in

Cara Meditasi Yang Benar dan Manfaatnya

Cara Meditasi Yang Benar – Meditasi adalah  aktivitas yang memusatkan dan juga menjernihkan pikiran kita sehingga manfaat dari kita melakukan meditasi kita bisa merasakan ketenangan, kenyamanan, dan juga lebih produktif dalam menjalani hari. Dimana aktivitas meditasi ini biasanya dilakukan dengan cara duduk  dengan tenang dengan memejamkan mata dan juga mengatur pernapasan dengan perlahan-lahan dan juga teratur dengan durasi selama 10 menit sampai dengan 20 menit. Aktivitas meditasi ini bisa dilakukan oleh siapapun kalian, dimanapun dan juga kapanpun. Aktivitas ini juga tidak memerlukan peralatan-peralatan atau biaya untuk melakukan aktivitas meditasi ini dan kalian bisa melakukan aktivitas ini secara teratur dan aktivitas bermeditasi ini bisa membantu dan mendukung kesehatan mental dan juga fisik kalian.

Rekomendasi Buku

Meditasi Penyembuhan: Tuntunan Menjadi Manusia Integral dan Seimbang

Deskripsi Buku:

Peziarahan menuju ke kedalaman diri tidak selalu mudah. Namun, hal ini hendaknya kita lakukan kalau kita ingin menggapai hidup sehat dan seimbang. Di tengah dunia yang karut marut ini, kita perlu membangun diri untuk hidup sehat, seimbang, dan terintegrasi sehingga kita menjadi pribadi yang kokoh, kuat diterjang badai kemajuan teknologi dan “pendewaan” aspek intelektual. Kita sering kurang memberikan perhatian yang cukup terhadap aspek fisik dan dunia alam semesta, juga terhadap aspek emosional. Kita menolak dan menghindari pengalaman-pengalaman kemanusiaan. Kita menjadi terluka. Buku ini membantu Anda untuk berani memproses diri dalam perkembangan hidup, untuk menyembuhkan diri dalam rangka mengembangkan dan menyeimbangkan aspek-aspek keberadaan diri.

 

 

Ketika diri kita merasa stres tubuh kita akan melepaskan “hormon stres” dimana dengan pelepasan “hormon stres” akan menyebabkan beberapa efek pada tubuh kita seperti(meningkatnya detak jantung, meningkatnya tekanan darah, mempengaruhi libido dan nafsu makan, menimbulkan perasaan cemas sehingga kita menjadi susah untuk tidur. Perasaan ini setelah terkendalikan oleh kita, tubuh kita akan normal kembali seperti biasa, tetapi pada sebagian orang tidak semua bisa dapat mengendalikan stres dengan mudah dan juga sulit untuk mengontrol stres yang dialaminya.

Untuk kita yang susah untuk menangani dan mengontrol stres kita banyak hal bisa kita lakukan, salah satunya dengan aktivitas meditasi. Aktivitas meditasi ini bisa kita latih untuk membuat kita mengesampingkan hal-hal yang menyebabkan pikiran negatif dalam diri kita yang memicu datangnya stres dalam diri kita.

Terdapat banyak dan beragam jenis dari teknik relaksasi dalam meditasi seperti (yoga, meditasi transendental, tai chi dan Qi gong. Semua dari jenis-jenis meditasi yang ada memiliki tujuan yang sama, untuk mencapai ketenangan diri dan kedamaian dalam tubuh kita.

Manfaat Meditasi

Manfaat dari aktivitas meditasi yang dilakukan dengan ke 10 cara dalam melakukan aktivitas meditasi yang bisa Grameds lakukan berikut berbagai macam manfaat dari aktivitas meditasi untuk kesehatan kita, seperti:

  1. Memperkuat daya tahan tubuh kita
  2. Mengurangi rasa nyeri pada tubuh
  3. Mengurangi emosi
  4. Mencegah dan meringankan gejala pada dalam diri kita, seperti (kecemasan dan depresi)
  5. Meningkatkan konsentrasi, daya ingat, dan juga mencegah kepikunan
  6. Menciptakan kualitas tidur menjadi lebih baik dan mengatasi insomnia pada tubuh
  7. Mencegah adanya tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah pada tubuh agar tetap normal

Rekomendasi Buku

Titik Hening: Meditasi Tanpa Objek

banner-promo-gramedia

Deskripsi Buku:

Dalam meditasi dengan objek, mengumpulkan dan memiliki pengalaman merupakan hal yang amat penting; sementara dalam meditasi tanpa objek, tidak ada yang lebih penting daripada kemampuan melihat dalam kejernihan batin. Untuk melihat dalam kejernihan, pengalaman, pengetahuan, kepercayaan yang sering kali menjadi latar penyaring dalam melihat justru menjadi perintang utama. Terang atau kejernihan dalam melihat segala sesuatu membuat batin terbebaskan dari apa saja yang dilihat. Batin yang bebas dari keterkondisian adalah batin yang hening, murni, suci, religius, dan batin yang hening, mungkin mampu melihat Kebenaran Sejati.

 

Terdapat 2 jenis teknik meditasi yang paling dikenal, yaitu:

  • Meditasi fokus atau konsentrasi, dimana meditasi ini dilakukan dengan cara memusatkan perhatian kita pada suatu objek tertentu baik itu “suatu atau sebuah sensasi lain yang dapat mencapai ketenangan batin tubuh kita

 

  • Meditasi Mindfulness dimana teknik meditasi ini menggabungkan latihan konsentrasi dengan sebuah kesadaran tau perasaan mawas pada tubuh dan diri terhadap kondisi tubuh dan juga lingkungan sekitar kita.

Rekomendasi Buku

Meditasi lilin memasuki pintu hati

Deskripsi Buku:

Luh Ketut Suryani, adalah seorang guru besar bidang Ilmu Kedokteran Jiwa yang telah mempelajari meditasi sejak berusia 14 tahun. Ia mengembangkan pendekatan biopsikospirit-sosiobudaya dalam mencegah dan menyembuhkan penderita gangguan jiwa serta menyehatkan masyarakat sehat agar tetap sehat di dalam negeri dan luar negeri. Ia mengembangkan penggunaan hipnoterapi-spiritual secara indivindu maupun massal dengan konsep reframe memory untuk mengubah arti sebuah trauma sehingga ia mampu memunculkan dirinya yang sebenarnya. Setiap hari Sabtu ia melatih meditasi relaksasi di Wantilan DPRD Bali disamping mengajak perempuan, remaja, dan lajang memahami dirinya. Ia aktif membangkitkan orang Bali untuk menjaga identitas diri sebagai orang Bali dengan menempatkan keluatga sebagai sebuah tim dalam menjaga keharmonisan dan keseimbangan hidup. Ia pun mengajak orang Bali menjaga tanah leluhur Bali sehingga Bali tidak menjadi Betawi kedua di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Three Minute Meditator

Deskripsi Buku:

Meditasi merupakan salah satu kebiasaan paling sehat yang bisa diolah. Tetapi jika baru-baru ini Anda sedang berada dalam perawatan dokter atau menjalani psikoterapi, silakan mendiskusikan program ini terlebih dahulu dengan dokter atau terapis Anda sebelum memulainya. “Jika Anda ingin mulai bermeditasi, bacalah buku hebat ini! Latihan-latihan yang dijelaskan dalam buku ini sungguh bagus, uraian-uraiannya begitu jelas dan penuh humor… Majulah terus. Dalam tiga menit, bagaimana Anda bisa salah?” -Jack Kornfield, Ph.D., Pendiri Insight Meditation Society and Spirit Rock

Cara Meditasi Yang Benar

  • Mengatur Tempat dan Posisi Tubuh

Dengan mengatur tempat dan posisi tubuh kita saat kita melakukan aktivitas meditasi. Pastikan Grameds memilih tempat untuk melakukan aktivitas yang sesuai dan membuat Grameds bisa berkonsentrasi penuh saat melakukan aktivitas meditasi, pemilihan tempat di luar ruangan atau didalam ruangan tanpa menggunakan pencahayaan lampu bisa membuat tubuh Grameds menjadi lebih rileks.

  • Menetapkan Niat dan Tujuan

Melakukan aktivitas meditasi perlu untuk Grameds memikirkan atau mengatakan kepada diri Grameds paya yang diinginkan dari aktivitas meditasi ini dan apa tujuannya sehingga aktivitas meditasi yang dilakukan akan membuat Grameds lebih fokus kepada hal yang ingin ditujukan. Melalui tujuan tersebut Grameds akan mencapai tujuan secara tepat dan melalui tujuan tersebut.

  • Bernafas Secara Perlahan

Melakukan pernapasan dengan pelan dan dalam agar Grameds bisa meningkatkan oksigen yang terhirup ke dalam paru-paru agar jumlah oksigen di dalam darah dan seluruh tubuh bertambah. Hal ini bisa membuat tubuh Grameds menjadi lebih nyaman ketika aktivitas meditasi dilakukan, oksigen yang tercukupi bisa membuat otak menjadi lebih fokus dan jua mudah untuk berkonsentrasi.

  • Merilekskan Tubuh Dengan Nyaman

Agar aktivitas meditasi ini berjalan secara maksimal perlu untuk Grameds untuk melakukan dan menemukan posisi ternyaman untuk melakukan aktivitas meditasi ini baik itu dengan duduk, berbaring, atau bisa dengan berjalan. Posisi tubuh ini sangat membantu menjaga postur tubuh Grameds agar tetap baik saat melakukan aktivitas meditasi ini.

 

Rekomendasi Buku

Manfaat Mediasi Sebagai Alternatif Penyelesaian Sengketa

banner-promo-gramedia

Deskripsi Buku:

Penulis adalah mantan hakim agung yang telah memasuki masa purnabakti. Telah menggeluti dunia litigasi selama lebih dari 42 tahun dan juga merangkap sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum Mahkamah Agung RI. Telah mengikuti berbagai seminar dan training dalam negeri maupun luar negeri, di samping sebagai koordinator dari berbagai penelitian hukum, Penulis juga telah menerbitkan beberapa buku hukum,

  • Mengatur Waktu

Hal waktu ini memiliki waktu yang berbeda-beda dimana waktu bisa Grameds tentukan sendiri, pastikan Grameds memilih waktu yang efektif dan rutin dalam melakukan aktivitas meditasi ini. Semakin Grameds turin dalam melakukan aktivitas meditasi ini, Grameds bisa menambahkan waktu durasi aktivitas ini dari waktu ke waktu. Grameds bisa menggunakan timer saat melakukan aktivitas meditasi ini agar tidak perlu ribet-ribet melihat jam di dinding atau jam tangan.

 

  • Menyingkirkan PIkiran-Pikiran Negatif dalam Diri

Menyingkirkan pikiran-pikiran negatif dalam diri Grameds perlu untuk dilakukan dalam proses melakukan aktivitas meditasi ini dimana Grameds balam proses mengatur pernapasan bisa fokus sehingga Grameds bisa membuang pikiran-pikiran negatif yang ada maka alam bawah sadar Grameds bisa langsung bekerja membantu semua energi negatif yang ada di dalam pikiran Grameds

  • Konsentrasi

Selama melakukan aktivitas meditasi ini mungkin Grameds akan didatangkan dekan pikiran-pikiran lain, hal ini bisa Grameds kesampingkan, berusahalah konsentrasi dan kembali fokus dengan aktivitas meditasi ini dengan fokus dengan alur pernapasan Grameds

 

  • Peka akan Fokus Tubuh

Peka akan fokus tubuh perlu untuk Grameds lakukan setelah melakukan step-step di atas dimana fokus pada apa yang ingin Grameds lakukan selama melakukan aktivitas meditasi ini. Jika Grameds merupakan pemula dalam melakukan meditasi ini Grameds bisa melakukan teknik “fokus pada satu titik” dimana Grameds bisa melakukan fokus pada satu objek kecil seperti pada (nafas, suara air, musik, berfokus pada suara sekitar, dan hal-hal lain).

 

Rekomendasi Buku

Meditasi Kristiani: Menjadi Pribadi yang Bahagia

Deskripsi Buku:

banner-promo-gramedia

Tujuan buku “Meditasi Kristiani: menjadi pribadi yang bahagia” adalah, pertama agar kita semakin mampu mengenal siapa diri kita, yakni ciptaan tertinggi yang sangat dicintai Allah, dan mengembangkan kemampuan- kemampuan yang telah Allah anugerahkan kepada kita. Kedua, kita mengerti apa tujuan dari kehidupan kita atau “PR” (baca: panggilan tugas) kita masing-masing di tengah dunia ini. Penulis yakin bahwa ketika kita mengenal dengan baik dan sungguh sadar akan keduanya, bukanlah sesuatu yang mustahil, “menjadi pribadi yang bahagia” menjadi nyata. Ada delapan tema yang ditawarkan kepada kita. Pertama, Mengenal “Siapa Aku”. Kedua, Menyadari “Untuk Apa Aku Diciptakan”. Ketiga, Menyadari “Kemampuan-kemampuan yang Dianugerahkan Kepadaku”.

 

Grameds diharapkan bisa mempertahankan fokus tersebut selama melakukan aktivitas meditasi ini tanpa dikecoh oleh pikiran-pikiran Grameds seperti perasaan negatif atau suara-suara dalam pikiran Grameds, jika Grameds berhasil untuk fokus dengan hal-hal baik seperti fokus dengan pernapasan Grameds bisa mengambil nafas panjan melalui hidung dan lakukan seolah-olah perut merupakan balon kecil yang menggembung seiring Grameds mengambil napas. Setelah selesai melakukan pengambilan nafas yang panjang barulah Grameds menghembuskan nafas melalui mulut dan lakukan seolah-olah perut menjadi balon yang mengempis. Grameds bisa melakukan teknik pernapasan tersebut selama aktivitas meditasi berlangsung dan tetap fokus pada suara napas.

Cara-cara melakukan aktivitas meditasi di atas bisa Grameds jadikan contoh jika Gramed tertarik dan ingin mencoba aktivitas meditasi, ingat kunci utama yang harus Grameds selalu ingat adalah selalu fokus dan berkonsentrasi selama melakukan aktivitas meditasi.

Nah itulah manfaat dan cara dari aktivitas meditasi yang bisa menjadi aktivitas yang bisa Grameds lakukan di tahun yang baru ini, diharapkan bisa membantu dan memberikan manfaat dan cara dari bermeditasi ini bisa bermanfaat untuk Grameds! Berbagai buku tentang aktivitas meditasi juga tersedia di Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas kamu yang akan selalu siap sedia menyediakan berbagai buku pilihan yang berkualitas serta bermanfaat. Semoga bermanfaat!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea