in

Mengenal Permainan Outbound: Tujuan Hingga Jenis-Jenisnya

travel.kompas.com

Permainan outbound merupakan salah satu permainan yang efektif karena menggabungkan berbagai macam aspek, mulai dari aspek fisik, aspek mental juga intelegensi. Permainan outbound ini sering kali berada di taman wisata yang bernuansa alam. Permainan outbound itu sendiri sebenarnya bukan hanya digunakan untuk anak-anak saja, tetapi juga ada yang khusus orang dewasa. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang tujuan permainan outbound dan juga jenis-jenisnya. Jadi, simak artikel ini sampai habis, ya agar kamu lebih mudah dalam memilih permainan outbound ketika pergi berwisata.

Tujuan Permainan Outbound

Permainan Outbound
unsplash.com

Biasanya, permainan outbound bertujuan untuk mengembangkan keberanian, kepercayaan diri serta kekompakan. Hal ini dikarenakan hampir semua permainan outbound dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota tertentu. Selain itu, permainan outbound lebih sering dilakukan di luar ruangan. Meski begitu, sebagian orang kemudian memainkannya di dalam ruangan ataupun indoor karena suatu alasan tertentu.

Dengan semakin banyak orang yang bergabung, lokasi permainan outbound juga harus semakin luas. Selain itu, permainan outbound juga bisa dilakukan di halaman luas, tanah yang luas, pantai, dan sebagainya.

Adapun beberapa tujuan dari permainan outbound yang perlu kamu ketahui, antara lain:

1. Team Building

Team building merupakan bentuk dari peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi serta kekompakan tim atau kelompok

2. Team Work

Team work merupakan suatu bentuk kerjasama tim untuk dapat mencapai tujuan bersama

3. Melatih Komunikasi

Komunikasi sebagai suatu proses serta tata cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang atau kelompok.

4. Meningkatkan Kemampuan Leadership

Leadership merupakan kekuatan proses dalam memimpin seseorang atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.

5. Meningkatkan Konsentrasi

Konsentrasi merupakan proses peningkatan daya fokus serta daya ingat pikiran seseorang terhadap sesuatu.

6. Meningkatkan Kreativitas

Kreativitas merupakan suatu proses peningkatan suatu daya cipta ataupun suatu ide baru untuk dikembangkan.

7. Meningkatkan Kemampuan Untuk Membuat Strategi

Strategic Planning merupakan suatu perencanaan dari segi manajemen untuk mencapai sasaran atau tujuan.

8. Meningkatkan Kemampuan Menganalisis

Analisis merupakan kemampuan untuk menelaah dan menyelidiki sesuatu, sehingga suatu masalah lebih mudah untuk dipahami serta dipecahkan.

9. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Confidence merupakan peningkatan rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya, sehingga akan lebih mudah dalam mengambil keputusan.

Jenis Permainan Outbound

1. Permainan Outbound: Pipa Bocor

Permainan Outbound
duniaoutbound.com

Permainan outbound kerja sama yang pertama adalah Pipa Bocor, permainan ini kemudian dilakukan secara berkelompok atau beregu yang kemudian bertujuan membentuk rasa kebersamaan serta kerjasama tim. Ide dasar dari permainan outbound yaitu memindahkan air dari satu tempat ketempat lain dengan menggunakan sebuah pipa yang penuh dengan lubang.

Kemudian, setiap tim diminta untuk berlomba siapa yang paling banyak memindah air dan air yang paling banyak dipindahkan adalah pemenangnya.

Alat serta bahan yang dibutuhkan:

  • Pipa air sepanjang 1 meter. Pilihlah ukuran paling besar
  • Penutup pipa
  • Ember sebanyak jumlah tim.

Cara Bermain:

Tim akan memindahkan air dengan menggunakan pipa yang penuh lubang, tiap-tiap anggota tim kemudian berusaha menutup lubang agar air tidak keluar serta tim berlari memindahkan air, tim mana yang paling cepat tim tersebutlah yang akan menang.

Pesan:

Di dalam suatu organisasi ataupun instansi pasti terdapat sesuatu yang kemudian tak sempurna baik dari sisi anggota hingga sisi organisasi ataupun suatu instansi sendiri, sehingga harus bersama-sama untuk kemudian dapat menutup kekurangan ini dengan kerjasama tim.

2. Permainan Outbound: Kawat Listrik

Kawat listrik merupakan permainan outbound dengan misi utama yaitu melewati sebuah tali dengan tinggi sebahu yang dibentangkan tanpa menyentuhnya, cara melewatinya dengan melompat atau melalui bagian atas tali.

Meski terdengar mudah, tetapi jika dilakukan secara berkelompok dan juga bergandengan tangan (tidak boleh lepas) antar anggota kelompok pastinya akan sulit.

Oleh sebab itu, di permainan outbound ini dibutuhkan kerja sama tim yang ekstra dan menguras energi dan pikiran. Terlebih lagi, di permainan ini jika menyentuh tali sedikit saja tim kemudian harus mengulangi lagi.

Alat serta bahan yang dibutuhkan:

  • Tali dengan panjang minimal 2 meter
  • 2 tiang yang dibutuhkan untuk membentang tali

Cara Bermain:

Anggota tim yang harus bergandengan tangan (tidak dengan cara melingkar) serta bekerja sama untuk melewati “kawat listrik” dari atas tanpa menyentuh. Satu dari anggota kemudian menggunakan penutup mata.

Pesan:

Dalam bekerja, tak selalu memiliki anggota yang sempurna, melalui permainan ini, kita akan menyadari bahwa tidak boleh meninggalkan anggota yang tidak sempurna. Bahkan, harus tetap menjalin kerja sama agar dapat menyelesaikan tugas dengan baik atau target bisa tercapai.

3. Permainan Outbound: Spider Web

Permainan Outbound
outboundindonesia.com

Permainan spider web atau jaring laba-laba hampir sama dengan kawat listrik, jika kawat listrik hanya membentang tali, maka spider web kemudian membuat tali menyerupai jaring laba-laba. Lalu, tim diminta untuk menyebrangkan anggota melalui lubang-lubang jaring tanpa menyentuh tali. Jika menyentuh tali, maka kemudian harus diulangi Kembali.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

Sejumlah tali tiang untuk membentang spider web.

Cara bermain:

Tim diminta untuk menyebrangkan anggotanya dengan melalui lubang-lubang jaring tanpa menyentuh tali. Tim yang paling cepat dalam memindahkan anggotanya, maka menjadi pemenang.

Pesan:

Tiap-tiap anggota juga memiliki tugas untuk mendukung serta membantu anggota yang lain untuk dapat mengatasi permasalahan serta terus berkembang

4. Permainan Outbound: Si Bisu, Tuli, dan Buta

Si buta, si tuli dan si bisu merupakan 3 orang yang selalu bersama, meski masing-masing dari mereka kemudian memiliki kekurangan. Inilah permainan outbound yang bisa dibilang melatih kerja sama tim. Di sini tim akan terdiri dari 3 orang yang akan memerankan si bisu, si tuli dan si buta.

Lalu, dalam permainan ini dituntut bekerja sama untuk mengerjakan suatu tugas yang diberikan oleh instruktur. Berikut di bawah ini adalah aturan mainnya:

  • Area permainan ini dibatasi dalam sebuah kotak yang kemudian dibagi menjadi 9 kotak dari tali.
  • Beberapa kotak ini berisi benda (bola, kaleng, serta apa saja) dan ada beberapa yang kemudian diberi jebakan (bebas sebagai tanda tidak boleh lewat).
  • Jika seseorang di dalam tim terkena jebakan, maka permainan harus diulangi Kembali, begitu juga jika terkena tali
  • Penerima instruksi disebut sebagai si bisu.
  • Sementara pemain yang bergerak adalah si buta.
  • Si tuli kemudian bertugas memberitahu si buta untuk harus melangkah kemana, serta berusaha mengendalikan si buta agar tak menginjak tali atau jebakan.
  • Perintah ditulis serta diberikan oleh fasilitator dengan melalui selembar kertas.
  • Perintah acak, seperti diantaranya ambil batu kecil, dan mengambil kertas.

Alat serta bahan yang dibutuhkan:

  • Tali rafia secukupnya
  • Benda-benda seperti diantaranya bola, pencil atau sebagainya
  • Kertas atau papan tulis

Pesan:

Tim yang tidak sempurna bukanlah halangan dalam mencapai suatu tujuan atau target. Namun justru disitu tim kemudian harus sadar akan batasan diri dan berusaha menutupinya dengan bantuan anggota lain.

5. Permainan Outbound: Menara Air

Permainan Outbound
pwmu.com

Permainan outbound menara air merupakan permainan outbound yang mengharuskan anggota timnya untuk menjaga wadah air dalam ember yang di mana wadah air tersebut harus dijaga dengan kaki sebagai tiang menara.

Lalu, satu tim berusaha untuk mengisi air ke dalam ember menggunakan, sedangkan anggota lainnya bertujuan untuk menjaga wadah air agar tidak tumpah.

Alat dan bahan:

Ember tempat air dan Gayung

Cara Bermain:

  • Tim diminta untuk berbaring, menegakkan kaki serta saling menumpukan kaki hingga membentuk sebuah menara.
  • Letakkan ember atau wadah air diatas kaki tim. Salah seorang anggota tim kemudian ditunjuk untuk bertugas mengisi wadah air.
  • Tim penopang air kemudian bertugas menopang serta menjaga air agar tidak tumpah. Air ini kemudian diisi hingga penuh. Yang paling cepat penuh dialah yang menang.

Pesan:

Setiap anggota kelompok atau tim ikut mempunyai tanggung jawab agar tujuan kelompok atau tim tetap berada dalam jalur menuju kemenangan.

6. Permainan Outbound: Perang Naga

Perang naga sebagai suatu jenis permainan kerjasama kelompok yang terdiri dari 2 orang atau lebih pada setiap kelompoknya. tiap-tiap kelompok kemudian bertugas melindungi balon air milik mereka dan memecahkan balon air miliki lawan dengan modal tusuk gigi.

Alat serta bahan yang dibutuhkan:

  • Balon berisi air sejumlah anggota
  • Tali Rafia
  • Tusuk gigi

Cara Bermain:

  • Buat 2 kelompok, kemudian ikat anggota kelompok dengan tali rafia dan ikat balon air pada rafia diantara atau bagian tengah anggota, kecuali Anggota paling depan.
  • Anggota paling depan ini kemudian diberikan tusuk gigi untuk memecahkan balon air lawan. Kelompok yang memecahkan semua balon air lawan, maka dialah yang menang.

7. Permainan Outbound: Kereta Panjang

Permainan kereta panjang adalah sebuah permainan outbound secara berkelompok untuk membuat jejeran benda yang dimiliki oleh setiap anggota kelompok permainan yang kemudian membandingkannya dengan kelompok pemain yang lain. Yang paling Panjang maka dialah yang menang.

Alat dan bahan:

Semua benda yang kemudian dimiliki oleh anggota kelompok

Cara Bermain:

  • Buatlah beberapa kelompok dengan jumlah anggota yang sama
  • Minta kelompok ini untuk mengeluarkan semua benda yang dimiliki
  • Anggotanya: Buatlah barisan benda-benda ini sehingga menjadi panjang serta barisan mana yang panjang dalam batas waktu tertentu maka dialah yang menang.

8. Permainan Outbound: Estafet Air

Permainan estafet air ini mirip dengan pipa bocor, dimana para anggota kelompok kemudian diminta untuk memindahkan air dari satu tempat ketempat yang lain secara estafet hanya dengan menggunakan mangkok kecil. Kelompok dengan air lebih lebih banyak, maka menjadi pemenang.

Alat dan bahan:

Ember, mangkok kecil, air

Cara Bermain:

Mintalah setiap anggota kelompok untuk kemudian membuat barisan estafet dan Pindahkan air secara estafet dari sumber air ke ember. Kelompok mana yang memiliki isi air terbanyak dalam waktu tertentu, maka menjadi pemenangnya.

Demikian pembahasan tentang permainan outbound, mulai dari tujuan hingga jenis-jenisnya. Setelah membaca artikel ini sampai selesai, permainan outbound jenis apa yang paling kamu suka?

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Permainan Outbound

1. Teori dan Praktik Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound

Permainan Outbound

Buku Teori dan Praktek Olahraga Rekreatif dan Sport Outbound ini memberikan pemahaman kepada mahasiswa calon guru penjas dan guru-guru penjas tentang arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound yang mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar sesuai dengan kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK pada materi aktivitas luar kelas.

Pada tingkat sekolah dasar (SD) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound. Pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknik dasar melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound.

Pada tingkat sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) arah pengembangan pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound mengacu kepada peningkatan pengetahuan dan keterampilan gerak lanjutan melalui model pembelajaran olahraga rekreatif dan sport outbound. Dalam buku ini juga dilengkapi dengan model-model aktivitas olahraga rekreatif dan sport outbound sebagai aktivitas luar kelas.

2. Land Base: 10 Jenis Permainan Kombinasi – Panduan Outbound 2

Permainan Outbound

Buku pedoman jilid II ini dibuat dengan sepuluh jenis permainan kombinasi sebagai lanjutan dari buku Low Impact jilid I. Jika telah membaca kemudian mencobanya, maka para pembaca yang tergabung dalam berbagai macam kegiatan Outbound, apakah itu Provider, Vendor, Fasilitator, maupun Panitia Rekreasi, dapat lebih mengembangkan jenis permainan yang ada dalam buku ini.

Kesepuluh jenis permainan yang dimuat dalam jilid II ini ada beberapa yang diadopsi dari permainan Outbound, bahkan ada yang diambil dari permainan olahraga tradisional, kemudian dimodifikasi. Namun, ada juga yang memang orisinil ciptaan penulis sendiri. Buku ini dibuat secara lengkap yang memuat, antara lain: aturan permainan, bahan baku untuk peralatan bermain, harga bahan baku, peralatan alternatif, tempat bermain, tujuan bermain, hingga problem solving yang ada dalam permainan tersebut.

Kemudahan tersebut disengaja karena buku ini bukan buku matematika, yang akan membuat tidak sedikit orang segera mengernyitkan dahi begitu membaca bukunya. Jadi, buku pedoman jilid II ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi yang membaca buku ini, dan sudah tentu agar memudahkan para pembaca ketika akan mempraktekkan permainan-permainan yang ada di dalam buku ini.

3. Merancang Outbound Training Professional

Permainan Outbound

Buku ini bukan sekedar buku panduan teoritis karena nyaris seluruh apa yang kita baca dalam buku ini ditulis berdasarkan kisah nyata atau dengan kata lain bersumber dari pengalaman penulis yang sejak tahun 2003 berkecimpung dalam dunia dinamika kelompok.

Buku ini berusaha dibuat dengan cara menyampaikan suatu hal dengan sederhana, mulai dari pokok gagasan paling mendasar hingga perinciannya dalam jalur yang mudah dirunut. Mengimbangi bahasa tulisan dengan bahasa matrik dan bahasa visual baik melalui foto maupun ilustrasi. Mengajak pembaca terlibat untuk menikmati pembacaan buku ini.

4. Low Impact Games: 10 Jenis Permainan Jerat untuk Teamwork

Permainan Outbound

Kegiatan outbound tidak hanya dapat dinikmati oleh karyawan atau mahasiswa saja, dunia sekolah pun dapat menggunakan outbound sebagai tempat pembelajaran bagi para murid sekolah. Kini outbound merupakan salah satu materi dari mata pelajaran Pendidikan Jasmani.

Outbound juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang rekreasi. Jadi jelas outbound benar-benar multiguna. Outbound seperti memiliki magnet yang menarik siapa saja untuk mencobanya. Buku Pedoman Outbound Jilid 1 dengan judul LOW IMPACT GAMES dengan Sepuluh Jenis Permainan Jerat untuk Team Work dapat dijadikan pedoman oleh siapa saja apakah seorang guru, pembina OSIS, pembina Pramuka, panitia rekreasi dari sebuah perusahaan atau event organizer.

Jika kamu ingin mencari buku tentang games atau permainan yang berkaitan dengan kegiatan olahraga, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Sumber: Dari berbagai sumber

  1. 15 Permainan Anak Zaman Dulu yang Asyik Dimainkan Sekarang
  2. 15 Permainan Tradisional Seru yang Perlu Kamu Coba
  3. 20 Rekomendasi Mainan Anak untuk Bermain dan Belajar
  4. Rekomendasi 8 Wisata Alam Semarang yang Wajib Kamu Kunjungi 
  5. 8 Tempat Wisata di Puncak Bogor yang Seru dan Asyik
  6. 17 Rekomendasi Tempat Wisata di Tawangmangu untuk Dikunjungi!

Written by Ananda