in

8 Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK Soshum dan Saintek

Rekomendasi Buku Latihan Soal UTBK Soshum dan Saintek – Bagi kalian para siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas atau sederajat yang telah lulus pada tahun 2022, atau termasuk ke dalam lulusan 2020 dan 2021, dan ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pastinya sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti UTBK-SBMPTN 2022. Diketahui bahwa pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2022 telah dibuka dari tanggal 23 Maret, dan masa pendaftaran akan berlangsung hingga 15 April 2022.

SBMPTN menjadi salah satu jalur seleksi nasional yang paling favorit dan paling banyak dipilih oleh para siswa untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN merupakan jalur seleksi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Nasional, yang diselenggarakan dengan ujian tertulis. Ujian tertulis yang dimaksud pada SBMPTN adalah Ujian Tertulis Berbasis Komputer atau UTBK.

Pengertian Ujian Tertulis Berbasis Komputer

Dari penjelasan di atas, Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dapat diartikan sebagai tes atau ujian seleksi yang bisa siswa pilih sebagai jalur untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. Sesuai dengan namanya, ujian tertulis yang dimaksud UTBK merupakan ujian tertulis yang akan menggunakan komputer, bukan ujian tertulis konvensional yang menggunakan lembar kertas jawaban dan pensil. Ujian Tertulis Berbasis Komputer dicetuskan pada tahun 2018, dan mulai diselenggarakan pada tahun 2019.

Sebagai sebuah gambaran, anda bisa membuat analogi UTBK sebagai TOEFL. Jika anda ingin mengikuti tes Bahasa Inggris TOEFL, anda harus menghubungi institusi resmi yang menyelenggarakan ujian TOEFL. Setelah selesai, hasil tes TOEFL tersebut dapat anda pakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan, misalnya untuk memenuhi syarat kelulusan perguruan tinggi atau untuk mengajukan beasiswa.

Begitu pula dengan Ujian Tertulis Berbasis Komputer. UTBK sejak pertama kali diresmikan pada tahun 2019, diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), yang akan mengurusi segala kegiatan, mulai dari mengelola pendaftaran, membuat jadwal ujian, menyusun metode penyelenggaraan, hingga mengumumkan hasil ujian. Nilai yang anda peroleh dari Ujian Tertulis Berbasis Komputer ini kemudian dapat anda gunakan untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri.

Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), dan Kelompok Ujian Campuran (Soshum dan Saintek). Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) akan menguji kemampuan anda dalam mata pelajaran Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi.

Sedangkan, Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) akan menguji kemampuan anda dalam mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi, dan Matematika. Dan Kelompok Ujian Campuran (Soshum dan Saintek) akan menguji seluruh mata pelajaran Soshum dan Saintek. Secara umum, terdapat 3 materi yang diujikan dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer, yaitu Tes Kompetensi Akademik (TKA), Tes Potensi Skolastik (TPS), dan Tes Kemampuan Bahasa Inggris.

Untuk memperjelas pemahaman anda mengenai materi yang akan diujikan dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK), di bawah ini akan dijelaskan ketiga jenis materi ujian dalam UTBK, yaitu:

1. Tes Kompetensi Akademik (TKA)

Tes Kompetensi Akademik (TKA) merupakan ujian atau tes yang akan mengukur pemahaman dan pengetahuan anda akan ilmu yang telah anda dapatkan di sekolah, yang akan anda perlukan untuk berhasil menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Tes Kompetensi Akademik (TKA) juga akan mengukur kemampuan kognitif anda, yang berkaitan langsung dengan materi mata pelajaran yang telah anda pelajari di sekolah. Tes Kompetensi Akademik (TKA) menekankan pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

2. Tes Potensi Skolastik (TPS)

Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan tes yang akan menguji sejumlah kemampuan kognitif, yang dianggap menjadi kemampuan yang penting dimiliki untuk dapat berhasil di sekolah formal, terutama di pendidikan perguruan tinggi. Tes Potensi Skolastik (TPS) akan menguji kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, dan kemampuan kuantitatif. Kemampuan kuantitatif mencakup pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.

3. Tes Kemampuan Bahasa Inggris

Tes Kemampuan Bahasa Inggris akan menguji kemampuan Bahasa Inggris anda, sesuai dengan standar yang diperlukan dalam mendukung proses pembelajaran di perguruan tinggi.

Setelah mengetahui berbagai materi yang akan diujikan dalam Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) dan kelompok ujian yang bisa dipilih dalam UTBK, anda perlu untuk mempersiapkan diri anda dalam menghadapi UTBK ini. Dalam rangka mempersiapkan diri, anda bisa mengikuti berbagai bimbingan belajar yang memang dikhususkan untuk mengikuti UTBK, atau bisa juga belajar secara mandiri melalui membaca buku.

Di bawah ini akan dipaparkan sejumlah buku yang dapat membantu anda belajar dalam rangka mempersiapkan diri secara mandiri untuk menghadapi UTBK, atau juga sebagai tambahan materi belajar dan latihan soal bagi anda yang juga mengikuti bimbingan belajar. Simak rekomendasinya sampai selesai, ya.

Rekomendasi Buku Latihan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

1. Grand Master UTBK SBMPTN Soshum 2022

Buku Grand Master UTBK SBMPTN Soshum 2022 merupakan buku yang disusun oleh Tim Kompas Ilmu, dan diterbitkan pada 19 Juni 2021. Buku Grand Master UTBK SBMPTN Soshum 2022 ini memiliki jumlah 800 halaman, yang menyediakan materi paling lengkap, paket soal beserta pembahasannya yang lengkap, dan dilengkapi dengan petunjuk level soal.

Buku Grand Master UTBK SBMPTN Soshum 2022 disusun berdasarkan pemetaan dari soal asli UTBK SBMPTN selam 5 tahun terakhir dan juga berdasarkan Field Report (FR). Buku Grand Master UTBK SBMPTN Soshum 2022 ini juga tentunya menyediakan materi untuk persiapan Tes Potensi Skolastik (TPS) , Tes Kompetensi Akademik (TKA). Buku ini juga dilengkapi dengan sejumlah prediksi soal yang akan keluar dalam UTBK Soshum 2022, dan barcode yang akan mengarahkan pada website yang berisi simulasi UTBK Soshum.

2. Bank Soal Soshum UTBK SBMPTN 2022

Buku Bank Soal Soshum UTBK SBMPTN 2022 disusun oleh Tim Master Eduka, yang diterbitkan pada 22 Mei 2021, dan memiliki jumlah 512 halaman. Buku Bank Soal Soshum UTBK SBMPTN 2022 ini merupakan smart book edisi lengkap yang memiliki 5 paket bank soal UTBK SBMPTN yang disertai pembahasan lengkap, 5 paket prediksi soal UTBK SBMPTN yang disertai pembahasan lengkap, dan 2 paket simulasi aplikasi UTBK SBMPTN.

Buku Bank Soal Soshum UTBK SBMPTN 2022 ini juga dilengkapi dengan e-book yang berisi ringkasan materi lengkap, e-book yang berisi informasi beasiswa, interpretasi nilai UTBK SBMPTN, simulasi dan aplikasi pendukung belajar yang lengkap, dan fitur lembar jawaban digital. Buku ini juga menyertakan bonus bagi para pembacanya untuk melakukan try out online secara gratis di website yang telah disediakan.

3. Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Soshum 2022

Buku Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Soshum 2022 disusun oleh Forum Mentor Jenius, yang diterbitkan pada 18 Oktober 2021. Buku ini memiliki jumlah 780 halaman, dan dilengkapi dengan CD. Anda dapat memperoleh banyak materi dalam buku Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Soshum 2022 ini.

Beberapa di antaranya, yaitu 34 paket super lengkap UTBK SBMPTN yang berisi 18 prediksi dan pembahasan UTBK SBMPTN Soshum, 3 try out dan pembahasan UTBK SBMPTN Soshum, 1 paket soal asli dan pembahasan UTBK SBMPTN Soshum, 12 paket e-book soal asli UTBK SBMPTN Soshum dan UM Mandiri. Buku ini juga menyediakan 2 try out online nomor 1 nasional, yakni Bintang Try Out UTBK SBMPTN, dan Try Out Geladi UTBK SBMPTN.

Buku ini juga menyajikan 5 aplikasi android untuk mendukung UTBK SBMPTN Soshum, seperti aplikasi UTBK SBMPTN, aplikasi TOEFL, aplikasi TPS UTBK, aplikasi TPA, dan aplikasi Psikotes. Bonus lain yang bisa anda dapatkan dari membeli buku ini, yaitu CD gratis yang berisi tentang simulasi UTBK, daftar passing grade, paket soal asli dan pembahasannya, dan e-book soal asli.

4. The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Soshum 2022

Buku The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Soshum 2022 disusun oleh Tim Widya Gamma dan Tim Quantum, dan diterbitkan pada 9 Agustus 2021. Buku The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Soshum 2022 memiliki jumlah 560 halaman, yang berisi tentang materi tes UTBK TPS-TKA SBMPTN 2022.

Buku The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Soshum 2022 memiliki materi yang super lengkap, dengan menyediakan ringkasan materi, 3 paket soal dan pembahasan Tes Potensi Skolastik (TPS), 1 paket soal try out Tes Potensi Skolastik (TPS) 2022, 5 paket soal dan pembahasan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum, 1 paket soal try out Tes Kompetensi Akademik (TKA) Soshum 2022, 2 paket soal CBT simulasi UTBK SBMPTN, dan kiat sukses menembus SBMPTN.

Buku ini juga menyediakan bonus try out online untuk Tes Potensi Skolastik (TPS) dan TOEFL. Bonus lain yang bisa anda dapatkan dari buku ini juga berupa QR Code yang mengarahkan pada aplikasi untuk latihan soal SBMPTN, aplikasi latihan soal US atau USP, dan video tips dan trik dari Yrama Widya. Buku ini juga dilengkapi dengan lembar jawaban digital.

Rekomendasi Buku Latihan Ujian Tertulis Berbasis Komputer Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)

1. Grand Master UTBK SBMPTN Saintek 2022

Buku Grand Master UTBK SBMPTN Soshum 2022 merupakan buku yang disusun oleh Tim Kompas Ilmu, dan diterbitkan pada 16 Juni 2021. Buku Grand Master UTBK SBMPTN Saintek 2022 ini memiliki jumlah 832 halaman, yang menyediakan materi paling lengkap, paket soal beserta pembahasannya yang lengkap, dan dilengkapi dengan petunjuk level soal.

Buku Grand Master UTBK SBMPTN Saintek 2022 disusun berdasarkan pemetaan dari soal asli UTBK SBMPTN selam 5 tahun terakhir dan juga berdasarkan Field Report (FR). Buku Grand Master UTBK SBMPTN Saintek 2022 ini juga tentunya menyediakan materi untuk persiapan Tes Potensi Skolastik (TPS) , Tes Kompetensi Akademik (TKA). Buku ini juga dilengkapi dengan sejumlah prediksi soal yang akan keluar dalam UTBK Saintek 2022, dan barcode yang akan mengarahkan pada website yang berisi simulasi UTBK Saintek.

2. Bank Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022

Buku Bank Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 disusun oleh Tim Master Eduka, yang diterbitkan pada 22 Mei 2021, dan memiliki jumlah 496 halaman. Buku Bank Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 ini merupakan smart book edisi lengkap yang memiliki 5 paket bank soal UTBK SBMPTN yang disertai pembahasan lengkap, 5 paket prediksi soal UTBK SBMPTN yang disertai pembahasan lengkap, dan 2 paket simulasi aplikasi UTBK SBMPTN.

Buku Bank Soal Saintek UTBK SBMPTN 2022 ini juga dilengkapi dengan e-book yang berisi ringkasan materi lengkap, e-book yang berisi informasi beasiswa, interpretasi nilai UTBK SBMPTN, simulasi dan aplikasi pendukung belajar yang lengkap, dan fitur lembar jawaban digital. Buku ini juga menyertakan bonus bagi para pembacanya untuk melakukan try out online secara gratis di website yang telah disediakan.

3. Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Saintek 2022

Buku Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Saintek 2022 disusun oleh Forum Mentor Jenius, yang diterbitkan pada 6 September 2021. Buku ini memiliki jumlah 780 halaman, dan dilengkapi dengan CD. Anda dapat memperoleh banyak materi dalam buku Top Spoiler Bocoran Soal Asli UTBK SBMPTN Saintek 2022 ini.

Beberapa di antaranya, yaitu 34 paket super lengkap UTBK SBMPTN yang berisi 18 prediksi dan pembahasan UTBK SBMPTN Saintek, 3 try out dan pembahasan UTBK SBMPTN Soshum, 1 paket soal asli dan pembahasan UTBK SBMPTN Saintek , 12 paket e-book soal asli UTBK SBMPTN Saintek dan UM Mandiri. Buku ini juga menyediakan 2 try out online nomor 1 nasional, yakni Bintang Try Out UTBK SBMPTN, dan Try Out Geladi UTBK SBMPTN.

Buku ini juga menyajikan 5 aplikasi android untuk mendukung UTBK SBMPTN Saintek, seperti aplikasi UTBK SBMPTN, aplikasi TOEFL, aplikasi TPS UTBK, aplikasi TPA, dan aplikasi Psikotes. Bonus lain yang bisa anda dapatkan dari membeli buku ini, yaitu CD gratis yang berisi tentang simulasi UTBK, daftar passing grade, paket soal asli dan pembahasannya, dan e-book soal asli.

4. The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Saintek 2022

Buku The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Saintek 2022 disusun oleh Tim Widya Gamma dan Tim Quantum, dan diterbitkan pada 9 Agustus 2021. Buku The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Saintek 2022 memiliki jumlah 536 halaman, yang berisi tentang materi tes UTBK TPS-TKA SBMPTN 2022.

Buku The Master Key UTBK SBMPTN TPS-TKA Saintek 2022 memiliki materi yang super lengkap, dengan menyediakan ringkasan materi, 3 paket soal dan pembahasan Tes Potensi Skolastik (TPS), 1 paket soal try out Tes Potensi Skolastik (TPS) 2022, 5 paket soal dan pembahasan Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek, 1 paket soal try out Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek 2022, 2 paket soal CBT simulasi UTBK SBMPTN, dan kiat sukses menembus SBMPTN.

Buku ini juga menyediakan bonus try out online untuk Tes Potensi Skolastik (TPS) dan TOEFL. Bonus lain yang bisa anda dapatkan dari buku ini juga berupa QR Code yang mengarahkan pada aplikasi untuk latihan soal SBMPTN, aplikasi latihan soal US atau USP, dan video tips dan trik dari Yrama Widya. Buku ini juga dilengkapi dengan lembar jawaban digital.

Nah, itu dia Grameds rekomendasi buku yang bisa kalian baca dan pelajari dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SBMPTN 2022. Semoga rekomendasi di atas dapat menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencari buku yang memuat materi pembelajaran untuk UTBK. Jangan lupa untuk dapatkan buku-buku tersebut di www.gramedia.com. Selamat belajar dan semoga beruntung!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Gabriel