in

Review Buku You Do You: Sebuah Perjalanan Menemukan Ikigai

Jika berbicara mengenai passion, minat, bakat, atau pekerjaan impian, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan topik pembahasan itu. Terlebih untuk orang-orang yang mulai memasuki usia 20 tahun. Dimana pada usia tersebut, kita sudah dituntut untuk mempersiapkan masa depan dengan sebaik mungkin. Tak heran, banyak dari kita yang akhirnya mencoba mengeksplorasi keahlian dalam diri sendiri, minat yang disukai, dan mencari apa yang sebenarnya kita butuhkan.

Pada hal tersebut passion seringkali menjadi salah satu acuan untuk diri seseorang dalam upaya melakukan sesuatu. Terutama dalam hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Akan tetapi, ternyata muncul lagi konsep lain yang lebih dalam dibandingkan passion. Konsep hidup tersebut berasal dari negara Jepang dan disebut sebagai IKIGAI. Apakah Grameds tahu, apa itu IKIGAI?

Ikigai merupakan sebuah filosofi yang sudah lama lahir di negara Jepang. Konsep tersebut dimaknai sebagai sesuatu yang bisa memberikan seseorang sebuah motivasi yang berkelanjutan dalam menjalani kehidupan.

Konsep Ikigai dapat dikaitkan dengan konteks apapun yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam konteks karir atau pekerjaan, konsep ikigai menerapkan tiga poin yang perlu kita lakukan supaya bisa lebih mudah dalam menentukan tujuan hidup. Apa saja poinnya?

1. Melakukan sesuatu yang bisa atau mampu kita lakukan
2. Melakukan sesuatu yang dapat menghasilkan uang saat kita melakukannya
3. Melakukan sesuatu yang sedang dunia butuhkan

Bagaimana, sekilas terkesan sulit rumit bukan?

Namun tenang saja, sebab buku karangan Fellexandro Ruby yang berjudul “You Do You” ini akan sangat membantu kita para pembaca dalam merencanakan kehidupan karir dan masa depan agar dapat mengikuti konsep Ikigai.

Apa Itu Buku You Do You?

tombol beli buku

Buku non fiksi yang satu ini adalah salah satu buku yang menceritakan atau membahas mengenai pengembangan diri. Dengan isi yang sangat padat dengan gaya penulisan yang ringan, membuat buku ini sangat mudah untuk dipahami. Terlebih untuk anak-anak muda yang lebih menyukai gaya penulisan yang lebih santai dan terkesan dekat dengan penulis. Buku You Do You adalah buku yang tidak membosankan, meski pembahasan di dalamnya berkaitan dengan karir dan kehidupan kita. Pembahasan yang diangkat di buku ingin sangat praktikal, namun juga dapat membantu kita untuk merefleksikan diri.

Jika diulas dari halaman pertama, di awal bab penulis memberikan sedikit cerita mengenai alasan dan cerita dibalik kenapa dia menulis buku ini. Pertanyaan-pertanyaan yang Grameds temukan di bagian sampul belakang juga ada di halaman awal buku.

Kemudian di bab-bab selanjutnya, terdapat pembahasan mengenai bagaimana cara kita untuk mengenali diri sendiri, baik itu tentang kemampuan hingga keinginan dan tujuan yang ingin dicapai. Pada pembahasan tersebut penulis menyisipi pengalamannya sendiri yang diceritakan secara santai, sehingga lebih mudah menyentuh pembaca dan memotivasi pembaca agar mereka berpikir. Sebenarnya apa yang pembaca suka? Apa kemampuan yang mereka miliki? Apa tujuan hidup mereka? dan lainnya.

Lalu pada bab selanjutnya, penulis membahas mengenai konsep Ikigai. Penulis menceritakan bagaimana kita bisa mencari dan juga menentukan ikigai dalam hidup kita sendiri. Kemudian tentang bagaimana sebuah konsep Ikigai atau passion bisa dikembangkan menjadi sebuah aset yang bisa mendatangkan pundi-pundi penghasilan.

Dalam hal ini penulis memberikan contoh yang cukup sederhana. Contoh, jika saat ini kita adalah seseorang yang gemar terhadap games. Maka cobalah untuk mencari turunan dari kata kerjanya. Misalnya dari orang-orang yang menyukai game, kita bisa mengembangkan minat kita menjadi seorang youtuber gaming yang bermain games sembari live atau mereview sebuah game dan diunggah di channel youtube, atau bahkan menciptakan sebuah gam sendiri. Dari situlah sebuah passion kita akan menghasilkan uang dan pekerjaan.

Setelah membahas mengenai konsep ikigai dan contoh-contoh yang bisa pembaca tiru. Tidak lupa pada bab selanjutnya penulis membahas mengenai cara dan tips untuk mencapai tujuan kita, mengenai investasi, dan tentang sumber penghasilan yang berasal dari luar pekerjaan kita. Selain itu, penulis juga menyisipi pengalamannya sendiri yang tentunya membuat buku tersebut semakin menarik.

Siapa Fellexandro Ruby?

Awalnya, Fellexandro Ruby dikenal sebagai seorang food photographer dari sebuah agency di Jakarta. Kemudian podcastnya bersama Ario Pratomo yang berjudul Thirty Days of Lunch banyak memperoleh apresiasi dari pendengarnya. Sebab, selain ilmu dan pengetahuan baru yang mereka sampaikan, mereka juga seringkali mewawancarai tokoh terkenal dan berpengaruh seperti Najwa Shihab dan Gary Vee.

Selain podcast Thirty Days of Lunch, Ia juga membuat sebuah komunitas untuk anak-anak muda yang memiliki keinginan untuk belajar bersama di akun Instagram @negeripembelajar. Ketika itu, Ia sangat aktif dalam memberikan ilmu di channel Youtube dan akun Instagramnya sendiri.

Oleh karena itu, akhirnya Fellexandro Ruby menulis buku yang berjudul You Do You, dimana Ia menekankan pentingnya self awareness sebagai sebuah langkah awal dalam mencari passion dan Ikigai. Tidak hanya asal berbicara, penulis juga menyertakan hasil riset yang menunjukkan keunggulan dari orang-orang yang mempunyai self-awareness yang baik. Diantaranya yaitu orang yang memiliki self-awareness yang baik cenderung lebih percaya diri, kreatif, dan bisa menjadi seorang pemimpin yang baik.

Selain itu, buku tersebut juga merekomendasikan banyak macam tools atau media yang bisa digunakan untuk mengenali diri sendiri secara lebih baik. Mulai dari penggunakan personality test seperti Vark Test atau DISC Test guna mengetahui metode belajar yang cocok dengan kita.

Untuk orang-orang yang sedang di dalam fase pencarian kerap kali merasa putus asa karena usaha yang dilakukan tidak membuahkan hasil sama sekali. Oleh sebab itu, penulis mencoba untuk membimbing dan memberikan jalan bagi para pembaca yang sedang di dalam fase tersebut agar bisa menemukan jalannya sesuai dengan kemampuan diri.

Dari situlah buku You Do You mengingatkan bahwa melakukan banyak percobaan dan menambah pengalaman dapat menjadi proses untuk mengenal diri sendiri lebih dalam. Ada salah satu kutipan yang mungkin bisa memotivasi pembaca agar tidak takut gagal. Kutipan tersebut berbunyi, “Embrace failure, habiskan jatah gagalmu”.

Proses pencarian Ikigai di setiap orang memang berbeda-beda. Dalam buku ini, penulis menekankan bahwa tidak ada patokan khusus yang harus kita lakukan untuk menggapai ikigai, sebab setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, memperbanyak eksperimen dan meningkatkan self-awareness adalah dua hal yang sangat penting untuk kita lakukan agar bisa menemukan ikigai masing-masing. Jadi, jangan mudah iri dengan pencapaian orang lain ya.

tombol beli buku

Buku yang Menggunakan Bahasa Anak Muda

Gaya bahasa yang digunakan penulis dalam buku ini sangat ringan dan mengikuti gaya bahasa anak mudah zaman sekarang. Fellexandro Ruby menulis buku ini dengan bahasa sapaan gue dan lo. Kemudian dicampur juga dengan Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris. Saat membaca buku ini, kita akan merasa sedang ngobrol santai sembari ngopi di coffee shop ala anak muda zaman sekarang. Maka dari itu, buku ini sangat direkomendasikan untuk anak-anak muda yang mulai bingung terkait passion dan tujuan hidup kedepannya.

Buku yang Dapat Merefleksikan Seseorang Untuk Improve

Dengan membaca buku ini, pembaca akan dibawa untuk mengetahui konsep Ikigai dan bagaimana cara mencapainya. Selain itu, pembaca juga akan disuguhi berbagai pengalaman penulis dalam menggapai tujuan hidup yang selama ini Ia cari. Pengetahuan mengenai self-awareness juga dibahas dengan baik di buku ini.

Sehingga, pembaca dapat memperoleh cara baru untuk meningkatkan self-awareness pada dirinya sendiri. Buku ini juga dapat membantu seseorang untuk terus mengembangkan diri dan berpikir kritis terhadap apa yang sudah dilakukan saat ini. Sehingga hal tersebut membuat seseorang mau dan berkeinginan untuk improve. Tidak hanya iri dengan pencapaian orang saja tanpa melakukan upaya untuk mencapai tujuan hidup sendiri.

Tidak hanya itu saja, penulis juga memberikan beberapa link dan sumber lainnya yang bisa membantu pembaca untuk mengembangkan diri lebih lanjut.

Mengetahui Cara Belajar yang Efektif

Di dalam buku ini, Fellexandro Ruby mengajak pembaca untuk melakukan sebuah test kepribadian yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana pembaca akan diberi link menuju ke test tersebut. Jadi, cara belajar seseorang itu dibagi menjadi 4 kategori, yaitu visual, audio, membaca atau menulis, dan kinesthetic.

Dari tes tersebut, pembaca akan menemukan kategori mana yang sesuai dengan dirinya sendiri. Sehingga hal tersebut dapat membantunya dalam menentukan metode belajar yang tepat.

Kesimpulan Review Buku You Do You

Buku You Do You adalah salah satu buku yang cukup menarik untuk dibawa. Sebab, tak hanya isinya saja yang bermanfaat bagi kehidupan karir kita, tapi juga gaya bahasa yang digunakan sangat mudah untuk dipahami. Penjelasan yang ada di dalamnya mampu membuat para pembaca merefleksikan diri dan berpikir tentang ke arah mana kita harus berjalan untuk menemukan passion kita. Meski tools atau link yang diberikan di dalam buku ini tergolong sedikit. Namun isi dari buku ini sudah lebih dari cukup untuk membuat para pembaca sadar atas diri mereka sendiri.

tombol beli buku

Written by Lely Azizah