in

Cara Mencintai Diri Sendiri Dengan Tepat Untuk Menemukan Hal Terbaik

Mencintai diri sendiri menjadi salah satu cara diantara cara untuk menemukan hal terbaik dari diri sendiri. Sehingga segala sesuatu yang Anda lakukan mempunyai akhir yang manis. Akan tetapi, terkadang mencintai diri sendiri lebih sulit ketimbang mencintai orang lain. Hal itu karena, terdapat hal yang dapat menjadikan Anda tidak senang dengan kondisi sekarang ini.

Hal, itu mungkin berat badan yang berlebih, tidak mempunyai pekerjaan, memiliki status jomblo, dan sejumlah hal lainnya yang menjadikan Anda merasa kurang puas dan membuat batu sandungan dalam mencapai target tertentu. Padahal, mempunyai hubungan yang baik dengan diri sendiri sama pentingnya dengan mempunyai hubungan yang baik dengan orang lain.

Mencintai diri sendiri mempunyai makna bahwa Anda bisa menerima keadaan apa adanya, tidak pernah merasa berkurang, dan tidak perlu membanding-bandingkan dengan orang lain. Mencintai diri sendiri juga akan menjadikan Anda bebas dari beban sosial. Dengan begitu, Anda akan dapat lebih fokus terhadap apa yang Anda punyai saat ini dan bukan yang dipunyai orang lain.

Pada akhirnya saat Anda sudah bisa mencintai diri sendiri, Anda akan merasa lebih percaya diri dan bijaksana dalam melangkah. Anda tidak dapat mencintai orang lain sebelum Anda mencintai diri Anda sendiri terlebih dahulu.

Mengapa Harus Mencintai Diri Sendiri?

Mencintai diri sendiri atau dikenal dengan istilah self love tidak berarti bahwa Anda egois dan mengembangkan kepribadian narsistik yang menyimpang. Akan tetapi, justru Anda menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati namun juga tetap berlapang dada guna merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi.

Sederhananya saja, Anda mencintai diri sendiri wajib harus sepenuh hati dan tanpa syarat apapun. Mencintai diri sendiri berarti bahwa Anda memenuhi segala kebutuhan Anda dan tidak mengorbankan kesejahteraan Anda guna menyenangkan orang lain.

Itu juga dapat berarti bahwa Anda memprioritaskan diri sendiri, percaya pada diri sendiri, jujur atau tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik terhadap diri sendiri, dan memaafkan diri sendiri ketika Anda melakukan hal buruk pada diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri setulus hati, maka Anda akan bisa mendapatkan sejumlah manfaat untuk diri sendiri dan orang sekitar.

Anda bisa terbebas dari beban sosial sebab tidak akan membandingkan diri dengan orang lain. Anda pun akan memiliki banyak waktu guna mengurus diri sendiri sehingga menjadi lebih sehat dari segi fisik dan mental. Kesehatan mental dan fisik adalah modal untuk mendapatkan hidup yang lebih nyaman, tentram, aman, dan bahagia.

Dimana, mental yang sehat juga dapat membantu Anda untuk mengurangi risiko berbagai gangguan mental di masa depan, misalnya depresi maupun gangguan kecemasan. Anda juga akan mampu menghadapi segala kesulitan dalam kehidupan sehingga Anda dapat terhindar dari stress yang mungkin saja datang tiba-tiba.

Tak hanya itu saja, Anda juga akan merasa lebih percaya diri dalam menggapai mimpi sehingga bisa mendapatkan kehidupan yang lebih baik untuk sekarang ini dan masa yang akan datang. Bila Anda, merasa nyaman terhadap diri sendiri maka orang-orang di sekitar Anda pun akan ikut merasakan hal yang sama pula.

Orang-orang akan merasa nyaman bila berada di dekat Anda. Sebab memancarkan energi positif dari dalam diri. Hal itu juga menjadi sesuatu yang penting guna menjalin hubungan yang sehat dan harmonis dengan orang lain sekaligus menjadi langkah kesuksesan dalam hidup. Lalu bagaimana cara mencintai diri sendiri? Mari perhatikan beberapa cara mencintai diri sendiri dibawah ini.

Cara Mencintai Diri Sendiri

Cinta pada diri sendiri tak datang begitu saja. Anda perlu untuk membangunnya dengan cara melakukan beberapa hal yang berguna untuk diri sendiri. Namun, tak banyak orang mengetahui bahwa jika mencintai diri sendiri dapat Anda mulai dari beberapa hal yang sederhana dan mudah dilakukannya. Berikut adalah berbagai cara mencintai diri sendiri yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

» Mengenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Cara mencintai diri sendiri yang pertama, yaitu dengan menerapkan self love atau belajar mengenal diri sendiri. Anda bisa melakukan dengan mencoba berkomunikasi dan berdamai pada diri sendiri. Setelah itu, temukan berbagai jawaban yang mengganjal. Contohnya, apa yang ingin dicapai, apa ketakutan terbesar, dan apa kekuatan yang Anda punyai.

» Memenuhi Kebutuhan Diri Sendiri Secara Baik

Cara mencintai diri sendiri bisa Anda lakukan dengan cara bersahabat dengan diri sendiri, seperti memperhatikan kebutuhan fisik, psikis, rohani, dan mental. Serta juga bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan tubuh. Self love tidak cuma persoalan menerima diri sendiri saja, akan tetapi juga berusaha sebaik mungkin untuk memberikan yang terbaik termasuk menjaga kesehatan tubuh.

Dengan pola hidup sehat yang Anda lakukan secara rutin merupakan hadiah dan penghargaan pada diri sendiri. Anda bisa menjaga kesehatan tubuh Anda dengan cara mencoba untuk tidur dengan cukup selama 7 hingga 8 jam semalam, makan secara teratur sebanyak 3 kali sehari, melakukan olahraga, sampai meluangkan waktu untuk mengurangi rasa stress dengan cara beribadah atau melakukan meditasi.

Pastikan semua kebutuhan Anda terpenuhi dengan cara-cara yang sehat Anda dapat memulainya secara bertahap. Contohnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak membiasakan begadang terlebih dahulu.

» Meluangkan Waktu Tanpa Alat Elektronik

Cara mencintai diri sendiri bisa Anda lakukan secara mudah dengan cara memberikan waktu kepada diri sendiri untuk beristirahat dari melihat layar ponsel maupun laptop. Pemakaian gadget yang disebabkan oleh pekerjaan maupun lingkungan sosial terkadang seringkali menguras pikiran Anda.

Sebagai gantinya, Anda dapat bertemu dengan teman Anda atau melakukan hal baru yang dapat mengasah kreativitas. Cara tersebut bisa membantu Anda mencari tahu apa yang bisa dilakukan tanpa perlu melibatkan alat elektronik.

» Menyediakan Waktu Bagi Diri Sendiri

Cara mencintai diri sendiri selanjutnya, yaitu dengan cara menyediakan waktu bagi diri sendiri. Meskipun sulit dilakukan, namun cobalah untuk meluangkan waktu guna melakukan hal-hal yang Anda senangi. Jika perlu, Anda bisa memprioritaskan kegiatan yang menjadikan Anda merasa senang dan bahagia setiap harinya.

Contohnya, Anda dapat membaca buku, bermain teka-teki silang atau sudoku, mendengarkan musik, dan hal lainnya yang Anda senangi di sela kesibukan. Walau terkesan biasa saja, namun ternyata, cara tersebut dapat membantu Anda menghargai dan mencintai diri sendiri, mengurangi stress sekaligus bisa membawa kepuasan terhadap diri sendiri.

» Membersihkan Rumah atau Kamar

Membersihkan dan menata rumah maupun kamar adalah salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan seseorang untuk mencintai diri sendiri. Terkadang hal ini disepelekan banyak orang.

Padahal, rumah yang bersih dan tertata secara rapi mampu memberikan suasana baru sehingga Anda dapat lebih bersemangat kembali. Anda juga dapat mengurangi kecemasan atau bahkan menemukan sejumlah inspirasi baru bagi diri sendiri.

» Meluapkan Isi Hati

Bila Anda sedang mengalami sebuah kejadian yang dapat mengakibatkan kesedihan, kemarahan, maupun kekecewaan, maka sebaiknya jangan dipendamnya. Meluapkan isi hati dapat menjadi salah satu cara untuk melepaskan emosi yang terpendam di dalam diri sendiri.

Anda dapat meluapkan isi hati dengan cara menulis di buku harian maupun berbicara dengan diri sendiri baik di dalam hati, di dalam kamar mandi, maupun di depan cermin.

Saat Anda berbicara sendiri, maka cobalah untuk menempatkan diri Anda sebagai orang lain yang berbicara dengan diri Anda. Isi obrolan tersebut akan melatih Anda supaya lebih dapat menilai diri sendiri secara objektif. Alhasil Anda dapat menjadi lebih fokus dan merasa termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

» Menyingkirkan Pikiran Negatif

Tak cuma melepaskan emosi yang terpendam, Anda juga perlu menghilangkan pikiran negatif. Terkadang pikiran tersebut yang menjadikan Anda tersiksa dan sering merendahkan diri sendiri.

Cobalah Anda untuk memikirkan hal-hal yang positif supaya Anda menjadi lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri. Contohnya kelebihan yang Anda punyai.

Anda juga perlu mengurangi konsumsi berita negatif yang cenderung menimbulkan pikiran negatif terus menerus. Caranya yaitu membuat jadwal untuk membuka media sosial dengan sedikit mungkin.

» Mengelilingi Diri Sendiri Dengan Orang-orang Positif

Salah satu cara mencintai diri sendiri, yaitu dengan berada diantara orang-orang yang positif dan menyayangi Anda. Berkumpulah dengan orang-orang yang dapat membawa dampak positif dan menciptakan suasana serta kebiasaan yang positif bagi diri Anda. Hal itu tentunya, dapat menjadikan diri Anda membuat lebih baik lagi. Sebaliknya, akhiri semua hubungan toxic yang membuat rugi diri sendiri.

» Ingat Bahwa Tidak Ada Manusia Sempurna

Ketika berbuat kesalahan, Anda tidak perlu merasa insecure dan menyalahkan diri sendiri secara terus menerus. Ingatlah bahwa kesempurnaan hanya milik Tuhan. Kesalahan yang Anda lakukan dapat menjadikan Anda sebagai pengalaman dan pelajaran untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

» Jangan khawatir Tentang Pendapat Orang Lain

Perlu Anda ingat, bahwa di dalam hidup mustahil Anda dapat membahagiakan semua orang. Sebab, jangan terlalu membebani diri dengan penilaian orang lain pada diri sendiri. Terlebih lagi orang yang tidak mempunyai kontribusi di dalam hidup Anda, maka sebaiknya abaikan saja.

» Mengenal Rasa Takut

Tiap orang tentu mempunyai ketakutan. Dengan alih-alih menghindarinya, sebaiknya anda mencoba berdamai dengan rasa takut tersebut. Guna mengatasinya, Anda dapat mulai mengevaluasi penyebabnya, setelah itu Anda perlu mencari solusi supaya ketakutan tersebut tidak menjadi beban dalam hidup Anda.

» Berani Mengambil Keputusan

Bagi Anda yang pernah merasa ragu ketika dihadapkan dengan keadaan untuk mengambil suatu keputusan. Maka Anda perlu mencintai diri sendiri. Sebab, ketika Anda mencintai diri sendiri, tentunya Anda akan menjadi lebih paham tentang segala hal yang terbaik bagi diri sendiri. Hal itu akan mendorong Anda menjadi lebih berani dalam mengambil sebuah keputusan dengan segala resiko yang terjadinya.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah