in ,

16 Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Agar Terlihat Mulus!

https://health.clevelandclinic.org/

Cara Mengecilkan Pori-pori – Apakah Grameds pernah berharap pori – pori Grameds jadi tidak terlihat? Pori besar, bintik – bintik hitam pada hidung, dagu, dan dahi memang sangat mengganggu. Berbagai cara mengecilkan pori-pori wajah kerap kali dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan baik usia hingga tua untuk mencapai tampilan wajah idaman yang bersih dan tampak mulus.

Penyebab Pori – Pori Membesar

cara mengecilkan pori-pori
https://health.clevelandclinic.org/

Sebelumnya, Grameds perlu tahu penyebab pori – pori wajah dapat membesar. Pori – pori wajah adalah hal utama yang menjadi perhatian dalam urusan perawatan dan make up wajah. Ukuran pori – pori wajah bergantung dari berbagai faktor, salah satunya adalah faktor usia dan genetik.

Semakin menua, urusan pori-pori menjadi masalah penting. Menurut Jeannette Graf, MD, seorang ahli dermatologi yang berasal New York, memasuki usia 40 kemampuan seseorang dalam pengelupasan kulit akan menurun, dan pori – pori akan tampak membesar.

Produksi kolagen dan elastin juga mulai berkurang, itulah mengapa mulai muncul kerutan dan berpengaruh dengan tampilan pori – pori yang mulai mengendur.

Faktanya, pori – pori tak dapat dihilangkan sepenuhnya karena kita sebagai manusia tetap memerlukan pori – pori demi keseimbangan fungsi tubuh secara keseluruhan. Kotoran yang menyumbat pori – pori ialah reaksi alami dari tubuh untuk mengeluarkan racun yang berada di dalam tubuh.

cara mudah merawat kulit wajah sendiri - cara mengecilkan pori-pori

Walau demikian, jangan pula biarkan pori – pori lama tersumbat sampai menimbulkan bintik – bintik di wajah. Tidak perlu usaha yang menguras tenaga dan dompet, berikut ini adalah sejumlah cara mengecilkan pori – pori di wajah yang dapat Grameds lakukan.

Tips Cara Mengecilkan Pori-Pori

1. Rutin Mencuci Wajah

cara mengecilkan pori-pori
https://www.pinterest.com/

Pori – pori yang tersumbat dan kulit yang berminyak dapat membuat pori – pori tampak lebih besar. Disadur dari American Academy of Dermatology, Grameds wajib untuk membersihkan wajah 2 kali sehari.

Tujuannya yaitu untuk mengatasi pori – pori wajah yang tersumbat, mencegah pori – pori tersumbat, serta mengurangi kadar minyak pada kulit.

Ketika semuanya sudah dapat teratasi, maka ini menjadi cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami dan praktis.

Ada pula beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Grameds membersihkan wajah, yaitu:

Gunakan air hangat. Hindari mencuci muka dengan air panas, karena dapat membuat adanya iritasi pada kulit dan menyebabkan pori – pori menjadi terlihat lebih besar.

Basuh wajah dengan menggunakan handuk atau kain yang lembut. Hindari menggosok kulit terlalu kasar, karena dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan. Saat kulit meradang, pori – pori akan terlihat membesar.

Pilih face wash atau pembersih wajah yang bertekstur lembut dan mengandung zat – zat yang bersifat noncomedogenic. Tujuannya ialah untuk mencegah pori – pori wajah tersumbat.

2. Rutin Melakukan Double Cleanse

cara mengecilkan pori-pori
https://www.pinterest.com/

Rajin melakukan double cleanse alias membersihkan wajah secara dua kali dapat membantu untuk cara mengecilkan pori – pori. Sebab, menurut para ahli kecantikan, kotoran yang berada di wajah kadang tak dapat terangkat hanya dengan mencuci wajah dengan sabun.

Maka dari itu, memerlukan tahapan pembersihan tambahan di luar mencuci wajah. Caranya yakin dengan menggunakan toner, micellar water, atau gel pembersih sebelum mencuci wajah.

Salah satu kandungan pembersih yang dapat dipakai ialah salicylic acid karena mempunyai kemampuan untuk membersihkan serta meresap sampai ke lapisan kulit dalam.

3. Eksfoliasi

cara mengecilkan pori-pori
https://www.pinterest.com/

Eksfoliasi atau pengelupasan ialah kunci utama dari rutinitas perawatan wajah untuk melawan segala macam masalah kulit, termasuk pori – pori besar. Ketika memilih produk exfoliator, carilah produk yang mempunyai tekstur seperti butiran pasir tetapi tetap lembut.

Jenis produk ini bisa menjangkau pori – pori sekaligus mengurangi minyak sehingga pori – pori tak akan membesar dan bahkan menghitam. Penggunaan produk yang lembut pada kulit bisa mengangkat sel – sel kulit mati dan juga kotoran.

Meski eksfoliasi baik untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, cara ini tak boleh dilakukan setiap hari. Cukup satu hingga dua kali dalam seminggu atau beberapa kali saja dalam kurun waktu satu bulan.

4. Gunakan Skincare Berbahan Dasar Air

cara mengecilkan pori-pori
https://www.pinterest.com/

Pemilihan skincare yang tepat juga bisa menjadi solusi untuk cara mengecilkan pori-pori wajah, lho. Jika Grameds tak ingin pori – pori terlihat besar, coba gunakan produk yang berbahan dasar air.

Jadi, hindari produk – produk yang mengandung minyak, ya.

Apabila Grameds memiliki kulit berminyak, sebaiknya pilih produk yang mengandung humektan tinggi daripada minyak. Contoh produk yang terdapat kandungan humektan di dalamnya, yakni yang menggunakan madu dan urea sebagai bahannya.

Sementara produk dengan basis minyak, yang mengandung zat petrolatum, minyak kelapa, dan jenis minyak lainnya kurang dianjurkan.

Meski dapat melembapkan kulit, tetapi produk yang mengandung minyak ini mungkin tidak cocok untuk orang dengan kulit berminyak dan pori – pori besar.

Pasalnya, produk tersebut dapat merangsang produksi minyak berlebih sehingga terkumpul di kulit dan pada akhirnya menjadi pori – pori menjadi tampak lebih besar.

5. Jaga Kulit Tetap Lembab

cara mengecilkan pori-pori
https://www.pinterest.com/

Jika Grameds tak ingin memiliki pori – pori besar, sebaiknya selalu pastikan kulit wajah lembap, ya. Oleh karena itu, Grameds perlu menggunakan pelembap secara rutin.

Bagi Grameds yang memiliki wajah berminyak, menggunakan pelembap tetap dianjurkan. Meski begitu, pilihlah produk pelembap yang bebas minyak agar wajah tidak semakin berminyak.

Untuk menggunakannya, Grameds harus mencuci wajah terlebih dahulu dan menepuk – nepuk kulit hingga kering, lalu mengoleskan pelembap dengan lembut untuk membantu menghidrasi dan melembutkan kulit.

Cara ini bisa memungkinkan terjadinya minyak yang berasal dari kelenjar sebaceous dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit sehingga tak tertinggal di pori – pori pada lapisan permukaan wajah yang dapat membuatnya menjadi terlihat besar.

Selain menggunakan pelembap, Grameds juga perlu menjaga kelembapan kulit dari dalam dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup.

Secara khusus, air yang berada di dalam tubuh bisa membantu melembapkan kulit secara internal, mengeluarkan racun dari pori – pori, dan juga meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Oleh karena itu, Grameds setidaknya mimun 8 gelas air atau cairan lain setiap harinya.

Jika tidak memungkinkan, Grameds bisa menambahkan lemon, mentimun, atau beri dalam air putih sebagai perasa.

6. Simpan Produk Perawatan Kulit Di Kulkas

Suhu dingin menyebabkan tubuh mengerut. Jangan panik dulu. Mengerutnya kulit disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami penyempitan, sehingga ukuran pori – pori Grameds pun ikut menyusut. Nah, Grameds bisa menyimpan berbagai produk pelembap dan make up yang berbentuk cair di dalam kulkas untuk mempertahankan sensasi dingin di wajah dengan lebih lama.

7. Biarkan Pori – Pori Bernapas

Penggunaan sabun, pelembap, dan foundation yang berat pada kulit justru akan meninggalkan sisa minyak di pori pori menjadi lebih banyak lagi dan menyebabkan pori – pori semakin meradang dan membesar. Cobalah untuk tak memakai makeup ketika bersantai di akhir pekan ataupun saat sedang berada di rumah seharian penuh.

Menghapus make up tak hanya cukup dilakukan pada tiap malam dengan pembersih wajah. Kita juga perlu mencuci muka terlebih dahulu sebelum berolahraga sehingga sisa make up yang menempel seharian tak menyumbat pori saat tubuh sedang berkeringat. Memberikan kesempatan pori – pori untuk bernapas dengan tak terhalang oleh foundation ataupun krim pelembap akan bisa membantu kulit untuk mengeluarkan kotoran dengan alami.

8. Pakai Tabir Surya

https://www.pinterest.com/

Paparan dari radiasi UVA dan UVB yang berasal dari sinar matahari bisa menyebabkan kerusakan kulit yang tak sekadar meningkatkan risiko kanker serta keriput jangka panjang, tetapi juga bisa mengeringkan kulit serta membuat pori – pori Grameds tampak lebih besar. Penggunaan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum memulai berkegiatan di luar ruangan mampu untuk membantu mencegah risiko kerusakan kulit. Pilihlah produk tabir surya dengan kandungan SPF setidaknya 30, tetapi tetap menyesuaikan dengan tone kulit Grameds, ya.

9. Pilih Pembersih Yang Tepat

https://www.pinterest.com/

Jika Grameds memiliki pori – pori besar dan kulit berminyak, carilah pembersih wajah yang berbasis gel. Sementara jika Grameds memiliki jenis kulit normal cenderung kering, Grameds dapat menggunakan pembersih yang berbentuk krim.

Tidak peduli apa pun jenis kulit yang Grameds miliki, hindari pembersih yang mengandung sabun atau scrub. Pasalnya, kedua bahan tersebut justru membuat pori – pori Grameds terlihat semakin membesar.

10. Gunakan Clay Mask

https://www.pinterest.com/

Cara mudah berikutnya yang bisa Grameds terapkan agar pori – pori tampak mengecil, yakni menggunakan clay mask atau masker wajah yang mengandung tanah liat.

Grameds bisa menggunakan clay mask 1 – 2 kali dalam seminggu. Masker ini akan membantu Grameds dalam menghilangkan minyak tambahan dari pori – pori.

Karena, tanah liat memiliki kemampuan untuk menyerap sebum yang berada di kulit.

Dengan menghilangkan kandungan minyak berlebih tersebut, Grameds pun dapat membantu mencegah pori – pori membesar dan membuatnya lebih tersamarkan.

Pastikan Grameds tidak menggunakan clay mask bersamaan dengan eksfoliasi atau peeling, ya.

Hal ini dikarenakan perawatan yang berlebihan pada kulit bisa menyebabkan terjadinya iritasi yang pada akhirnya bisa menyebabkan pori – pori jadi tampak membesar.

11. Gunakan Retinol

https://www.pinterest.com/

Apakah Grameds ingin tahu cara mengecilkan pori – pori wajah secara permanen? Sebaiknya, pertimbangkan produk skincare yang tepat.

Faktanya, produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan kulit Grameds akan mendatangkan banyak manfaat.

Jika Grameds memiliki kulit yang berminyak, mudah berjerawat, dan terasa kurang kencang dari sebelumnya, maka pori – pori di wajah bisa terlihat lebih besar.

Untuk itu, gunakan produk perawatan kulit dengan retinol yang akan membantu permasalahan kulit Grameds.

Nah, untuk hasil yang paling baik, cobalah untuk mengaplikasikan produk skincare yang mengandung zat retinol sebelum tidur.

Meski demikian, tetap berhati – hati dalam menggunakan skincare retinol, terutama apabila Grameds memiliki kulit yang sensitif. Pilihlah produk skincare retinol yang cocok bagi pemula, pemilik kulit sensitif, dan perhatikan masalah kulit lainnya.

Selain mengecilkan pori – pori, sebuat studi Clinical Interventions in Aging juga menyebutkan bahwa retinol merupakan bahan skincare yang cukup efektif untuk melawan tanda – tanda penuaan.

12. Facial

https://www.pinterest.com/

Cara mengecilkan pori – pori wajah satu ini bisa dilakukan dengan cepat, apabila Grameds ingin hasil yang instan.

Untuk membuat pori – pori wajah menjadi kecil ialah dengan cara mengeluarkan kotoran yang menyumbat di dalam pori – pori. Cara terbaik untuk mengeluarkan kotoran tersebut adalah mengeluarkan secara manual.

Lakukan facial dengan bantuan dokter atau tenaga ahli kulit yang telah terpercaya dan bersertifikat. Walaupun begitu, tetap berhati – hati saat melakukan facial, ya, Grameds.

Tindakan ini berfungis untuk mengeluarkan kotoran dari dalam pori – pori tetapi juga wajib dilakukan dengan sangat hati – hati ini karena pori – pori memiliki sifat yang sensitif. Nah, adapun beberapa tahapan facial yang bisa Grameds pahami, yaitu :

  • Pembersihan kulit secara menyeluruh.
  • Analisis keadaan kulit oleh terapis.
  • Pengelupasan kulit, ekstraksi komedo, pori – pori tersebut dan jerawat jika diperlukan.
  • Melakukan pemijatan wajah.
  • Memakai masker untuk perawatan.
  • Mengaplikasikan serum, pelembap, dan sunscreen.
  • Terkadang akan dilakukan pemijatan pada tangan dan lengan, agar kulit menjadi lebih sehat dan rileks.

Facial sebaiknya dilakukan menyesuaikan dengan permasalahan kulit ysng dimiliki masing – masing supaya manfaatnya dapat lebih terasa.

13. Make Up

https://www.pinterest.com/

Nah, cara yang satu ini ialah cara mengecilkan pori-pori wajah yang paling cepat!

Jika Grameds sedang kesulitan dengan perawatan wajah, maka menggunakan make up adalah hal cepat yang bisa dilakukan. Grameds bisa menggunakan primer atau mattifier untuk menyamarkan garis dan bentuk pori – pori.

Beberapa produk kecantikan juga sudah mengeluarkan variannya yang berfungsi tak hanya menyamarkan, tetapi juga menyerap minyak dan mempunyai formula sebagai cara mengecilkan pori – pori wajah.

Setelah pori – pori wajah menjadi, perawatan mudah dan yang perlu untuk selalu dilakukan setiap hari ialah membersihkan wajah. Tindakan ini bertujuan untuk menjaga pori – pori selalu bersih dan ukurannya tak kembali menjadi besar.

Jangan sampai Grameds tertidur dalam keadaan mengenakan riasan wajah.

Pasalnya, kosmetik bisa bercampur dengan berbagai kotoran, minyak, dan bakteri yang tersisa sehingga menjadi penyumbat bagi pori – pori, dan membuatnya tampak lebih besar.

Selelah apapun kondisinya, Grameds tetap harus menghapus make up sebelum tidur malam hari.

Hindari juga kebiasaan sering memencet komedo, atau melakukan scrubing wajah dengan kasar dan terburu – buru, karena kebiasaan ini hanya akan membuat pori – pori terlihat membesar.

14. Konsumsi Makanan Sehat

Sayuran, Keranjang, Keranjang Sayur

Tahukah Grameds, asal mengonsumsi makanan ternyata bisa berpengaruh pada ukuran pori – pori wajah? Apalagi kalo makanan yang Grameds santap merupakan makanan tinggi lemak dan berminyak. Pori – pori wajah pun menjadi rawan tersumbat karena dengan menyantap makanan tersebut kulit akan menjadi semakin berminyak.

Mulai sekarang, cobalah untuk lebih sering mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kolagen, seperti kaldu tulang, daging ayam, dan juga putih telur. Makanan tersebut memiliki kemampuan untuk meningkatkan elastisitas kulit sehingga membuat pori – pori menjadi terlihat mengecil.

15. Istirahat Dengan Cukup

https://www.pinterest.com/

Selain menggunakan masker dan juga bahan – bahan alami, menghilangkan pori – pori juga dapat dilakukan dengan cara beristirahat cukup. Ketika tidur, kulit kita melakukan proses regenerasi yakni menggantikan sel – sel kulit lama dengan sel – sel kulit yang baru. Sel – sel kulit lama tersebut akan berubah menjadi sel kulit mati yang nantinya akan mengelupas dari kulit lapisan luar.

Apabila waktu jam tidur kita kurang, kulit tak bisa beregenerasi dengan sempurna. Alhasil, pori – pori pun tetap tampak besar dan wajah akan menjadi kendor.

16. Konsultasi Ke Dokter Spesialis Kulit

https://www.pinterest.com/

Jika berbagai perawatan yang sudah disebutkan di atas tidak juga membantu cara mengecilkan pori – pori Grameds, berkonsultasi ke dokter spesialis kulit adalah pilihan terbaik. Dokter spesialis kulit dapat merekemondasikan prosedur tertentu untuk membantu Grameds cara mengecilkan pori-pori yang besar, seperti microneedling dan laser.

Jika jerawat Grameds yang menyebabkan pori – pori membesar, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik atau obat retinoid untuk membantu membersihkan kulit Grameds.

Itulah cara mengecilkan pori-pori wajah yang dapat dilakukan supaya kulit menjadi terlihat halus dan semakin cantik. Jadi, jangan takut lagi dengan masalah pori – pori wajah, ya, Grameds!

Baca juga :



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien