in

Quality Time, Me Time, dan Quality Time Love Language

Unsplash.com

Quality Time – Dengan rutinitas yang sama setiap hari, pastinya akan membuat bosan. Dengan kesibukan yang terjadi maka tak heran jika kita melupakan bahwa tubuh juga memerlukan istirahat sejenak dengan semua urusan dan rutinitas yang ada.

Quality Time juga penting untuk diri sendiri, bisa bersama pasangan, teman, atau keluarga. Yang pastinya saat quality time tersebut harus melakukan hal memang disukai dan mengenal lebih dalam. Lalu, apakah quality time itu penting? Yuk simak tulisan di bawah ini!

Quality Time dengan Diri Sendiri

Saat Grameds sudah mulai merasa jenuh, suntuk dan capek dengan semua rutinitas sehari – hari dan rasanya ingin sekali mengakhiri semuanya. Disaat hal tersebut terjadi maka Grameds jangan terburu – buru untuk mengajukan sesuatu yang tidak diinginkan dan kemudian menyesal seperti resign dari tempat kerja atau jika masih sekolah akan bolos dan tidak masuk.

Yang Grameds butuhkan hanyalah quality time untuk diri sendiri, saat kamu menyendiri ternyata banyak manfaat yang bisa dirasakan loh, Grameds.

Grameds juga tidak usah pusing memikirkan perkataan orang bahwa Grameds adalah orang yang egois saat melakukan me time, namun melakukan me time adalah salah satu cara mengenal tentang cara memahami dan mencari renungan dan motivasi untuk diri sendiri. Tidak ada salahnya loh jika Grameds menyisihkan waktunya sejenak apalagi untuk diri sendiri.

Manfaat untuk Kesehatan Mental

Jika Grameds pernah mendengar bahwa menghabiskan waktu sendiri adalah orang yang kesepian, sedih atau bahkan anti sosial dan bahkan ada juga seseorang yang merasa sangat bersalah karena menyisihkan waktunya untuk sendirian padahal nyatanya dia dikelilingi oleh orang-orang yang terkasih. Merupakan pernyataan yang salah besar!

Padahal, me time sebentar itu sangat penting untuk tubuh dan sangat baik untuk tetap menjaga kesehatan mental diri sendiri.

Adapun beberapa manfaat me time menurut psikolog Sherrie Bourg Carter, PsyD.

  1. Dapat mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh diri sendiri dan mengenal lebih jauh apa yang terjadi pada diri sendiri.
  2. Memberikan kesempatan otak untuk beristirahat sejenak, menjernihkan pikiran, mengurangi tingkat stress bahkan bisa merevitalisasi tubuh.
  3. Dapat meningkatkan konsentrasi dan produktivitas sehari – hari karena mempunyai pikiran yang lebih jernih dari sebelumnya.
  4. Setelah melakukan me time, Grameds pasti akan merasakan untuk bisa lebih menghargai hubungan antar sesama, jadinya kualitas hubungan dengan seseorang akan menjadi lebih baik.
  5. Mendapatkan kesempatan untuk bisa berpikir lebih dalam sehingga dapat lebih efektif dalam memecahkan masalah yang terjadi.

Ternyata banyak sekali ya manfaat me time dalam kesehatan mental, sekarang saatnya untuk Grameds meluangkan waktunya untuk me time di tengah kesibukan rutinitas yang menjenuhkan.

Cara Melakukan Me Time

Quality Time
unsplash.com

Melakukan me time ternyata dapat memberikan dukungan untuk mental yang baik, emosional yang bagus dan pastinya spiritual untuk dirinya sendiri. Tapi, mungkin ada beberapa Grameds yang masih tidak tahu harus bagaimana caranya untuk memulai me time. Berikut langkah-langkah yang bisa Grameds jadikan acuan.

1. Menyiapkan waktu khusus untuk diri sendiri

Lihatlah kalender maupun jadwal sehari-hari dan mulai cari waktu luang yang tepat. Tidak usah pusing sampai berpikir berat dalam memikirkan waktu dan tanggal yang tepat, Grameds juga bisa melakukan me time dalam waktu lima sampai lima belas menit saja.

Grameds harus ingat bahwa paling penting bukanlah lamanya durasi dalam melakukan me time namun konsistensi. Saat sudah menemukan waktu yang pas, Grameds jangan sesekali melihat pekerjaan seperti membaca email atau sosial media maupun membereskan rumah.

Mungkin, saat mulai me time pasti akan merasakan bahwa diri sendiri ini terganggu dan akhirnya merasa bersalah karena pekerjaan yang sudah ditinggalkan. Tapi, saat sudah melakukan me time, Grameds akan mempunyai banyak energi yang lebih banyak daripada sebelumnya karena sudah memberikan jeda pada diri sendiri.

Me time ini juga bisa dilakukan dengan cara mencuri waktu di tengah aktivitas yang padat, yaitu dengan cara: Tidur siang, Sebelum melakukan aktivitas, bangunlah lebih awal di pagi hari.

2. Meningkatkan aktivitas

Sesudah menjalankan rutinitas me time setiap hari, saatnya untuk meningkatkan jenis aktivitas dan waktu me time. Contohnya sebulan sekali menjadwalkan setidaknya 30 menit maupun satu jam untuk melakukan kegiatan yang disukai maupun sesi untuk memanjakan diri sendiri.

Grameds bisa dengan cara jalan-jalan sendirian, merapikan rambut maupun kuku ke salon, jalan-jalan ke museum sambil memotretnya, bersepeda ringan, ngecafe sendirian, maupun membuat jurnal.

Grameds tidak usah menghubungi atau memberitahu teman maupun keluarga secara detail me time yang sedang dilakukan. Namun, sampaikan saja bahwa ingin meluangkan waktu untuk diri sendiri tanpa diganggu siapapun.

3. Lakukan ini pada 5 menit pertama

Pertama kamu dapat memulai dengan cara menonaktifkan ponsel selama beberapa saat supaya dapat memfokuskan diri sendiri, apalagi jika waktu me time nya terasa cukup singkat.

Kamu bisa dapat memanfaat waktu 5 menit pertama untuk melakukan hal berikut:

  1. Olahraga ataupun melakukan peregangan tubuh secara ringan.
  2. Meditasi dengan cara bernapas panjang dan saat itu hanya memfokuskan diri saja dalam nafas.
  3. Tidak melakukan apa – apa pun juga tidak apa – apa, hanya duduk diam dan berhenti memikirkan sesuatu yang mengganggu pikiran.

Quality Time dengan Pasangan (love Language)

Quality Time
unsplash.com

Selain menghabiskan waktu sendiri, jika Grameds mempunyai pasangan. Quality time bersama pasangan merupakan hal yang harus dilakukan di dalam sebuah hubungan. Jika biasa aja dalam hubungan ini maka akan cepat bosan dan dijamin hubungan tersebut tidak akan bertahan lama. Berbeda jika Grameds sering melakukan quality time berdua maka hubungan tersebut akan terjalin jauh lebih baik dan bahagia.

Lalu, bagaimana caranya? Simak tulisan dibawah ini ya.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

1. Liburan bersama pasangan

Liburan merupakan salah satu pilihan terbaik yang wajib dilakukan. Selain merasakan perasaan yang bahagia namun dapat mendekatkan diri satu sama lain juga. Tapi, walaupun kalian tidak sempat maupun budgetnya tidak mencukupi karena pengeluaran yang banyak, ga usah khawatir ya Grameds, karena jalan – jalan keliling kota menggunakan motor atau mobil atau bahkan jalan kaki santai dan menikmati momen bersamanya saja pasti akan bahagia.

2. Melakukan hal yang asik seharian

Saat kalian sudah sering berantem dan saling kesal satu sama lain hal yang terbaik adalah bersenang – senang bersama bersamanya. Kalau bisa kalian merencanakan satu hari full bersamanya untuk bersenang – senang membuat cerita.

3. Kuliner ke tempat yang belum pernah dikunjungi bersama

Salah satu cara yang asyik dalam melakukan quality time bersamanya adalah saling mencoba kuliner baru yang mungkin kalian belum pernah coba. Kuliner akan membuat hari tersebut menjadi sebuah cerita yang bahagia dan pastinya menyenangkan. Tidak ada salahnya kan Grameds jika mencobanya.

4. Membicarakan tentang masa depan

Saat sedang berdua dengan pasangan, pasti akan sangat seru jika membicarakan masa depan bersama orang yang disayangi. Mulailah berkomunikasi tentang masa depan dengannya. Disaat si dia antusias untuk membicarakannya maka sudah pasti dia sangat mencintaimu, dengan begitu hubungan kalian akan semakin erat seiring berjalannya waktu (kecuali saya si penulis bodoh ini menulis ini semua dan sudah dilakukan semuanya nyatanya putus hanya karena capek dan melupakan momen bahagia seketika).

Manfaat Quality Time Bersama Pasangan

Saat menjalani kehidupan yang berat ini quality time sering banget terlupakan, apalagi jika kesibukan masing – masing pribadinya sedang tidak ada waktunya. Maka dari itu, apa aja sih manfaat qualiy time bersama dengan pasangan? Di bawah ini merupakan beberapa manfaat quality time bersama pasangan, simak tulisan berikut ya.

1. Mengurangi Stress

Saat Grameds dapat meluangkan waktu dengannya dan menghabiskan waktu bersamanya maka bisa menangani stress yang dihadapi. Canda tawa, bercerita hal yang mungkin tidak penting selama quality time setidaknya dapat melupakan sejenak pikiran dari pekerjaan atau semua masalah yang terjadi dan membuat stress.

Saat quality time bersamanya, Grameds bisa bercerita tentang hal yang terjadi ntah baik atau buruk yang pastinya mengganggu pikiran Grameds yang nantinya akan timbul stress dan jika terus dipendam bisa terjadi depresi. Jika, Grameds membicarakannya berdua maka akan bertukar pikiran dan meredakan beban yang dipikul bahkan bisa menemukan solusi yang efektif tentang masalah yang sedang dihadapi.

2. Menjadi lebih dekat

Kegiatan sehari – hari tidak disadari ternyata dapat menyita banyak waktu dan hal tsb bisa mengakibatkan berkurangnya interaksi dengan pasangan dan bahkan bisa menjadi hubungan yang mereggang. Meluangkan waktu untuk berdua bersama dengan pasangan merupakan cara yang terbaik untuk menunjukkan rasa kepedulian, rasa sayang dan dukungan Grameds dengannya. Maka dari itu, hubungan kalian akan semakin dekat.

3. Kesehatan mental tetap terjaga

Saat melakukan quality time dengan orang terkasih akan menciptakan dukungan emosional yang kuat dan bisa melewati berbagai masalah serta tantangan yang terjadi di dalam hidup. Pada akhirnya dapat bermanfaat untuk kesehatan mental Grameds dan bisa menurunkan resiko berbagai jenis gangguan psikologi, contohnya kecemasan dan depresi.

Buku tentang Me Time

1. Kita Butuh Me Time

Quality Time

Jika Grameds seorang muslim, buku ini sangat cocok denganmu. karena Buku ini tentang diri yang banyak tidak tahu. Bagaimana jiwanya dalam berperasaan, bagaimana raganya dalam berbuat perlakuan. Tentang kita yang asing dirgan diri sendiri sebab kita kurang peduli hingga orang lain yang lebih menguasai, padahal ini diri kita sendiri!

Hidup kita adalah anugerah yang Allah berikan untuk bisa melakukan banyak kebaikan. Tentang bagaimana cara untuk mengontrol emosi yang bergelora. Tentang banyaknya tantangan hebat yang datang dan kita sikap dengan tenang, Tentang kita yang ingin pulih dari luka yang berkepanjangan.

Untuk kita yang sering kali menangis sendirian bahkan sulit berdamai dengan masa lalu yang kelam. Bahwa seorang muslim sejati adalah ia yang pandai membawa diri. Kita adalah ttkoh utamanya, maka jangan mau kalah oleh peran orang ketiga. Kita harus percaya bahwa atas izin Allah semua masalah bisa dihadapi. Percaya saja bahwa muslim hebat tumbuh dari orang-orang yang kuat. Maka buku ini hadir untuk memahami dan memaknai kualitas diri dan mengkualitaskan diri secara islami. Jangan lupa dapatkan di Gramedia.com!

2. Cerita Mamah Muda: Me Time

Quality Time

Buku ini cocok sekali untuk Grameds yang menikah muda dan kaget dengan hubungan keluarga yang begitu merepotkan dan melelahkan. Anak yang menangis dan bertengkar satu sama lain. Suami yang cuek. Cucian baju dan piring yang menumpuk.

Lantai rumah yang lengket karena belum dipel. Belum lagi pekerjaan demi sesuap berlian yang juga meminta perhatian. Dilanda berbagai beban itu, apa lagi yang paling dibutuhkan para mama muda selain me time? Sejenak rehat dari hiruk pikuk rumah tangga dan kehidupan.

Namun, apakah me time dapat diperoleh dengan mudah? Bagaimana kalau me time malah menggiring para mama muda kepada kepanikan baru, eksplorasi jati diri, kenangan masa lalu, jodoh kedua, atau malah melontarkannya ke masa depan? Nikmati kisah-kisah me time yang dirangkai lima pengarang yang juga mama muda dalam antologi ini. Yang pastinya untuk mendapatkan buku ini hanya di Gramedia.com!

3. Be Strong and Never Weaken Yourself

Quality Time

Tubuh manusia terdiri atas banyak organ, akan tetapi semua organ tubuh itu dikendalikan oleh organ utama yakni otak manusia. Hal ini berarti ketika seseorang ingin menggerakkan tangan, maka sebenarnya otak yang menginstruksikan tangan untuk bergerak. Apa jadinya jika otak sebagai motor penggerak itu salah? Alhasil, semua organ tubuh yang dikendalikan akan menjadi tidak terarah. Demikian halnya dalam kesuksesan, faktor krusial yang menjadi fondasi awal sebagai batu pijakan terletak dalam mindset seseorang.

Orang yang mempunyai mindset salah, dipastikan hidupnya menjadi salah; demikian juga sebaliknya. Orang sukses ialah mereka yang mempunyai fondasi mindset yang benar sehingga semua perilaku akan mendorongnya mencapai pencapaian luar biasa dalam hidupnya.

Mindset yang benar akan melihat sisi positif di balik setiap kegagalan. Mindset yang benar akan membuat seseorang melihat peluang (opportunity) di setiap krisis. Mindset yang benar akan membuat seseorang melihat jauh ke depan bukan melihat secara jangka pendek.

Dengan demikian, seseorang dengan mindset yang benar akan melahirkan tindakan-tindakan yang benar selaras dengan tujuan yang telah ditetapkannya. Mindset akan memengaruhi bagaimana tindakan seseorang (action), kebiasaan (habit), sikap mental (attitude), serta berbagai elemen lainnya.

“Be Strong and Never Weaken Yourself” merupakan buku kolaborasi pengembangan diri berdasarkan jam terbang dan pengalaman yang ditekuni penulis dalam perjalanan hidupnya. Pengembangan diri di berbagai bidang, apa pun itu, rasanya tidak dapat dipisahkan bak dua sisi mata uang.

Di dalam dunia bisnis maupun profesional diperlukan nilai-nilai penting dari motivasi seperti yang telah diuraikan di atas. Seorang kompeten dalam bidang apapun yang sukses harus berangkat dari mindset yang benar.

Mindset yang benar akan mendorong seseorang untuk melakukan tindakan-tindakan (action) yang benar dan terarah. Tindakan-tindakan yang benar perlahan akan membentuk kebiasaan-kebiasaan positif. Di sinilah pembentukan karakter dimulai, karakter seorang juara.

Kebiasaan (habit) positif yang melekat dalam karakter itu menjadikan seseorang memiliki daya juang dan produktif. Dan produktivitas inilah yang menjadi hasil dari rangkaian proses seorang yang sukses.

Saat kamu sendirian melakukan me time ga ada salahnya sambil membaca buku untuk merelaks kan pikiran dan menambah pengetahuan. Buku Be Strong And Never Weaken Yourself cocok untuk menemani waktu mu saat me time. Jangan lupa untuk mendapatkannya di Gramedia.com!

BACA JUGA:

  1. Menikmati Me-Time dengan Honjok, Seni Hidup Sendiri ala Korea 
  2. Arti Self Reward & Pentingnya Self Reward 
  3. Pengertian Self Love, Quotes, Self Love & Cara Mencintai Diri Sendiri 
  4. Pengertian Self Care dan Caranya 
  5. 10 Cara Mengenal Diri Sendiri Lebih Dalam dan Manfaatnya 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda