in

Pengertian Self Improvement & Rekomendasi Buku Self Improvement

Halo, Grameds! Kalian tahu ‘kan bahwa self improvement merupakan sesuatu yang harus kita terapkan. Self improvement adalah suatu bentuk pengembangan diri, khususnya potensi dan kemampuan dalam diri sehingga kita akan mudah untuk meningkatkan kualitas diri.

Tak sedikit dari kita yang malah terfokus akan kekurangan atau kelemahan diri sendiri sehingga lupa untuk meningkatkan potensi diri dengan melakukan self improvement. Padahal, suatu kelemahan atau kekurangan diri dapat ditutupi apabila kita terus meningkatkan kualitas diri masing-masing, loh.

Dalam mengembangkan diri atau self improvement, dapat kita lakukan melalui bantuan seorang konsultan, pembimbing, mentor, ataupun melalui buku bacaan sekalipun. Masa sih? Nah, maka dari itu, simak artikel berikut hingga akhir pembahasan, ya!

Apa itu Self Improvement?

Pengembangan diri atau yang biasa dikenal dengan istilah ‘self improvement’.

Self improvement ialah segala bentuk upaya, kegiatan, atau tindakan yang diambil untuk meningkatkan kemampuan diri, minat, bakat, potensi, kesadaran diri, keterampilan hingga kualitas kehidupan dengan tujuan agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Self improvement atau pengembangan diri dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja.

Pada hakikatnya, self improvement memanglah sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab bagi diri individu. Hal itu karena, dalam meningkatkan kualitas dan pengembangan diri, diharuskan adanya kemauan yang berasal dari diri individu tersebut, bukan dari orang lain.

Melakukan self improvement atau pengembangan diri juga harus dilakukan oleh semua individu, tidak memandang usianya, jenis kelamin, kondisi diri individu tersebut, ataupun yang lainnya. Sebab, dengan melakukan pengembangan diri atau self improvement justru akan membangun diri individu tersebut menjadi pribadi yang lebih baik.

Maka dapat dikatakan bahwa adanya self improvement atau pengembangan dalam diri individu sangatlah penting di dalam proses kehidupan. Nah, untuk tahu lebih jelasnya mengenai pentingnya self improvement yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasan berikut ini.

Pentingnya Self Improvement dalam Kehidupan

Self improvement yang diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan membuahkan manfaat bagi individu tersebut. Self improvement dalam diri individu tentu akan berpengaruh bagi dirinya sendiri. Hal itu ia lakukan sebagai upaya untuk menggali potensi yang dimiliki serta mengembangkan dirinya agar tidak berada di kehidupan yang itu-itu saja.

Bagi kalian yang belum menerapkan self improvement di kehidupan sehari-hari, yuk simak penjelasan singkat mengenai pentingnya self improvement atau pengembangan diri di bawah ini agar diri kalian tergerak untuk segera menerapkannya.

1. Self Improvement Mampu Meningkatkan Kesadaran Individu

Setiap individu akan dihadapkan oleh berbagai hal kemungkinan dalam hidup, baik hal yang baik maupun hal buruk. Dengan adanya self improvement dalam diri individu, ia akan lebih mampu mengetahui dan mengenal pribadinya, pola pikir yang ia miliki, serta perasaan yang ia rasakan saat dihadapkan oleh berbagai kemungkinan tersebut.

2. Self Improvement Mampu Membantu untuk Mengetahui Potensi yang Dimiliki

Berikutnya, self improvement dapat berperan penting dalam membantu untuk menggali kemampuan atau potensi diri yang dimiliki oleh tiap individu. Hal itu karena self improvement dalam diri individu dapat mempertimbangkan dan mengukur kemampuan atau potensi yang dimiliki sesuai dengan kapasitas pribadi tersebut.

Dengan begitu, penerapan self improvement di kehidupan sehari-hari akan memberikan pemahaman dan mampu untuk mengukur kemampuan atau potensi yang dimiliki dalam menetapkan suatu tujuan, serta individu tersebut akan tahu bagaimana cara untuk mewujudkannya.

3. Self Improvement Memberikan Efek Positif pada Kesehatan Mental

Self Improvement pada diri individu akan memberikan efek positif, terutama bagi kesehatan mentalnya. Dapat dikatakan kesehatan mentalnya lebih terjaga sehingga ia lebih mampu untuk mengatasi dan menghindari stress juga depresi, serta gangguan penyakit berkenaan dengan mental yang membutuhkan bantuan pengobatan khusus dari ahli.

Maka secara tidak sadar pun, dirinya tak lagi meratapi kegagalan yang pernah atau sedang dialaminya, lebih mau untuk memahami untuk mencintai dirinya sendiri, dan tak lagi membenci dirinya. Bahkan, hal tersebut bukan hanya hubungan pada dirinya sendiri, melainkan hubungan dirinya dengan orang di lingkungan sekitar.

4. Self Improvement Membimbing Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Self improvement mampu membimbing individu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apabila individu tersebut berhasil menjadi pribadi yang lebih baik, ia akan mudah untuk menaikkan kualitas diri (seperti: pekerjaan) kemudian memperluas koneksi antarindividu, dan menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, baik itu yang berada di lingkungan sekitarnya maupun lingkungan luar.

Lalu, menjadi pribadi yang lebih baik juga membuat individu merasa senang dalam menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Dengan begitu, tak ada lagi kata ‘iri’ atas pencapaian yang dipunyai oleh individu lain, malahan dirinya akan lebih fokus terhadap apa yang dimilikinya dan apa yang hendak diraih di kemudian hari.

Jelasnya, self improvement akan membuat hidup menjadi lebih tenteram, bahagia, damai, dan semacamnya, meskipun tak dapat dipungkiri bahwa rintangan, hambatan, dan segala macam ujian dalam hidup ini akan terus berputar

5. Self Improvement Menciptakan Peluang Baru

Self improvement atau pengembangan diri yang telah dilakukan oleh individu pastinya akan mengarahkan dirinya ke berbagai peluang baru di kehidupannya. Self improvement akan membuka jalan baru yang semulanya tertutup.

Seperti halnya, sebuah kesuksesan akan tercapai apabila adanya persiapan dan peluang dalam mencapainya. Dalam konteks ini, self improvement berperan sebagai suatu “persiapan” yang mana individu tersebut akan mempersiapkan dirinya untuk menjadi individu yang lebih baik, yakni dengan self improvement atau pengembangan diri tadi.

Kemudian, bilamana seorang individu rajin membaca buku, mengikuti seminar-seminar, mengikut workshop, kursus, belajar pengetahuan bahasa asing, dan sejenisnya, kemudian berbagai peluang baru muncul menghampirinya, ia tentu akan mampu menghadapi kemungkinan peluang tersebut. Hal itu karena ia telah melakukan berbagai persiapan secara matang.

Oleh karena itu, pentingnya seseorang untuk mempersiapkan diri dengan menerapkan self improvement di dalam kehidupannya. Sesungguhnya, sebuah peluang akan hadir secara alami pada orang-orang yang siap dan tepat.

Setelah mengetahui pentingnya menerapkan self improvement di kehidupan sehari-hari, kalian tentunya sudah tertarik ‘kan untuk ingin segera melakukan self improvement. Akan tetapi, tentunya kalian bingung bagaimana langkah awal untuk melakukannya. Jangan khawatir karena di bawah ini tentunya akan memberikan penjelasan secara singkat cara yang dapat membantu kalian dalam self improvement. Mari simak hingga akhir.

Contoh Self Improvement

Berikut di bawah ini akan dijelaskan secara singkat sekadar cara atau tips sebagai langkah awal kalian dalam memulai self improvement.

1. Mencoba untuk Memperbaiki Kualitas Tidur

Apakah kalian sudah memiliki kualitas tidur yang cukup baik? Apabila kalian sering tidur larut malam, bahkan begadang, cobalah untuk mengatur pola tidur kalian lebih awal dari biasanya. Karena sesungguhnya kebiasaan tidur larut malam atau begadang akan mengacaukan sistem di dalam tubuh kalian.

Maka dari itu, sebagai langkah untuk mulai melakukan self improvement atau pengembangan diri ialah dengan memperbaiki kualitas tidur kalian. Dengan begitu, segala aktivitas yang hendak dilakukan di pagi-sore hari dapat berjalan dengan baik, tanpa adanya rasa kantuk akibat dari begadang tersebut.

Coba untuk mandi air hangat agar badan menjadi rileks sehingga kalian akan mudah tidur dan tidak begadang. Kemudian, perlahan berhenti untuk bermain gadget sebelum tidur, serta kurangi mengonsumsi minum kafein di siang ataupun sore hari.

2. Mencoba Berdamai dengan Diri Sendiri dan Orang Lain

Pernah kalian memendam perasaan sakit hati, kecewa, atau emosi negatif, baik pada orang lain maupun pada diri sendiri? Jika pernah, bahkan masih merasakannya, ketahui dan sadarlah bahwa hal negatif seperti itu justru akan berdampak negatif pula pada diri kalian sendiri. Memikirkan hal-hal buruk hanya akan membuat beban hingga mengalami stress dan penyakit batin lainnya.

Coba untuk sadar bahwa setiap manusia tentu pernah melakukan kesalahan. Maafkan dan damailah pada diri kalian sendiri juga orang lain. Dengan begitu, bentuk usaha self improvement ini tentunya akan membantu kalian agar bangkit dari penyesalan dan keterpurukan.

3. Coba untuk Merancang Goals yang Realistis dan Rasional

Bilamana kalian sudah menerapkan kualitas tidur dengan baik dan mencoba berdamai dengan diri sendiri serta orang lain, kalian akan lebih mudah dan tenang untuk merancang tujuan ke depannya.

Salah satu yang membuat semangat dalam menjalani segala aktivitas di hidup ini ialah tujuan ataupun goals yang telah dirancang. Memiliki tujuan yang jelas dan realistis akan membuat diri merasa senang dan puas tiap kali tujuan atau goals itu telah tercapai. Entah goals dalam bentuk apapun, itu semua akan membuat kita jadi kembali semangat dan tentunya termotivasi untuk melakukan aktivitas di kemudian hari.

Adapun yang perlu diingat, apabila ingin merancang tujuan atau goals di dalam hidup, tetapkanlah tujuan yang realistis dan rasional. Tujuan yang hendak diraih haruslah jelas, diperhitungkan masak-masak, dan logis agar mempermudah kalian dalam meraih goals tersebut.

4. Merancang To Do List

Langkah awal untuk self improvement berikutnya ialah coba untuk merancang to do list. Mungkin kalian akan menyepelekan hal ini. Akan tetapi, dampak yang didapatkan akan besar dan mampu meningkatkan kemampuan produktivitas kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Buatlah daftar rencana yang akan mengurangi rasa khawatir kalian akan deadline tugas yang sudah menumpuk. Dengan demikian, pikiran dan hati kalian jauh akan lebih tenang dan tenteram. Tak hanya itu, dengan meracang to do list akan mengurangi kemungkinan lupa terhadap hal penting yang perlu dilakukan atau dikerjakan. Setelah itu, produktivitas kalian pun akan terus meningkat sehingga membantu dan mempermudah kalian untuk self improvement.



5. Belajar: Cobalah untuk Rajin Membaca Buku

Langkah atau cara berikutnya untuk meningkatkan atau mengembangkan diri (self improvement), yakni rajinlah belajar dengan memperbanyak bacaan buku kalian. Seperti yang diketahui bahwa buku merupakan jendela dunia. Maka dengan rajin membaca buku dan memperbanyak bacaan kalian, tentunya akan menambah wawasan kalian, jadi pengetahuan yang dimiliki pun tidak di situ-situ saja.

Kemudian, belajar menjadi salah satu kunci utama agar dapat mengembangkan diri self improvement dengan baik. Mengapa demikian? Hal itu karena ketika menjalankan proses self improvement, akan muncul hal-hal baru yang perlu kita pahami dan pelajari.

Untuk membantu proses belajar, membaca buku dan memperbanyaknya adalah salah satu cara terpenting. Dengan membaca buku, akan membantu dan mempermudah kalian dalam mengembangkan diri atau self improvement. Kemudian, dengan membaca buku, akan ada hal atau pengetahuan baru yang mana tidak kalian ketahui atau pahami sebelumnya. Bahkan, ada pula hal yang sudah kalian ketahui dan pahami sebelumnya, kalian akan lebih memahaminya karena membaca buku.

Adapun buku-buku yang dapat kalian baca, misalnya, buku tentang pengalaman seseorang dalam menuju kesuksesan. Dengan kata lain, kalian dapat menjadikan buku sebagai mentor kalian karena pengajaran di buku-buku tersebut, kalian jadi termotivasi pula.

Nah, untuk menunjang proses self improvement kalian, tentunya Gramedia akan merekomendasikan buku-buku berkualitas yang dapat dijadikan ‘mentor’ dalam pengembangan diri atau self improvement kalian. Penasaran ‘kan, kira-kira buku apa saja yang akan direkomendasikan? Yuk, simak di bawah ini.

Rekomendasi Buku-Buku Self Improvement atau Pengembangan Diri

1. Bicara Itu Ada Seninya

Bicara Itu Ada Seninya
Bicara Itu Ada Seninya

tombol beli buku

Tahukah kalian bahwa berbicara saja itu ada seninya?

ketika berkomunikasi menjadi hal yang krusial dalam bersaing dengan orang lain, Oh Su Hyang sebagai pakar komunikasi asal Korea ini, mengeluarkan buku dengan judul “Bicara Itu Ada Seninya”. Buku ini berisi mengenai pengalaman dalam melakukan self improvement, lalu berisi berbagai konten terkait bagaimana teknik komunikasi, negosiasi, dan persuasi.

Lalu, bagaimanakah cara berbicara yang baik? Berbicara yang baik ialah dengan berucap yang dapat menggetarkan hati seseorang. Misal, ucapan seorang juara tentu memiliki daya tarik tersendiri. Kalian harus pandai dalam berbicara dan menunjukkan pada lawan bicara kalian dalam berinteraksi sosial.

Maka dari itu, agar mencapai tujuan komunikasi, negosiasi, dan persuasi dengan mudah, kalian perlu memahami metode komunikasi yang efisien. Buku ini adalah kuncinya. Penjabaran yang dijelaskan oleh Oh Su Hyang akan mudah dicerna oleh siapa saja sehingga mempermudah kalian dalam melakukan self improvement.

2. Santuy, tapi Produktif, Mau?

Santuy, Tapi Produktif, Mau? : Saatnya Kerja Cerdas karena yang Sok Sibuk Belum Tentu Produktif
Santuy, Tapi Produktif, Mau? : Saatnya Kerja Cerdas karena yang Sok Sibuk Belum Tentu Produktif

tombol beli buku

Buku berikutnya yang akan membantu dan mempermudah kalian dalam pengembangan diri atau self improvement, yakni Santuy, tapi Produktif, Mau?

Buku yang ditulis oleh Restia Ningrum ini tentunya akan banyak membahas terkait menjadi produktif, tetapi tidak sekadar sibuk bekerja saja. Dalam bekerja tentunya ada motivasi dan tujuannya. Maka apapun tujuan dan motivasinya, hal itu tak menjadi masalah selagi orang tersebut dapat bertanggung jawab atas pekerjaannya.

Bagaimana caranya menjadi produktif? Jawabannya dapat ditemukan setelah melakukan praktik sehari-hari. Banyak dari kita mungkin meningkatkan produktivitas dengan mencoba berbagai metode, tetapi belum tentu efektif. Hal itu tentunya akan ada halang rintang yang sering terjadi di tengah-tengah aktivitas atau pekerjaan kalian.



Coba untuk mengubah mindset dengan beranggapan bahwa hasil kerja maksimal belum tentu didapatkan dari lamanya jam kerja. Kemudian, sibuk pun belum tentu menandakan bahwa kita produktif.

Buku yang ditulis oleh Restia Ningrum tentunya akan memberikan tips dan panduan agar kalian dapat mempelajari dan memahami perbedaan antara sibuk dan produktif, menentukan motivasi dan tujuan dalam kerja, mengelola waktu, dan sebagainya. Dengan buku ini tentunya akan mempermudah kalian dalam pengembangan diri atau self improvement.

3. Book of Leadership

Book of Leadership
Book of Leadership

tombol beli buku

Salah satu hal terpenting dalam self improvement ialah mampu menjadi pemimpin untuk dirinya sendiri. Buku dengan judul Book of Leadership ini akan memperlihatkan bahwa sikap kepemimpinan merupakan hal yang penting bagi semua orang. Dengan memahami perspektif itu pun kalian tak perlu mengidentifikasi potensi kepemimpinan dalam diri kalian.

Hal itu karena buku ini akan membuka lebar pemahaman kalian bahwa sikap kepemimpinan mampu dimiliki oleh siapapun. Kalian mampu untuk menjadi seorang pemimpin untuk diri sendiri.

Apabila kalian ingin melakukan self improvement atau pengembangan diri terhadap diri kalian sendiri, tentunya harus ada jiwa atau sikap kepemimpinan dalam diri. Hal itu sebagai bukti bahwa kalian memiliki bakat dan kemampuan dalam mengatur segala aktivitas di kehidupan yang kalian jalani.

Di dalam buku ini akan banyak sejumlah metode yang dapat dipraktikan, kemudian menganalisis serta mengatasi berbagai kendala dalam kepemimpinan, termasuk memimpin diri sendiri.

Buku ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk mewujudkan keinginan kalian dalam memimpin, dan dengan begitu akan mempermudah kalian dalam menjalani self improvement.

Temukan buku serupa yang ditulis oleh Agung Gunawan dengan judul Book of Success dan Book of Think Big di sini

4. Failure

FAILURE
FAILURE

tombol beli buku

Tidak ada satu orang pun yang ingin dipertemukan dengan kegagalan. Rasa gagal seolah-olah sudah menjadi hal paling ditakut. Padahal, dalam meraih suatu keberhasilan tentunya akan ditemukan dengan kegagalan terlebih dahulu. Tujuannya agar kita dapat belajar dari kegagalan tersebut dan lebih berusaha lagi untuk meraih keberhasilan.

Hakikatnya, tak ada manusia yang gagal, tetapi adanya manusia yang sedang melakukan proses untuk mencapai keberhasilan.

Dalam buku berjudul Failure ini, GREATMIND akan berbagi perspektif dan pengalamannya terkait kegagalan di hidupnya. Dengan begitu, tidak perlu takut lagi dengan suatu kegagalan karena kalian akan belajar dan termotivasi untuk melakukan pengembangan diri atau self improvement dari kegagalan yang mungkin pernah kalian alami.

Temukan buku serupa yang ditulis oleh GREATMIND dengan judul Gratitude dan Slow untuk menunjang self improvement kalian, di sini

5. How to Think like Sherlock Holmes

How to Think Like Sherlock Holmes
How to Think like Sherlock Holmes

tombol beli buku

Banyak orang yang mendambakan ingin mempunyai pemikiran layaknya Sherlock Holmes. Sherlock Holmes merupakan tokoh fiksi karya Sir Arthur Conan Doyle yang sangat legendaris.

Mengapa demikian? Hal itu karena kemampuan dalam menyelesaikan suatu masalah yang rumit akan diselesaikan dengan sangat mudah oleh Sherlock Holmes. Bisa dikatakan ia sebagai Super genius hero.

Buku ini akan membahas mengenai semua metode atau teknik yang dilakukan oleh Sherlock Holmes dalam menyelesaikan kasus atau masalah yang dihadapi. Dengan begitu, kita mampu belajar dan mempelajari teknik tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Buku yang berjudul How to Think Like Sherlock Holmes ini akan mengajak kita berpikir untuk mengambil kesimpulan dan menemukan kebenaran layaknya Sherlock Holmes. Meskipun tak akan semirip dengannya, setidaknya dalam mengembangkan kemampuan kita dalam menyelesaikan masalah akan jauh terasa mudah.

Oleh karena itu, buku ini akan sangat cocok bagi kalian yang ingin menerapkan self improvement di kehidupan sehari-hari serta ingin memiliki kemampuan memecahkan masalah dengan mudah.

Itulah pembahasan mengenai self improvement, mulai dari pengertian, pentingnya self improvement, cara untuk memulainya, dan rekomendasi buku sebagai penunjang diri kalian untuk melakukan self improvement.

Rekomendasi buku-buku mengenai self improvement di atas tentunya dapat dengan mudah kalian dapatkan di Gramedia.com karena Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas selalu menghadirkan buku-buku berkualitas dan relevan.

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha