in

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan Karya Jonathan Black

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan – Apakah Grameds adalah penikmat buku-buku sejarah? Tepat sekali, referensi sejarah adalah salah satu literatur yang bisa menggemparkan dunia berkat penemuan-penemuan yang disajikan dalam buku. Nah, koleksi Gramedia punya koleksi buku sejarah terbaik dan banyak dibicarakan orang karya Jonathan Black yang berjudul Sejarah Dunia Yang Disembunyikan. Dari judulnya saja sudah fenomenal. Sebagai pembaca buku-buku sejarah, buku ini bisa kamu masukan dalam list buku untuk habis dibaca. Berikut ini review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan untuk memantapkan membaca buku ini:

Informasi Buku Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

  • Judul Buku : Sejarah Dunia Yang Disembunyikan
  • Pengarang : Jonathan Black
  • Tahun Terbit : 15 Mei 2015
  • Penerbit : Alvabet
  • Jumlah Halaman : 636

Informasi Video Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan


Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan adalah terjemahan dari karya Jonathan Black berjudul The Secret History of the World yang terbit tahun 2007. Buku yang diterjemahkan oleh Isma B. Soekanto dan Adi Toha ini jadi salah satu buku dari sekian banyaknya buku yang menceritakan tentang sejarah. Buku sejarah ini sangat menarik dan wajib untuk ditambahkan dalam koleksi bacaan sejarah karena topiknya yang menarik dan universal.

Buku ini memberi pembanyanya banyak pengetahuan menarik tentang sejarah dunia yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh publik. Atau bahkan mungkin saja sengaja memang sengaja disembunyikan oleh pihak-pihak yang tidak ingin sejarah tersebut diketahui oleh banyak orang. Dalam pembacaannya, buku sejarah ini didukung dengan berbagai fakta, mitos, dan cerita- cerita legenda tentang sejarah manusia. Itulah sebabnya topik yang terlihat berat dalam buku ini menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Dalam pemaparan narasi sejarah-sejarahnya, buku ini akan membuat pembaca merenungkan kembali tentang bagaimana sejarah yang sudah berkembang dan bagaimana cara-cara manusia memandang suatu sejarah. Perlu kamu ketahui bahwa sejarah merupakan alat yang bisa jadi cara untuk melihat masa lalu sekaligus masa depan. Oleh karena itu kehadiran buku Sejarah Dunia yang disembunyikan ini bisa menunjukan kepada pembaca apa saja yang terjadi dimasa lalu.

Jadi pembaca bisa belajar dari apa yang sudah terjadi di masa lalu dan mengambil nilai- nilai baik dari sejarah tersebut. Buku sejarah yang kontroversial ini sangat tersohor dan banyak diperbincangkan orang karena mengungkap banyak rahasia-rahasia besar yang selama ini disembunyikan oleh dunia. Jonathan Black sebagai penulis buku ini berupaya menjelaskan kepada dunia tentang sejarah yang belum diketahui oleh banyak orang.

Sejarah Dunia yang Disembunyikan juga mengupas secara tajam dan gamblang tentang misteri-misteri dunia, mulai dari Mitologi Yunani Dan Mesir Kuno Sampai Cerita Rakyat Yahudi. Dari perspektif Yahudi juga datang dari Kultus Kristiani Sampai Freemason, Karel Agung Sampai Don Quixote, George Washington Sampai Hitler, dan Pewahyuan Muhammad sampai kisah Legenda Seribu Malamnya. Secara garis besar, buku ini ingin menunjukan bahwa sejarah yang ada tidak sepenuhnya benar.

Itulah sebabnya buku ini seolah mengajak pembacanya untuk kritis dan mengkaji ulang tentang sejarah-sejarah yang sudah beredar selama ini. Sayangnya buku ini banyak menggunakan istilah asing yang mungkin masih awam bagi banyak orang, terutama istilah-istilah yang berkaitan dengan agama. Selain itu ada banyak pula filosofi yang penuh dengan teori aneh yang mungkin akan menyulitkan pembacanya.

Meskipun buku ini dilengkapi dengan glosarium, pembaca yang belum umum dengan istilah-istilah asing ini akan kesulitan memahami buku ini, apalagi jika pembaca yang tidak memiliki basis pengetahuan tentang. Meskipun demikian, kamu tetap bisa jadikan buku ini sebagai awal yang baik dalam mempelajari sejarah. Dengan membacanya secara perlahan dan usaha lebih memahaminya, kamu mungkin akan menguasai bidang ini.

Sebelum masuk ke review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan ini lebih dalam, sinopsi buku ini menunjukan beberapa pelajaran yang bisa diambil sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat modern tentang masa lalu yang ternyata tidak kalah beradabnya dengan masa sekarang. Hal inilah menggerakan hati Jonathan Black untuk mengkaji lebih dalam sejarah dunia dan berpandangan bahwa tidak selamanya sejarah itu ditulis oleh Sang Pemenang.

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Mungkin banyak orang yang mengatakan bahwa sejarah itu pasti ditulis oleh para pemenang, baik pemenang perang, kekuasaan, dan sebagainya. Anggapan itu mungkin tidak sepenuhnya salah. Namun, bagaimana jika sejarah itu ditulis oleh orang yang salah dan dipercaya banyak orang? Bagaimana jika kita adalah salah satu orang yang percaya dengan sejarah yang salah tersebut? Nah, dalam buku ini Jonathan Black berupaya untuk mengupas pertanyaan itu dengan brilian.

Berbicara review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan karya Jonathan Black ini akan banyak membahas pertanyaan- pertanyaan seputar keraguan dan kepercayaan kita di masa lalu yang memang tidak bisa kita saksikan secara langsung kebenarannya. Buku ini mencoba menampilkan kisah-kisah dari mitologi Yunani dan Mesir kuno sampai cerita rakyat Yahudi, mulai dari kultus Kristiani sampai Freemason, dan kisah sejarah fenomenal lainnya.

Sang penulis menunjukkan bahwa pengetahuan sejarah yang terlanjur mapan tersebut sebenarnya perlu untuk dikritisi dan dipikirkan kembali secara terbuka dan revolusioner. menggunakan pengetahuan alternatif tentang sejarah dunia selama lebih dari 3.000 tahun, Jonathan berusaha mengungkap banyak rahasia besar yang selama ini ia anggap telah disembunyikan dari publik. Buku sejarah ini disusun dengan cara seperti demikian.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Empat bab pertama dalam buku ini akan memperlihatkan pada pembaca tentang apa yang terjadi “di awal” seperti yang telah diajarkan oleh pihak- pihak yang menyembunyikan itu, termasuk apa yang ada dalam ajaran rahasia tentang bentuk pengusiran dari surga dan kejatuhan manusia ke bumi. Bab ini menunjukan catatan tentang pandangan dunia terhadap rahasia itu. Suatu pandangan konseptual yang membuat pembaca menjadi menghargai apa-apa yang dipercayai selama ini.

Kemudian di bab ketujuh buku ini banyak menampilkan tokoh dari mitos dan legenda yang disajikan layaknya sebagai tokoh sejarah. Bagian ini menunjukan sejarah tentang apa yang terjadi sebelum catatan tentang kisah itu ada, yakni seperti yang diajarkan dalam sekolah-sekolah misteri dan masih diajarkan sampai sekarang. Sedangkan di bagian bab kedelapan, buku ini berisi perubahan-perubahan yang diklaim penyebabnya karena adanya periode sejarah.

Kemudian kisah itu berlanjut untuk menceritakan kisah lainnya tentang monster dan bintang-bintang menakjubkan, bentuk keajaiban, dan ramalan- ramalan serta tokoh sejarah yang berkomplot untuk mengatur jalannya kejadian. Sang penulis berharap seluruh pikiran pembaca menerima dan menikmati gagasannya yang mungkin masih asing serta munculnya nama- nama tokoh yang sudah memberikan resensi buku dari gagasan tersebut.

Selain itu, Jonathan Black juga berharap munculnya pengakuan asing akan membuat banyak pembaca berpikir kritis lagi. Bahkan dari hal-hal kecil, seperti penjelaskan mengapa nama-nama hari dalam seminggu berurutan seperti sekarang. Kemudian mengapa kita memperingati Halloween dengan menggunakan penjelaskan dari pengakuan aneh, yakni pemujaan iblis oleh Ksatria Templars. Hal itulah yang membuat Christopher Columbus yakin untuk melakukan pelayaran yang berbahaya.

Melalui kisah ini bertujuan untuk memperlihatkan bahwa fakta dasar dari sejarah bisa ditafsirkan dengan cara yang nyaris sangat berkebalikan dari hal yang sudah kita pahami. Buku ini akan membuat para pembacanya kemudian mempertanyakan kembali segala sesuatu yang telah diklaim selama ini. Berbagai pengetahuan baru yang diungkapkan dalam buku ini benar-benar akan membuka dan mencerahkan wawasan para pembacanya.

Buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan seolah ingin membongkar besar-besaran sejarah dunia ini. Mulai dari awal mula alam semesta ini ada hingga analisis kemunculan Antikristus yang eksistensinya hampir setara dengan Dajjal dalam kepercayaan islam. Seolah buku ini menceritakan sejarah dari dunia yang sangat berbeda dengan apa yang kita ketahui sebelumnya. Berangkat dari keyakinan adanya konspirasi perkumpulan rahasia, kemunculan buku ini seperti buku- buku yang bertema Illuminati.

Bedanya, buku ini lebih intens menyusun referensi historis dan kutipan sumber yang lebih banyak. Sejak dari bagian Pendahuluan, penulis sudah menghimbau pembaca untuk menggunakan imajinasinya yang tulus dan pikiran yang terbuka agar bisa mengikuti cerita dalam buku ini sampai selesai. Jangan terbebani dengan keyakinan sejarah yang selama ini kita ketahui. Jonathan Black seperti mendongeng dalam buku ini dengan penjelasanya yang begitu kompleks.

Dia menunjukan kenyataan-kenyataan alternatif tentang dunia, bahkan hampir tanpa memberi ruang bagi pembaca untuk menganalisis perbedaannya dengan realitas yang selama ini sudah kita ketahui. Pembaca seolah dibombardir imannya dengan segala dalam kisah di buku ini. Dalam buku ini penulis menunjukkan bahwa dunia sangatlah aneh dan misterius, penuh dengan rahasia sedangkan manusia jadi jantung dari teka-teki besar tersebut.

Itulah sebabnya buku ini jadi bacaan yang sangat mengasyikkan dengan penjelajahan esoteris dari awal sejarah hingga saat ini berdasarkan berbagai kepercayaan dan tulisan tentang masyarakat yang misterius. Jonathan Black menggabungkan banyak filosofi yang penuh dengan teori-teori aneh, namun tetap menghibur. Selain itu buku ini juga membuat pembacanya menemukan makna dalam segala hal tentang dunia dengan masuk akal meskipun terdengar aneh.

Ada banyak hal-hal yang unik dalam buku ini dan menarik minat para anggota The Craft karena wawasan Jonathan Black tentang pengetahuan esoteris seperti ensiklopedia. Cara berceritanya yang sangat baik membuat buku ini lumayan menyenangkan untuk dibaca. Jika kamu hanya ingin membaca satu buku tentang gagasan- gagasan yang mengilhami orang- orang hebat sejak Plato, Isaac Newton sampai George Washington, maka buku bisa jadi rekomendasi buku sejarah tersebut.

Buku ini seperti memberi sentuhan cahaya pada rahasia-rahasia yang gelap. Buku sejarah kontroversial ini menawarkan sudut pandang baru pada kejadian sejarah global yang menggemparkan banyak orang. Bentuk diskusi- diskusi besar tentang pemikiran dunia dipaparkan secara jelas dengan karakterisasi manusia yang bergairah. Gaya penulisannya gamblang dan menarik meskipun banyak detail informasi yang perlu dipahami secara hati-hati.

Dalam praktiknya, tidak ada buku dengan skala dan ambisi besar sejak buku karya Blavatsky berjudul The Secret Doctrine, kemudian Black muncul untuk menentang dengan penuh gaya, kemurnian, dan kepercayaan diri. Referensi yang mendalam, cerdas, tampak sederhana namun tetap penting, dengan melibatkan banyak dokumen pelopor. Buku ini akan membawa pembaca dalam perjalanan yang mencengangkan dari sejarah spiritual dan mitologi dunia. Itulah sebabnya buku ini jadi bacaan kontroversial yang hebat dan menantang pandangan sejarah spiritual yang sudah mapan.

Review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan kurang rasanya jika tidak membicarakan cover bukunya yang cukup fenomenal. Pembaca mungkin jadi korban ilusi pesona cover bukunya dan label buku Best Seller. Faktanya tidak semua orang bisa tuntas membaca buku ini dengan banyak kekurangan yang dimiliki buku ini. dari banyak pengakuan pembaca sebelumnya yang mengaku tidak tuntang membaca karya Jonathan Black versi bahasa indonesianya ini. Ini memang jadi momok buku terjemahan.

Dari sudut pandang keilmuan sosial dan politik, manipulasi sejarah memang jadi kebutuhan untuk terbentuknya tatanan kehidupan seperti saat ini. Membaca buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan ini menghasilkan sebuah pengalaman surealis bagi pembaca dalam konteks negatif. Tetapi, sayangnya banyak review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan ini mempermasalahkan terjemahannya yang serampangan.

Soal terjemahan ini memang jadi kekurang buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan ini yang jadi dikeluhkan banyak pembaca sebelumnya. Bayangkan saja, untuk mencerna wacana-wacana besar dalam buku ini dengan bahasa yang serabutan, pasti membuat pembaca semakin kesulitan. Namun secara topik, buku ini tetap jadi buku sejarah yang fenomenal.

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Tentang Penulis

Review Buku Sejarah Dunia yang Disembunyikan
Jonathan Black (sumber: amazon.co.uk)

Penulis berkebangsaan Inggris bernama Jonathan Black ini terkenal dengan teori konspirasinya yang dekat dengan karya buku-bukunya. Buku- buku Jonathan antara lain berjudul The Secret History of the World (2007), The Sacred History: How Angels, Mystics and Higher Intelligence Made Our World (2013) dan The Secret History of Dante: Unearthing the Mysteries of the Inferno yang hampir semua bukunya tersebut fenomenal.

Seorang penulis yang dididik di Ipswich School dan Oriel College ini mengambil fokus studinya pada Filsafat dan Teologi. Meskipun dia bekerja di penerbitan selama lebih dari 20 tahun, tetapi dia baru terkenal dan baru fenomenal di Indonesia beberapa tahun kebelakang ini. Karyanya yang berjudul The Secret History of the World berhasil mengangkat namanya di kalangan pembaca buku Indonesia.

Jonathan melalui buku ini seolah ingin mengungkapkan bahwa fakta sejarah saat ini tidaklah sepenuhnya benar. Masih banyak bentuk perspektif lain yang bisa dijadikan sebagai perhatian untuk memahami sejarah. Bahkan untuk sejarah mainstream juga perlu dikritik dan dilakukan pengkajian ulang terkait fakta-fakta yang mencuat tersebut. Jadi sejarah menjadi tidak harus ditulis oleh pemenang.

Jonathan jadi penulis yang menarik banyak ilmuwan karena pemikirannya yang kontroversial, terutama dalam bidang sejarah. Banyak orang yang terkesima dengan karya-karyanya, bahkan orang-orang besar sekalipun. Meskipun karyanya dianggap sulit dipahami oleh orang awam, namun karya Jonathan memberi warna baru dalam perspektif referensi sejarah dunia.

Nah, itulah review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan karya Jonathan Black yang lumayan kontroversial di kalangan pembaca Indonesia. Apakah Grameds tertarik membaca buku sejarah fenomenal ini? Sebagai negara yang mayoritas masyarakatnya beragama, kemunculan buku ini cukup membuat ketir-ketir. Namun selama pembaca terbuka saat membaca karya Jonathan ini tanpa mencampuradukkan keyakinan mungkin bisa memahami buku ini secara keseluruhan.

Berdasarkan review buku Sejarah Dunia Yang Disembunyikan di atas, masih banyak referensi buku sejarah yang bisa Grameds baca dan tidak kalah fenomenalnya dengan karya Jonathan Black tersebut. Koleksi buku sejarah Gramedia bisa kamu akses di www.gramedia.com atau www.ebooksgramedia.com, selamat belajar. #SahabatTanpabatas.

Written by Ananda