in

Review Buku Atomic Habits

Detail buku:
Judul: Atomic Habits “Cara Mudah dan Terbukti Untuk Membentuk kebiasaan Baik dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk”
Genre: Self Improvement
Genre: Self Improvement
Penulis: James Clear
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penerjemah: Alex Tri Kantjono  Widodo
Tahun Terbit: 16 September 2019
Jumlah Halaman: 352  halaman

 

atomic habits

 

 

Deskripsi Buku:

Orang mengira ketika Anda ingin mengubah hidup, Anda perlu memikirkan hal-hal besar. Namun pakar kebiasaan terkenal kelas dunia James Clear telah menemukan sebuah cara lain. Ia tahu bahwa perubahan nyata berasal dari efek gabungan ratusan keputusan kecil—dari mengerjakan dua push-up sehari, bangun lima menit lebih awal, sampai menahan sebentar hasrat untuk menelepon. Ia menyebut semua tadi atomic habits.

 

Dalam hidup kita saat ini adalah bentuk akumulasi dari banyaknya kebiasaan yang kita lakukan di masa lalu. Dimana masa sekarang merupakan hasil dari kebiasaan – kebiasaan yang kita lakukan di masa lalu baik itu secara terus menerus maupun tidak, keputusan-keputusan kecil serta tindakan-tindakan  yang kita lakukan akan berdampak besar untuk masa depan.

Maka dari itu kebanyakan orang mungkin juga kalian ingin menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya dan dengan itu kalian ini memulai, mengembangkan dan membangun kebiasaan-kebiasaan yang baik dan menghilangkan kebiasaan buruk dalam diri kita. Namun kebanyakan dari kita tidak berhasil dalam melalui proses demi proses dan memutuskan untuk berhenti. Hal tersebut bukan kurangnya tekad kalian untuk berubah menjadi lebih baik namun kalian perlu mengetahui bagaimana cara memproses hal kebiasaan-kebiasaan yang baik tersebut, namun dibalik mengetahui cara untuk mengembangkan dan membangun kebiasaan yang baik ini kalian terlalu menggebu gebu dan berfokus pada hasil yang ingin kalian peroleh sehingga kalian mengalami berbagai tekanan saat menjalaninya dan tidak menikmati proses demi proses yang dilakukan.

Penulis buku ini yaitu James Clear yang merupakan penulis dan pembicara yang berfokus dengan topik kebiasaan, pengambilan keputusan dan juga perbaikan berkelanjutan. Karya-karya dari James Clear muncul pada The New York Times, Time, CBS This Morning dan juga pada Entrepreneur.

Selain itu James Clear juga merupakan pembicara regular yang di perusahaan Fortune 500, karya dari James digunakan untuk tim MLB, NFL dan NB. bahkan kursus online miliki James Clear mentuturkan 10.000 orang yang berisikan pelatih, guru, manajer bahkan pemimpin. James juga memiliki platform pelatihan utama untuk individu dan organisasi yang memiliki ketertarikan dalam membangun kebiasaan yang lebih baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam dunia pekerjaan yang bernama “The Habits Academy”

dapat menemukan cara – cara yang mudah untuk melakukan perubahan besar itu berawal dan berefek dari gabungan ratusan keputusan-keputusan kecil yang biasa kita lakukan sehari-hari seperti menahan untuk tidak memakan makanan manis atau mulai untuk berolahraga.

James Clear menamainya Atomoic Habits, dimana James akan mengungkapkan hal-hal yang dapat memberikan perubahan yang kecil atau remeh menjadi hal yang besar dan dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita jalani selama hidup. James mengungkap bahwa ada trik yang bisa membuat kita untuk menyikapi sifat yang suka untuk memupuk kebiasaan yang terlupakan, serta menunjukan trik “dua menit” untuk masuk kedalam zona “goldilocks”.

banner-promo-gramedia

DUA MENIT

James Clear mengatakan bahwa Trik dua menit ini menjadi aturan yang akan menjadi patokan, maksud James dari  patokan disini adalah hal menjadi susah itu karena pikiran kita yang langsung membayangkan dan dari bayangan itu kita menjadi terbayang beratnya dahulu sebelum mencoba. Dibandingkan kita fokus dengan bayangan kita yang membuat menjadi lebih berat james ingin kita untuk mencoba untuk mengerjakan sesuatu itu selama dua menit dulu, hal ini merupakan sesuatu hal yang akan mentrigger kita untuk meneruskan pekerjaan atau suatu hal lainnya.

James juga akan menggali teori psikologi dan neurosains yang terbaru untuk menerangkan mengapa semua hal di dunia itu penting, james juga akan menceritakan bagaimana kisah-kisah inspiratif dari para peraih medali emas olimpiade, para CEO terkemuka dunia hingga para ilmuwan yang melakukan kebiasaan-kebiasaan kecil melalui sains agar tetap bahagia, termotivasi dan juga produktif. Ini akan ditunjukan melalui perubahan-perubahan kecil dan akan mendatangkan pengaruh revolusioner pada dunia karier anda tidak hanya itu bahkan dengan hubungan pribadi dan di kehidupan kalian.
James Clear mendapatkan dan menemukan ide-ide terpenting dan juga menghubungkannya melalui cara yaitu ditindak lanjuti oleh diri kita.

DIDEROT

Sering kali dalam hidup kita menginginkan sesuatu yang terus menerus seperti saat kita membeli peralatan rumah tangga, setelah kita membelinya seperti ada rasa ingin membeli peralatan rumah tangga lebih banyak lagi. Dimana kita akan memiliki hasrat untuk membeli ntah dalam alasan menserasikan peralatan rumah tangga dengan yang baru atau lainnya dan akan terus melakukan pembelajaran tersebut hal  ini mirip dengan efek domino dimana kecenderungan kita dalam berbelanja dan terus disusul dengan belanja berikutnya merupakan efek dari “diderot”

Dimana  efek “diderot” ini menyebutnya membeli yang terus menerus ini akan melahirkan “spiral konsumsi” dan membuahkan hasil yaitu terus berbelanja dan akan melakukan pembelanjaan lebih banyak kedepannya. Melalui efek diderot ini kita bisa menjadikan hal tersebut contoh atau strategi untuk kita yang suka melakukan memupuk kebiasaan-kebiasaan yang baru dengan mengidentifikasikan kebiasaan yang sudah ada sejak lama dengan kebiasaan yang baru. Mungkin bagi kebanyakan kita untuk memulai hal yang baik untuk menjadikannya kebiasaan cenderung sulit dan memerlukan waktu dan bahkan menjadi sebuah pertempuran batin dalam pikiran kita. Namun memang hal ini membutuhkan sebuah proses untuk memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik dan menjadikan hal tersebut habit dalam hidup kita.

PROSES MEMBANGUN DAN MENCIPTAKAN KEBIASAAN BAIK

Dalam proses membangun serta mengembangkan kebiasaan kita, ada beberapa proses yang bisa membantu kita menuju goals atau tujuan dalam meraih kebiasaan baik yang diinginkan, berikut ada tiga poin yang bisa kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menjadikan kebiasaan lebih clear dan juga realistis 

Sebelum kalian ingin menciptakan dan membangun kebiasaan yang baru kalian harus benar-benar melihat itu merupakan kebiasaan yang realistis juga sangat clear kedepannya akan seperti apa, setelah kalian bener-benar yakin akan hal itu kalian bisa fokus melakukan serta membangunnya jangan lupa untuk memberikan waktu-waktu kapan akan mulai dan kapan akan berhenti. Melalui waktu-waktu ini kalian akan mendapatkan tekanan dan menjadi tau juga kapan akan memulai dan kapan harus berhenti dan itu akan menjadi “habits stacking” kita kedepannya. Biasakan untuk memulai mengerjakan sesuatu melalui hal kecil daripada melakukannya dengan gegabah hal kecil akan memberikan esensi dalam hidup kita.
Dalam bukunya James Clear memberikan contoh yaitu dave Brailsford yang pada saat mengikuti acara olahraga di Britania Raya , dimana Dave tergabung dalam kelompok seperti pada umumnya kelompok olahraga sepeda. Namun Dave dan kempoknya sebanyak lima kali dalam enam tahun berturut-turut menjadi juara Tour de France. Dave menceritakan bahwa alasan kelompok mereka selalu mendapat juara dalam Tour de France adalah dengan melakukan kebiasaan dan hal-hal kecil, dimana dave mendesain ulang tempat duduk sepeda agar lebih terasa nyaman untuk digunakan dan mengajak para tim kelompok untuk memakai celana yang dapat menjaga suhu tubuh tim.

  • Menjadikan kebiasaan kita lebih mudah dan menarik

Menjadikan lingkungan pertemanan kita influencer, dimana influencer disini dapat menginfluence atau memberikan pengaruh untuk membangun atau support system kalian. Dimana kalian bisa menentukan sendiri lingkungan pertemanan kalian untuk membantu kemudahaan seperti kalian bisa berteman dengan orang-orang yang memiliki kesamaan kebiasaan yang ingin kalian kembangkan ini misalnya kalian ingin membangun dan mengembangkan kebiasaan  dalam berolahraga baik itu bermain sepeda, pergi ke gym, dan melakukan aktivitas olahraga lainnya kalian bisa berteman dengan teman kalian yang sama-sama suka berolahraga seperti kalian dimana dalam diri kita banyak yang memiliki kecenderungan untuk mengadopsi sebuah kebiasaan dari lingkungan sekitar, nah kalian bisa mengadopsi kebiasaan teman-teman kalian yang aktif dan gemar dalam berolahraga.

Dalam bukunya James menceritakan sejarah yang ada pada negara Amerika yang saat itu pasukan dari Amerika yang ditemukan dan terbukti menjadi seorang pecandu narkoba saat ditugaskan di negara Vietnam dan pasukan ini memiliki kebiasaan yang tercipta karena adanya support untuk memudahkan mereka mendapatkan heroin dari lingkungan mereka bertugas.
Menarik disini kalian bisa menjadikan kebiasaan baru yang ingin kalian bangun dan kembangkan ini secara menarik, dengan cara memulai dengan afirmatif.
Namun disini kebiasaan kalian haru dalam bentuk yang baik dan positif yaa

Dimana kalian akan memfokuskan diri dengan melakukan sesuatu dengan hal yang mudah untuk dilakukan dahulu. Seperti contohnya jika kalian ingin membangun dan mengembangkan dalam jalan dipagi hari setiap hari, namun hal tersebut akan sulit dilakukan bagi kalian yang sangat jarang melakukan jalan pagi maka dari itu kalian bisa memulainya dengan sekali atau dua kali dalam seminggu dahulu.

Hal-hal tersebut berawal dari hal-hal yang kecil, semua membutuhkan proses untuk meraih sesuatu hal tidak bisa secara instant. Kerjakan secara perlahan dan bila sudah merasakan sudah cukup untuk lebih bertumbuh kalian bisa menambahkannya secara step by step.

Hal terpenting dalam membangun dan mengembangkan kebiasaan ini, kalian memiliki goals atau tujuan yang kalian ingin capai.

  • Menjadikan kebiasaan kalian memuaskan

Memuaskan disini ada pada perasaan puas ketika hal yang diinginkan bisa kalian rasakan dan lihat, sama dengan hal membangun dan membentuk kebiasaan kalian akan merasa puas jika kalian sudah berhasil memiliki kebiasaan tersebut dalam hidup kalian. Kalian akan melihat dan merasakan dampak dari kebiasaan kalian ini, seperti keinginan kalian untuk memiliki kebiasaan untuk berolahraga secara rutin dan mendapatkan bentuk tubuh yang memuaskan bagi kalian, diingat tingkat kepuasaan seseorang berbeda-beda. Namun hal ini bisa menjadi motivasi kalian untuk mencapai goals atau tujuan kalian.

Hal terpenting dalam point ini adalah jangan memulai kebiasaan yang tidak jelas tanpa ada goals atau tujuannya untuk kalian kedepannya. Dimana sebaiknya dalam membentuk kebiasaan yang baru kalian harus mengetahui untuk apa saya memulai ini, apa motivasi, manfaat, keuntungan, kegunaan, fungsi yang akan kalian peroleh di masa depan nantinya. Setelah kalian memikirkan hal-hal tersebut dan menemukan jawabannya kalian dapat memulai membangun dan mengembangkan kebiasaan kalian.

Rekomendasi

Jika kalian ingin mencari atau memiliki ketertarikan dalam membaca bergenre self improvement yang membahas strategi untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan ingin memulai, mengembangkan dan mengelola kebiasaan positif, buku ini sangat direkomendasikan. Dimana buku Atomic Habits merupakan jenis buku yang detail serta memiliki pemaparan yang mudah untuk dimengerti seperti setiap strategi yang diberikan memiliki contoh dan ada hasil riset, latar cerita, teori tokoh, fakta ilmiah, juga ide-ide dari James Clear itu sendiri. Pembaca juga akan dimanjakan dengan grafik, tabel, diagram, dan kurva.

Setiap bab akan diakhiri dengan rangkuman yang akan memudahkan pembaca untuk kembali mengingat point-point penting yang ada dalam bab. Cara penulisan yang dipilih oleh James Clear juga dalam bentuk dialog, story telling, dan pemaparan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Buku ini juga menggunakan konsep dalam kehidupan sehari-hari sehingga pembaca menjadi relate dengan isi dari buku ini dan juga penekanan dalam buku ini berfokus pada perubahan dari hal kecil juga mudah untuk diaplikasikan di kehidupan sehari-hari pembacanya. James juga menjabarkan bagaimana pembentukan dari kebiasaan ditambah dengan step – step yang begitu sederhana dan cukup masuk akal atau realistis  bagi kehidupan kita, selain itu James juga memberikan hal-hal yang lebih realistis lagi yaitu adanya ketidak sempurnaan dalam kehidupan ini dimana dalam menjalankan kebiasaan-kebiasan kita pasti ada juga saat-saat kita absen untuk tidak melakukan kebiasaan tersebut. James juga bukan penulis yang selalu memberikan kata-kata atau pemaparan yang terlalu unrealistik seperti motivator pada umumnya. James mengatakan kuncinya adalah jangan melakukan absen tersebut terus menerus atau lebih dari satu kali karena itu akan berakibat fatal dan itu akan menjadikan kebiasaan buruk.

Kesimpulan

-kesalahan dalam gagalnya proses pembentukan kebiasaan yang baik bukan pada diri kita melainkan ada pada sistem yang kita pilih, dimana kebanyakan dari kita jika ingin memulai sesuatu hal yang merupakan kebiasaan yang ingin kita capai itu terlalu menggebu-gebu dan akhirnya diri kita menjadi tertekan dan tidak menikmati segala proses yang kita jalankan dan hal itu akan menjadi sementara, maka dari itu kita bisa memulainya dari hal-hal kecil terlebih dahulu baru berekembang dan berekemabang yang pastinya melalui proses demi proses.

-mencobalah untuk melakukannya  terlebih dahulu sebelum kalian menyerah karena kebanyakan dari kita membayangkan dahulu dan biasanya muncul bayangan bahwa hal tersebut merupakan hal yang sulit,  padahal kalian belum benar-benar mencobanya. Kalian bisa memulai dengan mencoba melalui teknik dua menit yang bisa membuat suatu perubahan yang signifikan untuk kedepannya

-lingkungan sekitar kalian akan menjadi sangat mempengaruhi kalian, maka dari itu fokus dengan lingkungan yang positif dan juga mendukung kebiasaan yang akan anda bangun dan kedepannya
-dalam proses pembangunan kebiasaan yang akan kalian lakukan fokus pada kebiasaan lebih clear dan juga realistis, kebiasaan kita lebih mudah dan menarik, dan Menjadikan kebiasaan kalian memuaskan

Nah, itulah review buku Anatomi Habits yang ditulis oleh James Clean mengenai Cara Mudah dan Terbukti Untuk Membentuk kebiasaan Baik dan Menghilangkan Kebiasaan Buruk yang dapat menjadi gambaran besar untuk Grameds. Seperti yang dapat di lihat, terdapat berbagai poin-poin dan juga rangkuman dari cara mudah dan terbukti untuk membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk.

banner-promo-gramedia

Jika Grameds ingin mencari informasi lebih dalam mengenai buku Anatomi Habits ini maupun buku-buku bergenre self improvement, kamu dapat membaca berbagai buku yang ada di Gramedia yang pastinya mudah dipahami dan kaya akan informasi. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu Grameds. Semoga bermanfaat yaa!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Chelsea