in

9 Cara Mengecilkan Bibir Secara Medis dan Alami yang Aman!

(Fandy Aprianto Rohman/Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International).

Cara Mengecilkan Bibir – Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah memiliki penampilan yang sesuai dengan keinginan. Sementara itu, bagian wajah yang kerap menjadi perhatian adalah bibir. Bentuk bibir hingga kesehatan kulit bibir menjadi hal yang perlu mendapatkan perhatian agar kondisinya tetap sehat.

Konstruksi bibir yang begitu tebal kadang dianggap memberikan kesan tampilan seorang wanita yang jelek. Hal ini membuat banyak wanita yang ingin mengubah penampilan bentuk bibir dengan cara menipiskan bibir.

Tidak hanya melalui prosedur medis, ada berbagai cara perawatan tubuh alami yang terbilang aman untuk membuat bibir terlihat lebih tipis. Simak ulasannya dalam artikel ini!

Cara Mengecilkan Bibir Secara Alami

Jika kamu memiliki bentuk bibir yang tebal dan ingin mengecilkan bentuk bibir, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan bentuk bibir yang diinginkan.

Gunakanlah langkah natural maupun alami agar kalian dapat membuat bibir terkesan tipis dengan langkah yang tergolong aman. Berikut berbagai cara yang bisa kamu lakukan.

1. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pemenuhan kebutuhan air dapat menyebabkan tubuh terhindar dari dehidrasi. Hal ini menghindari bibir menjadi kering. Kulit bibir yang mengering dapat menyebabkan bentuknya terkesan besar. Jadi, pastikan kamu mengonsumsi cairan yang cukup untuk tubuh setiap harinya Caranya sebagai berikut.

  • Minumlah air putih atau air mineral minimal sebanyak delapan gelas tiap hari dengan rutin.
  • Kalian juga dapat memakan bermacam-macam buah-buahan yang memiliki kandungan cairan tinggi, yaitu semangka, jeruk, dan apel.

2. Gunakan Es Batu

Es batu dipercaya bisa mengatasi pembengkakan yang terjadi di bibir. Selain mengatasi pembengkakan yang terjadi di bibir, es batu juga dapat memberikan efek merona di bibir. Caranya sebagai berikut.

  • Ambillah beberapa es batu seperlunya dan tempatkan di dalam handuk yang tipis.
  • Kompreslah bibir menggunakan es batu dingin selama beberapa menit.
  • Ulangi kompres dingin di bibir agar kondisi bibir mengecil dan membaik.

3. Perawatan Bibir dengan Eksfoliasi

Menumpuknya kulit mati di bibir bisa membuat bibir terlihat kering dan lebih tebal. Tidak ada salahnya perawatan dengan melakukan eksfoliasi di bagian bibir. Caranya sebagai berikut.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

  • Gunakan bahan alami untuk eksfoliasi kulit mati di bibir.
  • Siapkan gula pasir dan madu secukupnya, kemudian kombinasikan keduanya sampai berwujud pasta.
  • Setelah berbentuk pasta, oleskan di bagian bibir yang kering dan menebal.
  • Gosok secara perlahan selama beberapa menit.
  • Bilas bibir dengan air bersih.

4. Penggunaan Riasan Wajah

Selain memakai berbagai bahan natural, kalian juga dapat memberi efek bibir kecil dengan memakai penghias muka. Caranya sebagai berikut.

  • Pemakaian concealer di tepi bibir merupakan tindakan yang paling sering dilaksanakan untuk membuat efek bibir yang tipis.
  • Setelah tepi bibir berubah samar dengan menggunakan concealer, kalian dapat membuat bentuk bibir sesuai dengan yang diinginkan.
  • Pastikan juga kalian memakai gincu dengan warna yang relatif gelap agar bentuk bibir dapat disamarkan.

5. Lebih Sering Tersenyum

Inilah cara yang paling gampang dan dapat dilakukan oleh semua orang. Bibir seseorang yang lebih sering tersenyum akan lebih menarik, sehingga menyebabkan bibir kelihatan kecil maupun tipis.

6. Latihan untuk Mengecilkan Bibir

Ukuran bibir juga dapat berkurang dengan menggunakan beberapa latihan khusus. Ada satu latihan khusus yang bisa membantu mengecilkan bibir. Kalian tempatkan jari telunjuk ke mulut, lalu gerakkan semua sebanyak sepuluh kali. Ulangi selama lima kali dan lakukan latihan tersebut dengan rutin.

7. Melembapkan Bibir

Cara yang satu ini tidak dapat secara langsung mengubah bibir menjadi tipis, tetapi lebih kepada upaya pencegahan kulit bibir mengering dan menebal. Ada beberapa bahan perawatan kulit bibir yang bisa dipilih untuk melembapkan secara alami, yaitu:

  • Madu.
  • Minyak kelapa.
  • Minyak zaitun.
  • Shea butter.
  • Mentega kakao.

Madu berfungsi sebagai pelembap atau menarik cairan dan mengikatkannya ke beberapa titik permukaan kulit bibir. Sementara itu, kandungan lainnya berguna untuk melembutkan kulit bibir dan mencegah hilangnya air di kulit bibir. Kamu juga bisa menggunakan pelembap bibir berbahan dasar petroleum jelly atau masker bibir night lip mask (digunakan pada malam hari). Keduanya memiliki reaksi yang hampir sama dengan bahan-bahan natural.

Cara Mengecilkan Bibir Secara Medis

1. Bedah Bibir

Metode ini juga dikenal dengan nama lip reduction cheiloplasty. Metode ini bersifat permanen dan berguna untuk mendapatkan bibir tipis yang diidamkan.

Operasi plastik tersebut dilaksanakan dengan cara menyobek bibir bagian dalam dan tengah, baik bibir atas maupun bawah. Para dokter bedah biasanya mengabaikan lekuk bibir atas dan bagian tepi agar bentuknya tetap terjaga.

Tidak hanya membuat bibir tipis, operasi ini mampu memperbaiki bentuk ukuran dan senyum bibir pasien. Operasi bibir relatif aman karena efek sampingnya relatif minor, seperti bibir terasa kencang, tampak tidak simetris, atau keloid.

2. Laser

Langkah penipisan bibir ini dipakai untuk mengurangi ketebalan bibir akibat jaringan parut hipertrofik dan keloid. Tipe laser yang dipakai biasanya adalah Nd YAG laser. Laser ini berguna untuk mengurangi produksi kolagen berlebih di kedua jenis bekas luka ini.

Pada dasarnya, kolagen penting untuk mempercepat penyembuhan luka, tetapi produksi kolagen berlebihan justru menimbulkan adanya bagian kulit yang menebal dan tidak rata.

Metode ini hanya dilakukan oleh dokter yang berwenang. Prosedur yang digunakan juga dipilih setelah dokter bedah memeriksa keadaan jaringan parut dan keloid. Nantinya, kamu mungkin mendapatkan bius yang dioles di bibir yang akan mendapatkan tindakan. Laser yang digunakan juga akan terasa menyerupai denyutan.

Beberapa cara menipiskan bibir secara yang telah disebutkan di atas memerlukan waktu yang cukup lama.

Selain itu, seseorang yang memiliki gangguan kesehatan, misalnya alergi, juga dapat mengakibatkan bibir terkesan besar. Apabila cara yang telah disebutkan di atas kurang efektif, sebaiknya kamu melakukan pemeriksaan dan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kulit atau bedah plastik.


Itulah artikel terkait “cara mengecilkan bibir” yang bisa kalian gunakan sebagai referensi. Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

Rujukan

Rekomendasi Buku dan E-Book Terkait Cara Mengecilkan Bibir

1. Terapi Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mengecilkan Bibir

Air kelapa adalah minuman “ajaib” yang dipercaya memiliki beragam khasiat yang sangat hebat. Kalian mungkin telah mengetahui khasiat air kelapa sebagai penawar racun yang andal. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki beragam khasiat istimewa lainnya. Seseorang yang mengonsumsi air kelapa secara rutin dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kalian akan mendapat pengetahuan baru di dalam buku ini mengenai terapi air kelapa dan terapi minyak kelapa untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, kalian juga akan mendapat tip alternatif untuk memelihara kecantikan dengan memanfaatkan minyak kelapa sebagai kosmetik alami.

2. Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mengecilkan Bibir

Madu seperti yang kita kenal sejak lama merupakan cairan kental yang dihasilkan oleh lebah. Madu begitu populer di masyarakat karena beragam khasiatnya yang dikenal sejak ribuan tahun yang lalu untuk menyembuhkan penyakit, bahkan menjaga kecantikan kulit. Khasiat madu telah disebutkan di dalam Al-Qur’an sejak ribuan tahun yang lalu.

Buku ini menyajikan segala hal tentang madu secara lengkap, mulai dari pengenalan madu, khasiat madu, tip memilih dan menyimpan madu, sampai aneka resep ramuan untuk menyembuhkan penyakit maupun merawat kecantikan kulit dengan madu. Buku ini juga dilengkapi dengan sejumlah nama dan alamat peternak lebah di Indonesia.

Jika masih penasaran dengan madu asli, kalian dapat langsung berkunjung ke peternakan lebah ini untuk mendapatkan madu yang benar-benar 100% asli.

3. Perawatan Kecantikan Kulit

Cara Mengecilkan Bibir

Saat ini, semakin banyak perempuan yang menyadari bahwa kulit wajah yang sehat terawat adalah dasar kecantikan yang hakiki, karena kesadaran akan kesehatan kulit tersebut menjadikan semakin banyak panduan perawatan kecantikan kulit wajah yang bisa kita lihat dari media apa pun. Inilah yang menyebabkan mereka memberi perhatian khusus kepada perawatan wajah, baik yang dilakukan sendiri maupun dengan bantuan terapis di tempat perawatan kecantikan.

Tempat-tempat perawatan kecantikan pun akhirnya berkembang pesat seiring kesadaran perempuan untuk merawat kecantikan mereka. Tak pelak, hal ini menyebabkan semakin besarnya kebutuhan akan terapis kecantikan yang terampil dan mumpuni.

Buku ini ditulis bagi mereka yang berminat memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam bidang cosmetology dan aesthetic treatment, mulai dari tingkat yang paling dasar hingga perkembangan terkini. Buku ini di dalamnya menyajikan dasar-dasar perawatan kecantikan secara komprehensif, mulai dari dasar yang harus diketahui para terapis dalam menjalankan tugasnya, menggunakan berbagai alat penunjang dengan tepat dan terampil, hingga sikap tubuh yang tepat dalam berinteraksi dengan pelanggan. Singkat kata, buku ini benar-benar pegangan yang tepat bagi para terapis kecantikan maupun siapa saja yang bergerak di dunia kecantikan.

Buku ini disusun secara cermat berdasarkan metode yang dikembangkan selama bertahun-tahun. Selain itu, materi buku ini disajikan dalam bahasa yang lugas dan sederhana, mudah dipahami, serta dipraktikkan, meskipun padat informasi.

4. Rahasia Perawatan Kulit Wajah

Cara Mengecilkan Bibir

Kulit yang sehat, halus, dan bersih sudah pasti menjadi dambaan semua wanita, termasuk kalian. Kulit sehat membuat wanita terlihat lebih segar, cantik, dan awet muda. Tentu untuk mendapatkan kulit sehat senantiasa dibutuhkan perawatan dan menjaga kesehatan kulit.

Satu hal yang menjadi pertanyaan berikutnya, yaitu “bagaimana langkah untuk perawatan kulit dengan benar?” Buku ini adalah jawabannya, karena buku ini akan mengungkap semua rahasia perawatan kulit wajah dengan penyajian sederhana, praktis, dan mudah.

Selain itu, buku ini juga dilengkapi informasi mengenai daftar zat dalam kosmetik dan daftar kosmetik berbahaya versi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Jangan sampai produk yang berbahaya itu masih ada di tangan kalian dan digunakan untuk perawatan sehari-hari. Bisa jadi bukan kulit sehat yang kalian dapatkan, tetapi justru sebaliknya.

5. 45 Lulur Alami: Murah, Mudah, Sehat, dan Cantik

Cara Mengecilkan Bibir

Sekarang ini, luluran telah menjadi kegiatan rutin perempuan dewasa, terutama di kota-kota besar. Laki-laki ada juga yang membiasakan dirinya luluran, tetapi jumlahnya tidak banyak. Umumnya, laki-laki yang luluran sering dianggap sebagai lelaki pesolek atau metroseksual, padahal luluran sebenarnya penting untuk kebersihan dan kesehatan, seperti halnya mandi. Hal ini berkaitan erat dengan polusi yang tinggi. Kulit dan badan harus rajin dibersihkan agar tetap sehat dan berseri. Cara mendapatkan kulit sehat salah satunya dengan luluran. Buku ini memberikan informasi tentang jenis-jenis lulur yang dapat kita gunakan sebagai produk perawatan kecantikan.

Produk-produk lulur sangat banyak dan mudah ditemukan di pasaran, terutama jenis-jenis lulur yang mengklaim dapat memutihkan kulit dalam waktu cepat. Selain banyaknya produk, banyaknya salon kecantikan juga harus membuat kita cerdas dan selektif dalam memilih jasa layanannya. Pilih-pilih yang baik dan aman. Konsultasikan dengan dokter kulit dan ahli kecantikan tepercaya. Jangan mudah tergiur bujukan mengubah warna kulit secara instan! Sayangi kesehatan dan kecantikan alami yang sudah diberikan Tuhan!

Buku ini mengulas diulas berbagai jenis lulur yang dapat dibuat secara alami, mudah, murah, dan sehat. Siapa saja bisa membuat dan menggunakannya. Selain tidak perlu menguras kantong, lulur-lulur alami ini tidak memiliki efek samping. Semua bahan yang digunakan adalah bahan alami dan mudah didapatkan di sekitar kita. Kita harus sabar untuk dapat melihat hasil dan manfaatnya. Dalam jangka panjang, kita tentu akan melihat dan merasakan hasilnya. Selamat mencoba dan merasakan manfaatnya.

6. Farmakologi Pendekatan Perawatan

Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari tentang obat, khususnya yang berkaitan dengan pengaruh sifat fisika-kimia terhadap tubuh, respons bagian-bagian tubuh terhadap sifat obat, nasib yang dialami obat dalam tubuh, dan kegunaan obat bagi kesembuhan. Perawat berperan penting dalam memberikan obat-obatan sebagai hasil kolaborasi dengan dokter kepada pasien. Mereka bertanggung jawab dalam pemberian obat-obatan yang aman.

Untuk itulah, seorang perawat harus mengetahui semua komponen dari perintah pemberian obat dan mempertanyakan perintah tersebut jika tidak lengkap atau tidak jelas atau dosis yang diberikan di luar batas yang direkomendasikan. Secara hukum, perawat bertanggung jawab jika mereka memberikan obat yang diresepkan dan dosisnya tidak benar atau obat tersebut merupakan kontraindikasi bagi status kesehatan klien.

7. Skincare 101

Cantik itu sehat, sehat itu cantik. Inilah tren kulit saat ini. Cantik dengan bermodalkan sapuan kosmetik tak lagi menjadi primadona. Cantik pun tak lagi identik dengan mahal dan ribet. Dengan perawatan sederhana yang tepat, kalian akan mendapatkan kecantikan yang sesungguhnya, yaitu kulit sehat, bersih, dan bercahaya. Tak masalah apa pun karakter kulit kalian, selalu ada solusi untuk setiap permasalahan.

Temukan dalam buku ini:

  • Tahapan lengkap perawatan kulit sesuai jenisnya: normal, berminyak, kering, dan kombinasi.
  • Ramuan alami untuk kulit yang bisa dibuat sendiri di rumah.
  • Rangkaian perawatan anti-aging.
  • Rekomendasi makanan sumber nutrisi untuk kulit.
  • Daftar kandungan dalam kosmetik dengan skala urutannya.
  • Cara memilih klinik kecantikan yang sesuai.

Keunggulan produk:

  • Panduan kesehatan kulit lengkap untuk segala jenis kulit.
  • Ditulis oleh praktisi estetika yang berpengalaman.

8. All About Skincare

Cara Mengecilkan Bibir

Buku All About Skincare ini akan membahas semua yang ingin kalian ketahui tentang skincare; mulai dari mengenal kulit wajah; kandungan-kandungan yang ada di dalam skincare, termasuk bahan-bahan apa saja yang harus dihindari; rekomendasi makanan yang dapat memberi nutrisi untuk kulit; dan cara menggunakan produk-produk skincare dengan benar dan tepat, sehingga manfaatnya terserap sempurna untuk kulit kalian. Segera dapatkan buku ini dan dapatkan kulit sehat kalian.

Baca juga terkait Cara Mengecilkan Bibir:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adinda