in

Cara Agar Tidak Takut Hantu, Ampuh Patut di Coba!

Pixabay

Cara agar Tidak Takut Hantu – Ketakutan adalah reaksi emosional terhadap ancaman. Perasaan takut adalah mekanisme bertahan hidup dasar yang terjadi sebagai respons terhadap rangsangan tertentu, seperti rasa sakit atau ancaman bahaya. Beberapa psikolog juga menyatakan bahwa rasa takut adalah salah satu emosi dasar bersama dengan kebahagiaan, kesedihan, dan kemarahan.

Ketakutan harus dibedakan dari keadaan emosional lainnya, gelisah. Ketakutan biasanya muncul tanpa ancaman dari luar. Ketakutan juga diasosiasikan dengan pelarian dan perilaku menghindari hal tertentu, sedangkan kegelisahan adalah hasil dari mengenali ancaman yang tidak dapat dikendalikan atau dihindari.

Manusia memiliki ketakutannya tertentu, setiap orang pastinya berbeda-beda. Ada yang takut pada ketinggian, kegelapan, binatang, bahkan takut hantu. Hal tersebut adalah reaksi normal seseorang. Tidak salah jika seseorang memiliki ketakutannya tersendiri, namun juga jangan sampai berlebihan, kalian harus bisa mengontrolnya.

Ketakutan pada hantu adalah hal yang paling sering terjadi pada manusia. Padahal belum bisa dijelaskan secara ilmiah mengenai keberadaan hantu. Banyak orang yang telah menafsirkan asal muasal dari hantu. Selain itu, banyak juga cerita-cerita mistis yang beredar di kalangan masyarakat. Hal tersebutlah yang sebenarnya membuat seseorang semakin takut dengan hantu karena sudah berimajinasi tentang mereka.

beli sekarang

E-book ini menceritakan tentang Farah, seorang wanita sederhana. Merasa hidupnya berubah menjadi sangat membahagiakan, sejak bertemu Nando. Pria menawan yang berhasil menyelamatkan dirinya, dari segala kepenatan dan kebosanan di tempat kerja. Nando menikahi Farah, dan membawanya tinggal di sebuah rumah besar milik ibunya.

Di rumah mertua, Farah seharusnya bisa menikmati hidupnya. Sebab ia sudah mendapatkan pujaan hati. Tapi, rumah megah dan terkesan angkuh itu menyimpan misteri dan kisah kelam. Farah juga dihadapkan dengan berbagai hal aneh, yang membuatnya bertanya-tanya.

Namun, kalian tidak perlu khawatir. Rasa takut akan hantu ini bisa saja dikurangi, bahkan dihilangkan. Tentunya harus melalui kebiasaan-kebiasaan yang belum pernah kalian lakukan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai cara agar tidak takut pada hantu. Untuk tahu lebih lanjut cara apa saja yang dilakukan agar kita tidak lagi takut pada hantu, mari simak ulasan berikut.

1. Lawan Ketakutan Itu Sendiri

Ketika seseorang takut pada hantu dan fenomena paranormal lainnya, salah satu reaksi alaminya adalah mencoba melarikan diri. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa menghindari rasa takut hanya akan meningkatkan dan melebih-lebihkan reaksi kalian terhadap apa yang sedang kalian takuti,

Jadi cobalah untuk melawan rasa takut dalam logika, bukan menghindarinya atau bersembunyi di baliknya. Misalnya, kenali bentuk ketakutan kalian dan mengapa kalian takut, tanyakan pada diri sendiri, “Apa situasi terburuk yang mungkin terjadi jika ketakutan yang kalian pikirkan menjadi kenyataan?” Selain itu, pikirkan mengapa kalian takut. Ingatlah bahwa sebagian besar ketakutan berakar pada masalah yang lebih besar seperti takut sendirian atau takut akan kematian.

2. Meyakinkan Diri Untuk Menghilangkan Rasa Takut

Hal selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah meyakinkan diri sendiri bahwa hantu yang kalian takuti hanyalah gambaran dari imajinasi pikiran kalian sendiri. Hantu memang ada, tetapi hantu yang biasa kalian bayangkan hanyalah makhluk yang diciptakan oleh media di sekitar kalian. Banyak media yang terus menerus membicarakan bagaimana wujud dari hantu.

Berusahalah untuk tidak memikirkan hal yang membuat diri sendiri takut. Kalian harus dapat meyakinkan diri sendiri bahwa kalian dapat menyingkirkan rasa takut yang mungkin ada dalam diri kalian sejak kecil.

Bertentangan dengan apa yang ditampilkan di film, hantu nyata tidak akan bisa menyentuh. Mereka adalah sejenis makhluk perantara yang keberadaannya layak dipercaya. Jadi membayangkan hantu sebagai karakter yang lebih baik mungkin sedikit membantu kalian mengurangi rasa takut akan hantu.

3. Cari Informasi Logis Tentang Apa yang Dialami

Kebanyakan orang yang mengaku melihat atau mendengar suara magis yang sering dialaminya di lingkungan yang statis atau dengan rangsangan rendah. Otak manusia selalu mencari pola, jika kalian berada di lingkungan yang sama terlalu lama, otak kalian akan akan sering menemukan celah untuk memecahkan pola tersebut.

Oleh karena itu, jika sesuatu yang tidak dapat dijelaskan terjadi, orang akan menganggap bahwa situasi tersebut disebabkan oleh hantu atau fenomena paranormal lainnya.

Secara umum, ada penjelasan logis untuk semua hal yang kalian alami. Ingatlah, bahwa hanya karena kalian tidak dapat melihat atau memahaminya, bukan berarti situasinya disebabkan oleh hantu. Pastinya ada hal logis lain yang bisa dijelaskan.

4. Hindari Tempat Gelap

Rasa takut terkadang muncul saat berada di tempat gelap. Kalian mungkin ingat, sejak kecil, orang tua atau kakak perempuan kalian pasti pernah menakuti dan menjauhkan kalian dari tempat gelap karena mereka mengatakan bahwa di sanalah tempat tinggal hantu. Lelucon semacam ini bisa terbawa hingga dewasa. Begitu juga film horor yang kita tonton selalu menghadirkan bayangan gelap.

Sekarang, cara termudah untuk mencoba agar tidak takut hantu adalah menghindari tempat-tempat gelap. Maksimalkan cahaya, seperti di kamar tidur, dapur, atau kamar mandi. Jika kalian sering takut berjalan di halaman pada malam hari, pastikan halaman depan atau belakang kalian juga cukup terang.

5. Bangun Harga Diri Untuk Tidak Takut Hantu

Cara lain untuk memerangi ketakutan pada hantu adalah dengan meningkatkan harga diri yang kalian miliki. Hal ini mungkin tampak tidak terkait dengan fobia hantu, tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa membangun harga diri efektif dalam mengelola berbagai masalah ketakutan, termasuk kecemasan yang terkait dengan fenomena paranormal.

Kenali kekuatan dan pencapaian kalian. Dengan mengidentifikasi kekuatan, kekuatan, dan pencapaian yang kalian miliki maka kalian akan menjadi lebih kuat dan lebih percaya diri. Biarkan diri kalian bangga dengan semua pencapaian.

Ubah pencapaian kalian menjadi sebuah keyakinan. Misalnya, jika kalian merasa pandai bermain bola basket maka kalian yakin bahwa kalian adalah pemain bola basket yang sangat berbakat dan aset tim. Kalian juga bisa yakin bahwa tidak ada yang tidak bisa kalian lakukan, termasuk tidak mengetahui penyebabnya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Demikian juga pada hantu. Kalian harus meyakini bahwa diri kalian tidak takut hantu. Kalian harus menganggap bahwa hantu adalah hanya makhluk lain selain manusia yang ada di bumi. Biarkan saja jika mereka sedikit menggoda, bila perlu lawan dengan kata-kata seakan mengusir mereka.

6. Pikirkan Hal yang Lucu

Menggunakan hal yang lucu adalah cara sempurna untuk meredakan ketegangan dalam suatu situasi dan mendapatkan kembali kendali atas diri kita. Cara ini bisa digunakan kapan pun ketika kalian takut dengan hantu dan fenomena paranormal lainnya.

Bayangkan bentuk hantu yang dibungkus dengan kartun dan karikatur bodoh. Semakin konyol bentuk pikiran kalian maka semakin kecil rasa takut kalian karena hantu. Kapan pun kalian takut, pikirkan betapa konyolnya bentuk pikiran yang kalian bayangkan. Percayalah, ketakutan kalian akan dengan mudah hilang ketika mencoba dan menganggap hantu sebagai karikatur bodoh.

Jika kalian pernah menonton film Harry Potter, ada satu scene saat mereka mempelajari mantra “Riddikulus” yaitu mantra yang membuat hal yang menakutkan menjadi hal yang lucu. Di mana hal tersebut miliki konsep seperti cara dengan memikirkan hal lucu.

7. Membaca Doa

Membaca doa adalah cara utama ketika kamu merasa takut dengan hantu. Kalian harus segera berdoa ketika melihat hantu muncul di depan kalian. Kalian dapat mengucapkan doa menurut agama kalian masing-masing untuk mengusir roh atau hantu. Karena kekuatan doa berarti campur tangan Tuhan. Tuhan tentu akan memberikan pertolongan bagi umatnya yang sedang kesulitan. Kamu harus percaya bahwa kekuatan Tuhan lebih besar dari kekuatan hantu. Jangan khawatir, Tuhan akan menjagamu.

8. Pura-pura Bernyanyi

Untuk menghindari ketakutan akan hantu, kalian bisa bernyanyi sekeras yang kalian bisa. Buat suara kalian sendiri seolah-olah kalian tidak tahu bahwa kalian melihat hantu. Hantu yang muncul di depan kalian sangat senang jika kalian takut. Tetapi jika kalian mengabaikan kedatangannya, dia akan frustrasi juga.

Bernyanyilah sepuasnya dan lupakan keberadaannya. Ketakutan kalian secara bertahap akan mereda. Apalagi jika kalian bernyanyi sambil meninggalkannya. Hindari kuburan dan ingatlah untuk bersikap senetral mungkin.

9. Jangan Menatap Mata Hantu

Dengan tidak menatap mata dari hantu yang sedang mengganggu kalian maka akan lebih mudah mengendalikan ketakutan yang ada pada pikiran kalian sendiri.

Jadi, jika kalian melihat lurus ke arahnya maka kalian bisa saja akan terpaku. Sekarang, bagaimana jika kalian tidak sengaja menatap matanya? Tidak masalah, kalian bisa langsung berpaling. Kalian boleh saja untuk melihat bagian dari tubuhnya, namun jangan langsung pada matanya. Tatap muka dengan hantu bisa membuat kalian terbujur kaku dan pingsan. Jadi hindari kontak mata dengan hantu.

10. Abaikan Hantu yang Kalian Lihat

Mengabaikan kehadiran hantu di depan kalian juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi ketakutan berlebih. Nah, kalian harus berpura-pura tidak melihatnya dan mencoba mengabaikannya. Segeralah memalingkan wajah jika kalian bertemu dengannya, berbalik dan berpura-pura tidak menyadari keberadaannya. Sikap yang kalian lakukan memang akan membuatnya semakin berusaha membuat kalian takut. Namun, jika Anda terus mengabaikannya, hantu itu akan putus asa.

Grameds, demikianlah cara agar tidak takut pada hantu yang telah disajikan oleh Gramedia. Mulai dari sekarang, kalian harus mengatur pikiran kalian sendiri agar tidak takut kepada hantu. Meski hal itu terlihat sulit, namun jika kalian berniat untuk menghilangkan rasa takut akan hantu maka itu akan menjadi hal yang baik untuk kalian.

Bagi kalian yang ingin membeli buku-buku tentang hantu atau pun buku lain, kalian bisa membeli buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Ternyata sosok Si Manis Jembatan Ancol tidak semolek yang ada di film atau sinetron! Temukan dalam buku ini kisah dan ilustrasi sosoknya yang sebenarnya. Kalian bisa menemukan kisah-kisah hantu yang ada di Jakarta di dalam buku ini.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq