in

Resensi Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah by Munita Yeni

Resensi Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah by Munita Yeni – Setiap orang yang menjalani hidupnya di dunia ini selalu mempunyai masalah, baik itu masalah besar atau masalah kecil. Masalah dalam hidup akan terus ada walaupun kita sudah menyelesaikan satu masalah. Permasalahan hidup yang selalu muncul terkadang membuat seseorang merasa dirinya memiliki kekurangan yang sulit untuk diubah dan merasa kalau dirinya merupakan pribadi yang sering gagal.

Pada dasarnya, hal seperti itu memang memang hamper dirasakan oleh semua orang, tetapi bukan berarti harus berlarut-larut merenungi kekurangan diri dan merasa kalau dirinya sering gagal. Alangkah baiknya setiap permasalahan hidup yang sedang dihadapi dijadikan sebagai proses pelajaran hidup agar bisa menjadi pribadi yang lebih semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Merasa dirinya memiliki banyak sekali kekurangan atau merasa terlalu larut dalam kegagalan merupakan beberapa ciri-ciri bahwa kondisi mentalnya sedang terganggu. Gangguan Kesehatan mental bisa mengurangi rasa percaya diri, sehingga akan sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal seperti itu harus segera dihilangkan dan tak boleh dibiarkan terlalu lama karena akan membuat diri sendiri sulit untuk berkembang, sehingga kondisi mental juga ikut untuk berkembang.

Oleh sebab itu, kita harus yakin terhadap kemampuan yang ada di dalam diri sendiri dan harus percaya bahwa pasti bisa menghilangkan rasa trauma terhadap kegagalan, sehingga bisa menjadi pribadi yang lebih ceria dalam menjalani kehidupan.

Jika, berbicara tentang diri sendiri, setiap orang pasti pernah berkhayal atau berimajinasi untuk melakukan suatu hal. Ketika berimajinasi, maka seseorang akan seperti sedang tidak berada di “dunia nyata”. Dengan kata lain, ketika berimajinasi, seseorang seperti memiliki “dunianya sendiri”.

Meskipun berimajinasi sangat baik untuk mengolah pola pikir seseorang, tetapi kita harus tetap sadar kalau sedang berada di “dunia nyata”. Hal seperti itu perlu dilakukan agar kita tetap bisa berkomunikasi dengan orang lain, sehingga kita masih memiliki teman di “dunia nyata”.

Dengan adanya teman di “dunia nyata”, maka kita bisa berbagi cerita, bermain Bersama, dan masih banyak lagi, sehingga bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya. Kebahagiaan di “dunia nyata” sangat berbeda dengan kebahagiaan di “dunia imajinasi”. Jika di “dunia nyata” kebahagiaan bisa dilihat oleh orang lain, maka lain halnya dengan kebahagiaan di “dunia imajinasi” yang hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri dan tak bisa dilihat oleh orang lain. Dalam kehidupan yang dijalani di dunia nyata, setiap manusia harus berusaha untuk merasakan kebahagiaan supaya rasa percaya diri terus mengalami peningkatan, sehingga rasa takut akan kegagalan perlahan-lahan menghilang.

Bagi sebagian orang ada yang lebih sering membuat orang lain bahagia. Membahagiakan orang lain memang sangat baik, tetapi kita juga harus ingat kalau diri sendiri berhak mendapatkan kebahagiaan juga. Apabila seseorang terlalu sibuk membahagiakan orang lain dan lupa membahagiakan dirinya sendiri, maka tak menutup kemungkinan kalau kita bisa lupa cara mencintai diri sendiri.

Mencintai diri sendiri merupakan suatu cara supaya bisa bersyukur dengan apa yang sedang dimiliki saat ini. Dengan rasa bersyukur tersebut, seseorang akan mengetahui potensi-potensi yang ada di dalam diri. Selain itu, rasa bersyukur dan mencintai diri sendiri bisa membuat seseorang untuk terus berpikir positif. Oleh sebab itu, jangan pernah tunda untuk memulai mencintai diri sendiri dan mulai melatih diri untuk bersyukur.

Namun, bagi sebagian orang untuk mencintai dirinya sendiri sangatlah sulit karena terlalu sibuk membahagiakan orang lain, rasa percaya diri menurun, dan rasa takut akan kegagalan sering muncul ketika melakukan suatu hal. Seseorang yang belum bisa mencintai dirinya sendiri akan sulit untuk menerima dirinya, sehingga potensi-potensi yang ada di dalam dirinya akan sulit untuk dikembangkan.

Bagi kamu yang belum mencintai diri sendiri dan ingin melakukan hal itu, bisa membaca buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah karya Munita Yeni. Buku ini sangat pas dijadikan bahan bacaan agar kamu bisa memulai untuk mencintai diri sendiri.

Buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah

Sampul dari buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah yang ditulis oleh Munita Yeni memiliki perpaduan antara ukuran huruf dan gambar yang sangat pas. Judul dari buku ini menggunakan perpaduan warna hitam pada “Baca Buku Ini Saat” dan warna hijau cenderung gelap pada “Engkau Lelah”. Dari judul itu, penulis ingin memberitahukan bahwa seseorang pasti akan ada masanya ketika merasa lelah, untuk menghilangkan rasa lelah itu penulis mengajak pembaca untuk membaca buku ini, memangnya buku ini berisi tentang apa?

Sedangkan, dalam gambar sampul, buku ini menggambarkan bahwa ketika kamu sedang lelah pasti membutuhkan istirahat atau menghabiskan waktu sendirian. Maka dari itu, sampul dari buku ini bergambar satu kursi kosong yang bertuliskan “sesungguhnya berpura-pura bahagia itu melelahkan”. Tulisan yang ada pada kursi itu menandakan bahwa seseorang jangan terlalu lama berpura-pura untuk bahagia karena akan membuat diri kamu menjadi lelah.

Munita Yeni sebagai penulis dari buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah ingin mengajak pembaca untuk terbiasa untuk mencintai diri sendiri dan membahagiakan diri sendiri. Dengan melakukan hal itu, seseorang akan menyadari bahwa diri sendiri ini memang patut dicintai dan bahagia. Selain itu, dengan mencintai diri sendiri, seseorang akan mudah untuk bersyukur terhadap segala hal yang sudah dimiliki, sehingga percaya bahwa diri sendiri memiliki kemampuan yang bisa bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Dengan rasa bersyukur itu, seseorang bisa terhindar dari stres karena tidak harus membandingkan dirinya dengan orang lain. Membandingkan diri dengan orang lain yang terlalu lama bisa membuat seseorang merasa kalau dirinya selalu memiliki kekurangan yang bisa berdampak pada menurunnya rasa percaya diri.

Dalam hal ini, membandingkan diri dengan orang lain bukan hanya menyoal kemampuan saja, tetapi juga tentang fisik. Tak sedikit orang yang merasa insecure karena memiliki kondisi fisik yang kurang “ideal”. Padahal dibalik kekurangan pasti ada kelebihan, sehingga supaya kamu tidak selalu merasa kekurangan, maka harus fokus pada kelebihan yang kamu miliki. Jadi, mulai saat ini selalu untuk fokus terhadap pada kelebihan yang kamu miliki dan selalu berusaha untuk mengurangi rasa insecure.

Terlebih lagi, sebuah penelitian di Carnegie Mellon University menyatakan bahwa sebuah rasa cinta bisa menciptakan emosi yang positif, sehingga sistem kekebalan tubuh terus meningkat dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat, maka seseorang akan lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari dan bisa lebih fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Selain itu, seseorang bisa mengendalikan emosi ketika dihadapkan dengan suatu permasalahan yang cukup rumit.

Bagi kamu yang sedang merasa kalau rasa percaya diri mulai berkurang atau merasa kalau diri sendiri memiliki banyak kekurangan bisa membaca buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah, mengapa harus membacanya? Karena di dalam buku ini kamu akan menemukan berbagai macam cara untuk meningkatkan rasa percaya diri dan yakin kalau diri sendiri memiliki kemampuan yang bermanfaat.

Terlebih lagi, Munita Yeni memberikan cara-cara tersebut melalui cerita-cerita dari tokoh yang memiliki permasalahan yang sama, sehingga pembaca akan mudah memahami makna dan pesan yang diberikan oleh penulis.

Bukan hanya itu, bagi kamu yang merasa kalau sering merasa kesepian, sehingga terjebak dalam “dunia khayalan” yang kamu ciptakan sendiri, buku ini sangat pas untuk dijadikan bahan bacaan. Di dalam buku ini, kamu akan diajak oleh penulis untuk mulai mengenali cara hidup di dunia nyata. Di dunia nyata, semua rasa kesepian, kurang percaya diri, merasa diri kita kurang akan merugikan diri sendiri, bahkan bisa memperlambat kita untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih maju. Setelah membaca buku ini kamu akan mulai sadar bahwa mencintai diri sendiri itu sangat penting.

Permasalahan yang ada pada diri sendiri bukan hanya menyoal kurang rasa percaya diri dan merasa diri selalu memiliki kekurangan saja, tetapi rasa bersalah termasuk ke dalam permasalahan yang ada di dalam diri. Rasa bersalah yang ada pada hidup kita ini bisa membuat rasa lemah semakin tinggi. Rasa bersalah bisa muncul karena seseorang merasa sudah melakukan suatu kesalahan yang bisa membuat dirinya menjadi kurang nyaman, sehingga emosi menjadi tidak stabil.

Buku ini bukan hanya berisi tentang cerita-cerita yang berhubungan dengan cara mencintai diri sendiri saja, tetapi juga terdapat beberapa kutipan yang bisa membuat pembaca lebih merasakan suasana dari buku ini. Oleh sebab itu, ketika membaca buku ini, kamu tidak akan merasa cepat bosan.

Buku dengan judul Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah karya Munita Yeni ini sangat cocok untuk dibaca oleh para remaja yang di mana sedang memasuki masa-masa peralihan menuju dewasa. Pada masa-masa itu, seseorang akan berusaha untuk memulai mencintai dirinya sendiri dan mulai sadar akan kesehatan mental yang dimiliki. Setelah membaca buku ini, kamu akan sadar bahwa betapa pentingnya untuk membuat diri sendiri bahagia dan membangun rasa cinta terhadap diri sendiri.

Dengan demikian, jangan menunda lagi dan segera beli buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah yang ditulis oleh Munita Yeni. Setelah membaca buku ini, rasa penasaran kamu terhadap cara mencintai diri sendiri dan membuat rasa bahagia untuk diri sendiri akan terjawab.

Kelebihan Buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah

Buku dengan judul Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah yang ditulis oleh Munita Yeni memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Ada Beberapa Kutipan

Buku ini memiliki kelebihan pada adanya kutipan-kutipan yang ditulis dengan huruf-huruf yang menarik, sehingga membuat buku ini menjadi lebih menarik untuk dibaca. Selain itu, adanya beberapa kutipan ini akan membuat pembaca tidak mudah bosan. Bahkan bisa kutipan tersebut bisa dijadikan sebagai penyemangat untuk kita dalam mencintai diri sendiri.

Setiap kutipan selalu berkaitan dengan pembahasan yang sedang berlangsung. Dengan kata lain, kutipan yang ada di dalam buku ini berupa pesan atau saran yang diberikan oleh penulis. Dari saran dan pesan itulah, kamu akan mengetahui cara-cara untuk mencintai diri sendiri. Dengan mencintai diri sendiri, seseorang akan menjadi pribadi yang lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki saat ini.

2. Terdapat Halaman yang Berbeda Warna

Kelebihan dari buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah selanjutnya adalah adanya beberapa halaman yang berbeda warna. Halaman yang berbeda warna tersebut menambah keunikan dari buku ini yang di mana bisa membuat pembaca lebih nyaman ketika membacanya. Apalagi perpaduan warna tulisan dengan warna halaman sangat pas.

Selain itu, tulisan yang ada pada halaman yang berbeda warna tidak terlalu banyak, sehingga makna pada halaman tersebut mudah dipahami oleh pembaca. Apabila kamu membaca buku ini sampai habis akan menemukan beberapa halaman berbeda warna yang di mana pesan pada halaman tersebut bisa kamu catat dan dijadikan sebagai kalimat motivasi hidup.

3. Bahasa yang Mudah Dipahami 

Munita Yeni yang merupakan penulis dari buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah menggunakan bahasa yang bisa dibilang hampir sama dengan bahasa sehari-hari. Oleh sebab itu, bagi para remaja yang sering menggunakan bahasa sehari-hari akan mudah memahami setiap pesan dan makna yang ada di dalam buku ini. Apalagi, pada usia remaja, seseorang sangat membutuhkan sejenis masukan agar bisa mencintai dirinya sendiri, tidak selalu merasa bersalah, dan tidak merasa kalau dirinya selalu gagal dalam melakukan suatu hal.

Meskipun buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah sangat cocok untuk jadi bahan bacaan para remaja, tetapi buku ini bisa juga dibaca oleh seseorang yang sudah dewasa. Jadi, kapan mau beli buku ini?

Kekurangan Buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah

Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan, begitu juga dengan buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah karya Munita Yeni yang memiliki kekurangan, yaitu kesalahan pada beberapa tulisan. Memang tidak begitu banyak kesalahan tulisan tersebut, tetapi sedikit membuat kurang nyaman bagi pembaca. Kesalahan tulisan tersebut hanya terjadi pada kata-kata saja, seperti katakan menjadi katatakan, tentang menjadi tentang, dan lain-lain.

Kesalahan pada tulisan yang disebabkan karena salah ketik ini memang bisa membuat kurang nyaman pembaca, tetapi pembaca tetap masih bisa menerima setiap makna yang ada pada buku ini. Apabila buku ini tidak memiliki kesalahan pada beberapa tulisan, rasanya akan lengkap sudah isi dari buku ini.

Kesimpulan Buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah

Buku Baca Buku Ini Saat Engkau Lelah ini bergenre self improvement atau tentang perbaikan diri. Maka dari itu, buku ini sering disebut juga sebagai buku psikologi karena berkaitan dengan permasalahan yang ada di dalam diri terutama masalah mental. Permasalahan mental ini, jika terus dibiarkan bisa membuat seseorang sulit untuk bahagia, sulit untuk fokus, hingga bisa menyebabkan depresi. Dengan demikian, kamu tidak boleh membiarkan permasalahan mental dan harus segera mencari cara untuk menghilangkannya.

Kita harus sadar bahwa dalam kehidupan ini, seseorang tidak selamanya harus membahagiakan orang lain atau pura-pura bahagia dan harus mulai memikirkan cara untuk mencintai dan membahagiakan diri sendiri. Buku yang ditulis oleh Munita Yeni ini berisi cerita-cerita tentang cara untuk mencintai diri sendiri dan membuat diri sendiri bahagia. Maka dari itu, setelah membaca buku ini, kamu akan merasa lega karena menemukan cara untuk mencintai diri sendiri.

Buku ini memang masih memiliki beberapa kekurangan pada bagian kesalahan pada tulisan, sehingga terkadang mengurangi rasa nyaman ketika membacanya. Meskipun buku ada beberapa kesalahan tulisan, tetapi makna dan pesan dari penulis tetap mudah dipahami oleh pembaca.

Written by Restu