Produk Skincare yang Memiliki Kandungan Ceramide

Ceramide adalah
pexels.com

Setelah mengetahui manfaat ceramide pada skincare, Grameds tentu ingin mencoba skincare yang memiliki gangguan ceramide bukan?

Nah agar tidak salah kaprah dalam mencoba skincare dengan kandungan ceramide, berikut beberapa tips atau panduan dalam memilih produk skincare yang memiliki kandungan ceramide.

1. Menyesuaikan dengan jenis atau tipe kulit

Pada dasarnya penggunaan ceramide untuk kulit cenderung aman dan dapat digunakan oleh semua tipe kulit. Meskipun terbilang aman, Grameds tetap harus memperhatikan pemilihan jenis maupun bentuk produk skincare yang memiliki kandungan ceramide yang sesuai dengan tipe kulit masing-masing.

Contohnya, apabila Grameds memiliki jenis kulit yang kering, maka Grameds dapat menggunakan produk skincare dengan kandungan ceramide yang berbentuk krim. Kenapa?

Hal ini dikarenakan krim sebagai emolien cenderung memiliki kandungan zat pelembab yang lebih banyak, terutama apabila dibandingkan dengan skincare yang berbentuk lotion. Selain itu, tekstur krim juga tidak akan berisiko untuk mengiritasi kulit.

Apabila Grameds memiliki masalah-masalah kulit tertentu, sebaiknya Grameds juga mengkonsultasikan dengan dokter spesialis kulit lebih daulu sebelum memutuskan untuk mencoba produk skincare, agar dokter dapat memberikan rekomendasi produk serta menjelaskan cara penggunaan yang tepat.

2. Memilih produk skincare yang memiliki kemasan kedap udara

Selain memerhatikan komposisi dan memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit, tidak kalah penting bagi Grameds untuk memilih produk skincare yang memiliki kemasan kedap udara. Terutama produk skincare yang mengandung ceramide di dalamnya. Kenapa?

Hal ini dikarenakan kemasan kedap udara dapat lebih aman bagi produk di dalamnya, sehingga produk pun tidak akan mudah terpapar oleh cahaya. Grameds bisa memilih skincare dengan kandungan ceramide yang dikemas dengan botol atau tabung atau opaque yang kedap udara.

Apabila memilih produk yang dikemas dengan packaging toples, pada umumnya isi produk akan lebih mudah terpapar oleh cahaya dan berisiko membuat kandungan ceramide di dalamnya menjadi tidak efektif, seiring dengan berjalannya waktu.

Ceramide adalah

3. Mengenali jenis-jenis ceramide

Sebelum menggunakan produk skincare yang memiliki kandungan ceramide di dalamnya, pastikan bahwa Grameds telah mengetahui jenis-jenis ceramide lebih dulu.

Contohnya apabila Grameds memiliki kulit kering serta iritasi, maka sebaiknya Grameds memiliki produk skincare yang mengandung ceramide 1, ceramide 3 ataupun ceramide 6-3.

Grameds juga bisa menemukan kandungan ceramide pada skincare dengan nama lain yaitu sphingosine. Nama sphingosine ini merupakan rantai asam amino yang memiliki kandungan ceramide sebagai salah satu molekul di dalamnya.

4. Mengkombinasikan ceramide dengan kandungan pada skincare lainnya

Ketika memilih skincare yang memiliki kandungan ceramide, Grameds juga mengkombinasikan ceramide dengan kandungan pada skincare lainnya. Dengan mengkombinasikan beberapa kandungan dalam skincare, maka Grameds akan memeroleh hasil yang lebih optimal.

Grameds bisa mencari produk-produk skincare yang memiliki kandungan ceramide dengan produk perawatan kulit lainnya dengan tambahan kandungan seperti retinol, peptida, maupun antioksidan.

5. Melakukan tes untuk cek reaksi kulit pada skincare

Tidak kalah penting, untuk menghindari segala reaksi buruk atau negatif yang kemungkinan muncul ketika baru mencoba skincare baru, Grameds perlu melakukan tes lebih dulu.

Meskipun di awal telah dijelaskan, bahwa hingga saat ini tidak ada laporan yang menyebutkan bahwa kandungan ceramide berbahaya atau dapat mengiritasi kulit dan bahkan cocok digunakan oleh semua jenis kulit, akan tetapi tes reaksi tetap perlu dilakukan.

Cara melakukan tes reaksi pun sangat mudah, cukup dengan mengoleskan sedikit produk skincare pada lengan bagian dalam, kemudian tunggu hingga 24 jam. Apabila tidak ada reaksi alergi, contohnya seperti kulit gatal maupun kemerahan, itu artinya produk skincare tersebut aman dan cocok digunakan pada kulit Grameds.

Nah, itulah beberapa tips apabila Grameds ingin memeroleh kandungan ceramide pada produk skincare tertentu. Akan tetapi, apakah Grameds tahu bahwa selain pada kulit dan skincare, kandungan ceramide juga bisa Grameds dapatkan melalui sumber makanan lho!

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kandungan ceramide sebenarnya telah terkandung dalam kulit, sedangkan kandungan ceramide yang ada pada skincare merupakan kandungan ceramide sintetis atau buatan yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan ceramide yang semakin hari semakin berkurang dan menurun kualitasnya.

Meskipun kandungan ceramide alami pada kulit selalu berkurang dan bahkan kualitasnya pun menurun, Grameds bisa merangsang produk alami ceramide pada kulit dengan mengganti lemak jahat dengan sumber lemak sehat.

Beberapa contoh makanan yang dapat merangsang produksi alami ceramide antara lain ialah sumber lemak sehat, seperti berikut ini.

  • Minyak zaitun
  • Ikan salmon
  • Kacang-kacangan
  • Buah alpukat
  • Cokelat hitam tanpa campuran gula dan lainnya
  • Sunflower oil atau minyak dari biji bunga matahari

Itulah beberapa makanan yang dapat merangsang produksi ceramide secara alami.

Ceramide adalah

Kesimpulan

Apabila disimpulkan, ceramide adalah golongan asam lemak yang ikut menyusun lapisan kulit. Menggunakan produk skincare yang memiliki ceramide di dalamnya akan berpotensi untuk menjaga kelembaban sekaligus mengurangi iritasi pada kulit. Bahkan, bagi penderita psoriasis maupun eksim, ceramide juga bisa membantu meredakannya.

Itulah ulasan tentang ceramide. Apabila Grameds tertarik untuk mengetahui kandungan-kandungan pada skincare lainnya maupun mengetahui tips seputar pemilihan skincare, Grameds bisa mencari tahu lebih lanjut dengan membaca buku-buku yang tersedia di Gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

BACA JUGA:

  1. Mengenal AHA BHA dalam Skincare: Mana yang Lebih Baik untuk Wajah?
  2. Rekomendasi Treatment Wajah untuk Merawat dan Mempercantik Kulit
  3. Apa itu Serum? Manfaat serta Cara Memakainya
  4. 5 Jenis Kulit Wajah, Ini Penjelasan Lengkap Perawatannya
  5. Double Cleansing: Manfaat Hingga Produk-Produk yang Bikin Glowing
  6. 13 Manfaat Es Batu untuk Perawatan Wajah
  7. Apa Itu Good Looking dan Cara Menjadi Good Looking


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda