in

Positive Thinking [Berpikir Positif] : Pengertian, Manfaat & Cara Berpikir

Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin, selain memulai dengan pemikiran positif .Berpikir positif akan melahirkan kebiasaan-kebiasaan lebih semangat untuk menjalani hidup. Karena jiwa yangpositif thinking akan mendapatkan hasil yang baik, sebaliknya berpikir negatif akan menebarkan suasa negatif pula.

Jadi, apakahPositif thinkingitu? Bagaimana cara agar kita menjalani hidup dengan pikiran positif? Apa manfaatnya ? Sebelum berlanjut, upayakan hati dan pikiran kita saat ini, berpikir positif dalam hal apapun.

 

Pengertian Positif Thinking

berpikir positif
sumber foto: unsplash.com

 

Positif thinking dalam Bahasa Indonesia yang artinya berpikir positif dengan cara melihat sesuatu tanpa melihat sisi negatif, dan mengambil hikmah dibalik masalah yang menimpa.

Adapun menurut Susetyo (1998), berpikir positif adalahkemampuan berpikir seseorang untuk memusatkan perhatian pada sisi positif dari keadaan diri, orang lain, dan situasi yang dihadapi. Berpikir positif tidak akan datang dengan sendirinya melainkan sebuah keterampilan yang harus dipelajari. Sebenarnya masih banyak definisi dari positif thinking, karena apapun yang kita lakukan didunia ini semua harus dihadapi dengan berpikir positif.

Kerangka berpikir positif meningkatkan motivasi untuk sukses dan mendapatkan apa yang Anda inginkan. Itu akan membuat kamu percaya bahwa yakin apa yang akan kamu inginkan. Ini pun akan memotivasi kamu untuk mencapai lebih dari yang kamu harapkan.

 

Kenapa Kita Harus Berpikir Positif? 

sumber: pexels.com

Karena, berpikir positif akan membuat kita jauh lebih tenang, lebih terbuka dan terkadang ide baik pun akan bermunculan saat kita berpikir positif, masih ada yang lain diantaranya:

 

Bahagia

Sebenarnya bahagia itu nyata datang dari diri kita sendiri, dan masalah sikap. Sering kali kebahagiaan tidak bergantung dari sekeliling kita melainkan bahagia itu datang dari sendiri.

Contohnya saat kita mencoba untuk memberitahu seseorang bahwa resleting tas belakang ia terbuka dan memberi tahu untuk berhati-hati coba untuk cek terlebih dahulu tasnya.  Pastinya ia akan bereaksi mengucapkan “Terima kasih, dengan sopan penuh ketulusan dan senyum yang ikhlas” kepada kita.

Bukankah cukup rasa bahagia untuk melihat senyum seseorang yang tulus meskipun tanpa pamrih?. Ya sudah jelas, ini semua bagaimana kita menyikapinya.

 

Motivasi

Motivasi adalah sifat yang sangat luar biasa yang dimiliki seseorang, karena akan mendorong lebih maju dan rasa semangat lebih  membara. Motivasi pun akan mempengaruhi tingkah laku & melakukan kegiatan ketika kita mengharapkan suatu pencapaian yang lebih baik.

 

banner-promo-gramedia

Harga diri

Sikap dan cara berpikir kamu akan berkaitan dengan perasaan dirimu sendiri. Jika kamu selalu membangkitkan sikap dan berpikir positif maka kamu memiliki rasa harga diri yang sangat berarti.

Jangan khawatir dengan apa yang dipikirkan orang lain asalkan kamu membuktikan sikap positif terhadap diri sendiri dan orang-orang sekitar, maka kamu akan diperlakukan dengan lebih hormat.

 

Kesehatan Yang Baik

Pikiran akan mempengaruhi metabolisme tubuh, maka dari itu kamu akan merasa lebih sehat ketika berpikir positif juga lebih bahagia. Karena pemikir positif akan menjalani gaya hidup sehat, sehingga tidak rentan terserang penyakit.

 

Hubungan Yang Lebih Baik

Salah satu saat kita berpikir positif, cenderung kita memilih / tertarik dengan orang yang berperilaku positif pula. Karena memang benar kenyataannya orang yang positif membawa kesan kegembiraan, semangat yang menular, mereka seperti cahaya dan memberi energi di lingkungan mereka dan membuat hubungan lebih terasa saat bersama, karena ucapan dan pikiran yang positif tersebut.

 

Manfaat Berpikir Positif 

manfaat berpikir positif
sumber: pexels.com

“Semakin kamu memberi makanan pada pikiranmu dengan pikiran-pikiran positif, semakin kamu mendapatkan hal-hal menarik kedalam hidupmu;” – Roy T Bennett. Hidup terasa lebih ringan jika kita selalu positif thinking. Berikut adalah beberapa manfaat positif thinking, antara lain :

 

Manfaat Berpikir Positif Dalam Keluarga

Keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat seperti ayah, ibu, adik dan kakak. Awal lingkupan yang pertama dan sering bertemu dengan keluarga dan lebih dipercaya dari orang lain, dan apapun permasalahan keluarga akan menjadikan hal yang paling utama untuk memberi dan menerima solusi pemikiran kita.

Salah satu berpikir positif di lingkungan keluarga adalah saling berdiskusi tentang hal apapun baik suka / tidak suka, dan menjadi permasalahan itu diarahkan dengan cara berpikir positif untuk mendapatkan jalan keluar yang lebih baik.

Saat berpikir positif di lingkup terkecil (keluarga), kita akan mengalir rasa kehangatan, kekompakan, dan motivasi menjadi keluarga yang sejahtera dan harmonis. Apalagi kita akan menerapkannya di luar lingkup yang lebih luas, yang akan semakin harga diri kita lebih bernilai.

 

Manfaat Berpikir Positif Dalam Karir

Siapa yang tidak ingin mendapatkan karir yang cemerlang? Bukankah semua orang sebenarnya ingin sekali mendapatkan karir cemerlang? Betul sekali. Hanya saja bagaimana sikap kita untuk menjembatani karir tersebut dengan cara yang memang tidaklah mudah.

Diperlukan pengetahuan, pengalaman, bekerja keras dan kerja cerdas, mengembangkan kreativitas / imajinasi menjadi prestasi, menjaga tingkah laku sesama rekan kerja, dan semua itu jika kamu sadar terdapat dari dalam sikap positif kita yang harus selalu diasah (dilatih).

Selain itu, fokus dengan niat dan tujuanmu apa yang ingin kamu gapai. Jika memang, ada rekan kerja kita yang lebih dahulu misalkan naik jabatan tetapi sebenarnya kamu bekerja lebih baik. Tenang, tidak usah marah.

Cukup lihat sisi positif apa yang ia punya. Cobalah untuk ikhlas, motivasi diri & berpikir positif dan berusaha lebih sungguh-sungguh, karenausaha tidak akan pernah mengkhianati keberhasilan. Ketika sudah berhasil, rasakanlah manfaat dengan sebaik mungkin.

 

Manfaat Berpikir Positif Dalam Rumah Tangga

Saat berumah tangga bukanlah pencapaian tetapi keputusan. Saat mengambil keputusan pun harus dengan cara yang matang. Karena pasang surut perjalanan selalu hadir membawa cerita suka maupun duka.

Ketika ingin menjadikan keluarga yang harmonis dalam berumah tangga, langkah awal  dasar yang dimulai adalah cara berpikir positif kedepan dengan penuh niat yang baik.

banner-promo-gramedia

Jika memang ada permasalahan yang membuat hati tak tenang, cobalah untuk berdiskusi dengan pasangan dan mencari jalan keluar, dan selalu jaga komunikasi yang positif. Jadikanlah pikiran positif menjadi rasa akan saling percaya dan memahami.

 

Manfaat Berpikir Positif Dalam Finansial

Dan satu lagi, maksud berpikir positif dalam finansial adalah agar kita lebih berhemat mengeluarkan finansial sesuai kebutuhan, juga melatih diri untuk tertib dan teratur karena bukan hanya kebutuhan pokok saja tapi gunakan finansial mu dengan me-refresh diri dan pikiranmu agar mengurangi stress. Dan tak lupa sebagian finansial kita gunakan untuk sedekah, karena bersedekah tidak akan membuatmu jatuh miskin .

Menekankan hal-hal positif akan menciptakan pikiran yang baik dan berkembangnya imajinasi. Faktanya, manfaat terbesar yang diberikan oleh pikiran positif adalah peningkatan kemampuan untuk membangun keterampilan dan mengembangkan sumber daya untuk digunakan di kemudian hari.

 

Bagaimana Meningkatkan Cara Berpikir Positif?

cara berpikir positif
sumber: pexels.com dan bintangtrainer.com

Kalian pasti tau hal apa yang membuat dirimu senang? Seperti mendengarkan music, berkumpul dengan teman, pergi mencari kesegaran alam, ke pantai untuk menikmati keindahan pantai atau mungkin menghabiskan waktu dengan orang terdekat yang membuatmu merasa bahagia yang membangun rasa positif pada diri sendiri.

Selain itu, adapun cara meningkatkan cara berpikir positif dengan sederhana dan tidak mahal, seperti:

 

    • Meditasi – Penelitian terbaru oleh Fredrickson Barbara telah mengungkapkan bahwa orang yang bermeditasi setiap hari menunjukkan emosi yang lebih positif daripada mereka yang tidak. Orang yang bermeditasi dapat membangun keterampilan jangka panjang yang berharga. Misalnya, saat penelitian selama tiga bulan orang yang meditasi, untuk mendapatkan dampak yang dirasa ketika meditasi ialah orang tersebut bermeditasi setiap hari menunjukkan meningkatnya rasa perhatian, tujuan hidup, dukungan sosial, dan penurunan gejala penyakit.

 

    • Menulis – studi ini , yang diterbitkan dalam Journal of Research in Personality , meneliti sekelompok 90 mahasiswa sarjana yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok A mencatat pengalaman yang sangat positif setiap hari selama tiga hari berturut-turut. Kelompok B menulis tentang topik sehari-hari. Lalu tiga bulan kemudian, siswa yang menulis tentang pengalaman positif memiliki tingkat suasana hati yang lebih baik, lebih sedikit kunjungan ke puskesmas, dan lebih sedikit mengalami penyakit. (Ini mengejutkan, kesehatan yang lebih baik terasa hanya kepada mahasiswa yang menulis selama tiga hari tentang hal-hal positif!)

 

      • Bermain – Jadwalkan waktu luang untuk bermain. Izinkan dirimu saat ini untuk tersenyum dan menikmati manfaat dari emosi positif. Jadwalkan waktu untuk bermain dan berpetualang sehingga kamu merasakan kepuasan dan kegembiraan, serta menjelajahi dan membangun keterampilan baru. Tidak usah keluar rumah untuk bermain ke tempat  yang mahal,cukup jadikan tempat disekitarmu menjadi tempat yang kamu sukai, atau misalnya dengan cara bermain gitar, mendengarkan setiap petikannya. Dan coba asah permainanmu lebih mendalam lagi.

     

    • Olah raga – Olah raga rutin selama 30 menit memberikan efek positif dan badan merasa lebih kuat dan ringan. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa wanita yang berolahraga selama 30 menit memiliki peningkatan yang signifikan terhadap sudut pandang para wanita pada pencitraan tubuh dibandingkan dengan mereka yang tak berolahraga.

Buatlah pola hidupmu menjadi produktif, bahagia, dan menyehatkan dengan cara:

  • Makan – makananan sehat seperti sayuran & buah-buahan,
  • Olahraga (tidak apa sebentar 5-10 menit, yang terpenting rutin menjalankannya),
  • Istirahat yang cukup (6-8 jam),
  • Selalu melakukan afirmasi positif,
  • Perbaiki hubungan dengan teman dan
  • Bergaul dengan orang dan lingkungan yang membawa pengaruh positif

 

Kegiatan Untuk Mengasah Berpikir Positif Sehari-hari :

sumber: pexels.com

 

Membuat Daftar Tugas

Buat daftar tugas untuk mengatur kegiatan keseharianmu dengan lebih baik. Mulailah dengan menempatkan semua tugas yang menurutmu sulit di bagian atas dan akhiri daftar Anda dengan tugas yang lebih mudah dan kamu sukai.



Usahakan mengerjakan tugas yang menurutmu mudah terlebih dahulu, fokus dan selesaikan. Jangan lakukan pekerjaan dalam satu waktu, karena akan lebih banyak menghadapidistraksi  (pengalihan) biasanya disitulah pikiran negatif bermunculan (memainkan perannya). Cukup fokus dan selesaikan.

 

Lawan Rasa Takut

Terkadang hal yang paling ditakutkan adalah satu hal yang perlu kamu lakukan untuk mendorong hidupmu maju selangkah demi selangkah. Atasi rasa takut dengan mengubah pola pikir dan afirmasi diri sendiri untuk yakin akan bisa melewati rasa takut yang sedang dihadapi. Jangan menghindar tetapi hadapilah!

 

Beri Waktu Sendiri Untuk Hilangkan Pikiran negatif dalam diri

Sempatkan waktu 10 menit untuk melampiaskan rasa kesal terhadap diri sendiri atau coba kamu tuliskan kekhawatiranmu di selembar kertas, cukup terima dan akui keberadaanya, lalu remas kertas tersebut dan buang. Sesungguhnya, kekhawatiran diri berlebihan tentang hal yang diluar pikiran / kendali hanya akan menimbulkan masalah, yang sebenarnya tidak ada disana.

 

Belajar Menghadapi Tantangan

Coba ingat kembali,  pelajaran apa yang dapat kamu petik dari perjuangan yang kamu lakukan? Apa yang kamu dapati baik dan buruknya? ini menjadikan pembelajaran agar membuatmu lebih siap menghadapi apa yang mungkin terjadi di masa depan. Dalam segala hal, jangan lupa untuk bersyukur dan yakinlah.

 

Fokus pada hal positif.  

Belajar merefleksikan diri dengan hal yang positif.  Coba untuk memulai membuat jurnal rasa syukur. Dan maafkan orang lain, yang seringkali membuatmu kesal juga merendahkan dirimu.

Kamu akan tumbuh dengan baik jika memperhatikan hal-hal baik di sekitarmu, meskipun hal baik yang kecil janganlah disepelekan. Hal-hal yang tampaknya kecil itu seperti cinta, kebijaksanaan, dan gairah akan mempercepat kamu menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Quotes Berpikir Positif agar selalu menjadi pribadi yang Optimis:

 

  • “Ketika Anda bangun setiap hari, Anda memiliki dua pilihan. Anda bisa menjadi positif atau negatif; seorang yang optimis atau pesimis. Saya memilih untuk menjadi seorang yang optimis. Ini semua masalah perspektif. ” –Harvey Mackay

 

  • “Orang positif mampu mempertahankan perspektif yang lebih luas dan melihat gambaran besar yang membantu mereka mengidentifikasi solusi sedangkan orang negatif mempertahankan perspektif yang lebih sempit dan cenderung fokus pada masalah.”- Barbara Fredrickson.

 

  • “Pertarungan hidup tidak selalu mengarah pada orang yang lebih kuat atau lebih cepat. Tapi cepat atau lambat, orang yang menang adalah orang yang mengira dia bisa. “– Vince Lombardi

 

  • “Jika Anda memasukkan pikiran negatif ke dalam pikiran Anda, Anda akan mendapatkan hasil negatif. Sama seperti jika Anda menaruh pikiran positif di benak Anda, Anda akan menjadi penerima hasil yang positif. “– Lou Holtz

 

  • “Sikap adalah pilihan. Kebahagiaan adalah pilihan. Optimisme adalah sebuah pilihan. Kebaikan adalah pilihan. Memberi adalah pilihan. Rasa hormat adalah pilihan. Pilihan apa pun yang Anda buat membuat Anda. Pilihlah dengan bijak.”– Roy T. Bennett

 

  • “Kegagalan sangat penting. Kami berbicara tentang kesuksesan setiap saat. Kemampuan untuk menolak kegagalan atau menggunakan kegagalanlah yang sering kali mengarah pada kesuksesan yang lebih besar. Saya telah bertemu orang-orang yang tidak ingin mencoba karena takut gagal. ” –J.K Rowling.

Saat kamu menyadari adanya pikiran negatif, cobalah hentikan pikiran itu dan alihkan fokus ke pikiran positif. Pikiran negatif mungkin tidak akan hilang dalam semalam, namun dengan latihan, kamu bisa melatih diri untuk memiliki pandangan yang lebih positif.

 

Kesimpulan :

Dapat disimpulkan bahwa berpikir positif adalah seseorang dengan menggunakan akal budinya yang mampu membangkitkan semangat untuk perubahan menuju taraf hidup yang lebih baik ,serta menilai pengalaman-pengalaman dalam hidupnya sebagai pengalaman berharga untuk pengalaman berikutnya dan semua itu sebagai proses hidup yang harus diterima.

Berpikir positif bukan hanya perasaan nyaman. Ya, memang baik untuk sekedar “bahagia”, tetapi momen kebahagiaan itu juga penting agar membuka pikiran kamu untuk mengeksplorasi dan membangun keterampilan  diri yang sangat berharga di bidang lain dalam hidupmu.

 

Rekomendasi Buku Berpikir Positif (Positif Thinking)

Beberapa Referensi buku tentang “Berpikir Positif” best seller di Gramedia online & offline store:

 

Kategori: Self Improvement

Judul: JANGAN MEMBUAT MASALAH KECIL JADI MASALAH BESAR – Richard Carlson

Link:https://www.gramedia.com/products/jangan-membuat-masalah-kecil-jadi-masalah-besar-2

 

Kategori : Pengembangan Diri

Judul : THE MAGIC OF POSITIVE THINKING – Oktavia Pramono

Link :https://www.gramedia.com/products/the-magic-of-positive-thiinking-sebuah-seni-mjd-pribadi-suk

 

Kategori : Pengembangan Diri

Judul : The Things You Can See Only When You Slow Down – Haemin Sumin

 

Link :https://www.gramedia.com/products/the-things-you-can-see-only-when-you-slow-down

 

Artikel Terkait Berpikir Positif

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy