in

11 Cara Menghilangkan Ngantuk Secara Efektif

Cara menghilangkan ngantuk yang efektif seringkali kita butuhkan, khususnya di pagi hari pasti Kamu pernah mengalami ngantuk sehingga ingin tidur kembali. Ngantuk setelah bangun tidur kerap kali dan hampir semua orang pernah mengalami.

Tidak jarang, rasa ngantuk di pagi hari bisa menjadi penghambat seseorang memulai untuk beraktivitas. Apabila hal ini sering terjadi, bukan tidak mungkin dapat mengganggu Kamu untuk melakukan produktivitas setiap harinya.

Rasa ngantuk di pagi hari umumnya akan dialami seseorang yang mengalami kelelahan pada saat tidur atau juga seseorang yang tidak memiliki tidur yang berkualitas.

Tidak hanya itu, beberapa penyebab ngantuk di pagi hari bisa juga terjadi karena kebiasaan sebelum tidur, misalnya seperti mengonsumsi minuman beralkohol, efek samping obat-obatan, jarang berolahraga, hingga stres yang berlebihan.

Namun, bagi sebagian orang, masalah ngantuk di pagi hari disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, misalnya seperti anemia, diabetes, hingga hipertiroidisme.

Sebenarnya, rasa ngantuk yang muncul pada saat Kamu bangun tidur adalah sebuah hal yang wajar. Apabila terjadi sesekali, Kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

Tetapi, apabila terjadi secara terus menerus setiap hari hingga sangat menyulitkan untuk dikontrol, Kamu perlu melakukan mengubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik agar mampu meningkatkan kinerjamu.

Nah, bagi Kamu yang ingin membangun kebiasaan baru sekaligus memperbaiki kualitas bangun tidur di pagi hari supaya aktivitas dan produktivitas dapat terlaksana dengan maksimal. Artikel ini akan menjelaskan beberapa cara untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari. Berikut ini adalah cara yang bisa Kamu coba selepas bangun tidur, di antaranya yaitu:

A. Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Supaya Kamu bisa mendapatkan bangun di pagi hari dengan segar dan berkualitas, Kamu perlu sekali untuk menyimak dan mencoba beberapa ritual bangun pagi di bawah ini.

Bangun pagi tanpa ngantuk tentu sangat menguntungkan bagi Kamu yang ingin mengawali dengan produktif dan penuh semangat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari, di antaranya yaitu:

tombol beli buku

1. Minum Air Putih Ketika Bangun Tidur

Cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang pertama adalah dengan minum air putih. Pada saat bangun dari tidur, hal pertama kali yang wajib Kamu lakukan agar rasa ngantuk dapat teratasi adalah meminum satu hingga dua gelas air putih.

Hal ini sangat perlu Kamu biasakan karena dapat memenuhi cairan tubuh yang hilang pada saat tidur sepanjang malam.

Apabila kebutuhan cairan dalam tubuh sudah terpenuhi, secara otomatis Kamu akan merasa lebih segar sekaligus terhindar dari risiko dehidrasi.

Selain itu, mengonsumsi air putih atau air mineral di pagi hari ketika perut kosong juga menyimpan banyak manfaat, mulai dari mengaktifkan metabolisme, bikin tubuh lebih siaga, hingga membantu tubuh untuk mengeluarkan racun.

2. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Cara kedua yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah dengan olahraga secara teratur. Rasa ngantuk yang muncul di pagi hari merupakan akibat dari kurangnya kebiasaan untuk berolahraga.

Olahraga menjadi salah satu jawaban bagi Kamu yang ingin mendapatkan rasa segar dan bugar pada saat bangun pagi. Hal ini dikarenakan, olahraga akan sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan energi, sehingga menjadikan tubuh sehat dan bugar.

Supaya Kamu memiliki tubuh sehat dan bugar, hal yang perlu Kamu lakukan adalah membangun kebiasaan untuk melakukan olahraga secara rutin. Untuk mendapatkan hanya maksimal, Kamu hanya perlu 30 menit untuk berolahraga setiap hari atau minimal 3 kali dalam satu pekan.

Olahraga yang bisa Kamu lakukan, misalnya seperti lari pagi atau bersepeda mengelilingi kompleks perumahan. Bagi Kamu yang ingin berolahraga di rumah, Kamu dapat mencoba olahraga seperti yoga, zumba, hingga melatih kekuatan otot.

3. Sarapan Secara Rutin

Cara selanjutnya yang cukup efektif untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah dengan sarapan secara rutin. Makan pagi atau sarapan secara teratur dan rutin terbukti sangat baik untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi pada tubuh, sehingga menjadi lebih siap untuk beraktivitas dalam melakukan produktivitas.

Hal inilah yang menjadi alasan, betapa pentingnya membangun kebiasaan sarapan secara rutin dan teratur.

Sarapan akan semakin baik lagi apabila Kamu terapkan selepas berolahraga di pagi hari. Sarapan yang dilakukan setelah berolahraga dapat membakar lebih banyak kalori di dalam tubuh.

Selain itu, dua kebiasaan tersebut juga dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh sekaligus mengatasi kondisi perut yang tidak nyaman pada saat berolahraga.

Namun, dalam memilih menu sarapan, Kamu perlu menghindari makanan yang tinggi karbohidrat dan juga kopi di pagi hari. Hal ini dilakukan agar tubuh tidak mengalami kekurangan energi pada saat siang hari.

4. Mengonsumsi Makanan Bergizi Tinggi

Cara berikutnya yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas bangun pagi adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan gizi.

Rasa ngantuk pada dasarnya merupakan sebuah pertanda apabila tubuh sedang mengalami kelelahan atau kekurangan energi.

Oleh karena itu, supaya Kamu dapat menghilangkan ngantuk di pagi hari, Kamu perlu mengonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung protein, karbohidrat, lemak, hingga aneka vitamin dan mineral.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan gizi dan nutrisi, yaitu seperti:

a. Daging tanpa lemak atau ikan
b. Telur
c. Susu dan olahannya, seperti keju dan yoghurt
d. Buah-buahan, seperti alpukat, pisang, kurma, atau semangka, pisang
e. Kacang-kacangan
f. Biji-bijian, seperti biji chia dan beras coklat
g. Sayuran, seperti bayam dan tomat

5. Mengurangi Konsumsi Kafein

Cara berikutnya yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari adalah dengan mengurangi konsumsi kafein atau kopi. Banyak orang yang mengira bahwa kafein dapat membuat seseorang menjadi lebih segar dan lebih berenergi.

Tetapi, mengosumsi kafein atau kopi secara dengan jumlah yang banyak malah bikin tubuh menjadi lebih mudah ngantuk dan cepat lelah.

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa tubuh terbukti lebih kebal dengan efek kafein pada kopi pada saat terlalu banyak dikonsumsi. Hal ini dapat menghilangkan khasiat dalam kopi yang mampu membuat seseorang menjadi segar.

Oleh karena itu, Kamu perlu melakukan pembatasan dalam mengonsumsi kafein atau kopi agar tidak memunculkan rasa ngantuk di pagi hari. Cara terbaik untuk mendapatkan khasiat dari kafein dalam kopi adalah dengan mengonsumsinya pada saat rasa ngantuk sudah tidak dapat dibendung.

11 ritual tetap aktif dan produktif

11 ritual tetap aktif dan produktif

6. Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Berjemur Sinar Matahari

Cara selanjutnya yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari adalah dengan berjemur sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh.

Kadar serotonin pada tubuh terbukti cukup efektif untuk seseorang mendapatkan tidur yang berkualitas. Ketika kualitas tidur meningkat, maka secara otomatis Kamu dapat bangun tidur dengan lebih segar dan tentunya mampu mengatasi rasa ngantuk di pagi hari.

Oleh karena itu, selain membiasakan diri untuk berjemur sinar matahari sebelum pukul 10 pagi. Kamu juga perlu untuk membiarkan sinar matahari pagi masuk ke dalam kamar tidur. Hal ini dapat merangsang tubuh untuk secara alami bangun dari tidur dan terlepas dari ngantuk tanpa bantuan alarm.

7. Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Membangun Kebiasaan Tidur Secara Teratur

Cara berikutnya yang dapat menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari adalah dengan membangun kebiasaan tidur secara teratur.

Dengan membangun kebiasaan tidur dengan bagi, Kamu dapat memiliki pagi yang berkualitas dan pastinya terhindar dari rasa ngantuk.

Apabila Kamu tidak memiliki kebiasaan tidur dengan baik dan terbiasa untuk tidur dengan telat, maka bisa dipastikan Kamu juga akan kesulitan untuk bangun dengan segar di pagi hari.

Berikut ini adalah contoh kebiasaan yang dapat Kamu bangun untuk meningkatkan kualitas tidur, di antaranya yaitu:

a. Mematikan layar gawai dan peralatan elektronik satu jam sebelum tidur
b. Membuat kamar tidur terasa nyaman dan tenang
c. Mengatur siklus tidur dan bangun (ritme sirkadian), dengan bangun dan tidur di waktu yang sama

8. Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Berhenti Merokok

Cara selanjutnya yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari adalah dengan berhenti merokok.

Sudah menjadi fakta yang umum bahwa seorang yang biasa merokok akan cenderung memiliki kualitas tidur yang buruk. Hal ini dikarena zat nikotin yang ada di dalam rokok berpotensi untuk mengganggu siklus tidur dan bangun pagi.

Apabila siklus tidur dan bangun pagi Kamu terganggu, maka dapat dipastikan Kamu akan memiliki rasa ngantuk yang berlebihan ketika bangun tidur di pagi hari.

Oleh karena itu, bagi Kamu yang memiliki kebiasaan merokok, alangkah baiknya untuk secara perlahan berhenti merokok dan mulai rasakan manfaatnya untuk tubuh.

9. Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Mengurangi Stres

Cara berikutnya yang dapat Kamu lakukan untuk mengatasi ngantuk di pagi hari adalah dengan mengurangi stres. Seseorang yang mengalami kelelahan yang luar biasa setelah beraktivitas sepanjang hari akan cenderung lebih mudah untuk stres.

Ketika stres melanda, bisa jadi akan sangat berpotensi menimbulkan masalah tidur. Masalah tidur yang biasa muncul yaitu seperti insomnia. Hal ini tentu dapat mengurangi tidur yang berkualitas dan bisa membuat ngantuk pada saat bagun tidur pagi hari.

Beberapa langkah yang dapat Kamu lakukan untuk mengurangi stres adalah dengan mendengarkan musik yang bikin tenang perasaan. Selain itu, Kamu juga bisa mencoba untuk mengobrol bersama teman atau keluarga ketika stres melanda, baik secara langsung maupun melalui media video call.

Apabila Kamu berhasil meredakan dampak dari stres, hal ini akan sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan tentunya akan membuatmu merasa lebih berenergi dan bersemangat, sehingga menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari.

10. Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Mencoba 90 Minute Sleep Cycle

Cara selanjutnya yang dapat Kamu coba untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah dengan menerapkan siklus tidur 90 menit dengan menggunakan bantuan dua alarm. Cara ini bisa jadi cukup ampuh untuk mengatasi ngantuk, karena mencoba memahami kebiasaan seseorang yang kesulitan untuk cepat bangun dan beraktivitas.

Oleh karena itu, untuk menerapkan cara ini, Kamu dapat memasang dua alarm, di mana alarm pertama untuk 90 menit sebelum ingin bangun dan alarm kedua di waktu Kamu benar-benar siap untuk bangun.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh Jurnal Healthy Sleep Harvard menunjukkan bahwa teori tidur 90 menit di tengah penundaan dapat terbukti efektif untuk membuat siklus tidur yang sangat baik. Selain itu, penelitian ini juga menerangkan bawah teori 90 menit di antara penundaan dapat membuat Kamu bangun setelah REM (rapid eye movement).

11. Cara Menghilangkan Ngantuk dengan Mandi Air Dingin

Cara terakhir yang dapat Kamu lakukan untuk menghilangkan ngantuk secara cepat adalah dengan mandi air dingin. Aktivitas ini bisa jadi salah satu cara ampuh bagi Kamu yang kesulitan bangun di pagi hari.

Mandi dingin terbukti dapat memberikan perubahan suhu pada tubuh, sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar ketika menjalani hari. Namun, apabila Kamu alergi dengan air dingin, Kamu dapat mencoba terlebih dulu dengan mencuci muka. Mencuci muka dapat bikin mata menjadi mudah untuk terbuka di pagi hari dan secara perlahan mengisi energi untuk tubuh.

tombol beli buku

Demikian adalah sebelas cara menghilangkan ngantuk di pagi hari yang dapat Kamu coba, sehingga mampu beraktivitas dengan produktif sepanjang hari. Lakukan beberapa cara ini setiap hari untuk mendapatkan kebiasaan yang baik bagi hidup.

B. Penyebab Ngantuk Di Pagi Hari

Setelah mengetahui cara menghilangkan ngantuk di pagi hari, berikut ini adalah beberapa penyebab ngantuk di pagi hari. Untuk menghilangkan ngantuk tentu tidak hanya bisa dilakukan pada saat bangun tidur.

Bangun tidur pada dasarnya adalah dampak dari kebiasaan seseorang sebelum tidur. Walaupun beberapa cara di atas sudah dilakukan, tetapi ketika seseorang tetap memiliki waktu tidur yang telat. Maka hal itu akan sangat sulit untuk bangun segar di pagi hari, apabila dipaksakan bisa jadi tidak baik untuk tubuh.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab ngantuk di pagi hari yang perlu Kamu pahami sehingga dapat bangun pagi dengan segar secara alami.

1. Menghindari Kafein, Red Wine, Dan Coklat

Bagi Kamu yang ingin mendapatkan tubuh yang segar pada saat bangun pagi, langkah pertama yang perlu Kamu lakukan adalah tidur nyenyak dan puas di malam harinya. Salah satu cara yang perlu Kamu lakukan adalah menghindari makanan atau minuman yang mengandung kafein.

Selain kafein, red wine dan coklat juga tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Hal ini dikarena ketiga hal tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan sekaligus memicu asam lambung, sehingga bisa menimbulkan perasaan gelisah.

Oleh karena itu, apabila Kamu adalah orang yang sulit tidur dan bangun, Kamu dapat menghindari kafein, ride wine, dan coklat.

2. Berhenti Makan Menjelang Waktu Tidur

Langkah kedua yang perlu Kamu hindari agar memiliki tidur malam dan bangun pagi dengan berkualitas. Kamu dapat menghindari makan menjelang masuk kamar untuk tidur.

Untuk memiliki tidur yang berkualitas, Kamu dapat memberikan waktu sekitar 2 hingga 3 jam agar lambung dapat dengan nyaman mencerna semua makanan yang dikonsumsi.

3. Menangkan Hati

tombol beli buku

Langkah ketiga yang sangat penting untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sekaligus menghilangkan ngantuk di pagi hari adalah dengan menjernihkan hati sebelum tidur. Berbagai penelitian telah membutkikan bahwa seseorang yang memiliki perasaan marah, cemas, dan emosi negatif lainnya dapat mengakibatkan gangguan pada tidur.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur yang optimal, Kamu dapat melakukan relaksasi dengan melepaskan segala beban yang telah Kamu lalui sepanjang hari.

Demikian, berbagai cara menghilangkan ngantuk di pagi hari sekaligus penyebabnya. Bangun pagi dengan segar dan sehat adalah dambaan semua orang, hal ini akan sangat baik untuk menghasilkan produktivitas secara maksimal ketika bekerja.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait Cara Menghilangkan Ngantuk



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam