in

Pengertian Self love, Quotes Self Love & Cara Mencintai Diri Sendiri

Self love, Cara Mencintai Diri Sendiri, dan Kata-Kata Bijak Mencintai Diri Sendiri

 

PENGERTIAN SELF LOVE

“Jika kita tidak bisa mencintai diri sendiri maka siapa yang mencintai diri kita?” 

Pertanyaan itu terlihat sederhana, tetapi sangat penting untuk diri sendiri karena dapat mempengaruhi kehidupan kita kedepannya. Jika kita berpikir bahwa kita adalah seorang yang buruk, tidak berharga, tidak layak, dan lain-lain maka semua hal yang kita lakukan seperti tidak penting atau tidak ada gunanya dalam kehidupan. Bahkan hal terburuknya adalah membenci diri sendiri.

 

Namun, jika kita berpikir sebaliknya maka semua hal yang kita akan lakukan seperti bermanfaat dalam kehidupan dan kita bisa mencintai diri sendiri. Bangga dengan apa yang kita lakukan dan bisa mencintai diri sendiri disebut self love.

 

12 Langkah Menjadi Diri Sendiri
12 Langkah Menjadi Diri Sendiri

tombol beli buku

Di zaman modern ini masyarakat sudah banyak yang tahu bahwa self love sangat penting. Self love itu sendiri memiliki arti mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri yang bertujuan untuk kebahagiaan pada diri sendiri. Namun, ada beberapa orang yang mengartikan self love yaitu memiliki rasa percaya dan bangga terhadap kemampuan diri sendiri. Singkatnya, diri sendiri berhak bahagia dan bangga atas apa yang kita pilih dan lakukan.

 

Menerapkan self love dalam keadaan apapun sangatlah penting karena dengan self love kita akan menerima diri kita apa adanya. Bukan hanya itu, menerapkan self love bisa membuat pikiran kita lebih positif, jika pikiran sudah positif semua hal bisa dilakukan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

 

Untuk mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri dibutuhkan waktu yang sangat lama. Meskipun membutuhkan waktu lama kita harus bisa mencintai diri kita sendiri. Dalam beberapa kasus, ada yang tidak bisa mencintai diri sendiri karena beberapa hal. Kasus itu bisa disebut dengan kesehatan mental dan solusi terbaiknya adalah pergi ke psikolog untuk konsultasi. Konsultasi secara rutin dapat menyembuhkan gangguan mental dan bisa mencintai diri sendiri.

 

 

MULAI MENGENAL DIRI SENDIRI DAN SELF LOVE

Apakah kamu sudah mengenali dirimu dengan baik? Tak jarang seseorang justru merasa asing dengan dirinya sendiri. Mereka seolah-olah manusia yang kosong hidup dalam bayang-bayang orang lain tanpa mengetahui apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Kejadian semacam ini mungkin kerap terjadi karena tuntutan orang tua, tekanan lingkungan sosial, atau desakan privilege seseorang yang tidak bisa melakukan atau mengekspresikan dirinya sendiri. Hal ini akan memudahkan seseorang untuk terjebak dalam kebingungan dan keterpurukan.
Situasi semacam ini akan membuat seseorang kurang mencintai dirinya karena terus merasa kurang dihadapan orang lain. Padahal dalam setiap diri seseorang sudah pasti tersemat potensi dan keistimewaan.

banner-promo-gramedia

Manusia itu adalah makhluk yang otentik. Namun tidak semua orang menyadarinya dan terus mengikuti persepsi orang lain bahwa yang baik itu seperti ini, yang seharusnya itu seperti itu, dan sebagainya.
Di Tengah desakan mental itu, mulai mengenal sendiri adalah langkah bijak yang bisa dilakukan. Mengenal diri sendiri artinya berusaha memahami diri dari segala sesuatu yang dimiliki oleh dirinya sendiri, baik itu kelebihan atau kekurangan.

Mengenal diri sendiri juga menyinkronkan keinginan dan realita agar kita lebih menerima diri kita dalam kondisi apapun. Orang yang berhasil mengenali dirinya secara tidak langsung pasti mencintai dirinya sendiri karena mereka mengetahui potensi dan keinginannya sendiri.

Gramedia memiliki sebuah buku untuk memandumu mengenal diri sendiri dan menjadi diri sendiri.

Sebuah Panduan Untuk Menjadi Diri Sendiri
Sebuah Panduan Untuk Menjadi Diri Sendiri

tombol beli buku

 

 

Self love atau mencintai diri sendiri merupakan kesadaran seseorang untuk lebih memprioritaskan diri sendiri dan berhenti sesaat dari menilai diri sendiri dengan orang lain. Self love bukan berarti egois hanya memikirkan diri sendiri, hanya mengikuti kehendak atau mengikuti kesenangan sendiri, namun memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya. Dengan cara self love seseorang akan lebih sehat secara mental karena mental yang bermasalh banyak disebabkan oleh diri sendiri yang kurang kuat menghadapi kesulitan dan masalah.

Untuk mengenal dan memahami diri lebih baik, kamu bisa membaca dua buku pengembangan diri ini. Buku Seni Mengenal Diri Sendiri dan Berdamai dengan Diri Sendiri banyak mengulas tentang konsep diri yang tidak disadari banyak orang. Perkembangan zaman dan teknologi rupanya juga banyak mempengaruhi pola pikir manusia tentang konsep diri yang justru kian menurun karena status sosial yang mengerikan

 

CARA MENCINTAI DIRI SENDIRI

self loveGambar dari pixabay

 

Self love bisa dilakukan dengan diri sendiri atau dengan bantuan orang lain seperti psikolog atau psikiater. Jika belum ingin ke psikolog atau psikiater kita bisa melakukannya dengan diri sendiri. Berikut cara-cara melakukan self love yang dilakukan dengan diri sendiri.

 

1. Menjaga diri sendiri

Bagi pemula yang ingin mendapatkan self love sebaiknya dimulai dengan melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan tubuh. Mempunyai tubuh yang sehat merupakan bagian dari mencintai diri sendiri. Dengan tubuh yang sehat kita akan mudah untuk melakukan aktivitas. Menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan cara berolahraga seperti lari, berenang, bersepeda, dan lain-lain. Agar tubuh semakin sehat sebaiknya menjaga pola makan dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Smart Eating Yohanes Sunardi
Smart Eating Yohanes Sunardi

tombol beli buku

Singkatnya mencintai diri sendiri dimulai dari menjaga tubuh agar tetap sehat. Jadi, lakukan cara untuk menjaga diri secara rutin agar tubuh terjaga dengan baik dan sehat. Tubuh yang sehat bisa memberikan energi positif ketika memulai aktivitas.

Buku Smart Eating Karya Yohanes Sunardi ini cocok untu kamu yang menjaga tubuh karena sehat itu adalah pilihan. Buku ini dilengkapi dengan Kamus Makanan, Minuman, jajanan Dan Sayuran Sehat Dan Ideal

Dengan 4 M:

– Mengurangi stress

– Membiarkan Tubuh Aktif

banner-promo-gramedia

– Mengatur Apa yang dimakan dan diminum

– memastikan tidur berkualitas

 

2. Belajar untuk bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu cara untuk mencintai diri sendiri. Dengan bersyukur membuat diri kita lebih bahagia karena terhindar dari sifat iri. Sifat iri pada orang lain dapat menyebabkan diri kita menjadi minder dan yang lebih parahnya merasa tidak mampu seperti orang itu. Langkah awal ketika sifat iri muncul dalam diri kita adalah menanamkan kalimat “terkadang kita suka lupa kalau setiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.”

 

Sebaiknya, sehari sekali menemukan dan mencatat hal apa yang bisa disyukuri hari ini. Hal itu merupakan salah satu cara untuk melatih diri sendiri agar tetap bersyukur akan keadaan kita hari ini. Jadi, cobalah bersyukur untuk hari ini dan rasakan manfaat dari bersyukur. Lakukan hal itu (bersyukur) secara rutin dan perlahan-perlahan kita akan terbiasa untuk bersyukur pada setiap keadaan baik itu senang atau sedih.

Buku ini dapat mengubah perspektif dalam memandang sebuah kehidupan. Dimana Anda akan diajarkan lebih bersyukur lagi, walaupun dengan cara-cara yang sederhana

Gratitude Greatmind
Gratitude Greatmind

tombol beli buku

3. Yakin terhadap setiap keputusan

Siapa yang akan bertanggung jawab kalau kita salah mengambil keputusan? Tentunya diri sendiri karena setiap individu harus bisa menentukan hal apa yang kita inginkan dan kita butuhkan. Oleh karena itu, mencintai diri sendiri dengan cara seperti ini harus kita terapkan semaksimal mungkin.

 

Berani dan yakin dalam mengambil keputusan termasuk cara untuk mencintai diri sendiri. Dengan hal ini, kita akan berani bertanggung jawab terhadap sesuatu yang sudah kita pilih. Namun, ada hal yang perlu diperhatikan ketika mencintai diri sendiri dengan cara seperti ini, yaitu memikirkan dan mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang agar keputusan yang dipilih tidak salah dan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

 

Cara mencintai diri sendiri seperti ini memiliki manfaat yang baik untuk mengenal diri sendiri karena dengan cara mengambil keputusan yang sudah kita pilih secara tidak langsung kita akan mengenal diri sendiri. Maksudnya kita bisa tahu apa yang diinginkan dan dibutuhkan untuk diri kita.



 

Banyak hal yang dapat dimaknai dari kehidupan yang saat ini sedang kita jalani, baik hal baik, buruk, maupun tidak terduga. Tentunya, banyak sekali hal dalam hidup ini. Sering kali, kita memaknai sebuah pilihan sebagai representasi “yes atau no”, “ya atau tidak”, “baik atau buruk”, serta “lakukan atau jangan lakukan”. Padahal, pilihan jauh lebih luas daripada itu. Bahkan, memilih merupakan sebuah kegiatan yang bisa kita lakukan tanpa perlu menyadarinya. Bagaimana cara agar setiap pilihan yang kita lakukan; benar atau salah, baik atau buruk, atau jika semua pilihan terlihat abu-abu bisa menjadi bermakna? Tentu kita harus mengetahui caranya. Sebab, kita hidup untuk memilih dan kita memilih untuk hidup.

Hidup Itu Pilihan Ghyna
Hidup Itu Pilihan Ghyna

tombol beli buku

4. Menjauhi pertemanan dan lingkungan yang toxic

Pertemanan bisa memberikan energi yang baik atau energi yang buruk,  maka kita harus bisa memilih pertemanan yang bermanfaat bagi diri kita. Singkatnya setiap individu berhak memilih berteman dengan siapa saja tanpa harus membencinya.

 

Bukan hanya pertemanan, lingkungan saat kita menjalani kehidupan juga ada yang memberikan energi positif dan ada juga yang memberikan energi negatif. Lingkungan dan pertemanan yang sehat akan membuat mental kita lebih sehat.

 

Jangan pernah takut untuk meninggalkan lingkungan dan pertemanan yang kurang baik. Hal ini sangat penting karena menyangkut kebahagiaan diri Anda. Memang awalnya akan muncul rasa tidak enak dan mungkin menyakitkan, tetapi kedepannya hidup kita menjadi lebih tenang dan bahagia.

 

Ingat berpura-pura bahagia itu melelahkan! Berpura-pura bahagia ibarat memakai topeng ke manapun kita pergi. Jelas ini bukanlah diri kita yang sesungguhnya. Dan yang pasti, jika kita kemana-mana bertopeng apa tidak gerah? Lebih baik kita menampakan muka “sejuk” yang sesungguhnya

 

5. Mencari kebahagiaan untuk diri sendiri

Self love sangat penting bagi kita, cara berikutnya agar kita dapat mencintai diri sendiri adalah mencari kebahagiaan untuk diri sendiri. Salah satu cara terbaik untuk membuat diri bahagia adalah memfokuskan banyak waktu dan perhatian pada tubuh kita. Dengan memfokuskan diri pada tubuh kita maka akan langsung mengetahui apa yang dibutuhkan agar diri kita bahagia.

 

Anda bisa bereksperimen tentang kegiatan yang Anda sukai. Misalnya Anda senang memasak, maka lakukan hal itu sebagai metode self healing. Agar lebih menantang, coba cari resep baru yang belum pernah Anda coba. Jika diri Anda sudah bahagia, maka energi akan terkumpul dan Anda memulai aktivitas dengan lebih semangat.

Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang
Sayangi Dirimu, Berhentilah Menyenangkan Semua Orang

tombol beli buku

6. Ekspresikan diri sendiri

Cara selanjutnya untuk mencintai diri sendiri adalah mengekspresikan diri atau mengungkapkan sesuatu yang kita inginkan. Mengekspresikan diri dapat dilakukan dengan cara membuat sesuatu yang kita sukai seperti memasak, menggambar, menulis, dan masih banyak hal lainnya. Dengan mengekspresikan diri kita akan mengetahui hal apa yang kita sukai dan kita banggakan.

 

Sudahkah Anda mengekspresikan diri?. Sesibuk apapun kamu harus meluangkan waktu untuk mengeluarkan isi hati yang kadang terpendam. saat Anda marah, sedih, takut ataupun senang, luapkan semua dalam bentuk gambar, tulisan, atau karya lainnya.  Banyak pekerja seni yang berhasil menelurkan karya masterpiece-nya saat mereka menyalurkan semua energi yang mereka rasa. Selain tubuh menjadi lebih rileks, Anda pun menjadi lebih produktif bukan?

Saatnya Anda think big!

book of think big
book of think big

 

7. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Pada dasarnya setiap orang selalu ingin menjadi lebih baik dari kehidupan sebelumnya. Di zaman yang serba teknologi, perkembangan media sosial membuat kita sering membandingkan kehidupan dengan orang lain. Padahal, membandingkan diri sendiri dengan orang lain dapat memunculkan rasa minder dan tidak percaya dengan kemampuan yang kita miliki.

 

Yakini bahwa Anda adalah pribadi yang unik dengan segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Namun tak ada salahnya untuk menjadikan orang lain sebagai acuan, terkadang Anda membutuhkan suntikan semangat untuk mencapai sesuatu yang diinginkan. Dengan begitu Anda akan lebih bergairah dan semangat untuk terus mencapai titik maksimum yang Anda miliki.

 

Berhentilah membandingkan karena kamu tak harus sempurna  Buku ini membantu Untuk kamu, yang memiliki keberanian untuk bertumbuh dan menyembuhkan diri dari pengalaman relasi yang menyakitkan dan “toxic”. Untuk kamu, yang mulai ingin tahu bagaimana cara connect dengan diri yang dalam. Bagaimana cara mengenali, menerima, & menyadari emosi yang sedang dirasakan.

Kamu Tak Harus Sempurna
Kamu Tak Harus Sempurna

tombol beli buku

 

8. Percaya pada diri sendiri

Jangan khawatir ketika orang lain mengomentari tentang diri Anda. Setiap orang berhak memberikan komentar, entah itu komentar baik ataupun buruk. Tak usah risau dengan apa yang mereka lontarkan, karena sesungguhnya Anda tidak bisa mengontrol sikap seseorang. Yang bisa Anda kontrol adalah diri Anda sendiri, maka tetap tenang dan fokus pada hal yang membahagiakan Anda.

 

Kita belum bisa mencintai diri sendiri jika belum bisa percaya akan kemampuan diri. Dengan percaya pada diri sendiri kita akan yakin bisa menyelesaikan beberapa masalah tanpa bantuan orang lain. Percaya pada diri sendiri bisa membuat kita lebih mandiri. Mandiri merupakan salah pencapaian dalam hidup yang patut dibanggakan karena bisa mengembangkan kemampuan yang sudah dimiliki oleh setiap orang.

PEDE itu mudah, menyenangkan, dan tentu bisa dipelajari. Bukan dengan teori-teori atau duduk di sebuah seminar, tapi dengan… “DIPRAKTEKIN”, buku ini dapat mengajarkan Anda lebih dalam agar lebih percaya diri.

Percaya Diri itu Dipraktekin Tim Wesfix
Percaya Diri itu Dipraktekin Tim Wesfix

tombol beli buku

9. Melakukan Langkah Kecil

Self love dapat dimulai dari langkah dan hal-hal kecil. Misalnya dengan memeluk diri sendiri jika merasa takut atau sedih dan percaya bahwa kamu akan sembuh.

 

10. Membuat Pendekatan yang Mudah dan Lembut

Bersikap lembut dengan diri sendiri akan semakin baik. Mencintai diri sendiri berarti selalu bersikap dengan diri sendiri. Misalnya meluangkan untuk istirahat yang cukup meskipun sedang sangat sibuk.

 

11. Bersikap Konsisten

Sikap konsisten dengan hal-hal baik dapat membuat self love dalam diri seseorang semakin kuat. Sikap konsisten juga akan mendatang kebiasaan baik dalam diri seseorang.

 

12. Rayakan Kesuksesan Sekecil Apapun

Cara self love yang perlu kamu lakukan adalah menghargai diri sendiri dan mengapresiasi setiap keberhasilan sekecil apapun. Kamu harus tetap menghargai hal-hal kecil yang menghampirimu dengan rasa syukur.

 

13. Membuat Pendekatan yang Mudah dan Lembut

Bersikap lembut dengan diri sendiri akan semakin baik. Mencintai diri sendiri berarti selalu bersikap dengan diri sendiri. Misalnya meluangkan untuk istirahat yang cukup meskipun sedang sangat sibuk.

 

14. Bersikap Konsisten

Sikap konsisten dengan hal-hal baik dapat membuat self love dalam diri seseorang semakin kuat. Sikap konsisten juga akan mendatang kebiasaan baik dalam diri seseorang.

 

15. Mencari Bantuan

Seseorang tentu membutuhkan bantuan jika ingin berubah atau beranjak dari keterpurukan. Jangan ragu meminta bantuan orang lain jika kamu kesulitan karena hal itu juga akan menyelamatkanmu. Setiap orang memiliki kelebihan sendiri dan tidak perlu malu atau gengsi untuk menyatakan kelemahan tersebut. Jangan sampai kelemahan tersebut justru membuatmu membenci diri sendiri.

16. Berpikir Positif

Mencintai diri sendiri akan lebih mudah jika didasarkan pada pikiran positif dibandingkan dengan rasa bersalah, malu, cemas, takut, atau insecure. Berpikir positiflah dengan diri sendiri dan sekitarmu agar hidupmu lebih nyaman dan damai.

 

Buku Rekomendasi Self Love

Love Your Life Love Your Self

Love Your Life Love Your Self

tombol beli buku

“Be yourself,” sebuah nasihat yang tak pernah basi diulang-ulang dari zaman bahuela hingga zaman milenial. Faktanya memang demikian. Banyak orang yang kesulitan menjadi diri mereka sendiri. Jadilah dirimu sendiri. Tak peduli banyak orang mencibir pilihan jurusan kuliahmu hanya karena terlihat kurang prospektif.

Cintailah dirimu sendiri, meskipun kamu seorang perempuan yang senang belepotan dengan oli misalnya. Kamu sendiri yang menjalani kehidupanmu. Kamu sendiri yang akan menjalani jatuh bangun perjuanganmu sebelum akhirnya mendapatkan apa yang kamu impikan dan perjuangkan. Sekali lagi, kamu sendiri yang menjadi tokoh utama dalam lakon hidupmu. Bukan tetanggamu, teman-temanmu, ataupun follower mediasosialmu. Jalani pilihan hidupmu dengan menjadi diri sendiri.

 

Seni Mengenal Diri Sendiri

Seni Mengenal Diri Sendiri

tombol beli buku

Seni Mengenal Diri Sendiri, seri seni hidup selanjutnya yang siap untuk kalian baca. Buku ini merupakan catatan dan panduan bagi Anda tentang cara mengenal dan mengelola diri sendiri. Dengan menerapkan pedoman di dalamnya, maka Anda dapat segera bertindak untuk mengenal diri sendiri dan kemauan Anda yang sebenarnya. Kejenuhan dalam menjalani hidup sangat mungkin terjadi karena Anda tidak benar-benar mengenal diri sendiri.

Anda juga merasa tidak bersemangat karena Anda tidak menyadari tujuan hidup Anda. Mengenal diri sendiri bisa menjadi titik awal bagi Anda untuk menuju kebahagiaan hidup. Memang ukuran kebahagiaan setiap orang itu berbeda-beda, seperti jabatan tinggi, kekayaan, keluarga yang sempurna, dan sebagainya.

Namun, apa pun tujuannya, Anda harus memahami diri sendiri dan mengetahui tujuan hidup tersebut, jika Anda asing terhadap diri sendiri, maka Anda akan sering merasa resah, gelisah, dan kehilangan arah. Kali ini tersedia 2 pilihan pemesanan, yang pertama, kalian bisa membeli 1 buku saja, lalu pilihan kedua, kalian bisa membeli 1 buku seni mengenal diri sendiri + 2 buku yang kalian pilih sendiri sesuai pilihan yang sudah disediakan atau bisa juga menggunakan buku pilihan yang acak. Silakan tentukan pilahan kalian.

 

A Handbook For Self Love

A Handbook For Self-Love Astrid Savitri
A Handbook For Self-Love Astrid Savitri

tombol beli buku

Musuh terbesar kita adalah diri sendiri. Kita bisa saja mengabaikan orang lain yang membenci dan mengkritik, tapi lain halnya jika si pembenci dan si pengkritik itu adalah diri sendiri. Pada kenyataannya, perasaan tidak berharga dan benci diri menjadi sesuatu yang sangat membatasi hidup kita.

Mengapa cintai diri itu penting? Hukum terpenting semesta adalah cinta, dan cinta itu dimulai di dalam diri, untuk diri sendiri. Itu adalah inti dari keberadaan kita. Hanya dengan bergerak mendekat untuk mencintai sepenuhnya siapa diri pada saat ini, kita dapat bergerak lebih dekat ke kehidupan yang bahagia dan bebas.

Buku ini lahir dari kepedulian ketika melihat begitu banyak orang yang merasa benci diri atau tidak tahu bagaimana harus cinta diri, padahal mereka adalah orang-orang yang sangat unik dan berbakat. Melalui buku ini, yuk kita belajar cinta diri sehingga dapat menemukan kebahagiaan melalui cinta diri. Selamat membaca.

Kamu berharga, Kamu luar biasa, Kamu sempurna apa adanya, Kamu selalu dan akan selalu begitu.

 

Love Your Self

Love Your Self Relevantiana
Love Your Self Relevantiana

tombol beli buku

Jika saat ini kamu belum berhasil menujudkan keinginan, bersabarlah. yakin saja, di depan sana kerberhasilanmu sudah menunggu. melambai menantimu dalam naktu jika saat ini kamu masih didera kegagalan, gagal dalam cinta, gagal dalam pertemanan, gagal dalam cita-cita, jangan gusar, bersabarlah. kegagalan hanyalah tangga untukmu mendaki keberhasilan. yang harus kau lakukan hanyalah mencoba lagi, bangkit lagi, bangun kembali.

Kita sering lupa, musuh terbesar kita adalah diri sendiri. modal terbesar kita pun diri sendiri. kegagalah dalam hal apa pun, jangan membuatmu menyalahkan diri sendiri. sikap menyalahkan hanya membuatmu terpuruk, hanya akan menenggelamkan semua potensimu. berhentilah bersikap negatif pada diri sendiri. Sebaliknya, cintai dirimu sepenuh hati, berlapang dada menerima kenyataan, maafkan diri yang memang tak akan pernah luput dari kesalahan dan kelemahan. kita memang makhluk yang diciptakan paling sempurna. tapi tidak ada pribadi yang sempurna di dunia ini.

 

PENTINGNYA MENCINTAI DIRI SENDIRI / Self Love

self loveGambar dari pixabay

 

Pada dasarnya self love itu sudah dimiliki oleh setiap orang, tetapi tidak semua orang tahu atau bahkan mampu melakukan self love. Dengan self love, hubungan dengan orang lain akan lebih bermanfaat, memiliki motivasi tinggi terhadap diri sendiri, yakin bahwa akan mencapai mimpi yang ingin dicapai, dan yang terakhir yaitu percaya kepada diri sendiri agar tidak merasa malu dengan kemampuan orang lain dan bangga dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Hal terpenting yang bisa kita dapatkan dari self love adalah ketenangan dalam menjalani kehidupan. Jika kita bisa menerapkan self love dengan baik, kesehatan mental kita akan terjaga dengan baik. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika menerapkan self love dalam kehidupan.

 

1. Terbiasa melakukan hidup sehat

Manfaat pertama yang bisa kita dapatkan dari self love adalah kita akan terbiasa dengan hidup sehat. Manfaat ini terjadi karena seseorang yang melakukan self love akan memikirkan kesehatan untuk diri sendiri. Hidup sehat dapat dimulai dengan memakan makanan yang sehat dan bergizi, berolahraga, dan masih banyak lagi.

Sehat Tanpa Repot, Panduan Untuk Memilih Makanan Dan Minuman Dengan Tepat Untuk Hidup Sehat
Sehat Tanpa Repot, Panduan Untuk Memilih Makanan Dan Minuman Dengan Tepat Untuk Hidup Sehat

tombol beli buku

 

2. Hidup yang dijalani akan lebih bahagia 

Manfaat kedua dari self love adalah diri sendiri akan lebih mudah untuk menerima segala kekurangan dan kelebihan yang dimiliki. Prinsip menerima kekurangan dan kelebihan ini merupakan sikap apa adanya yang dimiliki oleh setiap individu. Maksudnya dengan sikap ini semua hal yang kita miliki akan diterima dengan rasa syukur.

 

Dengan sikap ini juga setiap individu akan lebih bertanggung jawab atas semua hal yang dilakukan. Setiap hal yang dilakukan pasti sudah melalui pemilihan dan sudah diputuskan dengan matang. Hal yang akan didapatkan dari pemilihan dan keputusan yang baik adalah diri sendiri akan lebih puas dan bisa mengontrol diri.

 

Buku Antistres : Cara Tetap Bahagia Saat Hidup Penuh Masalah HELAINE BECKER
Buku Antistres : Cara Tetap Bahagia Saat Hidup Penuh Masalah HELAINE BECKER

tombol beli buku

3. Terbebas dari apa yang orang lain pikirkan tentang Anda

Manfaat ketiga dari self love adalah percaya pada setiap keputusan yang diambil tanpa harus memikirkan pendapat orang lain. Jika kita memutuskan suatu hal karena orang lain dan keputusan itu tidak baik bagi diri sendiri, lalu apakah kita akan menyalahkan orang lain? Tentu saja tidak.

 

Oleh karena itu, seseorang yang sudah bisa menerapkan self love akan memilih dan memutuskan suatu hal sesuai dengan keinginannya, berikut sadar penuh akan segala konsekuensinya. Oleh karena itu ia akan berpikir matang-matang dalam bertindak agar tidak merugikan diri sendiri.

Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

tombol beli buku

 

4. Membangun sifat percaya diri

Manfaat dari self love keempat adalah sifat percaya diri akan lebih terlatih. Jika sudah terbiasa dengan sifat percaya diri maka kita akan menjadi pribadi yang lebih mandiri.

 

Sifat mandiri ini bisa membuat diri sendiri lebih mudah menghadapi berbagai macam masalah dengan bijak dan tegar. Sifat percaya diri dapat dilatih dengan cara menerima semua hal yang ada di dalam diri termasuk kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

How to Be Confident Anna Barnes
How to Be Confident Anna Barnes

tombol beli buku

5. Mampu menerima diri sendiri

Manfaat dari self love kelima adalah kita bisa berdamai dengan diri sendiri baik itu berdamai dengan masa lalu, berdamai dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, berdamai dengan lingkungan, dan lain-lain. Ketika berdamai dengan diri sendiri maka kita akan mencintai diri sendiri. Hal yang perlu diingat adalah mencintai diri sendiri tidak selamanya berhubungan dengan masa depan.

Seni Memahami & Menerima Diri Aba Mehmed Agha
Seni Memahami & Menerima Diri Aba Mehmed Agha

tombol beli buku

MANFAAT MENCINTAI DIRI SENDIRI

Self love mungkin tidak semudah yang kita bayangkan jika melakukannya. Meskipun tampak sederhana, untuk menyembuhkan diri sendiri mungkin perlu waktu dan kondisi yang tepat. Namun kesulitan itu akan membuahkan hasil yang manis. Self love nyatanya tidak bekerja sia-sia. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan oleh orang yang berhasil mencintai diri sendiri.

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Kecenderungan orang yang mencintai dirinya tidak akan mudah terjebak dalam kekurangan atau kelemahan diri karena situasi tertentu atau karena kegagalan kecil. Self love akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang dan membuatnya tidak takut untuk gagal atau ditolak. Hal ini membuat orang yang mencintai dirinya akan lebih menikmati hidup dan tidak mudah stres atau cemas.

365 Jurus Anti-Stress
365 Jurus Anti-Stress

tombol beli buku
2. Mendapatkan Kepuasan Hidup

Ketika seseorang benar-benar mencintai dirinya, dia akan menciptakan pola pikir penerimaan pada dirinya. Dia akan bersedia menerima proses dan tahap pada situasi hidupnya dan bertanggung jawab atas tindakan mereka. Self love akan memberikan kekuatan pada diri seseorang untuk menghargai pencapaian atau keberhasilan sekecil apapun darinya. Hal ini membuat orang yang mencintai dirinya lebih bersyukur dan lebih puas dengan hidup mereka.

Di Sini dan Saat Ini: Pendekatan Sehat Mental untuk Menikmati Setiap Momen di Masa Kini Putra Wiramuda
Di Sini dan Saat Ini: Pendekatan Sehat Mental untuk Menikmati Setiap Momen di Masa Kini Putra Wiramuda

tombol beli buku

3. Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Self love membuat seseorang lebih peduli dengan kesehatan dirinya. Dia merasa pola hidup sehat adalah cara untuk menyayangi tubuh dan dirinya. Gaya hidup sehat biasanya menjadi prinsip pola hidup yang dilakukan oleh seseorang yang mencintai dirinya. Self love akan memberi motivasi untuk memasukan tujuan seseorang dalam aktivitas sehari-hari mereka. Hal ini akan menimbulkan hasil positif dari gaya hidup untuk membangun kepercayaan diri dan memulai tantangan baru.

Kebiasaan hidup sehat yang dilakukan seorang yang mencintai dirinya tidak hanya berbentuk fisik, melainkan juga sehat secara psikologis. Mereka akan lebih bersyukur, banyak menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri, melatih kesadaran penuh, memaafkan diri sendiri, dan lebih percaya dengan diri sendiri.

4. Belajar untuk Menghadapi Kesulitan

Melalui peristiwa atau situasi yang sulit, orang yang mencintai diri sendiri tidak akan merasa stres atau tidak nyaman. Mereka tidak membandingkan dengan kesuksesan orang lain dan tidak merasa bersaing dengan siapa pun. Self love akan membuat seseorang lebih menerima kesulitan dan masalah. Bahkan orang yang mencintai diri sendiri cenderung optimis, mau menjadi kreatif, dan mencoba hal-hal baru.

Rekomendasi buku dari gramedia yaitu Tuhan, kenapa aku tidak bahagia?

Setiap orang pasti ingin sekali hidup bahagia, tetapi banyak yang hanya diam saja dan tidak berbuat apa-apa. Sesungguhnya kebahagiaan itu harus dicari dan diperjuangkan, kebahagiaan tidak akan datang dengan sendirinya. Allah tidak akan memberimu kebahagiaan jika kau hanya berdiam diri. Buku yang sederhana ini ditulis bagi pembaca yang ingin menjadi lebih bahagia dalam hidupnya. Untuk menjadi bahagia, seseorang harus mengubah paradigma berpikirnya. Buku ini bisa dibaca dari awal hingga akhir, tetapi bisa juga dibaca secara acak untuk mendapatkan nasihat dan motivasi yang terbaik untuk kondisi yang sedang kaualami.

Tuhan, Kenapa Aku Tidak Bahagia? A.K
Tuhan, Kenapa Aku Tidak Bahagia? A.K

tombol beli buku

5. Mengembangkan Harga Diri yang Sehat

Self love akan mengembangkan harga diri seseorang. Orang yang mencintai diri sendiri akan merasa nyaman dengan kemampuan, pendapat, dan kekurang dirinya. Harga diri yang sehat berarti seseorang mampu memahami kegagalan bukan indikator kekalahan yang menyakitkan melainkan sebuah kesempatan untuk belajar. Orang yang mencintai diri sendiri memiliki tingkat harga diri yang tinggi, sehingga mereka cenderung tidak mudah menderita karena kesepian, cemas, atau mudah menggunakan barang-barang terlarang.

6. Meningkatkan Daya Tarik

Perubahan pertama yang akan terlihat ketika seseorang mulai mencintai diri sendiri adalah keyakinan. Self love akan membantu seseorang menghilangkan hambatan mental ketika berkomunikasi dengan orang lain dan mengekspresikan diri. Orang yang mencintai diri sendiri biasanya terlihat beraura positif dan selalu menyenangkan, sehingga banyak orang yang menyukainya.

7. Memiliki Motivasi yang Lebih Kuat

Kamu pasti pernah merasa malas atau tidak ingin melakukan apa-apa? Mungkin kamu belum memiliki motivasi yang kuat untuk melakukan hal tersebut. Dengan cara self love seseorang akan memiliki tujuan dan alasan jelas untuk melakukan sesuatu, apalagi sestu yang sudah konsisten dilakukan. Orang yang mencintai diri sendiri akan lebih mudah termotivasi pada hal-hal baik untuk dirinya.

Motivasi Tembus Langit
Motivasi Tembus Langit

tombol beli buku

Quotes SELF LOVE / KATA-KATA BIJAK SELF LOVE

 

Agar lebih semangat untuk menjadi pribadi yang self love sebaiknya diberikan motivasi melalui kata-kata bijak self love. Simak kata-kata bijak berikut.

 

  • “Seseorang yang berhenti belajar maka akan berhenti pula kemampuannya. Padahal masalah yang dihadapi akan selalu ada bahkan akan bertambah. Oleh karena itu, tiada hari tanpa belajar.”

 

  • “Mencintai diri adalah sumber dari semua cinta kita yang lain.” –Pierre Corneille

 

  • “Mengapa kita harus khawatir tentang apa yang orang lain pikirkan tentang kita, apakah kita lebih percaya pada pendapat mereka daripada pendapat diri kita sendiri?” – Brigham Young

 

  • “Bersikaplah lebih baik kepada diri sendiri dan kemudian biarkan kebaikanmu membanjiri dunia.” – Pema Chodron

 

  • “Berubah memang tidak mudah. Namun, jika Anda cukup mencintai diri sendiri, Anda akan berubah.”

 

  • “Saat diri kita mampu memutuskan untuk prokreatif membangun energi sukses dalam diri kita, sebenarnya kita telah membangun jembatan emas yang kuat dan tangguh untuk tujuan meraih semua sukses kita.”

 

  • “Jika kita ingin dikatakan benar-benar hidup maka selalu hadirkan semangat dalam diri kita seperti denyut jantung dalam tubuh kita. Selalu berdetak untuk hidup.”

 

  • “Tak seorang pun mampu mengecewakanmu kecuali kamu sendiri yang mengizinkannya.”

 

  • “You were born to be real, not to be perfect. And then you are here to be you, not to live someone else’s life”—Ralph Marston
    Artinya—Kamu dilahirkan untuk menjadi nyata, bukan untuk menjadi sempurna. Kamu disini untuk menjadi dirimu sendiri, bukan untuk menjalani kehidupan orang lain.

 

  • “You can never be happy when you are constantly comparing yourself to others. Keep your heads a head”—Sanaa Lathan
    Artinya—Kamu tidak akan pernah bahagia jika terus membandingkan dirimu dengan orang lain.
    “Untuk mencintai sendiri, kamu tidak boleh membenci pengaman yang membentukmu”—Andrea Dykstra

 

Kesimpulan 

Setiap orang berhak untuk mencintai dirinya sendiri agar dapat menjalani hidup dengan senang, tenang, dan semangat.  Mencintai diri sendiri biasa disebut dengan self love. Di zaman modern ini masyarakat sudah banyak yang tahu bahwa self love sangat penting. Self love itu sendiri memiliki arti mengenali diri sendiri dan mencintai diri sendiri yang bertujuan untuk kebahagiaan pada diri sendiri. Namun, ada beberapa orang yang mengartikan self love yaitu memiliki rasa percaya dan bangga terhadap kemampuan diri sendiri.

 

Ada cara untuk menjadi pribadi self love yaitu. Pertama, menjaga diri sendiri. Kedua, belajar untuk bersyukur. Ketiga, terhadap setiap keputusan. Keempat, menjauhi pertemanan dan lingkungan yang toxic.. Kelima, mencari kebahagiaan untuk diri sendiri. Keenam, ekspresikan diri sendiri. Ketujuh, berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Kedelapan, percaya pada diri sendiri.

 

Artikel Terkait Self Love

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy