in

10 Rekomendasi Buku Tentang Insecure

10 Rekomendasi Buku Tentang Insecure – Setiap orang pasti akan berusaha untuk menjadi yang terbaik dari setiap aktivitas yang dilakukan terutama dalam bidang pekerjaan atau karir. Dengan menjadi yang terbaik, maka para atasan dan teman satu prosesi akan beranggapan bahwa diri kamu adalah yang terhebat. Selain itu, berusaha untuk menjadi yang terbaik bisa membuat diri kamu mendapatkan apresiasi dalam karir kamu, bahkan suatu penghargaan bisa kamu raih.

Untuk menjadi yang terbaik memang biasanya kita temukan dalam bidang pekerjaan atau karir, tetapi tak sedikit juga di kalangan pelajar yang selalu ingin menjadi yang terbaik. Hampir semua pelajar akan berusaha untuk menjadi yang terbaik, baik itu dalam bidang akademik atau nonakademik. Seseorang yang berusaha untuk menjadi yang terbaik menandakan bahwa pelajar tersebut adalah seseorang yang bersungguh-sungguh dalam menggapai suatu hal.

Maka dari itu, sudah semestinya bagi para orang tua untuk mengajarkan dan mendidik anak agar menjadi yang terbaik khususnya dalam bidang yang disukai. Bukan hanya orang tua, kamu juga bisa mendukung seseorang agar bisa menjadi yang terbaik. Namun, dalam mengajarkan, mendidik, bahkan mendukung orang lain untuk menjadi yang terbaik, sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan atau bisa dibilang disesuaikan dengan kemampuan orang tersebut.

Menjadi yang terbaik memang sangat bagus dalam kehidupan yang kita jalani, tetapi ternyata untuk menjadi yang terbaik bisa memunculkan rasa insecure. Rasa insecure ini dapat diartikan sebagai suatu perasaan kurang percaya diri, perasaan cemas, perasaan tidak mampu dalam suatu hal, bahkan bisa merasa kalau dirinya sedang tidak aman. Jika perasaan insecure ini hadir dalam diri seseorang, maka bisa mengganggu aktivitas yang dijalaninya pada hari itu.

Perasaan insecure ini bisa dirasakan oleh hampir setiap orang, sehingga tak menutup kemungkinan bahwa kamu juga bisa merasakan perasaan ini. Apabila kamu merasakan insecure, tak perlu merasa khawatir karena sebenarnya hal seperti ini hal yang biasa terjadi pada setiap orang. Jika kamu mulai merasakan insecure, sebaiknya kamu mencari suatu hal yang dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu. Salah satu cara untuk menghilangkan atau mencegah perasaan insecure, kamu bisa membaca buku-buku yang bertemakan pengembangan diri atau perbaikan diri.

Buku-buku dengan tema tersebut bisa kamu dapatkan di Gramedia.com atau kamu bisa membaca langsung dalam cetakan digitalnya di ebooks.gramedia.com. Supaya Grameds tidak bingung untuk menemukan buku yang cocok, artikel ini akan merekomendasikan 10 buku untuk kamu yang sedang mengalami insecure.

1. A Handbook For Insecurity

 

A Handbook For Insecurity

tombol beli buku

Orang-orang menyebutnya dengan kata insecure. Katanya, orang dengan perasaan insecure akan merasa inferior, takut, cemas, dan khawatir. Katanya, perasaan insecure ini bisa mengubah kehidupanmu dan membuat dirimu menjadi pribadi yang destruktif. Apakah benar begitu? Normalkah jika seseorang merasa insecure? Buku ini akan membantumu mencari tahu lebih banyak tentang perasaan insecure. Harapannya, kamu tidak akan terlalu lama berkutat dengan perasaan ini sehingga rasa insecure tidak mengendalikan dirimu.

2. Trash Your Insecure

Trash Your Insecure

tombol beli buku

2. Insecurity Is My Middle Name

Insecurity Is My Middle Name

tombol beli buku

“Isi buku:

1. Kenapa good-loking yang selalu dipilih?

banner-promo-gramedia

2. Lalu, siapa yamg akan memilihku?

3. Aku juga kayaknya nggak bisa apa-apa deh.

4. Skill apa, ya, yang cocok buat aku? |

5. Tapi, aku harus mulai dari mana, ya?

6. Aku bukan malas, hanya takut gagal lagi.

7. Dan, aku malu, belum bisa banggain orangtua.

8. Dan, aku kalah jauh dari teman-temanku.

9. Jujur, aku iri sama pencapaian mereka.

10. Nggak ada yang bisa dibanggakan dariku. .

tapi, di sinilah kamu, menyentuh buku ini, trying to feel something, trying to be something, dan kamu sudah ada di langkah yang tepat, karena di buku ini, ada 45 bab yang membantumu berdamai dengan insecunty-mu.”

3. Berani Tidak Disukai – Ichiro Kishimi & Fumitake Koga

tombol beli buku

Terkadang perasaan insecure yang muncul pada seseorang disebabkan karena kia selalu melihat suatu permasalahan dari kacamata atau sudut pandang yang sulit untuk diselesaikan. Dengan kata lain, setiap permasalahan dalam hidup akan membuat kehidupan semakin rumit. Padahal jika kita melihat suatu permasalahan dengan sederhana, maka akan lebih mudah untuk diselesaikan, sehingga perasaan insecure dapat dihindari.

Sama halnya dengan buku Berani Tidak Disukai karya Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga. Buku yang berisikan tentang ilmu psikologi Adler, tetapi kedua penulis tersebut mengemas ilmu psikologi Adler dalam bentuk percakapan antara seorang pemuda dengan seorang filsuf. Dalam buku ini, pemuda dikisahkan bahwa ingin membantah pernyataan seorang filsuf, “kehidupan di dunia ini sangat sederhana”. Pemuda tersebut beranggapan bahwa setiap masalah dalam hidup sangat rumit untuk diselesaikan.

Melalui dialog-dialog antara seorang pemuda dan seorang filsuf, pikiran-pikiran rumit yang ada di dalam diri kamu akan menjadi lebih sederhana, sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih percaya diri, dan lebih menerima atau mencintai diri sendiri. Jadi, jang ragu untuk membeli buku ini, Grameds.

4. Memilih (Menjadi Investor) Bahagia – Wuddy Warsono, CFA

tombol beli buku

Menjadi pribadi yang penuh dengan kebahagiaan adalah dambaan semua orang. Dengan kebahagiaan yang ada di dalam diri manusia, maka setiap perjalanan hidupnya akan dipenuhi dengan rasa semangat dan percaya diri yang cukup tinggi. Akan tetapi, tidak semua orang mampu merasakan kebahagiaan di dalam dirinya dengan mudah, sehingga kehidupan yang dijalani bisa menimbulkan perasaan insecure.

Rasa bahagia ini jika hanya dalam pikiran memang terasa sangat mudah, tetapi sulit sekali diwujudkan dalam kehidupan yang dijalani oleh setiap manusia. Rasa bahagia akan mudah diwujudkan selama seseorang mampu mengubah pola pikir atau mindset terutama dalam menghadapi suatu masalah. Jika kamu masih bingung untuk mencari cara agar rasa bahagia mudah untuk diwujudkan, maka kamu perlu membaca buku Memilih (Menjadi Investor) Bahagia karya Wuddy Warsono.

Wuddy Warsono akan menceritakan kisah hidupnya dalam memperoleh kebahagiaan. Dari buku ini, akan ada banyak sekali kunci-kunci kebahagiaan yang bisa kamu peroleh. Dengan kunci-kunci kebahagiaan itu, perasaan insecure tidak mudah hadir di dalam diri kamu.

banner-promo-gramedia

5. Berani Bahagia – Ichiro Kishimi & Fumitake Koga

tombol beli buku

Buku yang ditulis oleh Ichiro Kishimi dan Fumitake Koga membahas tentang sebuah ilmu psikologi yang dikemukan oleh oleh Alfred Adler. Ilmu psikologi milik Alfred Adler mulai berkembang dalam dunia psikologi pada abad ke-19. Kedua penulis tersebut mampu menjabarkan tentang ilmu psikologi Adler melalui percakapan antara seorang pemuda dengan seorang filsuf.

Buku ini sebenarnya lanjutan dari buku Berani Tidak Disukai dan ditulis oleh dua penulis yang sama. Jika kamu membaca buku Berani Bahagia ini, kamu akan menemukan jawaban-jawaban yang belum lengkap dari buku sebelumnya. Jawaban-jawaban tersebut menunjukkan bahwa dalam memahami teori psikologi Adler tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Dengan kata lain, kamu membutuhkan proses dalam memahami psikologi Adler.

Buku yang berisi tentang pemikiran psikologi Adler ini terdiri dari 5 bab. Setiap bab dalam buku ini selalu memiliki nilai-nilai atau pesan-pesan dalam menjalani kehidupan terutama tentang “cinta” dan “rasa percaya”. Cinta dan rasa percaya sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat karena ini bisa memengaruhi kondisi psikologi seseorang.

6. Happy Women – Maria Fenny

tombol beli buku

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab dari munculnya rasa insecure adalah tidak dapat merasakan kebahagiaan. Apakah kamu salah satu dari orang yang sulit merasakan kebahagiaan? Sudah semestinya bahwa setiap manusia perlu merasakan kebahagiaan walaupun dalam keadaan sulit sekalipun. Dengan rasa bahagia ini perasaan insecure akan dapat dicegah.

Namun, tidak semua manusia memiliki kemampuan untuk mendapatkan kebahagiaan, sehingga kehidupan yang dijalaninya akan penuh dengan rasa cemas dan kurang bersemangat. Jika kamu bingung bagaimana caranya mendapatkan rasa bahagia terutama para perempuan, maka bisa membaca buku Happy Women. Buku ini sangat pas untuk dijadikan bahan bacaan untuk mendapatkan kebahagiaan.

Buku yang ditulis oleh Maris Fenny berisi tentang cara-cara untuk mendapatkan kunci-kunci kebahagiaan. Dengan membaca buku ini, kamu akan merasakan kebahagiaan lebih lama, sehingga kehidupan yang dijalani akan dipenuhi dengan semangat. Masa iya kamu tidak ingin mengetahui kunci kebahagiaan dari buku ini? Caranya sangat mudah untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa klik tombol “beli buku” dan buku akan sampai ke rumah kamu.

7. Bagaimana Diri Kita Hari Ini? – Muh. Ramli dan Nur Jannah

tombol beli buku

Dalam menjalani aktivitas kehidupan pasti kita akan selalu berharap dan berdoa agar diberikan kemudahan ketika menjalani aktivitas kehidupan. Dengan berdoa, setiap manusia akan selalu ingat bahwa kehidupan yang dijalaninya atas Kehendak-Nya. Manusia pasti tidak akan pernah lepas dari suatu masalah dalam hidupnya, sehingga terkadang membuat dirinya seperti insecure ketika menjalani hidupnya, bahkan ada yang merasa putus asa.

Di dalam ajaran agama Islam, rasa putus asa ini dapat dihilangkan dengan cara mempercayai bahwa Allah selalu berada di dekat kita. Salah satu buku yang mengajarkan bahwa Allah selalu dekat dengan kita adalah Bagaimana Diri Kita Hari Ini? Buku ini ditulis oleh dua orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia keislaman, yaitu Muh Rusli dan Nur Jannah.

banner-promo-gramedia

Di dalam buku ini, pembaca akan diberikan sebuah narasi yang menjelaskan tentang ayat-ayat Al-Quran dan Hadist-Hadist supaya lebih tenang dalam menjalani suatu permasalahan dalam kehidupan. Pembaca yang membaca buku ini insyaAllah akan lebih mudah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Penasaran dengan pesan-pesan kehidupan yang ada di dalam buku ini? Grameds, bisa membeli buku ini dengan klik tombol “beli buku”.

8. Tak Apa Untuk Tak Baik-Baik Saja – Yusrina Sri

tombol beli buku

Mengenal diri sendiri sangatlah penting karena dapat membantu kamu untuk menjadi pribadi yang lebih tenang dan lebih baik lagi, sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang terbaik. Dengan mengenal diri sendiri, setiap permasalahan kehidupan akan mudah diselesaikan dan kamu lebih bahagia dalam menjalani kehidupan.

Namun, tidak semua orang mampu berbicara dengan dirinya sendiri, apakah kamu salah satunya? Alangkah baiknya, kamu mulai membiasakan diri untuk berbicara dengan diri sendiri. Apabila kamu ingin membiasakan diri untuk berbicara terhadap diri sendiri, kamu bisa membaca buku Tak Apa Untuk Tak Baik-Baik Saja karya Yusrina Sri. Penulis buku ini merupakan seseorang yang merangkai kata-kata seolah-olah kamu sedang berbicara dengan diri sendiri, sehingga buku ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melatih dirinya agar mampu terbiasa berbicara dengan diri sendiri.

Di dalam buku ini memiliki banyak sekali nilai-nilai manusia yang perlu ditanamkan di dalam diri agar terhindar dari rasa insecure. Setiap bab dalam buku ini akan mengajarkan pembaca supaya menjadi pribadi yang berani, menerima kenyataan, hingga menjadi manusia sesungguhnya.

9. Tak Apa-Apa Tak Sempurna – Brene Brown, Ph.D., L.M.S.W.

tombol beli buku

Rasa tidak percaya diri ini bisa memunculkan insecure pada seseorang, sehingga kamu akan ragu atau takut dalam melakukan sesuatu hal. Rasa tidak percaya diri ini bisa muncul kepada siapa saja, tak terkecuali diri kamu. Pada dasarnya rasa kurang percaya diri ini bisa dicegah atau dihilangkan selama di dalam diri kita memiliki keberanian.

Buku tentang perbaikan diri selanjutnya dalah buku Tak Apa-Apa Tak Sempurna yang ditulis oleh Dr. Brene Brown. Beliau sangat memiliki sebuah konsep “kepenuhan hati”, konsep ini ia pelajari selam 10 tahun lamanya. Buku yang telah ditulis oleh Dewan Riset di University of Houston Graduate College of Social Work ini terdiri dari beberapa bab yang membahas tentang solusi untuk menghadapi berbagai permasalahan ketidakpercayaan diri.

Dengan membaca buku ini, kamu bisa merasakan keberanian dari dalam diri, sehingga kamu bisa berubah menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Dengan rasa percaya diri itu, maka setiap aktivitas yang kamu lakukan akan lebih mudah untuk dijalani atau diselesaikan. Apakah kamu ingin meningkatkan rasa percaya diri? Segera dapatkan buku ini dengan klik tombol “beli buku”.

10. Menjaga Kesejahteraan Mental – DRA. Agustine Dwiputri

tombol beli buku

Dewasa ini, menjaga kesejahteraan mental itu harus dilakukan oleh setiap orang tak terkecuali diri kamu. Apabila kita kesehatan mental terganggu, maka tidak menutup kemungkinan akan memunculkan rasa insecure. Dengan adanya munculnya rasa insecure menandakan bahwa ada suatu hal yang negatif di dalam diri manusia, seperti rasa tidak percaya diri, sulit untuk mengembangkan diri, dan sebagainya.

Biasanya terganggunya kesehatan mental dikarenakan adanya permasalahan dalam hidup. Kesehatan mental ini harus dijaga dengan baik agar tidak timbul rasa insecure. Salah satu buku yang dapat menjaga kesehatan mental adalah Menjaga Kesejahteraan Mental. Buku ini sangat direkomendasikan untuk setiap orang terutama mereka yang mulai mengalami gangguan pada mentalnya.

Pembaca yang membaca buku ini akan mudah untuk mendapatkan kiat-kiat supaya kesehatan mental tetap terjaga. Terlebih lagi, buku ini ditulis oleh seorang psikolog, Agustine Dwiputri. Pembahasan yang ada di dalam buku ini dibagi menjadi 4 bab, setiap babnya selalu berkisah tentang menjaga kesejahteraan mental untuk diri sendiri, hingga dalam menghadapi suatu masalah.

11. Jadilah Diri Anda Sendiri – John Mason

tombol beli buku

Bagi sebagian orang mungkin mengenal siapa itu John Mason, seorang penulis sekaligus pelatih penulis dan pembicara. John Mason sudah menulis banyak sekali buku, hampir setiap bukunya bertemakan tentang pengembangan diri atau ajaran hidup agar tidak mudah menyerah, serta kerohanian, salah satu bukunya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Jadilah Diri Anda Sendiri.

Dalam menulis buku ini, penulis membagi menjadi tiga bagian yang di mana setiap bagiannya selalu memiliki hal-hal yang dapat dijadikan sebagai pedoman hidup. Buku ini bisa dibilang paket lengkap untuk mengenal diri kita lebih dalam karena penulis menjelaskan bahwa manusia itu harus mengenal dirinya sendiri terlebih dahulu baru bisa berkenalan dengan orang lain.

Jika kamu belum bisa percaya terhadap kemampuan diri sendiri, buku ini bisa menjadi bahan bacaan kamu. Dengan membaca buku ini, kamu akan mudah untuk berinteraksi dengan orang lain karena sudah mengenal diri sendiri. Jadi, tunggu apalagi segera dapatkan buku ini.

12. From Powerful Words to Powerful Actions – Erwin Parengkuan

tombol beli buku

Setiap orang pasti selalu memiliki harapan dalam kehidupannya. Sangat disayangkan, apabila harapan ada di dalam diri manusia tak dapat diwujudkan. Memang dalam mewujudkan harapan itu tidak mudah, sehingga membutuhkan sebuah motivasi dari dalam diri sendir, lingkungan dan orang lain.

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap harapan manusia ini biasanya berawal dari kata-kata atau ucapan yang sengaja diucapkan atau tak sengaja diucapkan. Kata-kata bisa menjadi motivasi dalam kehidupan seseorang terutama bagi mereka yang ingin menggapai harapannya. Kamu perlu menemukan kata-kata penyemangat agar kehidupan yang dijalani juga dipenuhi dengan rasa semangat.

Buku-buku karya Erwin Parengkuan ini sudah banyak yang menjadi best seller. Buku From Powerful Words to Powerful Actions karya Erwin Parengkuan berisi tentang cara untuk mendapatkan kata-kata penyemangat atau motivasi hidup. Apakah kamu tidak ingin mendapatkan kata-kata yang dapat memotivasi kamu dalam mewujudkan sebuah harapan?

Penulis: Restu Nasik Kamaluddin

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu