in

Daftar Negara Tersantai di Dunia untuk Wisata dan Healing

Negara Tersantai di Dunia – Ingin berwisata atau butuh tempat yang penuh ketenangan? Tahukah Grameds jika ada beberapa negara yang dinobatkan sebagai negara tersantai di dunia. Apakah Indonesia masuk dalam negara tersantai di dunia? Simak selengkapnya untuk tahu negara mana saja yang mungkin bisa jadi destinasi wisata Grameds selanjutnya. Berikut deretan negara tersantai di dunia beserta alasannya.

Daftar Negara Tersantai di Dunia

1. Indonesia

indonesia
timeout.com

Negara paling santai di dunia pada urutan pertama adalah negara Indonesia. Indonesia merupakan negara terluas ke-14 sekaligus sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan luas wilayah sebesar 1.904.569 km², serta negara dengan pulau terbanyak ke-6 di dunia, dengan jumlah 17.504 pulau. Nama alternatif yang umum dipakai untuk merujuk pada “Kepulauan Indonesia” disebut Nusantara. Indonesia juga menjadi negara berpenduduk terbanyak ke-4 di dunia dengan populasi mencapai 270.203.917 jiwa pada tahun 2020, serta menjadi negara beragama Islam terbanyak dan terbesar di dunia, dengan penganut lebih dari 230 juta jiwa.

Indonesia adalah salah satu negara multiras, multietnik, dan multikultural di dunia, seperti halnya Amerika Serikat. Indonesia berbatasan dengan sejumlah negara tetangga di Asia Tenggara, Benua Australia dan Oceania. Indonesia berbatasan di wilayah darat dengan Malaysia di Pulau Kalimantan dan Sebatik, dengan Papua Nugini di Pulau Papua, dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga yang hanya berbatasan laut dengan Indonesia adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.

Indonesia adalah negara kesatuan dengan bentuk pemerintahan republik berdasarkan Konstitusi Indonesia yang sah, yaitu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). Berdasarkan UUD 1945, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dan Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat. Ibu kota negara Indonesia saat ini adalah Daerah Khusus Ibukota Jakarta (DKI Jakarta). Pada tanggal 18 Januari 2022, pemerintah menetapkan Ibukota Nusantara yang berada di Pulau Kalimantan, yang menempati wilayah Penajam Paser Utara, untuk menggantikan Jakarta sebagai ibu kota baru. Hingga saat ini, proses peralihan ibu kota masih sementara berlangsung.

Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, dan agama. Berdasarkan rumpun bangsa, Indonesia terdiri atas bangsa asli pribumi yakni Austronesia dan Melanesia di mana bangsa Austronesia yang terbesar jumlahnya dan lebih banyak mendiami Indonesia bagian barat. Dengan suku Jawa dan Sunda membentuk kelompok suku bangsa terbesar dengan populasi mencapai 57% dari seluruh penduduk Indonesia. Semboyan nasional Indonesia, “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan, bermakna keberagaman sosial-budaya yang membentuk satu kesatuan negara. Selain memiliki populasi penduduk yang padat dan wilayah yang luas, Indonesia memiliki alam yang mendukung tingkat keanekaragaman hayati terbesar ke-2 di dunia.

Indonesia mendapatkan skor tinggi dari lingkungan, budaya, dan hak asasi manusia. Negara yang berada di Asia Tenggara ini memiliki kurang lebih 16.000 ribu pulau dan ruang hijau. Indonesia termasuk negara tropis yang memiliki suhu hangat sepanjang tahun. Grameds tentu penasaran, mengapa Indonesia menjadi negara tersantai di dunia. Ternyata terdapat beberapa faktor yang mendasari hal tersebut. Indonesia dijadikan sebagai negara paling santai di dunia karena beberapa penilaian. Penilaian tersebut Mempertimbangkan faktor-faktor di empat kategori yaitu istirahat, lingkungan, budaya dan hak asasi manusia. Serta cuaca dan polusi cahaya hingga jumlah hari libur umum, dan sumber daya alam negara.

Indonesia disebut sebagai negara tersantai di dunia, karena memiliki surga tropis dan garis pantai yang panjang. Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa menikmati liburan dan melihat matahari di lautan sepanjang tahun. Tempat wisata alam yang menakjubkan membuat Indonesia berada di peringkat 1 negara paling santai di dunia. Indonesia juga memiliki 186 ruang hijau dan suhu rata- rata sekitar 25 derajat Celcius. Dengan hampir 200 ruang hijau dan lebih dari 16.000 pulau, wisatawan tidak akan pernah jauh dari matahari terbenam yang tenggelam di lautan.

2. Australia

WikipediaNegara tersantai di dunia kedua adalah Australia yang memiliki lingkungan alam dan kebiasaan masyarakat. Australia adalah sebuah negara di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia, dan Samudra Pasifik. Negara-negara yang bertetangga dengan Australia adalah Indonesia, Timor Leste, dan Papua Nugini di utara; Kepulauan Solomon, Vanuatu, dan Kaledonia Baru di timur-laut; dan Selandia Baru di tetanggara.

Negeri Kangguru ini mendapat nilai bagus untuk lingkungan berkat kekayaan alam dan hak asasi manusianya, tetapi kehilangan poin dalam kategori budaya. Australia memiliki tempat wisata, lingkungan yang nyaman, dan budaya yang menarik. Sejak tahun 1788, basis budaya Australia telah dipengaruhi oleh Budaya Barat Anglo-Keltik. Fitur budaya yang unik juga muncul dari lingkungan alami, dan budaya asli Australia. Sejak pertengahan abad ke-20, budaya populer Amerika telah sangat mempengaruhi Australia, terkhusus melalui televisi, dan film bioskop.

Pengaruh budaya lainnya datang dari negara Asia, dan melalui migrasi besar-besaran dari negara yang tidak berbahasa Inggris. Seperti halnya seni rupa Australia yang dianggap bermula dengan lukisan gua, dan lukisan kulit kayu penduduk aslinya. Tradisi penduduk asli Australia diwariskan secara lisan, melalui upacara, dan menyampaikan kisah-kisah zaman impian. Dari zaman pendudukan Eropa, sebuah tema tentang seni Australia adalah lanskap alam, sebagai contoh karya Albert Namatjira, Arthur Streeton, dan lainnya yang berhubungan dengan aliran Heidelberg, dan Arthur Boyd.

Banyak kelompok seni peran Australia menerima dana melalui Dewan Seni Australia milik pemerintah federal. Di tiap negara bagian terdapat orkestra simfoni, dan sebuah kelompok opera national, Opera Australia, terkenal atas biduan sopran Joan Sutherland. Di permulaan abad ke-20, Nellie Melba adalah salah seorang biduan opera terkemuka di dunia. Balet, dan tari diwakili oleh The Australian Ballet, dan beraneka kelompok dari tiap-tiap negara bagian. Tiap-tiap negara bagian memiliki kelompok teater yang didanai oleh masyarakat.

Sastra Australia juga dipengaruhi oleh lanskapnya; karya penulis seperti Banjo Paterson, Henry Lawson, dan Dorothea Mackellar terinspirasi oleh semak-semak Australia. Karakter Australia kolonial, seperti yang dilukiskan dalam beberapa karya sastra awal, cukup merakyat bagi orang Australia modern. Pada 1973, Patrick White dianugerahi Penghargaan Nobel Sastra, satu-satunya orang Australia yang meraihnya. Ia diakui sebagai salah satu penulis berbahasa Inggris besar sepanjang abad ke-20. Peraih pertama Man Booker Prize dari Australia adalah Peter Carey, dan Thomas Keneally. David Williamson, David Malouf, dan John Maxwell Coetzee, yang belum lama menjadi warga negara Australia, juga penulis terkenal, dan Les Murray dianggap sebagai “salah seorang pujangga terkemuka di antara rekan seangkatannya”.

3. Islandia

Urutan ketiga negara tersantai dunia adalah Islandia. Islandia yang secara resmi bernama Republik Islandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa sebelah utara Samudera Atlantik yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Negara memiliki populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km persegi, menjadikannya negara dengan penduduk terjarang di Eropa. Ibu kota dan kota terbesar di negara ini adalah Reykjavik. Reykjavik dan sekitarnya adalah tempat tinggal bagi dua pertiga populasi.

Penduduk Islandia sebagian besar adalah orang Skandinavia. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Islandia yang hampir tidak berubah ejaan maupun tata bahasanya selama 1.000 tahun. Orang Islandia bahkan dapat membaca saga kuno yang menceritakan tentang petualangan para Viking tanpa kesulitan yang berarti. Hampir semua orang Islandia menganut agama Kristen aliran Lutheran.

Reykjavik adalah Ibukota Islandia dan memegang peranan penting sebagai kota pelabuhan. Kota-kota penting lainnya antara lain Akureyri, Kopavogur, Hafnarfjordur, Keflavik, dan Vestmannaeyjar. Negara kepulauan ini memberikan waktu libur pekerja selama 36 hari dalam satu tahun. Islandia memiliki tempat wisata menakjubkan yang cocok untuk berlibur. Selain itu budaya masyarakat juga dilestarikan oleh penduduk Islandia.

Islandia adalah pulau terbesar ke-18 di dunia, dan pulau kedua terbesar di Eropa setelah Inggris. Luas pulau utama sebesar 101.826 km persegi, tetapi luar seluruh negara Islandia adalah 103.000 km persegi, yang 62,7% merupakan tundra. Sekitar 30 pulau-pulau kecil berada di Islandia, termasuk Grimsey dan kepulauan Vestmannaeyjar. Danau dan gletser menutupi 14,3% dari permukaannya; hanya 23% yang bervegetasi.

Danau terbesar adalah waduk Þórisvatn: 83–88 km persegi dan Þingvallavatn: 82 km persegi; danau penting lainnya termasuk Lagarfljot dan Myvatn. Jokulsarlon adalah danau terdalam, sedalam 248 meter. Berada banyak fyord di sepanjang garis pantai Islandia, yang juga dimana terletak sebagian besar pemukiman. Interior pulau, Dataran Tinggi Islandia, adalah kombinasi bidang pasir, pegunungan, dan lava yang membuatnya tidak bisa dihuni. Kota-kota besar utama adalah ibu kota Reykjavík, bersama dengan kota-kota seperti Kopavogur, Hafnarfjordur, dan Garoabaer, Reykjanesbær dimana bandara internasional terletak, dan Akureyri di utara Islandia. Pulau Grímsey di Lingkar Arktik merupakan tempat hunian terbarat Islandia, sedangkan Kolbe Inset merupakan titik paling utara Islandia.

4. Selandia Baru

Berada di dekat Australia, Selandia Baru termasuk negara tersantai di dunia. Selandia Baru adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik, kira-kira 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman, dan kira-kira 1.000 kilometer di selatan negara-negara kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji, dan Tonga. Negara Selandia Baru terdiri dari dua pulau besar (Pulau Utara dan Pulau Selatan) dan beberapa pulau lainnya yang lebih kecil. Karena letaknya yang jauh, Selandia Baru merupakan kepulauan terakhir yang didiami oleh manusia.

Negara kepulauan ini melestarikan dan menjaga lingkungan. Penduduk Selandia Baru juga menerapkan hak asasi manusia. Mayoritas penduduk Selandia Baru adalah keturunan bangsa dari Eropa. Sedangkan pribumi Maori adalah adalah minoritas terbesar, diikuti oleh orang Asia, dan orang Polinesia non-Maori. Bahasa Inggris, bahasa Maori, dan bahasa isyarat Selandia Baru adalah Inggris yang mendominasi. Sebagian besar budaya Selandia Baru diturunkan dari Maori, dan pemukim dini asal Britania.

Seni Eropa mula-mula didominasi oleh pemandangan alam, dan juga potret M?ori yang lebih minim kadarnya. Sebuah kebangkitan baru budaya M?ori telah menyebabkan seni-seni tradisional mereka berupa seni ukir/pahat, seni anyam/tenun, dan seni rajah menjadi lebih terkemuka. Banyak seniman kini memadukan teknik-teknik M?ori, dan Barat untuk menghasilkan bentuk seni yang unik. Budaya negara ini juga telah diperluas melalui globalisasi, dan telah menaikkan angka migrasi dari Kepulauan Pasifik, dan Asia. Pelataran alam Selandia Baru yang beraneka ragam menyediakan banyak peluang bagi penikmat keadaan luar rumah, dan telah menyediakan latar belakang bagi sejumlah film berbiaya besar.

Bangsa Maori kuno mengadaptasi budaya Polinesia timur yang berbasis tropika, sejalan dengan tantangan-tantangan yang melekat dengan suatu lingkungan yang lebih luas, dan lebih beraneka ragam, yang sebenarnya secara langsung maupun tidak langsung juga mengembangkan budaya sendiri yang berbeda. Organisasi sosial sangatlah bersifat komunal dengan keluarga (whanau), sub-suku (hapu), dan suku (iwi) yang diatur oleh seorang ketua (rangatira) yang kedudukannya memerlukan persetujuan komunitas.

Imigran Britania, dan Irlandia membawa aspek-aspek kebudayaan mereka ke Selandia Baru, dan juga mempengaruhi kebudayaan Maori, khususnya dengan diperkenalkannya Agama Kristen. Bagaimanapun, Maori masing menganggap kepatuhan mereka terhadap kelompok-kelompok kesukuan sebagai bagian penting dari identitas mereka, dan kekerabatan Maori mirip dengan apa yang berlaku di masyarakat Polinesia lainnya. Yang lebih baru, Budaya Amerika Serikat, Australia, Asia, dan budaya-budaya Eropa lainnya telah mempengaruhi budaya Selandia Baru. Budaya-budaya Polinesia yang bukan Maori juga terlihat, dengan diselenggarakannya Festival Pasifika, festival Polinesia terbesar di dunia, dan kini menjadi acara tahunan di Auckland.

5. Sri Lanka

Negara di Asia Selatan yang mendapatkan peringkat negara tersantai adalah Sri Lanka. Sri Lanka adalah sebuah negara pulau di sebelah utara Samudra Hindia di pesisir tenggara India. Sri Lanka berbatasan laut dengan India di sebelah barat laut dan dengan Maladewa di barat daya. Hingga tahun 1972, dunia internasional menyebut negara ini Ceylon. Negara ini menawarkan wisata alam yang diincar wisatawan. Meskipun kini Sri Lanka dilanda keterpurukan, tetapi negara Sri Lanka termasuk negara tropis yang menawarkan keindahan alam dan cuaca hangat sepanjang tahun.

Sri Lanka adalah sebuah republik. Ibu kotanya, Sri Jayawardenapura Kotte, adalah kota pinggiran dari kota terbesar di Sri Lanka, Kolombo. Negara ini terkenal akan produksi tehnya. Produk lain yang juga sangat penting adalah kopi, batu permata, kelapa, karet, dan kayu manis. Sri Lanka sering disebut “Permata Samudra Hindia” karena bentuknya dan juga keindahan alamnya. Sri Lanka merupakan negara yang wilayahnya berupa sebuah pulau besar dengan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Lebih dari tiga perempat wilayah negara ini berada pada ketinggian di atas 200 meter di atas permukaan laut dan sebagian besar berupa daerah perbukitan. Secara fisiografi, wilayah negara Sri Lanka terdiri atas empat bagian wilayah, yakni Wilayah Tengah, Wilayah Selatan, Wilayah Timur dan Wilayah Barat.

Hampir seluruh Wilayah Tengah merupakan daerah perbukitan dan pegunungan. Ketinggian tanah di wilayah ini paling tinggi 2.524 meter di atas permukaan laut, yakni di sekitar Pidurutalagala. Di daerah ini juga terdapat hulu Sungai Mahaweli Ganga yang juga merupakan sungai paling besar di Sri Lanka. Bagian timur merupakan daerah yang bergelombang dan perbukitan. Bukit-bukit yang menonjol antara lain Westminster Abbey, Monaragala dan Kataragama. Di bagian utara, khususnya di sekitar daratan Jaffna, daerahnya merupakan batu-batuan kapur dan batu karang yang memanjang di lautan lepas pantai.

Grameds bisa mendapatkan informasi lebih mengenai negara-negara di dunia dengan membaca buku yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik!

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 10+ Negara Terindah di Dunia yang Perlu Anda Kunjungi
  2. 10 Negara Paling Bahagia di Dunia, Tertarik Tinggal di Sana?
  3. 10 Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayahnya
  4. 18 Kota Terindah di Dunia yang Wajib Dikunjungi
  5. 12 Destinasi Kota Terindah di Dunia
  6. 10 Kota di Dunia yang Memiliki Pemandangan Indah


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda