in

Daftar Bandara Terbesar di Dunia

Sumber: Pexels

Bandara terbesar di dunia – Bicara tentang bandara, mungkin kalian sudah mengetahuinya. Karena di Indonesia sendiri di setiap daerahnya hampir memiliki fasilitas bandara. Namun menariknya di dunia ini ada beberapa bandara terbesar lho.

Sama seperti julukannya, sudah tentu dong luas dari bandara tersebut terbilang cukup luas atau bahkan bisa disebut super luas. Nah tak perlu bingung kawan jika kalian belum tahu daftar bandara terbesar di dunia.

Karena dalam artikel ini sudah tersedia penjelasan akan daftar bandara terbesar di dunia yang mungkin sebelumnya belum pernah kalian ketahui. Apa saja daftar bandara terbesar di dunia? Simak penjelasannya di bawah ini.

Daftar Bandara Terbesar di Dunia

1. Beijing Daxing International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: cnn.com

Bandara terbesar di dunia yang pertama da Beijing Daxing International Airport. Dimana bandara ini terletak di perbatasan Beijing dan Langfang Provinsi Hebei. Selain itu Beijing Daxing International Airport juga berada di urutan kedua sebagai bandara internasional di Beijing.

Nama bandara ini pertama kali diumumkan pada tanggal 14 September 2018. Meski begitu Beijing Daxing International Airport juga memiliki julukan lainnya yaitu bintang laut. Selain itu bangunan terminal dari bandara ini merupakan terminal bandara dengan struktur tunggal terbesar di dunia.
Atau jika dilihat dari segi luasnya memiliki luas lebih dari 1.000.000 m2 (11.000.000 kaki persegi). Tahap penyelesaian pengerjaan dari Beijing Daxing International Airport adalah pada tanggal 30 Juni 2019. Sedangkan untuk upacara pembukaan bandara ini diadakan pada tanggal 25 September 2019 dan resmi dibuka untuk umum adalah pada tangga; 26 September 2019.

Penerbangan komersial pertama adalah China United Airlines KN5302 dari Ordos yang melakukan pendaratan di Beijing Daxing International Airport pukul 10:12 (UTC + 8) pada 26 September 2019.

2. King Fahd International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Arab News

Berikutnya ada King Fahd International Airport. Dimana King Fahd International Airport lebih umum dikenal dengan nama KFIA. Bandara ini diresmikan pada tahun 1999 dan merupakan bandara hub ketiga di Arab Saudi setelah bandara Internasional Raja Khalid di Riyadh dan Bandara Internasional Raja Abdul Aziz di Jeddah.

Selain itu King Fahd International Airport juga melakukan pelayanan pengiriman ke Dammam, Khaibar, Ras, Tanura, Dhahran, Qatif dan Jubail. Pada bagian selatan bandara King Fahd International Airport adalah Saudi Aramco yang juga merupakan perusahaan minyak internasional Arab Saudi.

Lokasi dari King Fahd International Airport adalah di King Fahd Rd, Dammam, Arab Saudi dengan luas area sebesar 78.000 hektar.

 

3. Denver International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Uncover Colorado

Denver International Airport adalah bandara terbesar di dunia berikutnya. Tak hanya bandara terbesar di dunia saja, namun Denver International Airport juga menjadi bandara terindah dengan landasan pacu terpanjang di dunia yang biasa digunakan secara umum di Amerika Serikat.
Denver International Airport terletak di 8500 Peña Blvd, Denver, CO 80249, Amerika Serikat dengan luas area sekitar 78.000 hektar. Ditinjau dari tingkat lalu lintas, Denver International Airport dinobatkan sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia pada tahun 2019 lalu dengan berada di peringkat ke-10.

Jika dilihat dari jumlah pergerakan pesawat, Denver International Airport mampu menempatkan sebagai bandara tersibuk di dunia yaitu sebesar 600,606 kali.

4. Dallas/Fort Worth International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Dallas News

Dallas/Fort Worth International Airport juga masuk ke dalam daftar bandara terbesar di dunia dengan luas sekitar 6.963 hektar. Dallas/Fort Worth International Airport ini terletak di Kota Dallas dan Fort Worth. Selain itu Dallas/Fort Worth International Airport juga termasuk ke dalam bandara tersibuk di Amerika Serikat berdasarkan lalu lintas penumpangnya.

Bahkan jika dilihat dari arus yang datang dan tebang pesawatnya, ternyata jika ditotal Dallas/Fort Worth International Airport ada sekitar 625,261 total pergerakan pesawat darang maupun terbang. Selain itu perlu diketahui juga Dallas/Fort Worth International Airport tak hanya menjadi bandara tersibuk di Amerika Serikat, namun juga tersibuk di dunia.

Dallas/Fort Worth International Airport juga berada di dekat bandara lain seperti Bandara Dallas Lovefield, Bandara Corsicana, Bandara Waco, Bandara Tyler dan Bandara Wichita Falls Sheppard AFB.

5. Orlando International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Wikipedia

Selanjutnya ada Orlando International Airport yang juga termasuk ke dalam bandara terbesar di dunia. Orlando International Airport berada di pusat kota Orlando Florida yang pada tahun 2017 lalu mampu mendapatkan penumpang sebanyak 44.6111.256 penumpang. Untuk luas area dari Orlando International Airport adalah sekitar 5.383 hektar.

Orlando International Airport juga termasuk ke dalam bandara dengan kuota tersibuk di Florida. Tak hanya itu saja, pasalnya Orlando International Airport juga berada dekat dengan bandara lain di Amerika Serikat seperti Bandara Melbourne, Bandara Lakeland dan sebagainya.

Orlando International Airport mampu menawarkan beberapa penerbangan seperti ke Silver Airways, Avianca, Air Jamaica, Copa Airlines, Alaska Airlines, British Airways, dan lainnya.

 

6. Washington Dulles International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Wikipedia

Washington Dulles International Airport dibuka pada tahun 1962 dan berada di 1 Saarinen Cir, Dulles, VA 20166, Amerika Serikat sekaligus menjadi salah satu bandara terbesar di dunia dengan luas area sekitar 4,451 hektar. Pemberian nama Washington Dulles International Airport dilakukan oleh John Foster Dulles yang saat itu menjabat sebagai sekretaris negara ke-52.

Washington Dulles International Airport juga melayani pembukaan wilayah metropolitan di Baltimore-Washington dan Virginia Utara di Distrik Columbia. Washington Dulles International Airport juga berada di dekat bandara lainnya. Misalnya seperti Bandara Washington Ronald Reagan, Bandara Hagerstown, Bandara Baltimore Glenn L Martin dan lainnya.

Selain itu Washington Dulles International Airport juga menyediakan layanan beberapa penerbangan yang bisa digunakan seperti Avianca, British Airways, Delta Air Lines, dan sebagainya.

7. George Bush International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Wikipedia

George Bush International Airport terletak sekitar 37 kilometer dari pusat kota atau lebih tepatnya di 2800 N Terminal Rd, Houston, TX 77032, Amerika Serikat. Dengan luas sekitar 4,451 hektar mampu menjadikan George Bush International Airport salah satu bandara terbesar di dunia.

George Bush International Airport juga memberikan layanan penerbangan seperti Kanada, Amerika Selatan, Afrika, Eropa, Asia serta Amerika Tengah. Perlu diketahui jika bandara ini dikelola oleh Houston Sugarland Baytown yang mana juga memiliki beberapa rute tersibuk, baik itu rute internasional maupun domestik.

Beberapa rute internasional yang ditawarkan oleh George Bush International Airport adalah seperti di Kota Meksiko, London, San Jose, Frankfurt, Amsterdam, Kota Guatemala dan lainnya. Sedangkan untuk rute domestic yang ditawarkan oleh bandara ini adalah seperti penggantian Los Angeles, Chicago, Denver, Newark, Phoenix, Atlanta, New Orleans, dan lain-lain.

8. Shanghai Pudong International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Airport Industry News

Shanghai Pudong International Airport memiliki luas area sekitar 4.51 hektar yang berlokasi di S1 Yingbin Expy, Pudong, Shanghai serta menjadi salah satu bandara terbesar di dunia. Bandara ini berdiri pada 1 Oktober 1999 dan berjarak hanya 30 kilometer dari pusat kota Shanghai.

Shanghai Pudong International Airport memberikan pelayanan penerbangan dari Shanghai ke kota-kota utamanya, baik itu penerbangan dalam maupun luar negeri serta juga memberikan pelayanan penerbangan kargo.

Shanghai Pudong International Airport dikelola oleh Shanghai Airport yang memiliki jumlah penumpang sekitar 40.578.621 orang pada 2010 lalu. Selain itu bandara ini juga memiliki dua terminal yang bisa langsung digunakan oleh penumpang.

Beberapa maskapai juga bisa mendarat di Shanghai Pudong International Airport seperti antaranya Aeroflot, Air Canada, Air Koryo, Air Macau, China Airlines, Emirates, Garuda Indonesia, Korean Air dan maskapai-maskapai lainnya.

Sebanyak 60 persen penerbangan di Kota Shanghai bisa melakukan penerbangan di Shanghai Pudong International Airport. Tak hanya itu saja, fasilitas yang begitu mumpuni juga ditawarkan oleh bandara ini seperti parkir area yang luas, tempat makan dan beberapa area pertokoan.

9. Bandara Internasional Kairo (CAI)

bandara terbesar di dunia
Sumber: Airports Data

Bandara Internasional Kairo yang memiliki luas sekitar 36,3 kilometer persegi ini juga menjadi bandara terbesar di dunia selanjutnya. Bandara ini sudah memulai aktivitas penerbangan sejak tahun 1945. Bandara Internasional Kairo terletak di Heliopolis juga termasuk sebagai bandara tersibuk di Mesir dan hub utama untuk Egyptair dan Nile Air.

Bandara Internasional Kairo memiliki empat terminal, dimana tiga terminal utamanya mampu melayani penerbangan internasional domestic. Pada tahun 2011 lalu, terminal baru dengan nama Terminal Penerbangan Musiman atau SFT sudah mulai beroperasi.

Tujuan utama dari SFT adalah untuk meringankan beban operasional yang berada di terminal eksisting selama musim haji. Selain itu Bandara Internasional Kairo juga memiliki dua landasan pacu.

10. Bandara Internasional Suvarnabhumi (BKK)

bandara terbesar di dunia
Sumber: Bisnis.com

Ada juga Bandara Internasional Suvarnabhumi yang lebih banyak dikenal sebagai bandara internasional terbesar di kawasan Asia tenggara. Bandara Internasional Suvarnabhumi memiliki luas sekitar 32,4 kilometer persegi.

Setelah melakukan operasi pertamanya tahun 2006 lalu, Bandara Internasional Suvarnabhumi saat ini menjadi hub utama bagi Thai Airways, Thai Smile, Bangkok Airways, dan Thai vietjet. Perlu diketahui juga jika bandara ini memiliki tiga terminal utama. Terminal satu dan terminal dua hanya dipergunakan untuk menangani penerbangan internasional. Sedangkan untuk terminal tiga hanya dipergunakan untuk melayani operasi domestik.

Selain itu Bandara Internasional Suvarnabhumi juga memiliki dua landasan pacu paralel.

11. Paris Charles de Gaulle International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Wikipedia

Paris Charles de Gaulle International Airport memiliki luas area sekitar 3.237 hektar dan menjadi salah satu bandara terbesar di dunia. Selain itu Paris Charles de Gaulle International Airport yang berada di 95700 Roissy-en-France, Prancis juga kerap dijuluki dengan istilah Bandar Udara Roissy.

Pada tahun 2007 lalu, Paris Charles de Gaulle International Airport menempati peringkat pertama dalam pergerakan pesawat di Eropa. Hal ini tak lain karena Paris Charles de Gaulle International Airport mampu melakukan pergerakan pendaratan dan lepas landas sebanyak m552.721 di atas Frankfurt dan Madrid.

Paris Charles de Gaulle International Airport juga memiliki beberapa fasilitas utama yang bisa dinikmati para pengunjung sepert area bermain PS3, shower room, area akses internet, pusat kesehatan dan apotek, ruang ibadah, tempat penitipan bagasi dan lain sebagainya.

Selain itu di Paris Charles de Gaulle International Airport juga terdapat beberapa café, restoran perancis siap saji, tempat penukaran uang dan juga toko-toko pakaian serta perhiasan high-end. Lalu Paris Charles de Gaulle International Airport juga menawarkan lounge eksklusif yang bisa dinikmati oleh para pengunjung kelas utama dan kelas bisnis.

12. Madrid-Barajas Airporp

Madrid-Barajas Airport yang berada di Negara Spanyol juga menjadi salah satu bandara terbesar di dunia dengan luas area sekitar 3.050 hektar. Bandara ini terletak 13 kilometer timur laut dari pusat kota Madrid.

Madrid-Barajas Airport juga menjadi pintu gerbang penerbangan internasional dan domestic di Spanyol. Bandara ini pertama kali dibuka pada tahun 1928 serta menjadi salah satu bandara terbesar di Spanyol yang dibuat dengan tujuan sebagai pintu gerbang ke seluruh bagian Eropa, khususnya untuk ke Jazirah Iberia. Bahkan saat ini Madrid-Barajas Airport menjadi pusat penerbangan terpenting di Eropa.

Perlu diketahui juga jika Madrid-Barajas Airport juga merupakan bandara paling sibuk. Hal ini karena Madrid-Barajas Airport mampu menduduki di peringkat ke-5 Eropa dan peringkat ke-12 dunia.
Selain itu bandara ini juga melayani penerbangan langsung dan transit. Untuk penerbangan langsung, Madrid-Barajas Airport melayani beberapa penerbangan dengan tujuan Spanyol dan beberapa negara di benua Eropa seperti Afrika, Asia, Timur Tengah, Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Lalu untuk penerbangan transitnya, bandara ini melayani penerbangan untuk Air Europa dan Iberia, Norwegian Air Shuttle, Vueling, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, beberapa fasilitas utama juga diberikan oleh Madrid-Barajas Airport seperti restoran, ATM, layanan medis, ruang tunggu, layanan internet, tempat ibadah hingga toko ritel.

13. O’Hare International Airport

O’Hare International Airport memiliki luas area sekitar 2.913 hektar dan menjadi salah satu bandara terbesar di dunia. O’Hare International Airport terletak di Chicago juga merupakan pusat terbesar untuk United Airlines dan juga pusat kedua untuk American Airlines.

O’Hare International Airport dioperasikan oleh Dinas Penerbangan Kota Chicago juga memiliki fungsi sebagai koneksi penerbangan di seluruh Amerika Serikat. Pada tahun 2022, O’Hare International Airport terpilih sebagai bandara terbaik di Amerika Utara oleh para pembaca Majalah Business Traveler edisi Amerika.

Beberapa maskapai penerbangan juga tersedia di O’Hare International Airport seperti Aer Lingus, Air Berlin, Air Canada, Alaska Airlines, Air France, American Airlines, dan sebagainya.

14. Salt Lake City International Airport

bandara terbesar di dunia
Sumber: Wikipedia

Salt Lake City International Airport terletak di sebelah barat Salt Lake City, Amerika Serikat dengan luas area sekitar 2.830 hektar ini menjadi salah satu bandara terbesar di dunia berikutnya. Salt Lake City International Airport juga memiliki Southwest Airlines.

Selain itu Salt Lake City International Airport juga menjadi hub untuk Delta Connection, skywest dan Atlantic Southeast Airlines. Tentunya menjadi salah satu bandara terbesar di dunia menjadikan Salt Lake City International Airport memberikan banyak fasilitas utama yang bisa dinikmati para penumpang. Misalnya seperti tempat bermain golf yang jaraknya dekat dengan bandara ini.

15. Amsterdam Airport Schiphol

bandara terbesar di dunia
Sumber: Wikipedia

Amsterdam Airport Schiphol memiliki luas area sekitar 2.787 hektar dan terletak di Evert van de Beekstraat 202, 1118 CP Schiphol, Belanda. Amsterdam Airport Schiphol juga menjadi rumah bagi maskapai Corendon, KLM Royal Dutch, Transavia dan tui.

Selain itu Amsterdam Airport Schiphol juga menjadi bandara terbesar di Belanda serta mampu melayani lebih dari 60 juta penumpang setiap tahunnya. Menariknya lagi Amsterdam Airport Schiphol berada dibawah permukaan laut. Selain itu Amsterdam Airport Schiphol juga menyediakan berbagai maskapai penerbangan seperti Adria Airways, Aeroflot, Air Malta, Air Transit dan maskapai penerbangan lainnya.

Nah, itulah beberapa daftar bandara terbesar di dunia. Grameds bisa membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com sehingga kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi