in

11 Rekomendasi Buku Sejarah Dunia Terbaik

Rekomendasi Buku Sejarah Dunia – Sejarah adalah salah satu topik yang tidak pernah membosankan untuk kita bahas. Hal itu seringkali menyangkut mengenai sebuah peristiwa besar yang terjadi di masa lalu. Adapun hal yang paling disukai oleh banyak orang yaitu tentang bagaimana sebuah efek domino bekerja. Efek tersebut berarti bahwa peristiwa-peristiwa besar selanjutnya. Berikut ini adalah beberapa rangkuman mengenai rekomendasi buku sejarah dunia yang tidak kalah seru untuk kita baca.

Bagaimana jendela yang menghadap ke dunia, buku sejarah dunia merupakan salah satu jalan untuk melihat dunia tanpa perlu keliling dunia secara langsung. Meskipun Anda belum pernah singgah di tempat tersebut, buku sejarah dunia mampu membuat Anda memahami setiap detail peristiwa yang telah terjadi di tempat tersebut. Itulah kekuatan utama dari buku sejarah dunia.

Selain buku yang berjudul “Sejarah Dunia yang Disembunyikan”, masih ada banyak lagi judul sejarah dunia lain yang layak untuk dibaca. Anda bisa mempertimbangkan bahasa dan juga topik sejarah yang akan dibahas. Misalnya saja, perang dunia dan juga asal usul manusia. Untuk itu, yuk kita bahas secara tuntas mengenai bagaimana cara memilih buku sejarah dunia terbaik, sebagai berikut.

Apa Manfaat Membaca Buku Sejarah Dunia?

Seperti yang sudah kita singgung di atas, bahwa buku sejarah dunia merupakan jenis buku yang bisa membuka cakrawala pengetahuan. Bahkan Anda yang hampir tidak pernah keluar rumah pun bisa mengetahui berbagai rahasia besar dunia hanya dengan membaca buku. Terlebih lagi saat pandemi, kegiatan membaca buku sejarah dunia sangat direkomendasikan untuk mengisi waktu luang di rumah.

Biaya yang sudah Anda alokasikan untuk jalan-jalan bisa dialihkan untuk membeli buku sejarah. Dengan membaca buku sejarah dunia ini, semoga bisa mengobati rasa penasaran Anda terhadap tempat-tempat yang ingin sekali Anda kunjungi. Tak hanya itu saja, pengetahuan tentang dunia juga pasti akan diperlukan suatu saat nanti. Baik itu dalam kehidupan sehari-hari ataupun di dalam pekerjaan.

Cara Memilih Buku Sejarah Dunia

Cara memilih buku sejarah dunia memang dapat dikatakan sedikit gampang tapi juga sedikit susah. Topik pembahasan yang cukup bervariasi kerap kali membuat para pembacanya kesulitan untuk memilihnya. Daripada bingung, alangkah lebih baik jika Anda memahami poin-poin mengenai cara memilih buku sejarah dunia yang ada di bawah ini:

1. Cari Tahu Topik Utamanya

Layaknya genre novel, buku sejarah dunia umumnya akan membahas berbagai macam topik, antara lain manusia, dunia, politik, sosial, dan juga budaya. Oleh karena itu, Anda dapat memilih buku sejarah dunia sesuai dengan topik yang Anda suka atau butuhkan. Kira-kira, apa saja ciri-ciri tiap topik buku sejarah dunia?

a. Sejarah Manusia, Menguak Titik Awal Kehidupan Dan Perkembangan Manusia

Buku Sapiens merupakan salah satu buku sejarah dunia yang membahas mengenai perkembangan manusia. Dimana buku yang satu ini cukup dikenal oleh masyarakat luas. Sebenarnya, masih ada judul buku lainnya yang dapat Anda pilih. Buku-buku tersebut membahas mengenai sejarah kehidupan manusia, dari awal hingga mencapai peradaban sekarang ini. Apabila Anda ingin memahami serba-serbi revolusi, nenek moyang, dan juga fakta manusia modern, maka pilihlah topik sejarah manusia.

b. Sejarah Dunia, Napak Tilas Kisah Atau Peristiwa Penting Di Dunia

Bagaimana dunia ini bisa tercipta? Apa saja rahasia yang ada di dunia ini dan tidak diketahui banyak orang? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab melalui buku yang bertema sejarah dunia. Buku yang satu ini akan membantu Anda dalam mengetahui lebih dalam tentang berbagai macam fakta menarik mengenai dunia ini. Apabila Anda ingin mengetahui sejarah dunia lebih dalam, maka Anda bisa memilih buku dengan topik ini.

c. Sejarah Lainnya, Mencakup Berbagai Topik Menarik Di Dunia

Selain buku yang membahas mengenai dunia dan manusia, masih ada topik lainnya yang sangat menarik untuk dikupas. Anda dapat membaca buku sejarah dunia yang membahas mengenai topik yang lebih sederhana, misalnya saja seperti sejarah buku di dunia, sejarah minuman, dan juga informasi sosial dan budaya lain. Karena buku-buku tersebut membahas mengenai topik yang menarik, maka Anda dijamin tidak akan bosan untuk membacanya. Tak hanya itu saja, buku tersebut juga memuat pembahasan yang lebih spesifik. Sehingga target pembacanya sangat jelas. Anda juga bisa membelinya untuk dijadikan kado untuk sahabat ataupun untuk menambah koleksi buku sejarah Anda di rumah.

2. Pilih Bahasa Yang Anda Inginkan

Bahasa apa saja yang Anda kuasai selain Bahasa Indonesia? Apakah Anda juga pandai Bahasa Inggris? Jika Anda merasa tertantang untuk menamatkan buku sejarah dunia dengan bahasa asing, maka Anda bisa memilih buku impor. Umumnya, buku yang berbahasa Inggris pastinya akan lebih autentik, karena belum melewati proses penerjemahan.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Akan tetapi apabila Anda mencari yang mudah untuk dipahami, maka Anda bisa memilih buku sejarah dunia yang sudah terjemahan. Walaupun terjemahan, tapi isinya akan tetap sama dengan aslinya atau sudah disesuaikan dengan budaya Indonesia. Perbedaannya mungkin akan terletak pada nuansanya saja. Kemudian yang terakhir Anda juga bisa memilih buku sejarah dunia yang ditulis oleh penulis lokal. Dengan membeli karya lokal, maka Anda turut mendukung ekonomi kreatif yang ada di Indonesia.

3. Cek Juga Tebal Halaman

Namanya juga buku sejarah dunia, pasti kita sudah tahu kan seberapa tebal halaman yang ada di bukunya? Sebelum memilih buku sejarah dunia, pastikan untuk mengecek dulu jumlah halamannya dan sesuaikan dengan kegiatan Anda. Untuk Anda yang memiliki kegiatan yang padat, maka lebih baik mencari buku sejarah yang tebal halamannya di bawah 400 halaman. Buku yang satu ini tentu akan lebih mudah dibawa kemana saja dan tidak akan memakan waktu yang lama untuk menyelesaikannya.

Akan tetapi, buku dengan ketebalan di atas 400 halaman biasanya sangat cocok untuk Anda yang mempunyai waktu luang cukup banyak. Tipe yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang lebih sering membaca di rumah. Sebab, semakin tebal halaman, maka akan semakin berat juga beratnya.

4. Pertimbangkan Sampul Soft Cover Untuk Harga Yang Lebih Terjangkau

Ada satu tips yang bisa Anda coba untuk mengakali harga buku sejarah dunia yang relatif mahal. Tipsnya yaitu dengan membeli buku dengan tipe soft cover. Sampul buku ini biasanya dibedakan menjadi dua, yaitu soft cover dan hard cover. Untuk hard cover ini mempunyai binding yang lebih kuat dan juga kokoh. Sehingga buku tidak akan mudah rusak. Tapi untuk buku dengan sampul hard cover, biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal. Hal ini tentu sangat berbeda dengan buku tipe soft cover, dapat ditekuk, dan tidak kokoh. Tapi untuk harganya tergolong lebih murah daripada tipe hard cover.

Rekomendasi Buku Sejarah Dunia

Di pembahasan selanjutnya, kita akan membahas mengenai berbagai rekomendasi buku sejarah dunia terbaik yang bisa Anda pilih berdasarkan cara memilih buku di atas. Rekomendasi ini sudah dipilih secara teliti dan mempertimbangkan rating serta review dari para pembacanya. Berikut adalah beberapa rekomendasi buku sejarah dunia dari Gramedia:

1. Sapiens

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa buku Sapiens ini merupakan salah satu buku yang membahas mengenai peradaban manusia. Senada dengan buku dengan judul “The Earth” karya Arthur Beiser, buku yang satu ini juga lebih fokus membahas mengenai sejarah lengkap peradaban manusia. Buku ini mengisahkan tentang proses manusia modern dalam mengambil alih kuasa atas makhluk hidup yang ada di dunia ini. Di dalam buku ini, Harari memberikan berbagai macam perspektif baru mengenai “nature” dari umat manusia.

Disini penulis menjelaskan bahwa pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang memiliki sifat kompetitif. Dimana mereka akan melakukan apapun untuk memenangkan kompetisi tersebut. Lalu pada saat yang bersamaan, Harari juga menjelaskan tentang mengapa individualisme manusia itu dapat diluluhkan apabila ada kepentingan bersama. Melalui buku ini, pembaca diajak untuk melihat peradaban secara telanjang tanpa adanya hal yang ditutup-tutupi.

2. China: Warisan Klasik dan Daya Dinamis yang Menggetarkan Dunia

Tidak hanya Jepang ataupun Amerika Serikat, ada banyak orang yang sangat penasaran dengan rahasia kesuksesan bangsa Tiongkok. Perlahan namun pasti, Tiongkok mulai tumbuh menjadi raksasa dunia yang siap menggeser negara adidaya lain.

Tapi banyak yang mengatakan bahwa kebangkitan Tiongkok tersebut berhubungan dengan alam pemikiran dan juga peradabannya yang maju dan murni. Buku yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai pedoman untuk Anda yang ingin memperkaya wawasan dan pengetahuan mengenai pemikiran bangsa Tiongkok. Siapa tahu Anda bisa ketularan sukses dengan belajar mengenai tradisi, budaya, dan juga cara mereka dalam menghadapi polemik.

3. Sejarah Dunia yang Disembunyikan

Di halaman pencarian Google, ada banyak orang yang mencari kata kunci “Sejarah Dunia yang Disembunyikan”. Memang ada kalanya, berbagai hal yang bersifat kontroversial lebih diminati dibandingkan dengan beberapa hal yang sifatnya datar. Akan tetapi, buku sejarah dunia ini sukses menarik perhatian dunia karena satu alasan saja.

Dimana buku ini secara tegas membocorkan beberapa misteri dunia yang tidak pernah diungkap sebelumnya. Oleh karena itu, wajar saja jika buku yang satu ini memiliki banyak penggemar. Tapi, apabila kita mengesampingkan misterinya, buku ini dapat dijadikan sebagai pilihan untuk Anda yang ingin memahami dan juga mengkritisi sejarah dunia. Jika Anda mencari pilihan lain mengenai buku sejarah dunia, maka buku ini sangat cocok untuk dipilih.

4. Sejarah Teh – Asal Usul dan Perkembangan Minuman Favorit Dunia

Walaupun sering mengonsumsinya, masih ada banyak orang yang tidak mengetahui sejarah teh itu sendiri. Buku dengan judul asli “A History of Tea” ini menjelaskan mengenai asal-usul, tradisi, hingga penyebaran teh di dunia. Untuk Anda yang mengaku pecinta teh, bisa mempertimbangkan untuk membaca buku ini. Melalui buku ini, Anda akan mengetahui tradisi minum teh di kedai Tiongkok hingga kuil di Jepang. Selain itu, Anda juga bisa menguak informasi bahwa setiap bangsa mempunyai tradisi minum teh dan juga cara pengelolaan yang berbeda.

5. World History Sejarah Dunia Lengkap

Anda ingin mempelajari sejarah dunia, namun masih bingung harus mulai dari mana? Tenang saja, karya klasik World History ini adalah salah satu pilihan yang tepat sebagai bacaan untuk menambah wawasan mengenai sejarah dunia. Buku yang satu ini sudah terbit sejak tahun 1921. Dimana di dalamnya mengupas mengenai berbagai hal tentang sejarah dunia. Semuanya dibahas secara detail dan dilengkapi dengan tabel tahun dan juga peristiwa.

Ada masa prasejarah, masa zaman Yunani, Renaisans, peradaban Abad Pertengahan, Ekspansi Kolonial dan Politik Dunia, Revolusi Industri, sampai masa pemulihan pasca perang dunia. Oleh karena itu, buku yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi buku untuk dosen dan juga mahasiswa. Hanya dengan satu buku ini, Anda bisa mengetahui banyak hal mengenai rahasia dunia.

6. Sejarah Lengkap Perang Dunia 1

Perang Dunia 1 merupakan sebuah kontes gladiator yang paling besar sepanjang sejarah umat manusia. Dimana perang tersebut melibatkan para hegemoni Eropa dan juga koloninya. Vladimir Lenin sebagai salah satu tokoh komunis dari Rusia yang diberi julukan sebagai “Virus” oleh para hegemoni Eropa ini mengatakan bahwa Perang Dunia 1 ini merupakan perang bangsawan, bukan perang rakyat.

Pemikiran yang dimiliki oleh Vladimir Lenin yakni Ia sangat pro dengan rakyat dan kaum anti ningrat. Dimana pemikirannya tersebut kemudian melahirkan adanya komunis di Rusia setelah sukses meruntuhkan dinasti penguasa kekaisaran Rusia, Dinasti Romanov, melalui serangkaian revolusi.

Tak hanya itu saja, dengan adanya Perang Dunia pertama ini, menjadikan peta politik dunia berubah. Adapun hal-hal yang berubah itu adalah terdisintegrasi nya negara Balkan yang sebelumnya berada dibawah kontrol Dinasti Habsburg dari Kekaisaran Austro-Hungaria, terbentuknya Liga Bangsa yang menjadi benih organisasi PBB, runtuhnya Kekaisaran Turki Usmani yang menjadi pemangku kekhalifahan Islam terakhir, bangkrutnya Jerman dan harus menanggung semua dampak kerugian perang untuk negara Blok Sekutu, dan masih banyak lagi.

Buku yang satu ini akan menjawab apa peran yang dilakukan oleh Raja Edward VII dari Inggris di dalam Perang Dunia pertama, lalu siapa saja tokoh yang disebut di dalam deklarasi Balfour sebagai Lord Rothschild. Semua jawabannya bisa kamu temukan di dalam buku ini.

7. Dunia Kuno Empat Benua

Negara-negara yang ada di Eropa mempunyai tradisi yang dilaksanakan setiap bulan Oktober, yakni Halloween. Di balik tradisi ini, ternyata mempunyai hubungan dengan kebiasaan masyarakat di masa lalu. Orang-orang yang membuat menjadi bentuk muka hantu pada saat acara Halloween merupakan bangsa Kelt. Mereka telah membuat labu itu menjadi ikon dari Halloween. Hal ini merupakan salah satu dari kebudayaan bangsa Eropa.

Dengan memahami kebudayaan tersebut, tentu akan membuat kita tidak melulu fokus dengan Kuil Athena yang ada pada masa perang Sparta-Persia, atau dengan keagungan Romawi saja. Tidak hanya Eropa, dunia mempunyai benua lain seperti Afrika, Asia, dan juga Amerika yang mempunyai sejarah serta kebudayaan kunonya masing-masing yang mana tidak dapat ditinggalkan dari materi sejarah.

Masih ada Raja Ashoka yang berasal dari peradaban lembah Sungai Indus yang bersinergi dengan kebudayaan Yunani Kuno. Ada pula Hammurabi yang dikenal dengan Codex Hammurabi, yang mana merupakan pendahulu undang-undang modern. Buku yang satu ini akan menjelaskan secara ringkas tentang sejarah kuno yang ada di empat benua tersebut. Anda bisa menjadikan buku ini sebagai pegangan untuk belajar sejarah dan corak kebudayaan dari masing-masing benua.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah