in

Perbedaan Whatsapp dan Telegram, Pilih Mana?

Perbedaan Whatsapp dan Telegram – Semakin lama perkembangan zaman terus meningkat. Diikuti pula dengan perkembangan teknologi dan digital. Saat ini, jika ingin berkomunikasi sudah serba mudah. Banyak aplikasi-aplikasi penunjang untuk komunikasi jarak jauh sekalipun. Banyak jenis aplikasi dari berbagai negara yang bisa digunakan. Di Indonesia sendiri, aplikasi komunikasi yang banyak digunakan yaitu Whatsapp dan Telegram.

Kedua aplikasi ini memiliki banyak fitur yang bermanfaat. Jika dilihat sepintas, kedua aplikasi ini sama aja. Akan tetapi, terdapat perbedaan-perbedaan jika dilihat kembali. Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan-perbedaan yang ada di antara whatsapp dan telegram.

Perbedaan WhatsApp dan Telegram

1. Perbedaan dari Logo Aplikasi

Perbedaan yang dapat dilihat langsung adalah mengenai logo aplikasi. Dalam hal ini, logo dari kedua aplikasi tersebut jelas berbeda. Logo pada aplikasi telegram memiliki perpaduan warna biru dan putih. Memiliki bentuk bulat, di dalamnya ada lambing ketas berwarna putih. Lambing kertas tersebut menandakan seperti pesawat kertas yang sedang terbang.

Logo yang ada di aplikasi whatsapp memiliki perpaduan warna hijau dan putih. Logo tersebut adalah sebuah gelembung teks yang didalamnya ada gambar telepon. Gelembung teks pada logo whatsapp memiliki ekor. Ekor tersebut mengarah ke kiri. Arti dari ekor yang mengarah ke kiri tersebut adalah sebagai pesan yang diterima.

Arti dari gelembung teks yang memiliki ekor mengarah kekiri adalah sebuah kegembiraan. Whatsapp menjelaskan melalui hal ini, bahwa whatsapp adalah sebuah aplikasi teks pesan. Whatsapp memanfaatkan kegembiraan yang sedang dirasakan oleh seseorang. Kegembiraan yang dimaksud adalah ketika melihat sebuah pesan teks yang masuk atau diterima.

2. Perbedaan pada Akses Aplikasi

Ketika melihat aplikasi dari perangkat modern atau perangkat mobile, maka tidak jarang orang akan melihat fitur-fitur atau teknologi yang ditawarkan dari sebuah aplikasi. Dalam hal ini, telegram dan whatsapp yang merupakan aplikasi sosial media dan komunikasi sama-sama menawarkan fitur-fitur canggih dalam teknologi komunikasi modern.

Perbedaan terkait fitur aplikasi pada telegram adalah bahwa aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan multi-perangkat secara independen tanpa aplikasi seluler yang dijalankan pada iOS, Android, Windows, dan Linux. Berbeda dengan whatsapp yang membutuhkan aplikasi seluler yang berjalan dalam menggunakan multi-perangkat di perangkat lain.

3. Perbedaan Penyimpanan Data pada Whatsapp dan Telegram

Penyimpanan data merupakan hal yang sangat penting dalam dunia modern saat ini. Hampir semua masyarakat menggunakan media sosial dalam berkomunikasi dengan orang lain, maka dari itu penyimpanan data merupakan salah satu hal penting untuk mengantisipasi dibutuhkannya data penting yang ada di aplikasi.

Dalam hal ini whatsapp menggunakan fitur memori internal dalam menyimpan data seperti obrolan, gambar, dan lainnya. Whatsapp juga menggunakan cloud dalam menyimpan cadangan data yang harus diatur secara manual. Berbeda dengan whatsapp, telegram menggunakan fitur cloud yang terafiliasi secara otomatis untuk menyimpan data. Ketika melakukan migrasi perangkat, telegram memungkinkan pengguna untuk mengunduh data obrolan secara otomatis yang telah disimpan di dalam cloud.

4. Perbedaan pada Keamanan Aplikasi

Jaminan keamanan dalam perangkat digital modern merupakan hal utama dalam mengakses teknologi modern seperti media sosial yang menjadi perangkat sehari-hari manusia modern.

Perbedaan keamanan yang ada pada telegram dan whatsapp dan telegram adalah bahwa telegram memiliki fitur chat rahasia yang memungkinkan penggunanya dalam merahasiakan percakapannya. Telegram juga memiliki fitur enkripsi chat yang hanya bisa digunakan pada chat rahasia. Fitur telegram ini juga tidak memungkinkan pengguna untuk menangkap layar dalam chat rahasia dan juga ada fitur penghapus pesan otomatis dari server telegram dalam waktu tertentu.

Sedangkan keamanan whatsapp berfokus pada fitur enkripsi chat yang bisa dilakukan pada semua chat termasuk grup, hal ini juga dikarenakan tidak adanya fitur chat rahasia pada whatsapp.

gramedia back to kampus

5. Fitur Percakapan

Kemudian telegram juga memiliki fitur bot atau AI (kecerdasan buatan) yang dapat membantu pengguna untuk melakukan banyak hal secara efisien. Telegram juga memiliki fitur channel yang digunakan untuk menyampaikan pesan seperti broadcast yang bisa mencakup banyak pengikut seperti yang ada pada banyak media sosial lainnya. Sedangkan whatsapp tidak memiliki fitur bot dan juga channel.

Aplikasi-Aplikasi Paling Top untuk iPad & iPhone
Aplikasi-Aplikasi Paling Top untuk iPad & iPhone

tombol beli buku

Ebook ini berisi penjelasan mengenai aplikasi-aplikasi yang bisa digunakan di ipad dan iphone. Aplikasi yang akan dibahas terbagi menjadi 15 kategori. Banyak aplikasi menarik yang dapat ditemukan di dalam ebook ini.

6. Perbedaan Jumlah Anggota di dalam Grup Telegram dan Whatsapp

Sesama aplikasi media sosial untuk berkomunikasi, whatsapp dan telegram memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada grup whatsapp memungkinkan grup untuk mencakup anggota sebanyak 256 orang. Sedangkan telegram memiliki lebih banyak ruang unfuk anggota yang berada dalam grup, yaitu bisa mencakup hingga 200 ribu orang.

7. Peraturan file

Baik whatsapp dan telegram memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengirim file. File-file yang dapat dikirim di kedua aplikasi ini beragam. Bisa video, file pdf atau dokumen, foto dan lain-lain.

Perbedaannya adalah terletak pada peraturan file. Whatsapp memiliki kapasitas lebih kecil dibandingkan dengan telegram untuk mengirim file. Telegram dapat mengirim file-file maksimal sebesar 1,5 gb. Berbeda dengan whatsapp yang lebih kecil, whatsapp hanya bisa mengirim file dengan maksimal besarnya 100 mb. Dalam pengiriman foto atau video, whatsapp juga maksimal hanya bisa mengirim 30 foto atau video.

8. Stiker

Fitur stiker juga menjadi salah satu perbedaan dari kedua aplikasi ini. Untuk fitur stiker, telegram lebih dulu memulainya. Telegram sudah memfasilitasi pengguna nya untuk mencari gambar, gif ataupun aplikasi.

Selain itu telegram juga mendukung untuk menggunakan platform open stiker dan aplikasi edit foto. Ini menjadi perbedaan dari kedua aplikasi tersebut. Untuk aplikasi whatsapp, baru memfasilitasi beberapa dari fitur yang ada seperti itu.

9. Hashtag

Hastag juga menjadi pembeda antara aplikasi whatsapp dan telegram. Di dalam telegram, ada fitur hashtag. Fitur ini berfungsi untuk membuat chat atau pesan lebih terstruktur. Di dalam aplikasi whatsapp, fitur hashtag belum tersedia.

10. Jumlah Pengguna

Whatsapp didirikan lebih dulu dari pada telegram. Masyarakat lebih dulu mengenal aplikasi whatsapp dibandingkan dengan aplikasi telegram oleh karena itu, pengguna dari kedua aplikasi ini memiliki perbandingan yang sangat jauh.

Whatsapp memiliki pengguna aktif sebanyak 1,6 miliar pengguna. Memiliki perbedaan yang jauh, telegram baru memiliki ratusan pengguna. Terdapat  200 juta pengguna aktif bulanan yang memakai aplikasi telegram.

Aplikasi Chatting untuk Android
Aplikasi Chatting untuk Android

tombol beli buku

Ebook ini akan menjelaskan mengenai aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan pada android. Selain memiliki fitur chatting, aplikasi-aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan panggilan. Perbedaan dengan ebook lain adalah ebook ini khusus membahas mengenai aplikasi android.

11. Pengguna Aktif

Ketika ingin menggunakan aplikasi whatsapp, maka harus melakukan registrasi dahulu dengan memasukkan nomor telepon. Setelah akun terbuat, nomor di kontak seluler yang memiliki akun whatsapp akan otomatis terlihat di kontak whatsapp.

Tidak jauh berbeda dengan whatsapp, telegram akan memberikan notifikasi ketika seseorang yang ada di kontak kita memiliki akun telegram. Perbedaan dari fitur ini adalah mengenai pencarian kontak.

Pada aplikasi whatsapp, untuk mencari kontak seseorang sesuai dengan nama kontak orang yang kita namakan sendiri. Hal tersebut karena whatsapp terhubung dengan kontak seluler di telepon seluler. Berbeda dengan whatsapp, telegram menggunakan nama public untuk akunnya. Maka dari itu meskipun tidak memiliki nomor di kontak seluler, kamu tetap bisa melakukan komunikasi. Caranya adalah dengan mencari nama akun orang yang ingin dihubungi.

Baca juga artikel terkait “Perbedaan Whatsapp dan Telegram” :

Itulah beberapa perbedaan dari aplikasi whatsapp dan telegram. Kedua aplikasi tersebut saat ini sedang banyak digunakan untuk berkomunikasi. Meskipun ada beberapa perbedaan dalam kedua aplikasi tersebut, tetapi keduanya tetap memiliki beberapa fitur yang fungsinya sama. Kamu bisa memilih mana yang menjadi kebutuhanmu.

Temukan hal-hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan rekomendasi buku terbaik untuk para Grameds.

Membangun Aplikasi Elektronika dengan Raspberry Pi 2 dan WhatsApp
Membangun Aplikasi Elektronika dengan Raspberry Pi 2 dan WhatsApp

tombol beli buku



Buku ini berisi mengenai aplikasi elektronika yang dapat dibuat melalui aplikasi Raspberry Pi2 dan aplikasi Whatsapp. Aplikasi elektronika yang dibuat:, Kontrol lampu rumah melalui Whatsapp, Mini Weather Station, Mini Home Automation dengan GUI, Mini Home Automation berbasis website, Sistem Informasi Sekolah dan Whatsapp, Home Monitoring dengan USB webcam, dan Home Monitoring dengan motion detection

Sumber: dari berbagai sumber

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih