in

23 Brand Skincare Terbaik Di Dunia dan Produk Terpopulernya!

https://www.byrdie.com
Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Skincare Terbaik Di Dunia – Dewasa ini, telah banyak produk-produk skincare yang terjual bebas di pasaran dengan segala kandungan yang diyakini mampu menjadikan wajah kita semakin cantik hingga awet muda.

Mulai dari produk sabun cuci wajah, toner, serum, moisturizer, sunscreen, essence, hingga krim mata, semua telah berkembang sesuai kebutuhan masing-masing individu. Apakah Grameds termasuk pribadi yang menggunakan produk skincare dalam jumlah banyak supaya wajah tetap halus berseri?

Dari sekian banyaknya brand skincare tersebut, tentunya ada skincare terbaik yang bahkan telah diakui oleh para penggunanya dari seluruh dunia ini.

Skincare terbaik di dunia ini biasanya tidak hanya sebatas embel-embel “terbaik di dunia” saja, tetapi memang telah terbukti mampu memberikan apa yang ditawarkannya kepada pengguna produknya.

Berhubung produk skincare tersebut telah diakui sebagai skincare terbaik di dunia, tentu saja harganya akan sangat mahal.

Perlu diketahui juga ya Grameds apabila hendak menggunakan produk-produk skincare terbaik di dunia ini, wajib memperhatikan beberapa faktor pendukung.

Salah satu faktor pendukung akan berhasilnya suatu kandungan skincare pada wajah kita adalah lingkungan. Itulah mengapa, Grameds harus cerdas dalam memilih produk skincare yang cocok dengan kebutuhan dan lingkungan setempat.

Lantas, apa saja sih produk skincare terbaik di dunia yang tidak hanya dikenal mahal saja, tetapi juga benar-benar efektif merawat kulit wajah? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

23 Brand Skincare Terbaik Di Dunia

Mengingat kata “terbaik” itu adalah relatif alias tidak semua orang memiliki anggapan yang sama atas seberapa ‘baiknya’ skincare tersebut. Nah, dilansir dari byrdie.com, berikut ini ada 23 brand skincare terbaik di dunia yang tidak boleh Grameds lewatkan!

1. SkinCeuticals

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Selama lebih dari 20 tahun, brand skincare SkinCeuticals ini selalu menjadi brand yang akan direkomendasikan oleh para dokter kulit ternama.

Menurut mereka, kandungan-kandungan yang terdapat dalam skincare SkinCeuticals ini mampu mencegah, melindungi, dan memperbaiki tanda-tanda penuaan secara efektif. Itulah mengapa, brand SkinCeuticals menjadi skincare terbaik di dunia yang mahal.

Produk dari SkinCeuticals yang paling populer adalah TRIPLE LIPID RESTORE 2:4:2 dan TRIPEPTIDE-R NECK REPAIR. Harganya tentu saja mahal yakni sekitar $182 alias Rp2 juta. Kandungannya berupa  Vitamin C, vitamin E, ferulic acid yang tentunya akan melindungi kulit wajah dari radikal bebas.

Apabila Grameds ingin membelinya, dapat dilakukan melalui situs resminya yakni di skinceuticals.com.

2. Drunk Elephant

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Melihat dari nama dan kemasannya yang lucu, ternyata produk skincare ini benar-benar ampuh dalam merawat wajah kita. Tiffany Masterson merupakan founder dari brand skincare terbaik di dunia ini dengan menciptakan segala jenis serum dan masker sesuai dengan kebutuhan wajah.

Produk skincare dari Drunk Elephant ini dibandrol dengan harga $80 alias Rp1 jutaan dengan klaim mampu membuat kulit wajah bersih dan tidak ada tanda kemerahan yang terlihat. Bahan utama yang digunakan dalam produk-produk skincare ini adalah Glycolic acid, tartaric acid, lactic acid, dan salicylic acid.

Jika Grameds tertarik untuk membelinya, dapat mengunjungi website sephora dan drunkelephant.com.

3. Neutrogena

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Merk Neutrogena tidak hanya menjadi skincare terbaik di dunia, tetapi juga menjadi produk rekomendasi para dokter kulit di drugstore internasional. Semua bahan-bahan yang digunakan dalam produk skincare merk ini didukung secara ilmiah dalam formula yang dibuat untuk mengatasi setiap dan setiap masalah kulit, mulai dari jerawat hingga penuaan.

Sama halnya dengan merk skincare lain yang menjual produk dalam satu bandle, Neutrogena pun demikian. Namun produk yang paling populer adalah moisturizer yang cocok untuk digunakan di negara dengan musim panas. Dikemas dengan kandungan asam hialuronat yang ringan, maka dapat menghidrasi tanpa terasa berminyak pada wajah.

Harga produk skincare ini adalah $30 alias sekitar Rp400 ribu. Jika Grameds tertarik untuk membelinya, dapat mengunjungi website neutrogena.com.

4. Alpyn Beauty

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Skincare terbaik di dunia selanjutnya adalah Alpyn Beauty yang didirikan oleh Kenda Kolb Butler setelah pindah dari New York ke Jackson Hole.

Sang founder brand skincare ini memang telah memiliki pengalaman bekerja di spa perawatan kulit dan menyadari akan apa saja kebutuhan-kebutuhan kulit wajah di era saat ini. Itulah mengapa, brand ini menjadi sempat mendapatkan penghargaan Eco Beauty Award berulang kali.

Produk yang paling populer dari merk skincare ini adalah bundle Wildcrafted Active yang mampu menghilangkan make up sehingga kulit wajah akan benar-benar bersih. Wanginya yang berupa floral-citrus menjadikan penggunanya akan merasa nyaman saat menggunakan produk ini.

Produk ini dibandrol dengan harga $36 atau sekitar Rp500 ribu. Kandungannya terdapat Glycolic acid, lactic acid, papaya and pomegranate enzymes.

5. The Ordinary

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Untuk brand skincare ini pastinya Grameds sudah tidak asing lagi dong. Yap, The Ordinary telah mengguncang industri skincare secara besar-besaran sejak tahun 2017 yang benar-benar bukti nyata untuk perawatan wajah.

Produk yang paling laris di pasaran adalah retinol yang mampu merangsang produksi kolagen hingga menghilangkan jerawat.

Berhubung konsentrasi retinolnya rendah, maka tak jarang banyak pemula menggunakan retinol The Ordinary sebagai pilihan utamanya. Harganya pun murah, yakni $8 atau sekitar Rp50 ribu saja!

6. Dr. Barbara Sturm

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Brand skincare asal Jerman ini memang fokus pada youth-boosting dan telah menjadi skincare favorit bagi beberapa selebritis seperti Hailey Bieber dan Cher. Padahal brand ini baru rilis pada tahun 2014 silam, tetapi begitu terkenal karena memang klaim yang diberikan terbukti efektif.

7. Alastin

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Produk skincare Alastin yang paling dibutuhkan dan populer di kalangan masyarakat adalah sunscreen. Mengingat sinar matahari di seluruh dunia manapun pasti memiliki efek yang kurang baik bagi wajah, maka sunscreen Alastin ini lah “obatnya”.

Adanya SPF tinggi dan segala formula yang ada menjadikan wajah tidak akan tersumbat pori-pori terutama bagi kulit sensitif. Harganya $64 atau sekitar Rp950 ribuan.

8. Cetaphil

https://www.byrdie.com

Nah, satu lagi brand skincare terbaik di dunia yang terjual bebas di pasaran Indonesia. Yap, Cetaphil yang selalu menjadi rekomendasi para dokter kulit karena formulanya yang lembut dan aman bagi kulit sensitif. Hingga saat ini, produk Cetaphil telah tersedia di sejumlah 70 negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Brand Cetaphil pertama kali masuk di pasar skincare sejak tahun 1947 dan berkembang secara intens. Produk yang paling populer tentu saja cleanser yang lembut dan selalu direkomendasikan oleh dokter kulit untuk semua orang secara berulang kali. Ditambah lagi, harganya yang terjangkau membuat brand ini selalu laku di pasaran, yakni $23 atau sekitar Rp300 ribuan.

9. SkinMedica

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Keberadaan brand skincare terbaik di dunia yang satu ini ternyata sudah ada lebih dari 20 tahun yang lalu dan didirikan oleh seorang dokter kulit ternama. Produk andalannya adalah serum anti aging. Harga yang ditawarkan cukup fantastis yakni $295 atau sekitar Rp4,4 juta.

10. BeautyStat

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Dari sekian banyaknya skincare terbaik di dunia, dapat dikatakan bahwa brand ini sangat baru, tepatnya pada tahun 2019 silam. Namun walaupun demikian, produk yang ditawarkan sangat bagus dan banyak orang mengakui klaim mereka.

Produk yang paling laris adalah krim mata dengan kandungan vitamin C-nya, ditambah dengan CBD, asam hialuronat, dan EGCG, antioksidan, dan senyawa yang berasal dari teh hijau.

Klaim mereka mengatakan bahwa produk krim mata dari BeautyStat yang memiliki tekstur gel-to-cream ini mampu mengurangi lingkaran hitam hanya dalam 3 minggu saja! Harganya $43 atau sekitar Rp600 ribuan.

11. Biologique Recherche

https://www.byrdie.com

Brand skincare ini berasal dari Perancis dan telah ada sejak tahun 1970-an. Diprakarsai oleh seorang ahli biologi yakni Yvan Allouche yang kala itu membuat sebuah skincare untuk istrinya saja, kemudian barulah berkembang sebagai bisnis.

Produk yang paling laris adalah tonernya yang terkenal akan efek berupa mengecilkan pori-pori sekaligus menyeimbangkan pH kulit. Harganya dibandrol $126 atau sekitar Rp1,8 jutaan.

12. Tata Harper

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Bisa dikatakan brand Tata Harper ini tidak hanya menjadi skincare terbaik di dunia saja, tetapi juga terkenal akan bahan-bahan alami pada produk mereka.

Yap, brand ini benar-benar memiliki lahan pertanian tersendiri yang digunakan untuk menumbuhkan bahan-bahan alami tersebut kemudian digunakan sebagai formula dalam produk-produknya. Wah, benar-benar totalitas ya!

Produk yang paling laris adalah purifying cleanser yang memiliki 17 bahan alami sehingga dapat membersihkan sekaligus mendetoksifikasi kulit wajah secara mendalam, tanpa membuatnya kering atau terkelupas. Harganya $88 atau sekitar Rp1,3 jutaan.

13. Tatcha

https://www.byrdie.com

Merk skincare asal Jepang ini selalu mendapatkan perhatian karena menggunakan berbagai macam bahan yang mampu membuktikan klaim mereka. Produk yang paling dicari dari brand ini adalah double cleanse yang diklaim mampu menghapus makeup secara terdalam dan cleansing oil-nya.

Pada produk cleansing oil, brand ini menggunakan bahan berupa beras dan minyak biji kamelia yang tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga ketika menghapus riasan di wajah pun akan efektif. Harganya $50 atau sekitar Rp700 ribuan.

14. Dr. Dennis Gross Skincare

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Dapat dikatakan bahwa brand skincare ini cukup baru dan merupakan hasil ciptaan seorang dokter kulit bernama Dr. Dennis Gross. Produk yang paling laris adalah peel pad yang biasa digunakan untuk kulit berjerawat. Ditambah lagi adanya DRx Blemish Solutions Acne Eliminating Gel yang mampu membersihkan noda di wajah  dengan cepat, sekitar 3 hari saja!

Produk-produknya banyak mengandung asam salisilat yang berguna untuk mengontrol produksi sebum di wajah. Harga dibandrol $42 atau sekitar Rp600 ribuan.

15. Olay

https://www.byrdie.com

Brand skincare yang satu ini sepertinya tidak asing deh bagi Grameds karena mungkin saja tengah menggunakannya. Yap, brand Olay sebelumnya memiliki nama Oil of Olay yang memang telah menjadi andalan di berbagai drugstore sejak 1952. Beruntungnya, brand skincare terbaik di dunia ini juga menjual berbagai produknya di Indonesia!

Produk yang paling populer adalah moisturizer yang bahkan berhasil terjual habis dalam jumlah 20 botol selama setiap menit di seluruh dunia.

Klaimnya menyatakan bahwa produk moisturizer Olay ini mampu melembabkan kulit dan meminimalkan garis halus dan kerutan hanya dalam 28 hari. Tak dipungkiri adanya bahan-bahan pendukung seperti asam hialuronat dan niacinamide juga turut menjadi sorotan. Harganya adalah $20 atau sekitar Rp200 ribuan.

16. Avene

https://www.byrdie.com

Nah jika Grameds memiliki kulit sensitif dan ingin mencoba brand skincare terbaik di dunia, coba saja brand Avene dari Perancis ini. Klaimnya yang menyatakan bahwa semua produk mereka memberikan efek menenangkan tanpa memicu iritasi.

Produk yang paling populer tentu saja moisturizer karena dapat menghidrasi sekaligus menyejukkan kulit. Saking amannya untuk kulit sensitif, banyak yang menggunakannya untuk anak-anak maupun bayi. Harga yang dibandrol adalah $28 atau sekitar Rp400 ribuan.

17. Sunday Riley

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Tak banyak yang menyadari bahwa brand skincare yang satu ini telah bertahan selama lebih dari sepuluh tahun dan selalu laris di pasaran. Berkat produk-produk mereka yang selalu diciptakan dengan teknologi tinggi dan hasilnya pun tentu saja sangat efektif untuk perawatan wajah.

Produk yang paling laris di pasaran dari brand Sunday Riley ini adalah serum eksfoliasi. Hal yang membedakan dengan serum eksfoliasi lainnya adalah membuat kulit terasa halus sekalipun di kulit sensitif. Hal tersebut karena dalam bahan-bahannya, terdapat lidah buaya sebagai bahan yang menenangkan wajah. Harganya adalah $85 atau sekitar Rp1 jutaan.

18. Augustinus Bader

https://www.byrdie.com

Ketika membahas skincare terbaik di dunia, rasanya tidak akan afdol apabila tidak memasukkan brand Augustinus Bader ke dalamnya. Brand ini diberi nama sama oleh sang founder, yakni seorang dokter asal Jerman, Dr. Augustinus Bader, yang telah menangani berbagai produk moisturizer para selebriti Hollywood salah satunya Victoria Beckham.

Itulah mengapa, produk yang paling populer dari brand skincare ini adalah moisturizernya. Harganya adalah $290 atau sekitar Rp4 jutaan.

19. RoC

https://www.byrdie.com

Dapat dikatakan bahwa merk skincare yang satu ini sangat berfokus pada kandungan retinol dalam berbagai produk skincare mereka. Itulah mengapa, jika Grameds pergi ke drugstore internasional maka pasti akan menemukan produk retinol dengan merk RoC di rak paling atas. Ditambah lagi, produk retinol mereka sering menggunakan bahan anti-aging.

Produk retinol dari brand RoC yang paling populer adalah krim mata. Harganya adalah $28 atau sekitar Rp400 ribu.

20. Versed

https://www.byrdie.com

Dilansir dari byrdie.com,  brand Versed turut andil dalam daftar skincare terbaik di dunia karena memiliki formula yang benar-benar “ajaib” dalam perawatan wajah. Nyatanya, di sebuah drugstore terkenal Target, brand skincare Versed sering terjual habis di pasaran.

Produk yang paling laris adalah adanya sebuah produk yang memuat cleansing milk, makeup remover, dan moisturizing toner hanya dalam satu botol saja! Tentu saja hal tersebut membuat penggunanya merasa hemat. Harga produk tersebut adalah $18 atau sekitar Rp200 ribu.

21. Estée Lauder

https://www.byrdie.com

Dapat dikatakan bahwa Estée Lauder ini menjadi brand kecantikan paling ikonik sepanjang masa sekaligus skincare terbaik di dunia. Eksistensinya telah dikenal oleh para wanita sejak tahun 1964 yang kala itu hanya memiliki 4 produk skincare saja. Semakin berjalannya waktu, brand ini mampu berkembang menjadi salah satu perusahaan skincare terbesar di dunia yang secara konsisten berinovasi.

Produk skincare yang paling populer adalah krim mata yang memiliki klaim mampu menghidrasi hingga 24 jam, mencerahkan lingkaran hitam dalam tiga minggu, mengurangi bengkak dan garis, dan menawarkan kompleks anti-polusi. Harga yang ditawarkan adalah $72 atau sekitar Rp1 jutaan.

22. Golde

Skincare Terbaik Di Dunia
https://www.byrdie.com

Produk skincare andalan dari brand ini adalah masker matcha sekaligus minuman diet yang terbuat dari kunyit dan kakao. Produk-produknya membantu detoksifikasi, mencerahkan, sekaligus melembabkan wajah sebab adanya formula powder-to-gel yang terasa dingin saat dicampurkan dengan air.

Harga yang dibandrol untuk produk skincare andalan Golde ini adalah $34 atau sekitar Rp500 ribu rupiah.

23. Ole Henriksen

https://www.byrdie.com

Skincare terbaik di dunia yang terakhir adalah Ole Henriksen asal Denmark yang telah menjadi andalan di dunia skincare sejak awal tahun 80-an. Produk ini awalnya diluncurkan dengan tujuan supaya para penggunanya dapat menikmati hasil perawatan wajah di rumah layaknya di tempat spa.

Produk yang paling populer adalah face oil dan krim mata yang diandalkan untuk melawan lingkaran hitam, terutama oleh para penata rias. Adanya kandungan vitamin C dan kolagen, maka tentu saja produknya sangat efektif sebagai anti-penuaan. Harga yang dibandrol pada produk ini adalah $42 atau sekitar Rp600 ribu rupiah.

Itulah pembahasan kita seputar skincare terbaik di dunia. Nah, Grameds skincare mana yang akan kamu gunakan sebagai perawatan kulit?

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Cari tahu lebih banyak seputar perawatan kecantikan di gramedia.com atau kamu bisa melihat beberapa rekomendasi buku di bawah ini. 

5 Rekomendasi Buku Terkait

1. Skincare 101

Inilah tren kulit saat ini. Cantik dengan bermodalkan sapuan kosmetik tak lagi jadi primadona. Cantik pun tak lagi identik dengan mahal dan ribet. Dengan perawatan sederhana yang tepat, Anda akan mendapatkan kecantikan yang sesungguhnya: kulit sehat, bersih, dan bercahaya. Tak masalah apa pun karakter kulit Anda, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan.

“Sebagai perempuan juga public figure yang akrab dengan perawatan kulit, make-up dan kawan-kawannya, jujur aku sering tersesat dengan berbagai tren terkait kecantikan. Buku ini muncul semacam cenayang, bisa menjawab semua pertanyaan dan keingintahuanku terkait kulit. Pembahasan lengkap yang berbobot tapi dipaparkan dengan gaya bahasa dan penjelasan yang sangat mudah dipahami, bikin betah bacanya…” —Zaskia Sungkar, Artis, public figure, entrepreneur.

“This is indeed an excellent guide for skin care which is not only for consumers but it is even good enough for aesthetic doctors! dr. Mufti and Mrs. Wardah have written not only comprehensively but also beautifully illustrated. The contents have been extracted from their general knowledge as well as evidence based facts from up-to-date literature. This is written in Bahasa, but I am indeed recommending it to be translated for the English version as I find it more pragmatic than the ‘Paula’s Guide to Cosmetics’.” —Prof. Wong Lip Wih, Ilmuwan Farmasi Estetika dari King’s College London, UK.

2. All About Skincare

Buku All About Skincare akan membahas semua yang ingin Anda ketahui tentang skincare. Mulai dari mengenal kulit wajah Anda, mengenal kandungan-kandungan yang ada dalam skincare termasuk bahan-bahan apa saja yang harus dihindari, rekomendasi makanan yang dapat memberi nutrisi untuk kulit Anda, dan bagaimana cara menggunakan produk-produk skincare dengan benar dan tepat sehingga manfaatnya terserap sempurna untuk kulit Anda. Segera dapatkan buku ini dan dapatkan kulit sehat Anda.

Cantik pada dasarnya hadir dari dalam diri dan tidak memiliki standar tertentu yang dapat dinilai. Merawat kulit dengan baik adalah kunci dari kecantikan yang efektif. Namun, dengan begitu banyaknya informasi di luar sana dan beragam komposisi pada berbagai produk skincare, kita jadi bingung sendiri ketika memilih produk yang sesuai kondisi kulit.

Menjawab permasalahan tersebut, buku ini hadir sebagai teman perjalanan mencari tahu lebih dalam tentang merawat kulit wajah menggunakan produk skincare. Tidak perlu lagi khawatir untuk mencari referensi dalam merawat kulit wajah karena buku ini membahas tentang:

  • Bagaimana mengenal kulit wajah;
  • Kandungan skincare yang semestinya dihindari;
  • Rekomendasi makanan sumber nutrisi untuk kulit; dan
  • Bagaimana menggunakan skincare secara baik dan tepat sesuai jenis kulit.

3. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Kulit yang sehat, halus serta bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita termasuk Anda. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih fresh, cantik serta awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit.

Yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar? Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis dan mudah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi BPOM.

Jangan sampai produk yang berbahaya ini masih ada di tangan Anda dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang Anda dapatkan justru sebaliknya.

4. Perawatan Kecantikan Kulit

Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memasuki dan memperdalam pengetahuan serta keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini. Di dalamnya disajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif.

Mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan. Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan.

Buku ini disusun secara cermat, berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Meskipun padat informasi, materi disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, yang mudah dipahami serta dipraktikkan.

5. Body Rebuild Series: Edisi Perawatan Kulit

Apakah Anda ingin memahami permasalah mengenai kulit serta perawatannya dengan cara yang asik dan mudah dipahami? Komik ini dapat dijadikan pilihan. Berbeda dengan komik-komik lain, “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” membagikan pengetahuan tentang kulit kepada para pembaca.

Sementara itu, seri “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” menyajikan pengetahuan-pengetahuan seputar kulit. Penjelasannya pun mudah dipahami, serta disampaikan dengan gaya yang asik dan penuh jenaka khas komik, sehingga “Body Rebuild Series Edisi Perawatan Kulit” ini sangat direkomendasikan bagi pembaca yang ingin lebih mengenal masalah kulit, namun dengan sarana dan bacaan yang lebih menyenangkan.

Penulis: Rifda Arum Adhi P

Sumber:

https://www.byrdie.com/best-skincare-brands-5078942

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda