in

Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu

Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun yang Perlu Kamu Tahu – Menulis dan membaca akan selalu menjadi satu kesatuan, kedua hal itu tak akan bisa dilepaskan. Hal ini dikarenakan ketika menulis sesuatu hal tanpa membaca pengetahuan dan wawasan terlebih dahulu, maka hasil tulisan seperti kehilangan pesan yang ingin disampaikan. Begitu juga dengan membaca saja, makna atau pesan yang diperoleh tidak bisa disebarluaskan melalui tulisan. Oleh karena itu, bisa dibilang kalau hasil tulisan bagus, maka seorang penulis itu sudah banyak pengetahuan dan wawasan yang dibaca, begitu juga sebaliknya.

Pengetahuan dan wawasan ini bisa didapatkan dari mana saja, semua tergantung bahan bacaan itu sendiri. Dengan kata lain, sumber bacaan yang dibaca oleh seseorang akan menentukan hasil tulisan dari seseorang tersebut. Adapun beberapa sumber bacaan yang dimaksud, seperti buku, jurnal penelitian, artikel ilmiah, artikel online, hingga koran. Mengapa koran bisa dijadikan sebagai sumber bacaan yang cukup baik?

Koran bisa menjadi salah satu sumber bacaan yang baik karena di dalam koran terdapat banyak sekali informasi dan berita-berita yang terjadi hari ini. Tidak hanya itu, di dalam koran, kita juga bisa melihat tulisan “opini”, sehingga kita mengetahui cara menyampaikan pendapat melalui tulisan yang bisa dimuat di koran.

Sudah banyak orang yang menulis “opini” untuk dimasukkan atau dimuat ke koran. Bahkan, saat ini, sudah banyak artikel yang sudah masuk ke dalam koran dan sudah dibaca oleh banyak orang. Suatu tulisan yang sudah dimuat koran biasanya akan membuat seseorang tersebut merasa bangga karena karya tulisnya sudah bisa dibaca oleh banyak orang. Selain itu, tulisan yang sudah dimuat di koran bisa memberikan penghasilan kepada penulisnya. Singkatnya, penulis akan memperoleh honorarium atas tulisannya yang sudah dimuat di sebuah koran yang sudah ditentukan.

Adanya honorarium ketika tulisan artikel dimuat di dalam koran bisa dijadikan sebagai uang saku tambahan, tetapi sebagian orang menjadikan kegiatan menulis artikel untuk dimuat di koran menjadi sebuah profesi utama. Baik itu dijadikan sebagai penghasilan utama atau penghasilan tambahan, menulis artikel agar bisa dimuat di koran merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan rasa bangga dan rasa percaya diri seseorang, sehingga ia percaya bahwa di dalam dirinya memiliki bakat untuk menulis. Jadi, kamu berkeinginan untuk menulis artikel di koran?

Meskipun seseorang sudah memiliki kemampuan untuk menulis artikel dengan baik, tetapi tidak semua artikel yang ditulisnya bisa dimuat di koran. Hal ini dikarenakan banyak sekali penulis artikel yang sudah mengirim hasil tulisannya ke suatu koran. Semakin banyak yang mengirim artikel, maka peluang agar artikel dapat dimuat di koran menjadi lebih tipis. Selain itu, untuk mengirim artikel ke suatu koran memiliki cara-cara khusus, sehingga seseorang harus bisa mempelajarinya agar tulisan artikel dapat terkirim dengan baik dan bisa dimuat di dalam koran.

Dari sekian banyak koang yang menyediakan wadah untuk menulis artikel, salah satunya adalah koran Tribun. Koran yang satu ini sudah banyak ditemukan dibanyak wilayah, sehingga peluang artikel yang ditulis agar dapat dimuat di dalam koran Tribun semakin besar. Tidak hanya itu, koran Tribun juga ada di daerah-daerah dan biasanya akan diberi tambahan nama di baju daerah tersebut, seperti koran Tribun Jakarta, Tribun  Jawa Tengah, Tribun Manado, Tribun Maluku, dan masih banyak lagi. Lalu, bagaimana cara mengirim artikel di koran Tribun.

 

Baca Koran di Gramedi Digital

 

Cara Mengirim Artikel Ke Koran Tribun

Sudah banyak orang yang sangat mengharapkan karya tulis berupa artikelnya dapat dimuat di koran, sehingga hal seperti ini bisa dibilang sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Setiap orang yang ingin mengirim artikel yang telah ditulisnya pasti akan mencari tahu informasi bagaimana mengirim artikel tersebut karena hampir sebagian besar koran yang ada memiliki prosedur pengiriman artikel yang berbeda.

Artikel yang kamu miliki bisa dikirim ke berbagai macam koran, salah satu media koran yang direkomendasikan untuk mengirim artikel adalah Tribun News. Nah, apabila kamu belum mengetahui cara untuk mengirim artikel di Tribun News, maka bisa melihat langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Masuk Situs Tribun News

Perkembangan internet ini membuat segala sesuatu dapat dikerjakan dengan mudah, begitu juga dengan mengirim artikel. Benar sekali, dewasa ini, ketika ingin mengirim artikel sudah sangat mudah karena hanya menggunakan internet, artikel yang kamu tulis sudah bisa dikirimkan surat kabar atau koran. Begitu juga, pada saat ingin mengirim artikel ke surat kabar Tribun News, kamu hanya melalui internet saja.

Ketika kamu ingin memasukan karya tulis artikel ke koran Tribun News, maka kamu perlu masuk ke situs Tribun News, yaitu https://www.tribunnews.com. Website atau situs tersebut merupakan situs resmi dari Tribun News, yang di mana didalamnya terdapat berbagai macam kategori berita dan artikel, sehingga kamu mudah untuk menentukan jenis atau kategori artikel yang akan kamu tulis. Untuk masuk ke situs https://www.tribunnews.com, bisa melalui berbagai macam mesin pencari.

2. Daftar Atau Register

Setelah sudah masuk ke laman atau situs dari Tribun News, kamu melakukan pendaftaran agar memiliki akun Tribun News. Akun ini sangat penting dan sangat diperlukan guna kepentingan data diri, sehingga pihak Tribun News, sehingga pihak Tribun News mudah untuk menghubungi. Menu daftar atau register ini terletak pada kiri atas atau tepat di bawah menu kanal rubrik. Untuk melakukan pendaftaran, kamu hanya mengklik menu tersebut.

Ketika mendaftar, kamu perlu mengisi beberapa data diri secara lengkap dan benar, seperti nama lengkap, jenis kelamin, tanggal lahir, dan nomor handphone. Data diri yang diisi dengan benar membuat rasa percaya pihak Tribun News semakin bertambah. Rasa percaya yang semakin bertambah itu menandakan bahwa pihak Tribun News beranggapan kalau kamu benar-benar memiliki sifat yang jujur.

3. Masuk Atau Login

Fungsi dari mendaftar akun di https://www.tribunnews.com adalah agar bisa masuk atau login ke situs tersebut dan sudah menjadi bagian dari Tribun News. Akun yang sudah diverifikasi ini membuktikan bahwa kamu sudah bisa mengakses dan menjadi langkah awal untuk mengirim artikel. Ketika masuk atau login di situs Tribun News, kamu harus mengetahui nama user dan password. Apabila kamu lupa nama user dan password, maka tidak akan bisa masuk ke dalam akun yang telah dibuat.

Oleh sebab itu, ketika melakukan pendaftaran akun, kamu harus mengingat-ingat nama user dan password yang telah dibuat.Salah satu cara agar kamu tidak lupa akan nama user dan password adalah dengan cara mencatatnya, baik itu dicatat di handphone atau di buku catatan yang kamu miliki.

4. Facebook Connect

Uniknya dari Tribun News adalah ketika ingin masuk atau login bukan hanya dari akun yang dibuat di situs Tribun News saja, tetapi bisa juga melakukan login dengan menghubungkan akun facebook yang kamu miliki. Apabila kamu ingin login menggunakan facebook, maka bisa memakai menu atau fitur yang ada, yaitu facebook connect. Dengan kata lain, fitur ini bisa memudahkan kamu untuk membuat akun sekaligus login karena kamu tidak perlu mengisi email dan password lagi.

Tidak hanya itu, fitur facebook connect ini juga bisa memudahkan kamu untuk membagikan tulisan yang sudah kamu kirim ke Tribun News kepada teman-teman yang kamu miliki di media sosial facebook. Semakin sering tulisan artikel yang kamu buat di Tribun News dibagikan kepada seluruh teman facebook, maka artikel tersebut akan cepat dilihat oleh banyak orang.

5. Kirim Artikel

Setelah semua langkah, mulai dari masuk ke situs https://www.tribunnews.com, kemudian membuat akun, masuk atau login dengan akun yang telah dibuat, hingga masuk ke situs tersebut menggunakan facebook, maka kamu sudah bisa mengirim artikel. Tulisan yang bisa kamu kirim bukan hanya artikel saja, tetapi bisa juga mengirim citizen reporter atau laporan terhadap peristiwa yang sedang terjadi.

Ketika kamu ingin mengirim sebuah artikel yang sudah ditulis dengan yakin, maka bisa dengan cara mengklik menu yang ada pada bagian kiri atas atau ada di bawah kanal rubrik dan menu itu bertuliskan KIRIM TULISAN. Setelah mengklik menu tersebut, akan terlihat boks “Tulis Artikel” yang didalamnya terdiri dari, judul, sub-judul, intro, isi, tulisan, tag, kutipan, upload image, sumber foto, dan keterangan foto. Setelah menulis artikel, kamu bisa mengklik tombol “Simpan” agar kamu bisa mengirim artikel tersebut.

6. Editing dan Publikasi

Setelah artikel yang sudah ditulis dan dikirim ke pihak Tribun News, maka kamu harus bersabar karena artikel tersebut akan melalui tahapan editing atau penyuntingan. Setelah lulus tahapan editing, maka artikel yang sudah dikirim tersebut bisa dipublikasikan. Dalam proses editing dan publikasi ini dilakukan oleh pihak media Tribun News langsung, sehingga penulis tidak bisa mengganggu gugat.

Hal yang perlu digarisbawahi agar artikel yang sudah kamu tulis bisa lulus editing dan bisa dipublikasi, maka pastikan artikel yang ditulis tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan semua hal yang tidak pantas atau hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku. Selain itu, tulisan yang sudah dipublikasi pada media Tribun News menjadi tanggung jawab dari penulis itu sendiri. Pihak tribunnews.com tidak bertanggung jawab atas persoalan hukum yang muncul dari artikel atau tulisan yang sudah dipublikasikan.

Keuntungan Mengirim Artikel Ke Koran Tribun

Di zaman demokrasi ini pasti seseorang ingin menyampaikan pendapatnya terhadap suatu fenomena terhadap orang lain. Selain itu, ada juga seseorang yang memang benar-benar ingin menyampaikan informasi yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Salah satu media yang dapat digunakan untuk menyampaikan pendapat atau memberikan informasi bermanfaat adalah koran.

Oleh karena itu, koran atau surat kabar merupakan salah satu media yang sangat penting bagi seseorang yang ingin mengirimkan artikel yang telah ditulisnya. Supaya kamu lebih yakin untuk mengirim artikel ke koran atau surat kabar, maka di bawah ini akan dijelaskan beberapa keuntungan dari mengirim artikel yang dimuat di koran.

1. Tulisan Bisa Diketahui Banyak Orang

Ketika menulis artikel kemudian dikirim ke surat kabar atau koran merupakan impian banyak orang karena artikel yang ditulis bisa dikenal oleh banyak orang. Semakin banyak orang yang mengetahui karya tulis kamu, maka orang lain (pembaca) bisa merasakan manfaat yang dapat dirasakan dari tulisan tersebut. Oleh sebab itu, jangan pernah ragu untuk mengirim artikel kamu ke surat kabar atau koran.

Namun, tulisan yang sudah dikirim, kemudian bisa dipublikasikan dan bisa diketahui oleh banyak orang terkadang bisa memberikan kesan negatif. Hal ini dikarenakan di dalam artikel yang ditulis terdapat unsur SARA, pornografi, dan hal-hal yang bertentangan dengan aturan hukum. Jadi, sebelum mengirim artikel ke koran, kamu harus bisa memastikan kalau tulisan tersebut aman dan tidak melanggar hukum.

2. Mendapatkan Bayaran

Keuntungan dari mengirim artikel ke koran berikutnya adalah mendapatkan bayaran atau honorarium. Akan tetapi, honorarium ini biasanya baru diberikan setelah beberapa hari artikel yang dikirim dipublikasikan. Supaya artikel yang dikirim dapat dipublikasikan, maka kamu perlu mengetahui syarat-syarat penulisan artikel yang diberikan oleh setiap koran karena tak semua media koran yang ada memiliki syarat-syarat penulisan artikel yang sama.

Adanya bayaran terhadap artikel yang sudah dipublikasikan bisa dijadikan sebagai uang jajan tambahan. Oleh karena itu, semakin sering mengirim artikel ke koran Tribun News, maka peluang artikel untuk dipublikasikan akan semakin besar, sehingga peluang untuk mendapatkan uang jajan tambahan akan semakin banyak.

3. Karya Tulis Artikel Bisa Dijadikan Portofolio

Dalam dunia kerja terutama yang berkaitan dengan kepenulisan sangat membutuhkan portofolio. Portofolio ini sangat bermanfaat karena bisa meyakinkan perekrut di suatu perusahaan untuk menerima kamu menjadi karyawan. Sederhananya, portofolio ini merupakan sesuatu yang berisi karya-karya yang pernah kamu buat.

Apabila kamu menulis karya tulis berupa artikel, maka artikel yang sudah dikirim dan sudah dipublikasikan itu bisa dimasukkan ke dalam portofolio. Jadi, segera tulis artikel dan kirim ke media koran koran agar peluang artikel dipublikasikan semakin besar dan banyak karya yang bisa dimasukkan ke dalam portofolio.

4. Bisa Dijadikan Sebagai Pekerjaan Utama Atau Pekerjaan Sampingan

Adanya bayaran terhadap artikel yang sudah dikirim, kemudian dipublikasikan membuat menulis artikel bisa dijadikan sebagai pekerjaan Utama atau pekerjaan sampingan. Pada umumnya, seseorang yang menjadikan kegiatan menulis artikel sebagai pekerjaan utama sudah terikat dalam kontrak. Sedangkan, kegiatan menulis artikel yang dijadikan sebagai pekerjaan sampingan biasanya dilakukan oleh seorang freelancer.

Dengan demikian, jangan pernah ragu untuk menulis artikel yang bisa dikirim ke media koran karena bisa menambahkan pendapatan. Jadi, apakah kamu sudah menulis artikel dan mengirimnya ke media koran?

5. Bisa Mengembangkan Ide Kreatif

Ketika menulis artikel pasti kita akan dituntut untuk menggunakan setiap kata yang dikumpulkan menjadi kalimat yang menarik untuk dibaca. Maka dari itu, untuk membuat kalimat yang menarik dibutuhkan ide-ide kreatif. Apabila seseorang terbiasa menulis artikel, maka ide kreatif yang dimilikinya akan terus berkembang.

Ide kreatif yang terus berkembang ini akan sangat bermanfaat di dunia kerja. Semakin banyak ide kreatif yang dimiliki akan membuat seseorang mudah untuk menemukan berbagai macam solusi dari suatu permasalahan.

6. Bisa Meningkatkan Popularitas

Seseorang yang sering mengirim artikel ke media koran akan meningkatkan peluang agar artikel yang dikirimnya terpublikasikan. Semakin banyak artikel yang terpublikasikan tak menutup kemungkinan dapat meningkatkan popularitas dari orang tersebut. Hal ini dikarenakan sudah banyak orang yang membaca artikel yang telah ditulis.

Popularitas ini sangat bermanfaat bagi dunia kepenulisan karena seseorang yang semakin populer, maka hampir setiap karya tulisnya akan dibaca oleh banyak orang. Namun, untuk mencapai popularitas ini dibutuhkan konsisten yang sangat tinggi, sehingga tidak harus memiliki rasa pantang menyerah juga.

Pada bagian akhir dari artikel ini, diharapkan seseorang bisa segera mengirim artikel ke media koran Tribun News agar bisa merasakan berbagai macam keuntungan dari menulis artikel dan mengirim artikel. Alangkah baiknya, jangan menunda-nunda untuk menulis artikel agar bisa segera dikirim ke media koran Tribun News. Jadi, sudahkah Anda mengirim artikel ke koran Tribun News?

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

 

Written by Restu