in

Cara Melatih Mental Agar Selalu Kuat

cara melatih mental – Kesehatan mental merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dijaga. Tapi sayangnya, banyak orang yang masih memiliki mental yang lemah, sehingga mereka mudah mengalami stres, sulit mengatur emosi, dan bahkan depresi. Oleh karena itu, memiliki mental yang kuat bisa membuat kita terhindar dari risiko gangguan mental di atas.

Lalu, apakah kamu adalah salah satu orang yang mengalami dan merasakan kondisi mental yang lemah? Jika iya, maka kamu harus mengetahui berbagai cara menguatkan dan melatih mental. Mental yang kuat bisa membuat hidup kita menjadi lebih bahagia dan cenderung bisa melewati berbagai macam kesulitan yang kita alami.

Mempunyai mental yang kuat juga bisa membuat kita bisa melihat berbagai masalah dari sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu, kita akan jauh lebih mudah menemukan solusi atas permasalahan yang kita alami dengan cepat dan tepat. Pada prinsipnya, saat ada suatu hal yang terjadi, maka kita harus cepat mengatasi masalah tersebut.

Dengan begitu, pengembangan diri kamu tidak akan terhambat, kehidupan akan terus berlanjut dengan baik, dan terhindari berbagai macam gangguan mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menguatkan dan melatih mental agar tetap kuat.

Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai cara-cara yang bisa dilakukan untuk menguatkan dan melatih mental kita. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Melatih Mental dan Menguatkan Mental

Perlu dipahami bahwa hidup ini memang penuh lika-liku. Hampir tidak ada hidup seseorang yang selalu lancar dan baik-baik saja. Bahkan orang yang sukses dan kaya raya pun tetap pernah melewati titik terendah dalam hidupnya. Seperti halnya Jack Ma, seorang pendiri Alibaba Group. Ia telah melewati berbagai macam kegagalan hingga akhirnya sukses menjadi seorang pengusaha besar.

Untuk mencapai sesuatu hal yang besar, kita harus berjuang dari bawah dan melalui berbagai macam rintangan. Untuk bisa mengejar mimpi dan menjadi seseorang yang sukses, kita pasti akan terbentur dengan tekanan dan juga rasa yang stres. Sehingga kita membutuhkan mental yang kuat untuk dapat maju dan tidak mudah menyerah. Memiliki mental yang lemah hanya akan menghalangi kita untuk berpikir lebih positif dan akan terjebak di dalam pola pikir yang bisa merendahkan mental diri sendiri.

 

 

Apapun yang kita hadapi di dalam hidup, mental yang kuat adalah solusi utama. Untuk memiliki mental yang kuat, kita bisa melatihnya dengan beberapa cara. Ada beberapa kebiasaan yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan mental yang kuat. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Selalu Berpikir Positif

Kita mungkin akan mengalami dan merasakan kegagalan dan kekecewaan dalam kehidupan pribadi ataupun profesional. Jangan mudah larut dalam kesedihan dan memutuskan untuk menyerah. Cobalah untuk selalu berpikir positif akan dua hal tersebut. Bagaimana caranya? Terimalah kegagalan dan kekecewaan tersebut dan jadikan itu semua sebagai pelajaran dan pengalaman penting untuk menuntun ke jalan yang lebih baik. Dengan begitu, mental kita akan terbentuk dan tidak mudah terpuruk.

2. Selalu Mengingat Tuhan

Mental akan kuat jika memperoleh dukungan yang kuat juga, benar bukan? Sebagai seseorang yang percaya akan Tuhan dan memiliki agama, tentu kita percaya bahwa Tuhan adalah satu-satunya dukungan terkuat di dunia. Jadi, usahakan untuk mengingat Tuhan setiap saat supaya mental tetap kuat.

3. Jangan Terlalu Memikirkan Perkataan Orang Lain

Komentar negatif yang berasal dari orang lain, bahkan mungkin dari orang-orang terdekat pasti akan kita terima. Mungkin ada banyak dari kita yang sering mendengar perkataan kurang enak dari mereka. Salah satu melatih mental agar tetap kuat adalah dengan tidak memusingkan perkataan negatif dari orang lain. Karena memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak penting justru akan membuat mental kita semakin terpuruk.

4. Asah Kemampuan Diri

Adapun cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menguatkan mental yaitu dengan terus belajar dan mengasah kemampuan diri sendiri. Hal itu bisa kamu peroleh melalui latihan, belajar, mengikuti kursus, dan mencoba strategi baru. Misalnya saja, apabila kamu seorang mahasiswa dan akan mengikuti ujian semester. Maka yang perlu kamu lakukan adalah belajar mengenai materi-materi yang pernah dijelaskan oleh dosen terkait. Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri untuk menghadapi ujian tersebut.

5. Lakukan Satu Hal Sulit Dalam Satu Minggu Secara Rutin

Memiliki mental yang kuat, itu artinya kita harus berani berbuat. Untuk melatih mental, kamu bisa belajar hal baru yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu lakukan sama sekali. Misalnya dengan mengikuti kursus tertentu. Dorong diri kamu untuk keluar dari zona nyaman. Jangan batasi diri dengan rasa takut akan kegagalan.

6. Menjaga Kesehatan Fisik Dengan Baik

Salah satu cara melatih mental yang tidak dapat dipisahkan adalah dengan menjaga kesehatan fisik. Untuk dapat melakukan berbagai kegiatan fisik secara maksimal, tentu kita membutuhkan fisik yang sehat, begitu juga sebaliknya. Sehingga, supaya mental menjadi lebih kuat dan sehat, maka kita juga perlu berolahraga secara teratur, tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi.

7. Menulis Hal-hal yang Kita Syukuri

Cobalah untuk menuliskan hal-hal yang kita syukuri setiap harinya. Dengan begitu, pandangan kita terhadap hidup akan berubah. Dimana rasa syukur yang kita tanamkan setiap harinya bisa membantu untuk menurunkan stres dan membuat tidur kita lebih nyenyak dan berkualitas. Hal tersebut bahkan telah terbukti secara ilmiah. Sehingga, cobalah untuk menyisihkan waktumu dalam sehari untuk menuliskan hal-hal yang kamu syukuri pada hari itu.

 

 

8. Berani Untuk Menerima Perubahan yang Ada di Dalam Hidup

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa salah satu hal yang konstan di dunia ini adalah perubahan. Itulah sebabnya, tidak semua rencana kita dapat terlaksana. Mungkin memang tidak mudah untuk menerimanya. Tapi, kamu harus ingat bahwa kadang kala, ada hal-hal yang tidak dapat kita kontrol hasilnya. Jadi, daripada bertahan dengan hal-hal yang sudah tidak dapat kita ubah, alangkah lebih baik jika kita mulai fokus pada hal lain yang bisa kita kontrol.

9. Luangkan Waktu Untuk Mengevaluasi Diri Sendiri Setiap Harinya

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk melatih mental yaitu dengan belajar mengevaluasi diri sendiri. Coba sisihkan waktu selama 15 menit untuk “berbincang” dengan diri sendiri. Lihat lagi kemajuan apa yang sudah kamu raih dan pikirkan tentang hal-hal yang masih bisa kamu perbaiki untuk introspeksi diri. Walaupun hanya sebentar, waktu yang kamu gunakan untuk melihat refleksi diri dapat menjadi media untuk kembali mengisi energi yang sudah terbuang setelah kamu berjuang. Hal tersebut juga akan membuat kamu memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan dan memperbaiki motivasi untuk maju.

10. Habiskan Waktu Dengan Orang-orang Terdekat

Bertemu dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat adalah salah satu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental kamu. Sehingga, walaupun sedang sibuk berjuang untuk mewujudkan mimpi, tapi usahakan selalu sisihkan waktu untuk berkumpul bersama orang-orang yang dapat menjadi sumber energi kamu.

11. Bertekad Untuk Menghilangkan Satu Kebiasaan Buruk

Salah satu contoh kebiasaan buruk yang sering kita abaikan adalah makan secara berlebihan. Kebiasaan tersebut ternyata bisa berpengaruh pada kesehatan fisik dan juga berdampak pada kesehatan mental. Misalnya saja, kebiasaan makan secara berlebihan bisa membuat stress karena berat badan semakin naik dan menciptakan pandangan buruk terhadap bentuk fisik diri sendiri. Dengan menghentikan kebiasaan buruk tersebut bisa menjadi sebuah cara untuk melatih mental kita. Akan tetapi, kamu tidak perlu melakukan perubahan secara drastis. Cobalah untuk melakukannya secara perlahan dan konsisten. Misalnya dengan mengubah pola makan dengan rutin mengonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makan secara berlebihan. Kamu juga bisa memulainya dengan mengurangi konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji dan snack ketika malam hari.

Mempunyai mental yang kuat memang tidak mudah. Jadi, cara di atas memang tidak serta merta bisa mengubah pandangan kita terhadap hidup dalam satu kali percobaan saja. Akan tetapi jangan mudah menyerah dan ingat bahwa semua hal yang terjadi di dalam hidup kita pasti bisa kita hadapi.

 

 

Ciri-ciri Orang yang Memiliki Mental yang Kuat

Tak hanya atlet, tentara, ataupun pemimpin negara yang harus mempunyai mental yang kuat. Kita sebagai manusia biasa juga pasti akan mengalami kesulitan dan kegagalan dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, kita juga perlu memiliki ketahanan mental supaya bisa terus bergerak maju dan tidak mudah menyerah pada keadaan. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa kekuatan mental sebenarnya bukan sesuatu yang mempunyai satuan ukur yang pasti. Karena yang bisa menilai kekuatan mental kita hanyalah diri kita sendiri. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui apa kita memiliki mental yang kuat atau tidak? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri orang yang memiliki mental yang kuat.

1. Berani Berkata Tidak

Menurut Psych Central, orang yang memiliki mental yang kuat tahu kapan mereka harus berkata “tidak”. Mereka sudah mengetahui kapan tanggung jawab emosional harus dimulai dan kapan juga harus dihentikan. Selain itu, mereka juga sudah nyaman membela dirinya sendiri dan mengerti bahwa berkata “tidak” pada suatu hal yang tidak kamu sukai akan menguntungkan dan menyelamatkan diri kamu sendiri. Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa malu atau merasa bersalah dalam menolak sesuatu. Dengan begitu, kamu akan merasakan kebebasan untuk memilih sesuatu yang kamu sukai.

2. Memahami Bahwa Kita Tidak Bisa Menyenangkan Semua Orang

Kita melakukan segala sesuatu yang ingin kita lakukan untuk diri kita sendiri. Dengan begitu, kita akan mengerti bahwa tidak semua orang dapat kita senangkan dengan cara mengorbankan kebahagiaan kita sendiri. Orang yang memiliki mental yang kuat tidak akan menyerang atau menganiaya orang lain, tapi justru menerima bahwa sebuah penolakan sosial tidak bisa kita hindari dan itu tidak apa-apa.

3. Memiliki Hubungan yang Sehat

Pondasi dari sebuah hubungan yang sehat adalah adanya batasan. Kamu memperlakukan orang lain secara adil, itu artinya kamu mencintai dan menghormati mereka dengan layak dan tidak menyia-nyiakan sumber daya kamu sendiri )uang, waktu, dan tenaga) untuk orang-orang yang merugikan ataupun menoleransi perilaku mereka yang kurang baik. Apabila kamu menemukan suatu hal yang terlihat negatif atau tidak baik, maka kamu akan membuat sebuah keputusan mengenai hal itu alih-alih menerimanya secara emosional ataupun pasif. Kamu mengevaluasi lagi hubungan kamu dengan orang lain secara berkala, hingga pada kesimpulan yang akan membantu dalam mempertahankan batasan kamu.

4. Membantu Orang Lain Karena Kebaikan

Pada dasarnya, semua orang harus bertanggung jawab atas hidupnya masing-masing. Dengan kata lain, kamu tidak memiliki hutang apapun dengan orang lain, sama seperti orang lain yang juga tidak memiliki hutang kepadamu. Orang yang memiliki mental yang kuat biasanya akan lebih perhatian dan suka membantu orang lain dalam hal kebaikan. Akan tetapi, perlu kamu garis bawahi bahwa membantu orang lain adalah kebaikan, bukan kewajiban.

5. Tidak Merasa Selalu Berhak

Jika kamu menginginkan sesuatu, maka kamu harus berinisiatif dan berusaha untuk mendapatkan hal tersebut. Kamu juga harus menerima bahwa kadang kala hidup tidak adil dan tidak semua orang memulai segala sesuatunya di titik yang sama, termasuk juga kamu. Tetapi, pada kondisi tersebut, itu tidak berarti kamu harus bersikap tidak adil juga kepada orang lain. Kamu harus tetap menyadari bahwa kamu juga tidak harus selalu merasa berhak atas sesuatu.

6. Mempunyai Fokus Diri yang Sehat

Alih-alih berkonsentrasi dengan apa yang tidak bisa kamu kendalikan atau mempunyai tujuan yang terlalu mewah dan mengganggu, kamu cukup menjalani hidup dengan sehat dan sesadar mungkin. Cobalah untuk selalu berpikir bahwa kamu bisa menciptakan kehidupan yang lebih baik tanpa menyerang orang lain. Kamu bisa memulainya dari diri sendiri dan lingkungan yang ada di dekatmu.

7. Menerima Apa yang Ada dan Tidak Ada di Dalam Kendali Kita

Kamu harus tahu bahwa ada banyak sekali hal yang berada di luar kendalimu. Berkeinginan untuk mengendalikan semuanya adalah salah satu gejala awal kecemasan akut dan ketidakamanan eksistensi. Kamu bisa membedakan antara apa yang bisa dan apa yang tidak bisa kamu kendalikan. Mengalihkan fokus dari berbagai hal yang tidak ada di dalam kendali kamu akan menciptakan perasaan yang lebih baik, menemukan peluang baru, dan kebahagiaan secara utuh.

 

 

8. Mudah Beradaptasi

Adaptasi merupakan salah satu karakter yang sangat bermanfaat untuk kita miliki. Orang yang memiliki mental kuat akan mampu beradaptasi dengan cepat dan tetap masuk akal di dalam situasi genting atau tidak terduga.

9. Mempunyai Empati dan Kasih Sayang

Orang memiliki mental yang kuat akan mempunyai rasa empati yang tajam untuk diri sendiri dan juga orang lain. Empati tidak selalu berarti kamu sepakat dengan orang lain dan tindakan yang mereka lakukan. Namun kamu dapat memahami bagaimana perasaan, tindakan, dan pemikiran orang lain, disertai alasannya.

10. Bisa Mengendalikan Emosi dan Refleksi Diri

Perlu dipahami bahwa kita akan selalu berhubungan dengan emosi kita sendiri. Orang yang memiliki mental yang kuat akan bisa mengenali dan memahami apa yang sebenarnya mereka rasakan, untuk alasan apa, dan apa artinya dalam hubungannya dengan keberadaan mereka. Dengan begitu, kita tidak akan merasa terburu-buru dalam menjalani hidup. Kita akan lebih mudah meluangkan waktu untuk melihat kebelakang dan introspeksi diri tentang yang sudah kita lakukan serta merenungkan apa yang telah terjadi di dunia kita.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah