in

Review Buku Think & Grow Rich – Napoleon Hill

Cover Think & Grow Rich OK Cetak 14Sept

Detail Buku Think & Grow Rich:

Judul: Think & Grow Rich
Genre: Self Improvement, Motivation
Penulis: Napoleon Hill
Penerjemah: Sugianto Yusuf dan Pandam Kuntaswari
Bahasa: Indonesia
Penerbit: Mic Publishing
Tahun Terbit: 13 Desember 2016
Jumlah Halaman: 324 halaman
Berat Buku: 0.38 Kg
Lebar Buku: 15 Cm
Panjang Buku: 23 Cm
ISBN: 9786020956428
Harga Buku: Rp 105.000

Deskripsi Buku Think & Grow Rich:

“Salah satu hari terpenting dalam hidup saya adalah saat saya mulai membaca Think and Grow Rich, pada 1937”  W. Clement Stone, pebisnis dan penulis buku laris.    “Ini bukan novel. Ini buku narasi tentang pencapaian individu yang disarikan dari pengalaman ratusan orang sukses Amerika. Buku ini harus dipelajari, dicerna, dan dimaknai. Filosofi yang ada takkan Anda jumpai di sekolah, tapi bisa memampukan Anda untuk mengatur dan menerapkan pengetahuan yang ada dan mengubahnya jadi layanan berguna tanpa membuang waktu.”  Dr. Miller Reese Hutchison, dikenal sebagai Konsultan Teknik dan kerabat sejati Thomas A. Edison.    APA YANG PALING ANDA INGINKAN?  Uang, Kekuasaan, Kepuasan Diri, Kepribadian, Kedamaian Jiwa, atau Kebahagiaan?    Tiga belas langkah menjadi kaya, yang dijabarkan dalam buku ini menawarkan filosofi pencapaian individu, untuk orang-orang yang mencari tujuan tertentu dalam hidup. Semua filosofi yang tersaji disarikan dari penilitian terhadap 500 orang sukses Amerika, selama 25 tahun. Terapkan langkah demi langkah dan raihlah kemakmuran.

Penulis Buku Think & Grow Rich:

Napoleon Hill,
Napoleon Hill kelahiran tahun 19883 di kota Wise Country, Virginia. Merupakan seorang pemuda yang memiliki profesi sebagai reporter gunung lokal, di mulai ketika Napoleon di usia 13 tahun. Karir yang dimulai dengan sederhana ini membawanya menjadi seorang pria paruh baya yang sukses. Napoleon Hill merupakan penasihat president Franklin D. Roosevelt di tahun 1933 sampai dengan 1936. Buku Think and Grow Rich tahun 1937 merupakan karya dari Napoleon yang paling dikenal oleh masyarakat dan menjadi salah satu buku terlaris sepanjang masa. Napoleon Hill menutup usia pada tahun 1970 di bulan November tanggal 8 dan buku THink and Grow Rich telah terjual lebih dari 20 juta copy dan diterjemahkan ke banyak bahasa. Napoleon Hill sebelum mencapai umur ke 13 tahun merupakan anak yatim piatu dimana kedua orangtua sudah meninggal dan menyebabkan Napoleon Hill memiliki perasaan kehilangan sosok kedua orangtuanya, Napoleon Hill dikenal anak yang suka memberontak dan ia memutuskan untuk menyibukan diri sebagai reporter gunung dan juga menulis artikel untuk korean lokal.
Pada usia Napoleon Hill ke 15 tahun ia menulis artikel untuk banyak surat kabar di kota kecil, kemudian uang tersebut ia kumpulkan untuk masuk ke sekolah hukum. Namun karena Napoleon Hill tidak berhasil mendapatkan banyak uang untuk membayar biaya sekolah hukum nya ia harus terpaksa keluar dari sekolah. Karena hal itu semangat Napoleon Hill untuk menulis akhirnya membawanya sampai pada banyak orang kuat dan juga berpengaruh di zaman itu. Ketika memiliki kesempatan untuk bertemu dan juga mewawancarai salah satu dari banyaknya orang berpengaruh, Napoleon Hill memutuskan untuk mengambil kesempatan untuk membuat dedikasi lebih dari 20 tahun hidupnya untuk mengejar dan mendefinisikan alasan-alasan dari kegagalan orang untuk mencapai sebuah kesuksesan finansial dan juga sebuah kebahagiaan.

Review Buku Think & Grow Rich:

Buku karya Napoleon Hill memiliki 3 faktor utama dalam menggapai sebuah kesuksesan melalui penjabaran dan menjadi beberapa langkah yang tepat dan praktis. Terdapat beberapa faktor di dalamnya seperti faktor dorongan dan juga motivasi dalam setiap individu, faktor kreatifitas dan juga keekenuna dan daktor stimulus eksternal. Kebanyakan alur cerita dalam sejarah di dunia ini banyak dicetak oleh banyak pribadi-pribadi yang memiliki kemauan dan juga tekad yang membara seakan telah menjadi pembeda dari antara pribadi yang memiliki tujuan hidup dan pribadi yang memiliki tujuan hidup dan juga pribadi yang membiarkan dirinya terhanyut dalam deras arus kehidupan dunia.

Sosok banyak pribadi agung yang namanya tercatat baik di dalam peradaban dunia ini diantaranya banyak yang memulai jalan kehidupanya dari titik nol seperti (Columbus, Copernicus, Henry Ford, Thomas Edison dan Helen Keller)  yang memulai kehidupannya dari titik nol. Melalui contoh tersebut kita dapat melihat benang merah yang dapat mengubah kisah hidup mereka yaitu fokus pada  “mimpi” dan juga “kemauan” walaupun dimulai dari ketidak punyaan.

Perpaduan dari kemauan dan keyakinan seseorang akan memberikan suatu pengaruh yang luar biasa di dalam alam bawah sadar seseorang yang akan membentuk sebuah “kemalangan” dalam diri mereka sendiri dan mereka juga menanamkan sebuah kepercayaan “negatif” di dalam alam bawah sadar mereka sehingga mengubahnya menjadi sebuah tindakan nyata. Sebaliknya mereka yang sukses dalam hidupnya mampu untuk menumbuhkan suatu keyakinan positif di dalam alam bawah sadar dan juga mendapatkan sebuah imbalan fisik yang sesuai dengan apa yang mereka pikirkan. Kita dalapar menumbuhkan keyakinan positif di dalam diri kita sendiri walaupun terbilang tidak mudah, namun secara garis besar hal tersebut bisa dijelaskan sebagai  berikut,

-kita harus percaya bahwa diri kita mampu dalam mencapai dan menggapai tujuan dan juga mimpi besar kita dalam hidup.
-kita harus sadar akan diri kita harus mendominasi pikiran kita agar menghasilkan tindakan-tindakan fisik dan akan membawa kita pada realita yang ada.
-kita harus fokus dengan tujuan utama dalam hidup kita, menanamkan dalam diri kita bahwa kita tidak akan berhenti untuk terus berusaha dan mencapai dan menggapai tujuan utama dari hidup kita.
-kita dapat terus berbuat baik dimana kita harus menyadari bahwa tidak ada harta ataupun tahta yang akan bertahan lama jika kita tidak membangunnya dengan “kebenaran” dan juga “keadilan”. Kita harus meraih kesuksesan kita dengan cara yang jujur dan tidak merugikan pihak manapun.
Buku karya Napoleon Hill akan memaparkan secara rinci bagaimana sebuah “hakikat” pengetahuan dapat terbagi menjadi dua yaitu, pengetahuan dari akademik dimana mengetahui pengetahuan umum yang bersifat teori dan juga pengetahuan dari pengalaman hidup kita sebagai makhluk sosial yang bersifat praktis. Balik kepada tokoh di atas tidak semua dari mereka memiliki latar belakang pendidikan formal yang “mentereng” dan banyak diantara mereka yang bahkan tidak tamat dari pendidikan dasar, tetapi tokoh di atas dapat mencapai dan menggapai kesuksesan mereka karena mereka mampu untuk mengolah pengetahuan mereka baik yang bersifat formal dan nonformal yang akan mengarahkannya dengan mencapai tujuan yang telah mereka wariskan. Pada buku ini akan di jelaskan cara-cara dalam mencurahkan pengetahuan kita kepada target yang akan kita akan dekati, kita dapat menentukan pengetahuan yang bersifat umum hingga khusus yang akan kita butuhkan sebagai dasar dari tujuan hidup yang akan kita tetapkan. Setelah hal tersebut kita lakukan kita dapat mencari sumber pengetahuan yang bisa kita yakini. Sebuah bisnis yang berhasil biasanya diawali sebuah ide yang merupakan produk dari imajinasi, dimana dalam sejarah kita sebagai manusia mampu untuk menciptakan sesuatu yang luar biasa dapat berawal dari satu titik yang bernama “imajinasi” dan dengan itu imajinasi dibagi dua bentuk oleh Napoleon Hill. imajinasi sintetis yang disebut dengan kemampuan kita dalam menyusun suatu konsep, ide atau sebuah rencana yang terpikirkan lama masuk kedalam kombinasi yang baru. Imajinasi yang kedua merupakan “imajinasi kreatif” yang memiliki kemampuan dalam bentuk “firasat” atau sebuah “inspirasi” dan pada dasarnya melalui “imajinasi kreatif” kita sebagai manusia mampu untuk memberikan sebuah gagasan atau sebuah ide baru yang mampu untuk menyesuaikan diri atau berkomunikasi dengan pikiran bawah sadar manusia lainnya.

Ketika kita dalam sebuah perencanaan yang perlu sampai matang karena hal ini pasti kita perlukan ketika kita ingin mencapai sesuatu tujuan besar dalam hidup kita, terdapat beberapa point penting dalam perencanaan yang kita akan lakukan,

Pertama, membangun sebuah relasi dengan banyak orang , disanalah kita akan membutuhkan mereka dalam melaksanakan rencana kita.
Kedua, sebelum kita membentuk kelompok “ahli pikir” kita perlu untuk mengukur diri kita dan memikirkan apa yang bisa kita tawarkan terhadap kelompok tersebut yang dapat menjadi kompensasi dari kerjasama kita dengan mereka.

Ketiga, kita perlu untuk meluangkan waktu kita untuk berdiskusi dan juga bertemu dengan kelompok yang akan membantu kita agar dapat mematangkan sebuah konsep dari rencana kita dengan mereka.

Keempat, kita perluu untuk membangun “keselarasan” dan juga “keserasaian” dalam berpikir diantara kita dan kelompok, dimana dalam setiap rencana perlu untuk didiskusikan terlebih dahulu.

Saat kita mengalami sebuah “kegagalan” dalam rencana awal kita kita perlu untuk melakukan revisi dan menjalankan rencana kedua dan begitu seterusnya sampai kita mendapat sebuah formulasi yang benar-benar akan berhasil untuk dilakukan, kita perlu mengingat bahwa tidak ada satupun dari orang-orang sukses diluar sana dengan “kesempurnaan” anpa gagal sekalipun. Kita akan melaksanakan hidup kita dengan warisaan dan kita akan menentukan apa kita akan menjadi pengikut di bidang yang kita pilih atau menjadi sebagai pemimpin. Menjadi seorang pengikut bukanlah sesuatu yang buruk apalagi memalukan, tetapi kita tidak bisa selamanya dalam posisi tersebut.

Kesimpulan Buku Think & Grow Rich:

Buku karya Napoleon Hill ini memiliki kesimpulan, kunci dari kesuksesan ada dalam
Diri kita sendiri dimana diri kita sendiri merupakan penentu dari jalan hidup yang kita jalani. Memiliki sinergi kemauan dan keyakinan yang pondasi keyakinan yang kokoh dan akan membentuk manusia yang sukses. Setelah itu dalam proses meraih “kesuksesan” tersebut kita sebagai makhluk sosial memerlukan dukungan dari sosial atau orang lain dan dari sana terbentuklah ahli pikir yang bisa aktif memberikan bantuan seperti memberi saran, kritik, dan semangat dalam proses meraih sebuah kesuksesan. Kemampuan untuk mempraktikkan pengalaman dan juga kreativitas yang kita miliki dan dapatkan dalam hidup adalah sesuatu yang absolut dalam mencapai tujuan yang kita inginkan. Tindakan yang kita lakukan merupakan buah pikiran dari pikiran kita maka dari itu mari kita mengisi pikiran kita dengan hal-hal positif mengenai tujuan kita. Jajah ketakutan-ketakutan yang kita miliki yang menghalangi proses kita untuk menuju kesuksesan yang ingin kita raih dan bersosialisasi dengan mereka yang memiliki aura dan pikiran positif dan juga memiliki keberanian.

Nah, itulah review buku “Think & Grow Rich” karya Napoleon Hill mengenai Mantra seumur hidupnya, “apa yang dapat dipikirkan dan dipercaya oleh manusia, dapat diraih” dan buku terlarisnya ‘Think and Grow Rich,’ telah menunjukkan kepada seluruh dunia bagaimana cara mengambil tanggung jawab untuk kesuksesan pribadi mereka sendiri; dan dia telah menjadi salah satu penulis motivasi Amerika yang paling dicintai. Dia telah menjual lebih dari 30 juta eksemplar judul selama masa hidupnya, dan masih hari ini, buku khusus ini menempati tempat di atas 6 dari semua novel di bisnis Grameds.
Seperti yang dapat di lihat, terdapat berbagai poin-poin dan juga kesimpulan dari dampak kebiasaan baik dalam buku “Think & Grow Rich” karya Napoleon Hill. Akan membawa kita pembacanya untuk mengingat saat kita mengalami sebuah “kegagalan” dalam rencana awal kita kita perlu untuk melakukan revisi dan menjalankan rencana kedua dan begitu seterusnya sampai kita mendapat sebuah formulasi yang benar-benar akan berhasil untuk dilakukan, kita perlu mengingat bahwa tidak ada satupun dari orang-orang sukses diluar sana dengan “kesempurnaan” anpa gagal sekalipun. Kita akan melaksanakan hidup kita dengan warisan dan kita akan menentukan apa kita akan menjadi pengikut di bidang yang kita pilih atau menjadi sebagai pemimpin. Menjadi seorang pengikut bukanlah sesuatu yang buruk apalagi memalukan, tetapi kita tidak bisa selamanya dalam posisi tersebut.
Jika Grameds ingin mencari informasi lebih dalam mengenai buku “Think & Grow Rich” karya Napoleon Hill ini maupun buku-buku bergenre self improvement dan motivation, kalian dapat membaca berbagai buku yang ada di Gramedia yang pastinya mudah dipahami dan kaya akan informasi.
Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu membantu Grameds.
Semoga bermanfaat!

Written by Chelsea