in

Review Buku “Siapa Aku? Apa Bakatku?” Karya Prabu Ganendra

Review Buku “Siapa Aku? Apa Bakatku?” Karya Prabu Ganendra – Pada dasarnya setiap orang memiliki kemampuan dan keahlian masing-masing. Namun, tidak semua orang dapat menggunakan kemampuan mereka, bahkan beberapa orang tidak percaya pada kemampuan yang mereka miliki. Seperti seseorang yang memiliki kemampuan untuk memimpin tim dan suatu saat menjadi seorang pemimpin, tetapi tidak bisa merasa percaya diri atau minder.

Ketika rasa percaya diri memburuk dalam hidup dan ini terjadi terus menerus maka hal tersebut dapat membuat seseorang hanya berjalan di tempat atau tidak ada gerakan yang mengarah pada kemajuan dalam hidup mereka. Oleh karena itu, jika kamu memiliki percaya diri yang rendah, penting bagi semua orang untuk mengetahui mencari tahu bagaimana cara meningkatkan harga diri.

Percaya diri adalah kualitas seseorang yang percaya diri dan yakin dengan kemampuan batinnya. Sehingga mereka dapat merencanakan dengan baik semua rencana kehidupan. Orang yang percaya diri juga dapat digambarkan sebagai seseorang yang sadar akan kemampuannya dan dapat melakukan sesuatu dengannya. Mereka yang percaya diri hanya ingin mendengar apa yang dikatakan orang lain dalam bentuk masukan yang dapat memperbaiki diri.

Rasa percaya diri setiap orang memiliki kelebihan karena bisa hidup dengan percaya diri. Kehidupan yang percaya diri juga diisi dengan hal-hal positif dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi, tentunya kita juga harus mengenali diri kita sendiri. Kita harus tahu apa yang diri kita inginkan dan apa kemampuan dalam diri kita. Dengan mengenali diri sendiri tentunya hidup kita menjadi lebih terarah sesuai dengan yang telah direncanakan.

Psikolog klinis, Ryan Howes Ph.D mengatakan bahwa, setiap orang memiliki cara yang unik dan berbeda untuk menghadapi dan menjalani hidupnya. Maka amat penting bagi kita semua untuk memahami perbedaan itu untuk meminimalkan kemungkinan munculnya tekanan yang timbul karena kita tak bisa memahami diri sendiri.

Menurut Howes, sekali kita telah menemukan pola dan kebiasaan yang bisa membuat kita lebih memahami diri sendiri, kita akan bisa lebih mantap membuat pilihan-pilihan berbeda dari yang sebelumnya tak pernah kita ambil.

Tentu saja dibutuhkan kerja keras dan keberanian kita untuk bertanya tentang hal-hal besar pada diri sendiri seperti tentang apa yang sebenarnya kita inginkan, mengapa kita merasakan apa yang tengah kita rasakan, serta pertanyaan-pertanyaan lain dan harus bersiap untuk mendapat jawaban yang tak sesuai dengan keinginan kita.

Kebenaran tentang kesalahan yang kita lakukan, tentulah bukan kabar baik yang ingin kita dengar. Tapi harus kita terima dan hadapi dengan tegar, sebab membuka “pintu kebenaran” dapat memberi kita informasi yang positif dan berharga, asal saja kita mau lapang dada menerimanya. Melakukan refleksi untuk memahami diri memang acap tak mudah, karena jujur menguliti diri merupakan sebuah kegiatan yang tak menyenangkan.

Oleh karena itu, buku “Siapa Aku? Apa Bakatku?” ini hadir untuk membantu kalian yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dan juga belum mengetahui diri lebih dalam lagi. Dengan adanya buku ini mungkin kalian yang membacanya akan merasa lebih paham mengenai apa yang sebenarnya diri kalian inginkan.

Detail Buku

Buku “Siapa Aku? Apa Bakatku?” ini ditulis oleh Prabu Ganendra yang memiliki jumlah halaman sebanyak 154. Buku ini terbit pada 2 Juli 2018 oleh penerbit Semesta Hikmah. Buku ini menggunakan bahasa Indonesia yang memudahkan kalian untuk memahami isi buku ini. Dengan jumlah halaman 154 lembar, buku ini memiliki lebar 13 cm, panjang 19 cm, serta beratnya 0.250 kg. Buku ini memiliki nomor ISBN 9786025199431. Selain itu, buku ini memiliki harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp35.000,00.

beli sekarang

Sampul Buku

Buku ini memiliki sampul dengan banyak warna, di mana membuat yang melihatnya menjadi tertarik dan memberikan kesan semangat dalam hidup dan juga warna-warna dalam hidup yang beragam. Judul buku juga terpampang jelas di tengah-tengah dan berukuran besar, sehingga setiap orang dapat melihatnya secara jelas. Bahkan pada sampulnya juga terdapat kalimat motivasi seperti, “Menemani remaja dalam menemukan jati diri dan potensi diri” dan “Sebab pintar saja tidak cukup, kamu harus tahu jati dirimu sebenarnya!”

Sinopsis Buku

Banyak orang tidak menyadari siapa dirinya, apa potensi dan bakatnya. Padahal sebenarnya Tuhan telah memberikan potensi kepada setiap orang meski dalam bidang yang berbeda-beda. Begitu juga dirimu. Lalu, bagaimana cara menggali potensimu sebenarnya dan bagaimana cara mengembangkannya. Buku ini mengajak kamu untuk menemukan siapa dirimu sebenarnya, apa potensimu, apa bakatmu, lalu mencari tahu bagaimana cara untuk mengembangkannya.

Isi Buku

Buku ini berisi motivasi yang dapat membantu pembaca dalam membangkitkan rasa percaya diri. Selain itu, buku ini juga dapat membuat para pembacanya bisa mengenali dirinya sendiri lebih dalam lagi. Sesuai dengan judul bukunya yaitu “Siapa Aku?”, di mana secara tidak langsung buku ini mengajak kita untuk mencari tahu tentang diri kita, apa yang mau kita lakukan, apa bakat kita, serta pekerjaan yang cocok untuk kita di masa depan. Semua pertanyaan itu akan dapat ditemukan jawabannya jika kita telah mengenali diri kita lebih dalam.

Artinya, dengan kita mengenali diri sendiri maka rasa percaya diri dalam diri kita juga akan meningkat. Kita dapat menemukan jati diri kita dan juga mengembangkan potensi yang ada pada diri kita. Namun, jika kamu masih sulit untuk menerima diri sendiri, kamu dapat melakukan beberapa hal yang dapat memotivasi diri kamu sendiri seperti, selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki, tidak boleh berlebihan ketika menerima pujian, selalu memanfaatkan kesempatan yang ada, dan mencari waktu bersama orang yang memilik aura positif.

 

beli sekarang

Hal-hal Yang Bisa Kamu Pelajari

Kamu akan mendapatkan jawaban atas berbagai pertanyaanmu mengenai dirimu sendiri di dalam buku ini. Kamu juga dapat mempelajari apa yang telah disarankan di dalam buku ini.

1. Mengenali Diri Sendiri

Mengenal diri sendiri adalah fondasi di mana kita dapat tumbuh dan itu adalah cara untuk menemukan jati diri kalian masing-masing. Mengenal diri sendiri berarti melihat pola saat kamu merespons situasi.  Mereka yang dapat mengenali diri mereka sendiri dapat membawa dan memosisikan diri mereka secara proporsional dengan sifat mereka. Perjalanan hidupnya mudah, karena pikirannya cerah dan dapat dilihat apa adanya, tanpa adanya sebuah rekayasa.

2. Tentukan Impianmu Sendiri

Kita semua pastinya memiliki mimpi. Namun, tidak semua orang bisa memutuskan impian mereka. Banyak dari mereka telah tertipu oleh keberhasilan orang lain. Meski mereka tidak pernah menyangka bahwa orang sukses akan mengalami kesuksesannya dalam berbagai kisah yang berliku bahkan menyakitkan. Sekarang setelah kamu tahu bahwa kamu harus memiliki impian suksesmu sendiri untuk berhasil maka kamu perlu memastikan bahwa kamu juga tahu apa yang sebenarnya kamu inginkan.

3. Cari Pekerjaan Yang Kamu Inginkan

Pekerjaan memiliki dampak besar pada hidup setiap orang. Kamu dapat menghitung kapan kamu mulai bekerja sampai tidak merasa semakin tua. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memastikan kebahagiaan hidup kamu adalah dengan memastikan bahwa kamu bahagia di tempat kerja. Sebenarnya, pikiran dan hatimu berada di alam bawah sadar. Jadi ketika kamu telah mendengar jawabannya, itu adalah jawaban dari alam bawah sadar. Memanglah sangat sederhana, hanya banyak praktisi spiritual yang mempersulit diri sendiri.

4. Pilih Pekerjaan Berdasarkan Bakat

Pada zaman dahulu, orang tidak memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan. Saat itu kemampuan mereka terbatas, sehingga mereka hanya bisa bekerja sebagai petani, penggembala, atau tukang kayu. Kini, setiap orang membutuhkan proses untuk menemukan minat dan bakatnya. Setiap orang dapat mulai memikirkan pengalaman mereka sebelumnya. Pekerjaan yang sangat diminati berdasarkan bakat dapat melakukan berbagai tugas dengan lebih sempurna, seolah-olah tidak ada hambatan besar dalam pekerjaan yang dilakukan.

5. Cari Motivasi Hidupmu

Karena kamu tidak tahu persis apa motivasi dalam kehidupan yang kamu miliki, potensi besar yang masih kamu miliki mungkin tidak cukup untuk membantu kamu untuk menjadi orang yang memiliki suatu bakat. Bahkan harta yang kamu miliki tidak akan membuat hidup kamu bahagia kecuali telah mengetahui motivasi yang ada pada diri sendiri dalam hidup. Coba renungkan dan tanya pada diri sendiri apa motivasi yang kamu miliki untuk bertahan hidup.

6. Hilangkan Rasa Malas

Kemalasan adalah keadaan diri yang tidak bergairah untuk melakukan sesuatu. Kemalasan adalah penyakit terburuk yang dapat menghambat kesuksesan. Banyak yang gagal karena tidak dapat menahan kemalasannya, begitu juga sebaliknya. Orang sukses biasanya tidak pernah berhenti berusaha untuk menemukan titik kegagalan dan selalu bersemangat ketika melakukan sesuatu.

7. Jangan Sampai Tidak Memiliki Impian

Sesuatu ada dan diciptakan karena awalnya kamu memiliki mimpi untuk menggapai kesuksesan. Kamu tidak dapat mewujudkan impian kecuali jika kamu memiliki impian dan cita-citamu sendiri. Jika kamu tidak memiliki mimpi maka kamu akan terdiam di tempat yang sama. Hal tersebut sama halnya seperti hanyut di air yang deras dan tidak bisa melakukan apa-apa dan tidak bisa mencapai tepi.

 

beli sekarang

Kelebihan Buku

  • Bahasa yang dituliskan di dalam buku menggunakan bahasa Indonesia yang ringan, sehingga para pembaca mudah memahami makna dari buku tersebut;
  • Memiliki harga yang setimpal dengan apa yang diberikan oleh buku ini;
  • Desain buku sangat bagus, sehingga membuatnya terlihat seperti buku yang mahal;
  • Dengan desain yang bagus maka sampul buku terlihat mencolok, semua orang dapat mengenali bahwa itu adalah buku “Siapa Aku? Apa Bakatku?”

Kekurangan Buku

  • Ukuran tulisan kurang besar, agar pembaca menjadi sedikit nyaman ketika membaca buku tersebut;
  • Beberapa tulisan mengalami kesalahan dalam penulisan, sehingga membuat pembaca sedikit kebingungan. Namun, secara keseluruhan buku ini masih baik-baik saja.

Kesimpulan

Buku ini memberikan pelajaran bagi kalian yang belum mengenal secara dalam tentang diri sendiri. Sehingga, kalian juga sulit untuk memupuk rasa percaya diri dan menimbulkan potensi yang ada pada diri sendiri. Kamu dapat membeli buku ini hanya dengan Rp35.000,00 saja. Di mana pembelian buku ini sangat setimpal dengan ilmu yang akan kamu dapatkan dari dalam buku ini.

Buku ini memiliki beberapa kelebihan seperti desain yang bagus, bahasa yang ringan, serta harga yang murah. Untuk kekurangan dalam buku ini hanya sekadar kurang besarnya tulisan dalam buku ini dan juga ada beberapa kesalahan penulisan di dalam buku. Namun, secara keseluruhan buku ini masih terlihat sempurna.

Grameds, demikianlah review buku “Siapa Aku? Apa Bakatku?” yang diberikan oleh Gramedia. Kamu membeli dan membacanya jika tertarik. Namun, jika kalian ingin mempelajari ilmu-ilmu lainnya, kalian juga bisa membeli dan membaca buku lain yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas dan juga bermanfaat untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

 

beli sekarang

Written by Ricky Atthariq