in

Fakta dan Daftar Youtuber Terkaya di Indonesia, Siapa Saja?

unsplash.com

Youtuber menjadi salah satu mata pencaharian termasuk di Indonesia. Banyak orang-orang yang turut terjun menjadi Content Creator. Youtube menjadi web tertinggi yang menghasilkan uang.

Di Indonesia Youtube juga salah satu aplikasi sangat trend, dan menjadi aplikasi favorit. Tidak hanya itu, bahkan beberapa kalangan anak muda turut membagikan kesehariannya dengan mengunggah video ke Youtube.

Dengan mengunggah video ke Youtube, pemilik akun bisa mendapatkan Adsense apabila video yang diunggahnya banyak yang menonton, mendapatkan banyak tombol suka, subscriber, banyak yang ikut membagikan ulang videonya dan ikut berkomentar pada video tersebut.

Youtuber Terkaya di Indonesia

Daftar Youtuber Terkaya di Indonesia

Banyak Youtuber Indonesia yang sukses menjadi content creator. Content creator di Indonesia memiliki jutaan Subscriber dan menjadi Youtuber terkaya di Indonesia bahkan menjadi salah satu Youtuber terkaya di Asia. Berikut para artis yang juga menjadi Youtuber, seperti:

1. Atta Halilintar

Muhammad Attamimi Halilintar atau nama populernya adalah Atta Halilintar. Diketahui Atta Halilintar adalah anak pertama dari 11 bersaudara. Atta merupakan artis Youtuber laki-laki dengan jumlah subscribe terbanyak kedua di Asia tenggara. Atta Halilintar membagikan isi kontennya seperti vlog, jalan-jalan atau travelling, musik, podcast, video prank dan banyak lagi.

Akun Youtube Atta Halilintar mendapatkan subscriber sebanyak 28,8 juta. Bahkan Atta Halilintar dinobatkan menjadi Youtuber nomor 1 di Asia, sebelum akhirnya digantikan oleh Ria Ricis.

Untuk pendapatan yang diperoleh Atta Halilintar dari Youtube, proyeksi pendapatan perbulan sebesar 9.700 dolar AS sampai 154.700 dolar AS atau setara Rp 140,65 juta sampai Rp 2,24 miliar.

Youtuber Terkaya di Indonesia

2. Raffi Ahmad

Raffi Farid Ahmad atau dikenal dengan Raffi Ahmad merupakan seorang aktor Indonesia yang juga menjadi content creator Youtube. Siapa yang tidak kenal dengan artis dan Youtuber satu ini. Tidak hanya itu, Raffi Ahmad juga memiliki pekerjaan lain di dunia entertainment seperti penyanyi, pelawak, pengusaha, bintang iklan.

Youtube Raffi Ahmad yang bernama Rans Entertainment, Raffi Ahmad mengisi channel Youtubenya dengan vlog, musik, podcast, dan masih banyak lagi. Channel Youtube milik Raffi Ahmad sudah mendapatkan 22,8 JT lebih subscriber. Untuk proyeksi pendapatan Raffi Ahmad perbulan sebesar 23.400 dolar AS sampai 374.600 dolar AS atau setara Rp 339,3 juta sampai Rp 5,43 miliar.

Youtuber Terkaya di Indonesia

3. Ria Ricis

Ria Yunita atau lebih akrab dipanggil dengan sebutan Ria Ricis merupakan seorang artis, youtuber, penulis buku dan kreator digital. Ria Ricis kini dinobatkan menjadi Youtuber nomor 1 di Asia menggeser posisi Atta Halilintar. Ria Ricis menjadi lebih populer saat dirinya menikah dengan Teuku Ryan yang kini menjadi suaminya.

Channel Youtube miliknya berisi tentang kegiatan sehari-hari atau vlog, unboxing barang, musik, jalan-jalan dan masih banyak lagi. Kini Channel Youtube Ria Ricis sudah memiliki 29,2 JT lebih subscriber yang menjadikan dirinya sebagai Youtuber Nomor 1 se-Asia. Untuk proyeksi pendapatan perbulan Ria Ricis sebesar 8.300 dolar AS sampai 133.400 dolar AS atau setara Rp 120,35 juta sampai Rp 1,93 miliar.

Youtuber Terkaya di Indonesia

4. Deddy Corbuzier

Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo atau Deddy Corbuzier merupakan seorang aktor, mentalis, presenter dan seorang Youtuber Indonesia. Youtube Deddy Corbuzier sebagian besar berisi tentang podcast.

Podcast Deddy Corbuzier sering menjadi trending Youtube. Ia berhasil membuat konten yang menarik, selain itu Deddy Corbuzier juga berhasil mendatangkan tokoh-tokoh ternama pada konten Youtubenya.

Kini Deddy Corbuzier sudah memiliki pengikut Youtube sebanyak 17,3 JT lebih subscriber. Proyeksi pendapatan Deddy Corbuzier perbulan mencapai 28.200 dolar AS sampai 450 dolar AS atau setara Rp 408,9 juta sampai Rp 6,45 miliar.

Youtuber Terkaya di Indonesia

Deddy Corbuzier juga membuat sebuah buku “Youtuber For Dummies” Grameds bisa membaca dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com.

Youtuber Terkaya di Indonesia

5. Baim Wong dan Paula Verhoeven

Baim Wong dan Paula Verhoeven memiliki akun Youtube yang diberi nama “Baim Paula”. Dimana video Youtubenya lebih banyak berisi tentang vlog keseharian keluarga tersebut.

Akun Youtube Baim Paula kini sudah mendapatkan 19,1 juta subscriber. Untuk proyeksi pendapatan channel Youtube Baim Paula per bulan berkisar 24.400 dolar AS sampai 230.700 dolar AS atau setara dengan Rp. 208,8 juta sampai Rp. 3,35 miliar.

Wah cukup menarik dan menjanjikan bukan menjadi Youtuber? Tapi jika Anda ingin menjadi Youtuber pastikan konten yang akan anda bagikan menarik ya.

Youtuber Terkaya di Indonesia

Sampai saat ini Youtube masih mendapatkan banyak kritikan terkait hal konten berhak cipta. Pihak Youtube juga terus berupaya untuk terus memperbaiki kebijakan supaya mengurangi terjadinya copyright di Youtube.

Baru-baru ini Youtube sudah memberikan kebijakan baru yaitu apabila mendapatkan 1000 subscriber dan 400 jam tayang untuk akun baru yang menginginkan penghasilan dari Youtube. Tidak hanya itu, konten yang dibuat harus karya asli atau orisinil serta bukan reupload.

Dengan begitu semakin besar kesempatan Youtube menerima Channel mereka. Tetapi apabila konten yang dibagikan tidak layak maka pihak Youtube memberikan waktu 1 bulan untuk mengubah atau memperbaiki video dan bisa mengajukan ulang.

Setelah mencapai syarat monetisasi 1000 subscriber dan 400 jam tayang Channel Youtube mereka yang akan di ajak gabung oleh pihak Youtube dengan program Youtube Adsense.

Asal Mula Youtube Masuk Indonesia

Pada awalnya Youtube hanyalah sebuah garasi kecil. Enam bulan berjalan Youtube mendapatkan dana dari investor dan mulai membangun strategi teknologi. 14 Februari 2005 situs Youtube mulai aktif dan memulai beta test. Youtube memulai membuat kantor berukuran kecil di atas restoran Pizza dan restoran Jepang di San Mateo, California.

Apa video pertama Youtube? Video pertama yang diunggah ke Youtube berjudul Meet at Zoo yang direkam oleh Jawed Karim di San Diego Zoo. Youtube tetap harus mengikuti beberapa uji kelayakan, seperti pada Mei 2005 Youtube merilis uji beta. Setelah itu pertumbuhan Youtube melaju tinggi pada Juli 2006 dan mengumumkan lebih dari 65.000 video yang diunggah setiap harinya, dan mendapatkan 100 juta kunjungan setiap harinya.

Youtube hadir di negara Indonesia pada tahun 2005. Youtube menjadi sangat populer dan menyaingi situs-situs yang terkenal di Indonesia. Tetapi saat itu, video yang direkam di Indonesia menggunakan alat rekam seadanya, durasi yang pendek serta minim editing. Saat ini Youtube lebih dari tv, isi Youtube pun berbagai macam. Bahkan Youtube bukan hanya sebagai hiburan saja tetapi juga sebagai memberikan informasi dan edukasi.

Youtuber Terkaya di Indonesia

Fungsi dan Manfaat Youtube

Berbicara tentang Youtube tidak ada habisnya. Dengan Web satu ini kita bisa menyaksikan ribuan video berbagai macam karakter dan tema. Tak sedikit pula orang-orang menjadikan Youtube sebagai mata pencaharian. Youtube sangat membantu kita yang butuh hiburan. Youtube bukan hanya menampilkan video musik, film dan lainnya untuk orang dewasa saja, bahkan tontonan anak kecil juga sangat lengkap. Lalu apa fungsi dari pembuatan Youtube?

Seperti yang kita tahu, Youtube masuk di tengah-tengah masyarakat dan ikut berjalan dengan perkembangan teknologi yang ada. Youtube selalu menemukan cara agar kita penikmat web ini tidak bosan. Pada umumnya pada Youtube banyak yang membagikan video yang diunggah individu. Tetapi perusahaan-perusahaan juga ikut membagikan material mereka ke situs ini dan menjadi bagian dari kemitraan Youtube. Berikut fungsi dari Youtube:

1. Mencari Film

Seperti yang kita ketahui, film merupakan penyaksian drama yang dilakoni oleh aktor-aktris yang berbakat. Dengan adanya Youtube kita bisa melihat film yang sedang tayang, dan juga dengan Youtube kita bisa tahu film apa yang akan tayang. Selain itu dengan Youtube kita bisa melihat film-film yang bukan hanya di Indonesia tetapi juga film-film luar negeri, film sejarah dan sebagainya.

2. Musik

Youtube juga bisa menjadi sarana untuk bersantai sambil mendengarkan alunan musik. Musik yang tersedia juga beragam, mulai dari musik pop, musik dangdut, musik reggae, musik rock dan musik lainnya. Tidak hanya itu, Youtube juga menyediakan tampilan video yang bisa kita lihat langsung. Musik yang tersedia juga beragam baik dalam negeri maupun luar negeri. Kita bisa mengikuti perkembangan musik di seluruh dunia dan menikmati musik yang khas seluruh penduduk dunia.

3. Video terbaru

Youtube setiap harinya menerima unggahan video terbaru bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan di Youtube. Dengan kamu mengunggah video ke Youtube maka kamu bisa menghasilkan uang lho. Bagaimana caranya menjadi Youtuber pemula? Tenang saja Grameds bisa membaca dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu. Jika tertarik Grameds bisa membaca dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com

Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Youtuber Terkaya di Indonesia

4. Sebagai sarana informasi

Youtube juga menjadi gudangnya informasi. Video pengetahuan yang diunggah secara menarik dengan proses editing terlebih dahulu, dapat membuat kita menjadi semangat untuk belajar. Sebelum mengunggahnya, pastikan videomu mempunya ciri khas tersendiri. Buatlah daya tarik di setiap konten yang kamu buat. Editlah dengan sangat menarik. Proses editing sangat mempengaruhi dalam proses pembuatan Youtube. Editing bukan hanya untuk menarik pada video saja, tetapi juga kejernihan video, kejelasan suara dan durasi yang diinginkan. Apabila Grameds kesulitan dalam editing video Grameds bisa membaca buku “Edit Video Youtube dengan Filmora” dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com.

Youtuber Terkaya di Indonesia

Dampak Positif dan Negatif dari Youtube

Youtube memang sangat membantu bagi era saat ini. Semua kalangan terbantu dengan adanya Youtube. Ibu-ibu dapat melihat tutorial masak-masak dan menjadi referensi untuk masakan bunda dirumah. Bapak-bapak juga bisa melihat film action. Dan anak-anak pun terbantu dari adanya Youtube.

Tetapi tidak semua yang ditampilkan Youtube berfungsi dengan baik dan positif. Adanya Youtube juga berdampak negatif. Berikut dampak-dampak positif dan negatif akibat dari Youtube:

Dampak pada anak

Video kartun anak yang ditampilkan di Youtube menjadi daya tarik anak-anak untuk melihat Youtube. Akibatnya anak-anak bisa belajar gadget sejak kecil, mempelajari kosakata baru yang terdapat pada video, anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan dengan melihat video.

Akan tetapi dampak negatif pada anak yang berlebihan bermain gadget menjadi obesitas karena anak menonton dengan terus makan tanpa henti, sakit mata karena terus terpapar sinar handphone, perilaku anak menjadi agresif dan melakukan hal berbahaya apabila pada tontonan anak terdapat perilaku yang dewasa sehingga anak bisa menirukannya, serta pola makan tidak sehat.

Maka dari itu Mommy’s dapat mencegahnya dengan membatasi anak memegang handphone dan menonton Youtube, berikan Youtube kids pada anak, serta jangan biarkan anak menatap layar handphone terlalu lama.

Dampak positif

Selain itu, Youtube juga bermanfaat untuk kegatan belajar dan sarana pendidikan siswa, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Youtube memiliki banyak sekali video pembelajaran mulai dari kasus sosial, ekonomi, perkembangan politik, awal mula bisnis, berbagai macam olahraga dan masih banyak lagi. Selain itu siswa akan dengan mudah menemukan apa yang dibutuhkan untuk belajar.
  2. Youtube juga akan menjadi tempat kreativitas siswa. Siswa akan dengan mudah mempelajari hobinya seperti siswa yang hobi memainkan alat musik bisa belajar dengan menonton video Youtube. Akan tetapi dampak negatif nya menjadikan siswa kecanduan untuk menonton konten yang tidak mendidik pada Youtube. Siswa juga sering menonton Youtube dengan waktu yang tidak tepat atau saat pembelajaran berlangsung, hal ini dikarenakan akses Youtube yang sangat mudah.

Dampak negatif

  1. Video yang ada pada Youtube bukan hanya memuat vlog, berita terkini, musik dan sebagainya. Akan tetapi Youtube juga memuat video atau konten dewasa yang tidak pantas. Sehingga anak kecil terkadang tidak sengaja melihat karena rekomendasi dari Youtube dan usia dewasa bisa dengan mudah mengaksesnya.
  2. Youtube juga memuat fitur suka, tidak suka, bagikan video hingga komentar pada setiap video. Pada fitur komentar kita tidak dapat mencegah orang untuk berkomentar baik di setiap unggahan video. Oleh karena itu Youtube juga bisa menjadi sarana penyebaran kebencian atau tempat kata-kata kotor dan tidak mendidik.
  3. Banyak nya video atau konten yang memuat tentang kebencian, fitnah, adu domba bahkan penipuan. Biasanya akun yang berisi demikian adalah orang yang ingin berkarya di Youtube akan tetapi tidak memiliki ide atau daya tarik untuk akun Youtubenya.

Sekian ulasan berisi daftar youtuber terkaya di Indonesia dan dampak positif serta negatif dari Youtube. Jika ingin mempelajari lebih jauh tentang Youtube atau jika Grameds berminat untuk mencoba menjadi Youtuber, maka Grameds bisa membaca dan dapatkan buku-buku terbaik yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda