in

20 Daftar Mobil Tercepat di Dunia: Bugatti, Koenigsegg, Ferrari, McLaren

Di dalam dunia otomotif, terdapat satu parameter yang diukur oleh mayoritas orang, yakni kecepatan tertinggi. Walaupun dari sekian banyak produsen otomotif yang meluncurkan berbagai jenis mobil, hanya ada beberapa merek yang bisa menghasilkan mobil dengan performa yang tinggi. Beberapa produsen otomotif ini berlomba untuk merancang mobil tercepat di dunia. Selain mempunyai mesin yang bertenaga tinggi, beberapa mobil di bawah ini juga mempunyai performa yang tidak dapat dianggap remeh.

Seperti yang kita tahu bahwa kekuatan saat melihat mobil dengan kecepatan meluncur di jalan memang menjadi sensasi yang cukup menakjubkan. Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, mobil cepat mempunyai bahan yang lebih ringan, body yang lebih ramping, dan juga lebih bertenaga. Sampai saat ini, terdapat beberapa jenis mobil tercepat di dunia dengan inovasi baru, baik itu dari segi performa ataupun tampilan.

Daftar Mobil Tercepat di Dunia

Banyak pabrikan otomotif yang membuat mobil tercepat di dunia. Hal tersebut karena para penggemar otomotif suka memacu kendaraan dengan kecepatan yang tinggi. Terlebih lagi di dalam dunia otomotif, akan selalu ada mobil yang diklaim sebagai mobil tercepat di dunai. Mobil-mobil kelas pertama ini biasanya dibekali dengan mesin yang bertenaga buas dan tak jarang dijual secara terbatas.

Dalam beberapa waktu tertentu, pemilik tahta biasanya akan berganti secara simultan. Hal tersebut tidak urung karena persaingan yang sangat ketat. Dimana masing-masing brand berlomba untuk membuat mobil dengan kecepatan yang tinggi. Walaupun keunggulan otomotif bisa diukur dengan berbagai macam cara, akan tetapi kecepatan tertinggi adalah parameter yang paling diperhatikan oleh orang-orang. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa daftar mobil tercepat di dunia yang perlu diketahui, antara lain:

1. Bugatti Chiron Super Sport 300+ 2020

Bugatti adalah salah satu brand mobil yang tidak pernah mengecewakan para penggemar otomotif, karena berhasil mengeluarkan salah satu mobil tercepat di dunia. Dengan menambahkan tenaga kuda, mengubah aerodinamika, dan mengurangi massa, mereka berhasil menciptakan Bugatti Chiron Super Sport 300+. Mobil yang satu ini sudah dilengkapi dengan mesin 8 liter, quad-turbo, dan juga W16 yang ditingkatkan sampai menjadi 1.577 tenaga kuda. Para produsen mobil ini juga memasang roda magnesium dan juga knalpot titanium untuk mengurangi massa. Hasilnya, Bugatti Chiron Sport 300+ ini bisa mencapai kecepatan hingga 300 mph, tepatnya 304,7 mph.

2. Koenigsegg Jesko Absolut 2021

Merek mobil mewah lainnya yang tidak ingin kalah dengan klaim mobil tercepat di dunia dan terkenal adalah Koenigsegg. Dimana Koenigsegg ini memang dikenal bisa menghasilkan supercar yang cepat dan elegan, salah satunya yaitu Koenigsegg Jesko Absolut 2021. Mobil yang pernah dipamerkan di Geneva International Motor Show 2019 ini menghadirkan kecepatan tertinggi diantara jenis Koenigsegg lainnya. Tepatnya, mobil ini secara teori bisa mencapai 330 mph, atau 531 km/jam.

3. Aston Martin Valkyrie 2021

Brand yang satu ini dikenal sebagai produsen mobil balap yang bekerja sama dengan Formula 1 (F1). Belum lama ini, Aston Martin kembali mengejutkan para penggemarnya. Produsen asal Inggris ini mengeluarkan mobil balap dengan nama Aston Martin Valkyrie. Dimana Aston Martin Valkyrie 2021 ini lahir berkat adanya kemitraannya dengan F1 dan juga Red Bull Racing dalam menciptakan hypercar di dunia. Mobil yang satu ini mempunyai putaran mesin yang cukup tinggi, yaitu 11.000 rp. Putaran mesin tersebut diklaim bisa mencapai kecepatan 100 km/jam dalam 2,5 detik. Berikutnya, kecepatan tertinggi dari Aston Martin Valkyrie ini dapat menembus angka 402 km/jam, namun hal itu perlu dibuktikan terlebih dulu.

4. McLaren Speedtail 2021

Mobil ini digadang-gadang menjadi pesaing dari Bugatti Chiron, McLaren Speedtail ini mencoba menjadi mobil tercepat di dunia yang pernah ada. Perlu kamu tahu bahwa mobil yang berasal dari Inggris ini mempunyai daya kuda 1.036. Teorinya, mobil yang dibandrol dengan harga 28 miliar ini bisa mencapai 100 km/jam dalam waktu 2,9 detik saja. Kecepatan puncak dari McLaren Speedtail ini juga diklaim mendekati 402 km/jam. Tak heran jika dianggap bisa menyaingi Bugatti Chiron.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

5. Pagani Huayra

Pagani Huayra ini masuk ke dalam kategori mobil tercepat di dunia dan terkeren berkat Pagani, yakni produsen otomotif asal Italia. Dimana Pagani Huayra ini mempunyai mesin V12 twin-turbocharged dengan daya kuda 750. Walaupun terlihat kurang cepat jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya, namun mobil ini mengkombinasikan mesin Mercedes-AMG dan bobot yang kurang dari 3.000 pound. Hasilnya, Pagani Huayra ini bisa menandingi mobil cepat lain dengan kecepatan mencapai 230 mph.

6. Ferrari SF90 Stradale 2020

Tak ingin kalah dengan perusahaan mobil balap lain, perusahaan Ferrari berani mengeluarkan Ferrari SF90 Stradale dengan berbagai macam fitur yang inovatif. Walaupun bukan penerus dari La-Ferrari, mobil yang berasal dari Italia ini menawarkan powertrain bensin-listrik. Teknologi tersebut ternyata dinilai sebagai sebuah peningkatan besar yang bisa membantu mencapai kecepatan hingga 340 km/jam. Banyak pecinta otomotif yang sepakat jika mobil ini masuk ke dalam daftar mobil tercepat.

7. Lamborghini Sian Roadster 2020

Untuk kamu yang menyukai mobil yang hanya diproduksi secara terbatas, maka mobil Lamborghini Sian Roadster ini dapat menjadi pilihan terbaik. Lamborghini hanya memproduksi 19 unit Lamborghini Sian Roadster, sehingga cukup langka di dunia. Mobil tercepat di dunia ini menawarkan mesin V12 6,5 liter Aventador yang sudah dilengkapi dengan sistem hibrida ringan yakni 48 volt. Tak heran jika Lamborghini Sian Roadster ini dapat melaju hingga 350 km/jam. Namun sayangnya, kamu mungkin saja hanya dapat melihat mobil ini melalui internet karena keterbatasan produksi dari produsennya.

8. Ferrari 812 SuperFast 2020

Sesuai dengan namanya, Ferrari berupaya untuk memproduksi mobil tercepat di dunia melalui Ferrari 812 SuperFast 2020. Mobil yang satu ini dibuat dengan mengkombinasikan karakteristik Ferrari F12 Berlinetta dan juga Ferrari F12TDF. Tak ingin kalah saing, Ferrari juga menambahkan mesin V12 terbaru untuk memberikan performa mesin yang lebih bertenaga dan akselerasi tinggi. Selain itu, mobil yang satu ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yang lebih inovatif dan bermanfaat ketika berkendara.

9. Ford GT 2020

Jika kamu pernah melihat seri Ford GT sebelumnya, maka kamu mungkin saja akan terkejut dengan begitu banyak perubahan yang ada di Ford GT keluaran tahun 2020. Bagaimana tidak, seri Ford GT 2020 ini menyembunyikan mesin EcoBoost twin turbo 3,5 liter V6. Berkat adanya mesin ini, seri Ford GT ini menciptakan daya kuda sebesar 660 yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan model 2017 sampai 2019.

10. SSC Tuatara

SSC ini memang sudah dikenal sebagai produsen otomotif yang berhasil memecahkan rekor mobil tercepat di dunia. Sebelumnya, mobil yang berasal dari Amerika Serikat ini menciptakan mobil yang dapat menembus angka 300 mph. Saat ini, rekor tersebut sudah dipegang oleh SSC Tuatara. Nama tersebut diambil dari nama kadal yang berasal dari Selandia Baru, SSC Tuatara memiliki body serat karbon yang lebih ramping dan didukung oleh 5,9 liter flat-crank V8. Mesin ini dapat menghasilkan daya kuda sebesar 1.750. Saat uji coba dalam mesin pengukur kecepatan, mobil ini terlihat mempunyai kecepatan puncak hingga 316 mph. Hal ini yang menjadikan SSC Tuatara sebagai salah satu mobil yang paling cepat di dunia.

11. Hennessey Venom F5

Venom F5 adalah hypercar yang diproduksi oleh Hennessey Special Vehicles. Hennessey ini adalah salah satu manufaktur kendaraan yang didirikan di Amerika Serikat. Nama F5 diadopsi dari nama tornado terkuat di skala Fujita, yakni tornado F5. Mobil ini bisa meraih kecepatan maksimal hingga 310,7 mph, atau setara dengan 500 km/jam.

12. Koenigsegg Agera RS

Agera RS ini pertama kali diperkenalkan pada Geneva Motor Show di tahun 2015. Mobil ini diproduksi tahun 2015 sampai 2018, dimana Agera RS ini menggunakan bahan bakar utama yakni hayati. Koenigsegg Agera RS dijual secara terbatas, yakni hanya ada 25 unit dengan harga US$4,1 juta atau setara dengan Rp. 58,5 miliar. Jika dilihat dari tampilan eksteriornya, mobil yang satu ini identik dengan pendahulunya, yakni Agera R. Adapun perbedaan utamanya terletak pada penggunaan bodi yang lebih ringan. Dibekali dengan mesin V8 Turbo berkapasitas 5.000 cc, tenaga yang dihasilkan cukup besar yakni 1.341 hp. Koenigsegg Agera RS juga bisa meraih kecepatan maksimal yakni 277,8 mph atau setara dengan 447,19 km/jam.

13. Bugatti Veyron Super Sport

Veyron adalah salah satu pendahulu dari Bugatti Chiron yang sekarang beredar di pasaran. Nama Veyron ini digunakan sebagai bentuk penghormatan kepada Pierre Veyron, yakni insinyur pengembang Bugatti yang memenangkan balapan 24 Hours of Le Mans pada tahun 1939. Walaupun sudah tidak diproduksi lagi, tapi Bugatti Veyron Super Sport adalah salah satu mobil tercepat di dunia yang pernah diproduksi. Mempunyai tampilan yang khas milik Bugatti, Veyron Super Sport ini ditenagai oleh mesin 8.000 cc dengan quad turbo. Dengan bentuk yang aerodinamis dan juga mesin yang buas, mobil yang satu ini bisa menyentuh kecepatan 267 mph atau setara dengan 429,69 km/jam. Mobil ini dijual dengan harga US$4 atau setara dengan Rp. 36 miliar dan hanya diproduksi terbatas yakni 30 unit saja.

14. Koenigsegg Agera R

Generasi sebelum Koenigsegg Agera RS ini menjadi salah satu mobil tercepat. Agera R ini bisa berlari dengan kecepatan minimal 273 mph atau setara dengan 439,35 km/jam. Mobil yang satu ini didukung oleh mesin V8 yang berkapasitas 5.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga sebesar 1.124 hp. Koenigsegg Agera R ini pertama kali dirilis pada acara Geneva Motor Show bulan Maret 2011 lalu. Mobil yang satu ini dilakukan pembaharuan di tahun 2012 dengan perubahan pada roda serat karbon, mesin, dan juga peningkatan aerodinamika.

15. Bugatti Chiron 2018

Selain Veyron Super Sport, Bugatti juga mempunyai mobil yang masuk ke dalam daftar mobil tercepat di dunia, yakni Bugatti Chiron. Versi standar dari Chiron Super Sport ini mempunyai mesin 16 silinder yang berkapasitas 8.000 cc yang bisa menghasilkan tenaga sampai 1.479 hp. Mobil ini bisa menempuh kecepatan maksimal 261 mph, atau setara dengan 420 km/jam. Bugatti Chiron pertama kali dirilis pada bulan Juni 2018. Dimana mobil yang menggantikan eksistensi dari Veyron ini dijual dengan harga US$3 juta atau setara dengan Rp. 42 miliar.

16. Koenigsegg CCR

Sebelum diluncurkannya Bugatti Veyron, Koenigsegg pernah merilis mobil tercepat, yakni Koenigsegg CCR. Mobil hypercar buatan Koenigsegg mempunyai mesin V8 berkapasitas 4.700 cc twin supercharger. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 807 hp dengan torsi 920 Nm. Koenigsegg CCR juga sanggup untuk berlari dengan kecepatan maksimum 388 km/jam.

17. Hennessey Venom GT

Venom GT adalah mobil buatan Hennessey Performance Engineering yang dipimpin oleh John Hennessey dan juga Don Goldman. Walaupun tidak diketahui oleh kebanyakan orang, namun mobil ini termasuk salah satu mobil tercepat di dunia yang pernah diproduksi. Hennessey Venom GT hanya tersedia 13 unit saja dan dijual dengan harga US$ 1,25 juta atau setara dengan Rp. 18,6 miliar. Mobil hypercar yang berasal dari Texas, Amerika Serikat ini mempunyai mesin dengan kapasitas 7.000 cc twin turbo yang bisa menyemburkan tenaga sebesar 1.244 hp. Mobil yang satu ini bisa berlari hingga kecepatan 270,49 atau setara dengan 435,31 km/jam. Dengan mesin yang cukup kencang, mobil ini bisa meraih 0-300 km/jam hanya dalam waktu 13,63 detik.

18. SSC Ultimate Aero

SSC Ultimate Aero ini hadir dengan membawa body berbahan carbon fibre. Sehingga berat mobil lebih ringan dan tentunya mempunyai performa lebih baik lagi. Pada mobil yang satu ini sudah dibekali dengan mesin bertipe twin-turbocharged berkonfigurasi V8 kapasitas 7 liter. Dalam tipe mesin ini, bisa menghasilkan tenaga minimumnya yang mencapai 1.350 Hp. Bahkan, mobil ini juga bisa mencapai kecepatan hingga 442,5 km/jam. Dimana mobil ini dikabarkan dibanderol dengan harga US$ 1,3 juta atau setara dengan Rp. 12,6 miliar.

19. Saleen S7 Twin Turbo

Saleen S7 Twin Turbo merupakan salah satu mobil yang mempunyai kecepatan sangat luar biasa. Sebab, di dalam mobil ini hadir dengan membawa konfigurasi V8 dengan dua Turbocharger Kembar. Dengan tipe mesin ini, bisa menghasilkan tenaga minimumnya yakni mencapai 750 Hp. Sementara untuk top speednya bisa mencapai 97 km/jam dalam waktu 3,2 detik. Selain mempunyai performa yang sangat cepat,Saleen S7 Twin Turbo juga hadir dengan tampilan yang lebih mewah dan elegan. Pada bagian bodinya, memang didesain lebih runcing, sehingga tekanan angin akan semakin kecil. Sementara untuk harganya sendiri adalah US$585.296 atau sekitar Rp. 6 miliar.

20. MClaren F1

Nama MClaren ini tentu sudah tidak asing lagi untuk para penggemar mobil cepat. Pabrikan yang satu ini memang cukup dikenal dengan mobil-mobilnya yang sangat cepat. Salah satunya yaitu mobil yang dimiliki oleh komedian Mr. Bean yaitu MClaren F1. Mobil ini memang mempunyai tampilan yang keren dan mewah. Selain mempunyai tampilan yang sporty, keren, dan mewah, MClaren juga mempunyai performa yang tangguh, dan bahkan menjadi salah satu mobil tercepat di dunia.

Sebab, mobil ini telah dibekali dengan mesin V12 6,1 liter. Dimana mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimumnya yang mencapai 635 tenaga kuda dengan top speed 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 3,2 detik.

Itulah beberapa daftar mobil tercepat di dunia yang pernah diproduksi. Dari beberapa merek mobil di atas, manakah yang paling menarik?

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Fiska Rahma

Saya Fiska Rahma Rianda dan saya suka dunia menulis dan membaca memang menjadi hobi yang ingin disalurkan melalui sastra. Saya juga senang mereview buku dan tentang rekomendasi.

Kontak media sosial Linkedin saya Fiska Rahma