in

15 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Cabanas de Tavira, Faro district, Portugal: field of Oxalis pes-caprae (Bermuda buttercup, African wood-sorrel, Bermuda sorrel, buttercup oxalis, Cape sorrel, English weed, goat's-foot, sourgrass, soursob and soursop) is a species of tristylous flowering plant in the wood sorrel family Oxalidaceae - Green clover meadow

Manfaat daun sirsak ternyata sangat banyak untuk kesehatan. Ada beberapa penyakit y ang dapat diringankan atau disembuhkan oleh daun sirsak. Ini karena adanya kandungan-kandungan baik di dalam daun sirsak.

Mengonsumsi air rebusan daun sirsak adalah salah satu langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan. Mulai dari mencegah diabetes, penyakit jantung, menurunkan berat badan, sampai meningkatkan imun di dalam tubuh. Artikel ini akan membahas mengenai 15 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh manusia.

My Healthy Life: Daun Sirsak Vs Kanker
My Healthy Life: Daun Sirsak Vs Kanker

tombol beli buku

Riset membuktikan daun sirsak ampuh menggempur sel kanker. Kandungan acetogenins menghambat produksi adenosina trifosfat (ATP) yang menjadi sumber energi sel kanker. Akibatnya pasokan energi pun berkurang sehingga sel kanker mati. Buku ini akan menjelaskan berbagai macam manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Sirsak

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

manfaat daun sirsak: Menurunkan Kadar Gula Darah
Soursop leaves, Prickly Custard Apple. (Annona muricata L.) Plant for Treatment of carcinoma

Salah satu hal yang harus selalu dikontrol dalam tubuh adalah kadar gula darah. Kadar gula darah yang tinggi tentu tidak baik untuk kesehatan. Kondisi kadar gula darah yang berlebihan akan menyebabkan penyakit diabetes.

Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh orang. Penyakit ini tidak mengenal batasan usia. Penyebab utamanya adalah mengonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.

Ketika mengonsumsi makanan seperti itu, maka kadar gula di dalam darah akan meningkat. Inilah sebabnya kadar gula darah harus selalu dikontrol. Baik sebelum terjangkit diabetes atau sudah menderita diabetes.

Cara penyintas diabetes menyembuhkan penyakit ini adalah dengan mengurangi kandungan gula pada makanan. Hal itu akan membuat kadar gula darah tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi obat alami.

Manfaat daun sirsak dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Daun sirsak dapat bekerja untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Mengonsumsi daun sirsak akan berdampak pada kadar gula darah.

Akan tetapi, daun sirsak bukanlah obat utama dalam menyembuhkan penyakit diabetes. Seseorang yang memiliki kadar gula yang tinggi di dalam darah harus menerapkan pola hidup sehat. Seperti tidak makan makanan cepat saji dan makanan manis yang berlebihan.

Tidak hanya itu, olahraga juga dapat membantu penyembuhan penyakit diabetes. Mengonsumsi obat alami seperti daun sirsak memang bagus untuk penderita diabetes. Akan tetapi, tetap harus berkonsultasi dengan dokter ketika ingin mengonsumsi bersama obat medis.

2. Mengobati Penyakit Kanker

manfaat daun sirsak: Mengobati Penyakit Kanker
Soursop (also graviola, guyabano, and in Hispanic America, guanábana) is the fruit of Annona muricata, a broadleaf, flowering, evergreen tree.[4][5] The exact origin is unknown; it is native to the tropical regions of the Americas and the Caribbean and is widely propagated
Manfaat daun sirsak ternyata dapat membantu mengobati penyakit kanker. Hal ini berkat kandungan acetogenin yang ada di dalam daun sirsak. Kandungan ini memiliki khasiat dan sifat antikanker yang cukup kuat. Cara kerja daun sirsak juga diketahui hampir sama dengan pengobatan kemoterapi.

Pengobatan kemoterapi bertujuan untuk menghambat pembelahan dari DNA sel kanker. Sel kanker yang pembelahannya dihambat dan diperlambat dapat mencegah bahkan menyembuhkan penyakit kanker. Cara mengonsumsi daun sirsak juga terbilang mudah.

Kamu cukup menyiapkan beberapa helai daun sirsak. Cuci sampai bersih daun tersebut. Setelah itu kamu bisa merebusnya di air mendidih. Air rebusan daun sirsak ini dapat diminum setiap hari.

3. Mengobat Asam Urat

manfaat daun sirsak: manfaat daun sirsak: Mengobati Penyakit Kanker
Soursop Durian sweet fruit with sharp bark Flesh tree on blurred of nature background

Penyakit asam urat atau dapat dikatakan gout adalah salah satu jenis radang sendi. Asam urat ini terjadi karena adanya sebuah penumpukan kristal asam urat. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada daerah sendi manapun.

banner-promo-gramedia

Contohnya seperti pada pergelangan kaki, pada jari-jari kaki, lutut dan kasus paling sering pada area ibu jari kaki. Kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri. Aktivitas sehari-hari juga akan terganggu.

Pada kondisi yang normal, asam urat akan larut di dalam darah. Asam urat tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Namun, hal ini berbeda pada kondisi tertentu.

Asam urat akan menumpuk, ini adalah akibat dari tubuh yang menghasilkan asam urat dengan jumlah yang banyak. Jumlah asam urat dapat dikatakan berlebihan, sehingga mengalami gangguan. Gangguan tersebut akan terjadi ketika membuang kelebihan dari asam urat.

Penyakit asam urat ini adalah salah satu penyakit yang sering dirasakan oleh banyak orang. Meskipun banyak diderita oleh orang yang lanjut usia, tetapi tetap banyak usia muda yang terkena asam urat.

Manfaat daun sirsak juga dapat membantu mengobati asam urat. Daun sirsak adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati penyakit asam urat. Masih sama seperti cara sebelumnya, kamu cukup merebusnya dan minum air rebusan daun sirsak tersebut.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat daun isrsak:
Close up of a soursop fruit on the tree.

Manfaat daun sirsak juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol di dalam tubuh sering kali tidak terkontrol. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol secara berlebihan.

Daun sirsak dapat menurunkan kadar kolesterol, karena di dalamnya mengandung antioksidan. Antioksidan yang ada di dalam kolesterol dapat mengontrol kolesterol jahat. Selain itu, daun sirsak juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Tidak hanya itu, manfaat daun sirsak juga dapat mencegah terjadinya kolesterol. Mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin akan membantu untuk mencegah kolesterol. Kamu bisa mulai mengonsumsinya setiap hari untuk mencegah kadar kolesterol jahat di tubuh, sehingga tetap normal.

Menu Sehat & Lezat Penurun Kadar Kolesterol
Menu Sehat & Lezat Penurun Kadar Kolesterol

tombol beli buku

Buku ini menyajikan berbagai informasi tentang pola makan yang ebnar dan cara memilih yang sehat. Dilengkapi dengan 85 resep aneka jenis hidangan yang praktis dan aman dalam upaya menurunkan kolesterol darah, selain tentunya nikmat untuk dikonsumsi.

5. Menurunkan Berat Badan

manfaat daun sirsak: Menurunkan Berat Badan
Soursop, Annona muricate blooming in garden on nature background Annonaceae

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari olahraga secara rutin, sampai mengurangi porsi makan. Selain itu, tak jarang seseorang akan mengonsumsi obat-obatan ketika dalam program penurunan berat badan.

Obat-obatan yang dikonsumsi ini perlu dicek ulang apakah memiliki efek samping untuk kesehatan. Jika iya, maka itu akan sangat berbahaya. Maka dari itu, lebih baik kamu berganti pada obat alami dalam menurunkan berat badan.

Salah satu contohnya adalah daun sirsak. Manfaat daun sirsak ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Daun sirsak adalah bahan alami yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Manfaat mengonsumsi daun sirsak adalah dapat membantu melancarkan pencernaan. Inilah yang membuat daun sirsak dapat menurunkan berat badan. Daun sirsak dapat membuat pembuang air besar menjadi lancar. Ini adalah salah satu upaya dalam mengontrol berat badan.

Manfaat Daun Sirsak

6. Mengobati Sariawan

manfaat daun sirsak: Mengobati Sariawan
Philippine Atlas Moth Cocoon

Manfaat daun sirsak selanjutnya juga dapat mengobati sariawan. Sariawan adalah salah satu gangguan di dalam mulut yang disebabkan karena banyak faktor. Seperti adanya trauma di dalam rongga mulut, pola makan yang kurang baik, bakteri, virus, kurang tidur, kondisi genetic, kekurangan vitamin C, sampai dapat terjadi karena stres.

Daun sirsak dipercaya ampuh dalam mengobati sariawan. Kamu dapat menggunakan daun sirsak untuk pengobatan dengan cara yang mudah. Langkah pertama, siapkan beberapa lembar daun sirsak.

Setelah itu kamu bisa membersihkannya. Setelah bersih, tumbuklah daun sirsak tersebut. Rebuslah tumbukan daun sirsak tadi. Tunggu sampai air rebusan dingin, kemudian kamu dapat meminumnya.

Baca Juga: 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

7. Menurunkan Risiko Hipertensi

manfaat daun sirsak: Menurunkan Risiko Hipertensi
salvador, bahia, brazil – january 11, 2021: soursop fruit is seen in a garden in the Imbui neighborhood in the city of Salvador.

Hipertensi adalah tekanan darah yang tinggi. Kondisi ini terjadi karena kadar darah di dalam tubuh terus meningkat. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab dari hipertensi.

Salah satunya adalah karena adanya penyakit jantung. Sebaliknya, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan adanya penyakit jantung. Maka dari itu, kondisi seperti ini harus segera ditangani.

banner-promo-gramedia

Salah satu cara alami menurunkan risiko hipertensi adalah dengan mengonsumsi daun sirsak. Manfaat daun sirsak dapat membantu menurunkan risiko hipertensi. Hal ini karena kandungan yang ada di dalam daun sirsak.

Daun sirsak mampu melancarkan peredaran darah. Daun sirsak memiliki antioksidan yang bagus untuk tubuh. Antioksidan ini mampu melenturkan pembuluh darah.

8. Mengatasi Anemia

manfaat daun sirsak: Mengatasi Anemia
fruit for good health

Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Hal ini akan membuat sel-sel tubuh tidak mendapat oksigen yang merata. Sel-sel tersebut tidak akan berfungsi secara normal atau hipoksemia.

Anemia terjadi karena beberapa faktor. Secara garis besar, ada tiga hal yang menyebabkan seseorang terkena anemia. Kondisi tersebut antara lain karena produksi sel darah merah yang kurang, hancurkan sel darah merah dengan waktu yang terlalu cepat, dan kehilangan darah dalam jumlah yang banyak.

Salah satu kandungan yang ada di dalam daun sirsak adalah zat besi. Kandungan ini terbilang cukup tinggi. Kandungan ini dapat meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh. Mengonsumsi daun sirsak secara rutin dapat meminimalisir risiko anemia.

9. Mengatasi Insomnia

manfaat daun sirsak: Mengatasi Insomnia
Damage soursop fruit due to squirrel piercing.

Insomnia adalah kondisi ketika kamu merasa sulit tidur. Kondisi ini biasanya tidak hanya terjadi sekali saja. Bisa terjadi sering atau dalam waktu yang lama.

Meskipun terkadang tidak memiliki gejala yang sangat serius, tetapi insomnia tidak boleh dianggap hal yang remeh. Insomnia yang berkelanjutan tentu akan mengganggu kesehatan. Tidak sering insomnia akan menyebabkan penyakit jika terus dibiarkan.

Manfaat daun sirsak dapat membantu mengatasi insomnia. Kamu bisa mengatasi insomnia dengan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan adalah daun sirsak.

Hal ini karena ada kandungan baik di dalam daun sirsak. Kandungan tersebut adalah tryptophan. Kandungan tryptophan yang ada di dalam daun sirsak dapat mengobati insomnia.

Kandungan ini akan memberikan erek rasa mengantuk. Setelah mengonsumsi daun sirsak, kamu akan bisa lebih cepat tertidur. Maka insomnia dapat diatasi.

10. Meningkatkan Imun Tubuh

manfaat daun sirsak: Meningkatkan Imun Tubuh
Soursop leaf isolated on white

Manfaat daun sirsak juga dapat membantu meningkatkan imun  tubuh. Hal ini karena adanya kandungan baik di dalam daun sirsak. Kandungan baik tersebut dapat membantu meningkatkan imun tubuh.

Seperti annocatalin, asam linoleate, anomurine dan annohexocin. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu tubuh dalam melawan berbagai penyakit. Ini adalah salah satu manfaat daun sirsak yang sangat besar untuk tubuh.

Kandungan itu dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang terjaga akan membuat imun menjadi kuat. Imun tubuh yang kuat akan membantu kamu terhindar dari beragam penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Manfaat Daun Sirsak

11. Mengobati Kista Ovarium

manfaat daun sirsak: Mengobati Kista Ovarium
Naturally Growing Soursop Ripening On Tree On Australian Farm

Manfaat daun sirsak dapat dirasakan pada area kewanitaan. Daun sirsak dapat membantu wanita untuk mengobati kista. Kista yang dapat ditangani oleh daun sirsak adalah kista yang ada pada bagian ovarium.

Kista adalah tumor jinak yang harus segera ditangani. Apabila kista tidak segera mendapat perawatan, maka tumor ini dapat berubah menjadi kanker. Hal ini tentu akan lebih membahayakan kesehatan dan tubuh.

banner-promo-gramedia

Daun sirsak adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu mengobati kista pada ovarium. Hal itu karena daun sirsak dipercaya dapat mengatasi tumor jinak. Namun, ketika kamu akan menggunakannya lebih baik berkonsultasi pada dokter.

Hal ini tentu untuk mencegah resiko terjadinya kesalahan. Penyakit kista ovarium ini adalah penyakit yang berbahaya. Maka dari itu penanganannya harus tepat.

12. Menunda Penuaan Dini

manfaat daun sirsak: Menunda Penuaan Dini
Soursop tree and fruit

Menurut beberapa pakar, manfaat daun sirsak adalah dapat membantu menunda penuaan dini. Manfaat ini didapatkan karena daun sirsak memiliki kandungan asam askorbat dan vitamin C di dalamnya. Kandungan itulah yang dapat mencegah radikal bebas penyebab adanya penuaan.

Vitamin C yang ada di dalam daun sirsak dapat berperan untuk mengatasi garis halus. Selain itu, keriput juga akan teratasi oleh vitamin C. Salah satu tanda penuaan dini seperti perubahan warna kulit juga dapat diatasi.

13. Mengatasi Masalah Rambut

manfaat daun sirsak: Mengatasi Masalah Rambut
Soursop tree and fruit

Tidak hanya kulit yang sering mengalami masalah. Rambut juga sering mengatasi masalah. Berbagai masalah dapat terjadi pada rambut.

Seperti rambut rontok, adanya ketombe, rambut bercabang dan lain-lain. Manfaat daun sirsak yang lain ternyata dapat mengatasi masalah pada rambut. Daun sirsak dapat menjadi bahan alami dalam mengatasi masalah rambut.

14. Menyembuhkan Infeksi

manfaat daun sirsak: Menyembuhkan Infeksi
Soursop flower

Manfaat daun sirsak selanjutnya adalah dapat menyembuhkan infeksi yang ada pada tubuh. Seperti dijelaskan sebelumnya, daun sirsak memiliki beragam kandungan. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan infeksi.

Contohnya seperti kandungan saponin, flavonoid, tanin dan alkaloid. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai anti bakteri. Senyawa aktif ini bisa membantu melindungi paru-paru dari infeksi virus.

15. Meringankan Wasir

manfaat daun sirsak: Meringankan Wasir
Soursop tree and fruit

Wasir adalah sebuah kondisi pembengkakan atau pembesaran dari pembuluh darah. Wasir atau hemoroid ini terjadi pada pembuluh darah yang ada di usus besar. Wasir terjadi di usus besar bagian akhir atau rektum dan anus atau dubur.

Wasir ini dapat menyerang segala usia. Akan tetapi, umumnya wasir sering dikeluhkan pada usia 50 tahun ke atas.

Manfaat daun sirsak dapat meringankan wasir. Daun sirsak adalah obat wasir atau ambeien secara alami. Ini karena adanya zat yang dapat menghentikan pendarahan rektum pada daun sirsak.

Daun sirsak akan membuat otot-otot pada sekitar dubur menjadi lebih rilek atau tidak tegang. Ini akan meringankan wasir.

Cara penggunaannya cukup mudah. Siapkanlah lima lembar daun sirsak dengan dua gelas air mineral. Rebuslah kedua bahan tersebut sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah itu kamu bosa minum air rebusan ini pada pagi hari dan malam hari

Herbal Penyembuh Wasir dan Kanker Prostat
Herbal Penyembuh Wasir dan Kanker Prostat

tombol beli buku

Buku ini lengkap membahas wasir dan gangguan pada prostat, terutama kanker. Dari gejala, penyebab, stadium, cara mencegah, dan pengobatannya dengan herbal. Anda akan dipandu mahir meracik herbal untuk kesembuhan wasir dan kanker prostat. Mengapa herbal? Karena herbal dapat menyembuhkan bagian tubuh Anda yang sakit tanpa merusak atau menghilangkan bagian yang sakit!

Itulah 15 manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh. Meskipun manfaat daun sirsak sangat banyak, tetapi penggunaannya tidak boleh berlebihan. Terlebih pada seseorang yang menderita penyakit tertentu dan harus minum obat secara rutin. Hal ini harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Temukan hal-hal menarik lainnya dalam www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Baca Juga:

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih