in

8 Ciri Orang Yang Sombong

 

Sebagai manusia, tentunya kamu akan membutuhkan orang lain. Kamu butuh rasa kasih sayang dan pengertian agar kamu merasa dicintai. Namun, tak jarang ditemukan orang-orang yang lebih mementingkan perasaan dirinya dan mengabaikan perasaan orang lain.

Dengan bersikap seperti itu, biasanya kamu akan dijauhi dan dibilang sombong. Apa sih sifat yang paling kamu tidak sukai dari seseorang? Tentunya, kebanyakan orang akan sangat membenci sifat dan perilaku orang yang sombong. Sifat sombong ini tak hanya dipandang buruk oleh semua orang, tetapi juga dapat membuat seseorang berperilaku tercela.

Bahkan dalam agama pun juga dijelaskan bahwa sikap dan sifat yang sombong ini harus kamu hindari. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan dengan sifat sombong yang kamu miliki, kamu akan cenderung akan melakukan hal-hal yang jahat dan dapat mengganggu kenyamanan orang lain. 

Artikel kali ini akan membahas tentang ciri-ciri orang yang sombong dan juga penyebab yang membuat mereka berperilaku dan bersifat demikian. Apakah kamu termasuk ciri orang yang sombong?

Mari simak dan baca penjelasan detail tentang ciri-ciri serta penyebab orang menjadi sombong. 

Penyebab Orang Sombong

1. Karakter Bawaan

Dahulu, jika seseorang bersikap dan berperilaku sombong, maka hal itu disebabkan oleh reaksi dari emosi yang sedang dialami oleh seseorang tersebut. Banyak sekali psikolog yang pernah menyinggung hal ini.

Namun belakangan ini, sikap sombong dari seseorang yang kamu temui sudah bukan lagi dikatakan sebagai salah satu reaksi emosi yang terpancar keluar diri kamu. Sikap sombong tersebut dikategorikan ke dalam salah satu karakter. Sehingga sikap sombong merupakan salah satu karakter yang ada dan terjadi pada setiap orang. 

2. Merasa Lebih Baik Dibandingkan Orang lain

Salah satu penyebab dari kesombongan yang dimiliki oleh seseorang adalah karena dirinya merasa memiliki kelebihan yang lebih unggul dibandingkan dengan orang yang ada disekitarnya. 

Karena dirinya merasa lebih unggul, seperti lebih pintar, lebih cantik, lebih mudah bergaul, dan lebih kaya dibandingkan orang lain, maka seseorang tersebut dapat merasa sombong dengan segala hal yang dimilikinya yang tak dimiliki oleh orang lain.

3. Lingkungan Pertemanan

Lingkungan pertemanan adalah salah satu tempat yang membuat dan membentuk sikap kamu. Yap, ini adalah perumpamaan yang benar. Pasalnya, saat lingkungan yang kamu memiliki pergaulan yang positif, maka kamu yang berada di dalamnya, secara tanpa sadar akan mengikuti arus dari lingkungan tersebut.

Namun, jika kamu mengikuti lingkungan dengan pergaulan yang negatif, maka kamu akan mengikuti arus dari lingkungan tersebut juga. Hal ini dikarenakan kamu terbiasa bergaul dengan orang yang memang memiliki sikap sombong tersebut.

Sehingga pada nantinya, kebiasaan itu akan membekas dan membuat kamu juga melakukan hal-hal yang dapat menyembongkan pencapaian diri kamu. Begitupun saat kamu mulai menyombongkan segala hal yang kamu miliki, maka orang yang ada disekitar kamu juga bisa melakukan hal yang menyombongkan dirinya.

Oleh karena itu, lingkungan sangat memengaruhi bagaimana tindakan dan sikap kamu akan terbentuk. Jadi, pilihlah lingkungan yang bisa membuat kamu nyaman untuk menjadi diri kamu sendiri.

4. Menjadi Orang Kaya Baru

Menjadi orang kaya baru adalah salah hal yang paling banyak ditemukan saat seseorang bersikap dan berperilaku sombong. Bahkan, banyak sekali orang yang sering menyebutkan jika ada orang di sekitarnya yang sombong dengan “pasti dia OKB (Orang Kaya Baru).”. 

Oleh karena itu, ini adalah hal yang menjadi paling umum yang menyebabkan seseorang tersebut memiliki sifat dan perilaku yang sombong. Meskipun, tentu saja hal ini tidak berlaku kepada semua orang, tetapi kebanyakan orang akan berperilaku seperti itu. 

Pasalnya, dengan kekagetan mereka memiliki hal yang tidak biasanya mereka miliki, membuat mereka menjadi merasa sangat berkecukupan dan bisa memberikan segalanya kepada orang lain. 

Mereka juga akan berpikir bahwa apapun dapat dilakukan asalkan ada kekayaan dan uang. 

5. Self Centered

Apakah kamu salah satu tipe orang yang selalu menganggap bahwa dirimulah yang paling penting atas segala hal? Jika ya, maka kamu adalah seseorang yang  self centered dan salah satu tanda untuk pemicu kesombongan.

Dengan selalu membuat diri kamu menjadi pusat dari segalanya, orang lain akan mulai menganggap bahwa diri kamu adalah seseorang yang sangat sombong. Apa lagi jika kamu sama sekali tidak ingin menganggap bahwa orang lain juga penting. 

Ini pertanda buruk yang membuat kamu menjadi seseorang yang sombong. Jangankan hanya untuk bercanda, untuk berbicara dengan orang lain yang ada di sekitar kamu tentunya akan sangat susah.

6. Kurang Percaya Diri

Siapa yang bilang hanya orang yang percaya diri saja yang bersikap dan berperilaku sombong? Ya, orang yang kurang percaya diri juga adalah salah satu orang yang bisa memunculkan sikap sombong dalam dirinya. 

Memiliki sikap yang kurang percaya diri juga menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang tersebut menjadi seseorang yang sombong. Hal ini dikarenakan mereka merasa memiliki kekurangan pada dirinya. 

Tidak hanya dirinya, tetapi juga pada apa yang dimilikinya. Sehingga, untuk menutupi semua kekurangan yang dimilikinya itu, mereka akan menutupinya dengan berperilaku sombong dan menyebalkan. 

7. Serta Masih Banyak Lagi

Serta masih banyak lagi hal-hal yang memicu terjadinya sikap dan perilaku yang sombong pada seseorang.

Selain membahas tentang penyebab seseorang bisa menjadi sombong, artikel kali ini juga akan memberitahukan tentang ciri-ciri orang yang sombong. Kesombongan bisa dari berbagai macam hal. Tidak hanya dari kekayaan, ketampanan, kecantikan, status ekonomi, atau pun kemampuan lainnya.

Nah, pada pembahasan yang kali ini, artikel ini akan membahas tentang ciri-ciri orang sombong yang sebenarnya dirinya sendiri tak sadar kalau dia adalah orang yang sombong. Jadi, jika kamu bertemu orang seperti ini, bisa jadi dia adalah orang yang sombong.

Atau hal ini juga bisa terjadi kepada dirimu. Kamu bisa menyadari kalau diri kamu adalah orang yang sombong. Tanpa perlu berlama-lama lagi, marilah lihat dan baca penjelasan ciri-ciri orang yang sombong tanpa dirinya sadari

Ciri-ciri Orang Sombong

1. Kurang Mampu Menjalin Hubungan yang Baik

Tahukah kamu, ternyata ada hubungan yang memengaruhi orang yang sombong dengan sosialisasinya dengan orang disekitarnya? Yap, menurut sebuah riset yang pernah dilakukan,  ternyata pernah ditemukan bahwa ada hubungan antara sikap dan perilaku yang sombong terhadap bagaimana orang tersebut bersosialisasi.

Menurut riset yang pernah dilakukan tersebut, ternyata rata-rata orang yang memiliki sikap dan perilaku yang sombong biasanya akan kurang bisa beradaptasi dan menjalin hubungan yang baik serta stabil dengan orang yang ada dilingkungan sekitarnya. 

Namun, tidak ada penjelasan yang lebih detail tentang hasil riset yang pernah diadakan tersebut. Tak ada yang tahu juga alasan dan penyebab dari hubungan kedua variabel yang diteliti dalam riset. 

Mungkin jika kamu adalah salah satu orang yang sombong, kamu memiliki kecenderungan untuk membicarakan tentang dirimu sendiri dan jarang mau mengalah, serta mementingkan orang lain. Oleh karena itu, orang-orang yang ada di dekat kamu merasa tidak nyaman dengan sikap kamu. 

Meskipun dalam penelitiannya tidak ada yang menjelaskan secara detail tentang hal ini, tetapi jika dilihat dari pembahasan tentang penyebabnya di atas, maka hal ini bisa saja terjadi karena itu.

2. Menghargai Diri Sendiri Secara Berlebihan

Menurut pembahasan penyebab orang sombong di atas, salah satunya adalah self centered. Hal ini yang dimaksud dalam bagian dua ini. Dimana kamu dan seseorang yang sombong, secara tidak sadar selalu membicarakan diri kamu sendiri (narsis).

Yap, ini adalah ciri lainnya dari orang yang bersikap sombong. Ada kalanya mereka akan merasa bahwa dirinya sangat berharga dan perlu dihargai secara berlebihan. Mereka juga akan cenderung melebih-lebihkan apa yang mereka punya.

Entah hal tersebut dalam bentuk barang, sikap, kemampuan, kecantikan atau ketampanan, semua akan mereka tonjolkan dan bicarakan kepada orang lain. Berbeda dengan orang lain. Dimana kecenderungan orang yang bersikap normal yang memiliki kelebihan atau keunggulan, mereka akan menggunakan hal tersebut untuk saling membantu dan menghargai satu sama lain.

3. Tidak Suka Jika Diberi Nasehat

Siapa yang kalau diberikan nasehat malah tidak menyukainya? Atau malah jadi kesal karena hal itu. Apakah kamu orang yang seperti itu? Biasanya orang yang memiliki sikap sombong terkadang sangat tidak ingin atau tidak menyukai bila ada orang lain yang memberikan pendapat atau nasehat tentang perilaku dan sikapnya.

Dengan karakternya yang sombong, orang tersebut akan langsung kesal dan menolak jika diberikan nasehat. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan mereka menganggap dirinya lah yang paling benar dan semua orang salah.

Jadi, menurut mereka, tindakan dan sikap yang mereka lakukan adalah hal yang paling benar dibandingkan dengan orang lain. Bukankah sikap ini sangat tidak menyenangkan?

4. Meremehkan Orang Lain

Apakah kamu pernah bertemu atau juga meremehkan orang lain? Jika ya, mungkin kamu adalah salah satu orang yang termasuk sombong loh. Mengapa demikian? Pasalnya, orang yang memiliki sikap dan hati yang tinggi, terkadang akan meremehkan orang yang ada di sekitarnya.

Mereka memiliki kecenderungan untuk memandang rendah semua orang, bahkan apapun yang ada dihadapannya. Terdengar sangat mengerikan, bukan? Yap, tetapi ini adalah ciri orang yang sombong.

Contoh sederhana yang bisa kamu ketahui adalah ketika kamu tidak disapa oleh orang yang ada di sekitar kamu. Namun, orang lain yang berada di dekat kamu di sapa. Dengan mengetahui hal ini, kamu akan merasa marah, kesal, dan kecewa terhadap orang yang tidak menyapa kamu terlebih dahulu.

Mereka juga merasa bahwa harga dirinya telah dilukai dan tidak dianggap oleh orang tersebut. Oleh karena itu, mereka akan marah dan tersakiti.

5. Bersikap dengan Kasar

Hal lain yang sangat mudah terlihat dari orang-orang yang memiliki sikap dan perilaku yang sombong adalah orang yang sikapnya kasar. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana cara mereka berkomunikasi dan berpendapat.

Jika orang tersebut mengeluarkan pendapatnya dengan cara yang tidak baik dan kasar. Ini adalah salah satu tanda bahwa dirinya adalah orang yang sombong. Bukan hanya bersikap kasar, tetapi orang ini juga bisa berperilaku dengan membentak secara tanpa sadar. 

Ini adalah kebiasaan-kebiasaan yang memang biasanya sering dilakukan oleh orang yang sombong yang memiliki tujuan agar orang lain dapat mendengar dan dilihat oleh orang lain tentang nasehat atau ilmu yang mereka sampaikan.

Dengan sikap seperti ini, tentunya orang yang ada di sekitar kamu tidak akan nyaman dengan sikap dan perilaku kamu.

6. Tidak Mau Menghargai Pendapat dari Orang Lain

Semua orang tentunya sangat ingin dihargai bukan? Dengan dihargai kamu tentunya kan merasa dihormati, disayangi, dan dipedulikan. Begitu juga yang ingin dirasakan oleh orang yang bersikap sombong.

Namun, tak jarang kalau orang yang memiliki sikap sombong ini tidak mau menghargai pendapat orang lain. Sehingga dirinya sering kali juga diabaikan. Mereka terkadang juga akan memaksakan kehendak orang lain untuk menghargai mereka. 

Kamu harus berhati-hati dengan orang yang memiliki sikap seperti ini. Kamu juga harus mengetahui jika kamu juga melakukan hal yang seperti ini. Ada kalanya sikap tersebut menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa kamu kendalikan.

7. Sering Kali Mendahului Orang Lain

Tanda lain yang dapat menunjukkan kalau kamu adalah orang yang sombong, yaitu dengan mendahului orang lain. Apa yang dimaksud dengan mendahului? Yap, ciri mudah yang dapat terlihat adalah dengan melihat caranya saat berjalan bersama dengan kamu atau teman-teman lainnya.

Saat berjalan bersama, ciri orang yang sombong adalah mendahului. Maka, secara tanpa sadar, ia akan berjalan di depan kamu. Bukan bersamaan dengan kamu atau teman-temanmu yang lainnya. Inilah yang membuat orang-orang yang berada di sekitar seseorang yang sombong merasa tidak nyaman.

Orang tersebut tidak mau berada di belakang orang lain dan selalu ingin mendahului.

8. Menolak Tentang Kebenaran

Tentunya kebenaran adalah hal yang paling penting. Namun, seseorang yang sombong sering kali memandang dan menganggap bahwa pendapat dirinya adalah yang paling benar. Tidak ada pendapat orang lain yang lebih benar dibandingkan dengan dirinya.

Oleh karena itu, orang yang sombong memiliki kecenderungan akan lebih mudah untuk mengabaikan semua yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang ada dipikirannya. Dengan begitu, ia hanya akan fokus pada apa yang ada dipikirannya dan melakukan itu sebagai kebenaran yang mutlak. 

Demikianlah dari artikel yang membahas tentang penyebab dan ciri orang yang sombong. Semoga dengan membaca penjelasan dalam artikel ini, kamu bisa mengenali dan mengetahui orang yang termasuk sombong sesuai dengan pembahasan di atas.

Kamu juga bisa berrefleksi dari pembahasan di atas ini. Jika kamu memiliki ciri yang sama yang disebutkan di atas, maka kamu harus mulai untuk lebih menghargai dan memahami orang-orang yang ada di sekitar kamu.

Hal ini supaya kamu bisa lebih dihargai dan diterima saat bersosialisasi. Selain itu, jika kamu memiliki teman dengan ciri-ciri orang sombong, alangkah lebih baik jika kamu membantunya untuk selalu rendah hati dan mau menerima pendapat orang lain dengan cara yang sopan, agar mereka bisa berubah menjadi lebih baik.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu kedepannya. Selamat membaca!

Kamu ingin mencari buku tentang menjalin pertemanan atau hubungan dengan orang lain? Kamu bisa mencari dan mendapatkan bukunya di laman www.gramedia.com loh. Dengan begitu, kamu bisa belajar dan mengerti apa yang harus dilakukan. Selamat membaca!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega