in

Rekomendasi Novel Misteri yang Patut dibaca

Rekomendasi Novel Misteri – Sebuah kisah misteri yang kerap membuat kita banyak bertanya-tanya bagaimana ending yang akan didapatkan memang terkadang bikin ketagihan untuk diikuti. Oleh karena itulah, saat ini semakin banyak rekomendasi novel misteri yang bisa Grameds baca.

Kisah dalam beberapa film dengan genre misteri juga terkadang ada yang diadaptasi dari novel. Ini yang menyebabkan jumlah peminat novel genre misteri juga terus bertambah, baik novel fisik maupun novel digital seperti e-book masih sama-sama digemari.

Nah, jika kamu belum tahu apa saja novel misteri yang bisa dibaca untuk menemani waktu luangmu, maka 10 rekomendasi novel misteri yang ada dalam artikel ini akan bikin kamu penasaran untuk membacanya.

Artikel ini akan menyajikan novel-novel genre misteri best seller. Dijamin, deh, kamu tak akan kecewa ketika membaca 10 rekomendasi novel misteri berikut ini!

https://www.pexels.com/

Table of Contents

Update Rekomendasi Buku Novel Misteri September 2022

Hantu di Rumah Kos – DINI W.TAMAM & ERBY S

Hantu di Rumah Kos
Hantu di Rumah Kos

Dari Pekanbaru ke kota Bandung, hanya satu tujuan Renata. Kuliah di sebuah Universitas untuk menuntut ilmu dan menggapai cita. Kakak satu-satunya, Radit, memilih sebuah rumah kos yang letaknya terjangkau dari kampusnya.

Bangunan kos terlihat baik-baik saja. Tidak ada kesan menakutkan. Tetapi ternyta itu salah. Renata merasakan keanehan yang tidak disangka. Suasana begitu menakutkan terlebih ketika malam menurunkan gelapnya. Ada sesuatu di sana. Ia terlalu sulit menghindar. Ternyata, kos itu bukan kos seperti pada umumnya.

 

Para Pelindung (The Guardians)  – John Grisham

Para Pelindung (The Guardians)
Para Pelindung (The Guardians)

Di kota kecil Seabrook, Florida utara, seorang pengacara muda bernama Keith Russo ditembak mati saat bekerja hingga larut malam. Tak ada saksi, motif, atau petunjuk apa pun. Polisi menetapkan pelakunya adalah Quincy Miller, pria kulit hitam yang pernah menjadi klien Russo. Quincy dijebak dan dipenjara seumur hidup. Selama 23 tahun dia mendekam di penjara tanpa ada bantuan pengacara. Lalu dia menulis surat kepada Guardian Ministries, kelompok nirlaba kecil yang didirikan oleh pengacara/pendeta bernama Cullen Post. Misi mereka adalah membela orang-orang yang dijatuhi hukuman padahal tidak bersalah.

 

The Devil All the Time – Donald Ray Pollock

The Devil All the Time
The Devil All the Time

Willard Russel, mantan tentara saksi kekejaman perang, sudah menumpahkan banyak darah tapi tak sanggup menyelamatkan istrinya dari kematian. Carl dan Sandy Henderson, pasangan pembunuh berantai yang setiap musim panas mengincar para korbannya di jalanan. Roy dan Theodore, pengkhotbah keliling yang melarikan diri dan dijadikan buronan. Di dunia mereka yang menggila, sesosok pemuda terjebak di tengahnya, dipaksa untuk mengerti bahwa kebaikan dan kejahatan sesungguhnya memiliki batas yang fana.

 

Teman – Jounatan & Guntur Alam

Teman
Teman

Disclaimer
Cerita dalam novel ini mengandung materi yang diperuntukkan untuk pembaca 17 tahun keatas. Tidak dianjurkan untuk dibaca anak-anak di bawah umur 17 tahun, dikhawatirkan adanya alur yang tidak sesuai dengan umur tersebut.

Novel ini memiliki genre pembunuhan, horor, dan misteri ini memiliki jalan cerita yang membuat para pembaca akan penasaran terkait akhir dari cerita pada novel tersebut. Penggunaan kosakata yang ringan membuat para pembaca dapat menikmati cerita dengan santai dan penasaran walau alur cerita yang dibuat akan sedikit membutuhkan pemikiran untuk menebak-nebak cerita ini. Ukuran font yang tepat tidak akan membuat pembaca pusing saat melihat tulisan yang ada didalam novel. Sehingga untuk para pembaca yang sangat menyukai cerita yang bergenre misteri dan pembunuhan khususnya dalam bentuk novel, Teman merupakan buku yang cocok untuk dibaca.

Sinopsis
Konon, tiga puluh tahun lalu, terjadi pembunuhan di sekolah Jounatan. Namun peristiwa itu ditutupi pihak sekolah. Tak banyak yang tahu, termasuk murid-murid di sana. Lalu, tiba-tiba seorang anak kelas sepuluh mengungkap cerita terlarang itu kepada Jou. Katanya, arwah korban yang terbunuh itu akan menuntut balas. Jou tak menggubrisnya. Namun kesurupan massal terjadi di sekolahnya, tak hanya satu, tetapi berulang kali. Teman-teman Jou pun mulai diteror sesuatu yang tak kasatmata. Jou kembali terjebak. Tanpa sadar dia telah membangkitkan sesuatu yang tertidur selama tiga puluh tahun. Sesuatu yang penuh dendam juga haus darah. Sialnya, Jou sudah tak dapat membedakan mana lawan atau kawan. Salah menebak, Jou akan diantar menuju kematian

 

Omen #3: Misteri Organisasi Rahasia The Jugdes – Lexie Xu

Omen #3: Misteri Organisasi Rahasia The Jugdes
Omen #3: Misteri Organisasi Rahasia The Jugdes

File 3: Kasus penganiayaan murid-murid SMA Harapan Nusantara dalam proses seleksi anggota organisasi rahasia “The Judges”. Tertuduh: Penyelenggara proses seleksi itu, alias para anggota “The Judges” yang semuanya misterius, mencurigakan, dan menyebalkan. Sifat sok berkuasa mereka membuat mereka jadi tertuduh ideal. Belum lagi undangan demi undangan yang dilayangkan pada para anggota kendati sudah terjadi peristiwa-peristiwa tak mengenakkan, menandakan mereka tidak peduli pada korban. Tentu saja, tertuduh utama adalah pemimpin organisasi sok keren ini, si Hakim Tertinggi.

Fakta-fakta: Pada minggu terakhir tahun ajaran, surat-surat undangan dilayangkan pada anak-anak paling cerdas dan berbakat di kelas X, mengajak kami untuk mengikuti proses seleksi untuk menjadi anggota organisasi paling berpengaruh di sekolah kami. Tidak dinyana, satu per satu kami diserang secara brutal pada proses seleksi, ditinggalkan dalam posisi seolah-olah mereka menjadi korban ritual sebuah upacara. Misi kami: Menemukan pelaku kejahatan sebelum kami sendiri menjadi korban. Penyidik Kasus, Erika Guruh, Valeria Guntur, dan Rima Hujan

 

Update Rekomendasi Buku Novel Misteri Agustus 2022

Janshen – Risa Saraswati

Janshen
Janshen

“Risa, kau gemuk!”
“Risa, aku takut hujan!”
“Risa, aku benci disebut hantu!”
“Risa, seandainya gigiku tak ompong!”
“Risa, aku rindu Anna….”
“Risa… terima kasih, biarpun kau jelek, aku menyayangimu. Sama seperti sayangku kepada Annabelle. Jangan berhenti menemuiku karena menemuimu membuatku merasa hidup.”
—Jantje Heinrich Janshen—

Selama ini kita memanggilnya “Janshen”, padahal itu adalah nama belakang keluarganya. Sejak lahir, anak ini dianggap sebagai pembawa kebahagiaan karena siapa pun yang ada di sekitarnya selalu merasa bahagia. Tak ada yang mau tahu bagaimana kisah hidupnya. Semua sahabat hantuku tak tertarik mencari tahu karena masalah terberat seorang Janshen hanyalah gigi ompong yang membuat anak itu menjadi bulan-bulanan. Kupikir hidupnya selalu menyenangkan, kupikir harinya selalu dipenuhi tawa. Ternyata aku salah, anak sekecil dan selucu dia harus menghadapi banyak masalah hingga akhir hidup. Selamat datang di kehidupan si hantu ompong favoritku. Selamat menyelami sisi gelap masa lalunya.

 

Kelab Dalam Swalayan – Abi Ardianda

Kelab Dalam Swalayan
Kelab Dalam Swalayan

https://www.gramedia.com/products/terlengkap-kumpulan-lagu-wajib-nasional-lagu-daerah-dan-lag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Biar kuberitahu beberapa hal mengenai penari telanjang yang tidak sengaja kutemui usai menghadiri bridal shower yang diatur teman-temanku.
Pertama, rambutnya merah sebahu.
Kedua, dia menawarkan segala hal yang tidak berani kudambakan: hasrat-hasrat, kenekatan, sampai spontanitas.
Terakhir, dia mengetahui semua rahasia yang tidak kubeberkan pada siapa pun. Mulai dari perasaan yang kuragukan terhadap calon suamiku, sampai teman di sekolah dasar yang kusekap dalam lemari hingga tewas.
Ketika berusaha menguak identitasnya, aku sekaligus mengungkap sebuah rahasia gelap yang selama ini membungkusku rapat-rapat.

 

Dangerous Nerd – SISKAFEBRIAN

Dangerous Nerd
Dangerous Nerd

Kehidupan Kay Senja selalu dipenuhi misteri. Hidup selama belasan tahun bersama pamannya, Kay pun terus mempertanyakan di mana keberadaan orangtuanya. Setelah pamannya meninggal, gadis ceroboh dan pelupa ini harus tinggal di kota untuk memecahkan teka-teki kematian salah satu orang tuanya.

Namun, entah bagaimana bisa ia terjebak dalam agen rahasia Dangerous Secret Agency? Belum lagi, agen rahasia ini milik pamannya sendiri. Kay pun dipaksa jadi agen buat menyelesaikan misi-misi berbahaya. Tapi, sebuah kejadian membuatnya jatuh cinta dengan keluarga target utamanya. Bagaimana ini? Kira-kira apakah yang akan Kay lakukan setelahnya?

Janur Ireng – Simpleman

Janur Ireng
Janur Ireng

Sugik membuka mata, tiba-tiba ia berada di tengah keramaian sebuah pesta. Suara alunan gamelan dan keriuhan para tamu undangan memenuhi aula.
Di panggung, tampak seorang perempuan cantik duduk mengenakan baju khas pernikahan Jawa.

Pernikahan siapa ini?

Gong ditabuh dengan keras. Rombongan mempelai pria datang, tapi Sugik tak dapat melihat wajah sang mempelai. Ketika rombongan itu menginjakkan kaki di karpet merah, suara keramaian tiba-tiba berhenti.

Hening.

Seseorang di samping Sugik terbatuk-batuk, lalu muntah darah. Sugik terkesiap mundur melihat semua tamu seperti kesurupan. Orang-orang berteriak, para pemain gamelan membentur-benturkan kepalanya, para perempuan menjambaki rambut dan mencakar-cakar wajah.

Di tengah keriuhan itu, akhirnya Sugik dapat melihat sosok mempelai pria. Ia berdiri gagah dengan pakaian khas Jawa. Hanya saja, tidak ada kepala di atas tubuh itu.

Setelah Sewu Dino, Simpleman mengajak kita mundur ke masa ketika semua teror bermula. Tentang legenda tujuh keluarga yang memperebutkan puncak kehormatan dengan tak sedikit nyawa dikorbankan. Rahasia besar akan terkuak, seiring dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan baru yang kian menyesatkan.

 

Ivanna Van Dijk – Risa Saraswati

Ivanna Van Dijk
Ivanna Van Dijk

Hantu Belanda berambut pirang itu selalu terlihat marah, gusar, dan mengusir siapa pun yang datang ke rumah. Dia benci orang-orang berwajah Melayu, dia benci perempuan-perempuan cantik, dia benci keluarga manusia yang berbahagia. Namun yang paling parah, dia sangat benci aku.

Berulang kali kudengar dia berteriak, “Pergi kau dari sini! Kau sahabat Elizabeth! Kau jahat! Sama seperti perempuan sundal itu!”

Ivanna namanya, gadis yang selalu membuat aku ketakutan. Tak ada yang berani mendekatinya karena serta-merta dia itu akan menyerang bagai bertemu musuh. Tak habis pikir bagiku, kenapa harus aku terbawa dalam luapan kemarahannya?

Aku ingin mencari tahu sesuatu di masa lalunya. Sang hantu perempuan Belanda angkuh yang pernah tinggal di rumah nenekku. Menjadi kakak angkat Peter, William, Janshen, Hendrick, dan Hans. Aku tahu, masa lalunya pasti mengerikan…

 

Update Rekomendasi Buku Novel Misteri Juli 2022

Pengacara Penipu (The Racketeer) – John Grisham

Pengacara Penipu (The Racketeer)
Pengacara Penipu (The Racketeer)

https://www.gramedia.com/products/terlengkap-kumpulan-lagu-wajib-nasional-lagu-daerah-dan-lag?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Malcolm Bannister, mantan pengacara, sedang menjalani hukuman di Maryland karena kasus penipuan. Di atas kertas, situasi Malcolm tampaknya tidak terlalu bagus, tapi dia punya kartu as.

Dia tahu siapa pembunuh Hakim Fawcett. Mayat sang hakim ditemukan di kabinnya dekat danau terpencil. Tak ada tanda-tanda orang masuk dengan paksa maupun pergulatan. Hanya ada dua mayat: sang hakim dan sekretarisnya yang masih muda. Dan satu lemari besi yang telah dikosongkan. FBI ingin sekali tahu isi lemari besi itu, dan Malcolm dengan senang hati mau memberitahu mereka.

Tapi segala sesuatu ada harganya––terutama informasi mengejutkan yang akan mengarah pada serentetan kejadian yang menyebabkan kematian Hakim Fawcett.

 

Psychic Detective Yakumo – The Light Beyond The Darkness – Manabu Kaminaga

Psychic Detective Yakumo - The Light Beyond The Darkness
Psychic Detective Yakumo – The Light Beyond The Darkness

“Yakumo dimintai tolong lagi. Kali ini mengenai sesosok hantu wanita yang berulang-ulang melakukan bunuh diri dengan terjun dari sebuah gedung. Yakumo yang tadinya tak begitu bersemangat menangani kasus ini dikejutkan dengan munculnya seseorang yang mengaku sebagia dukun dan kedua matanya berwarna merah menyala seperti mata Yakumo. Ia juga tengah menyelediki kasus yang sama. Apakah ia musuh atau teman?

Kebenaran apa yang tersembunyi di balik misteri kali ini? Semua terjawab dalam volume ketiga novel misteri supernatural beralur cepat ini!”

 

Sherlock Holmes: Koleksi Kasus 2 – Sir Arthur Conan Doyle

Sherlock Holmes: Koleksi Kasus 2
Sherlock Holmes: Koleksi Kasus 2

Sherlock Holmes: Koleksi Kasus 2 -Edisi Hard Cover

 

Novel Hickory Dickory Dock (Pembunuhan di Pondokan Mahasiswa) – Agatha Christie

Novel Hickory Dickory Dock
Novel Hickory Dickory Dock

Serangkaian pencurian di pondok mahasiswa bukanlah jenis kejahatan yang biasanya menarik perhatian Hercule Poirot. Tapi kemudian ia melihat daftar barang yang hilang: sepatu pesta (masih baru dan hanya sebelah), gelang (perhiasan imitasi), cincin berlian (ditemukan di piring sup), kotak bedak, lipstik, stetoskop, giwang, pemantik, celana flanel yang sudah usang, bola-bola lampu listrik, sekotak cokelat, syal sutra (ditemukan tercabik-cabik), tas ransel, bubuk boraks, garam mandi, dan buku resep makanan. Daftar itu sama sekali tak masuk akal. Tapi, Poirot beralasan, jika ini hanya pencurian kecil-kecilan, kenapa semua orang di pondok ketakutan?

 

The Borrowed (13.67) – Chan Ho – Kei

The Borrowed (13.67)
The Borrowed (13.67)

Buku ini terbagi atas enam bagian yang diceritakan dalam kronologi terbalik—masing-masing berisi kasus penting dalam karier Kwan dan terjadi di tengah momen penting sejarah Hong Kong: Pemberontakan Kelompok Kiri tahun 1967 ketika teror bom mengancam penduduk Hong Kong; konflik antara Polisi Hong Kong dan Komisi Independen Anti Korupsi Hong Kong tahun 1977; Pembantaian Tiananmen tahun 1989; Serah-Terima Kekuasaan tahun 1997; dan Hong Kong pada tahun 2013 saat Kwan diminta menyelesaikan kasus terakhirnya ketika dia sedang terbaring koma di rumah sakit.

 

Update Rekomendasi Buku Novel Misteri Juni 2022

Kisah Tanah Jawa: Bank Gaib – @kisahtanahjawa

Kisah Tanah Jawa : Bank Gaib
Kisah Tanah Jawa : Bank Gaib

Harta atau materi duniawi sering menjadi tolok ukur bagi banyak manusia
sehingga ada yang tak mengenal lelah mengejarnya bahkan sampai
melibatkan mereka yang tak kasatmata.

Salah satunya seorang bapak yang putus asa dan gelap mata.
Diam-diam dia melakukan ritual pesugihan dan menjadikan
dua anaknya kandungnya sebagai tumbal.

Lewat buku Kisah Tanah Jawa: Bank Gaib,
kita akan menemukan sebuah fenomena Bank Gaib Pohon Randu Putih
dan seorang anakdari bapak yang diceritakan di atas

yang mau membuka aib keluarganya. Dia sekarang tinggal menyendiri di tempat yang jauh sambil terus berharap perjanjian pesugihan menjauh dari kehidupannya.

 

Sewu Dino – Simpleman

Sewu Dino
Sewu Dino

Di dalam ruangan inilah nanti kamu bekerja. ucap mbah tamin sambil membuka pintu. Seketika, bau busuk langsung tercium. Sri mematung. Di depannya terbujur seorang perempuan, dikurung dalam kerangka keranda mayat. Tubuhnya kurus dan pucat. Badannya dipenuhi borok dan nanah. Tak hanya itu, perutnya juga besar seperti orang hamil.

Tidak peduli sri yang ketakutan, mbak tamin melanjutkan penjelasannya, dia adalah dela atmojo,a anak yang harus kamu rawat sampai waktunya tiba. Ia dikirimi kutukan santet sewu dino. Santet yang sudah merenggut nyawa hamper seluruh anggota keluarga atmojo!.

Dari penulis bestseller KKN di desa penari, simpleman kembali dengan kisah klenik tanah jawa yang dikirim untuk menggerogoti nyawa manusia. Semakin kita piker telah menemukan jalan keluar, semakin kita merasa tersesat. Sebab cerita ini lebih besar dari yang kamu bayangan.

 

Sihir Mesir Ditanah Jawa – KISAH TANAH JAWA

Sihir Mesir Ditanah Jawa
Sihir Mesir Ditanah Jawa

“Awalnya kami diminta untuk memperlebar jalan, tapi kemudian terjadi keanehan. Banyak dari para pekerja yang tiba-tiba seperti kerasukan; mereka menggaruk-garuk tanah sampai jari mereka terkelupas dan hancur. Mereka tidak berhenti sampai matahari terbenam atau mati.

Kesaksian pribumi yang metarikan diri dari proyek pembangunan Jatan Raya Pos itu didengar oteh salah seorang eks prajurit VOC. Konon, prajurit itu tahu, bahwa kejadian mengerikan itu akibat ulah seorang tentara Betanda dengan sepengetahuan Daendels yang membawa kitab sihir dari Mesir ke Pulau Jawa.

Setetah Pertempuran Sungai Nil 1798. Prancis terus berusaha mempertuas wilayahnya. termasuk Betanda. Louis Napoteon pun menunjuk Herman Willem Daendets untuk menjadi Gubernur Jenderat Hindia. Daendels tiba di Jawa pada 1.8o8 dan melakukan banyak perubahan radikaL Banyak raja daerah yang menolak kebijakannya. Akibatnya, bagi mereka yang menentang. malapetaka hadir. Salah satunya. Keraton Surosowan di Banten pun turut dihancurkan oleh Daendets. Apakah kekuatan besar Daendets itu terkait dengan hadirnya metafisika di seketilingnya?

Sihir Mesir di Tanah Jawa menyajikan cerita fiksi itmiah, dengan berbagai fakta maba tatilMesir: Eropa, dan Jawa pada awal Daendels hadir di tanah Jawa. Kitab Black Pullet. Freemason. Kanuragan, Macan Putih, TumbaL dan cerita-cerita dari masa talu lainnya tetah membentuk peradaban. Sebuah upaya untuk mengenal tebih dekat tagi masa talu untuk cerita masa depan yang lebih baik.

 

Jurnal Risa : Mamat Ujang – Risa Saraswati

Jurnal Risa : Mamat Ujang
Jurnal Risa : Mamat Ujang

Mamat—tak usah disebut modol-nya—sudah lama aku kenal.
Hanya saja karena Peter CS takut, aku jadi jarang memanggilnya.
Mau tak mau, jika mereka tak suka, aku pun tak suka.
Sedangkan Ujang, aku tak begitu kenal karena dia baru muncul belakangan ini saja. Seringnya kuanggap dia caper. Kupikir kalian juga tak akan tertarik pada dua sosok ini, nyatanya aku salah.

Aku baru sadar bahwa ada yang berbeda dari dua hantu laki-laki itu. Keduanya merupakan jiwa periang yang membuat keadaan di sekitar menjadi hangat. Lokasi syuting yang menegangkan dapat dibuat cair oleh Mamat dan Ujang. Penampilan keduanya bisa dibilang cukup menyeramkan, tapi polah tingkah mereka sangat berbeda dibanding sosok-sosok lain yang pernah aku ceritakan.

Saat kuberi tahu tentang rencana menuliskan Mamat-Ujang, berbagai respons muncul dari kalian yang bersemangat ingin lebih jauh mengenal mereka. Gila pikirku, zaman sekarang hantu benar-benar tak ada harga dirinya sampai-sampaibanyak manusia yang tak lagi takut kepada mereka.
Lalu aku kembali berpikir, Bukankah itu tujuanku?
Membuat kalian tak lagi takut pada hantu?

Selamat datang kembali di Jurnal Risa, kali ini bersama Mamat dan Ujang.

 

Indigo Tapi Penakut – Angelyn Stevanie

Indigo Tapi Penakut
Indigo Tapi Penakut

Axelleon Kastileo adalah seorang remaja SMA yang memiliki kemampuan indigo, dia bisa melihat hantu. Karena kemampuannya itu, hari-hari Axel selalu dipenuhi dengan “olahraga jantung”. Axel sangat takut pada makhluk tak kasatmata itu. Bahkan, untuk bisa tidur di malam hari saja dia harus tidur ditemani kedua orang tuanya. Axel sudah pasrah dengan kehidupannya yang seperti itu. Hingga suatu hari, ada murid baru di kelasnya.

Valetta Lizhunt, si murid baru yang memiliki ekspresi wajah mirip dengan Axel—datar, ternyata sangat ditakuti para hantu. Axel akhirnya memberanikan diri mendekati Valetta untuk menjadikannya sebagai tameng. Sejak itu, ke mana pun Valetta pergi maka akan ada Axel yang mengikuti dari belakang.

“Axel suka sama Valetta, ya?”
“Nggak,” jawab Axel tegas.

Tapi, siapa yang akan percaya ketika hampir setiap saat mereka selalu berduaan? Jadi teman sebangku, ikut ekskul yang sama, diantar-jemput Valetta ke sekolah, yang pada akhirnya, mereka pun jadi mulai saling peduli.

 

10 Rekomendasi Novel Misteri

1. Salvation of a Saint

Rekomendasi novel misteri yang pertama adalah “Salvation of a Saint” karya Keigo Higashino. Novel ini pertama kali dirilis pada bulan Maret 2022 dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

“Salvation of a Saint” menceritakan tentang seorang laki-laki yang tewas karena minum kopi beracun. Kasus ini membuat sang istri korban menjadi salah satu tersangka atas kematian tersebut karena dirinya dicampakkan oleh suaminya.

Permasalahan semakin rumit ketika sang istri ternyata berada di jarak ribuan kilometer ketika kejadian kematian tersebut berlangsung. Kasus kematian tersebut diselidiki oleh dua detektif bernama Kusanagi dan Utsumi Kaoru.

Akan  tetapi Kusanagi memiliki rasa empati yang cukup besar kepada sang istri korban. Sehingga penilaian yang dilakukan olehnya menjadi sedikit kabur. Karena hal tersebutlah Utsumi meminta bantuan Profesor Manabu Yukawa.

Profesor ini memiliki pemikiran jika seseorang yang berada pada jarak jauh dari lokasi kejadian tidak mungkin bisa memasukkan racun ke dalam gelas kopi. Dari sinilah kemudian kecerdasan profesor mulai diuji.

Temukan jawaban atas kasus tersebut di novel dengan judul “Salvation of a Saint”.

tombol beli buku

2. Black Showman dan Pembunuhan Di Kota Tak Bernama

Berikutnya ada novel dengan judul “Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama” karya Keigo Higashino. Novel ini pertama kali dirilis pada bulan Desember 2021 dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

“Black Showman Dan Pembunuhan Di Kota Tak Bernama” menceritakan tentang kasus pembunuhan seorang mantan guru SMP yang mayatnya ditemukan di depan rumahnya sendiri.

Dalam kasus ini pihak kepolisian sedikit mendapatkan kesusahan untuk mengetahui motif terjadinya pembunuhan tersebut. Apakah karena pembunuhan berencana, pembunuhan tak disengaja, atau aksi pencurian yang berakhir dengan pembunuhan.

Sesungguhnya korban merupakan guru yang disegani. Bahkan ketika ia sudah masuk masa pensiun, masih ada beberapa mantan muridnya yang meminta bantuan hingga nasihat.

Kecurigaan juga diberikan kepada para mantan muridnya yang datang ke kota untuk melakukan reuni. Kasus ini membuat polisi merasa kebingungan, tapi sang pembunuh merasa tenang karena identitas dirinya tidak terekspos.

Namun secara tiba-tiba anak perempuan dari korban datang bersama dengan pamannya. Paman dari anak korban merupakan seorang pesulap yang juga turut andil dalam proses penyelidikan atas kematian korban.

Lantas bagaimana akhir dari kisah tersebut? Temukan jawaban selengkapnya di novel “Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama”.

tombol beli buku

3. Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders)

Rekomendasi novel dengan genre misteri berikutnya adalah “Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders)”. Novel ini diciptakan oleh Soji Shimada yang diterbitkan pada tahun 2020 lalu oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

“Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders)” sendiri mengambil setting waktu pada tahun 1936. Pada suatu malam bersalju tahun 1936 terjadi sebuah pembunuhan. Pembunuhan tersebut menimpa seorang seniman yang dipukuli hingga tewas di dalam studio pribadi yang terkunci daerah Tokyo.

Ketika proses penyelidikan yang dilakukan oleh polisi. Pihak kepolisian menemukan sebuah surat wasiat. Dalam surat wasiat tersebut memberikan sebuah penjelasan jika sang seniman ingin membuat sebuah perempuan sempurna dengan nama Azoth. Dimana perempuan sempurna tersebut akan dibuat dari potongan bagian tubuh seorang wanita muda kerabatnya.

Dari situ kemudian muncul kasus lain yaitu putri tertua seniman dibunuh yang diikuti oleh hilangnya putri lain milik kerabatnya. Selang beberapa waktu kemudian mayat-mayat mereka dalam kondisi mutilasi.

Kejadian tersebut sama persis dengan bagaimana  uraian pada surat wasiat tersebut. Mulai dari situ lalu terjadilah pembantaian misterius yang sangat mengguncang Jepang. Bahkan selama 40 tahun lamanya, baik pihak kepolisian maupun para detektif tidak bisa menemukan titik terang dari kasus tersebut.

Tepat pada tahun 1979 sebuah surat diberikan kepada seorang astrolog, peramal nasib dan desktektif bernama Kiyoshi Mitarai. Ia didampingi oleh Dr. Watson seorang illustrator dan penggemar kisah detektif mencoba untuk melacak dalang dari pembunuhan tersebut sekaligus pencipta Azoth yang seakan lenyap ditelan bumi.

Baca kisah selengkapnya pada novel dengan judul “Pembunuhan Zodiak Tokyo (The Tokyo Zodiac Murders)”.

tombol beli buku

4. Pembunuhan di Kingfisher Hill (The Killings At Kingfisher Hill)

Berikutnya ada novel dengan judul “Pembunuhan di Kingfisher Hill (The Killings At Kingfisher Hill)” karya Sophie Hannah. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama pada bulan Februari 2021.

“Pembunuhan di Kingfisher Hill (The Killings At Kingfisher Hill)” menawarkan sebuah cerita misteri tentang dugaan tersangka pembunuhan. Sebuah bus mewah membawa seseorang bernama Hercule Poirot yang kerap dipanggil juga Poirot.

Poirot sendiri menggunakan bus tersebut untuk datang Kingfisher Hill Estate dari London. Kedatangan Poirot ke tempat tersebut adalah untuk membantu Richard Devonport. Pasalnya Richard Devonport meminta bantuan Poirot untuk membuktikan jika tunangannya yang bernama Helen tidak bersalah atas pembunuhan yang menimpa kakaknya.

Meski Poirot menyetujui untuk membantunya. Namun siapa sangka jika kedatangan Poirot tidak boleh diketahui oleh keluarga Devonport.

Ketika dalam perjalanan, ada seorang perempuan meminta bus untuk berhenti agar bisa menukar posisi tempat duduknya. Ia menjelaskan jika dirinya akan dibunuh ketika menempati tempat duduk tersebut. Lantas semua penumpang berpindah tempat duduk.

Semua yang awalnya nyaman justru membuat Poirot memiliki firasat aneh. Firasat tersebut terbukti ketika ada penemuan mayat di area rumah Devonport. Penemuan pesan tersebut juga bersamaan dengan ditemukannya sebuah surat. Surat tersebut memberikan sebuah  pesan “kursi yang seharusnya tidak kau duduki.”

Apakah kasus pembunuhan yang baru saja ditemukan ada hubungannya dengan kejadian yang ada di dalam bus ? Dapatkan jawaban selengkapnya di novel “Pembunuhan di Kingfisher Hill (The Killings At Kingfisher Hill)”.

tombol beli buku

5. They Saw Too Much

“They Saw Too Much” adalah sebuah rekomendasi novel genre misteri berikutnya. “They Saw Too Much” merupakan karya dari Allan Gibsons. Novel ini diterbitkan oleh penerbit m&c! Pada tahun 2019 lalu.

Novel dengan judul “They Saw Too Much” menceritakan pelarian seseorang yang tahu jawaban atas kasus pembunuhan. Seorang anak laki-laki bernama Jhon berpindah rumah ke Crosby bersama dengan keluarganya.

Di Crosby, Jhon berteman dengan seorang gadis yang cukup misterius bernama Ceri. Suatu ketika mereka mendapatkan sebuah tugas untuk melakukan pemotretan objek wisata. Pembuatan tugas yang sekiranya bisa begitu mudah siapa sangka malah menjadi petaka.

Dimana ketika itu, Jhon bersama dengan Ceri tak sengaja memotret sebuah kejadian pembunuhan lengkap dengan pelaku beserta korbannya. Dari situlah Jhon dan Ceri terus berlari untuk menyelamatkan diri dari kejaran sang pembunuh.

Meski begitu Jhon enggan melaporkan kejadian pembunuhan tersebut kepada pihak kepolisian. Lalu bagaimana nasib keduanya ? Bisakah mereka melarikan diri dan selamat dari kejaran sang pembunuh ?

Temukan jawabannya di novel “They Saw Too Much”!

tombol beli buku

6. Penelusuran Benang Merah (A Study In Scarlet)

Selanjutnya ada novel dengan judul “Penelusuran Benang Merah (A Study In Scarlet)” karya Sir Arthur Conan Doyle. Novel ini diterbitkan pada tahun 2019 lalu oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

“Penelusuran Benang Merah (A Study In Scarlet)” menceritakan tentang pertemuan antara dokter dengan seorang detektif. Awalnya dokter bernama Waston tidak begitu tahu apa profesi sebenarnya dari Holmes merasa kebingungan.

Pasalnya Holmes begitu pandai dalam ilmu deduksi sekaligus bisa menembak kondisi seseorang melalui sekali pandang saja. Di sisi lain, para pasien yang mengunjungi rumah sakit tersebut berasal dari semua kelas sosial.

Mulai dari bangsawan hingga portir pun tetap bisa mengunjungi rumah sakit tersebut. Meski Holmes kerap tampak bersemangat sepanjang hari. Namun di suatu waktu ia juga kerap melamun dengan tatapan kosong bak pecandu narkotika.

Dr. Waston baru bisa memahami teman barunya tersebut setelah tahu profesi sebenarnya yaitu seorang detektif. Bahkan Waston juga bisa memiliki kesempatan untuk melihat Holmes bekerja ketika ia sedang melakukan proses penelusuran benang merah rangkaian peristiwa pembunuhan di jantung kota London.

Lalu bagaimana  kelanjutan kisah keduanya ? Temukan jawaban selengkapnya di novel “Penelusuran Benang Merah (A Study In Scarlet)”.

tombol beli buku

7. Novel Pembunuhan di Nihonbashi (The Newcomer)

“Novel Pembunuhan di Nihonbashi (The Newcomer)” adalah salah rekomendasi satu novel genre misteri yang bisa kalian baca. Novel ini merupakan karya dari Keigo Higashino yang sudah diterbitkan pada tahun 2020 lalu melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Novel “Novel Pembunuhan di Nihonbashi (The Newcomer)” menceritakan tentang seorang detektif bernama Kaga Kyoichiro yang baru saja dipindahkan ke daerah Nihonbashi Tokyo. Di daerah tersebut ia bergabung dengan tim yang sedang melakukan penyelidikan terkait dengan kasus pembunuhan seorang wanita.

Meski Kaga Kyoichiro merupakan pendatang baru. Namun untuk kemampuannya tak perlu diragukan kembali. Pasalnya ia sangat berpengalaman dalam bidangnya. Dalam proses penyelidikan yang semakin dalam terhadap kasus yang sedang ditanganinya.

Kaga Kyoichiro menemukan banyak tersangka baru yang terus bermunculan. Bahkan hampir semua orang yang bekerja maupun tinggal di Nihonbashi memiliki motif kepada korban pembunuhan.

Agar pelaku sebenarnya dari kasus pembunuhan tersebut terungkap. Kaga Kyoichiro berusaha untuk menguraikan kehidupan pribadi dari korban. Mulai dari masa lalu korban, sejarah keluarga hingga hari-hari terakhir dari korban akan mempermudah Kaga Kyoichiro untuk menemukan pelaku yang sesungguhnya.

Jika kalian penasaran terhadap hasil akhir dari kasus yang sedang ditangani oleh detektif Kaga Kyoichiro. Maka kalian wajib banget membaca novel “Novel Pembunuhan di Nihonbashi (The Newcomer)”.

tombol beli buku

8. Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer)

“Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer)” juga bisa kalian masukkan ke dalam salah satu list bacaan favorit. Buku ini merupakan karya dari Kim Young-Ha yang sudah diterbitkan pada tahun 2016 lalu oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Cerita yang dihadirkan dalam novel “Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer)” cukup menarik sekali. Pasalnya novel ini menghadirkan cerita tentang seorang mantan pembunuh yang mulai hilang ingatan karena penyakit demensia.

Kim Byeong-Su merupakan seorang mantan pembunuh berusia 70 tahun yang mulai kehilangan ingatannya akibat penyakit demensia. Karena tak ingin kehilangan ingatannya begitu saja, ia memutuskan untuk mencatat semua kejadian yang pernah ia alami semasa hidupnya.

Bahkan hingga ia memasukkan nama kekasih putrinya. Ia memiliki sebuah kecurigaan terhadap pacar putrinya sebagai seorang pembunuh berantai yang mengincar wanita di daerah tempat tinggalnya. Untuk bisa menghentikan tragedi pembunuhan yang mungkin akan terjadi kepada wanita di daerah tersebut termasuk putrinya.

Kim Byeong-Su memutuskan untuk melakukan tindakan yang sudah lama ia tinggalkan yaitu untuk membunuh pria tersebut sebelum ingatannya benar-benar hilang.

Lalu bagaimana akhir dari cerita tersebut ? Kalian bisa menemukan jawabannya di novel “Catatan Harian Sang Pembunuh (Diary Of A Murderer)”.

tombol beli buku

9. Mata Kegelapan (The Eyes of Darkness)

Berikutnya ada rekomendasi novel misteri dengan judul “Mata Kegelapan (The Eyes of Darkness)”. Novel ini dibuat oleh Dean Koontz dan diterbitkan pada tahun 2020 lalu melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Novel “Mata Kegelapan (The Eyes of Darkness)” ini meceritakan tentang seorang ibu yang menganggap anaknya telah meninggal dunia. Namun selama melanjutkan hidupnya ia merasa ada hal yang aneh pada dirinya.

Seorang anak bernama Danny meninggal dunia. Dan tepat setelah satu tahun berlalu ibunya Tina Evans perlahan mulai mengikhlaskan anaknya yang sudah meninggal tersebut. Namun suatu waktu, Tina Evans tak sengaja melihat jika Danny masih hidup dan berada di dalam mobil.

Bahkan kejadian tersebut membuat Tina Evans bermimpi jika Danny benar-benar masih hidup. Setelah terbangun dari tidurnya, Tina Evans mendapatkan pesan aneh di atas tempat tidur anaknya dengan tulisan BELUM MATI.

Bagi Tina Evans kondisi tersebut membuat dirinya merasa bingung. Apakah ada orang yang mempermainkannya atau mungkin dirinya sendiri yang menuliskan pesan tersebut. Perlahan Tina Evans mencari jawabannya.

Dapatkan Tina Evans memecahkan misteri tersebut ? Baca selengkapnya pada novel “Mata Kegelapan (The Eyes of Darkness)”.

10. Katarsis

Rekomendasi novel misteri yang terakhir berjudul “Katarsis”. Novel ini dibuat oleh Anastasia Aemilia dan diterbitkan pada tahun 2020 melalui penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Novel “Katarsis” menceritakan tentang sebuah penelusuran pelaku kasus pembunuhan yang menyerang satu keluarga yang menyisakan seorang korban selamat bernama Tara. Tara sendiri ditemukan ditemukan pada kotak perkakas kayu dengan kondisi tidak begitu baik.

Seorang psikiater bernama Alfons mencoba menelusuri siapa sang pembunuh sadis atas tragedi pembunuhan yang berlangsung pada satu keluarga. Penelusuran semakin rumit ketika teman masa kecil Tara yang bernama Ello muncul.

Setiap kematian yang ada di dalam keluarga tersebut semakin menimbulkan tanda tanya. Apakah Tara sebenarnya adalah korban atau mungkin Tara menyembunyikan jejak masa lalunya yang kelam?

Temukan jawaban pastinya pada novel “Katarsis”.

tombol beli buku

Demikian 10 rekomendasi novel misteri yang bisa Grameds pilih untuk mengisi waktu luang dan mengasah pikiran layaknya seorang detektif. Untuk bisa mendapatkan semua novel misteri ini, Grameds hanya perlu mengunjungi gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia akan selalu memberikan informasi terbaik dan terlengkap.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Hendrik Nuryanto

Baca Juga!

Written by Rifda Arum