in

Resensi Buku Berdamai Dengan Masa Lalu by Asti Musman

Resensi Buku Berdamai Dengan Masa Lalu – Sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau setiap manusia yang hidup hingga saat ini pasti memiliki masa lalu. Sebuah masa-masa yang selalu penuh dengan cerita-cerita kehidupan yang terkadang bisa menentukan arah yang akan dituju untuk masa depan. Maka dari itu, setiap masa depan yang dimiliki oleh setiap orang tidak selalu sama karena masa lalu setiap orang juga berbeda-beda.

Meskipun masa depan setiap orang tidak selalu sama, tetapi setiap manusia menginginkan masa depan yang lebih damai dan lebih bahagia. Pada umumnya, seseorang yang bisa hidup lebih damai dan bahagia, seseorang tersebut sudah berdamai dengan masa lalunya terutama masa lalu yang kelam.

Masa lalu yang kelam akan selalu tersimpan di dalam ingatan seseorang, bahkan sulit untuk disembuhkan. Bahkan, bisa membuat seseorang menjadi benci terhadap dirinya dan membenci orang-orang yang telah memperlakukannya dengan buruk. Bagi sebagian orang yang memiliki masa lalu yang kelam bisa membuat dirinya mengalami keputusasaan dalam hidup dan sering merasa bersalah terhadap beberapa hal yang telah dilakukan.

Masa lalu memang tidak akan pernah bisa diganti, tetapi bukan berarti seseorang tidak bisa belajar masa lalu. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan belajar dari masa lalu adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama, sehingga selalu berusaha untuk memperbaiki diri. Semakin dewasa, seseorang akan mulai sadar bahwa memperbaiki diri itu sangatlah penting karena sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memperbaiki diri menandakan bahwa seseorang sudah mulai menerima dan berdamai dengan masa lalunya yang di mana terdapat beberapa kesalahan.

Selain itu, berdamai dengan masa lalu bisa membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih sabar dalam menghadapi berbagai macam hal. Kesabaran dalam menghadapi berbagai macam masalah akan memudahkan seseorang untuk berpikir agar menemukan solusi dari suatu masalah yang sedang dihadapi.

Mengapa berdamai dengan masa lalu itu penting? Karena jika belum bisa berdamai dengan masa lalu, seseorang akan sulit untuk melupakan masa lalu yang telah terjadi terutama masa lalu yang sangat kelam. Selain itu, seseorang akan sulit untuk melakukan introspeksi terhadap dirinya. Bahkan, bagi sebagian orang yang belum bisa berdamai dengan masa lalunya akan muncul penyesalan di dalam dirinya yang di mana penyesalan itu akan sulit untuk dihilangkan.

Apabila penyesalan dalam hidup sulit untuk dihilangkan, maka bisa mengurangi fokus dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Itulah beberapa hal yang dapat membuktikan kalau berdamai dengan masa lalu sangatlah penting dan berdamai dengan masa lalu tidak pernah memandang umur sekalipun. Dengan kata lain, tidak ada kata terlambat untuk berdamai dengan masa lalu.

Bagi kamu yang ingin meningkatkan rasa yakin supaya bisa berdamai dengan masa lalu, maka bisa membaca buku Berdamai Dengan Masa Lalu karya Asti Musman. Buku yang satu ini sangat direkomendasikan untuk referensi supaya bisa memaafkan kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu dan fokus menatap masa depan. Penulis mampu memberikan pesan-pesan yang perlu dilakukan agar pembaca tidak pernah putus asa dalam meraih berdamai dengan masa lalu.

Buku Berdamai Dengan Masa Lalu

Pengalaman di masa anak-anak akan bisa menentukan kepribadian dari anak-anak, sehingga bagi para orang dewasa, sebaiknya jangan pernah melakukan hal-hal yang bisa membuat seorang anak trauma. Rasa trauma yang dimiliki oleh seorang anak bisa membuat seorang anak menjadi pribadi yang sulit untuk bahagia karena di dalam hidupnya hanya dipenuhi dengan rasa takut karena perlakukan-perlakuan orang dewasa yang tidak menyenangkan.

Namun, masa lalu tidak selamanya berisi tentang masa-masa kelam dan menakutkan saja, tetapi bisa terdiri dari masa-masa bahagia bagi seorang anak. Apabila seorang anak lebih sering mendapatkan perlakuan-perlakuan yang bahagia, maka kemungkinan besar seorang anak tidak akan memiliki trauma dan hari-hari yang dijalaninya penuh dengan senyuman. Bahkan, seorang anak akan mudah untuk beradapatasi dengan orang lain.

Seseorang yang semakin tumbuh dewasa akan mulai menyadari bahwa masa lalu, bai itu yang kelam atau bahagia memang benar-benar harus dapat diterima dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar kehidupan yang dijalani akan menjadi lebih damai dan lebih bahagia. Oleh sebab itu, setiap orang harus bisa berdamai dengan masa lalunya. Kita sebagai seseorang yang memiliki masa lalu harus bisa membuang amarah, membuang penyesalan, serta menerima suatu kenyataan hidup bahwa tak selamanya hal yang kita inginkan dapat terwujud dengan baik.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kunci dari berdamai dengan masa lalu adalah mampu memaafkan diri sendiri. Dengan memaafkan diri sendiri,, maka rasa bersalah, kesedihan, rasa malu dan rasa amarah bisa dilepaskan, sehingga kehidupan menjadi ceria dan siap untuk menatap masa depan dan melangkah terus maju. Oleh sebab itu, jangan pernah menunda-nunda untuk berdamai dengan masa lalu.

Ketika seseorang sudah bisa berdamai dengan masa lalunya, maka ia akan terlihat lebih tenang dalam melihat suatu masalah, menjadi pribadi yang bahagia, menjadi pribadi yang bertanggung jawab, dan menjadi dirinya sendiri bukan menjadi orang lain. Hal-hal seperti itu akan memberikan manfaat untuk dirinya sendiri atau orang lain. Tidak hanya itu, setiap hal-hal baik itu akan sangat bermanfaat dalam dunia kerja.

Dikarenakan manfaat berdamai dengan masa lalu sangat banyak, maka sudah seharusnya untuk kita agar selalu berusaha semaksimal mungkin agar bisa berdamai dengan masa lalu. Berdamai dengan masa lalu yang dilakukan dengan maksimal, maka memaafkan diri sendiri terhadap kesalahan-kesalahan di masa lalunya akan mudah untuk dilakukan.

Selain itu, bukan hanya dengan semaksimal saja, tetapi berdamai dengan masa lalu juga dilakukan secepat mungkin. Dengan begitu, sebagian orang mengatakan bahwa berdamai dengan masa lalu dibutuhkan rasa yakin yang cukup tinggi, tanpa adanya rasa yakin itu, seseorang mungkin saja belum bisa berdamai dengan masa lalu.

Buku yang berjudul Berdamai Dengan Masa Lalu karya Asti Musman ini berisi banyak sekali pelajaran-pelajaran yang bisa diterapkan untuk melepaskan beban-beban yang ada di masa lalu. Sesuai dengan judulnya, pembaca akan diajak untuk berdamai dengan masa lalu agar bisa menemukan jati diri Anda sesungguhnya. Dengan kata lain, dengan membaca buku ini, pembaca akan bisa menerima semua masa lalu dengan baik.

Penulis ingin sekali mengajak para pembaca untuk mulai berdamai dengan masa lalunya dan menjadikan masa lalunya sebagai pelajaran hidup yang bermanfaat untuk kehidupan di masa depan. Selain itu, ketika membaca buku ini, penulis akan menyadaran kepada pembaca kalau semakin banyak masalah yang terjadi pada masa lalu, maka akan menciptakan banyak sekali pelajaran yang dapat dipelajari, sehingga persiapan untuk menghadapi masa depan jauh lebih matang.

Masa depan yang dipersiapkan lebih matang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari karena kita akan mengetahui hal-hal yang wajib untuk dilakukan dan hal-hal yang harus ditinggal. Dengan begitu, tingkat kefokusan yang dimiliki oleh seseorang akan terus meningkat, sehingga setiap pekerjaan akan mudah diselesaikan dan mudah untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan yang sedang terjadi. Jika, solusi dari suatu masalah yang mudah ditemukan, maka persamaan tersebut akan mudah untuk diselesaikan.

Sudah diketahui oleh banyak orang kalau untuk memaafkan diri orang lain harus dimulai dari memaafkan diri sendiri terlebih dahulu. Asti Musman yang merupakan penulis dari buku Berdamai Dengan Masa Lalu berusaha semaksimal mungkin agar memahami masa lalu yang dialami pembaca, sehingga ia juga menyadari bahwa memaafkan diri sendiri bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, pembaca akan memahami cara-cara untuk memaafkan diri sendiri yang kemudian baru memaafkan orang lain.

Sangat tak bisa dibayangkan lagi, jika seseorang sulit untuk memaafkan diri sendiri, maka akan sulit juga memaafkan kesalahan orang lain, sehingga bisa saja akan memunculkan dendam di dalam dirinya. Adanya dendam di dalam diri seseorang sangat tidak baik bagi kehidupan sehari-hari karena bisa menghilangkan rasa tenang terutama ketika sedang menghadapi masalah. Dengan kata lain, rasa dendam yang ada di dalam diri merupakan racun yang harus dihilangkan.

Banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dan diterapkan setelah membaca buku Berdamai Dengan Masa Lalu, maka jangan tunda lagi untuk memiliki buku yang ditulis oleh Asti Musman ini. Buku ini bisa kamu beli di Gramedia.com atau hanya dengan mengklik gambar buku saja.

tombol beli buku

Kelebihan Buku Berdamai Dengan Masa Lalu

Buku yang ditulis oleh Asti Musman ini memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat kamu tertarik untuk membeli buku Berdamai Dengan Masa Lalu. Beberapa kelebihan dari buku Berdamai Dengan Masa Lalu karya Asti Musman sebagai berikut.

1. Ada Kutipan dari Seorang Mentor

Di dalam buku Berdamai Dengan Masa Lalu bukan hanya berisi tentang cara-cara untuk berdamai dengan masa lalu saja, tetapi penulis juga memberikan beberapa kutipan yang bisa menyentuh perasaan pembaca. Tidak hanya itu, kutipan-kutipan yang ada di dalam buku ini ada yang berasal dari seorang mentor, sehingga pembaca akan lebih semangat untuk mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan memaafkan diri sendiri dan membuat hidup menjadi lebih damai serta lebih bahagia.

Adanya beberapa kutipan ini menjadi kelebihan dari buku yang ditulis oleh Asti Musman dan menjadi pembeda dari buku-buku tentang”berdamai dengan masa lalu” pada umumnya. Dengan begitu, pembaca tidak hanya membaca pembahasan-pembahasan saja, sehingga rasa bosan ketika membaca buku ini akan menghilang.  Kutipan-kutipan tersebut bisa ditulis di buku catatan atau ruangan agar kamu bisa lebih semangat dalam menjalani hidup yang penuh lika-liku ini.

2. Memiliki Banyak Sekali Isi tentang Motivasi

Untuk melakukan memaafkan diri sendiri dan dapat berdamai dengan masa lalu sangat dibutuhkan motivasi-motivasi yang bisa membangkitkan rasa semangat dan yakin kalau memang berdamai dengan masa lalu harus dilakukan. Motivasi-motivasi yang ada di dalam buku Berdamai Dengan Masa Lalu ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga semangat dalam menjalani kehidupan akan selalu ada.

Kalimat motivasi-motivasi yang ada pada buku ini bisa membuat pembaca mengurangi rasa sedih, rasa bersalah, hingga semangat untuk memaafkan diri sendiri dan kesalahan orang lain. Jadi, ketika kamu membaca buku ini, sebaiknya bacalah sampai habis karena akan mendapatkan banyak sekali kalimat-kalimat motivasi yang amat sangat bermanfaat bagi kehidupan yang akan dijalani.

3. Bahasa yang Mudah Dipahami

Ketika membaca suatu buku pasti kian akan berusaha untuk mendapatkan makna dari buku yang dibaca. Tidak hanya makna, tetapi kita juga akan berusaha untuk mendapatkan pesan atau amanat yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat untuk kehidupan di masa depan. Nah, penulis dari buku Berdamai Dengan Masa Lalu mampu menghadirkan Bahasa yang mudah dipahami, sehingga bisa membuat pembaca mudah memahami dan mengambil makna dari buku ini.

Oleh sebab itu, buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh seseorang berusia berapa saja karena tak perlu khawatir kalau tidak mengerti maknanya dan pesan-pesannya. Berkat bahasa yang mudah dipahami ini, sehingga pembaca yang sudah berdamai dengan masa lalu bisa membaca buku ini juga.

4. Terdapat Ilustrasi yang Mendukung Suatu Pembahasan

Buku dengan judul Berdamai Dengan Masa Lalu ini bukan hanya dapat dipahami dengan bahasa yang mudah saja, tetapi pembaca juga bisa memahami pesan dan makna yang ada di dalam buku ini melalui ilustrasi yang ada di beberapa halaman. Meskipun hanya terdapat pada beberapa halaman saja, tetapi halaman-halaman buku yang tidak ada ilustrasinya tetap mudah dipahami makna dan pesan-pesannya.

Semakin mudah pembaca memahami pesan dan makna yang terkandung di dalam buku ini, maka semakin mudah juga menerapkan pesan-pesan yang ada di dalam buku ini. Ilustrasi yang ada pada buku Berdamai Dengan Masa Lalu membuat buku ini menjadi lebih menarik, sehingga pembaca akan nyaman dan tidak bosan ketika membacanya.

Itulah beberapa kelebihan dari buku Berdamai Dengan Masa Lalu, supaya kamu semakin penasaran dengan isi bukunya, maka langsung saja beli bukunya di Gramedia.com atau klik gambar di bawah ini.

tombol beli buku

Kekurangan Buku Berdamai Dengan Masa Lalu

Sama dengan buku-buku motivasi pada umumnya, buku Berdamai Dengan Masa Lalu memiliki kekurangan. Kekurangan yang ada pada buku ini tidak begitu banyak, tetapi sedikit mengurangi kenyamanan ketika membacanya. Kekurangan itu terletak pada beberapa halaman yang di mana tulisannya sulit untuk dibaca. Tulisan yang sulit dibaca ini akan mengurangi kenyamanan bagi pembaca dan makna dan pesan pada tulisan yang buram akan sulit untuk dipahami.

Tulisan yang mudah dibaca itu disebabkan karena kualitas kertas pada buku ini tidak begitu baik. Oleh sebab itu, supaya buku ini semakin membuat pembaca nyaman ketika membacanya, maka sebaiknya kualitas kertasnya dapat ditingkatkan kembali.

Kesimpulan Buku Berdamai Dengan Masa Lalu

Sampai sudah pada pembahasan kesimpulan, pada pembahasan ini bisa dibilang bahwa buku yang ditulis oleh Asti Musman dengan judul Berdamai Dengan Masa Lalu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi bacaan ketika kamu sedang bingung mencari cara untuk bisa berdamai dengan masa lalu. Meskipun, buku ini sangat cocok untuk mengetahui cara-cara agar bisa berdamai dengan masa lalu, tetapi buku ini bisa juga dibaca oleh seseorang yang sudah bisa berdamai dengan masa lalu.

Jadi, supaya beban hidup yang kamu miliki yang berasal dari masa lalu berkurang, maka buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu miliki. Ketika membaca buku ini, pembaca akan dibuat kagum karena mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan agar bisa memaafkan diri sendiri dan bisa berdamai dengan masa lalu. Bukan hanya itu, pembaca akan diberikan motivasi-motivasi yang berupa kutipan, sehingga semakin semangat untuk menjalani hidup yang lebih tenang dan lebih damai.

Written by Restu