in

Ragam Manfaat Daun Suji bagi Tubuh dan Cara Penggunaannya

health.kompas.com

Manfaat Daun Suji – Daun suji atau Dracaena angustifolia merupakan satu tumbuhan yang dikenal sebagai sumber klorofil. Tanaman ini mempunyai ciri berwarna hijau gelap, berbentuk pita memanjang, runcing dan bunganya berwarna putih kekuningan.

Umumnya, daun suji dimanfaatkan sebagai pewarna makanan alami. Warna yang dihasilkan juga lebih pekat dari pada daun pandan wangi. Namun, daun suji tidak mempunyai aroma. Mereka digunakan dalam resep klepon yang terdiri dari gula aren dan kelapa parut, serabi yang mirip pancake namun terbuat dari beras dan santan hingga dadar gulung isi kelapa yang berwarna hijau.

Daun suji juga terkenal untuk kesehatan tubuh, karena mengandung banyak senyawa bioaktif yang mempunyai sifat antioksidan sebagai anti – inflamasi, anti nyeri, antibakteri dan anti jamur.

Selain itu, daun suji dapat diolah dengan penggiling atau blender bahkan dipotong dengan tangan. Di daerah Jawa Barat, manfaat daun suji banyak digunakan untuk mengobati batuk, asma dan gangguan paru – paru. Daun ini dapat direbus kemudian diperas untuk membuat jus.

Cairan yang ekstrak ini dikenal sebagai tonik yang dapat meningkatkan nafsu makan. Di Vietnam sendiri manfaat daun suju dihargai karena efek anti radangnya. Adapun manfaat daun suji adalah sebagai berikut.

Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan

 

Daun suji itu sendiri mengandung senyawa yang baik untuk kesehatan seperti alkaloid, flavonoid, tanin, dan saponin. Hal ini mengandung vitamin C sehingga membuat manfaat daun suji sangat beragam. Lantas, apa saja manfaat daun suji yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan? Simak yuk grameds:

1. Mengobati beri-beri dan disentri

Manfaat daun suji untuk kesehatan yang pertama yaitu pereda disentri dan beri – beri. Cara digunakannya dengan mengumpulkan daun suji yang masih segar. Setelah itu cuci bersih kemudian tiriskan. Selanjutnya rebus air bersama daunnya, saat mendidih hingga setengah matang kita cukup mengambil saringan dan menyaring airnya. Diminum setidaknya sehari sekali untuk mengurangi efek beri – beri dan disentri.

2. Meringankan Gejala PMS

Apabila Grameds sering merasakan nyeri haid atau gejala PMS maka manfaat dari daun suji ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasinya. Caranya yaitu dengan menggunakan rebusan daun suji yang sama seperti mengobati disentri setidaknya satu gelas sehari.

3. Obati masalah paru-paru

Manfaat daun suji selanjutnya adalah bahan obat penyakit dalam seperti paru – paru. Cara penggunaannya dengan mengambil sembilan helai daun suji muda kemudian ditumbuk dan diperas.

Air hasil dari perasannya dicampurkan dengan air panas sebanyak 1 gelas kemudian diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Mengatasi penyakit urine nanah

Manfaat daun suji dipercaya dapat mengatasi penyakit kencing nanah. Caranya, bersihkan daun suji sebanyak 20 gram direbus dengan satu gelas air hingga tersisa setengah gelas. Kemudian dinginkan dan disaring lalu diminum sebanyak 2 kali sehari, masing masing setengah gelas.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

5. Terapi batuk berlendir dan berdarah

Batuk berlendir maupun batuk darah merupakan situasi yang sangat berbahaya. Maka harus segera ditangani oleh dokter atau dianggap sebagai pendekatan tradisional. Namun tenang, Grameds bisa mengatasinya dengan manfaat daun suji.

Caranya siapkan sekitar 20 lembar daun suji yang sudah dicuci bersih. Kemudian direbus dan ambil setengah gelas air, setelah itu ambil sarinya dengan cara diperas terlebih dahulu dan diminum ramuan biasa 2 kali sehari selama pagi dan sore hari.

6. Antikolesterol

Grameds pasti bahwa kolesterol merupakan faktor risiko yang dapat memicu berbagai penyakit mematikan dengan gejala yang sulit dideteksi secara dini atau lebih sering disebut silent killer seperti hipertensi, jantung dan stroke.

Manfaat daun suji untuk kesehatan yaitu untuk memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol darah dengan persentase sebesar 33,62% hingga 64,05% apabila dikonsumsi dalam bentuk ekstraknya.

7. Antibakteri

Antibakteri sebagai senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Hasil penelitian mengungkapkan senyawa aktif ini terkandung dalam ekstrak daun suji, sehingga dapat memberikan manfaat daun suji untuk menghambat pertumbuhan beberapa bakteri penyebab penyakit pada manusia.

Penemuan senyawa antibakteri pada daun suji mampu menghambat pertumbuhan bakteri Shigella dysenteriae, Shigella flexneri, Eschericia coli dan bakteri Salmonella typhi.

8. Turunkan reaksi anafilaksis

Reaksi alergi berat yang dapat menyebabkan kematian secara cepat sehingga penanganannya membutuhkan tenaga darurat medis atau kerap disebut dengan anafilaksis mampu diobati dengan daun suji.

Apabila anafilaksis terjadi di si kecil yang terpapar alergi seperti makanan, serangga, obat atau bahan lainnya yang dapat menimbulkan alergi, namun tidak semua penderita akan mengalami hal ini. Gejala anafilaksis dapat mengancam nyawa antara lain:

  • Sulit bernafas
  • Lidah membengkak
  • Tenggorokan membengkak hingga menyempit
  • Suara serak
  • Batuk secara terus menerus
  • Mengalami pusing
  • Pucat dan lesu
  • Terjadi pembengkakan pada wajah dan bibir
  • Timbul ruam
  • Sakit perut
  • Muntah

Kandungan flavonoid yang tinggi pada daun suji dapat menurunkan reaksi anafilaksis.

9. Antiinflamasi

Peradangan atau inflamasi adalah mekanisme tubuh untuk melindungi diri dari infeksi mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur. Mekanisme ini akan menyebabkan sel darah putih dan zat yang dihasilkan untuk pertahanan tubuh akan aktif melakukan perlawanan terhadap agen penyebab penyakit.

Sehingga, manfaat daun suji terutama ekstraknya menunjukkan aktivitas biologi sebagai anti inflamasi.

10. Anti jamur

Manfaat daun suji terutama pada batangnya mengandung senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan jamur Cryptococcus neoformans. Jamur Cryptococcus neoformans merupakan jamur patogen yang dapat menginfeksi sistem saraf pusat manusia, umumnya terjadi pada pasien yang menderita immunocompromised seperti penderita AIDS.

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

11. Antioksidan

Dalam sistem biologi, oksigen reaktif dan nitrogen reaktif seperti superoksida, hidroksil dan radikal nitrit oksida dapat merusak DNA dan memicu terjadinya oksidasi lipid serta protein seluler pada tubuh manusia.

Pada kondisi normal, sistem antioksidan alami yang terdapat di dalam tubuh dapat mengatasi senyawa radikal tersebut sehingga dapat menjaga keseimbangan antara proses oksidasi dan antioksidan.

Namun, banyaknya paparan radikal bebas yang berasal dari luar seperti asap rokok, alcohol, radiasi sinar UV atau pencemaran lingkungan dapat memicu terbentuknya oksigen reaktif dan nitrogen reaktif di dalam tubuh sehingga mengganggu keseimbangan proses oksidasi dan antioksidan di tingkat seluler tersebut. Dengan adanya manfaat daun suji maka akan mendapatkan tambahan antioksidan.

12. Obat sakit gigi

Jadikan air rebusan daun suji sebagai obat kumur maka dapat mengobati sakit gigi yang biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gigi berlubang, gigi keropos atau infeksi bakteri dalam mulut.

Caranya yaitu dengan menumbuk daun suji, kemudian hasil tumbukan dicampur dengan air. Gunakan air daun suji tersebut minimal 3 kali dalam sehari, maka sakit gigi akan reda dan mempercepat penyembuhan.

13. Pengobatan gusi berdarah

Manfaat daun suji bisa digunakan untuk mengatasi gusi berdarah. Cara penggunaannya cukup berkumur dengan air rebusan tersebut maka akan membantu menghilangkan rasa sakit serta mengobati peradangan yang disebabkan gusi berdarah.

14. Menaikkan berat badan

Manfaat daun suji dapat meningkatkan nafsu makan. Jadi, untuk grameds yang sedang berusaha untuk menambah berat badan dengan cara yang lebih sehat, cobalah memasukkan campuran sari daun suji ke dalam makanan.

Tentu, mengonsumsi daun suji semata tidak akan serta merta memenuhi tujuan tersebut. Kita juga tetap perlu berolahraga dan berkonsultasi ke dokter soal cara menaikkan berat badan yang tepat.

15. Meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan senyawa flavonoid dalam daun suji juga mempunyai peran mendukung kerja sel – sel imun untuk melawan infeksi dan menghasilkan antibodi yang kuat. Tidak hanya terdapat infeksi, imunitas yang baik juga dapat melindungi tubuh dari penyakit – penyakit kronis seperti penyakit kanker.

Selain itu, manfaat daun suji juga mengandung banyak senyawa triterpenoid yang telah terbukti dapat membunuh sel kanker.

16. Mengatasi leukemia

Di negara Vietnam, manfaat daun suji digunakan sebagai pengobatan leukemia. Hal ini karena daun suji dianggap sebagai tonik atau zat yang mampu mengembalikan kondisi jaringan normal. Selain itu, didapatkan karena aktivitas antioksidan yang cukup tinggi yaitu zat fitokimia.

17. Obati sipilis dan gonore

Selain mengatasi bakteri pada gigi, manfaat daun suji untuk kesehatan juga dapat mengobati infeksi pada penyakit lainnya seperti infeksi menular seksual (IMS), sipilis maupun gonore. Biasanya penyakit tersebut mengeluarkan cairan nanah saat buang air kecil karena bakteri atau virus. Sehingga, kandungan daun suji yang ada yaitu antibakteri dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit tersebut.

18. Penawar racun

Alkaloid yang terkandung dalam daun suji sebagai zat yang sangat baik untuk menawar racun dalam tubuh. Apabila grameds ada salah makan sehingga terjadi muntah dan mual dapat meminum air rebusan daun suji sebagai pertolongan pertama.

19. Melancarkan aliran darah

Daun suji dapat membantu melancarkan aliran darah. Kandungan spolifenol yang terdapat di dalamnya mampu memperlebar pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Apabila aliran darah berjalan lancar, tubuh juga akan terasa sehat dan bugar.

20. Meredakan sakit perut

Manfaat daun suji selanjutnya adalah meredakan sakit perut. Sakit perut dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kembung atau masuk angin. Untuk mengatasi hal tersebut minumlah air rebusan daun suji sebanyak 1 atau 2 kali dalam sehari.

21. Mengatasi masalah pernapasan

Di beberapa daerah di Indonesia, ekstrak daun suji telah dikonsumsi sebagai obat herbal guna mengatasi berbagai masalah pernapasan, seperti sesak napas dan batuk. Hal ini berkaitan dengan kemampuan daun suji dalam memenuhi berbagai jenis bakteri penyebab penyakit pernapasan seperti Streptococcus pneumoniae jenis bakteri penyebab pneumonia dan Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC.

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Manfaat Daun Suji untuk Kecantikan

Selain untuk kesehatan, ada juga manfaat daun suji untuk kecantikan yang kamu dapatkan, grameds. Antara lain sebagai berikut:

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun suji untuk kecantikan yang pertama yaitu dapat memberikan kelembapan dan mengontrol kadar minyak pada kulit wajah karena kandungan polifel serta flavonoid yang terdapat di dalamnya.

Cara pemakaiannya yaitu dijadikan masker atau lulur dengan menumbuk daun suji hingga halus atau menjadi bubuk. Kemudian dioleskan pada wajah atau bagian kulit lainnya untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan kulit akibat sinar UV atau paparan sinar matahari langsung.

2. Menyuburkan rambut

Grameds yang tengah bermasalah dengan rambut, maka dapat mencoba manfaat daun suji yang dapat menyuburkan rambut sekaligus menyehatkannya. Caranya dengan merebus beberapa lembar daun suji dan ambil perasan airnya. Kemudian jadikan airnya untuk keramas.

3. Mencegah penuaan dini pada kulit

Grameds, manfaat daun suji selain untuk kecantikan juga mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Berkat kandungan polifenolnya, dapat mencegah kerusakan pada kulit sehingga menjauhkan dari kusam dan terlihat segar.

Manfaat Daun Suji untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ternyata, manfaat daun suji untuk ibu hamil maupun menyusui juga ada lho, yuk simak penjelasan berikut ini:

1. Menurunkan risiko preeclampsia

Manfaat daun suji untuk ibu hamil sebagai kandungan magnesium dimana salah satu komponen klorofil yang banyak terdapat dalam daun ini. Namun, meskipun grameds tidak mengalami preeklampsia atau eklampsia, konsumsi daun suji juga dapat mempercepat pertumbuhan penyakit tekanan darah tinggi/ hipertensi.

2. Memperlancar ASI

Selain untuk kesehatan, manfaat daun suji untuk ibu menyusui juga dapat merasakan. Daun ini bisa digunakan sebagai pelancar produksi ASI. Caranya dengan mengambil 20 gram daun suji kemudian direbus dan disaring untuk diminum sehari sekali.

Ternyata manfaat daun suji untuk kesehatan, kecantikan dan ibu hamil serta menyusui cukup banyak ya, grameds. Namun, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter dan ceritakan terkait pilihan obat herbal yang akan digunakan untuk membantu mengatasinya agar lebih aman.

Kandungan Daun Suji

Adanya kandungan vitamin C di dalamnya membuat manfaat daun suji sangat beragam. Penelitian mengungkapkan, daun suji mengandung klorofil 1% dan vitamim C yang dapat menangani berbagai masalah kesehatan.

Selain itu, daun suji juga mengandung sejumlah zat fitokimia di antaranya:

  • Alkaloid
  • Flavonoid
  • Tannin
  • Terpenoid
  • Saponin
  • Polifenol
  • Monoterpenoid
  • Sesquiterpenoid
  • Glikosida

Cara Mengolah Daun Suji

Selain sebagai ramuan herbal, daun suji biasanya digunakan sebagai pewarna makanan. Daun suji sering dimanfaatkan sebagai pewarna pada klepon, dadar gulung dank rep gulung isi kelapa yang berwarna hijau.

Klepon menjadi salah satu makanan yang sering memanfaatkan daun hijau satu ini. Apabila Grameds tertarik untuk membuat cemilan ini di rumah, berikut cara membuatnya.

  • Remas – remas daun suji dan daun pandan sambil diberi air. Biarkan hingga warna hijau dari kedua daun tersebut keluar, lalu saring airnya dan sisihkan.
  • Siapkan tepung ketan di wadah. Masukkan air daun suji dan daun pandan, air kapur sirih, kemudian campur dan aduk adonan dengan tangan.
  • Apabila adonan sudah kalis, bentuk bola kecil dengan tangan da nisi dengan gula merah.
  • Rebus air hingga mendidih, masukkan klepon dan masak hingga matang.
  • Apabila sudah matang, angkat dan baluri dengan kelapa parut. Klepon siap disajikan.

Manfaat Daun Suji

https://www.gramedia.com/products/rumah-di-tanah-rempah-penjelajahan-memaknai-rasa-dan-aroma-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah berbagai manfaat daun suji yang tidak banyak orang ketahui. Meskipun demikian, efektivitas dan tingkat keamanan daun suji sebagai pengobatan herbal masih perlu diteliti lebih lanjut. Oleh sebab itu, Grameds mulai terapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi serta olahraga secara rutin agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Yuk mulai hidup sehat bersama!

Jika Grameds m membutuhkan referensi terkait manfaat daun suji dan cara penggunaannya, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di gramedia.com. Gramedia selalu memberikan produk terbaik dan terlengkap agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Rosyda Nur Fauziyah 

BACA JUGA:

  1. 15 Manfaat Daun Sangket untuk Kesehatan Tubuh 
  2. 14 Manfaat Daun Ungu dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh! 
  3. 10 Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui
  4. 15 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh
  5. 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan
  6. 10 Manfaat Daun Binahong, Punya Khasiat Tinggi
  7. 15 Manfaat Daun Kelor untuk Tubuh
  8. 14 Manfaat Daun Salam untuk Tubuh


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Siti Marliah

Buat saya, menulis bukan hanya sekedar merangkai kata agar terlihat bagus. Saya suka menulis dengan tema-tema seperti manfaat dari suatu bahan alami dan juga ilmu pengetahuan.

Kontak media sosial Instragram saya Siti Marliah