in

Me Time adalah: Alasan, Jenis Kegiatan, dan Manfaatnya

pexels.com

Me Time adalah – Di tengah padatnya kesibukan kerja atau belajar yang selalu menumpuk, nggak ada salahnya kalau kamu istirahat sebentar dan mencoba me time. Memang, me time itu apa sih? Me time artinya adalah salah satu hal yang penting dan dibutuhkan oleh semua orang.

Kegiatan ini adalah suatu momen atau kesempatan dimana kamu meluangkan sedikit waktu yang kamu punya hanya untuk dirimu sendiri. Meski terkadang terdengar sepele namun bisa jadi salah satu jalan yang bisa kamu pilih agar dapat kembali produktif dan segar. Pasalnya, me time diketahui dapat meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan mental seseorang dengan ampuh.

Manusia memang merupakan salah satu makhluk sosial yang perlu untuk berinteraksi dengan orang lain. tetapi kendati demikian, ada kalanya manusia juga membutuhkan waktu untuk sendiri dan beristirahat dari kegiatan sosial.

Pada kebanyakan kasus, manusia sering kali sulit merasakan kedamaian dalam hidupnya karena terlalu banyaknya tuntutan dalam hidup. Beberapa orang bahkan terlalu sering memprioritaskan kebutuhan dan keinginan orang lain dibanding dirinya sendiri. Hal itulah yang kemudian membuat mereka secara tidak sadar mulai melupakan kebutuhannya sendiri.

Orang-orang yang seperti ini biasanya tidak ingin terlihat egois karena sering kali mudah merasa bersalah. Namun, hal tersebut menjadi hal yang sangat tidak sehat jika dilakukan tanpa jeda.

Oleh sebab itu, me time atau meluangkan waktu untuk diri sendiri menjadi hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kamu tidak akan kelelahan secara fisik atau mental, atau dikenal juga dengan sebutan burn out.

Lantas, apa sih sebenarnya me time itu? Mengapa penting untuk melakukannya? Apakah ada jenis kegiatan yang bisa dilakukan saat meluangkan waktu sendiri? Kira-kira, apa saja manfaatnya, ya?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, yuk simak ulasan di bawah ini.

Pengertian

Me Time adalah
kompas.com

Me time adalah salah satu istilah yang mulai banyak dipakai oleh para pengguna media sosial dan kebudayaan pop. Setelah istilah ini semakin membumi, akhirnya diketahui jika maksud dari istilah ini adalah kegiatan atau waktu saat seseorang memberikan ruang khusus untuk dirinya sendiri agar bisa menjadi lebih tenang tanpa diganggu oleh pekerjaan, tugas, rutinitas, atau orang lain.

Pada dasarnya, me time terdiri dari dua kosa kata bahasa Inggris, yakni kata ‘me’ dan kata ‘time’. Kata ‘me’ sendiri memiliki arti ‘saya’, dan kata ‘time’ yang berarti ‘waktu’. Singkatnya, arti dari me time adalah waktu untuk saya atau untuk diri sendiri.

Istilah ini juga dijelaskan dalam beberapa situs asing. Diantaranya yaitu melansir dari Collins Dictionary, dalam situs itu disebutkan jika me time adalah waktu yang diluangkan oleh seseorang untuk dirinya sendiri serta melakukan berbagai hal untuk menyenangkan diri sendiri.

Kegiatan ini memang dilakukan sendirian atau tanpa kehadiran dan intervensi seseorang, namun bukan juga sekadar menyendiri. Sebab, menurut situs Direction Psychology, me time adalah suatu usaha untuk menghabiskan waktu singkat yang dimiliki bagi diri sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengisi kembali semangat hidup dan melepas penat serta mengembalikan mood setelah lelah bekerja.

Di sisi lain, Cambridge Dictionary menuliskan me time adalah waktu ketika seseorang dapat melakukan apa pun yang ingin dilakukan tanpa memikirkan hal lain. Sedangkan dilansir dari Oxford Languages, me time adalah suatu waktu yang dihabiskan oleh seseorang untuk bersantai dari pekerjaan atau hal serupa yang menjadi kesempatan untuk memulihkan energi dan mengurangi beban pikiran atau stres.

Tanpa disadari, tubuh dan pikiran manusia memiliki semacam ‘baterai’ yang biasa digunakan untuk beraktivitas dan bisa habis apabila tidak diberikan jeda untuk beristirahat. Oleh sebab itu, kegiatan menghabiskan waktu untuk diri sendiri ini menjadi waktu jeda yang pas dan bisa digunakan oleh orang-orang untuk recharge tubuh dan pikirannya.

Mengalokasikan waktu untuk sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara dan berbagai variasi sesuai kebutuhan serta keinginan setiap orang. Berdasarkan Harvard Health Publishing, rentang waktu yang ideal untuk me time adalah sesekali dalam waktu 30 menit hingga 24 jam. Adapun waktu paling minimal yang dapat dipilih adalah 5 menit untuk setiap durasinya, contohnya kamu bisa melakukan deep breathing atau bernapas dalam saat mengambil durasi waktu yang singkat ini.

Dalam sumber yang berbeda, hal yang perlu digarisbawahi tentang durasi ideal adalah tidak lebih dari 30 menit. Sebenarnya, durasi me time tidak perlu dijadikan patokan. Pasalnya, selama kamu dan pikiranmu memberikan perhatian yang penuh kepada aktivitas yang sedang dikerjakan dan fokus untuk diri sendiri, maka kamu sudah bisa untuk disebut berhasil menghabiskan istirahat yang berkualitas.

Me Time adalah

Alasan Pentingnya Melakukan Me Time

Me Time adalah
katabunda.com

Meskipun terkesan seperti mengorbankan waktu untuk dihabiskan secara lebih sederhana, tetapi ternyata me time sangat penting untuk dilakukan. Mungkin kamu akan berpikir jika lebih baik melakukan pekerjaan atau hal praktis lain, dibanding hanya berfokus pada diri sendiri. Tetapi, meluangkan waktu untuk diri sendiri dianggap penting agar dapat menjaga keseimbangan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Bahkan, penelitian psikologi menunjukkan jika me time dapat membantu tubuh untuk me-reboot otak. Hal ini berguna untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi dan produktivitas dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu, kegiatan ini juga bisa membantu seseorang untuk lebih bersantai dan beristirahat.

Sebagai salah satu manfaatnya, kegiatan ini akan lebih mungkin untuk membuat seseorang menjadi lebih unggul dalam berbagai tempat. Termasuk unggul dalam hal pelajaran, pertemanan, hingga pekerjaan.

Di sisi lain, kegiatan yang dapat diisi dengan melakukan berbagai hobi ini juga akan meningkatkan kualitas hubungan kamu dengan orang lain. Bahkan, dalam beberapa kasus disebutkan jika kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Meluangkan waktu untuk berhenti sejenak dari dunia juga akan memberi kesempatan agar kamu berpikir lebih dalam tentang penemuan diri. Pasalnya, hal ini sangatlah bermanfaat dalam berbagai aspek kehidupan. Itulah mengapa me time sangat penting untuk dilakukan.

Jenis Kegiatan yang Bisa Dicoba

Me Time adalah
orami.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, me time adalah suatu waktu yang digunakan seseorang untuk dirinya sendiri tanpa adanya kehadiran orang lain atau memikirkan tugas dan pekerjaannya. Untuk menghabiskan waktu ini, kamu bisa melakukan banyak hal tergantung kegemarannya. Pasalnya, minat setiap orang pasti berbeda satu sama lain.

Namun, pada umumnya orang akan melakukan me time dengan cara melakukan hobi atau sekadar berjalan-jalan santai saja. Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan me time, maka beberapa kegiatan di bawah ini dapat menjadi referensi untuk menghabiskan waktu. Simak informasinya, yuk!

1. Membaca Buku

Jenis kegiatan pertama yang dapat kamu lakukan ketika me time adalah membaca buku. Kegiatan ini cukup efektif untuk kamu lakukan ketika sedang bekerja di rumah. Selain itu, membaca buku dapat membantu kamu untuk mengalihkan pikiran dari tugas dan pekerjaan, sehingga bisa menjadi aktivitas yang menarik dan ampuh untuk meningkatkan konsentrasi.

Untuk jenis buku yang dibaca, sebenarnya tidak ada patokan khusus. Namun, ada baiknya kamu membaca buku-buku yang penuh inspirasi untuk membangkitkan semangatmu. Dengan begitu, kamu bisa kembali produktif setelah me time.

2. Journaling

Kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menulis jurnal atau journaling. Tidak hanya untuk penulis, journaling juga dapat kamu lakukan ketika sedang menghabiskan waktu sendiri. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat membantu kamu mengatur isi pikiran agar lebih mudah untuk dipahami.

Selain itu, journaling juga dapat membantu kamu dalam menyaring ide yang sedang dipikirkan dan menguraikan rasa stres yang dirasakan. Meskipun terdengar sulit untuk melakukannya, sebenarnya menulis jurnal adalah kegiatan yang cukup mudah. Kamu bisa memulainya dengan membeli buku kecil di toko buku terdekat dan tuliskan kegiatan sehari-harimu secara rutin. Buatlah seperti sedang bercerita kepada teman dekatmu.

3. Jalan-jalan Santai

Jalan-jalan santai menjadi rekomendasi kegiatan me time selanjutnya. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat menyehatkan tubuh. Sebab, berjalan-jalan santai dapat menenangkan pikiran dan ampuh untuk mengurangi perasaan stres. Bukan hanya itu, jalan santai ini juga bisa memberikan manfaat besar bagi kebugaran fisik seseorang. Kamu akan merasa lebih ringan ketika mulai sering berjalan santai.

Untuk memulainya, kamu bisa meluangkan waktumu di pagi hari sebelum bekerja atau di sore hari setelah bekerja. Tak perlu waktu lama, mungkin cukup berdurasi 20 hingga 30 menit, kamu sudah bisa berjalan-jalan santai di sekitar perumahan.

4. Olahraga

Untuk seseorang yang bekerja di kantoran dan lebih banyak memandang layar komputer selama bekerja, maka olahraga adalah kegiatan yang pas untuk dilakukan ketika me time. Selain karena penting untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga bisa dilakukan sebagai sarana pelepas lelah dan stres bekerja atau belajar.

Jika bosan dengan suasana olahraga di rumah yang itu-itu saja, maka kamu bisa mencoba untuk pergi ke alam terbuka. Dengan begitu, kamu akan menikmati udara yang segar dan melihat lapangan yang luas. Kamu juga bisa melakukan berbagai jenis olahraga lain, seperti bersepeda, lari, hiking, hingga panjat tebing.

5. Membersihkan Rumah

Rekomendasi kegiatan terakhir untuk dilakukan saat me time adalah membersihkan rumah. Jika kamu merasa kegiatan ini sangat sepele, maka kamu salah. Sebab, membersihkan rumah ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental seseorang.

Menurut Confidence Meets Parenting, membersihkan rumah bisa menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga kebugaran fisik seseorang. Pasalnya, kamar atau rumah yang rapi akan mempengaruhi dan membantu menaikan mood dan produktivitas seseorang.

Me Time adalah

Manfaat dari Me Time

Me Time adalah
popmama.com

Di tengah dunia yang super sibuk ini, manusia sejatinya membutuhkan sedikit waktu untuk sendirian dan mengambil jeda. Itulah mengapa saat ini me time menjadi bagian dari gaya hidup yang harus dilakukan semua orang.

Menghabiskan waktu untuk diri sendiri cukup penting untuk dilakukan. Sebab, menghabiskan waktu untuk fokus pada diri sendiri memberikan sejumlah manfaat termasuk bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari melakukan me time.

1. Menyegarkan Otak Agar Menjadi Lebih Produktif

Fungsi dari otak manusia memang untuk berpikir, tetapi ternyata otak juga perlu waktu untuk istirahat. Pasalnya, jika otak terus dipaksa berpikir tanpa istirahat, bukan tidak mungkin seseorang itu akan merasakan burn out atau kelelahan fisik dan mental karena bekerja

Dengan melakukan me time, maka kamu akan memberi otakmu kesempatan untuk bisa ‘menyegarkan diri’. Jadi, setelah kamu melakukan me time, kamu bisa kembali bekerja dengan lebih produktif lagi.

2. Mengurangi Stres

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat me time adalah untuk memberikan kesempatan pada tubuh agar beristirahat sejenak dari padatnya aktivitas dan tuntutan sosial. Karena bukan tidak mungkin, orang akan merasakan stres karena terlalu banyak tekanan pada dirinya. Oleh sebab itu, me time yang cukup dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk mengelola stres dan menenangkan diri.

3. Memberi Kesempatan untuk Mengenal Diri Sendiri

Selain mengurangi stres, kegiatan me time juga dapat menjadi kesempatan atau ajang mengenal diri sendiri secara lebih dalam. Dengan me time, kamu bisa bertanya pada dirimu sendiri, sebenarnya apa sih yang kamu suka dan tidak diinginkan. Dengan begitu, kamu akan menyadari apa hal yang sebenarnya kamu inginkan dan dapat mengetahui langkah apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai cita-citamu di masa depan.

4. Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi dan Pemecahan Masalah

Memaksakan diri untuk terus bekerja justru akan membuat konsentrasi berkurang dan berujung tidak maksimalnya pekerjaan yang kamu lakukan. Selain itu, kamu juga akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan.

Oleh sebab itu, me time menjadi kegiatan yang penting untuk kamu lakukan agar bisa beristirahat sejenak. Dengan mengambil jeda, kamu akan meningkatkan kemampuan konsentrasi kamu dan memaksimalkan kemampuan pemecahan masalah yang kamu miliki.

5. Menjaga Kualitas Hubungan dengan Orang Sekitar

Saat kamu melakukan me time, kamu pasti akan menjaga jarak dari orang sekitar dulu, kan? Namun perlu diingat, menjaga jarak saat me time bukan berarti membuat hubunganmu dengan orang lain itu menjadi renggang. Justru, hubungan kamu dan lingkungan akan semakin berkualitas karena masing-masing orang bisa saling menghargai dan memiliki waktu sendiri.

Selain itu, pertengkaran dengan orang sekitar juga sangat mungkin untuk terjadi pada seseorang yang tidak pernah melakukan me time. Pasalnya, mereka jadi mudah tersinggung dan berpikir negatif kepada orang lain.

Kesimpulan

Pada penjelasan di atas, kita sama-sama sudah mengetahui apa itu me time, alasan pentingnya melakukan me time, jenis kegiatan dan manfaat yang akan didapat dari melakukan me time. Sejatinya, me time artinya adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan cara menghabiskan waktu untuk dirinya sendiri serta mengambil istirahat atau jeda dari pekerjaan dan rutinitasnya sehari-hari.

Me time dapat dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Alasan dari pentingnya melakukan me time ini adalah agar tubuh dan mental dapat beristirahat sebentar dari padatnya rutinitas dan besarnya tekanan yang diberikan oleh lingkungan sosial.

Selain itu, kegiatan ini juga dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas seseorang dalam jangka panjang, sebab hal-hal negatif yang mungkin akan terjadi dapat dicegah melalui kegiatan ini.

Jenis kegiatan yang dapat dilakukan selama me time juga banyak jenisnya, tergantung pada kegemaran dan minat seseorang. Mungkin ada seseorang yang melakukan me time dengan menjalankan hobinya, ada juga yang mencoba hal baru agar terasa lebih menyenangkan. Sebenarnya, kegiatan apa saja dapat dilakukan untuk me time selama kamu memang suka dan ingin mencobanya.

Adapun manfaat dari melakukan me time adalah mengurangi stres, menyegarkan otak agar menjadi lebih produktif, memberi kesempatan untuk mengenal diri sendiri, meningkatkan kemampuan konsentrasi dan pemecahan masalah, hingga menjaga kualitas hubungan dengan orang lain.

Me Time adalah

Nah, itu penjelasan tentang Me time adalah: alasan, jenis kegiatan, dan manfaat me time. Semoga bermanfaat untuk #SahabatTanpaBatas semua, ya!

Jika ingin mencari buku yang bertemakan me time, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Nama Penulis: Raden Putri

BACA JUGA:

  1. Quality Time, Me Time, dan Quality Time Love Language
  2. Menikmati Me Time dengan Honjok, Seni Hidup Sendiri Ala Korea
  3. Ayah Juga Berhak Menikmati Me Time Setelah Lelah Bekerja
  4. Metode Self Healing untuk Menyembuhkan Luka Batin
  5. Arti Healing atau Self Healing untuk Kondisi Diri yang Lebih Baik


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda