in

Cara Menjadi Dewasa Yang Tidak Hanya Diukur Dari Usia

Seseorang dapat dikatakan menjadi dewasa tak hanya ketika mereka sudah menginjak umur 18 tahun. Menjadi dewasa adalah sebuah proses yang membutuhkan banyak sekali percobaan dan juga kesalahan yang harus dilakukan.

Namun sayangnya, tidak ada kelas khusus yang digunakan untuk mengajari kita cara menjadi dewasa. Selain itu, walaupun kita sudah mempunyai tanggung jawab dan juga pekerjaan, jauh dilubuk hati yang paling dalam, kita tentu akan merasa masih seperti anak-anak yang ingin melakukan berbagai macam hal yang hanya menguntungkan kita saja.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebagai Cara Menjadi Dewasa

pixabay

Menjadi seseorang yang dewasa atau bersikap dewasa merupakan latihan yang harus terus dilakukan. Apabila orang tua kita tidak mengajarkan, maka kitalah yang harus mencari tahu sendiri cara menjadi dewasa. Jadi, apabila kita bertanya-tanya bagaimana cara menjadi dewasa, maka berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Berhenti Untuk Menyalahkan Orang Lain

Ini merupakan hal yang paling penting, namun terkadang orang-orang tidak menyadarinya. Faktanya, kebanyakan orang menyalahkan orang lain akan suatu hal dan itu bukanlah hal yang dewasa untuk dilakukan. Orang yang sudah matang secara emosional tidak akan selalu menuding orang lain atas kesalahan yang terjadi. Mereka justru mau mengakui perilaku dan juga tindakan mereka sendiri dan meminta maaf apabila ada hal yang sudah merugikan orang lain.

2. Membayar Tagihan Tepat Waktu

Hal tersebut mungkin saja sudah jelas, namun apakah Grameds tahu bahwa beberapa orang, bahkan sebagian besar orang masih mempunyai nilai kredit yang buruk? Atau berapa banyak orang yang sudah didatangi oleh pihak penagih hutang ke rumahnya? Ternyata, masih banyak orang yang mengalami hal itu.

Selain membayar tagihan dari pinjaman ataupun yang lainnya, kita juga harus membayar pinjaman uang dari teman ataupun kerabat secara tepat waktu demi menghindari pertengkaran ataupun kesalahpahaman yang terjadi.

3. Lakukan yang Terbaik Setiap Waktu

Ternyata, masih banyak orang yang memilih untuk bersikap egois dan bermalas-malasan. Akan tetapi, itulah yang biasa dilakukan oleh anak-anak. Sedangkan jika ingin menjadi dewasa, maka kita harus mencoba untuk mengajari mereka memikirkan perasaan orang lain, tidak hanya perasaan sendiri.

Jadi, apabila kita ingin mengetahui bagaimana cara menjadi dewasa, maka kita juga harus melakukan yang terbaik dalam hal apapun, baik itu dalam hubungan, pekerjaan, dan di hampir semua bidang kehidupan.

4. Bertanggung Jawab Kepada Diri Sendiri

Selain tiga hal di atas, kita juga harus bertanggung jawab atas setiap aspek yang ada didalam kehidupan kita sendiri. Pastinya, kita tidak bisa mengontrol perilaku orang lain, namun kita bisa mengontrol perilaku kita sendiri. Oleh sebab itu, kita perlu introspeksi diri dan memikirkan bagaimana tindakan kita berperan atau berpengaruh pada orang lain dan dalam setiap aspek di kehidupan kita.

5. Perlakukan Orang Lain dengan Baik

Apabila ingin diperlakukan dengan baik oleh orang lain, maka kita juga harus memperlakukan orang lain dengan baik juga. Mungkin terdengar cukup mudah ya, namun masih banyak orang dewasa yang tidak bisa melakukan hal itu.

Mulai sekarang, kita perlu memperlakukan semua orang, mulai dari tetangga, orang yang kita temui di jalan, keluarga, dan orang lainnya dengan hormat tanpa membeda-bedakan.

6. Kendalikan Amarah

Orang dewasa yang sudah matang terkait hati dan pikirannya, mereka lebih mengetahui bagaimana cara mengendalikan amarah mereka sendiri. Mereka tidak akan membiarkan emosi mereka menguasai diri. Memang, semua orang berhak marah, tetapi jika kita benar-benar ingin mengetahui bagaimana cara menjadi dewasa, maka kita juga harus belajar untuk menjauh dari situasi sebelum membuka mulut dan menyesalinya. Ambil napas dan pikirkan semuanya dengan dingin dan cobalah untuk memikirkan perspektif lain.

7. Buat Rencana Hidup

Apabila kita hanya pergi ke mana angin bertiup, maka kita tidak akan tahu bagaimana cara menjadi dewasa. Orang dewasa mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan di dalam hidup, kemana mereka akan pergi, dan bagaimana cara menuju kesana. Jadi, kita perlu merenungkan dan mencari tahu apa yang sebenarnya kita inginkan dari hidup ini.

8. Jaga Diri, Fisik, dan Mental

Kebanyakan orang dewasa sekarang mengalami kelebihan berat badan dan juga stres berlebihan. Akan tetapi, untuk menjadi orang yang bahagia, sehat, dan juga produktif, maka kita berhutang pada diri sendiri dan orang lain untuk saling menjaga diri sendiri. Oleh sebab itu, makanlah dengan benar, olahraga, dan ambil cuti untuk menjaga kestabilan mental.

9. Jangan Menunda Pekerjaan

Ini merupakan kebiasaan yang cukup umum dilakukan dan nyatanya, menunda-nunda pekerjaan tidak berdampak positif untuk siapa saja. Justru hal tersebut dapat membuat kita menjadi stres dan mungkin saja bisa membuat orang lain yang terlibat juga merasa kesusahan. Oleh sebab itu, untuk mengetahui bagaimana cara menjadi dewasa, maka kita harus merencanakan setiap pekerjaan dan menghindari menunda-nunda pekerjaan.

10. Jangan Membiarkan Orang Lain Menunggu

Apakah kamu selalu terlambat dan membiarkan orang lain menunggu kamu terus-menerus? Hal itu juga bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Orang dewasa yang sebenarnya tidak akan membiarkan orang lain menunggu. Mereka tahu bahwa waktu orang lain juga berharga, sehingga mereka bertindak sesuai dengan bagaimana cara menghormati mereka yakni dengan cara tepat waktu dan tidak membiarkan orang lain terus menerus menunggu.

11. Jangan Menyebarkan Gosip

Menyebarkan berita bohong ataupun gosip yang belum tahu faktanya memang terkesan sangat menyenangkan. Akan tetapi, hal itu juga tidak dibenarkan untuk dilakukan. Biasanya, orang melakukannya untuk membuat diri mereka merasa lebih baik mengenai kehidupan mereka sendiri. Apakah kamu suka saat orang lain bergosip tentang kamu?

Tentu saja tidak bukan? Jadi, apabila kamu ingin tahu bagaimana cara menjadi dewasa, maka kamu juga harus berhenti membicarakan masalah orang lain yang belum diketahui kebenarannya.

12. Buatlah Rencana dan Anggaran Keuangan

Mempunyai rencana keuangan atau anggaran keuangan sangat erat hubungannya dengan perencanaan keuangan. Kamu tentu tidak ingin mempunyai utang yang menumpuk dan tidak sanggup membayarkan bukan? Oleh karena itu, jangan biarkan diri kamu terjerat ke dalam hutang yang menyebabkan kebangkrutan. Jadi, buatlah rencana keuangan dengan baik dan sesuai dengan kemampuan ya.

13. Belajar Mengurus Rumah Tangga

Ternyata, memasak, membersihkan rumah, dan memperbaiki berbagai macam hal tidak hanya tugas ibu rumah tangga saja. Perlu diingat bahwa ibu dan ayah tidak akan tinggal bersama kita ketika sudah dewasa. Maka dari itu, kita juga tidak bisa mengandalkan mereka terus menerus untuk melakukan berbagai hal yang biasa mereka lakukan untuk kita. Jadi, cobalah untuk mulai belajar memasak, bersih-bersih, dan belajar bagaimana cara mengurus tugas rumah tangga.

Tips Ampuh Mempunyai Pola Pikir Dewasa

pixabay

Fase menjadi dewasa adalah fase yang menuntut kamu untuk bertindak lebih produktif, sebagai dampak dari kemampuan dan juga banyaknya waktu yang dimiliki.Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah kita dalam menghadapi fase dewasa ini adalah dengan mempunyai pola pikir orang dewasa. Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Ketahui Hal yang Baik dan Buruk

Hal yang satu ini merupakan dasar untuk kamu dalam menuju pola pikir orang dewasa. Sebab, pemahaman ini menjadi pondasi kamu dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya saja, orang yang tahu bahwa mencontek itu hal yang buruk, maka mereka akan menghindarinya. Untuk melatih pengetahuan ini, maka kamu perlu belajar dari pengalaman kamu sendiri, mendengarkan pengalaman orang lain, dan juga banyak membaca buku.

2. Menjadi Pribadi yang Positif

Percayalah dengan kemampuan kita sendiri. Pahami juga bahwa kita mempunyai keyakinan tersebut. Jangan mudah terpengaruh oleh keyakinan orang lain. Tak hanya itu saja, hindari bersikap dan berperilaku negatif. Sebab, hal tersebut justru akan membuat orang lain enggan bergaul dengan kita.

3. Hadapi Masalah

Hal selanjutnya yang bisa membantu kamu menjadi lebih dewasa adalah dengan menghadapi masalah yang ada. Setiap orang tentu akan merasa stres atau depresi saat menghadapi dan menyelesaikan suatu masalah. Akan tetapi, perlu diingat bahwa semakin kita berani untuk menghadapi masalah, maka akan ada hal yang bisa kita tuai dan hal itu pastinya akan menambah pengalaman dan kedewasaan kita. Tidak penting apakah masalah tersebut besar atau kecil, akan tetapi teori dan juga proses kita dalam menghadapi masalah yang sangat penting.

4. Menjadi Pribadi yang Mandiri

Kamu ingin belajar menjadi dewasa namun ada banyak hal yang masih dilakukan oleh orang tua? Tentunya, dengan melakukan hal tersebut secara berulang tidak akan membantu kamu untuk menjadi lebih dewasa.

Untuk itu, cobalah melakukan apapun mulai dari sekarang, belajar dan jangan takut untuk melakukan sesuatu yang dianggap salah. Sebab, menjadi mandiri pastinya membutuhkan proses yang panjang, untuk mereka yang belum dewasa, menjadi mandiri dianggap beban dan hal yang menakutkan.

5. Ambil Keputusan Sendiri

Tidak bisa mengambil keputusan sendiri adalah hal yang cukup membahayakan dalam hidup, padahal sejak kecil kita juga sudah harus bisa menentukan pilihan kita dan keputusan sendiri. Mulai dari hal yang paling sederhana seperti ingin makan apa, ingin pakaian warna apa, dan lain sebagainya.

Semua pilihan tersebut akan semakin rumit seiring berjalannya waktu atau pengalaman yang kita lewati. Apabila ingin memiliki pola pikir orang dewasa, maka tanggung jawab dan pilih keputusan sendiri. Hal tersebut nantinya akan membantu kita untuk berpikir lebih panjang dan tidak terpaku pada hari ini saja.

6. Sering Diskusi Secara Terbuka

Melakukan diskusi secara terbuka bisa membantu kita untuk membuka pikiran dan juga bertukar pengalaman dengan orang lain. Dengan diskusi juga kita bisa tahu apa yang orang lain pikirkan dan kita dapat mengambil pelajaran dari kehidupan yang orang lain rasakan.

Cara yang satu ini dapat membawa diri kita menjadi lebih baik, bahkan tidak jarang lebih bersyukur atas segala hal yang sudah kita nikmati selama ini. Mendengarkan orang lain juga bisa membawa kita menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bijaksana.

7. Mengubah Kebiasaan Buruk

Sadar atau tidak, kebiasaan buruk dapat membawa kemunduran sikap dan juga kepribadian kita. Kebiasaan memang sangat sulit untuk diubah karena sudah sering kita lakukan dan sudah menjadi suatu hal yang biasa kita lakukan tanpa didasari.

Akan tetapi, dengan mencoba mengubah kebiasaan buruk dan mempunyai hidup yang lebih baik, maka secara tidak langsung kita juga sudah mengubah diri sendiri menjadi lebih dewasa karena sudah mengetahui mana saja hal yang buruk dan mana yang baik.

8. Kurangi Kebiasaan Mengeluh

Mengeluh bukanlah sifat yang dewasa. Orang-orang yang sudah memiliki pola pikir dewasa akan memanfaatkan waktu mereka dengan baik dan mengeluh bukanlah hal yang bermanfaat untuk dilakukan. Memang sangat wajar apabila sebagian orang merasa lelah ataupun jenuh, sehingga mereka untuk mengeluhkannya.

Akan tetapi, dalam hal ini mereka yang masih kekanak-kanakan akan sering mengeluhkan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan mudah. Sebab, mengeluh saja tidak dapat menyelesaikan permasalahan yang kita punya. Cobalah untuk mengurangi mengeluh dan lakukan hal lain yang lebih bermanfaat dan bisa membantu me-refresh otak tanpa harus merasa stres dengan masalah yang ada.

9. Tentukan Prioritas

Menentukan prioritas hidup kita bukanlah yang sulit, akan tetapi hal itu sulit untuk dilakukan untuk mereka yang masih ingin bersenang-senang seperti anak-anak. Hal tersebut yang membuat seseorang menjadi tidak dewasa dan itu juga bisa menyebabkan mereka hanya menghabiskan waktu yang sia-sia. Apabila ingin menjadi lebih dewasa, maka cobalah untuk menentukan prioritas dalam hidup dan jangan buang waktu dengan hal-hal yang tidak berguna.

Manfaatkan waktu untuk hal-hal yang ingin dicapai dan ditargetkan, sehingga waktu tidak berlalu dengan percuma. Meskipun  hal kecil, apabila sudah kamu targetkan dan ditentukan prioritasnya, maka dalam waktu dekat, hal itu bisa membawa kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa.

10. Terima Kritik dan Saran

Menerima kritik dan juga saran dari orang lain dapat membawa perubahan yang besar dalam diri kita, tak hanya sebagai orang yang lebih dewasa, tapi jauh dari itu, bahkan kita bisa menjadi orang yang lebih bijak. Kritik dan juga saran dari orang lain layaknya obat yang mungkin saja jika ditelan akan pahit, namun jika dilewati dengan baik, maka kita juga akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Jadi, kritik dan saran mungkin menjadi gebrakan besar apabila ingin berubah ke arah yang lebih baik lagi.

11. Mengatur Jadwal dengan Benar

Mengatur jadwal dengan benar dapat membawa kita menjadi lebih dewasa. Orang yang dewasa pasti tidak ingin membuang waktu dan merencanakan semua hal dengan matang seperti halnya mengatur jadwal. Walaupun nantinya mungkin akan berbeda dengan rencana, tapi tetap saja kita harus membuat rencana yang matang, agar tidak sia-sia. Mengatur jadwal pastinya tidak akan dilakukan oleh mereka yang hidupnya dilakukan sesuka hati seperti anak-anak.

12. Manfaatkan Waktu Luang

Orang dewasa tidak akan membuang-buang waktu dengan percuma. Membuang waktu disini bukan berarti kita tidak boleh berlibur ataupun berwisata, akan tetapi lebih kepada mengarahkan berbagai hal dengan jelas dan memanfaatkan waktu luang untuk hal-hal yang bermanfaat. Terlebih jika dapat menguntungkan untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Demikian penjelasan mengenai berbagai cara menjadi orang dewasa. Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang cara menjadi dewasa lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Penulis: Umam

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy