in

Rekomendasi Buku Parenting Wajib Di Baca Oleh Para Orang Tua Masa Kini

Rekomendasi Buku Parenting – Sebagai orang tua, kita tentu harus bisa mendidik dan juga mengasuh anak dengan baik dan optimal, serta memahami apa yang menjadi kebutuhan mereka. Oleh karena itu, Anda tentu membutuhkan ilmu parenting. Selain bisa belajar dari pengalaman langsung, Anda juga dapat belajar soal pengasuhan anak melalui rekomendasi buku parenting.

Kali ini, kita akan membahas mengenai berbagai cara dalam memilih buku parenting yang bagus. Anda dapat memilih buku parenting best seller sampai buku parenting modern atau Islami. Disini, kita akan memberikan berbagai rekomendasi buku parenting best seller yang bisa Anda peroleh di laman resmi Gramedia.com.

Pentingnya Belajar Ilmu Parenting

Parenting adalah berbagai hal yang berkaitan dengan cara mendidik dan mengasuh anak. Asosiasi Psikologi Amerika (APA) mengungkapkan bahwa pada dasarnya parenting mempunyai tiga tujuan utama. Tujuan tersebut bermaksud untuk memastikan kesehatan dan juga keselamatan anak-anak, mempersiapkan mereka supaya bisa tumbuh produktif, dan menurunkan nilai-nilai budaya.

Penting untuk orang tua memahami anak-anaknya, termasuk juga memahami proses perkembangan, pertumbuhan, dan juga keunikan yang dimiliki anak. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari ilmu parenting dengan baik. Sebab, pola asuh orang yang mempunyai peran besar dalam pembentukan karakter anak saat Ia dewasa nanti. Tak hanya itu saja, banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mempelajari parenting.

Misalnya saja, dengan belajar ilmu parenting, Anda akan disiapkan untuk menerima perbedaan karakter setiap anak. Kemudian, Anda juga akan lebih siap untuk menghadapi berbagai permasalahan yang mungkin saja terjadi ketika membesarkan mereka. Anda juga bisa berpikir secara logis dan menilai hal-hal baik dan buruk untuk anak-anak. Jadi, jangan pernah ragu untuk belajar mengenai ilmu parenting ya.

Rekomendasi Buku Parenting

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa orang tua mempunyai pengaruh besar dalam tumbuh kembang anak, baik itu perilaku ataupun sifat. Hal tersebut terjadi karena sejak lahir, orang tualah yang selalu menemani dan mengasuh anak sampai dewasa.

Bahkan, perilaku orang tua juga dapat ditiru oleh anak karena tidak sengaja dilihat dan kemudian dipelajari oleh anak. Sebagai orang tua, pastinya kita ingin anak-anak tumbuh dengan baik dibandingkan dengan diri kita zaman dulu. Kita ingin anak-anak memiliki perilaku yang baik, berprestasi, dan menjadi orang sukses. Akan tetapi, bukanlah hal yang mudah untuk mewujudkan hal tersebut, apalagi di era modern seperti sekarang ini.

Untuk itu, menambah ilmu dari membaca buku tentang parenting menjadi salah satu cara sederhana, namun penting untuk para orang tua yang ingin mengasuh anaknya dengan baik dan benar. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buku parenting yang wajib dibaca dan diterapkan untuk para orang tua kepada anak-anaknya.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

1. The Montessori Toddler

Buku ini adalah salah satu langkah untuk mengasuh balita serta menambah pengetahuan mengenai metode montessori. Sesuai dengan judulnya, buku yang satu ini akan mengajak para pembaca untuk mengetahui langkah yang tepat mengasuh balita dengan metode montessori. Buku ini diawali dengan memahami balita, mengenal Montessori, sampai mengenal sekolah Montessori sebagai salah satu langkah bersiap masuk prasekolah.

Buku yang berisi sepuluh bab ini juga telah dilengkapi dengan berbagai aktivitas Montessori sesuai dengan perkembangan anak. Selain itu, ada pula tujuh prinsip penting untuk membangun rasa ingin tahu anak serta manfaat keterampilan dasar Montessori untuk masa depan anak. Sebagai seorang ibu yang mempunyai anak balita, buku yang satu ini akan mengakomodir kebutuhan Anda dalam memahami pola dan juga perilaku anak. Sepanjang penjelasannya, penulis juga kerap menyebutkan beberapa rekomendasi buku bacaan ataupun materi lain. Berkat hal tersebut, para pembaca bisa memperkaya pengetahuannya seputar Montessori.

2. Teach Like Finland

Untuk Anda yang berprofesi sebagai guru, tentu akan sangat mendambakan ruang kelas dengan suasana yang menyenangkan, aktif, ceria, sejahtera, dan fokus belajar. Mungkin hal tersebut terdengar terlalu ideal ya? Padahal di dalam praktiknya, anak-anak sekolah banyak yang tidak betah untuk belajar di kelas dan justru lebih senang mendengar bel pulang.

Buku dengan judul Teach Like Finland ini berisi 33 metode mengajar yang sangat menyenangkan. Melalui buku ini, Anda akan mengenal berbagai macam teknik mengajar yang telah diterapkan oleh negara Finlandia. Metode mengajarnya akan menjadikan ruang kelas menjadi lebih hidup dan anak-anak akan senang untuk belajar. Sehingga, Anda sebagai guru juga bisa bekerja lebih produktif tanpa perlu mengorbankan waktu pribadi.

3. 21 Tips Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus

Buku ini memuat berbagai kisah nyata mengenai kehidupan anak-anak yang berkebutuhan khusus atau ABK. Dari kisah-kisah tersebut, para pembaca bisa belajar mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mendidik ABK. Menariknya lagi, buku yang satu ini juga ditulis langsung oleh ibu yang memiliki dua ABK sekaligus founder dari Rumah Indira. Untuk para orang tua yang mempunyai anak berkebutuhan khusus, produk yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda baca.

4. Parenting 4.0: Mendidik Di Era Digital

Seiring dengan berkembangnya zaman, pola asuh anak juga ikut berubah. Pola asuh zaman dulu mungkin saja sudah tidak ideal untuk anak-anak zaman sekarang. Terlebih untuk generasi Z. Generasi Z adalah anak-anak yang terlahir sekitar tahun 1995 hingga 2010 dan dijuluki sebagai digital native. Dimana mereka sudah terpapar dengan teknologi dan gadget sejak dini.

Parenting 4.0 ini mengulas berbagai hal tentang generasi Z, khususnya mengenai pengasuhan dan juga pendidikan yang ideal untuk merek. Buku yang satu ini juga membahas mengenai peran orang tua dan juga pendidik dalam memaksimalkan potensi anak-anak. Produk ini sangat wajib Anda miliki, khususnya untuk Anda yang mempunyai anak generasi Z dan ingin menerapkan modern parenting.

5. Islamic Montessori Inspired Activity

Montessori merupakan salah satu metode yang dirancang khusus untuk anak-anak supaya mereka bisa menggali potensi dari dalam dirinya. Metode yang satu ini diperkenalkan oleh Dr. Maria Montessori dan sudah digunakan sejak lebih dari 100 tahun yang lalu. Di dalam buku parenting ini, Zahra Zahira berhasil menyusun lesson plan activity (Montessori) dengan pendekatan Islam.

Di dalamnya sudah tersedia lebih dari 200 Montessori activity yang dikelompokkan ke dalam 30 tema mingguan. Masing-masing tema tersebut memuat tujuh area Montessori, yaitu studi Islam, sensorik, kehidupan praktis, matematika, kriya, dan seni. Tidak hanya untuk orang tua saja, buku ini juga harus dimiliki oleh orang-orang yang berprofesi sebagai guru PAUD atau TK.

6. Ayah Edy Menjawab

Ada banyak sekali masalah yang harus dilewati oleh orang tua. Masalah tersebut dapat berkaitan dengan perubahan sikap anak, pendisiplinan, anak menjadi sering berbohong, dan lain sebagainya. Kadangkala, orang tua tidak selalu mempunyai solusi untuk berbagai permasalahan tadi. Oleh karena itu, Ayah Edy , yakni seorang konsultan parenting sekaligus penggagas Indonesian Strong From Home, mencoba untuk hadir membantu para orang tua.

Ayah Edy Menjawab adalah salah satu buku parenting best seller yang membahas tentang berbagai pertanyaan mengenai masalah yang seringkali dialami oleh orang tua. Dengan membaca buku ini, Anda akan menjadi tahu berbagai permasalahan tentang menjadi orang tua dan cara menyelesaikannya.

7. Bringing Up Bebe

Bringing Up Bebe ini merupakan buku yang ditulis oleh jurnalis sekaligus ibu rumah tangga yang berasal dari Amerika yang tinggal di Perancis. Di dalam bukunya, Druckerman menceritakan gaya parenting ala Perancis. Dari buku yang satu ini, Anda bisa belajar mengenai bagaimana menjadi ibu yang bahagia dalam peran barunya. Tidak hanya berasal dari pengalaman pribadi Druckerman saja, buku ini juga berisi mengenai wawancara dan kutipan dari sumber-sumber terpercaya. Pengalaman ibu-ibu Prancis, wawancara dokter serta pakar anak, sampai referensi para ahli dapat Anda temukan di dalam buku ini. Selain itu, Anda juga bisa belajar mengenai cara melatih jam tidur, waktu belajar, kesabaran, dan adab serta kesopanan anak.

8. The Danish Way of Parenting

The Danish Way of Parenting ditulis berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Jessica dan juga Iben. Mereka mengungkap sebuah rahasia parenting orang Denmark yang dijuluki sebagai salah satu negara paling bahagia di dunia oleh PBB. Apabila Anda tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut mengenai gaya pengasuhan yang melahirkan generasi bahagia, maka buku bisa Anda jadikan sebagai buku panduan untuk menerapkannya.

Layaknya sebuah penelitian, buku yang satu ini ditulis berdasarkan pengalaman, berbagai sumber rujukan, dan hasil observasi. Buku yang satu ini juga mempunyai enam bab, yaitu play, authenticity, reframing, empathy, no ultimatums, dan togetherness & hygge yang disingkat PARENT.

9. Because This Is My First Parenting Life: Pengasuhan Dan Permainan Anak

Buku yang satu ini ditulis oleh tim Chai’s Play yang terdiri atas pakar pendidikan anak usia dini atau PAUD. Beberapa materi yang dibahas di dalam buku ini adalah panduan merawat anak, ASI dan MPASI, sampai pola tidur serta tantrum anak. Tak hanya itu saja, buku ini juga membahas mengenai informasi mengenai penanganan situasi darurat, obat dan imunisasi, hingga kesehatan mental orang tua. Produk ini sangat ideal untuk para calon orang tua dan juga orang tua baru yang masih awam mengenai cara mengurus anak. Selain itu, Anda juga dapat menghadiahkan buku ini untuk kerabat yang sedang menantikan kelahiran si kecil.

10. Happy Little Soul

Happy Little Soul berisi tentang pengalaman Retno Hening sebagai seorang ibu yang sedang membesarkan anaknya yang bernama Kirana. Di bagian awal buku ini, Anda akan memperoleh pengetahuan seputar masa kehamilan, melahirkan, sampai menyusui bayi. Berikutnya, akan tersaji cerita mengenai bagaimana cara berkomunikasi, kerja sama, dan juga saling memahami antara orang tua dan anak. Buku yang satu ini menjelaskan tentang bagaimana membuat aktivitas belajar dan bermain anak supaya tidak membosankan. Dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dan penuh warna, Anda pasti tidak akan mudah merasa bosan ketika membaca buku parenting yang satu ini.

11. Seni Bernegosiasi Dengan Anak

Menghadapi anak-anak memang ada strateginya sendiri dan gal itu harus dilakukan dengan cara yang tepat supaya terus menuai kebaikan. Pasti kita semua berharap agar anak-anak kita disiplin melakukan tugas sehari-harinya bukan? Atau hal apa saja yang kita inginkan demi kebaikan mereka. Tanpa ada adegan marah-marah, kita dapat menyentuhnya dengan ramah. Dengan begitu, anak-anak akan merasa lebih dihargai bahkan akan berujung pada aksi seperti mengikuti instruksi, melakukan kewajiban mereka, dan aksi lainnya.

Buku yang satu ini akan membantu para orang tua mengenai bagaimana cara menaklukkan anak supaya mereka mau diajak untuk berbicara, mendengarkan, mengikuti arahan kita, dan memahami setiap apa yang kita mau, tanpa perlu marah-marah. Berbagai macam tips di dalam buku ini akan sangat efektif untuk menghadapi anak-anak.

12. Minimalist Parenting

Banyaknya teori parenting yang diperoleh dari orang lain ataupun media sosial dan juga aktivitas anak yang harus diikuti terkadang membuat para orang tua pusing sendiri. Haruskah semuanya diikuti supaya kita bisa mendapatkan predikat orang tua yang bisa mengasuh anak dengan cara modern? Jangan sampai hal tersebut malah menjadi ajang untuk terlihat lebih sempurna, hingga kita lupa bahwa seharusnya anak dapat dinikmati dan dijalani dengan bahagia.

Buku yang satu ini merangkum gaya parenting dengan pendekatan minimalis. Mulai dari bagaimana cara membuat anak bermain dengan senang tanpa mainan yang berlimpah, bagaimana cara merubah persepsi kita mengenai pendidikan dan berbagai kursus yang membebankan, dan lain sebagainya. Dengan buku ini, kita dapat menikmati indahnya mengasuh anak tanpa adanya embel-embel berlebihan, namun hidup yang lebih sederhana demi anak serta keluarga yang lebih bahagia.

13. Play The Danish Way

Hanya dengan bermain, kita bisa loh membentuk anak menjadi lebih tangguh dan bahagia. Jangan pernah menganggap bahwa bermain adalah aktivitas membuang-buang waktu saja dibandingkan dengan belajar. Terlebih jika Anda masih suka mengatur anak dan mendikte anak saat bermain. Buku best seller dari Iebn Dissing Sandahl ini selalu memfasilitasi anak-anaknya dengan bermain bebas dan tidak terstruktur. Buku yang satu ini juga menunjukkan pada kita bahwa bermain bukanlah kegiatan malas-malasan atau tidak belajar. Justru dengan bermain, anak-anak akan belajar banyak hal yang bermanfaat untuk masa depannya. Dari bermain juga, anak akan berlatih untuk bernegosiasi, mengasah kreativitas, dan juga ketangguhannya.

14. Be A Dream Parent

Anak membawa kebahagiaan bagi orang tua. Menjadi orang tua idaman yang di idolakan anak bukanlah hal yang mudah. Akan tetapi meskipun tidak mudah kita tetap bisa mewujudkan hal tersebut. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menumbuhkan kesadaran kita sebagai orang tua, senantiasa belajar memahami dan mengasuh anak, karena orang tua sebagai guru pertama dan utama bagi anak.

Semoga lembaran-lembaran dari artikel dalam buku ini dapat bermanfaat bagi para orang tua, dan bermanfaat bagi siapapun yang ingin mengetahui bagaimana cara menjadi orang tua idaman yang diidolakan anak, orang tua yang bisa memahami kebutuhan anak, orang tua yang kompak dalam mengasuh anak sehingga dapat terlahir anak-anak hebat, anak-anak yang bisa menjadi generasi yang bermartabat, sehat jasmani dan sehat rohani. Mampu menjadi generasi yang bisa memberi manfaat, bagi diri sendiri, orang tua, agama, dan negara.

15. Parenting Santuy: Mengurus Anak Tanpa Ribet

Sebagai orang tua, kita selalu terobsesi untuk memberi lebih pada anak-anak kita; lebih banyak mainan, lebih banyak makanan, termasuk juga perlindungan yang lebih. Padahal, obsesi semacam itu justru menggiring kita untuk menjalani kesia-siaan yang merepotkan. Untuk apa banyak mainan kalau yang anak kita butuhkan adalah kehadiran orang-orang yang ia cintai?

Untuk apa perlindungan yang berlebihan kalau itu hanya akan membuat anak kita jadi manja? Intinya, jangan terlalu berlebihan. Seperti yang Denaye Barahona sampaikan dalam buku ini, kita bisa jadi orang tua santuy yang membahagiakan anak-anaknya dengan cara yang simpel dan tidak merepotkan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Lely Azizah