in

Arti Mood Booster yang Bikin Hari-Harimu Bahagia

Characters of people holding positive emoticons illustration

Arti Mood Booster – Setiap individu ketika menjalankan aktivitas sehari-hari pasti membutuhkan suasana hati yang baik atau sering dikenal oleh banyak orang dengan sebutan mood. Suasana hati seseorang akan dimulai sejak bangun tidur hingga tidur kembali.

Jika waktu tidur atau kualitas tidur kita terganggu, maka ketika bangun tidur suasana hati akan terganggu juga, sehingga aktivitas yang dijalankan menjadi tidak maksimal atau bahkan cenderung malas untuk melakukan aktivitas pada satu hari itu.

Oleh sebab itu, sudah seharusnya bagi setiap individu untuk menjaga mood agar aktivitas sehari-hari dapat dilakukan dengan maksimal. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa mood yang dimiliki oleh seseorang sangat berpengaruh dalam hidupnya. Dengan kata lain, mood yang baik akan memengaruhi hidup yang baik, begitu pun sebaliknya.

Namun, sayang sekali bagi sebagian orang belum bisa untuk mendapatkan mood yang baik dengan maksimal atau bahkan ketika memulai hari selalu diawali dengan mood yang buruk.

Pada dasarnya mood atau suasana hati yang baik itu bisa dibentuk atau dibangun, tinggal bagaimana diri kita untuk melakukan hal itu. Untuk membangun mood yang baik memang tidak mudah, terlebih lagi jika belum menemukan cara terbaik dalam membentuk mood. 

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya untuk mendukung mood  menjadi baik, jangan khawatir. Artikel ini akan memberikan cara agar mood menjadi baik. Dalam membangun mood yang baik sering kita kenal dengan istilah mood booster. Ada berbagai macam hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan mood booster. Grameds, baca artikel ini sampai selesai ya.

Pengertian Mood Booster

Mood booster terdiri dari dua kata yaitu mood dan booster. Kedua kata itu diambil dari bahasa Inggris, mood memiliki arti suasana hati atau perasaan dan booster memiliki arti pendorong. Maka dari itu, kedua kata itu jika menjadi satu, maka

Mood booster artinya pendorong suasana hati menjadi lebih baik. Singkatnya, mood booster adalah suatu hal yang bisa bikin diri kita bahagia atau ceria.

Suasana hati yang bahagia ceria itu sangat membantu diri kita untuk lebih mudah mendapatkan semangat sebelum melakukan rutinitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan pikiran otak kita akan berjalan dengan baik. Akan tetapi, jika suasana hati sedang tidak baik, maka pikiran otak kita tidak akan berfungsi dengan maksimal.

Selain itu, suasana hati yang ceria akan memudahkan diri kita untuk berkomunikasi dengan orang lain terutama dengan teman-teman kantor. Pekerjaan kantor akan mudah untuk diselesaikan jika sesama teman kantor termasuk diri sendiri selalu memiliki suasana hati yang ceria.

Mood booster bisa datang dari mana saja, mulai dari seseorang, benda yang disukai, makanan, minuman, hingga aktivitas yang bisa dilakukan. Mood booster yang berasal dari seseorang seperti orang tua, teman, saudara, dan kekasih. Sedangkan mood booster yang berasal dari benda, makanan, minuman, dan aktivitas sangatlah beragam atau bisa dibilang cakupannya sangat luas.

Contoh sederhana dari mood booster adalah hari ini kamu sedang mengalami suasana hati yang sedang buruk karena bangun kesiangan dan harus terlambat masuk kantor. Sesampainya di kantor diberi teguran oleh atasan karena datang terlambat semakin buruk mood kamu.

Untuk menghilangkan bad mood itu, kamu membeli es kopi. Es kopi itulah yang disebut dengan mood booster. Jadi, apakah kamu sudah menemukan mood booster ?

tombol beli buku

Mood Booster

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang mood booster yang bisa kamu lakukan agar mood  kamu menjadi lebih baik.

1. Berolahraga

Mood booster pertama yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga. Lebih baik lagi melakukan olahraga secara rutin. Dalam seminggu kamu bisa menyisakan waktu sebanyak 150 menit hanya melakukan olahraga.

Banyak sekali olahraga-olahraga yang bisa kamu lakukan dan semua olahraga akan meningkat mood booster kamu. Terlebih lagi olahraga yang dilakukan termasuk olahraga yang kamu suka.

Menurut beberapa penelitian dengan berolahraga secara rutin akan menghasilkan hormon endorfin dalam otak meningkat. Hormon endorfin ini bisa meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Kapan kamu akan mulai berolahraga?

“Tapi aku selalu sibuk dan tidak bisa olahraga” semua pikiran itu harus dihilangkan secepat mungkin karena dengan pikiran seperti itu akan membuat diri kamu malas untuk berolahraga. Olahraga yang mudah dan murah adalah lari, kamu bisa berlari setiap pagi hari sebelum beraktivitas, seperti sekolah atau bekerja. Dengan berlari ini, kamu akan memulai hari dengan good mood.

2. Tidur Siang

Pernahkah kamu melakukan tidur siang saat waktu kerja? Sempatkanlah untuk tidur siang sekitar 20 sampai 30 menit. Tidur siang ini termasuk mood booster  yang bisa kamu lakukan. Seperti yang diungkapkan oleh The National Sleep Foundation (NSF) bahwa dengan tidur siang suasana hati kamu akan terjaga, sehingga semangat untuk bekerja muncul kembali.

Namun, memang sulit untuk melakukan tidur siang, karena pekerjaan yang terlalu menumpuk, sehingga harus segera diselesaikan dan bisa juga ada larangan kantor untuk tidur siang. Oleh sebab itu, ketika sedang hari libur sempatkanlah diri kamu untuk tidur siang.

Jika kamu sudah tidur siang, bukan berarti tidur malam kamu harus menjadi lebih malam. Tidur malam yang terlalu larut sangat tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu. Jika kualitas tidur sudah terganggu, maa tubuh menjadi cepat lelah dan kurang fokus ketika bangun di pagi hari.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

3. Mendengarkan Musik

Hari-hari kamu selalu diawali dengan bad mood? Sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama, karena bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu mood booster yang cocok untuk menghilangkan bad mood adalah mendengarkan musik.

Hampir semua orang ketika sedang mengalami bad mood mendengarkan musik. Dengan mendengarkan musik, diri kita akan seperti lebih tenang. Menurut beberapa penelitian, ketika seseorang mendengarkan musik, stres dalam diri akan berkurang dan di sisi lainnya mood kita akan meningkat. Maka dari itu, mendengarkan musik dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara untuk menghilangkan bad mood.

Dengan mendengarkan musik, hari-hari kamu akan menjadi good day. Terlebih, musik yang kamu dengarkan adalah musik favorit. Bukan hanya membuat diri kita menjadi good mood, tetapi mood bosster ini bisa meningkatkan konsentrasi dan menjaga kesehatan otak.

tombol beli buku

4. Makan Makanan yang Disuka

Bagi sebagian orang makan makanan yang disuka bisa merupakan mood booster untuk dirinya. Makanan yang disuka oleh setiap orang tidak selalu sama, ada yang suka makanan ringan, makanan berat, bahkan ada yang suka keduanya.

Bagi kamu yang belum menemukan makanan yang cocok untuk dijadikan sebagai mood booster, mungkin kamu bisa mencoba beberapa makanan, seperti oatmeal, ikan, pisang, cokelat hitam, atau kamu sudah menemukan makanan yang menjadi mood booster kamu.

Makan makanan yang disuka memang bisa menjadi mood booster, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan penyakit. Dengan kata lain, setiap individu tidak boleh makan makanan yang disuka (baca: mood booster) secara berlebihan.

5. Minum Minuman yang Disuka

Setelah makanan, kini minuman yang bisa dijadikan sebagai mood booster. Sama halnya dengan makanan yang disuka, minuman yang disuka oleh setiap orang juga berbeda walaupun ada beberapa yang memiliki kesamaan. Bagi seseorang yang sedang mengalami mood buruk, bisa minum minuman yang kamu suka.

Alangkah baiknya, minuman yang bisa menjadi mood booster ini merupakan minuman yang sehat bagi tubuh, seperti jus buah, minuman berbahan dasar rempah-rempah, dan sejenisnya. Dengan minuman yang sehat, maka bukan hanya mood saja yang menjadi baik, tetapi kesehatan tubuh menjadi baik juga.

Suasana hati kamu akan semakin meningkat, jika pemberi minuman yang disuka adalah seseorang yang kamu sayang. Bukan hanya menjadi good mood, tetapi kecemasan dan stres yang ada di dalam diri juga berkurang.

6. Bercerita dengan Teman atau Keluarga

Memendam suatu permasalahan terlalu tidak baik bagi kesehatan, karena bisa mengganggu pikiran kamu, bahkan bisa membuat diri kamu sakit. Pikiran yang terganggu ini bisa menyebabkan mood kamu menjadi buruk. Mood yang buruk ini bisa saja kamu lampiaskan kepada orang lain atau kepada tugas pekerjaan kamu, sehingga hubungan kamu dengan teman dan tugas pekerjaan kamu menjadi kurang baik.

Maka dari itu, seseorang yang sudah memendam permasalahan terlalu lama segera curhat kepada teman atau keluarga. Dengan curhat kepada teman atau keluarga, diri kamu akan terasa lebih baik karena uneg-uneg di dalam diri bisa dikeluarkan.

Namun, bagi kamu yang merasa malu jika curhat kepada teman atau keluarga, kamu bisa curhat kepada psikolog atau psikiater. Permasalahan yang dapat diceritakan akan berdampak baik terhadap kesehatan diri sendiri.

7. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Mood booster berikutnya adalah bermain dengan hewan peliharaan. Terlebih, hewan peliharaan yang dimiliki bisa dipeluk, dibelai, dan diajak bermain. Pada umumnya kucing dan anjing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan, tetapi tak sedikit juga yang menjadikan kelinci, iguana, hingga ular sebagai hewan peliharaan.

Ketika mood sedang buruk, kamu bisa bermain dengan hewan peliharaan yang kamu miliki.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan bermain bersama hewan peliharaan, maka seseorang akan lebih mudah untuk meningkatkan suasana hati karena hormon serotonin dan dopamin di dalam tubuh menjadi meningkat.

Apabila sudah memutuskan untuk memelihara hewan, berarti kamu harus siap untuk merawatnya, mulai dari kebersihan kandang, kebersihan hewan, hingga pemberian makan.

8. Membuang Pikiran Negatif

Sudah menjadi jika pikiran negatif yang ada di dalam diri kita bisa membahayakan diri sendiri karena dengan pikiran seperti ini bisa memunculkan rasa pesimis. Rasa pesimis ini akan membuat diri kita tidak semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Munculnya rasa tidak semangat dalam hidup bisa menyebabkan mood menjadi buruk. Oleh sebab itu, membuang pikiran negatif bisa kamu jadikan sebagai mood booster kamu, karena dengan membuang pikiran negatif, maka suasana hati meningkat.

9. Seks

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa hubungan seks merupakan salah satu aktivitas yang dapat menghilangkan atau mengurangi stres dan kecemasan yang ada di dalam diri. Dengan melakukan hubungan seks secara rutin dan baik, maka kondisi mood seseorang bisa terjaga dengan baik. Akan tetapi, jika hubungan seks yang dilakukan tidak dengan baik, maka bisa menimbulkan stres.

Melakukan hubungan seks termasuk ke dalam salah satu kegiatan olahraga. Hal ini dikarenakan dengan berhubungan seks akan mengeluarkan banyak kalori dalam tubuh dan bisa meningkatkan suasana hati.

Hal yang perlu digarisbawahi dari hubungan seks ini adalah hubungan seks harus dilakukan dengan sepasang suami istri. Dengan hubungan seks yang baik dan rutin, maka hubungan suami istri akan semakin erat dan harmonis.

10. Bermeditasi

Bermeditasi dapat mengurangi kecemasan dan stres pada setiap individu. Bukan hanya itu, bermeditasi juga dapat meningkatkan daya pikir otak dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bermeditasi ini sebaiknya dilakukan sehari satu kali dengan durasi 10-20 menit.

Saat ini, sudah banyak sekali jenis meditasi yang dapat dilakukan. Salah satu meditasi yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang adalah mindfulness meditation. Jika belum terbiasa melakukan meditasi, sebaiknya lakukanlah dengan seseorang yang sudah terlatih agar hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Meditasi ini bisa dilakukan di rumah atau di tempat khusus bermeditasi. Di mana pun melakukan meditasi asalkan dilakukan dengan cara yang benar dan baik.

11. Melakukan Hal-Hal yang Disuka

Setiap orang yang ada di dunia ini pasti memiliki hal-hal yang disuka oleh dirinya. Dengan melakukan hal-hal yang disuka, maka orang tersebut akan mendapatkan kesenangan dan memunculkan rasa bahagia atau ceria. Rasa bahagia itulah yang bisa membuat suasana hati menjadi meningkat atau bisa dikatakan sebagai good mood.

Dalam hal ini, hal-hal yang disuka bisa disebut dengan hobi. Beberapa orang ada yang memiliki hobi yang sama dan beberapa orang lainnya memiliki hobi yang berbeda. Apapun hobinya selama tidak merugikan orang lain tidak akan menimbulkan masalah.

Ada hobi yang harus dilakukan dengan orang lain, seperti bermain sepak bola, bulu tangkis, touring, dan lain-lain. Akan tetapi, ada hobi yang tidak memerlukan bantuan orang lain, seperti membaca buku, menonton film, dan sebagainya. Jadi, hobi apa yang kamu miliki?

12. Bermain Bersama Teman atau Keluarga

Bermain bersama teman atau keluarga akan memunculkan kontak sosial. Kontak sosial ini bisa membuat diri kamu menjadi lebih tenang dan senang, sehingga suasana hati akan meningkat. Oleh sebab itu, bermain bersama teman atau keluarga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan mood booster.

Bermain bersama teman atau keluarga ini bisa dilakukan dengan berkumpul di salah satu café atau restoran, menginap bersama, dan lain-lain. Dengan demikian, jangan pernah ragu untuk menyisakan waktu untuk bermain bersama teman atau keluarga.

Hal-Hal yang Dapat Meningkatkan Mood

Jika kamu sudah melakukan berbagai macam cara, tetapi tetap tidak bisa meningkatkan suasana hati kamu, berarti kamu belum menemukan mood booster. Ada beberapa hal yang mungkin saja bisa meningkatkan mood kamu.

1. Selalu percaya bahwa kamu hidup di dunia ini tidak sendirian. Dengan kata lain, akan selalu ada orang lain yang akan membantu kamu ketika sedang kesulitan.

2. Ketika bad mood sedang datang, kamu bisa mengatur napas secara perlahan agar mood kembali stabil.

3. Membersihkan ruangan kerja atau membersihkan rumah.

4. Dengan menangis, emosi yang ada di dalam tubuh keluar, serta rasa lega dan tenang akan datang.

Kesimpulan

Mengawali hari dengan mood yang bagus sudah semestinya dilakukan oleh setiap orang agar semua aktivitas dapat dilakukan dengan maksimal. Oleh sebab itu, segera temukan mood booster kamu agar suasana hati dapat terjaga dengan baik. Namun, jika kamu belum berhasil mendapatkan mood booster walaupun sudah melakukan berbagai macam cara dilakukan, sebaiknya segera konsultasi ke psikiater atau psikolog.

Sumber: Dari berbagai macam sumber

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu