in

15 Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat mandi air hangat ternyata tidak sedikit. Banyak orang yang belum mengetahui apa saja manfaat mandi air hangat. Hal tersebut karena umumnya seseorang mandi dengan air hangat karena cuaca yang sedang dingin.

Mandi air hangat tidak hanya diperuntukkan untuk anak-anak. Orang dewasa juga dapat mandi dengan air hangat. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat dilakukan kapan saja. Mulai dari pagi hari, sore hari bahkan malam hari.

Suhu maksimal untuk mandi air hangat sebaiknya 40 derajat Celcius. Jika melebihi itu, kulit akan terasa kering bahkan dapat menimbulkan luka bakar. Artikel ini akan membahas mengenai 15 manfaat mandi air hangat.

Manfaat Mandi Air Hangat

manfaat mandi air hangat untuk kesehatan1. Meredakan sakit kepala

Sakit kepala dapat diredakan dengan air hangat. Ini adalah salah satu manfaat mandi air hangat. Umumnya, sakit kepala terjadi karena adanya penyempitan di pembuluh darah kepala.

Melalui mandi air hangat, pembuluh darah tersebut akan terasa rileks. Setelah itu, tekanan yang ada di dalam pembuluh darah lama kelamaan juga akan mereda. Inilah yang membuat rasa sakit kepala hilang.

Ketika kamu sedang merasa sakit kepala, cobalah untuk mandi menggunakan air hangat. Akan tetapi, jangan terlalu lama melakukannya. Cukup mandi dalam waktu yang cukup saja.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat  air hangat juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Terlebih jika kamu menggunakan air hangat setelah begadang. Setelah begadang, tentu tubuh menjadi lelah.

Saat kamu mandi air hangat setelah begadang, maka akan membuat kamu menjadi lebih mengantuk. Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh Sleep Medicine Reviews. Studi tersebut membicarakan tentang mandi air hangat

Studi tersebut menemukan bahwa mandi menggunakan air hangat 90 menit sebelum tidur adalah hal yang bagus. Hal itu akan membuat kamu tertidur dengan cepat. Hal lain juga diungkapkan melalui sebuah riset.

Riset tersebut membuktikan bahwa manfaat mandi air hangat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Hal ini karena temperatur inti di dalam tubuh akan meningkat. Ini terjadi saat tubuh kamu sedang terendam atau terkena air hangat tersebut.

Untuk kamu yang sering mengalami insomnia juga dapat menerapkan hal ini. Saat mandi menggunakan air hangat, temperature di dalam tubuh akan memberikan sebuah sinyal. Sinyal tersebut berisi informasi bahwa kamu sudah siap untuk tidur.

Inilah yang akan membantu orang yang insomnia untuk lebih cepat merasa ngantuk. Maka akan lebih cepat pula dalam tertidur. Akibatnya, kualitas tidur juga akan terjaga.

Waspada Susah Tidur : Seluk Beluk Gangguan Tidur Di Segala Usia
Waspada Susah Tidur : Seluk Beluk Gangguan Tidur Di Segala Usia

tombol beli buku

Adanya gangguan ketika tidur, membuat tidur tidak nyaman. Berkali-kali terbangun atau bahkan tidak bisa memejamkan mata sama sekali. Padahal Tidur adalah kebutuhan utama seorang manusia untuk mengistirahatkan fisik dan pikiran. Buku ini akan menjelaskan secara detail mengenai sebab-sebab mengapa Anda sulit tidur dengan nyaman.Tak hanya itu, buku ini juga menawarkan solusi bagaimana agar Anda bisa tidur dengan tenang tanpa terganggu. Dengan membaca buku ini, Anda akan kembali merasakan nikmatnya tidur. Anda akan bangun dari tidur lelap Anda dengan perasaan yang lega. Tubuh akan merasakan bugar, pikiran pun segar.

3. Membantu mengatasi iritasi kulit

Iritasi kulit dapat terjadi karena beberapa hal. Seperti alergi pada sesuatu, terbakar sinar matahari, menggunakan produk tertentu, menggunakan bahan pakaian yang kurang nyaman dan lain sebagainya. Jika tidak diatasi, iritasi kulit akan terasa mengganggu.

Contohnya seperti timbulnya rasa gatal-gatal dan nyeri pada kulit yang sedang iritasi tersebut. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan air hangat. Manfaat mandi air hangat akan membantu mengatasi iritasi kulit.

Campurkanlah air hangat dengan bubuk oatmeal. Gunakan oatmeal khusus untuk kulit. Ini akan membuat kulit menjadi lembab dan dapat mengurangi iritasi kulit.  Manfaat mandi air hangat juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada area kulit.

4. Memiliki dampak terapeutik

Terapeutik adalah sesuatu yang berkaitan dengan terapi. Ini adalah salah satu manfaat mandi dengan air hangat. Air hangat yang digunakan untuk mandi dapat menjadi sarana terapi untuk tubuh.

Seorang dermatologis asal New York, Amerika Serikat, dr. Bobby Buka mengungkapkan manfaat mandi air hangat. Menurutnya, kamu dapat merasakan banyak manfaat mandi air hangat. Manfaat tersebut juga baik untuk kesehatan.

Hal itu karena kulit dapat membuat hormone endorphin. Hormone ini terjadi saat dibasahi oleh air hangat. Ini bisa kamu dapatkan ketika kamu sedang mandi air hangat.

Oleh karena itu, mandi dengan air hangat sangat bagus. Air hangat akan memberikan efek terapeutik. Selain itu, air hangat juga akan menyegarkan.

Air hangat akan membuat suhu tubuh meningkat. ini akan membuat sel neuron menjadi lebih peka. Kemudian denyut jantung juga akan meningkat.

Pasalnya, air hangat akan membuat aliran darah ke kulit meningkat. Untuk mendapatkan sensasi seperti ini, kamu juga dapat menambahkan hal lain. Cobalah untuk mandi air hangat yang ditambahkan sedikit garam.

5. Meningkatkan sistem pernapasan

Manfaat mandi air hangat juga dapat meningkatkan sistem pernapasan. Hal itu karena temperatur dari air hangat tersebut. Temperature air yang berasal dari air hangat dan tekanan pada dada ini akan menimbulkan reaksi.

Hal itu akan membantu meningkatkan kapasitas dari paru-paru. Selain itu, asupan oksigen juga akan meningkat. Ini sama seperti efek bersauna.

Menurut beberapa studi yang sedang berkembang, air hangat memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Manfaat air hangat dapat membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung. Tidak hanya itu, air hangat akan meningkatkan control pada gula darah dan membantu menurunkan tekanan darah seseorang.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat mandi air hangat untuk tubuh6. Membakar kalori

Ada sebuah penelitian yang membahas mengenai manfaat mandi air hangat. Di dalam penelitian tersebut, manfaat mandi air hangat ternyata dapat membakar kalori. Para peneliti tersebut meneliti 10 orang laki-laki.

10 orang tersebut diminta untuk mandi dengan air hangat. Selain itu, mereka juga diminta untuk berendam. Setelah itu, para peneliti melihat perubahan yang terjadi pada 10 pria tersebut.

Para peneliti mendapati bahwa mereka mengalami pembakaran kalori. Kalori yang dibakar dalam satu jam sekitar 126 kalori. Jumlah ini umumnya dapat dicapai ketika seseorang berjalan kaki selama 25 menit sampai 30 menit.

Di dalam penelitian yang sama, terdapat sebuah kesimpulan. Kesimpulan tersebut menyebutkan mengenai manfaat mandi air hangat. Ternyata mandi dengan air hangat dapat menghindari lonjakan gula darah setelah selesai makan.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Ada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2018. Studi tersebut membuktikan manfaat mandi air hangat. Mandi dengan air hangat ternyata terbukti dapat menstimulasi brain-derived neurotrophic factor atau BDNF.

Brain-derived neurotrophic factor adalah protein yang memiliki banyak fungsi. Fungsi-fungsi tersebut terhubung pada otak. Contohnya seperti meningkatkan kualitas kelangsungan hidup sel saraf.

Mempercepat pertumbuhan, kematangan serta pemeliharaan sel saraf. Meningkatkan kemampuan otak ketika mempelajari sesuatu. Serta meningkatkan kemampuan otak ketika mengingat sesuatu.

Studi ini dilakukan dengan melibatkan 8 orang laki-laki. 8 orang tersebut dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama, melakukan mandi dengan air hangat.

Kelompok kedua, mereka harus mandi dengan air panas selama 20 menit. Hasil dari kelompok yang mandi dengan air panas kadar BDNF nya ternyata lebih tinggi. Kemudian peneliti menyimpulkan bahwa hipertermia yang terjadi akibat mandi air panas dapat menambah produksi dari BDNF.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Ini adalah manfaat yang sangat baik. Mandi menggunakan air hangat dapat dilakukan pada pagi hari untuk manfaat ini.

Sebuah laporan yang dibuat pada tahun 2014 menunjukan mengenai manfaat mandi air hangat. Laporan tersebut menunjukan bahwa air yang hangat dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ini terjadi pada seseorang yang menderita gagal jantung.

Pasalnya, pembuluh darah akan melebar. Ini terjadi ketika terekspos dengan temperatur yang tinggi. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 juga membuktikan manfaat mandi air hangat.

Menurut studi tersebut, air hangat terbukti dapat meredakan kekakuan pembuluh darah. Di dalam studi tersebut juga memperlihatkan mengenai partisipan yang kakinya dimasukkan ke dalam air hangat. Hasilnya adalah dapat meredakan pembuluh darah yang sedang kaku.

9. Melegakan hidung yang tersumbat

Grameds, ketika kamu sedang flu cobalah untuk mandi air hangat. Manfaat mandi air hangat ternyata dapat melegakan hidung yang sedang tersumbat. Selain itu, mandi dengan air hangat ketika flu akan melembabkan lubang hidung.

Hal tersebut akan membantu melegakan hidung yang tersumbat. Ini terjadi karena uap hangat dari air hangat. Lendir-lendir yang ada pada saluran pernapasan akan mudah keluar. Maka hidung yang tersumbat dapat teratasi.

Serangan Serangga Flu
Serangan Serangga Flu

tombol beli buku

Manfaat Mandi Air Hangat

Manfaat mandi air hangat10. Meredakan rasa sakit di tubuh

Manfaat selanjutnya adalah dapat meredakan rasa sakit di tubuh. Mandi sambil berendam akan membuat rasa sakit di tubuh mereda. Ada sebuah penelitian yang membahas mengenai penyakit Ehlers-Danlos.

Penyakit tersebut adalah penyakit yang membuat seseorang terasa ringkih. Penelitian tersebut kemudian membuktikan manfaat mandi air hangat. Mandi menggunakan air hangat dapat bereaksi pada otot orang yang menderita penyakit Ehlers-Danlos.

Otot-otot pada tubuh mereka menjadi lebih rileks. Itu membuat rasa sakit di tubuh dapat mereda. Manfaat ini bisa dirasakan oleh setiap orang secara umum.

11. Mengatasi sembelit

Sembelit atau konstipasi adalah sebuah kondisi saat pergerakan usus terjadi dengan tidak baik. Umumnya, ketika sembelit pergerakan usus tidak teratur. Inilah yang membuat sulit untuk buang air besar.

Sembelit ini dapat terjadi pada waktu yang cukup lama. Tidak hanya mengganggu aktivitas. Sembelit yang terjadi pada jangka waktu lama akan membuat kesehatan terganggu.

Salah satu cara mengatasi sembelit adalah mandi dengan menggunakan air hangat. Akan tetapi, kamu harus menambahkan bahan lain. Bahan tersebut adalah garam Epsom.

Cobalah untuk mandi dengan air hangat yang dicampur dengan garam Epsom. Hal ini dipercaya dapat mengatasi sembelit. Inilah yang membuat manfaat mandi dengan air hangat dapat membantu mengatasi sembelit.

12. Meredakan nyeri akibat prostatitis

Prostatitis adalah sebuah peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat. Peradangan ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau akut. Selain itu, prostatitis juga dapat berkembang secara bertahap.

Perkembangan prostatitis ini terjadi secara bertahap dan dalam waktu yang lama atau kronis. Peradangan ini ditandai dengan adanya rasa nyeri dan kesulitan saat buang air kecil.

Kelenjar prostat adalah organ yang terdapat pada sistem reproduksi laki-laki. Kelenjar ini berperan dalam proses memproduksi sperma. Ketika kelenjar prostat meradang dan bengkak, maka akan menimbulkan rasa nyeri.

Rasa nyeri tersebut umumnya dirasakan pada bagian panggul. Selain itu, ketika ejakulasi dan buang air kecil juga akan terasa nyeri. Kondisi prostatitis ini membutuhkan penanganan dari dokter.

Akan tetapi, untuk meredakan nyeri nya dapat dibantu oleh air hangat. Manfaat mandi air hangat dapat meredakan rasa nyeri karena prostatitis. Maka rasa sakit atau nyeri akan berkurang.

13. Mengatasi rasa gatal setelah prosedur episiotomi

Manfaat mandi menggunakan air hangat juga dapat mengatasi rasa gatal setelah melakukan prosedur episiotomi. Sebagian proses persalinan memerlukan episiotomi setelahnya. Ini adalah sebuah sayatan pada bagian perineum.

Bagian tersebut untuk memperlebar jalan bayi ketika keluar. Perineum merupakan daerah di antara bibir kelamin bagian luar dengan lubang di anus. Supaya bagian tersebut tidak mengalami infeksi, luka jahitan pada perineum ini harus selalu dijaga.

Terutama masalah kebersihannya. Perawatan setelah luka episiotomi dimulai sesaat sesudah melahirkan selesai. Untuk memulai perawatannya, bisa menggunakan air hangat.

Mandilah dengan air hangat. Selain itu, kamu juga bisa merendam bokong dengan air hangat, khususnya pada bagian perineum tersebut. Hal ini akan sangat bermanfaat.

Rasa gatal yang dirasakan akan hilang. Selain itu, rasa nyeri juga akan mereda. Manfaat mandi air hangat sangat baik untuk pada sekitar perineum.

14. Meredakan gejala wasir

Wasir atau hemoroid adalah pembesaran atau pembengkakan pada pembuluh darah. Wasir terjadi pada usus besar di bagian akhir atau rektum. Selain itu, wasir juga dapat terjadi pada bagian dubur atau anus.

Wasir adalah penyakit yang dapat menyerang semua usia. Akan tetapi, umumnya wasir akan lebih sering memicu keluhan pada orang yang lebih dari 50 tahun.

Wasir memang tidak selalu menimbulkan sebuah keluhan. Namun, bila keluhan muncul maka penderitanya akan merasa tidak nyaman. Bisa merasakan gatal pada bagian anus. Lebih lanjut, akan muncul pendarahan yang terjadi melalui anus.

Manfaat mandi air hangat ternyata dapat membantu meredakan wasir. Seseorang yang terkena wasir dapat berendam pada air hangat. Ini akan membantu meredakan rasa tidak nyaman dan gatal-gatal yang dirasakan.

15. Menurunkan berat badan

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan hasil sebuah penelitian, berendam di dalam air hangat dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta glukosa secara efektif. Manfaat ini bisa didapatkan ketika dilakukan secara teratur.

Itulah yang membuat manfaat mandi air hangat dapat membantu menurunkan berat badan. Cobalah untuk mandi dengan air hangat selama 20 sampai 30 menit. Ini dapat dilakukan selama 6 kali dalam seminggu. Akan tetapi, ini juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Itulah 15 ulasan mengenai manfaat mandi air hangat. Setelah mandi menggunakan air hangat, sebaiknya kamu menggunakan pelembab. Gunakanlah pelembab yang tidak mengandung bahan iritatif. Hal ini akan berguna untuk tetap menjaga kelembaban kulit kamu.

Gaya Hidup Enak Menurunkan Berat Badan Langsung Langsing
Gaya Hidup Enak Menurunkan Berat Badan Langsung Langsing

tombol beli buku

Buku ini membahas secara rinci apa dan bagaimana obesitas itu. Anda bisa menikmati makan enak dan tetap kenyang, tetapi tidak sampai menjadi gemuk, bahkan bisa menurunkan berat badan. Setelah membaca buku ini, Anda bisa hidup sehat, tidak gemuk lagi, dan terhindar dari banyak penyakit. Anda dapat mencegah, memerangi, dan mengalahkan obesitas Anda.

Temukan hal menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih