in

Contoh Hard Skill Yang Populer

Seperti yang sudah kita ketahui, hard skill dapat dianggap sebagai sebuah kemampuan atau keahlian yang ada pada setiap individu untuk menjalankan pekerjaan serta tanggung jawabnya dengan baik dan benar.

Dengan memiliki kemampuan hard skill kamu akan dipermudah dalam melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan bidang tersebut. Dimana, adanya kemampuan atau keahlian ini akan menunjang pekerjaan yang sedang kamu lakukan.

Namun, apa saja sih contoh dari hard skill tersebut yang dapat kita temui dalam kegiatan di dunia kerja sehari-hari. Simak informasi berikut mengenai berbagai contoh dari kemampuan tersebut beserta penjelasannya.

Contoh dari hard skill beserta penjelasan

Dengan semakin berkembangnya teknologi dan juga zaman, setiap orang dituntut untuk selalu berkembang dan tidak hanya memiliki satu keahlian saja. Dengan memiliki beragam keahlian, seseorang akan dapat lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaannya serta mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Berikut beberapa contoh dari hard skill yang dapat kamu pelajari atau kembangkan dalam memperluas wawasan dan pembelajaran kamu.

1. Memiliki keahlian desain

contoh hard skill desain

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan pertama yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki keahlian desain. Dimana, dengan semakin berkembangnya dunia saat ini, keahlian desain sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang yang bekerja dalam dunia kreativitas.

Desain dalam konteks ini bukan hanya terbatas pada kaitannya dengan membuat website ataupun portal online saja, namun juga bisa dalam bidang fesyen, furniture, hingga berbagai bidang lain yang membutuhkan keahlian ini seperti membuat perencanaan media sosial, serta desain lain yang dibutuhkan perusahaan.

Segala sesuatu yang dilakukan, jika terdapat unsur atau sentuhan dari desain ini sendiri akan membuatnya menjadi lebih menarik dan berbeda dari yang lain, dimana saat ini sudah semakin banyak pesaing di berbagai bidang. Sebuah perusahaan yang memiliki konsep unik yang menjadi ciri khasnya sendiri akan lebih unggul dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dari pesaingnya.

Panduan Membuat Desain Rumah 3D Dengan Archicad
Panduan Membuat Desain Rumah 3D Dengan Archicad

2. Mengoperasikan berbagai perangkat elektronik

contoh hard skill mengoperasikan elektronik

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan kedua yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah mengoperasikan berbagai perangkat elektronik. Dengan adanya kemajuan teknologi, kita dituntut untuk terus belajar bagaimana menggunakan gadget baik untuk kehidupan sehari-hari dan juga dalam dunia kerja yang saat ini sangat memanfaatkan penggunaan teknologi.

banner-promo-gramedia

Hal ini dapat kita lihat melalui berbagai perusahaan yang memasukkan keahlian ini sebagai salah satu syarat ke dalam deskripsi lowongan kerja yang ada, seperti mampu mengoperasikan komputer, mampu mengoperasikan sosial media, dan masih banyak lagi yang berhubungan dengan keahlian ini.

Keahlian ini sangat penting, ditambah dengan adanya pandemi dimana setiap orang bekerja dari rumah menggunakan gadget mereka, perangkat elektronik sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kerja mereka.

Berikut ini beberapa keahlian yang  berhubungan dengan bentuk hard skill ini.

  • Membuat program dan juga web development
  • Mampu memonitoring server
  • Menjadi teknisi komputer serta jaringannya
  • Memiliki kemampuan dalam menggunakan software office
  • Mampu mengoperasikan media sosial
  • Mampu menganalisis data
  • Tabel pivot
Semua Bisa Menjadi Programmer JavaScript & Node.js
Semua Bisa Menjadi Programmer JavaScript & Node.js

tombol beli buku

3. Memiliki kemampuan menulis

contoh hard skill menulis

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketiga yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan menulis. Kemampuan menulis ini seringkali dipandang sebelah mata oleh banyak orang, dikarenakan memiliki kesan yang mudah ataupun kurang berguna di tengah perkembangan zaman saat ini. Padahal, dengan memiliki keahlian menulis ini sendiri terdapat banyak manfaatnya di dunia kerja.

Kemampuan ini seringkali digunakan dalam sebuah pekerjaan yang melibatkan berbagai penulisan artikel, berita, maupun mengarang sebuah karya. Kamu dapat melatih kemampuan menulis dengan memulainya dari hal-hal yang sederhana seperti cerpen atau cerita pendek.

Memiliki kemampuan menulis ini, juga dapat membantu kamu dalam melamar sebuah pekerjaan, dimana seringkali dibutuhkan untuk mengirim cover letter yang mengharuskan kita menyusun kata dan juga kalimat menjadi suatu rangkaian karangan.

Jurnal Menulis
Jurnal Menulis

4. Memiliki kemampuan untuk menjalankan sebuah riset

contoh hard skill riset

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan keempat yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan untuk menjalan riset yang merupakan sebuah penelitian yang berbasis analisis untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun mencari solusi dari masalah tersebut.

Dalam dunia pekerjaan, riset seringkali digunakan sebuah perusahaan untuk mengumpulkan berbagai informasi dan data para konsumennya, menyesuaikan perusahaan dengan lingkungan, melakukan perencanaan, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan.

Dengan memiliki keahlian ini, kamu dapat melakukan riset yang nantinya dapat menjadi keuntungan dalam membaca peluang yang ada di sebuah pekerjaan nantinya.

Japanese Candlestick Charting Techniques
Japanese Candlestick Charting Techniques

5. Memiliki kemampuan untuk berbahasa asing

contoh hard skill berbahasa asing

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan keenam yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan untuk berbahasa asing. Ketika kita mengajukan CV untuk melamar kerja, dengan menggunakan bahasa Inggris yang merupakan bahasa universal akan memberikan kamu nilai tambahan, diana saat ini banyak perusahaan yang menuntut untuk setiap karyawan di dalamnya dapat berbahasa asing setidaknya satu.

Memiliki kemampuan untuk berbahasa asing bukan hanya bermanfaat dalam dunia kerja saja, namun seringkali dalam pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari juga dapat bermanfaat. Seperti ketika kita menggunakan gadget, yang biasanya menggunakan bahasa asing dalam pengaturannya maka kita akan dapat mengoperasikan gadget tersebut.

Selain itu, ketika kita bertemu dengan orang dari negara lain atau kita sedang berlibur dan berkunjung ke negara asing, kita tidak perlu takut untuk melakukan kesalahan ketika ingin bertanya jalan ataupun hal-hal lain yang mungkin kamu kurang pahami tentang negara tersebut.

banner-promo-gramedia
Anti Grammar Grammar Book Special Edition
Anti Grammar Grammar Book Special Edition

6. Mempunyai keterampilan dalam pengolahan data

contoh hard skill pengolahan data

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan keenam yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah mempunyai keterampilan dalam pengolahan data. Kemampuan pengolahan data saat ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan, dimana sangat penting dalam mengelola sebuah data menjadi padu serta tersusun dengan rapi.

Pengelolaan data ini sendiri dilakukan agar data yang ada dapat tersusun dengan rapi serta terstruktur, selain itu juga untuk menghindari adanya gangguan seperti diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Saat ini sendiri dapat kita temui berbagai jasa yang menyediakan layanan untuk pengolahan data atau penyimpanan data agar terhindar dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan terjadi. Oleh sebab itu, kemampuan ini sangatlah penting dan dicari oleh berbagai perusahaan.

Berikut ini beberapa keahlian yang berhubungan dengan bentuk hard skill ini.

  • Melakukan data presentation
  • Melakukan data research
  • Melakukan data mining
  • Melakukan resource management
  • Melakukan database management
  • Melakukan data engineering
Fundamental SQL Database Oracle 12C
Fundamental SQL Database Oracle 12C

7. Memiliki keahlian menggunakan berbagai software

contoh hard skill penggunaan software

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketujuh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki keahlian dalam menggunakan berbagai software yang dapat menunjang pekerjaan yang ada.

Dengan mampu menggunakan serta menjalankan berbagai software yang ada, maka akan membantu dan mempermudah segala pekerjaan yang diberikan serta menjadi lebih tersusun dengan baik.

Untuk mengembangkan keahlian ini sendiri bukanlah hal yang sulit, dimana jika kalian sudah dapat menjalankan atau mengerti bagaimana mengoperasikan komputer, serta perintah-perintah dasar yang ada di sebuah komputer, maka kalian dapat mengembangkannya dengan mudah.

Lancar Menggunakan MS Windows 10 dan MS Office 2019
Lancar Menggunakan MS Windows 10 dan MS Office 2019

8. Mampu menggunakan serta memahami sosial media

contoh hard skill sosial media

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan kedelapan yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah mampu mengoperasikan dan memahami cara kerja media sosial yang saat ini telah menjadi salah satu media yang efektif untuk mengembangkan bisnis dalam hal promosi serta pengenalan sebuah produk.



Hal ini dikarenakan, dengan adanya internet serta sosial media dapat membuat terjadinya penetrasi langsung kepada setiap orang maupun masyarakat sebagai calon konsumen yang berpotensial dalam jumlah yang besar dan penggunaannya yang praktis serta efisien.

Keahlian sosial media ini paling sering kita temukan pada sebuah perusahaan di divisi bagian pemasaran dan juga penjualan. Dimana seringkali strategi pemasaran sebuah produk menggunakan internet atau yang sering disebut sebagai digital marketing yang merupakan salah satu strategi yang paling efektif saat ini.

The Fundamental Of Digital Marketing
The Fundamental Of Digital Marketing

9. Memiliki pemikiran yang kreatif serta inovatif

contoh hard skill kreatif dan inovatif

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan kesembilan yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki pemikiran yang kreatif serta inovatif. Dimana dalam dunia kerja seringkali kita dihadapkan dengan berbagai tantangan yang menuntut kita untuk mencari solusi yang tepat melalui berbagai cara yang kreatif serta inovatif.

Istilah yang paling tepat untuk kemampuan ini adalah “thinking out of the box” yang sudah sering kita dengar, yang memiliki arti dimana kita harus dapat memiliki pola berpikir diluar kebiasaan dalam mencari solusi serta menyelesaikan sebuah masalah yang ada di sekitar kita.

 

The Design Thinking Playbook
The Design Thinking Playbook

10. Memiliki kemampuan administratif

contoh hard skill kemampuan administratif

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan kesepuluh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan administratif yang seringkali dianggap remeh baik dalam sebuah organisasi dan juga perusahaan.

Padahal dengan memiliki kemampuan administratif dapat berguna untuk menggambarkan bagaimana setiap orang mengelola pekerjaan yang mereka lakukan. Apakah pekerjaan tersebut terselesaikan dengan baik, rapi, sistematis, dan juga terorganisir.

Beberapa hal yang termasuk ke dalam kemampuan administratif seperti pengelolaan data, penyimpanan data, dan juga perencanaan kegiatan serta pembuatan laporan. Keahlian ini bukan hanya diperlukan bagi orang-orang yang bekerja di bidang administratif saja.

Jika kita perhatikan, dalam kehidupan sehari-hari penting pula untuk mengelola serta mengorganisir pekerjaan kita dengan baik agar ketika nantinya dibutuhkan, kita tidak perlu mencarinya terlalu sulit karena sudah tersusun dengan baik.

Jalan Sederhana Memahami Administrasi Publik Dan Bisnis: Antara Teori Dan Praktik
Jalan Sederhana Memahami Administrasi Publik Dan Bisnis: Antara Teori Dan Praktik

11. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik

contoh hard skill komunikasi

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketujuh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Kemampuan berkomunikasi bukan hanya terbatas pada soft skill saja, dimana jika kita interpretasi secara nyata bagaimana kita berkomunikasi juga dapat masuk ke dalam kemampuan hard skill.

Kemampuan berkomunikasi yang baik seringkali dibutuhkan perusahaan untuk dapat menjadi spokeperson atau orang yang mewakilkan perusahaan jika terjadi suatu krisis ataupun ketika dibutuhkan perwakilan untuk mewakilkan perusahaan. Selain itu, kemampuan berkomunikasi ini sendiri tidak dapat dengan mudah dikuasai, dimana hanya beberapa orang saja yang mampu benar-benar menguasainya.

Berikut beberapa contoh bentuk hard skill dari kemampuan berkomunikasi yang baik.

  • Menguasai dan memiliki kemampuan dalam berbahasa asing
  • Memiliki kemampuan copywriting
  • Memiliki kemampuan public relations
  • Mampu membuat konten media promosi untuk kebutuhan pemasaran
  • Mampu menyusun komunikasi digital bagi perusahaan
Effective Public Relations Ed 9
Effective Public Relations Ed 9

12. Memiliki kemampuan di bidang marketing serta promosi

contoh hard skill marketing dan promosi

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketujuh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan di bidang marketing serta promosi.

Dalam sebuah perusahaan besar, terdapat divisi pemasaran maupun promosi yang sangat penting untuk mengatur strategi pemasaran yang akan dilakukan sebuah perusahaan. Berikut ini beberapa keahlian yang ada dalam bentuk hard skill marketing dan juga promosi.

  • Memiliki kemampuan offline marketing
  • Memiliki kemampuan digital marketing seperti SEO, SEM, dan masih banyak lagi
  • Menjadi content creator seperti blogger, youtuber, maupun copywriter
  • Memiliki kemampuan menganalisis data
  • Membuat marketing campaign management
This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat
This Is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat

13. Memiliki kemampuan cloud computing

contoh hard skill cloud computing

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketujuh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah memiliki kemampuan cloud computing, dimana seiring berkembangnya teknologi jaringan dan juga internet, kita melihat semakin banyak perusahaan dan juga pebisnis yang beralih ke cloud computing yang digunakan sebagai sebuah solusi tempat penyimpanan data serta manajemen yang nyaman.

Dengan tingginya minat penggunaan cloud computing, membuat pekerjaan di bidang ini menjadi terbuka lebar dan banyak diminati oleh orang. Berikut beberapa keahlian yang ada dalam bentuk hard skill ini.

  • Membuat cloud architecture
  • Membuat storage and data management
  • Membuat networking communication
  • Membuat cloud middleware technologies
  • Membuat cloud applications, seperti JSON, REST, dan RPC
Bedah Total Server: Referensi Lengkap Teknologi Server, Data Center, Virtualization, Cloud Computing & Enterprise System
Bedah Total Server: Referensi Lengkap Teknologi Server, Data Center, Virtualization, Cloud Computing & Enterprise System

14. Memiliki kemampuan untuk mengembangkan seluler dan web

contoh hard skill mengembangkan seluler dan web

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketujuh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah kemampuan untuk mengembangkan seluler serta web. Berdasarkan perkiraan, setiap detiknya terdapat berbagai situs web baru yang diciptakan, setiap harinya ada lebih dari enam ribu aplikasi yang diciptakan.

Dengan semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula orang yang tertarik akan kemajuan teknologi ini oleh sebab itu keterampilan dalam pengembangan seluler dan juga web sangatlah dibutuhkan. Berikut ini beberapa keahlian yang ada dalam bentuk hard skill ini.

  • Membuat software revision control systems
  • Membuat android development
  • Membuat ios app development
  • Membuat web architecture serta development framework
  • Membuat angular dan node apps
Membangun Aplikasi Dengan Android Flutter +Dvd
Membangun Aplikasi Dengan Android Flutter +Dvd

15. Memiliki kemampuan untuk membuat network structure dan security

contoh hard skill network structure dan security

Pexels

Contoh keahlian atau kemampuan ketujuh yang termasuk ke dalam hard skill yang dapat kita temui dalam dunia kerja adalah membuat network structure serta security. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang membutuhkannya, dimana data perusahaan memiliki harga yang tidak ternilai, karena memiliki berbagai macam data yang sifatnya sensitif dan jika data tersebut dicuri dan dibocorkan maka akan terjadi kerugian besar bagi perusahaan tersebut.

Dengan adanya profesional TI yang memiliki kemampuan serta keterampilan untuk melindungi data perusahaan yang ada seringkali sangat diminati. Berikut ini beberapa keahlian yang ada dalam bentuk hard skill ini.

  • Membuat algoritma enkripsi
  • Membuat sistem otentikasi
  • Membuat risk assessment
  • Membuat kriptografi
  • Membuat firewall virtual yang berbasis host
Kriptografi, Teknik Keamanan Data Dan Informasi
Kriptografi, Teknik Keamanan Data Dan Informasi

Penulis : Andrew

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Andrew