in

6 Jenis Ukuran Kasur (Single, Double, Double XL) Queen, King, Super King)

Sumber: Pinterest

Ukuran kasur – Sepertinya di era pandemi ini kita memang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, utamanya di kamar. Saat semua kegiatan dilakukan serba di rumah mungkin setidaknya 5-9 jam dalam sehari bisa habis di tempat tidur saja. Karena itu, Grameds sebisa mungkin harus membuat tempat tidur yang nyaman untuk diri sendiri.

Salah satu elemen yang paling penting yang terdapat di tempat tidur adalah sebuah kasur. Oleh karenanya, untuk mendapatkan suasana yang nyaman saat di tempat tidur, maka Grameds bisa memilih kasur yang pas dan tepat pastinya. Dimulai dari ukurannya, tingkat keempukannya sampai material kasur yang akan digunakan nantinya.

Tapi ternyata Grameds, kasur mempunyai beberapa bagian – ada elemen lain berupa sandaran, bed frame, dipan, kasur sorong, dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, ukuran kasur juga sangat beragam. Penasaran dengan itu semua? Yuk simak tulisan dibawah ini!

Penjelasan Kasur

Kasur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah alas tidur yang terbuat dari kain atau plastik, berisi kapuk, karet busa, dan sebagainya. Kasur sendiri merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang pastinya dipakai setiap harinya. Meskipun semua orang sudah tahu dan bahkan mempunyai kasur, tetapi masih banyak yang belum tahu bagaimana asal usul kasur sebenarnya?

Ternyata pada zaman Neolitikum, manusia tidur hanya beralaskan sebuah tanah saja. Supaya tidak terkena penyakit, mereka terus berinovasi untuk membuat sebuah alas dari dedaunan maupun ranting pohon yang ada di sekitarnya. Seiring perkembangan zaman, mereka mulai berpikir untuk menggunakan kulit binatang dan dijahit dengan berbagai macam isi sebagai sebuah bantal.

Saat pada zaman kekaisaran Romawi, tempat tidur sudah lumayan berkembang dengan dihiasi emas, perak, dan bahkan perunggu. Kasurnya sendiri ternyata dibuat dengan menggunakan rumput, wool maupun bulu binatang. Selain itu, tidak tanggung-tanggung, bangsa Romawi bahkan menemukan ‘tempat tidur air’. Tempat tidur air yang dimaksud adalah saat seseorang ingin berbaring di suatu bak akan dibuahi oleh aliran air yang hangat.

Pada masa Renaissance, kasur sudah mulai berevolusi dengan diberi lapisan kasar dan dibungkus dengan brokat, kain beludru, dan bahkan sutra. Setelah itu, pada tahun 1871, Heinrich Westphal, seseorang berkebangsaan Jerman tersebut menemukan inner spring mattress. Kasur tersebut mempunyai konstruksi per di bagian dalamnya, tetapi sayang sekali sampai akhir hayatnya, Westphal tidak memperoleh hadiah apapun dari hasil penemuannya tersebut.

Barulah sekitar 60 tahun kemudian penemuan itu mendapatkan popularitasnya. Tahun 1970-an, kasur air mulai diperkenalkan kepada khalayak luas. Uniknya, kasur tersebut bisa menyesuaikan dengan bentuk tubuh manusia yang sedang beristirahat diatasnya dan membuat tidur jauh lebih nyaman dan pastinya pulas.

Tahun 1980-an, muncul lagi kasur udara yang menggunakan satu kantong udara sebagai struktur pendukungnya. Perkembangan kasur itu masih terus berlanjut sampai saat ini. Selain tampilan yang semakin unik dan lucu, inovasi kasur juga pastinya akan mengutamakan sebuah kenyamanan, kesehatan dan efisiensi ruangan.

Bagian-Bagian Kasur

Ukuran kasur
Sumber: Kompas Properti

Kasur itu sendiri terdiri dari beberapa bagian, di antaranya:

1. Kasur Utama

Kasur adalah alas tidur yang berfungsi untuk tempat beristirahat. Pada kasur ini, Grameds bisa memilih tingkat keempukannya dan material kasur sesuai dengan preferensi Grameds. Beberapa contoh yang paling umum adalah material busa, per, latex, dan masih banyak lagi.

2. Dipan

Dipan atau spring box merupakan bagian bawah kasur yang berfungsi untuk penopang kasur. Dipan biasanya terbuat menggunakan kerangka kayu dengan busa maupun foam yang dibalut dengan kain maupun kulit sintetis. Sementara itu, di bagian bawah biasanya terdapat sebuah kaki dipan atau bisa disebut dengan bed leg. Kaki dipan sendiri mempunyai jarak antara dipan dengan lantai.

3. Sandaran Kasur

Sandaran kasur atau biasa disebut dengan headboard merupakan sandaran untuk punggung dan kepala saat Grameds sedang dalam posisi duduk di atas kasur. Sandaran kasur bisa terbuat dari berbagai jenis material. Namun, yang paling umum digunakan adalah busa yang sudah dilapisi dengan kain maupun kulit sintetis.

Ada juga sandaran yang menggunakan bahan, seperti kayu maupun besi. Selain itu, fungsinya dapat memberikan sebuah kenyamanan, sandaran kasur ini juga bisa mempercantik bentuk kasur Grameds. Karena itu, pilihlah sebuah sandaran kasur dengan model yang warnanya netral supaya bisa dipadu dengan berbagai pilihan warna sprei yang akan Grameds pakai.

4. Bedframe

Pada kasur ada bagian yang dikenal dengan bed frame. Bed frame adalah dipan yang sudah menyatu dengan sandarannya. Dengan begitu, Grameds tidak usah bingung menentukan dipan maupun sandaran secara terpisah, Grameds bisa memilih langsung bed frame-nya saja.

5. Kasur Sorong

Kasur sorong juga sebenarnya sama dengan kasur yang biasa, tetapi berukuran sedikit lebih kecil dan ditaruh tepat di bagian bawah kasur utama. Kasur sorong ini biasanya mempunyai roda dan dorongan, sehingga dapat dengan mudah ditarik dan disimpan kembali dengan rapi.

6. Kasur 2 in 1

Kasur 2 in 1 mempunyai kasur utama dan sebuah kasur sorong. Pada kasur utamanya mempunyai kaki kasur yang lumayan cukup tinggi dimana fungsinya untuk menyimpan kasur sorong untuk dimasukan kedalam kolong kasur utamanya. Dengan begitu, ruangan akan terasa lebih lega.

Kasur model ini juga cocok digunakan untuk menaruh bagian di bawah kolongnya. Jadi, kalau tidak membutuhkan kasur sorong, Grameds bisa memanfaatkan sisa area itu sebagai tempat penyimpanannya.

7. Kasur 3 in 1

Hampir mirip dengan kasur 2 in 1, tetapi kasur 3 in 1 ini juga mempunyai beberapa kasur. Pada kasur 3 in 1 terdiri dari kasur utama, kasur sorong dan juga kasur portable maupun kasur yang bisa dengan mudah dipindahkan kesana kemari.

Kasur utama ini mempunyai kaki kasur yang cukup tinggi. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan kasur sorong didalam kolong kasur utama jika tidak sedang digunakan. Sementara itu, kasur portable bisa ditumpukkan di atas kasur utama yang sedang tidak dipakai. Alternatif lainnya, Grameds bisa menyandarkan di dinding.

6. Ukuran Kasur

Ukuran kasur
Sumber: Kompas.com

Apabila memikirkan tentang ukuran kasur, pastinya ada berbagai jenis macam varian di jual. Di Indonesia sendiri ternyata terdapat beberapa ukuran standar yang sering sekali digunakan sebagai ukuran pada kasur. Ukuran kasur ini biasa disebut dengan penamaan single, double, queen, king dan super king.

Terdapat 6 jenis kategori ukuran yang biasa dijumpai pada produk kasur yang ada di Indonesia. Grameds juga bisa memilih ukuran kasur dengan menyesuaikan luas kamar yang ada. Sebelum Grameds membeli sebuah kasur ada baiknya mengetahui luas kamar yang ada terlebih dahulu supaya dapat memudahkan dalam pemilihan ukuran kasur.

1. Ukuran Single: 90 x 200 cm atau 100 x 200 cm

Beberapa jenis merk, ukuran kasur single biasa disebutkan dengan ukuran 90 x 200 cm, tetapi ada juga beberapa merk yang menggunakan penamaan ukuran single untuk ukuran 100 x 200 cm.

Ukuran single ini biasa disebut dengan kasur no. 4. Sesuai dengan namanya, kasur ini pastinya tidak terlalu besar maupun kecil untuk kebutuhan tidur satu orang. Kasur single ini juga biasa dipakai oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Ukuran yang compact membuat harganya paling terjangkau karena sudah mempunyai ukuran yang paling kecil, sehingga membuat dipilih banyak orang. Selain itu, kasur jenis ini juga hemat tempat untuk sebuah ruangan yang terbatas.

Dengan menggunakan ukuran tempat tidur ini, kamar tidur Gameds bisa terlihat lebih lowong atau lega karena mempunyai lebih banyak jarak untuk furnitur lainnya. Single bed merupakan ukuran yang pas untuk kamar tidur mungil dengan ukuran 2,5 m x 2 m.

2. Ukuran Double 120 cm x 200 cm

Meskipun dinamakan double, tetapi ukuran kasur ini masih bisa dipakai untuk kebutuhan tempat tidur satu orang loh Grameds. Ukuran ini juga salah satu ukuran yang lumayan populer dan banyak dipilih karena mempunyai ruang gerak yang lebih luas saat tidur. Nah, kasur dengan ukuran tersebut biasa disebut dengan kasur no. 3.

Meski memberikan jarak tidur yang luas, ternyata double bed tetap dapat menghemat ruangan kamar tidur. Ukuran ini bisa menghemat ruangan, bahkan di ruangan yang kecil maupun minimalis. Selain itu, harganya pun juga masih tergolong cukup murah.

3. Ukuran Double XL: 140 x 200 cm

Ukuran kasur yang satu ini biasanya tidak sering muncul atau susah di temukan di berbagai produk kasur, tetapi ada beberapa yang menjualnya. Ukuran kasur ini masih ditujukan untuk kebutuhan tidur satu orang maupun dua orang saja. Biasanya, ukuran double XL ini mempunyai kasur sorong 2 in 1.

Ukuran kasur
Sumber: Informa

Namun, Grameds jangan khawatir untuk urusan sprei, karena sprei untuk ukuran double XL sendiri sering ditemukan kok di pasaran. Akan tetapi, sebaiknya tetap pilih yang pas dikantong dan pas sesuai ruangan kamar.

4. Ukuran Queen: 160 cm x 200 cm

Ukuran kasur queen adalah ukuran yang paling ringkas dan diperuntukan kebutuhan tidur untuk dua orang. Ukuran ini biasa disebut dengan kasur nomor 2. Apabila Grameds mencari sebuah kasur yang nyaman dan pas untuk tidur dua orang dengan harga yang pastinya ramah dikantong, maka ukuran queen ini cocok untuk Grameds. Oleh sebab itu, ukuran ini bisa juga menjadi pilihan para pengantin baru nikah.

5. Ukuran King: 180 cm x 200 cm

Kasur king dengan ukuran yang cukup untuk tidur dua orang pastinya akan memberikan sebuah kenyaman ekstra dalam mengistirahatkan tubuh setelah beraktivitas selama satu hari. Ukuran King sendiri biasa disebut dengan kasur no. 1. Kasur ini biasa dipilih oleh pasangan yang baru menikah karena mempunyai ukuran yang dirasa luas untuk berdua.

6. U1kuran Super King: 200 cm x 200 cm

Terakhir, ukuran super king, ukuran kasur yang satu ini adalah ukuran kasur yang sangat besar karena bisa digunakan hingga 3 – 4 orang, sehingga sering digunakan untuk tidur bersama satu keluarga (ayah, ibu, dan anak). Apabila Grameds mempunyai kamar yang luas dan membutuhkan kasur yang super luas untuk memberikan sebuah kenyamanan, maka Grameds bisa memilih kasur ukuran super king ini.

Buku Tentang Tempat tidur

50 Desain Tempat Tidur

https://www.gramedia.com/products/conf-50-desain-tempat-tidur?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-50-desain-tempat-tidur?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Bed atau kata lain adalah tempat tidur. Yang segera terbayang adalah sebuah kotak persegi panjang dari kayu sebagai wadah dudukan kasur yang empuk. Di atas kasur itulah orang merebahkan diri, beristirahat setelah seharian beraktivitas. Sekedar leyeh-leyeh bersantai melemaskan otot punggung dan kaki yang kaku, atau meneruskannya hingga terlelap. Sebagai tempat istirahat mebel ini sangat penting dan umumnya diletakkan di kamar tidur. Model, ukuran dan materialnya pun sangat beragam. Ada yang sederhana hingga yang memiliki tiang dan penuh ukiran.

Dari ukuran single hingga ukuran king yang dapat dipilih sesuai peruntukannya. Perkembangan tempat tidur dari jaman ke jaman sebetulnya mengalami beberapa transformasi atau perubahan. Pada jaman dulu tempat tidur hanyalah sekedar kotak memanjang yang menjadi penopang tumpukan jerami atau sesuatu yang empuk untuk direbahi. Setelah kapuk berhasil dibungkus dalam kantong besar dan akhirnya menjadi kasur, tempat tidur pun mulai mendapat perhatian sebagai salah satu jenis mebel atau perabot penting dalam sebuah rumah.

Di pasaran kita dapat menemukan sebagai jenis tempat tidur. Yang satu susun, yang bersusun dua ke atas maupun yang bersusun ke bawah (sandwich). Kasur kapuk, kasur bulu angsa, busa, lateks, spring bed (dengan per di dalam), kasur udara hingga kasur air. Mau berkaki atau tidak, memiliki laci di kolongnya, mempunyai tiang, memiliki headboard yang cantik, semua bisa dipilih atau didesain secara khusus.

Satu hal yang penting dalam memilih tempat tidur adalah ukuran harus sesuai dengan peruntukan dan luas ruang. Untuk berdua tentu jangan pilih ukuran single (90 x 200 cm), tapi pilih setidaknya ukuran queen (160 x 200 cm). Jika luas kamar tidur hanya 2 x 2m tentu sebaiknya tidak mengambil tempat tidur ukuran king (180 x 200 cm). Untuk kamar ukuran tersebut lebih ideal diisi tempat tidur single.

Dalam buku ini disajikan lengkap berbagai jenis tempat tidur hingga penataannya dalam kamar. Tentu saja kami berharap buku ini dapat menjadi sumber inspirasi dan ide yang dapat dikembangkan lebih lanjut. Selamat membaca dan terinspirasi. Segera dapatkan di Gramedia.com!

24 Desain Kamar Tidur 3 ini 1 Multifungsi

https://www.gramedia.com/products/24-desain-kamar-tidur-3-in-1-multifungsi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/24-desain-kamar-tidur-3-in-1-multifungsi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Seiring berkembangnya zaman, manusia semakin membutuhkan banyak ruang untuk beraktivitas. Namun, ruang yang tersedia kini sangat terbatas. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah memaksimalkan ruang yang ada. Belakangan ini tren desain multifungsi sangat ramai dibicarakan. Hal itu tak lepas dari keberadaan ruangan yang minimalis, tetapi memiliki banyak fungsi.

Buku 24 Desain Kamar Tidur 3 In 1 Multifungsi ini membantu Anda untuk menyiasati ruang agar memiliki fungsi yang optimal. Tak hanya terpaku pada pemaksimalan fungsi ruangan, buku ini juga menawarkan desain kamar yang artistik untuk berbagai kategori, seperti anak-anak, mahasiswa, pelaku seni, dan pekerja kantoran.

Tertarik membacanya grameds? Segera dapatkan di Gramedia.com !

Seri Gambar 3D: 22 Desain Kamar Anak

https://www.gramedia.com/products/conf-seri-gambar-ruang-3d-22-desain-kamar-anak?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-seri-gambar-ruang-3d-22-desain-kamar-anak?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Kamar anak merupakan salah satu bagian rumah yang “susah-susah gampang” ditata. Bagaimana tidak; selain sebagai tempat beristirahat, kadang kamar ini juga difungsikan sebagai area belajar sekaligus bermain. Agar anak merasa nyaman berkegiatan di dalamnya, penataan yang tepat merupakan keharusan. Desain kamar tidur yang ditampilkan kali ini diperuntukkan bagi anak usia 2–18 tahun—baik laki-laki maupun perempuan.

Pilihan yang beragam memudahkan Anda membuat kamar yang bukan hanya menarik, tapi juga sesuai dengan perkembangan umur anak. Untuk anak usia balita misalnya, warna-warna menyala, area lapang untuk tempat bermain, dan bentuk furniture yang menarik akan merangsang saraf motorik dan sensoriknya.

Pada usia 6–12 tahun, keinginan anak untuk mengeksplorasi sesuatu semakin besar sehingga mereka mulai menggemari tokoh-tokoh kartun dan senang mengoleksi poster atau boneka.

Sementara itu, anak usia 13–18 tahun yang sudah memasuki tahap remaja membutuhkan teritori yang lebih privat dan tatanan kamar yang tidak kekanak-kanakan. Dilengkapi estimasi biaya pembuatannya, Anda bisa dengan mudah menentukan pilihan desain sesuai selera dan bajet yang tersedia. Segera dapatkan di Gramedia.com dan pastinya dengan diskon yang menarik untuk didapatkan!

Demikian pembahasan tentang ukuran kasur dan bagian-bagian kasur. Setelah mengetahui ukuran kasur, Grameds lebih memilih untuk menggunakan ukuran kasur yang mana? Di Gramedia.com, Grameds bisa menemukan berbagai macam buku yang berkaitan dengan kasur atau tempat tidur dan jadikan hidupmu menjadi #LebihDenganMembaca bersama Gramedia.

Penulis: Pristia

Baca juga:

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi