in

22 Makanan Khas Bogor yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung!

Sumber: travel.kompas.com

Makanan khas Bogor – Bogor adalah sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Bogor dikenal dengan julukan Kota Hujan, karena memiliki curah hujan yang lumayan sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 kelurahan.

Tidak hanya itu, Bogor dikenal sebagai salah satu destinasi liburan paling populer bagi warga Jakarta. Saat akhir pekan atau hari libur, jalanan Bogor akan dipenuhi oleh kendaraan yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Oleh sebab itu, banyak orang yang akan mencari makanan khas Bogor.

Namun, terkadang masih ada sebagian orang yang belum mengetahui apa saja makanan khas Bogor. Jangan cemas, karena pada artikel ini akan membahas makanan khas Bogor yang bisa kamu coba ketika pergi ke Bogor. Jadi, simak artikel ini sampai habis, Grameds.

https://www.gramedia.com/products/bogor-culinary-nongkrong-recommended?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/bogor-culinary-nongkrong-recommended?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Makanan Khas Bogor

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan khas Bogor yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Bogor.

Roti Unyil Venus

makanan khas bogor
Sumber: Sentul City

Jika berkunjung ke Bogor dan bingung membeli oleh-oleh, maka jawaban yang pertama adalah Roti Unyil Venus. Keunikan yang dimiliki dari roti ini terletak pada bentuknya yang unyil atau tidak lebih dari 5 cm.

Selain itu, roti unyil ini juga memiliki pilihan rasa yang sangat beragam dan tentunya enak. Berbagai rasa yang ditawarkan Roti Unyil Venus adalah abon, keju, sosis, bakso, moka, coklat, susu, jagung, kacang, nanas, pisang, kismis, stroberi, coklat kacang dan pisang coklat. Anda bisa membawa roti unyil ini dalam berbagai ukuran kemasan.

Jika Anda ingin membeli Roti Unyil Venus, maka bisa mendatangi toko pusatnya yang berada di Ruko V Point, Jalan Raya Pajajaran No 1.

Strudel Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Aneka Wisata

Strudel merupakan pastry berlapis yang biasanya berisi manisan seperti potongan apel, coklat, dan karamel. Di Bogor, ada Strudel Bogor yang wajib Anda jadikan oleh-oleh. Bahkan, oleh-oleh ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan, sehingga saat ini Strudel Bogor telah menjadi ikon pusat oleh-oleh terkenal di Bogor bernama Pusat Oleh-oleh Jumbo (Jumpa Bogor).

Strudel yang ada di sini bisa dibilang memiliki banyak pilihan isian, mulai dari rasa manis seperti buah-buahan coklat dan talas hingga rasa asin seperti asinan dan bakso. Harganya juga cukup terjangkau, mulai dari Rp45.000-50.000 per kotak. Jika ingin membawa pulang Strudel Bogor, Anda bisa langsung datang ke Jalan Raya Pajajaran No 3F, Baranangsiang.

Bika Bogor Talubi

makanan khas bogor
Sumber: Bisniswisata

Di Bogor Anda juga bisa menemukan oleh-oleh serupa dengan rasa tidak kalah lezat. Adapun yang membedakan bika bogor dengan bika medan adalah bahan utamanya, yakni umbi talas.

Bika Bogor yang sudah sangat terkenal di kota ini adalah Bika Bogor Talubi yang memiliki tekstur lembut dengan beragam pilihan rasa. Bika Bogor ini terdiri dari berbagai macam rasa, seperti talas, cokelat, coco pandan, nangka, dan green tea. Satu kotak Bika Bogor Talubi dijual dengan harga sekitar Rp35.000.

Tidak hanya memiliki rasa yang lezat, bika yang bisa ditemukan di Jalan Raya Pajajaran No 20 M ini juga aman untuk Anda konsumsi sesering mungkin karena bebas dari bahan pengawet.

Bolu Lapis Sangkuriang

makanan khas bogor
Sumber: Lapisbogor.co.id

Talas merupakan salah satu bahan makanan yang digunakan warga Bogor untuk membuat apa saja. Oleh sebab itu, tentu tidak heran jika banyak oleh-oleh khasnya terbuat dari umbi berwarna ungu ini. Selain Bika Bogor Talubi, oleh-oleh khas Bogor lain yang juga terbuat dari talas adalah Bolu Lapis Sangkuriang.

Anda bisa membelinya di Jalan Raya Sholeh Iskandar, tepatnya di depan Yogya Department Store. Bolu Lapis Sangkuriang dikenal dengan warnanya yang kuning dan ungu. Tak hanya itu, topping yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari keju,choco chip hingga rainbow chip. Jika Anda tertarik untuk membelinya, maka hanya mengeluarkan dana sebesar Rp25.000. Dengan harga yang begitu murah, Anda sudah bisa membawa pulang satu kota Bolu Lapis Sangkuriang untuk oleh-oleh.

Macaroni Panggang Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Bogoraya.co

Bagi penggemar pasta, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan membeli Macaroni Panggang Bogor sebagai oleh-oleh. Pasta biasanya makanan dari luar negeri misalnya dari negara-negara eropa. Pasta memang bukan makanan khas Indonesia. Namun, sepertinya hal ini tidak menjadi patokan makanan yang kerap dibeli di suatu daerah.

Makaroni panggang ini mirip dengan macaroni schotel, tetapi teksturnya lebih kering dan bagian atasnya diberi keju parut sebagai topping. Macaroni Panggang Bogor terdiri dari dua jenis, yaitu rasa yang biasa dan spesial.

Makaroni panggang spesial menggunakan daging dan jamur yang lebih banyak daripada makaroni panggang biasa. Selain makaroni panggang, di sini juga tersedia pula berbagai menu lain yang menarik untuk dicoba seperti steak,lasagna,klapertart, hingga berbagai olahan daging ayam dan iga. Tertarik untuk membelinya? Langsung saja datang ke toko Macaroni Panggang di Jalan Salak No 24, Babakan, tepatnya di depan Taman Kencana.

Kacang Bogor Istana

makanan khas bogor
Sumber: Arocki

Berbeda dengan kacang tanah biasanya, kacang yang menjadi makanan khas Bogor ini memiliki bentuk bulat yang berwarna ungu. Meski namanya kacang Bogor, tetapi sebetulnya jenis kacang yang digunakan berasal dari Afrika Barat dengan nama latin Vigna Subterranea.

Dikarenakan kacang ini tidak tumbuh sepanjang tahun, maka masyarakat Bogor pun mengolahnya menjadi kacang bogor goreng agar bisa dinikmati dalam waktu yang lama. Perlu ketahui bahwa kacang ini tak bisa tumbuh dan dipanen sepanjang tahun. Jadi, ketika musimnya datang, masyarakat Bogor pun mengolahnya menjadi kacang Bogor goreng yang bisa dinikmati dalam waktu yang panjang.

Kacang Bogor Istana dijual dalam berbagai varian rasa, mulai dari keju, barbekyu, hingga balado. Satu kemasan dijual dengan harga sekitar Rp22.500. Lalu, jika Anda ingin membelinya, maka bisa langsung mengunjungi toko resminya yang bernama Kacang Bogor dan Stik Talas Bogor ‘Istana’ di Jalan Babakan Raya No.37.

Combro Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Tribun Bogor

Singkatan makanan combro yaitu oncom di jero atau oncom di dalam. Combro terbuat dari bahan parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong. Isinya yaitu tumisan oncom pedas kemudian digoreng. Makanan khas yang satu ini akan lebih nikmat ketika masih hangat, sehingga sering dikonsumsi di musim hujan.

Misro Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Pikiran-Rakyat.com

Singkatan misro yaitu amis dijero atau manis di dalam. Makanan tradisional ini terbuat dari parutan singkong yang kemudian dibentuk bulat atau lonjong. Isiannya yaitu gula merah cair di dalam. Setelah itu, barulah digoreng. Sama dengan combro, makanan khas ini juga lebih nikmat dikonsumsi saat masih panas.

Ketimus Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Dapur Bogor

Ketimus berasal dari makanan khas sunda yang terbuat dari campuran singkong parut, kelapa parut, dan gula merah. Dibentuk lonjong dan dibungkus daun pisang. Kemudian dimasak dengan cara dikukus.

Jojorong Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Seneng Piknik

Jojorong atau disebut jorong yang artinya didorong. Sesuai dengan namanya, maka cara makannya harus didorong dengan sendok agar mudah diambil. Makanan ini dibuat dari tepung kanji dengan tepung beras serta isian gula merah cair di dalamnya.

https://www.gramedia.com/products/kue-manis-legit-populer-indonesia-resep-antigagal-kursus-ncc-step-by-step?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kue-manis-legit-populer-indonesia-resep-antigagal-kursus-ncc-step-by-step?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Asinan Sedap Gedung Dalam

makanan khas bogor
Sumber: Travel Kompas

Asinan Sedap Gedung Dalam berdiri sejak tahun 1978. Asinan Sedap Gedung Dalam menjadi kuliner legendaris sekaligus salah satu oleh-oleh khas Bogor favorit wisatawan. Satu porsi makanan ini berisi asinan buah dan sayur yang dimasak menggunakan gula asli tanpa tambahan pengawet.

Jika ingin mencicipi sendiri kelezatan Asinan Sedap Gedung Dalam atau membawanya sebagai oleh-oleh, Anda bisa berkunjung ke Jalan Siliwangi No 27C atau Ruko V Point, Jalan Pajajaran No 1. Satu porsi asinan ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp19.000 saja.

PIA Apple-Pie

makanan khas bogor
Sumber: Go Travelly

Salah satu keunikan oleh-oleh yang satu ini terletak pada bentuknya yang menyerupai hati dengan ukuran cukup besar. Rasanya pun lezat dengan tekstur renyah di luar dan selai apel di dalamnya akan terasa lumer di mulut. Kalau kurang suka dengan apel, maka Anda juga bisa membeli pie dengan isian stroberi, keju, atau blueberry.

Harga satu kotak PIA Apple-Pie sekitar Rp39.000–Rp65.000, tergantung rasa yang Anda pilih. Selain itu, ada pulapiemini yang dijual hanya dengan harga sekitar Rp9.000. Daripada penasaran, langsung saja beli pia apple pie Jalan Pangrango No 10.

Risollaku

makanan khas bogor
Sumber: Java Travel

Oleh-oleh khas Bogor yang satu ini sangat cocok bagi Anda pecinta makanan asin. Risollaku merupakan risoles yang hadir dalam berbagai macam isian, seperti mayones, ayam, tuna, daging, keju, hingga ragout. Satu buah risoles ini dijual dengan harga kurang lebih Rp2.500. Biasanya, makanan ini dijual dalam 1 bungkus yang di mana per bungkusnya berisi 10 buah risoles. Harga dari 1 bungkus kurang lebih Rp27.000. Jika ingin membeli oleh-oleh ini, Anda bisa berkunjung ke Jalan Ring Road Yasmin.

Miss Pumpkin

makanan khas bogor
Sumber: Jogjaday.com

Selain talas, ada pula bahan utama lain yang diolah sebagai oleh-oleh khas Bogor, yakni labu parang. Miss Pumpkin berhasil mengolah labu parang menjadi bolu dan brownies dalam berbagai rasa. Pilihan rasa yang ditawarkan adalah labu, coklat, jeruk, hingga green tea.

Satu kotak bolu atau brownies dijual dengan harga sekitar Rp30.000-Rp35.000. Jika tertarik untuk membelinya, maka Anda bisa langsung datang ke toko Miss Pumpkin di Jalan Pajajaran Ruko No 84 H.

Keripik Mbah Gugel

makanan khas bogor
Sumber: Makanterus

Keripik Mbah Gugel terjual di berbagai toko oleh-oleh. Keripik yang dijual dengan level kepedasan beragam ini berhasil menarik perhatian warga lokal dan wisatawan. Lahir dari kreativitas anak muda Bogor, makanan yang terbuat dari singkong ini menawarkan rasa yang garing dan gurih. Selain singkong, Keripik Mbah Gugel juga menawarkan basreng atau bakso goreng yang dijual dengan harga sekitar Rp20.000 saja.

Papapia

makanan khas bogor
Sumber: PergiKuliner

Di Bogor, camilan ini cukup terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu tempat bakpia enak yang bisa Anda jadikan oleh-oleh adalah Papapia. Pilihan rasanya pun cukup beragam, mulai dari kacang hijau, coklat, keju, kacang merah, hingga kopi susu. Bakpia yang dijual sekitar Rp25.000-Rp30.000 per kotak ini bisa Anda temukan di Jalan Dalurung I No 16, Bantarjati.

Laksa Bogor

makanan khas bogor
Sumber: Resep Koki

Laksa Bogor menjadi salah satu hidangan yang juga dikenal sebagai makanan khas Bogor. Laksa Bogor kerap dihidangkan di acara syukuran, pesta, atau acara kebudayaan. Jika dilihat secara sekilas akan terlihat seperti soto dengan isian ketupat, bihun, tauge, daun kemangi, tahu kuning, dan telur rebus. Laksa Bogor menggunakan banyak rempah-rempah, dan juga kuah oncom untuk memberikan cita rasa yang khas.

Ngo Hiang Gang Aut

makanan khas bogor
Sumber: PergiKuliner.com

Ngo Hiang Gang Aut merupakan makanan khas Tionghoa yang masuk ke Bogor. Di negeri asalnya, Ngohiang gang aut berbahan dasar daging babi. Tetapi, makanan ini sudah diubah ketika masuk ke Indonesia. Olahan daging pada sajian ini dibalut dengan tepung dan digoreng, dicampur saus khas Ngo Hiang, yang memberikan rasa asam dan manis, ditambah acar lobak untuk menambah cita rasa.

Mie Glosor

makanan khas bogor
Sumber: Okezone Travel

Makanan khas Bogor lainnya adalah mie glosor. Mie glosor biasanya dijadikan sebagai menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini kerap disajikan dengan sambal kacang, dilengkapi kerupuk mie, dan gorengan.

Ciri khas yang dimiliki mie glosor yaitu mie yang berwarna kuning keemasan, karena menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit.

Doclang

doclang
Sumber: Good News From Indonesia

Makanan khas Bogor berikutnya adalah doclang yang mana kemiripannya seperti kupat tahu. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat doclang adalah terdiri dari pesor, irisan kentang goreng, tahu goreng dan telur rebus kemudian disiram bumbu kacang dan kecap.

Doclang mempunyai ciri-ciri pesor atau ketupatnya terbuat dari beras yang dibungkus daun Putat untuk kemudian direbus selama beberapa jam. Daun putat sendiri adalah jenis tanaman yang tumbuh di kaki gunung Salak. Hal inilah yang menjadi ciri khas makanan ini

Cungkring Bogor

cungkring bogor
Sumber: Travel Kompas

Biasanya sarapan pagi, masyarakat kota Bogor memakan cungkring. Cungkring sendiri terbuat dari bahan dasar kaki sapi. Dalam pemotongan kaki sapi biasanya dipotong 4 bagian.

Dalam 1 porsi cungkring, Anda bisa mendapatkan kulit, kikil, urat dan dampal. Empat bagian yang sudah dipisahkan tadi, kemudian diolah dengan cara khusus dan disajikan dengan memberikan kenikmatan tersendiri.

Pepes Sagu

pepes sagu
Sumber: Travel Kompas

Pepes sagu merupakan salah satu makanan tradisional. Seperti namanya, pepes sagu sendiri terbuat dari bahan bakar sagu. Tentunya inilah yang menjadikan pepes ini berbeda dari sajian pepes yang sering dijual. Biasnya, pepes sendiri terbuat dari sayuran atau daging, kini pepes yang dibuat sendiri berbahan sagu. Pepes sagu sendiri biasanya memiliki berbagai macam varian rasa seperti nangka, pisang dan juga keju.

https://www.gramedia.com/products/conf-wisata-kuliner-makanan-daerah-khas-bogor?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-wisata-kuliner-makanan-daerah-khas-bogor?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Makanan khas Bogor yang sudah dijelaskan di atas ada yang nikmat dimakan secara sendiri dan ada juga yang lebih nikmat dimakan secara bersama-sama. Selain itu, ada makanan yang cocok dimakan saat masih hangat dan ada juga yang lebih nikmat dimakan selagi dingin.

Selain itu, makanan khas Bogor ada yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan ada juga yang lebih cocok dimakan di tempat. Demikian pembahasan tentang makanan khas Bogor, setelah mengetahui makanan khas Bogor, mana yang akan kamu jadikan oleh-oleh?

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih seputar makanan khas Bogor dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com.

Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:

Written by M. Hardi