in

Tips Mengikuti Job Fair Agar Sukses Mendapatkan Pekerjaan

Tips Mengikuti Job Fair – Sebelum kamu mengikuti job fair secara virtual maupun online, ada baiknya kamu mengenali, dan memahami terlebih dahulu mengenai tips apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan apa yang kamu harapkan atau impikan.

Meskipun terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh pekerjaan, mulai dari mendaftar diri melalui platform pencari kerja, hingga dengan mengikuti job fair. Namun tetap saja bagi sebagian orang, mengikuti kegiatan job fair merupakan salah satu opsi yang cukup besar guna memperoleh pekerjaan sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Karena itulah, kegiatan ini dapat terbilang sebagai sebuah kegiatan yang cukup efektif, dan bisa kamu lakukannya. Guna memaksimalkan acara tersebut kamu perlu mengenali beberapa tips mengikuti job fair supaya mendapatkan pekerjaan.

Tentunya, untuk memperoleh pekerjaan pada saat ini tidak dapat dikatakan sebagai sesuatu hal yang mudah. Sebab adanya persaingan yang cukup ketat membuat kamu memerlukan usaha yang ekstra pula dalam mendapatkan suatu pekerjaan tersebut. Akan tetapi, dibalik kesulitanmu ketika bersaing merebutkan suatu pekerjaan itu, sebetulnya terdapat beberapa cara yang banyak dilakukan oleh masyarakat.

Contohnya mengirimkan surat lamaran melalui email, maupun pos. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan mengikuti serangkaian acara job fair seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa dengan kamu mengikuti kegiatan tersebut maka akan ada pula kemudahan untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai.

tombol beli buku

Sebagai seorang job seeker, kamu pastinya sudah tak asing lagi dengan istilah job fair, merupakan sebuah pameran atau bursa dimana seorang perekrut akan mencari seorang calon pekerja yang telah memenuhi kriteria dari masing-masing calon tersebut. Nantinya, kamu dapat berkesempatan untuk memberikan CV secara langsung maupun pada sesi tanya jawab atau interview.

Dapat dikatakan bahwa kesempatan untuk memperoleh pekerjaan pada kegiatan job fair cukup besar dibandingkan kamu melamar pekerjaan melalui online. Nah, agar kamu bisa berhasil untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Berikut ini terdapat beberapa tips mengikuti job fair yang perlu kamu perhatikan, dan lakukan.

1. Mengenali Terlebih Dahulu Setiap Perusahaan di job fair

Tips pertama yang perlu kamu lakukan ketika mengikuti job fair yakni perlu mengenali terlebih dahulu setiap perusahaan yang ikut dalam kegiatan job fair. Pada umumnya, pihak penyelenggara kegiatan job fair akan memberikan informasi mengenai perusahaan-perusahaan mana saja yang akan hadir dalam kegiatan job fair.

Tugas yang perlu kamu lakukan yaitu mencari informasi mengenai profil perusahaan tersebut. Hal tersebut dilakukan supaya kamu bisa memahami secara jelas perusahaan itu. Serta dapat menguasai sesi tanya jawab ketika kamu sudah sampai pada tahap wawancara.

Apabila kamu tidak mengetahui secara lengkapnya profil perusahaan yang mengikuti job fair, namun setidaknya kamu mengetahui mengenai profil perusahaan yang menjadi pilihan kamu. Cara tersebut dilakukan untuk menambah pengetahuanmu terkait perusahaan.

Dengan begitulah, kamu bisa memberikan kesan pertama dengan cukup baik pada saat wawancara atau interview.

Mengenali terlebih dahulu profil setiap perusahaan pada kegiatan job fair merupakan salah satu tips supaya berhasil dalam melamar pekerjaan di job fair. Dalam mencari pekerjaan tersebut, tentunya tidak boleh sembarangan atau asal-asalan. Sebab, kamu perlu melamar pekerjaan pada perusahaan yang memerlukan kemampuan kamu. Walaupun terdapat beberapa pekerjaan yang biasa dan umum mau menerima lulusan dari jurusan mana saja. Tetapi, ada baiknya kamu perlu untuk selalu seleksi dalam menentukan pekerjaan. Melamar pekerjaan yang sesuai, pastinya dapat memudahkan perekrut ketika menyeleksi dan membantu kamu memperoleh pekerjaan yang tepat dan sesuai dengan kemampuan serta passion yang kamu milikinya.

2. Membuat Resume Terbaru, dan Semenarik Mungkin

Bagi kamu yang hendak mengikuti kegiatan job fair, alangkah baik perbarui lah CV kamu bilamana CV mu terdapat suatu pembaruan. Contohnya, kamu baru saja mengikuti magang pada perusahaan, foto kamu yang terlihat kurang bagus untuk dipandangnya.

Sebab, ketika kamu hendak mengikuti kegiatan job fair secara langsung, maka tentunya kamu perlu ngeprint terlebih dahulu. Namun, bila secara virtual kamu bisa menyajikan dalam bentuk soft file, nantinya dapat langsung kamu kirim ke perusahaan melalui sebuah email.

Curriculum Vitae atau biasa disebut dengan istilah CV, merupakan suatu hal penting dalam mencari pekerjaan. Oleh sebab itulah sebuah CV perlu untuk dipersiapkan secara baik, dan menarik mungkin.

Sehingga perlunya kamu memeriksa kembali CV yang telah kamu buat, guna menghindari kesalahan apa saja dari CV yang kamu milikinya, salah satu contohnya yaitu adanya penulisan typo.

tombol beli buku

Tak hanya CV saja yang menjadi bagian penting yang perlu disiapkan dalam melamar pekerjaan, namun juga diperlukan sebuah portofolio. Berdasarkan Career Enlightenment mengatakan bahwa mempersiapkan sebuah portofolio yang dapat ditunjukkan pada perusahaan adalah sesuatu hal yang sangat berguna, dan menjadi bahan pertimbangan ketika melamar pekerjaan.

Contohnya, seorang videografer yang hendak melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan melalui job fair, tentunya sebelum mengikuti telah menyiapkan portofolio, baik dalam bentuk platform maupun website yang mudah untuk disajikan pada perusahaan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Kamu perlu untuk menyiapkan, serta memastikan bahwasanya CV dan juga portofolio yang kamu miliki sudah dipersiapkan dengan semenarik mungkin, dan tentunya dapat membuat tertarik perekrut untuk merekrut kamu.

Bagi kamu yang kesulitan menyiapkan dengan menarik, kamu dapat searching pada google mengenai berbagai aplikasi online yang bisa membuat resume menjadi lebih unik, dan tertarik. Jika kamu masih tetap kesulitan kembali kamu dapat membuatnya dengan meminta tolong teman kamu yang ahli dibidang desain untuk membuat rancangan resume kamu.

3. Memastikan Semua Dokumen Sudah Lengkap

Tips mengikuti job fair yang selanjutnya yaitu memastikan semua dokumen sudah lengkap, sebelum mengikuti kegiatan job fair tersebut kamu diharapkan telah menyiapkan berbagai dokumen yang akan dibawa nantinya. Dokumen lengkap itu terdiri dari surat lamaran, resume atau CV, ijazah terakhir, transkrip nilai, foto, KTP, sertifikat dan beberapa dokumen yang dapat menunjang lainnya, sudah lengkap.

Susun dokumen kamu secara rapi, supaya tidak berantakan, kemudian pasang klip, dan setelah itu dimasukan kedalam sebuah map. Dengan penyusunan dokumen yang rapi, membuat para pimpinan mudah untuk membaca semua datanya, dan tidak kesulitan dalam merekrut.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa dokumen yang kamu bawa bersih, dan rapi. Sebab bilamana terdapat sebuah kotoran pada dokumen kamu dapat menimbulkan kesan buruk bagi anak.

4. Menjaga Stamina Tubuh Dengan Sebaik Mungkin

Tips mengikuti job fair berikutnya yaitu menjaga kesehatan tubuh secara baik, hal itu karena kegiatan job fair sangatlah ramai, dan harga yang mengisi kerjaannya hanya itu.

Banyaknya perusahaan yang ikut berkontribusi dalam kegiatan job fair, maka pelamar yang mengikutinya pun juga cukup banyak. Tentunya aktivitas tersebut bisa membuat kamu merasa gerah, capek atau mudah lelah.

Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan stamina tubuh dengan baik. Agar saat memperoleh lamaran kamu mendapatkan energi yang banyak dalam menuntaskan segala kegiatan lamaran kerja tersebut.

5. Perhatikan Pakaian Telah Sopan dan Rapi

Saat mengikuti kegiatan job fair, kamu perlu memastikan bahwa pakaian yang kamu kenakan telah rapi dan sopan. Janganlah kamu memakai pakaian seperti kaos dan juga celana jeans, karena tidak cocok atau tidak sesuai atau tidak pantas untuk dikenakannya.

tombol beli buku

Pada umumnya pakaian yang biasa digunakan untuk mengikuti job fair ini identik dengan pakaian formal yang rapi dan sopan. Jika kamu seorang laki-laki, kamu bisa memakai atasan kemeja putih dengan bawahan celana hitam kain. Serta kamu juga dapat menambahkan dengan memakai jas, apabila memiliki. Sementara itu, jika kamu seorang perempuan maka pakaian yang kamu kenakan hampir serupa yakni atasan blouse atau kemeja dengan pemilihan warna yang terang, dan disarankan sebaiknya memilih warna putih maupun pastel. Kemudian kamu dapat menambahkan blazer agar mempercantik penampilan. Tidak lupa busana bawahan berupa rok berwarna hitam.

Selain itu, sepatu perempuan yang disarankan yaitu wedges berwarna hitam. Bagi laki-laki sepatu yang tepat untuk digunakan yaitu sepatu pantofel.

6. Tentukan Rute yang Paling Efektif

Tips mengikuti job fair yang keenam yaitu menentukan rute yang paling efektif. Pada kegiatan job fair, kamu akan menjumpai berbagai stan perusahaan. Kamu, mungkin akan mengalami sebuah kondisi yang amat crowded bersama dengan job seeker lainnya. Oleh karena itulah, menentukan rute merupakan suatu hal yang cukup penting. Dari situlah, kamu dapat melihat denah yang biasanya telah disediakan oleh para penyelenggara pada pintu masuk. Setelah kamu melihat denah tersebut, kamu dapat menentukan uritan stan perusahaan manakah yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu. Tips menentukan rute yang efektif sejak awal ini dilakukan dengan tujuan supaya bisa lebih menghemat waktu, dan fokus ketika melamar pekerjaan yang telah kamu rencanakannya.

7. Tunjukan Semangat, Antusiasme

Tips mengikuti job fair supaya berhasil dalam melamar pekerjaan yang ketujuh ini yaitu menunjukkan rasa semangat dan antusiasme yang tinggi. Tidak lupa untuk tetap tersenyum dan menunjukkan semangat dan antusiasme ketika di rekrut. Saat kamu bertanya kepada perekrut mengenai perusahaan, maka perlu untuk didengarkan secara baik. Perlunya menunjukan semangat, dan antusiasme yang memberikan kesan baik dan suatu hal yang penting. Sebab kamu perlu bersaing menghadapi berbagai ratusan job seeker lainnya.

tombol beli buku

8. Cari Kesempatan Bicara pada Manajer HR

Tips mengikuti job fair agar sukses mendapatkan pekerjaan yaitu berbicara pada manajer HR perusahaan. Bila ada sebuah kesempatan untuk berbicara kepada anggota senior maupun manajer HR ketika acara job fair, maka jangan sia-siakan kesempatan itu. Sebab, setiap anggota tim HR tentunya bisa memberikan kamu tentang semua informasi terkait perusahaan dan apa saja yang sedang dibutuhkan perusahaan. Sementara itu, manajer HR merupakan salah satu orang yang mempunyai pengaruh cukup besar, sehingga dengan menunjukan secara langsung kepada manajer HR mengenai potensi diri kamu yang diperlukan oleh suatu perusahaan, dan tentunya kamu akan lebih dipertimbangkan kembali.

9. Gali Potensi, dan Jalin Networking Secara Luas

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan supaya bisa sukses ketika melamar pekerjaan pada saat mengikuti kegiatan job fair yaitu menggali potensi, dan menjalin networking secara luas. Sebelum kamu melamar pekerjaan, pastinya kamu perlu mengetahui potensi apa yang dapat kamu tunjukan saat melamar pekerjaan di job fair. Kamu perlu menyiapkan sebuah perkenalan secara singkat mengenai diri sendiri dan juga latar belakang mu. Pada perkenalan singkat itu, kamu perlu untuk dapat membuat perekrut merasa tertarik atas keunikan dan juga potensi yang kamu miliki dalam dirimu. Seperti melatih gaya bicara supaya kamu tampak luwes dan lebih percaya diri saat memperkenalkan diri.

Tak hanya menggali potensi saja, kamu juga perlu menjalin networking secara luas. Pada dunia karir jalinan networking merupakan sesuatu yang amat penting. Mengikuti serangkaian acara job fair juga salah satu kesempatan yang dapat kamu lakukan guna memperluas networking. Pastikan kamu memperoleh kartu nama dari setiap orang yang kamu jumpai ketika mengelilingi setiap stan perusahaan pada acara job fair tersebut. Kartu nama itu memiliki fungsi dan kegunaan saat kamu hendak memfollow up informasi mengenai sebuah lowongan pekerjaan dari perusahaan. Tak cuma dengan pihak perusahaan saja, kamu juga dapat menjalin networking secara luas bersama job seeker lainnya. Walaupun mereka saling bersaing, namun kamu tak pernah tahu bahwa bila di suatu saat dapat saling bertukar informasi bermanfaat.

10. Jangan Lupa Apply, dan Follow Up

Tujuan untuk mengikuti acara job fair tak lain yaitu untuk mencari dan memperoleh informasi serta apply pekerjaan. Kamu dapat mengirimkan sebuah lamaran kerja pada manajer HR dan menginformasikan bahwasanya kamu sudah memperoleh berbagai penjelasan mengenai perusahaan ketika job fair. Kamu juga dapat menjelaskan dan bahkan bisa memahami dengan baik apa yang perusahaan sedang butuhkan dan cari. Setelah itu, kamu bisa menjelaskan tentang semua potensi yang kamu miliki tersebut layak untuk menduduki posisi yang sedang dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga perlu untuk melakukan follow up terkait pekerjaan yang kamu lamar. Masing-masing perusahaan mempunyai alur dan cara perekrutan dengan cermat. Kamu bisa melakukan follow up lewat telepon, apabila memang dibutuhkannya. Apabila perusahaan itu telah berjanji akan menghubungimu terlebih dahulu maka kamu perlu memastikan tidak akan melewatkan setiap sms, email, maupun telpon yang datang kepadamu. Terkadang saat manajer HR gagal untuk menghubungi kamu satu Kali maka kamu akan langsung kehilangan kesempatan untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Banyaknya total job seeker yang mengikuti job fair terkadang membuat hati dan pikiran berkata bahwa diri sendiri tak mampu untuk bersaing dengan job seeker lainnya. Namun, semua itu bukan merupakan sesuatu hal yang perlu dipikirkannya, sebab seseorang yang mengikuti job fair sejatinya ingin mencari dan memperoleh informasi dari setiap perusahaan yang sudah menjadi incarannya. Sehingga kamu perlu untuk selalu fokus ada tujuan, dan tidak boleh merasa kecewa dan minder terhadap tawaran kerja yang tidak kamu dapatkan. Namun setidaknya, kamu memperoleh networking secara luas. Sebab mengikuti job fair tak hanya mengenai lamaran kerja saja, namun juga untuk memanfaatkan momen mencari teman baru.

tombol beli buku

Mencoba untuk menjadi seorang pribadi yang ramah, agar kamu dapat mendekati manager HR di perusahaan yang ada disana. Jadi tetap semangat sebab banyak kesempatan untuk melamar pekerjaan pada job fair berikutnya. Semoga tips yang telah dipaparkan tersebut dapat membantu kamu untuk sukses mendapatkan pekerjaan. Serta bisa menjadi taktik untuk menambah networking.

Meskipun pada akhirnya kamu tidak memperoleh suatu pekerjaan dari job fair tersebut, akan tetapi setidaknya acara job fair tersebut bisa membantu kamu dalam memberikan informasi seputar lowongan kerja.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Emka Umam