in

Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik, Lolos Tes Masuk Universitas Kedinasan

Rekomendasi Buku Kedinasan – Untuk siapa saja yang sedang mencari buku tes, buku panduan, ataupun buku kisi-kisi tapi masih bingung harus pilih yang mana, maka sekarang jangan khawatir lagi. Disini, kita akan membahas mengenai berbagai rekomendasi buku kedinasan terbaik dengan harga yang terjangkau.

Pastinya, buku-buku ini akan sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan. Dengan persiapan yang matang, tentu Anda akan lebih percaya diri dalam menjawab semua soal tes yang nantinya akan dihadapi.

Sebelum membahas mengenai rekomendasi buku kedinasan secara lebih lengkap, berikut ini kita akan membahas terlebih dahulu mengenai tips dan trik lolos masuk ke perguruan tinggi kedinasan.

Tips Sukses Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Sebentar lagi, jadwal tes masuk Perguruan Tinggi Kedinasan atau PTK digelar loh. Siapa nih yang berniat untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan? Disini, kita akan membahas mengenai cara sukses masuk Perguruan Tinggi Kedinasan. Asalkan Anda belajar dengan maksimal, maka pasti akan memperoleh hasil yang maksimal juga. Selain belajar, Anda juga perlu mengetahui beberapa tips supaya berhasil masuk Perguruan Tinggi Kedinasan, berikut adalah penjelasan selengkapnya:

Tahapan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Berikut ini adalah beberapa tahapan yang harus Anda lalui jika ingin masuk ke Perguruan Tinggi Kedinasan:

1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Di dalam tes seleksi yang satu ini, umumnya akan diadakan secara bersamaan dari SSCN BKN. Jadi, semua calon peserta ataupun taruna dari PTK diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini. Tes yang satu ini terdiri atas tiga poin penilaian, yakni Tes Wawancara Kebangsaan atau TWK, Tes Intelegensi Umum atau TIU, dan juga Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Dimana tes tersebut hampir mirip seperti saat menjalani tes SKD CPNS.

Pada tes TWK ini, Anda akan menghadapi soal mengenai nilai-nilai Pancasila, kewarganegaraan, dan juga sejarah. Sementara untuk TIU, Anda akan menghadapi soal-soal mengenai kemampuan numerik, kemampuan figural, dan juga kemampuan verbal. Terakhir untuk tes TKP, Anda akan berhadapan dengan soal-soal yang berisi tentang nilai perilaku dan juga melakukan penyidikan pada dunia kerja.

2. Tes Seleksi Kompetensi Bidang

Tes kemampuan dalam bidang ini nantinya akan mengukur kemampuan Anda sesuai dengan bidang yang Anda pilih. Di dalam tahapan ini, umumnya akan dilengkapi dengan ujian praktik dan juga wawancara.

3. Tes Kesehatan Tahap I

Berbeda dengan yang lainnya, di Perguruan Tinggi Kedinasan, umumnya tes kesehatan ini akan dilakukan sebanyak dua kali. Tes kesehatan yang pertama akan dilaksanakan untuk tes pada organ luar seperti tes indra penciuman, berat badan, dan tinggi badan.

4. Tes Kesehatan Tahap II

Tes kesehatan tahap 2 ini umumnya akan dilaksanakan dengan melakukan pemeriksaan secara lebih detail mengenai organ dalam. Selama mengikuti tes, Anda akan melakukan pengecekan urine, darah, rontgen paru, tes kesehatan paru, dan tes kesehatan lainnya. Dimana tes kesehatan tahap II ini akan disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

5. Kesamaptaan dan Wawancara

Untuk Anda yang belum tahu, tes kesamaptaan adalah tes wajib yang dilakukan sebagai syarat tes terakhir untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan. Tes ini umumnya dilakukan dengan cara menguji tes kemampuan fisik. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar yakin dalam melakukan tahapan yang satu ini. Biasanya tes ini akan dilakukan bersamaan dengan tes wawancara. Jadi, Anda harus bersiap untuk mengikuti tahapan ini dengan maksimal ya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Tips Sukses Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan

Berikut ini adalah beberapa tips agar Anda berhasil masuk Perguruan Tinggi Kedinasan:

1. Review materi secara berkala

Ketika memasuki sekolah kedinasan, tes yang wajib Anda tempuh untuk pertama kali adalah tes seleksi kompetensi bidang atau SKB. Tes ini umumnya juga disebut dengan tes potensi akademik atau TPA. Biasanya tes ini akan dilaksanakan melalui portal SSCN-BKN guys. Jadi, hampir sama dengan tes CPNS. Untuk bisa melalui tes ini dengan baik, Anda harus melakukan review materi tentang soal-soal yang berkaitan dengan SKB ataupun TPA. Jangan sampai Anda tidak melakukan persiapan dengan baik.

2. Persiapkan mental

Selain menyiapkan materi dengan baik, Anda juga perlu menyiapkan mental sebelum mengikuti serangkaian tahapan tes masuk perguruan tinggi kedinasan. Jika Anda tidak kuat secara mental, maka dikhawatirkan Anda merasa tidak siap untuk menghadapi serangkaian tes tersebut. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, Anda harus menyiapkan mental dengan baik ya.

3. Siapkan fisik dengan baik

Banyak perguruan tinggi kedinasan yang memberikan tes fisik guna menyeleksi calon mahasiswa ataupun tarunanya. Oleh sebab itu, Anda juga perlu melatih diri secara fisik agar bisa melewati tahapan ini dengan baik. Jika Anda dapat berlatih dengan baik, maka Anda akan terbiasa dengan tes yang nantinya akan diberikan. Perlu dipahami bahwa biasanya setelah pelaksanaan tes SKD, selanjutnya akan diadakan tes kesehatan dan juga kesamaptaan yang sangat membutuhkan kesiapan fisik. Jadi, pastikan Anda sudah mempersiapkan fisik dengan matang ya.

4. Berlatih untuk persiapan wawancara

Jika Anda mengikuti tes perguruan tinggi kedinasan, maka Anda wajib untuk mempersiapkan tes wawancara. Anda bisa melakukan simulasi wawancara dengan orang yang ada disekitar Anda supaya Anda siap menghadapi tes yang sesungguhnya.

5. Jaga kesehatan

Tidak lengkap rasanya jika Anda mau mengikuti tes kedinasan tapi tiba-tiba jatuh sakit. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan dengan baik. Apabila Anda sakit, maka konsentrasi dan fokus pasti akan buyar dan membuat proses seleksi menjadi terganggu.

Rekomendasi Buku Kedinasan Terbaik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku kedinasan terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Kedinasan.

1. Pasti Lolos TKPA : Tes Kemampuan & Potensi Akademis Untuk PTN dan Kedinasan

Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Kedinasan masih merupakan target utama dari setiap siswa yang akan memasuki jenjang kuliah. Persaingan yang ketat membutuhkan persiapan yang matang terutama menghadapi Test Kemampuan dan potensi akademis. Buku ini disusun untuk membantu mempersiapkan Test tersebut. Buku ini dilengkapi dengan tips dan strategi menghadapi TKPA serta soal-soal yang bervariasi dari berbagai tipe soal dan apa saja yang harus diketahui dari masing-masing tipe soal.

2.Prepare CPNS/ASN & Perguruan Tinggi Kedinasan

Buku yang satu ini berisi mengenai berbagai macam materi yang berkaitan dengan tes kedinasan, antara lain:

1. Paket Soal & Bahas + Pembahasan jitu setiap paket
2. 3 Paket Uji Materi SKD seluruh Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah dan Perguran Tinggi Kedinasan
3. Time Planning
4. FREE Simulasi Try Out test SKD dengan sistem CAT-ONLINE
5. Tips Psikotest
6. Tips Wawancara
7. Tips Kesehatan/Kebugaran

3. Super Diktat Taktik Cerdik TPA Masuk Perguruan Tinggi dan Kedinasan

Buku ini memuat semua materi TPA terlengkap meliputi matematika berpola, aritmetika dasar, kemampuan kuantitatif, tes kecerdasan, penalaran logis dll, terdapat bank soal lebih dari 2.045 + pembahasan. Free CD software CBT tes berbasis komputer, aplikasi play on android, free video tutorial bedah soal-soal, bonus video trik menyelesaikan tes numerik, fasilitas konsultasi dan bimbingan jarak jauh.

4. Bank Soal Tes Masuk Sekolah Kedinasan (Bonus CD)

Untuk Anda yang berniat mendaftar sekolah Kedinasan, maka Anda wajib memiliki buku yang satu ini. Sebab, buku ini berisi mengenai berbagai macam soal yang berpotensi keluar pada ujian tes kedinasan nantinya.

5. Best Score TPA Kedinasan

Pintu gerbang masa depan bagi seorang siswa ditentukan selepas lulus SMA. Salah satunya dengan melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu Perguruan Tinggi (Negeri/Swasta), Sekolah Kedinasan, maupun Akademi. Ada sebuah sistem seleksi yang harus dihadapi peserta yang ingin menjadi mahasiswa, yakni berupa rangkaian tes seleksi.

Di antara materi-materi yang diujikan terdapat mata uji Tes Potensi Akademik (TPA). Berbeda dengan mata uji yang lain, seperti Bahasa Indonesia atau Matematika, TPA tidak masuk dalam kurikulum yang diajarkan di sekolah. Jadi, peserta dituntut untuk belajar mandiri dengan referensi yang sangat terbatas. Untuk itu, buku ini hadir sebagai referensi belajar yang terbaru, terlengkap, dan terbaik sehingga memiliki akurasi kesesuaian materi yang paling baik di antara buku-buku yang ada di toko buku.

6. Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan

Buku panduan ini siap membantu Anda dalam mempelajari berbagai materi yang berkaitan dengan tes akademik Kampus Kedinasan. Persiapkan diri Anda dengan matang menggunakan buku Panduan Resmi Tes Akademik Kampus Kedinasan.

7. Grand Master Tes Masuk Sekolah Kedinasan 2022

Sekolah kedinasan adalah Perguruan Tinggi Negeri yang dikelola oleh instansi pemerintah sebagai penyelenggara pendidikan. Sekolah kedinasan merupakan sekolah dengan jaminan ikatan dinas dan dapat diangkat langsung menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sekolah kedinasan dikenal sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) akan tetapi disebut sekolah karena sebagian besar nama PTK merupakan Sekolah Tinggi, seperti Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Demikian beberapa rekomendasi buku kedinasan yang wajib Anda miliki. Terlebih untuk Anda yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Kedinasan.

Written by Lely Azizah