in

10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan – Indonesia terkenal mempunyai banyak tumbuhan dan daun-daunan yang memiliki beragam manfaat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya tentu grameds pernah mendengar tentang daun sirih, bukan?

Ya, pada umumnya daun sirih hanya digunakan untuk mempertahankan kesehatan pada gigi. Tapi, jangan salah loh bahwa ternyata daun sirih mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui.

Apa saja manfaat dari daun sirih yang belum kamu ketahui? Yuk, simak hingga artikel ya grameds.

Daun sirih merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia. Selain itu, daun sirih juga merupakan salah satu jenis tanaman kesehatan yang dapat mengatasi beberapa jenis penyakit serta mengandung sekitar 85-90% air di dalamnya.

Karena mengandung banyak air di dalamnya, maka daun sirih rendah akan lemak dan kalori yang hanya memiliki sekitar 0,4-1% per 100 gram lemak serta 44 per 100 gram kalori.

Tidak hanya itu, terdapat kandungan lainnya yang ada pada daun sirih, seperti flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenoli, minyak atsiri, 3% per 100 gram protein, 3,4 mcg per 100 gram iodine, 1,1-4,6% per 100 gram sodium, 1,9-2,9 mg per 100 gram vitamin A, 13-70 mcg per 100 gram vitamin B1, 1,9-30 mcg per 100 gram vitamin B2, dan 0,63-0,89 mg per 100 gram asam nikotinat.

Sebelum membahas lebih jauh lagi tentang manfaat daun sirih, kamu perlu tahu bahwa terdapat dua jenis daun sirih yang biasanya dapat kita jumpai disekitar, yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau.

Grameds tidak perlu khawatir ya, karena kedua daun sirih tersebut masing-masing sudah memiliki manfaatnya sendiri bagi kesehatan.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui tentang daun sirih, antara lain sebagai berikut:

1.    Menyembuhkan Bekas Luka Bakar

Salah satu manfaat pertama yang perlu kamu ketahui dari daun sirih adalah dapat menyembuhkan luka bakar. Yang dimaksud di sini adalah daun sirih merah yang mempunyai kandungan saponin bersifat antiseptik. Antiseptik mampu memberikan perlindungan dari adanya infeksi pada kuman dikarenakan tingginya kandungan polifenolnya.

Selain itu, daun sirih merah ini juga memiliki suatu tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga proses penyembuhan pada luka bakar tersebut bisa lebih cepat teratasi dan tertutup.

Kamu juga bisa membaca salah satu buku berikut ini untuk membantu proses luka bakar yang dialami ya grameds.

banner-promo-gramedia

2.    Menjaga Kesehatan pada Gigi dan Mulut

Manfaat berikutnya yang tentu sudah banyak orang ketahui adalah dapat menjaga kesehatan pada gigi dan mulut. Mulut merupakan salah satu bagian pada tubuh yang rentan akan mengalami pertumbuhan atas bakteri dari apa yang kamu makan. Adapun, kandungan minyak atsiri pada plak gigi yang dapat mencegah adanya pertumbuhan pada bakteri.

Selain itu, rebusan air pada daun sirih telah terbukti dapat menghambat adanya pertumbuhan bakteri pada mulut. Tidak hanya itu, daun sirih juga dapat mengatasi gigi yang berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Grameds tidak perlu khawatir jika tidak bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut, gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas selalu menawarkan buku yang dapat membantu kamu dalam menghadapi kesulitan di atas.

3. Mengobati Diare

Manfaat selanjutnya pada daun sirih yang wajib kamu ketahui adalah dapat mengobati penyakit diare. Daun sirih ini dapat membunuh mikroba yang terdapat pada bakteri E. Coli yang menjadi penyebab dari diare tersebut. Hal ini dikarenakan, pada daun sirih ini juga terdapat kandungan sterol yang mampu melawan mikroba jahat di dalam tubuh tersebut.

4.    Mencegah Kanker

Grameds pasti sudah tahu beberapa kandungan yang terdapat pada daun sirih melalui penjelasan di awal artikel tadi bukan. Nah, salah satunya adalah kandungan antioksidan. Antioksidan eugenol yang terkandung pada rebusan daun sirih merah dan hijau ternyata juga dapat mencegah adanya radikal bebas yang menjadi pemicu pada penderita kanker.

5.    Mengobati Diabetes

Beberapa kandungan pada daun sirih, seperti alkaloid, flavonoid, dan tanin pada daun sirih merah ternyata dapat menurunkan adanya kadar gula dalam tubuh. Salah satu penelitian bahkan menyebutkan bahwa daun sirih merah dapat menurunkan kadar gula sekitar 10-38% di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, antioksidan pada daun sirih juga bisa membantu dalam menurunkan kadar gula di dalam darah. Antioksidan tersebut dapat mengurangi stres yang bisa memicu adanya ketidakseimbangan pada hormon insulin. Apabila hormon pada insulin tersebut dapat seimbang, maka kandungan yang ada dalam kadar gula juga bisa stabil dan penyakit diabetes bisa segera diatasi serta dicegah dengan baik.

Tentunya kamu juga jangan lupa untuk tetap menjaga pola hidup yang sehat dengan mengimbangi segala asupan gizi yang akan dimakan. Selain itu, yang tidak kalah penting adalah lakukan olahraga secara teratur.

Grameds juga bisa membaca salah satu buku berikut ini dalam menangani masalah diabetes yang sedang kamu alami. Karena buku ini juga mampu menjadi solusi terbaik kamu dalam mengobati penyakit diabetes selain menggunakan daun sirih tersebut.

6. Mampu Mengobati Mimisan

Grameds tentu tidak asing lagi dengan salah satu manfaat daun sirih yang satu ini bukan. Ya, daun sirih dapat membantu dalam mengobati mimisan pada hidung. Antioksidan tanin yang terdapat pada daun sirih dapat mempercepat respon dalam tubuh untuk menyembuhkan luka.

banner-promo-gramedia

Cara kerja daun sirih yang mampu membekukan darah dengan lebih cepat dan mampu menutup sobekan di dalam pembuluh darah pada hidung dapat dengan mudah diatasi.

7. Mengurangi Rasa Nyeri pada Haid

Bagi grameds perempuan yang sedang membaca artikel ini jangan sampai dilewatkan salah satu manfaat daun sirih berikut ini. Ya, manfaat lainnya yang tidak kalah penting adalah mampu mengurangi rasa nyeri pada haid yang saat itu mungkin sedang kamu rasakan. Cara kerja daun sirih berikut ini dengan menambahkan kunyit sebagai pengurangan rasa sakit saat haid tersebut melanda.

8.    Menjaga Saluran Pencernaan pada Tubuh

Dua jenis daun sirih, yaitu daun sirih merah dan daun sirih hijau diketahui dapat membantu saluran pencernaan pada tubuh. Daun sirih dapat menormalkan kembali tingkat ph pada lambung untuk mengurangi rasa nyeri atau sakit yang ditimbulkan.

Tidak hanya itu, daun sirih juga mampu meningkatkan sistem metabolisme pada saluran pencernaan di dalam tubuh. Dengan kata lain, dengan mengkonsumsi daun sirih tentunya dapat membantu kamu agar terhindar dari penyakit diare atau sembelit.

9.    Mengatasi Mata Merah

Salah satu manfaat berikutnya yang mungkin saja belum diketahui oleh banyak orang adalah mampu mengatasi mata merah. Grameds perlu tahu bahwa daun sirih juga bisa mengatasi mata yang merah dan gatal dengan cara merebus sedikitnya enam lembar daun sirih tersebut.

Akan tetapi, jika kamu tidak dapat mengurangi mata yang merah dan gatal tersebut dengan menggunakan daun sirih. Maka, lakukanlah pemeriksaan kepada dokter mata terdekat ya grameds.

10.  Mengobati Radang Tenggorokan

Grameds tentu sudah tahu bahwa daun sirih memiliki kandungan antioksidan dan minyak atsiri yang mampu mengatasi kesehatan pada mulut. Hal ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati radang pada tenggorokan.

Kandungan antibakteri yang dimiliki daun sirih ternyata mampu dalam menghambat proses pertumbuhan dan perkembangan bakteri di dalam mulut. Oleh karena itu, radang pada tenggorokan juga mampu diobati dengan daun sirih ini dengan beberapa kandungan didalamnya, seperti alkaloid, vitamin B, dan vitamin C dalam perannya mengurangi anti radang tersebut.

Baca juga:

Nah, seperti itulah pembahasan mengenai beberapa manfaat daun sirih yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi beberapa jenis kesehatan grameds di rumah.

banner-promo-gramedia

Jika Grameds memiliki ketertarikan untuk mencari beberapa manfaat daun sirih lainnya kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu untuk berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Semoga bermanfaat!

Penulis: Elsya Islamay

Link Buku Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay